• 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Roasting merupakan proses penting untuk menentukan kualitas rasa dan aroma kopi. Dengan alat roasting ini, Anda dapat menyangrai biji kopi sendiri tanpa harus pergi ke coffee roastery. Terlebih, sekarang sudah banyak mesin roasting kopi kapasitas kecil untuk kebutuhan home roasting.


Beragam merek mesin roasting kopi bisa Anda jumpai di pasaran, seperti WE, Maksindo, dan Behmor. Setiap mesin roasting kopi memiliki kualitas roasting yang beragam. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mesin roasing serta mekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Yuk, disimak sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 27 November 2021
Daftar isi

Apa manfaat memiliki mesin roasting kopi?

Apa manfaat memiliki mesin roasting kopi?

Manfaat memiliki mesin roasting kopi adalah Anda dapat memanggang biji kopi sendiri tanpa harus pergi ke coffee roastery. Anda pun bebas menentukan tingkat pemanggangan kopi yang Anda inginkan, baik light roasted hingga dark roasted. Selain untuk mempertahankan rasanya, Anda dapat membuat kombinasi unik dengan memasukkan varietas green beans


Memiliki mesin roasting kopi sendiri berarti Anda dapat menekan pengeluaran dalam membeli kopi yang sudah disangrai. Kopi yang sudah disangrai biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada kopi yang belum disangrai.

Cara memilih mesin roasting kopi

Kami akan menjabarkan cara memilih mesin roasting kopi yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Ketahui jenis-jenis mesin roasting kopi

Menyangrai biji kopi sendiri memberikan kepuasan yang tidak bisa disangkal. Sebelum Anda membeli mesin roasting kopi, Anda harus mengetahui jenis mesin roasting itu sendiri. Apa saja jenis-jenis mesin roasting kopi? Simak di bawah ini!

Drum roaster: Untuk membuat roasting profile ala Anda

Drum roaster: Untuk membuat roasting profile ala Anda

Drum roaster merupakan metode untuk penyangraian biji kopi menggunakan silinder. Silinder atau drum ini dipasang secara horizontal supaya biji kopi dapat berputar dengan mudah dan terpanggang merata. Beberapa mesin drum roaster memiliki fitur programming sehingga Anda dapat bereksperimen untuk membuat roasting profile ala Anda. 


Selama proses roasting, Anda dapat mengatur intensitas panasnya. Waktu roasting ideal dalam menggunakan mesin ini selama 10–15 menit. Hal ini tergantung dari jumlah biji kopi yang Anda sangrai.


Setelah proses roasting, biji kopi akan jatuh melalui pintu yang terbuka ke dalam wadah pendingin. Di dalam wadah pendingin ini, biji kopi akan didinginkan dengan penyedotan udara panas dan degassing. Degassing adalah pelepasan gas karbon dioksida oleh biji kopi. Setelah melalui masa pendinginan dan degassing, biji kopi siap digunakan. 

Hot air roaster: Untuk Anda yang baru mencoba me-roasting biji kopi

Hot air roaster: Untuk Anda yang baru mencoba me-roasting biji kopi

Mesin ini memakai sistem udara panas dalam menyangrai biji kopi. Biji kopi dimasukkan ke dalam kuali (chamber roasting). Proses menyangrainya yaitu udara panas dari chamber burner divakum dengan blower yang memiliki rpm tinggi. Waktu roasting ideal dengan mesin ini adalah 8–12 menit. Sebagai tambahan informasi, hot air roaster memiliki temperatur yang stabil karena chamber burner-nya. 


Proses menyangrai menggunakan hot air roaster akan lebih merata karena udara panas yang sifatnya menyebar pada ruang pemanggangan. Mesin roasting jenis ini umumnya lebih terjangkau dibandingkan mesin roasting drum. Untuk Anda yang baru mencoba dalam me-roasting biji kopi, mesin jenis ini bisa dipertimbangkan.

Pilih berdasarkan sumber panasnya

Dalam menyangrai green bean menjadi biji kopi matang dibutuhkan sumber panas. Sumber panas dibagi menjadi dua jenis, yaitu gas dan elektrik. 

Sumber panas gas: Cocok untuk menyangrai kopi kapasitas besar

Sumber panas gas: Cocok untuk menyangrai kopi kapasitas besar

Mesin roasting kopi dengan sumber panas gas biasanya untuk commercial roaster atau untuk me-roasting kopi dalam jumlah besar. Pada mesin roasting kopi ini, Anda dapat menyesuaikan panas yang dibutuhkan untuk memanggang biji agar hasilnya sempurna.


Mesin roasting kopi berkapasitas besar ini cocok untuk pelaku bisnis kopi. Hal yang perlu diingat dalam menggunakan mesin roasting ini adalah ventilasi ruangan harus cukup. Hal ini agar asap yang dihasilkan dari proses roasting dapat keluar.

Sumber panas elektrik: Sederhana, efisien, dapat dapat dilakukan di mana saja

Untuk pemula, Anda bisa menggunakan mesin roasting dengan sumber panas elektrik. Mesin roasting ini sangat sederhana, efisien, dan dapat memanggang kopi di mana saja. Dengan alat ini, Anda hanya dapat memanggang biji kopi berkapasitas kecil dan daya listrik yang tidak telalu besar. Mesin roasting elektrik pada umumnya memiliki pengaturan untuk tidak mengeluarkan asap yang banyak sewaktu proses roasting


Jika Anda ingin menggunakan mesin roasting ini, silakan beri jeda antara proses roasting pertama dan selanjutnya. Hal ini karena alat roasting elektrik memiliki elemen panas di dalamnya yang membutuhkan waktu untuk kembali ke suhu semula. Cara ini dilakukan agar hasil roasting kopi Anda tidak over roasted.

Ketahui kapasitasnya

Mempertimbangkan kapasitas roasting kopi yang dihasilkan juga sangat penting. Kapasitas roaster ini saling berkaitan dengan tujuan roasting Anda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut! 

Commercial roaster: Kapasitas besar untuk pebisnis kopi

Commercial roaster: Kapasitas besar untuk pebisnis kopi

Mesin kopi komersial atau sering disebut commercial roaster adalah alat untuk memanggang biji kopi dengan kapasitas besar. Mesin ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki bisnis kopi. Ukuran mesin ini juga sangat besar kerena di dalamnya terdapat drum serta pendingin kopi yang telah disangrai. 


Mesin roasting ini juga memiliki beberapa kategori yang disesuaikan dengan kapasitas biji yang akan di-roasting. Berikut ini kategori yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Small commercial roaster: 5–15 kg
  • Medium commercial roaster: 15–30 kg
  • Large commercial roaster: 30–70 kg
  • Extra large commercial roaster: >70 kg


Makin besar dan lengkap programming-nya, harganya akan makin mahal. Mesin roasting kapasitas besar ini juga harus dirawat dengan perawatan khusus. Biasanya beberapa merek akan memberikan servis gratis dalam satu tahun. Jika telah lewat satu tahun, Anda dapat memanggil jasa servis mesin kopi untuk datang ke tempat Anda. 

Mesin roasting rumahan: Mesin dengan kapasitas kecil dan mudah dioperasikan

Anda ingin memanggang biji kopi di rumah dengan kapasitas kecil? Saat ini sudah ada mesin roasting rumahan yang bisa Anda gunakan untuk menyangrai biji kopi sendiri. Mesin roasting rumahan bentuknya kecil dan mudah untuk dibawa atau dipindahkan. Mesin roasting ini terdiri dari dua jenis, yaitu sample roaster dan small batch roaster


  • Sample roaster: Berkapasitas 50–500 gram biji kopi. Jenis ini biasanya untuk membuat sampel dalam bisnis kopi atau untuk memanggang biji kopi dalam sekali seduh. 
  • Small batch roaster: Memiliki kapasitas 1–3 kg biji kopi. Jenis mesin kopi ini biasanya untuk membuat stok kopi dalam beberapa seduhan. Untuk Anda yang memiliki bisnis kopi kecil-kecilan atau warung kopi, Anda dapat menggunakan mesin roasting jenis ini. 

Kapasitas roasting biji kopi sebaiknya sekitar 75–80% dari total kapasitas yang disarankan pada kemasan produk. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan berapa banyak biji kopi yang ingin Anda roasting dalam satu batch

Pertimbangkan mesin roasting yang memiliki fitur pendingin

Pertimbangkan mesin roasting yang memiliki fitur pendingin

Pada umumnya, mesin roasting kopi akan mati ketika timer pada mesin sudah berhenti. Lalu biji kopi akan dikeluarkan karena sudah mencapai tingkat kematangan yang Anda inginkan. 


Namun untuk beberapa roaster, ada proses lagi untuk membuat kopi lekas dingin ke suhu normal. Proses pendinginan ini dinamakan cooling bean. Mendinginkan biji kopi bertujuan agar suhu kopi tidak meningkat sampai 10% dari drum roaster. Dengan begitu, hasil roasting biji kopi tersebut tidak over roasted.


Daripada membeli alat pendingin secara terpisah, Anda bisa memilih roaster yang memiliki fitur pendingin. Selain praktis, tentunya hal ini akan cukup menghemat waktu dan tenaga. Namun, jika mesin roasting Anda tidak ada fitur pendinginnya, Anda bisa menghentikan proses roasting pada tahap 90%. Setalah itu, Anda dapat mematikan mesin roasting dan mendinginkannya sehingga biji kopi matang dengan sempurna. 

10 Rekomendasi mesin roasting kopi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin roasting terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas120 g
Sumber panasGas
Fitur pendinginAda
9

BehmorCoffee Roasting

2020SR Plus

Mulai dari Rp 7.950.000,00

Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingHot air roasting
Kapasitas454 g
Sumber panasListrik
Fitur pendinginAda
8

NORNorkit

250

Mulai dari Rp 12.000.000,00

Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas300 g
Sumber panasGas
Fitur pendinginAda
7

MaksindoMesin Roasting Kopi + Blower

LAFIRA05

Mulai dari Rp 26.500.000,00

Jenis mesin roastingCommercial roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas5.000 g
Sumber panasGas
Fitur pendinginAda
6
Jenis mesin roastingCommercial roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas1.200 g
Sumber panasGas
Fitur pendinginAda
5
Jenis mesin roastingCommercial roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas600 g
Sumber panasGas
Fitur pendingin Ada
4

Gene Café Coffee Roaster

CBR-101

Mulai dari Rp 6.493.000,00

Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas200 g
Sumber panasListrik
Fitur pendinginAda
3

BarwellHot Air Roasting Coffe Machine

SCR-305

Mulai dari Rp 2.250.000,00

Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingHot air roasting
Kapasitas80 g
Sumber panasListrik
Fitur pendinginAda
2
Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas300 g
Sumber panasGas
Fitur pendinginTidak Ada
1
Jenis mesin roastingHome roaster
Metode roastingDrum roasting
Kapasitas750 g
Sumber panasListrik
Fitur pendinginTidak ada

Tabel perbandingan produk mesin roasting terbaik

Gambar produk
1
Rockwood Mesin Sangrai Kopi 1

Rockwood

2
Alat Sangrai Kopi Mini Manual 1

3
Barwell Hot Air Roasting Coffe Machine 1

Barwell

4
Gene Café  Coffee Roaster 1

Gene Café

5
Ferrati Ferro Mesin roasting kopi 1

Ferrati Ferro

6
WE W600i SE Full Option 1

WE

7
Maksindo Mesin Roasting Kopi + Blower 1

Maksindo

8
NOR Norkit 1

NOR

9
Behmor Coffee Roasting 1

Behmor

10
WE WE x SUJI Mini Roaster 100 1

WE

Nama produk

Mesin Sangrai Kopi

Alat Sangrai Kopi Mini Manual

Hot Air Roasting Coffe Machine

Coffee Roaster

Mesin roasting kopi

W600i SE Full Option

Mesin Roasting Kopi + Blower

Norkit

Coffee Roasting

WE x SUJI Mini Roaster 100

Keunggulan

Mesin roasting kopi listrik dengan desain sleek

Mini coffee roaster dengan harga terjangkau!

Praktis, dapat menyangrai sekaligus mendinginkan biji kopi secara otomatis

Merek mesin roasting kopi Korea, cocok untuk rumahan dan bar kecil

Mesin sangrai kopi yang dilengkapi sistem pengontrol keselamatan

Total kapasitas produksi 24 batch dalam 8 jam kerja!

Mesin roasting multifungsi untuk beberapa jenis home industries

Mesin roasting kopi artisan

Memiliki lima program roasting kopi otomatis

Mesin roasting lokal kualitas luar negeri

Harga mulai dariRp 999.000,00Rp 599.900,00Rp 2.250.000,00Rp 6.493.000,00Rp 27.900.000,00Rp 26.500.000,00Rp 12.000.000,00Rp 7.950.000,00Rp 15.000.000,00
Jenis mesin roastingHome roasterHome roasterHome roasterHome roasterCommercial roasterCommercial roasterCommercial roasterHome roasterHome roasterHome roaster
Metode roastingDrum roastingDrum roastingHot air roastingDrum roastingDrum roastingDrum roastingDrum roastingDrum roastingHot air roastingDrum roasting
Kapasitas750 g300 g80 g200 g600 g1.200 g5.000 g300 g454 g120 g
Sumber panasListrikGasListrikListrikGasGasGasGasListrikGas
Fitur pendinginTidak adaTidak AdaAdaAda AdaAdaAdaAdaAdaAda
Tautan produk

Tips agar mesin roasting kopi lebih awet

Tips agar mesin roasting kopi lebih awet

Memang penting mengetahui cara memilih mesin roasting, tetapi Anda juga perlu mengetahui trik agar coffee roaster lebih awet. Untuk itu, mari simak tips pemakaian dan perawatan mesin roasting kopi berikut ini!


  • Panaskanlah mesin roasting sebelum digunakan
    Sebelum memasukkan biji kopi mentah, panaskan mesin roasting hingga suhu 70 °C–100 °C. Hal ini bertujuan agar mesin roasting dapat bekerja maksimal dan mencapai suhu yang diinginkan.

  • Biarkan mesin roasting berputar beberapa saat setelah dimatikan
    Hal ini dilakukan agar tabung mesin tidak penyok atau terkikis di satu bagiannya akibat panas yang tidak merata.

  • Letakkan mesin roasting di ruangan yang sirkulasi udaranya baik
    Selama proses roasting, biji kopi yang dipanggang akan mengeluarkan asap yang mengepul. Oleh karenanya, mesin roasting harus diletakkan di ruangan yang sirkulasinya baik. Sirkulasi udara yang baik akan membuat asap pembakaran keluar ruangan. Dengan begitu, asap tidak memenuhi ruangan dan mengenai biji kopi yang disangrai.

  • Bersihkan secara berkala
    Setelah Anda memanggang kopi, biji kopi akan melepaskan kulit ari atau disebut chaff. Bersihkanlah kulit ari yang masih menempel di bodi mesin menggunakan kuas atau lap kering. Anda juga bisa menyedotnya dengan vacuum cleaner kecil khusus untuk membersihkan mesin roasting. Bagian-bagian lain, seperti motor drum, burner, dan blower, juga turut dibersihkan.

Baca juga rekomendasi alat pembuat kopi lainnya di sini

Pastinya Anda sangat puas jika membuat kopi mulai dari roasting biji kopi sampai menjadi segelas minuman sendiri. Banyak peralatan yang dibutuhkan dalam setiap prosesnya. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa artikel rekomendasi peralatan kopi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Roasting memang suatu proses penting yang menentukan rasa kopi yang Anda minum nantinya. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih mesin roasting kopi yang tepat agar hasilnya sempurna. Pastikan Anda menyesuaikan pilihan mesin roasting dengan kebutuhan Anda.


Walaupun minum segelas kopi di kafe lebih praktis, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat kopi sendiri di rumah, bukan? Selamat menjatuhkan pilihan pada mesin roasting kopi yang tepat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang praktis. Nah, sandwich maker hadir agar Anda dapat memasaknya lebih cepat. Produknya juga dikenal dengan sandwich toaster atau pemanggang roti. Dengan model yang bervariasi, produk manakah yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih sandwich maker terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Philips, Kris, dan lainnya. Dari yang low watt sampai yang multifungsi, semuanya ada. Produknya pun telah kami ulas untuk Anda. Ingin menikmati sandwich yang enak? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Alat Perasan Lemon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Perasan Lemon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meminum segelas jus lemon segar di hari yang panas tentu terasa nikmat. Untuk menyiapkan sari lemon dalam jumlah banyak, Anda membutuhkan alat perasan lemon yang bagus. Beragam alat peras lemon kini dijual di pasaran, dari yang manual hingga yang otomatis. Saking banyaknya pilihan, Anda pasti bingung saat harus memilihnya.Pada artikel ini, kami akan membagi tips cara memilih alat perasan lemon terbaik. Kemudian, Anda bisa membandingkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Philips, Maestro, dan merk terkenal lainnya. Simak sampai akhir untuk menemukan mesin pemeras lemon idaman Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Toaster Terbaik Tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toaster Terbaik Tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai sarapan dengan roti daripada nasi, Anda perlu memiliki toaster tipe pop up. Di Indonesia sendiri masih jarang orang yang menggunakan toaster tipe pop up. Padahal, toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan menghemat waktu.Sebenarnya, sudah ada beberapa brand yang meluncurkan toaster tipe pop up seperti Sharp, Philips, dan Oxone. Namun, mungkin masih sedikit orang yang menggunakannya dan belum tahu mana toaster tipe pop up yang terbaik. Untuk itu, kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih toaster tipe pop up ini.
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.Pada artikel ini kami akan membagikan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Beragam merek waffle maker yang bagus juga turut kami ulas, seperti Oxone, Klaz, dan Sonifer. Mari simak artikelnya hingga usai dan buat sendiri waffle kesukaan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Food Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang dikukus penting bagi Anda yang memerhatikan kesehatan dan kecantikan. Food steamer merupakan peralatan masak yang cocok digunakan untuk mengukus. Ada berbagai food steamer dengan ukuran, fitur, dan harga yang berbeda. Anda pasti bingung memilihnya, bukan?Karena itu, kali ini kami akan membagikan berbagai tips saat memilih food steamer. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek, seperti Philips dan Oxone. Simak artikel ini baik-baik dan temukan food steamer terbaik untuk Anda. 
    Alat masak khusus
  • 10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Kopi yang langsung digiling dari biji lalu diseduh memang paling enak untuk dinikmati karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder ada banyak variasinya, baik dari segi desain, fungsi, maupun tipenya.Untuk itu, kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merk terkenal seperti Eureka, Hario, dan De’Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Coffee Syphon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Coffee Syphon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Coffee syphon, dikenal juga sebagai vacuum pots, adalah alat penyeduh kopi yang bisa menghasilkan rasa kopi autentik. Selain memiliki desain yang unik dan elegan, rasa kopi yang dihasilkan oleh coffee syphon pun sangat nikmat. Saat ini, sudah banyak coffee syphon yang dijual di pasaran.Untuk Anda yang sedang mencari coffee syphon, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai habis. Kali ini, kami akan menjelaskan apa itu coffee syphon serta rekomendasi produknya. Beberapa merek yang bagus dan terkenal seperti Hario, Kono, dan lainnya ada dalam rekomendasi produk, lho! Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin pembuat sosis merupakan alat untuk membuat sosis buatan tangan. Saat ini, berbagai macam daging mudah didapatkan di pasar, supermarket, bahkan online. Tidak heran jika makin banyak orang tertarik membuat sosis sendiri. Namun, memilih mesin pembuat sosis bukan perkara mudah. Ada berbagai tipe mesin dengan cara kerja yang berbeda-beda. Cukup membingungkan untuk Anda yang ingin membeli mesin pembuat sosis pertama kali, kan? Jangan khawatir! Kami akan merekomendasikan mesin pembuat sosis terbaik dan tepat untuk Anda. Yuk, disimak!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Sostel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sostel adalah makanan berbahan dasar sosis dan telur. Makanan berbentuk silinder ini biasanya disajikan memakai tusukan sate sehingga lebih mudah ketika dikonsumsi. Untuk membuat hidangan ini, Anda harus menggunakan mesin sostel. Apabila Anda tertarik membeli mesin sostel, silakan membaca tips memilih mesin sostel yang bagus di bawah ini.Di artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai mesin sostel gas, listrik, hingga mesin sostel mini. Kami juga akan memberikan review mesin sostel merk Getra, Ardin, dan Goto beserta harga mesin sostel terbaik di pasaran. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan roti bakar merupakan wajan berbentuk datar yang serbaguna. Pasalnya, wajan ini dapat dipakai juga untuk membuat burger, roti maryam, dan sebagainya. Belakangan ini, bisnis waralaba seperti roti bakar Bandung, roti panggang, dan sebagainya makin banyak diminati. Oleh sebab itu, kebutuhkan wajan roti bakar pun semakin meningkat. Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih wajan roti bakar yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk wajan roti bakar dari merek terkenal contohnya ECOPAN. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Alat masak khusus
  • Artikel populer

  • 10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Penggiling / Grinder Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Halo, coffee addict! Anda sudah punya mesin penggiling kopi model apa? Kopi yang langsung digiling dari biji lalu diseduh memang paling enak untuk dinikmati karena aroma dan rasanya sangat autentik. Mesin penggiling kopi atau grinder ada banyak variasinya, baik dari segi desain, fungsi, maupun tipenya.Untuk itu, kami akan membahas lebih dalam mengenai grinder kopi, baik grinder kopi manual maupun elektrik. Kami juga akan mengenalkan berbagai merk terkenal seperti Eureka, Hario, dan De’Longhi. Anda juga akan mendapatkan tips memilih gilingan kopi dari coffee consultant, Deni Dermanto. Selamat membaca!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pencinta pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan mesin pembuat pasta atau pasta maker di rumah. Bagi Anda yang pemula, mungkin akan bingung dalam memilihnya. Terlebih lagi, banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Philips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.Agar Anda tidak bingung, silakan simak artikel berikut ini. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih serta memberikan rekomendasi produk-produk pasta maker yang bagus untuk Anda. Ayo, membuat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Waffle Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya untuk sarapan, waffle juga cocok dijadikan menu pendamping minum teh sore. Waffle pun telah menjadi menu andalan beberapa kafe atau restoran. Kini, Anda tak perlu pergi ke kafe untuk menyantap seporsi waffle hangat! Pasalnya, Anda dapat membuat waffle sendiri di rumah dengan memakai waffle maker.Pada artikel ini kami akan membagikan kriteria memilih waffle maker dan rekomendasi produknya. Beragam merek waffle maker yang bagus juga turut kami ulas, seperti Oxone, Klaz, dan Sonifer. Mari simak artikelnya hingga usai dan buat sendiri waffle kesukaan Anda!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sandwich menjadi salah satu menu sarapan yang praktis. Nah, sandwich maker hadir agar Anda dapat memasaknya lebih cepat. Produknya juga dikenal dengan sandwich toaster atau pemanggang roti. Dengan model yang bervariasi, produk manakah yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih sandwich maker terbaik. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Philips, Kris, dan lainnya. Dari yang low watt sampai yang multifungsi, semuanya ada. Produknya pun telah kami ulas untuk Anda. Ingin menikmati sandwich yang enak? Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smoothie Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Smoothie blender merupakan alat rumah tangga yang wajib dimiliki bila Anda rutin mengonsumsi smoothie. Tentu Anda bisa membuat smoothie dengan blender biasa, tetapi hasilnya akan lebih maksimal bila menggunakan smoothie blender. Saat ini, telah banyak merek smoothie blender yang dijual di pasaran, antara lain Kenwood, Philips, dan Severin.Dengan banyaknya smoothie blender yang dijual, mungkin Anda jadi bingung saat memilih. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih smoothie blender, serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu berlama-lama, mari kita mulai pembahasannya! 
    Alat masak khusus
  • 10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Moka Pot Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Halo, pencinta kopi! Bubuk kopi yang baru saja digiling dari biji lalu diseduh secara langsung memang terasa paling nikmat, ya! Lalu, bagaimana cara Anda menyeduh kopi? Salah satu cara menyeduh kopi yang klasik adalah dengan menggunakan moka pot. Moka pot adalah alat penyeduh kopi tradisional tanpa menggunakan mesin.Kami akan menjelaskan cara memilih moka pot yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bialetti, GAT, Nankai, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Alat masak khusus
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Yoghurt Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Yoghurt adalah jenis olahan susu yang populer karena memiliki banyak manfaat. Hal tersebut membuat kebutuhan akan mesin yoghurt maker makin meningkat. Anda dapat menemukan berbagai yoghurt maker machine yang beredar di pasaran, seperti yoghurt maker Bear, Imundex, Kuvings, dan lainnya.Bagi Anda yang belum mengenal atau sedang bingung memilih merek yoghurt maker yang bagus, kami punya solusinya. Kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan sepuluh rekomendasi yoghurt maker terbaik untuk Anda. Dengan demikian, Anda dapat menemukan alat pembuat yoghurt yang bagus. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.
    Alat masak khusus
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori