1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Alat Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tinggi badan orang Asia, khususnya Indonesia termasuk rendah jika dibandingkan dengan orang Eropa. Padahal, pada usia tertentu pertumbuhan tinggi badan akan berhenti. Di sisi lain, postur tubuh yang tinggi semampai dapat menunjang beberapa jenis profesi. Karena itu, Anda membutuhkan alat peninggi badan yang bisa membantu menaikkan tinggi.

Di sini, kami akan mengulas alat peninggi badan yang bagus dari berbagai merek, seperti Jaco, Niktech, atau Fortaller. Cara kerja alat-alat ini beragam, misalnya meregangkan tubuh atau merangsang hormon pertumbuhan. Yuk, simak artikel ini hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda. 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih alat peninggi badan

Alat peninggi badan bisa menjadi sebuah investasi karena dapat digunakan berulang kali. Jadi, Anda harus mencari alat yang nyaman dipakai, kukuh, dan awet. Berikut ini adalah beberapa tips memilih alat peninggi badan yang bisa digunakan sebagai panduan.

① Ketahui cara kerjanya

Ketahui cara kerjanya

Cara kerja alat peninggi badan berbeda-beda dan Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh. Berikut ini beberapa macam cara kerja alat peninggi badan yang banyak beredar.


  • Meregangkan tubuh

Alat peninggi badan yang bekerja dengan meregangkan tubuh tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat patah tulang. Sebaiknya, gunakan alat ini dalam pengawasan dokter. Pasalnya, jika salah posisi bisa menyebabkan gangguan tulang belakang dalam jangka waktu panjang. Inversion Table dari OneTwoFit dan Jaco Therapy Bed adalah contoh alat peninggi badan dalam kategori ini.


  • Mengandung magnet dan memancarkan gelombang otak

Sementara itu, beberapa klaim menyebutkan bahwa alat peninggi badan yang memiliki gelombang otak bisa merangsang produksi hormon pertumbuhan. Akan tetapi, alat tersebut lebih efektif jika digunakan oleh Anda yang berusia kurang dari 30 tahun. Contoh alat tersebut, antara lain adalah Fortaller dan alas kaki magnet dari Niktech.


  • Media olahraga
Penggunaan alat peninggi badan sekaligus media olahraga memang relatif membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai tinggi badan impian. Akan tetapi, Anda bisa sekaligus berolahraga, membakar kalori, dan memperkuat massa otot. Bukan hanya tubuh tinggi saja yang didapat, melainkan juga tubuh yang sehat. Untuk mencobanya, Anda bisa memakai pull up bar atau trampolin.

② Pertimbangkan produk yang bisa sekaligus mengatasi masalah ortopedi

Pertimbangkan produk yang bisa sekaligus mengatasi masalah ortopedi

Tubuh yang pendek dipengaruhi pula pada struktur tulang belakang yang bengkok atau kaki yang tidak lurus. Anda harus memperbaiki masalah ini dahulu untuk mendapatkan postur tubuh yang bagus, baru nantinya didapatkan badan yang tinggi. Karena itu, memilih alat peninggi badan yang bisa digunakan sebagai alat terapi ortopedi menjadi sebuah pilihan.

 
Bahkan, alat tersebut bisa juga digunakan untuk mengendurkan otot saraf yang tegang atau kecapaian. Sakit leher dan punggung juga dapat diatasi. Namun, supaya terhindar dari cidera, jangan lupa konsultasikan penggunaannya pada dokter, ya. 

③ Perhatikan ukuran alat untuk kemudahan penyimpanan

Perhatikan ukuran alat untuk kemudahan penyimpanan
Sumber: jaco.co.id

Alat peninggi badan harus digunakan setiap hari secara rutin supaya hasilnya terlihat lebih nyata. Namun, cara penyimpanannya juga perlu menjadi perhatian. Terlebih jika Anda memiliki alat peninggi badan yang bisa dilipat, tentunya ini akan mempermudah hidup Anda.

 
Penyimpanan alat yang ringkas tersebut tidak akan menyita banyak ruang. Bahkan, ada pula beberapa alat yang bisa dibawa bepergian. Jadi, sebelum membeli pastikan Anda mengetahui dimensi ukuran alat tersebut dan mencari tahu cara melipat atau menyimpannya.  

④ Pilih produk yang bisa memberi manfaat tambahan lain

Pilih produk yang bisa memberi manfaat tambahan lain

Beberapa alat peninggi badan memiliki manfaat tambahan yang dapat menunjang kesehatan Anda. Manfaat tersebut, misalnya meningkatkan kekuatan sendi, meningkatkan massa otot, mengurangi risiko pikun, dan mengurangi kelelahan. 


Mengetahui manfaat tambahan sebuah alat peninggi badan dapat menjadi bahan pertimbangan saat memilih. Anda bisa mencari alat yang bisa menunjang kebutuhan Anda akan tubuh yang sehat dan kuat.  

10 Rekomendasi alat peninggi badan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat peninggi badan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Miisoo

Jump Rope

Miisoo Jump Rope  1枚目

Tambah tinggi dengan membakar lemak dan kalori

2

Goto Hardware

Tummy Trimmer

Goto Hardware Tummy Trimmer  1枚目

Mudah dibawa ke mana saja dan dipakai kapan saja

3

Gordo Hardware

Yoga Strap Belt Motif

Gordo Hardware Yoga Strap Belt Motif 1枚目

Bantu pose yoga dan pilates Anda untuk tubuh yang lebih lentur

4

Speeds

Trampoline 55"

Speeds Trampoline 55" 1枚目

Olahraga sekaligus bersenang-senang dengan melompat-lompat

5

Niktech

Alas Kaki Magnet

Niktech Alas Kaki Magnet 1枚目

Alas kaki magnet dengan metode akupunktur

6

The Republic of Svarga

Pull Up Bar

The Republic of Svarga Pull Up Bar  1枚目

Bergelantungan dengan nyaman sambil menguatkan tubuh bagian atas

7

eLeMen

Fortaller

eLeMen  Fortaller 1枚目

Aktifkan hormon pertumbuhan dengan audio gelombang otak

8

Ortopedi

V-O Apparatus

Ortopedi V-O Apparatus 1枚目

Menambah tinggi badan secara alami dalam 90 hari

9

Jaco

Therapy Bed

Jaco Therapy Bed 1枚目

Miliki postur tubuh dan kaki yang bagus

10

OneTwoFit

Foldable Premium Gravity Inversion Table

OneTwoFit Foldable Premium Gravity Inversion Table 1枚目

Meregangkan tubuh dari kepala hingga kaki

Perincian produk
Close
No.1

Tambah tinggi dengan membakar lemak dan kalori

Olahraga lain yang efektif menambah tinggi badan adalah skipping. Gerakan melompat dapat memperkuat kaki dan membuat kaki lebih jenjang. Anda hanya membutuhkan tali skipping dan memastikan dua kaki menumpu saat mendarat. 


Di bagian handle tali skipping ini dilengkapi alat hitung sehingga Anda dapat mengetahui jumlah lompatan yang telah dilakukan. Istimewanya lagi, dengan skipping Anda bisa sekaligus membakar lemak dan kalori. Alhasil, badan Anda akan tinggi semampai dengan postur tubuh ideal. Hhmm, siapa yang tidak tertarik?

No.2

Goto HardwareTummy Trimmer K55

Mulai dari Rp99.750,00

Mudah dibawa ke mana saja dan dipakai kapan saja

Tummy trimmer adalah peralatan olahraga yang tepat untuk digunakan kapan saja dan di mana saja. Bentuknya ringkas dan tidak berat sehingga cocok dipakai oleh Anda yang menyukai fleksibilitas dalam berolahraga. 


Selain bisa digunakan untuk mengecilkan perut, tummy trimmer juga bisa meregangkan tubuh. Anda hanya cukup menyelipkan kaki di bagian pedalnya, lalu menarik pegasnya dengan tangan.

No.3

Gordo HardwareYoga Strap Belt Motif

Mulai dari Rp20.000,00

Bantu pose yoga dan pilates Anda untuk tubuh yang lebih lentur

Tahukah Anda bahwa yoga dan pilates adalah olahraga yang bisa menaikkan tinggi badan? Salah satu pose yoga terbaik untuk menaikkan tinggi badan adalah bhujangasana atau pose kobra. Ini dia, alat yang bisa membantu Anda untuk memaksimalkan pose tersebut.


Lakukan pose kobra, lalu kaitkan strap pada salah satu kaki dan tarik sisi ujung strap dengan tangan. Tubuh Anda akan lebih lentur, fleksibel, dan juga lebih tegap. Strap yoga ini didesain menarik dengan motif yang bermacam-macam dan pastinya kuat untuk menahan beban.

No.4

SpeedsTrampoline 55"LX 067-04

Mulai dari Rp800.000,00

Olahraga sekaligus bersenang-senang dengan melompat-lompat

Melompat-lompat adalah salah satu cara menyenangkan untuk menaikkan tinggi badan. Bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun perlu melakukannya. Karena itu, kami merekomendasikan trampolin yang bahan dan konstruksinya kuat untuk digunakan anak-anak hingga dewasa. 


Tidak hanya tinggi badan saja yang akan bertambah, melompat-lompat bisa membuat Anda bahagia dan bebas stres. Tertarik mencoba?

No.5

Alas kaki magnet dengan metode akupunktur

Saraf-saraf tubuh manusia terletak pada telapak kaki. Jadi, merangsang titik-titik saraf di telapak kaki bisa membantu untuk menaikkan tinggi badan. Alas kaki bermagnet ini bisa melancarkan peredaran darah untuk membantu menaikkan tinggi badan dan juga menurunkan berat badan.


Bentuknya cukup tipis sehingga Anda bisa menyelipkannya di alas sepatu untuk digunakan setiap hari selama beberapa jam. Menggunakan Alas Kaki Magnet dari Niktech adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin merasakan sensasi dipijat.

No.6

The Republic of SvargaPull Up Bar

Mulai dari Rp225.000,00

Bergelantungan dengan nyaman sambil menguatkan tubuh bagian atas

Bergelantungan adalah cara lain juga untuk menambah tinggi badan. Namun, Anda membutuhkan pull up bar yang kuat dan bisa menyanga beban tubuh. Contohnya seperti alat yang satu ini. Selain mudah dipasang sendiri di kusen pintu, alat ini juga mampu menyangga berat hingga 150 kg. 


Di bagian handle atau grip dilapisi busa sehingga nyaman dan tidak licin saat digenggam. Jadi, alat ini cocok sekali digunakan oleh Anda yang ingin menambah tinggi sekaligus memperkuat otot tubuh bagian atas.

No.7

Aktifkan hormon pertumbuhan dengan audio gelombang otak

Untuk wanita, pertumbuhan tinggi badan sudah berhenti pada usia 16 tahun, sedangkan pria berhenti pada usia 18 tahun. Lalu, bagaimana jika Anda sudah melewati usia tersebut dan ingin menambah tinggi badan? Tenang saja, berkat eLeMen Fortaller, Anda bisa mencapai tinggi badan yang diinginkan.


Alat yang digunakan sejak tahun 2004 ini dilengkapi dengan audio terapi gelombang otak untuk mengaktifkan kembali hormon pertumbuhan. Di dalamnya terdapat pesan-pesan subliminal yang akan ditangkap oleh otak bawah sadar untuk merangsang produksi kelenjar pituitari. Kelenjar inilah yang akan mengontrol pertumbuhan tinggi badan.

No.8

Menambah tinggi badan secara alami dalam 90 hari

Produk yang satu ini sudah teruji hasilnya selama bertahun-tahun sejak 1970. Bahkan, V-O Apparatus dari Ortopedi mengeklaim bisa menaikkan tinggi badan 10–18 cm dalam 90 hari. Alat ini cocok sekali digunakan oleh Anda yang mencari produk terjamin dengan testimoni dari banyak pengguna.


Alat ini berfungsi untuk membuka ruas-ruas tulang belakang, kemudian menstimulasi tulang punggung untuk meregang. Hasilnya, bukan hanya tinggi badan yang bertambah, tetapi sakit punggung, leher, dan bahu juga akan berkurang. Postur tubuh Anda yang sebelumnya membungkuk akan tegap dan lurus.

No.9

Miliki postur tubuh dan kaki yang bagus

Postur tubuh yang tidak tegap atau agak membungkuk sangat memengaruhi tinggi badan. Bila Anda memiliki kendala dalam hal tersebut, menggunakan Therapy Bed dari Jaco adalah langkah yang tepat. Alat ini terbukti dapat menaikkan tinggi badan secara optimal.


Cara kerjanya adalah dengan menarik dan merentangkan langsung persendian. Kemudian, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga tinggi badan bisa meningkat. Dengan menggunakan alat ini, postur tubuh akan lebih tegap dan otot bisa lebih relaks. Namun, jangan gunakan alat ini pada penderita dengan riwayat patah tulang atau sakit tulang belakang, ya.

No.10

OneTwoFitFoldable Premium Gravity Inversion Table

Mulai dari Rp9.999.000,00

Meregangkan tubuh dari kepala hingga kaki

Memiliki tinggi badan yang proporsional jadi impian banyak orang. Nah, untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan inversion table dari OneTwoFit. Alat ini bekerja dengan mengantungkan badan dalam posisi terbalik, kemudian meregangkan tubuh dari kepala hingga kaki.


Anda bisa mengatur panjang penahan pergelangan kaki, mulai dari tinggi 140 cm hingga 196 cm. Lalu, dengan terapi inversi secara rutin, Anda akan mendapatkan tinggi badan sesuai keinginan. Tambahan pula, Anda tak perlu khawatir dengan keamanannya karena alat ini didesain kukuh, ergonomis, dan nyaman digunakan.

Pertanyaan umum seputar alat peninggi badan

Pertanyaan umum seputar alat peninggi badan

Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer seputar alat peninggi badan. Jika Anda ingin tahu jawabannya, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Bagaimana cara menaikkan tinggi badan?

Berolahragalah secara rutin untuk meningkatkan hormon pertumbuhan, contohnya bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, dan sebagainya. Perbaiki posisi tubuh, seperti duduk tegak dan berdiri tidak membungkuk. Terakhir, milikilah kualitas istirahat yang cukup, tidak bergadang, dan mengonsumsi makanan gizi seimbang.

Apakah posisi tidur bisa memengaruhi tinggi badan?

Posisi tidur yang salah ternyata dapat memengaruhi tinggi badan karena bisa menghambat kinerja hormon pertumbuhan. Untuk itu, tidurlah dengan posisi yang benar, seperti tidur terlentang atau tengkurap. Sebaiknya, jangan memakai bantal di kepala dan jangan tidur posisi menekuk seperti memeluk guling.

Apa saja yang menghambat pertumbuhan tinggi badan?

Hal yang menghambat pertumbuhan tinggi badan ada beberapa macam, antara lain:

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Kurangnya hormon pertumbuhan
  • Kekurangan nutrisi yang cukup
  • Kurang olahraga

Baca juga rekomendasi produk penunjang tinggi badan lainnya di sini

Kesimpulan

Dengan alat-alat peninggi badan yang telah kami rekomendasikan di atas, kini memiliki badan tinggi bukan menjadi impian belaka. Anda bisa melatihnya secara rutin dan menambah beberapa sentimeter tinggi badan.

 
Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda mendapatkan alat peninggi badan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk menghindari cidera, jangan lupa konsultasikan dengan dokter sebelum mulai berlatih, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer