mybest
Tepung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah  Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah  Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah  Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah  Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah  Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 5

10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]

Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.


Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya dan merekomendasikan produk yang bagus. Kami bekerja sama dengan pastry instructor kami, Stella Permata, untuk menjelaskan tips memilihnya. Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan lainnya. Simak ulasannya, yuk!

Diperbaharui 29/10/2023
Stella Permata
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah?

Apa perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah?

Dalam tepung terigu terdapat kandungan protein yang sering disebut gluten. Gluten pada dasarnya adalah protein yang tidak larut dalam air. Jenis protein ini bersifat kenyal dan elastis. Berdasarkan kadar proteinnya, tepung terigu dapat dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut.


  • Tepung terigu protein rendah
Jenis tepung terigu ini mengandung kadar protein di bawah 11%. Makanan yang tidak mengutamakan volume atau kekenyalan bisa menggunakan tepung terigu protein rendah. Selain itu, tepung terigu ini paling pas untuk makanan yang bertekstur renyah. Misalnya, jenis ini dapat dijadikan bahan untuk membuat kue kering, aneka gorengan, dan kerupuk.

  • Tepung terigu protein sedang
Tepung terigu yang satu ini memiliki kadar protein sebesar 11–12,5%. Jenis tepung terigu ini terbilang cukup fleksibel penggunaannya karena bisa untuk berbagai jenis masakan. Tidak mengherankan jika tepung terigu protein sedang sering disebut tepung serbaguna. Namun, tepung terigu ini biasanya digunakan untuk membuat bolu hingga waffle.

  • Tepung terigu protein tinggi
Kandungan protein yang terdapat pada tepung terigu protein tinggi adalah sebesar 13–14%. Kandungan protein yang tinggi membuatnya dapat mengikat dan memerangkap gas. Alhasil, adonan dari tepung terigu ini akan mengembang. Oleh karena itu, tepung terigu protein tinggi paling cocok dipakai untuk membuat adonan donat, kue, dan mi telur.

Cara memilih Tepung Terigu Protein Rendah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tepung terigu protein rendah. Hal tersebut sebaiknya Anda lakukan agar tidak salah memilih. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak cara memilih tepung terigu protein rendah berikut.

1

Perhatikan jenis tepungnya

Perhatikan jenis tepungnya

Tepung terigu protein rendah ternyata masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Kadar protein yang ada di dalam tepung terigu lagi-lagi menjadi dasar klasifikasinya.


Menggunakan tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat hasil produk Anda jadi lebih maksimal. Berikut ini adalah penjelasan terkait beragam jenis tepung terigu protein rendah.


  • Tepung kue: Tepung kue memiliki kandungan protein terendah, yaitu sebesar 5–8%. Dengan kandungan protein yang begitu rendah, makanan yang diolah dari tepung kue akan begitu renyah. Maka dari itu, tepung ini cocok untuk berbagai olahan makanan yang dipanggang.

  • Tepung pastri: Kandungan protein pada tepung pastri adalah 8–9%. Hal inilah yang menjadikan makanan dari tepung pastri bertekstur unik, yaitu antara renyah dan lembut. Keunikan lainnya adalah jenis tepung ini bisa Anda buat sendiri dengan mencampurkan satu sepertiga cangkir tepung serbaguna dan dua pertiga cangkir tepung kue.

  • Tepung self-rising: Tepung self-rising memiliki kadar protein sebesar 9–11%. Tidak hanya itu, tepung ini juga mengandung baking powder dan garam. Jenis tepung ini dapat Anda buat sendiri. Anda hanya perlu mencampurkan satu cangkir tepung pastri dengan satu setengah sendok teh baking powder dan seperempat sendok teh garam.
2

Cermati warna, tekstur, dan aroma tepung terigu

Cermati warna, tekstur, dan aroma tepung terigu

Dalam memilih tepung terigu, Anda bisa mencermati warnanya. Anda sebaiknya memilih tepung terigu yang berwarna putih sedikit kecokelatan seperti warna tulang. Warna cokelat tersebut menandakan bahwa tepung terigu terbuat dari biji gandum utuh.


Selain warna, Anda bisa juga mencermati tekstur dan aromanya saat memilih tepung terigu. Pastikan tepung terigu yang Anda pilih memiliki tekstur yang halus dan lembut. Sementara itu, Anda harus menghindari tepung dengan aroma yang tercium apak.

3

Pastikan kemasan masih dalam keadaan baik

Pastikan kemasan masih dalam keadaan baik

Memang ada yang menjual tepung dalam bentuk kiloan. Namun, saat ini lebih banyak orang yang memilih untuk membeli tepung dalam kemasan. Alasan utamanya adalah tepung terigu dalam kemasan dinilai lebih higienis. Saat memilih tepung terigu dalam kemasan, Anda harus mengecek keadaan kemasannya.

 
Memastikan kemasan penting karena jika kemasan rusak atau terbuka, kemungkinan besar tepung terigu ikut rusak atau kemasukan kutu. Pastikan tepung terigu pilihan Anda tersegel rapat dan tidak ada lubang udara. Apabila terdapat lubang, pastikan lubang tersebut dibuat memang untuk sirkulasi udara.


Semua tepung terigu pada dasarnya memiliki umur simpan yang lama apabila disimpan dengan baik dan benar. Jadi, selain kemasan yang baik, pastikan juga kontainer penyimpanan Anda airtight dan tidak lembap.

4

Cek apakah sudah tersertifikasi

Cek apakah sudah tersertifikasi

Tepung terigu yang sudah tersertifikasi berarti sudah melewati uji kontrol kualitas makanan. Dengan kata lain, kualitas tepung terigu tersebut sudah terjamin. Jadi, Anda akan merasa aman ketika mengonsumsi olahan makanan yang terbuat dari tepung terigu berkualitas.


Lembaga yang memberikan sertifikasi pangan di Indonesia adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, ada Good Manufacturing Practice (GMP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Bahan makanan yang disertifikasi dua lembaga tersebut berarti telah memenuhi standar kualitas internasional.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 29 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
Kegunaan
Gluten free
1

Indofood

Bogasari Kunci Biru

 Indofood Bogasari Kunci Biru  1

Mulai dari Rp14.900,00

Menengah

Tepung protein rendah andalan untuk kukis dan aneka kue kering

1 kg, 25 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk kukis dan aneka kue kering

2

Bungasari

HANA EMAS

Bungasari HANA EMAS 1

Mulai dari Rp13.200,00

Menengah

Tingkat penyerapan air dan kadar abu rendah, cocok untuk kue kering

1 kg, 25 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk cake, kue kering, dan biskuit

3

Bungasari

Jawara

Bungasari Jawara 1

Mulai dari Rp12.100,00

Menengah

Olahan gorengan menjadi renyah dan tidak berminyak

0,5 kg, 1 kg

Rendah, sedang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Serbaguna (gorengan, aneka kue, dan lainnya)

4

Interflour

Kompas

Interflour Kompas 1

Mulai dari Rp6.500,00

Lebih Murah

Membuat kue bertekstur lembut dan cukup renyah bukan lagi hal mustahil

0,5 kg, 1 kg

Sedang

Serbaguna (gorengan, aneka kue basah dan kering, dan lainnya)

5

Bogasari

Lencana Merah

Bogasari Lencana Merah 1

Mulai dari Rp13.300,00

Menengah

Gorengan akan terasa renyah dan tidak menyerap minyak berlebih

1 kg, 25 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk aneka gorengan dan jajan pasar

6

Nippon

Kotobuki

Nippon Kotobuki 1

Mulai dari Rp600.000,00

Lebih Mahal

Tepung protein rendah dari Jepang, cocok untuk kukis dan cake lembut

25 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Cookies dan cake

7

Wilmar

Tulip

Wilmar Tulip 1

Mulai dari Rp9.400,00

Agak Murah

Ingin tepung berkualitas sekaligus ekonomis? Ada!

1 kg

Rendah, Sedang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Serbaguna (gorengan, aneka kue, dan lainnya)

8

Eastern Pearl Flour Mills

Gatotkaca

Eastern Pearl Flour Mills Gatotkaca 1

Mulai dari Rp12.000,00

Menengah

Hidangkan gorengan atau jajanan pasar yang nikmat untuk keluarga

1 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk aneka kue dan jajan pasar

9

Sriboga

Ninja

Sriboga Ninja 1

Mulai dari Rp14.500,00

Menengah

Menyerap air dan gula dengan baik sehingga olahan bertekstur halus

1 kg, 25 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk cookies, pia, pao, martabak

10

Sriboga

Yokozuna

Sriboga Yokozuna 1

Mulai dari Rp17.500,00

Agak Mahal

Menghasilkan kue bertekstur lembut berkat bahan berkualitas

1 kg

Rendah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Untuk cake

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

IndofoodBogasari Kunci Biru

Bogasari Kunci Biru  1
Sumber: shopee.co.id
Bogasari Kunci Biru  2
Sumber: bogasari.com
Harga referensi
Mulai dari Rp14.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp14.900,00
Menengah

Tepung protein rendah andalan untuk kukis dan aneka kue kering

Kunci Biru dapat menjadi bahan andalan untuk membuat berbagai jenis kue kering. Anda bisa membuat choco cookies, biskuit, hingga crackers dengan tepung ini. Kue kering yang dibuat dengan tepung terigu Kunci Biru akan memiliki tekstur yang renyah dan garing.


Keunggulan lain dari tepung protein rendah terbaik ini adalah masa simpan hingga 18 bulan dengan penyimpanan benar. Jika Anda ingin menstok tepung terigu protein rendah, produk ini bisa jadi pilihan Anda.

Isi1 kg, 25 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk kukis dan aneka kue kering
Gluten free
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BungasariHANA EMAS

Harga referensi
Mulai dari Rp13.200,00
Menengah

Tingkat penyerapan air dan kadar abu rendah, cocok untuk kue kering

Tepung terigu HANA EMAS dibuat dari gandum berkualitas dan diproses dengan teknologi modern. Oleh karena itu, tepung ini memiliki tingkat penyerapan air yang rendah. Selain itu, produk ini juga memiliki kadar abu yang rendah. Dengan demikian, tepung terigu protein rendah ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat kue lembut hingga kue kering.

Isi1 kg, 25 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk cake, kue kering, dan biskuit
Gluten free
View all
No.3

BungasariJawara

Harga referensi
Mulai dari Rp12.100,00
Menengah

Olahan gorengan menjadi renyah dan tidak berminyak

Tepung terigu protein rendah dari Bungasari lainnya adalah Jawara. Kadar proteinnya adalah 11% sehingga dapat pula dikategorikan sebagai tepung protein sedang. Tepung ini memberikan Anda kebebasan untuk berinovasi dalam membuat aneka makanan ringan yang menggugah selera, terutama gorengan.


Dengan menggunakan Jawara, gorengan yang Anda buat akan menjadi renyah, lezat, dan tidak berminyak. Produk ini merupakan contoh merek terigu protein sedang yang mengeklaim tepungnya dapat menghasilkan gorengan minim minyak.

Isi0,5 kg, 1 kg
Kandungan proteinRendah, sedang
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanSerbaguna (gorengan, aneka kue, dan lainnya)
Gluten free
View all
No.4

InterflourKompas

Harga referensi
Mulai dari Rp6.500,00
Lebih Murah

Membuat kue bertekstur lembut dan cukup renyah bukan lagi hal mustahil

Kompas merupakan tepung terigu kelas premium asal Indonesia. Tepung yang dibuat dari gandum berkualitas tinggi ini cocok digunakan untuk semua jenis kue. Meski begitu, tepung ini lebih direkomendasikan jika Anda ingin membuat kue kering dan cake. Kadar protein yang pas dalam produk menjadikan Anda bisa membuat kue dengan tekstur lembut ataupun renyah.

Isi0,5 kg, 1 kg
Kandungan proteinSedang
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanSerbaguna (gorengan, aneka kue basah dan kering, dan lainnya)
Gluten free
View all
No.5

BogasariLencana Merah

Harga referensi
Mulai dari Rp13.300,00
Menengah

Gorengan akan terasa renyah dan tidak menyerap minyak berlebih

Gorengan menjadi salah satu penganan yang banyak disukai. Namun, terkadang banyak keluhan muncul, seperti gorengan tidak renyah hingga berminyak. Anda tidak ingin memakan gorengan yang demikian, bukan?


Untuk menghindari permasalahan tersebut, Anda sebaiknya menggunakan tepung terigu Lencana Merah agar gorengan terasa renyah dan garing. Selain itu, gorengan juga tidak akan menyerap minyak berlebih, lho. 

Isi1 kg, 25 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk aneka gorengan dan jajan pasar
Gluten free
View all
No.6

NipponKotobuki

Harga referensi
Mulai dari Rp600.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp600.000,00
Lebih Mahal

Tepung protein rendah dari Jepang, cocok untuk kukis dan cake lembut

Anda gemar membuat kue dengan rongga atau tekstur yang lembut? Jika demikian, cek tepung protein rendah dari Jepang ini. Kotobuki merupakan tepung dengan kadar protein 8-9% yang cocok untuk pembuatan cake dan juga kue kering. 


Orisinalnya, produk ini hadir dalam kemasan besar 25 kg. Namun, saat ini di marketplace sudah banyak seller yang menjualnya dalam kemasan repackage 1 kg. 

Isi25 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanCookies dan cake
Gluten free
View all
No.7

WilmarTulip

Harga referensi
Mulai dari Rp9.400,00
Agak Murah

Ingin tepung berkualitas sekaligus ekonomis? Ada!

Apabila Anda sedang mencari tepung protein rendah/sedang yang bagus dengan harga ekonomis, Wilmar Tulip bisa Anda pertimbangkan. Tepung ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan merek tepung terigu lain. Seperti yang tertera pada kemasannya, tepung Tulip cocok digunakan sebagai bahan untuk gorengan, cake, brownies, dan aneka makanan lain.

Isi1 kg
Kandungan proteinRendah, Sedang
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanSerbaguna (gorengan, aneka kue, dan lainnya)
Gluten free
View all
No.8

Eastern Pearl Flour MillsGatotkaca

Harga referensi
Mulai dari Rp12.000,00
Menengah

Hidangkan gorengan atau jajanan pasar yang nikmat untuk keluarga

Apakah Anda suka membuat gorengan atau camilan untuk anak-anak Anda? Jika iya, merek terigu protein rendah seperti Gatotkaca sangat cocok dipilih. Tepung ini dapat digunakan untuk membuat beragam gorengan bertekstur renyah, seperti tempura, kerupuk, dan lainnya. Selain kudapan yang crunchy, Anda juga bisa menghidangkan bolu atau jajanan pasar yang tentunya disukai seluruh anggota keluarga.

Isi1 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk aneka kue dan jajan pasar
Gluten free
View all
No.9

SribogaNinja

Harga referensi
Mulai dari Rp14.500,00
Menengah

Menyerap air dan gula dengan baik sehingga olahan bertekstur halus

Produk dari merek Ninja ini terinspirasi dari tepung Jepang yang diformulasikan khusus untuk membuat mi udon. Mi udon merupakan mi tebal khas Jepang yang memiliki tekstur halus. 


Makanan yang diolah dari tepung ini pun bertekstur halus dan lembut. Hal ini karena tepung menyerap lebih banyak air dan gula. Tepung terigu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat aneka roti kukus, seperti bakpao.

Isi1 kg, 25 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk cookies, pia, pao, martabak
Gluten free
View all
No.10

SribogaYokozuna

Harga referensi
Mulai dari Rp17.500,00
Agak Mahal

Menghasilkan kue bertekstur lembut berkat bahan berkualitas

Yokozuna merupakan contoh tepung terigu protein rendah yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Hal ini menjadikan tepung dapat menghasilkan olahan istimewa. Tidak mengherankan kue yang dibuat dari tepung terigu ini bertekstur lembut. Dari situlah tepung terigu ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat kue bertekstur lembut.

Isi1 kg
Kandungan proteinRendah
Kadar proteinTidak diketahui
Jenis tepung berasTidak diketahui
KegunaanUntuk cake
Gluten free
View all

5 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah terbaik

No. 1: IndofoodBogasari Kunci Biru

No. 2: BungasariHANA EMAS

No. 3: BungasariJawara

No. 4: InterflourKompas

No. 5: BogasariLencana Merah

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.