• 10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Cuka Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cuka merupakan salah satu bumbu masak yang wajib ada di dapur. Setetes cairannya mampu mengubah rasa masakan menjadi makin segar dan lezat. Anda juga bisa mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan diet. Di pasaran, terdapat beberapa jenis cuka yang bisa dikonsumsi, misalnya cuka putih, cuka buah, cuka beras, dan lain-lain.


Untuk membantu Anda memperoleh cuka makan terbaik, kami telah menyiapkan tips memilihnya pada artikel ini. Deretan rekomendasi merek cuka makan yang bagus, seperti Dua Belibis, Heinz, dan Dehealth Supplies juga tersedia untuk Anda. Baca ulasannya di bawah, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih cuka makan

Meski sama-sama memiliki cita rasa asam, masing-masing cuka makan lebih ideal dipakai untuk hidangan tertentu saja. Supaya tak salah pilih, silakan cermati cara memilih yang kami rangkum berikut ini!

Ketahui macam-macam cuka yang bisa dikonsumsi

Secara umum, cuka makan berguna untuk menambahkan rasa asam sehingga makanan terasa makin lezat disantap. Di samping itu, cuka makan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis cuka makan beserta masing-masing manfaatnya. Selamat membaca!

Cuka putih: Harganya terjangkau dan multifungsi

Cuka putih: Harganya terjangkau dan multifungsi

Di Indonesia, cuka ini lebih dikenal sebagai cuka makan, cuka masak, atau cuka dapur. Mulanya, cuka putih dibuat dari bahan alami, seperti beras, kentang, dan buah bit. Namun, kebanyakan cuka putih di pasaran terbuat dari penyulingan alkohol sehingga sering disebut distilled white vinegar. Jenis cuka ini biasanya memiliki tingkat keasaman atau acidity 5–10 persen dengan kadar air sekitar 90–95 persen.


Cuka berwarna bening ini memiliki rasa asam yang intens dan banyak digunakan dalam berbagai masakan karena harganya ekonomis. Selain dikonsumsi, cuka putih juga banyak dipakai sebagai cairan pembersih. Anda bisa memakainya untuk membersihkan peralatan masak, pakaian, hingga mesin pembuat kopi.

Cuka buah: Menjaga kesehatan tubuh dan bagus untuk diet

Cuka buah: Menjaga kesehatan tubuh dan bagus untuk diet

Jenis cuka makan ini umumnya terbuat dari sari buah-buahan segar atau mentah. Adapun cuka buah yang populer adalah cuka apel, nanas, dan lemon. Namun, Anda juga bisa menemukan cuka buah lain, misalnya cuka delima, kelapa, atau kurma. Selain ditambahkan ke dalam masakan, Anda juga bisa mengonsumsi cuka buah dengan cara diminum langsung


Cuka ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti mengatasi diare dan sembelit hingga mengontrol kadar gula dan kolesterol. Bukan itu saja, Anda juga bisa mengonsumsi cuka makan ini untuk mengontrol atau menurunkan berat badan, serta mempercantik kulit. Sebagai catatan, beberapa orang kurang menyukai cuka buah karena memiliki aroma yang kuat atau menyengat.

Cuka beras: Tidak terlalu asam dan terasa manis

Cuka beras: Tidak terlalu asam dan terasa manis

Cuka beras atau rice vinegar memiliki cita rasa manis yang khas dan tidak terlalu asam dibandingkan jenis cuka makan lain. Jenis cuka ini terbuat dari beras yang difermentasi dan banyak digunakan sebagai bumbu masak di negara-negara Asia


Cuka beras cocok dicampurkan ke dalam saus celup (dipping sauce) dan sebagai bahan marinasi daging dan ikan. Jenis cuka ini juga memiliki warna yang beragam, tergantung jenis beras yang dipakai. Anda bisa menemukan cuka beras yang terbuat dari beras putih, merah, hitam, dan cokelat.

Balsamic vinegar: Memiliki cita rasa mewah khas Itali

Balsamic vinegar: Memiliki cita rasa mewah khas Itali

Cuka asal Italia, balsamic vinegar, sering dianggap sebagai cuka mewah karena memerlukan proses fermentasi yang lama. Cuka ini dihasilkan dari fermentasi white wine di dalam tong kayu oak selama tiga sampai dua belas tahun. Hasilnya, diperoleh cuka dengan cita rasa dan aroma asam yang kuat, manis, dan bertekstur layaknya sirop. Makin lama fermentasinya, makin baik juga aroma dan rasa dari cuka ini. 


Namun, hal tersebut berbanding lurus dengan harganya yang makin tinggi. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia balsamic vinegar muda atau balsamic vinegar of modena. Produk ini memiliki rasa manis yang cenderung pahit, tetapi harganya lebih terjangkau. Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu untuk daging, pasta, salad, dan sup.

Red wine vinegar: Teksturnya kental dan berwarna merah pekat

Red wine vinegar: Teksturnya kental dan berwarna merah pekat

Sesuai namanya, red wine vinegar terbuat dari fermentasi buah anggur merah hingga memiliki keasaman sekitar 5–7 persen. Jenis cuka yang populer sebagai bumbu masak di Prancis ini memiliki tekstur yang kental dan berwarna merah pekat.


Di Indonesia, cuka ini bisa Anda temukan dalam saus daging panggang atau steak. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat acar dan sebagai saus untuk hidangan penutup atau dessert.

Perhatikan berat bersih dan umur simpannya

Perhatikan berat bersih dan umur simpannya

Cuka adalah bumbu dapur yang memiliki umur simpan atau keawetan yang relatif lama. Meski begitu, usahakanlah untuk memilih cuka makan yang sesuai kebutuhan dengan memerhatikan berat bersih dan umur simpannya. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan sedikit saja cuka untuk menambahkan rasa asam pada masakan.


Sebagai contoh, jika Anda tinggal sendiri, pilihlah cuka makan dalam ukuran kecil dan umur simpan yang lama. Sementara itu, Anda yang tinggal bersama keluarga besar dapat memilih cuka berukuran sedang dan umur simpannya juga lama. Di sisi lain, pengusaha restoran atau rumah makan direkomendasikan untuk memilih cuka dalam ukuran yang besar demi kepraktisan.

Cek ketersediaan kandungan mother atau inang cuka

Cek ketersediaan kandungan mother atau inang cuka

Inang cuka atau mother adalah endapan atau gumpalan yang dihasilkan dari proses fermentasi. Endapan tersebut terdiri dari selulosa dan bakteri asam asetat yang mengubah alkohol menjadi asam asetat saat fermentasi. Produk yang mengandung inang cuka atau mother lebih kaya akan nutrisi dibanding cuka makan tanpa mother


Beberapa nutrisi tersebut adalah enzim, protein, dan bakteri probiotik yang baik untuk tubuh. Namun, beberapa orang kurang menyukai cuka yang mengandung mother karena tampilannya terlihat keruh oleh endapannya. Jika demikian, Anda bisa memilih cuka tanpa mother, yakni yang telah difilter atau disaring.

10 Rekomendasi cuka makan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cuka makan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisCuka beras
Berat bersih296 ml dan 450 ml
Umur simpanTidak disebutkan
9
JenisCuka kelapa
Berat bersih250 ml dan 750 ml
Umur simpan24 bulan
8
JenisCuka red wine
Berat bersih500 ml
Umur simpan12 bulan
7
JenisCuka putih
Berat bersih60 ml
Umur simpan36 bulan
6
JenisCuka balsamic
Berat bersih250 ml dan 500 ml
Umur simpan12 bulan
5

HeinzAll Natural Distilled White Vinegar 5% Acidity

Mulai dari Rp 32.100,00

JenisCuka putih
Berat bersih473 ml
Umur simpan12 bulan
4
JenisCuka beras
Berat bersih250 ml dan 600 ml
Umur simpan24 bulan
3
JenisCuka buah nanas
Berat bersih250 ml, 500 ml, 650 ml, dan 1.000 ml
Umur simpan24 bulan
2
JenisCuka putih
Berat bersih150 ml dan 650 ml
Umur simpan12 bulan
1
JenisCuka buah apel
Berat bersih473 ml dan 946 ml
Umur simpan24 bulan

Tabel perbandingan produk cuka makan terbaik

Gambar produk
1
Bragg Apple Cider Vinegar 1

Bragg

2
Dua Belibis Cuka Dapur 1

Dua Belibis

3
Dehealth Supplies Vinega Nanas 1

Dehealth Supplies

4
Narcissus Rice Vinegar 1

Narcissus

5
Heinz All Natural Distilled White Vinegar 5% Acidity 1

Heinz

6
Filippo Berio Balsamic Vinegar 1

Filippo Berio

7
Logan Food Lombok Gandaria Cuka Makan 5% 1

Logan Food

8
Crudolio Organic Red Wine Vinegar  1

Crudolio

9
TSB Cuka Kelapa / Coconut Vinegar 1

TSB

10
Wan Ja Shan Organic Rice Vinegar 1

Wan Ja Shan

Nama produk

Apple Cider Vinegar

Cuka Dapur

Vinega Nanas

Rice Vinegar

All Natural Distilled White Vinegar 5% Acidity

Balsamic Vinegar

Lombok Gandaria Cuka Makan 5%

Organic Red Wine Vinegar

Cuka Kelapa / Coconut Vinegar

Organic Rice Vinegar

Keunggulan

Membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan

Cuka makan populer yang aman dan terjangkau

Rasakan manfaat optimal dari cuka yang mengandung mother

Diolah dari bahan berkualitas dan menggunakan teknologi terbaru

Rasa asamnya tajam dan segar di lidah

Hadirkan cita rasa unik khas Italia di dapur rumah Anda

Hadir dalam kemasan kecil, pas untuk orang yang tinggal sendiri

Enak dan sehat karena terbuat dari anggur merah organik

Serbaguna! Bisa untuk dikonsumsi, menjaga kesehatan tubuh, hingga mewat kaki pecah-pecah

Terbuat dari fermentasi sake dengan sentuhan rasa khas Jepang

Harga mulai dariRp 125.800,00Rp 4.000,00Rp 45.000,00Rp 15.600,00Rp 32.100,00Rp 48.100,00Rp 5.930,00Rp 61.900,00Rp 60.500,00Rp 88.900,00
JenisCuka buah apelCuka putihCuka buah nanasCuka berasCuka putihCuka balsamicCuka putihCuka red wineCuka kelapaCuka beras
Berat bersih473 ml dan 946 ml150 ml dan 650 ml250 ml, 500 ml, 650 ml, dan 1.000 ml250 ml dan 600 ml473 ml250 ml dan 500 ml60 ml500 ml250 ml dan 750 ml296 ml dan 450 ml
Umur simpan24 bulan12 bulan24 bulan24 bulan12 bulan12 bulan36 bulan12 bulan24 bulanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bumbu masak lainnya di sini

Setelah memiliki cuka makan, Anda mungkin ingin menambah koleksi bumbu dapur untuk membuat masakan yang lebih bervariasi. Di bawah ini, kami telah mengulas produk bumbu masak lain, seperti bubuk cabe, bawang putih, kunyit, ketumbar, dan lain-lain. Yuk, baca ulasan lengkapnya pada tautan yang tersedia!

Kesimpulan

Demikian ulasan kami tentang cuka makan yang bisa Anda beli secara online. Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera mencobanya, bukan? Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan, manakah yang menjadi incaran Anda?


Saat memilih, pertimbangkanlah hidangan apa yang ingin Anda masak, lalu cari jenis cuka yang cocok dengannya. Selain itu, perhatikan juga manfaat-manfaat lainnya, seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Akhir kata, sampai jumpa di artikel menarik lainnya dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tabasco adalah bumbu yang sering digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada piza, pasta, atau olahan makanan lainnya. Jika Anda pergi ke restoran, biasanya saus Tabasco memiliki kemasan botol berwarna merah atau hijau. Selain kemasan botol, saus Tabasco memiliki variasi rasa, mulai dari yang pedas hingga tidak terlalu pedas.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan mengulas enam varian saus Tabasco yang dapat Anda pilih. Yuk, simak sampai akhir untuk menemukan varian saus Tabasco untuk menambah cita rasa santapan Anda sehari-hari. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori