• 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.


Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Stella Permata
  • Pembaharuan terakhir: 09 Januari 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata
Stella Permata
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Apa perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah?

Apa perbedaan tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah?

Dalam tepung terigu terdapat kandungan protein yang sering disebut gluten. Gluten pada dasarnya adalah protein yang tidak larut dalam air. Jenis protein ini bersifat kenyal dan elastis. Berdasarkan kadar proteinnya, tepung terigu dapat dibedakan menjadi tiga jenis sebagai berikut.


  • Tepung terigu protein rendah: Jenis tepung terigu ini mengandung kadar protein di bawah 11%. Makanan yang tidak mengutamakan volume atau kekenyalan bisa menggunakan tepung terigu protein rendah. Selain itu, tepung terigu ini paling pas untuk makanan yang bertekstur renyah. Misalnya, jenis ini dapat dijadikan bahan untuk membuat kue kering, aneka gorengan, dan kerupuk.

  • Tepung terigu protein sedang: Tepung terigu yang satu ini memiliki kadar protein sebesar 11–12,5%. Jenis tepung terigu ini terbilang cukup fleksibel penggunaannya karena bisa untuk berbagai jenis masakan. Tidak mengherankan jika tepung terigu protein sedang sering disebut tepung serbaguna. Namun, tepung terigu ini biasanya digunakan untuk membuat bolu hingga waffle.

  • Tepung terigu protein tinggi: Kandungan protein yang terdapat pada tepung terigu protein tinggi adalah sebesar 13–14%. Kandungan protein yang tinggi membuatnya dapat mengikat dan memerangkap gas. Alhasil, adonan dari tepung terigu ini akan mengembang. Oleh karena itu, tepung terigu protein tinggi paling cocok dipakai untuk membuat adonan donat, kue, dan mi telur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tepung terigu protein rendah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tepung terigu protein rendah. Hal tersebut sebaiknya Anda lakukan agar tidak salah memilih. Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak cara memilih tepung terigu protein rendah berikut.

Perhatikan jenis tepungnya

Perhatikan jenis tepungnya

Tepung terigu protein rendah ternyata masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Kadar protein yang ada di dalam tepung terigu lagi-lagi menjadi dasar klasifikasinya.


Menggunakan tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat hasil produk Anda jadi lebih maksimal. Berikut ini adalah penjelasan terkait beragam jenis tepung terigu protein rendah.


  • Tepung kue: Tepung kue memiliki kandungan protein terendah, yaitu sebesar 5–8%. Dengan kandungan protein yang begitu rendah, makanan yang diolah dari tepung kue akan begitu renyah. Maka dari itu, tepung ini cocok untuk berbagai olahan makanan yang dipanggang.

  • Tepung pastri: Kandungan protein pada tepung pastri adalah 8–9%. Hal inilah yang menjadikan makanan dari tepung pastri bertekstur unik, yaitu antara renyah dan lembut. Keunikan lainnya adalah jenis tepung ini bisa Anda buat sendiri dengan mencampurkan satu sepertiga cangkir tepung serbaguna dan dua pertiga cangkir tepung kue.

  • Tepung self-rising: Tepung self-rising memiliki kadar protein sebesar 9–11%. Tidak hanya itu, tepung ini juga mengandung baking powder dan garam. Jenis tepung ini dapat Anda buat sendiri. Anda hanya perlu mencampurkan satu cangkir tepung pastri dengan satu setengah sendok teh baking powder dan seperempat sendok teh garam.

Cermati warna, tekstur, dan aroma tepung terigu

Cermati warna, tekstur, dan aroma tepung terigu

Dalam memilih tepung terigu, Anda bisa mencermati warnanya. Anda sebaiknya memilih tepung terigu yang berwarna putih sedikit kecokelatan seperti warna tulang. Warna cokelat tersebut menandakan bahwa tepung terigu terbuat dari biji gandum utuh.


Selain warna, Anda bisa juga mencermati tekstur dan aromanya saat memilih tepung terigu. Pastikan tepung terigu yang Anda pilih memiliki tekstur yang halus dan lembut. Sementara itu, Anda harus menghindari tepung dengan aroma yang tercium apak.

Pastikan kemasan masih dalam keadaan baik

Pastikan kemasan masih dalam keadaan baik

Memang ada yang menjual tepung dalam bentuk kiloan. Namun, saat ini lebih banyak orang yang memilih untuk membeli tepung dalam kemasan. Alasan utamanya adalah tepung terigu dalam kemasan dinilai lebih higienis. Saat memilih tepung terigu dalam kemasan, Anda harus mengecek keadaan kemasannya.

 
Memastikan kemasan penting karena jika kemasan rusak atau terbuka, kemungkinan besar tepung terigu ikut rusak atau kemasukan kutu. Pastikan tepung terigu pilihan Anda tersegel rapat dan tidak ada lubang udara. Apabila terdapat lubang, pastikan lubang tersebut dibuat memang untuk sirkulasi udara.


Semua tepung terigu pada dasarnya memiliki umur simpan yang lama apabila disimpan dengan baik dan benar. Jadi, selain kemasan yang baik, pastikan juga kontainer penyimpanan Anda airtight dan tidak lembap.

Cek apakah sudah tersertifikasi

Cek apakah sudah tersertifikasi

Tepung terigu yang sudah tersertifikasi berarti sudah melewati uji kontrol kualitas makanan. Dengan kata lain, kualitas tepung terigu tersebut sudah terjamin. Jadi, Anda akan merasa aman ketika mengonsumsi olahan makanan yang terbuat dari tepung terigu berkualitas.


Lembaga yang memberikan sertifikasi pangan di Indonesia adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, ada Good Manufacturing Practice (GMP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Bahan makanan yang disertifikasi dua lembaga tersebut berarti telah memenuhi standar kualitas internasional.

10 Rekomendasi tepung terigu protein rendah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung terigu protein rendah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.

10
Kadar proteinMaksimal 10,5%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanRoti manis, jajanan pasar, mi
9
Kadar proteinMaksimal 9,5
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanGorengan, aneka kue modern dan tradisional
8
Kadar proteinMaksimal 9,75%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanKue, biskuit
7
Kadar proteinMaksimal 9%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanKue
6
Kadar proteinMaksimal 11%
Isi 1 kg
SertifikasiAda
KegunaanKue kering, biskuit, cake
5
Kadar proteinMaksimal 9,75%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanGorengan, jajanan pasar
4
Kadar proteinMaksimal 10%
Isi1 kg
Sertifikasi Ada
KegunaanMartabak, aneka roti kukus
3
Kadar proteinMaksimal 9,75%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanCake, cookies
2
Kadar protein8,5%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanKue, cookies
1
Kadar proteinMaksimal 11%
Isi1 kg
SertifikasiAda
KegunaanGorengan, jajanan pasar

Tabel perbandingan produk tepung terigu protein rendah terbaik

Gambar produk
1
Bungasari Jawara 1

Bungasari

2
Nippon Flour Mills Tepung Terigu Kotobuki 1

Nippon Flour Mills

3
Bungasari Hana Emas 1

Bungasari

4
Sriboga Tepung Terigu Ninja 1

Sriboga

5
Bogasari Lencana Merah 1

Bogasari

6
Bogasari  Kunci Biru Premium 1

Bogasari

7
Sriboga Yokozuna Tepung Terigu 1

Sriboga

8
Bungasari Niji 1

Bungasari

9
Sriboga Pita Merah 1

Sriboga

10
Interflour Kompas 1

Interflour

Nama produk

Jawara

Tepung Terigu Kotobuki

Hana Emas

Tepung Terigu Ninja

Lencana Merah

Kunci Biru Premium

Yokozuna Tepung Terigu

Niji

Pita Merah

Kompas

Keunggulan

Meski harganya ekonomis, makanan terasa lebih menggugah selera

Tepung impor dengan beragam kandungan nutrisi

Tingkat penyerapan air dan kadar abu rendah, cocok untuk kue kering

Menyerap air dan gula dengan baik sehingga olahan bertekstur halus

Gorengan akan terasa renyah dan tidak menyerap minyak berlebih

Masa simpan lama sehingga bisa dijadikan stok bahan masakan

Menghasilkan kue bertekstur lembut berkat bahan berkualitas

Terbuat dari gandum pilihan, hasil olahan terasa begitu istimewa

Ideal untuk kue panggang karena tepung menyerap kelembapan dengan baik

Menghasilkan aneka makanan dengan volume sedang

Harga mulai dariRp 7.900,00Rp 19.000,00Rp 11.000,00Rp 10.500,00Rp 9.500,00Rp 11.000,00Rp 10.000,00Rp 22.000,00Rp 8.500,00Rp 9.500,00
Kadar proteinMaksimal 11%8,5%Maksimal 9,75%Maksimal 10%Maksimal 9,75%Maksimal 11%Maksimal 9%Maksimal 9,75%Maksimal 9,5Maksimal 10,5%
Isi 1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg1 kg
SertifikasiAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
KegunaanGorengan, jajanan pasarKue, cookiesCake, cookiesMartabak, aneka roti kukusGorengan, jajanan pasarKue kering, biskuit, cakeKueKue, biskuitGorengan, aneka kue modern dan tradisionalRoti manis, jajanan pasar, mi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Tepung terigu protein rendah bukan satu-satunya jenis bahan makanan. Masih banyak jenis tepung yang bisa menjadi bahan pembuatan makanan. Bagi Anda yang gemar memasak dan mengkreasikan makanan, tentu wajib tahu berbagai macam tepung tersebut. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang berbagai jenis tepung, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Tepung terigu protein rendah bisa jadi pilihan untuk membuat makanan bertekstur renyah. Namun, Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenisnya. Untuk memilihnya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti warna, tekstur, aroma, hingga sertifikasi.


Hal-hal tersebut sudah kami bahas di atas. Kami juga sudah memberikan rekomendasi produk tepung terigu protein rendah terbaik. Anda bisa memilih salah satu produk yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memasak dan berkreasi di dapur!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cuka apel (apple vinegar) sangat baik dikonsumsi setiap hari karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya untuk diet, menurunkan tekanan darah tinggi, perawatan wajah, dan sebagainya. Namun, banyaknya produk yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan cara memilih cuka apel yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Tak ketinggalan, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi cuka apel terbaik, seperti dari merk Bragg, Heinz, dan S&W. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori