1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Alat masak khusus
  6. >
  7. 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

7 Home Roasting Machine Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Alat roasting kopi memungkinkan Anda menyangrai biji kopi sendiri tanpa harus pergi ke coffee roastery. Penggunaan alat ini penting untuk menentukan kualitas rasa kopi. Karena pencinta kopi makin banyak, sekarang ada juga mesin roasting kopi berkapasitas kecil untuk kebutuhan home roasting.


Merek mesin kopi home roasting, seperti WE, Maksindo, dan Behmor, ada di pasaran. Setiap mesin roasting kopi memiliki kualitas roasting yang beragam. Simak tips memilih mesin kopi home roasting serta rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Diperbaharui 05-05-2022
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat memiliki home roasting machine?

Apa manfaat memiliki home roasting machine?

Jika Anda memiliki home roasting machine sendiri, Anda dapat memanggang biji kopi tanpa harus pergi ke coffee roastery. Anda pun bebas menentukan tingkat panggangan kopi yang Anda inginkan, baik light roasted maupun dark roasted


Dengan roasting bean sendiri, Anda bisa mencoba bermacam profile roasting dari satu jenis bean. Dengan demikian, satu jenis bean tersebut dapat menghasilkan bermacam karakter rasa yang berbeda. 


Memiliki home roasting machine sendiri berarti Anda dapat menekan pengeluaran dalam membeli kopi yang sudah disangrai. Kopi yang sudah disangrai biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada kopi yang belum disangrai.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih home roasting machine

Kami akan menjabarkan cara memilih home roasting machine yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

① Ketahui jenis-jenis home roasting machine

Menyangrai biji kopi sendiri memberikan kepuasan yang tidak bisa disangkal. Sebelum membeli mesin roasting kopi, Anda harus mengetahui jenis home roasting machine itu sendiri. Apa saja jenis-jenis home roasting machine? Simak di bawah ini!

Drum roaster: Memiliki stabilitas termal yang baik

Drum roaster: Memiliki stabilitas termal yang baik

Home roasting machine ini pemanas utamanya menggunakan gas. Untuk mengoperasikannya, nyalakan pemanas gas terlebih dahulu, lalu kipas akan menarik udara panas tersebut dari pembakar. Selanjutnya, mesin akan mulai memanggang biji kopi yang berada di dalam drum.


Untuk Anda yang ingin memanggang biji kopi dengan jenis mesin ini, sebaiknya pilih drum yang berdinding ganda. Anda juga bisa memilih mesin dengan burner yang cukup untuk kebutuhan roasting kopi Anda. Jenis home roasting machine ini juga memiliki stabilitas termal yang baik sehingga membuat kopi tidak cepat hangus.


Drum roaster biasanya punya pilihan programming yang disebut mesin roasting kopi artisan. Dengan programming ini, Anda bisa mengatur proses pemanggangan sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki home machine roasting jenis ini, tempatkanlah di ruang yang memiliki ventilasi baik agar asap roasting bisa keluar ruangan.

Fluid-bed roaster: Menjaga kopi terpanggang dengan sempurna

Fluid-bed roaster: Menjaga kopi terpanggang dengan sempurna

Home roasting machine jenis ini memiliki metode pemanas yang menggunakan listrik dan mengandalkan lapisan udara panas untuk memanggang biji kopi. Kopi disangrai dengan udara panas dari chamber burner dan divakum dengan blower yang memiliki rpm tinggi.


Panas yang dikeluarkan ke udara akan membuat biji kopi terpanggang dengan lebih sempurna. Harga fluid-bed roaster juga lebih rendah dibandingkan dengan drum roaster. Karena itu, mesin ini cocok untuk Anda yang baru mulai belajar me-roasting biji kopi.

② Perhatikan metode pemanasnya

Perhatikan metode pemanasnya

Dalam menyangrai green bean menjadi biji kopi matang dibutuhkan sumber panas. Sumber panas dibagi menjadi dua jenis, yaitu elektrik dan gas.


  • Untuk pemula, Anda bisa menggunakan mesin roasting dengan sumber panas elektrik. Mesin roasting ini sangat sederhana, efisien, dan dapat memanggang kopi di mana saja. Dengan alat ini, Anda hanya dapat memanggang biji kopi berkapasitas kecil dan daya listrik yang tidak terlalu besar. Mesin tipe ini umumnya memiliki pengaturan agar tidak mengeluarkan asap yang banyak saat proses roasting.

  • Mesin roasting kopi dengan sumber panas gas biasanya untuk me-roasting kopi dalam jumlah besar. Pada mesin roasting kopi ini, Anda dapat menyesuaikan panas yang dibutuhkan untuk memanggang biji agar hasilnya sempurna.

③ Perhatikan kapasitas home roasting kopi

Perhatikan kapasitas home roasting kopi

Mesin roasting rumahan tentunya memiliki kapasitas sangrai kopi yang juga tidak terlalu besar. Home roasting machine biasanya memiliki kapasitas kecil, seperti 80 gram, 100 gram, hingga 500 gram saja. Sebaiknya, pilihlah kapasitas mesin roasting kopi yang tidak terlalu besar karena mesin roasting besar akan membutuhkan operasional yang besar pula.


Kapasitas roasting biji kopi sebaiknya sekitar 75–80% dari total kapasitas yang disarankan pada kemasan produk. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan berapa banyak biji kopi yang ingin Anda roasting dalam satu batch.

④ Ketahui tentang kemudahan dalam pemakaiannya

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli home roasting machine adalah kemudahan dalam pemakaiannya. Sebelum membeli mesin roasting rumahan, bacalah cara penggunaan mesin yang ada di dalam buku panduan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran yang spesifik dalam penggunaannya. Mudahnya penggunaan mesin roasting rumahan juga akan memengaruhi roasting kopi yang dihasilkan.

⑤ Pilihlah mesin roasting yang memiliki banyak fitur

Setiap mesin sangrai memiliki fitur yang berbeda-beda. Makin banyak fitur yang dimiliki home roasting machine, makin mudah Anda dalam menyangrai biji ala profil Anda. Home roasting machine Anda akan menonjol jika memiliki beberapa fitur di bawah ini.

Double drum: Pemanggangan biji kopi akan menjadi lebih cepat

Double drum: Pemanggangan biji kopi akan menjadi lebih cepat

Pada dasarnya, kunci menyangrai biji kopi yang baik menggunakan drum adalah dari metode pemanas dan drumnya sendiri. Jika home roasting machine Anda memiliki fitur double drum, Anda dapat memanggang biji kopi lebih cepat dengan risiko hangus yang rendah.


Kualitas dari drum dan burner ini yang seharusnya menjadi perhatian Anda pertama kali ketika ingin membeli mesin roasting kopi rumahan. Setidaknya, mesin roasting rumahan Anda memiliki drum dan burner yang bagus agar biji kopi yang disangrai hasilnya sempurna.

Manometer udara: Memberikan aliran udara yang konsisten pada setiap panggangan biji kopi

Manometer udara: Memberikan aliran udara yang konsisten pada setiap panggangan biji kopi

Home roasting machine yang memiliki manometer udara di saluran antara drum pemanggang dan kipas angin akan bermanfaat dalam proses pemanggangan biji kopi. Manometer ini akan membaca tekanan udara yang dihasilkan selama proses roasting. Biasanya, di dalam mesin roasting terdapat kipas yang akan membantu proses sangrai. Namun, pengaturan kipas ini tidak menjamin pemanggangan yang konsisten. 


Dengan adanya manometer, Anda bisa mengetahui cara menyesuaikan kipas agar aliran udara konsisten dalam setiap batch pemanggangan biji kopi. Dalam mengukur aliran udara secara langsung, Anda memerlukan pemasangan probe di saluran pembuangan agar pemanggangan bekerja secara efektif.

Variable Speed Drive (VSD) fan: Fitur yang penting untuk pengulangan roasting kopi

Variable Speed Drive (VSD) fan: Fitur yang penting untuk pengulangan roasting kopi

Setiap mesin roasting pastinya memiliki kipas untuk menghasilkan roasting yang sempurna. Bila home roasting machine Anda memiliki kipas VSD, aliran udara selama proses roasting akan konsisten dari batch ke batch selanjutnya. Kombinasi manometer dan kipas VSD ini sangat penting untuk Anda yang sering melakukan penyangraian biji kopi untuk di konsumsi dalam beberapa waktu.

7 Rekomendasi home roasting machine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk home roasting machine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rockwood

Mesin Sangrai Kopi

Rockwood Mesin Sangrai Kopi 1枚目

Mesin roasting kopi listrik dengan desain sleek

2

Alat Sangrai Kopi Mini Manual

 Alat Sangrai Kopi Mini Manual 1枚目

Mini coffee roaster dengan harga terjangkau!

3

Barwell

Hot Air Roasting Coffe Machine

Barwell Hot Air Roasting Coffe Machine 1枚目

Praktis, dapat menyangrai sekaligus mendinginkan biji kopi secara otomatis

4

Gene Café

Coffee Roaster

Gene Café  Coffee Roaster 1枚目

Merek mesin roasting kopi Korea, cocok untuk rumahan dan bar kecil

5

NOR

Norkit

NOR Norkit 1枚目

Mesin roasting kopi artisan

6

Behmor

Coffee Roasting

Behmor Coffee Roasting 1枚目

Memiliki lima program roasting kopi otomatis

7

WE

WE x SUJI Mini Roaster 100

WE WE x SUJI Mini Roaster 100 1枚目

Mesin roasting lokal kualitas luar negeri

Perincian produk
Close
No.1

RockwoodMesin Sangrai Kopi

Mulai dari Rp999.000,00

Mesin roasting kopi listrik dengan desain sleek

Apakah Anda mencari alat roasting otomatis yang desainnya sleek? Sepertinya coffee roaster berwarna putih dari Rockwood ini dapat dijadikan pilihan. Mesin roasting otomatis yang sumber panasnya berasal dari listrik ini cara kerjanya sangatlah mudah.


Anda tinggal menekan tombol on, lalu atur suhunya. Produk ini akan mengaduk secara otomatis untuk menjadikan biji kopinya matang. Cara ini membuat biji kopi tidak selalu bersentuhan dengan permukaan pan yang panas. Anda akan mendapatkan hasil roasting biji kopi yang matang secara merata.

No.2

Alat Sangrai Kopi Mini Manual

Mulai dari Rp599.900,00

Mini coffee roaster dengan harga terjangkau!

Jika Anda mencari alat sangrai kopi dengan harga terjangkau, mungkin produk yang satu ini cocok untuk Anda! Alat roasting kopi ini dioperasikan menggunakan sumber panas gas dan dijalankan secara manual. 


Artinya, Anda harus memutar tuas roaster ini hingga tingkat kematangan biji kopi yang diinginkan. Mungkin tangan Anda akan terasa sedikit pegal karena harus memutar tuas secara manual. Namun, pengalaman rasa kopi yang disangrai dengan tangan sendiri pasti terasa lebih worth it, ya!

No.3

BarwellHot Air Roasting Coffe MachineSCR-305

Mulai dari Rp2.250.000,00

Praktis, dapat menyangrai sekaligus mendinginkan biji kopi secara otomatis

Produk dari Barwell ini merupakan roaster tipe hot air bertenaga listrik sehingga Anda menyangrai biji kopi secara otomatis. Tak hanya itu, setelah proses roasting selesai, fitur pendingin akan otomatis berjalan untuk mendinginkan biji kopi.


Mesin ini cocok untuk home brewer ataupun kedai kopi yang ingin memiliki profile roast tersendiri. Cukup tekan power on, kemudian aturlah waktu sangrai. Praktis sekali, bukan?

No.4

Gene Café Coffee RoasterCBR-101

Mulai dari Rp6.493.000,00

Merek mesin roasting kopi Korea, cocok untuk rumahan dan bar kecil

Alat roasting kopi merek Korea ini didesain untuk keperluan rumahan atau kafe yang memiliki bar kecil. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat mesin roasting kopi ini tidak memakan tempat yang banyak.


Memiliki sistem cool down cycle yang cepat, Anda bisa menyangrai hingga 300 gram biji kopi setiap 22 menit. Adanya tombol kontrol membuat Anda dapat mengendalikan mesin sangrai kopi ini dengan mudah. Mesin roasting ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan merah.

No.5

NORNorkit250

Mulai dari Rp12.000.000,00

Mesin roasting kopi artisan

Mesin roasting ini merupakan mesin sangrai artisan. Artisan adalah software yang membantu penyangrai kopi untuk merekam, menganalisis, dan mengontrol profil sangrai. Software ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan dalam menyangrai kopi agar cita rasanya sempurna. Untuk menghubungkannya ke laptop Anda, paket dalam mesin ini disertai satu kabel USB.


Mesin ini memiliki kapasitas produksi maksimum per hari sebanyak 21 batch dan berat total kopi yang disangrai 5 kilogram. Untuk Anda yang menginginkan hasil sangrai yang sempurna, mesin ini bisa Anda jadikan pilihan. 

No.6

BehmorCoffee Roasting2020SR Plus

Mulai dari Rp7.950.000,00

Memiliki lima program roasting kopi otomatis

Behmor Coffee Roaster 2020SR Plus hadir sebagai mesin roasting kopi terbaik untuk kelas produksi rumahan. Berat maksimal untuk sekali roasting-nya sebesar 454 gram. Mesin roasting ini dilengkapi dengan lima pilihan program pemanggangan otomatis. Mesin ini juga menyediakan pilihan untuk kecepatan drum dan siklus pendinginan.


Dengan alat ini, Anda tak perlu khawatir ruangan rumah akan berasap. Hal ini berkat fitur roasting chamber yang tertutup dan adanya teknologi smoke suppression. Canggih, ya!

No.7

WEWE x SUJI Mini Roaster 100

Mulai dari Rp15.000.000,00

Mesin roasting lokal kualitas luar negeri

William Edison (WE) saat ini sudah mulai diperhitungkan di dunia perkopian nasional. Setelah merilis coffee roaster pertama dengan kode WE600, kini WE berkolaborasi dengan Suji dalam memproduksi mesin roasting kopi rumahan. 


Produk buatan anak negeri ini juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri, lho. Jika diperhatikan, roaster ini memiliki bentuk seperti miniatur mesin roasting besar. Dengan sembilan warna pilihan, Anda bisa menyesuaikannya dengan tema ruangan rumah Anda.

Tips agar mesin roasting kopi lebih awet

Tips agar mesin roasting kopi lebih awet

Memang penting mengetahui cara memilih mesin roasting, tetapi Anda juga perlu mengetahui trik agar coffee roaster lebih awet. Untuk itu, mari simak tips pemakaian dan perawatan mesin roasting kopi berikut ini!


  • Panaskanlah mesin roasting sebelum digunakan
    Sebelum memasukkan biji kopi mentah, panaskan mesin roasting hingga suhu 70–100 °C. Hal ini bertujuan agar mesin roasting dapat bekerja maksimal dan mencapai suhu yang diinginkan.

  • Biarkan mesin roasting berputar beberapa saat setelah dimatikan
    Hal ini dilakukan agar tabung mesin tidak penyok atau terkikis di satu bagiannya akibat panas yang tidak merata.

  • Letakkan mesin roasting di ruangan yang sirkulasi udaranya baik
    Selama proses roasting, biji kopi yang dipanggang akan mengeluarkan asap yang mengepul. Oleh karena itu, mesin roasting harus diletakkan di ruangan yang sirkulasinya baik. Sirkulasi udara yang baik akan membuat asap pembakaran keluar ruangan. Dengan begitu, asap tidak memenuhi ruangan dan mengenai biji kopi yang disangrai.

  • Bersihkan secara berkala
    Setelah Anda memanggang kopi, biji kopi akan melepaskan kulit ari atau disebut chaff. Bersihkanlah kulit ari yang masih menempel di bodi mesin menggunakan kuas atau lap kering. Anda juga bisa menyedotnya dengan vacuum cleaner kecil khusus untuk membersihkan mesin roasting. Bagian-bagian lain, seperti motor drum, burner, dan blower, juga turut dibersihkan.

Baca juga rekomendasi alat pembuat kopi lainnya di sini

Pastinya Anda akan sangat puas jika membuat kopi mulai dari roasting biji kopi sampai menjadi segelas minuman sendiri. Banyak peralatan yang dibutuhkan dalam setiap prosesnya. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa artikel rekomendasi peralatan kopi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Roasting memang suatu proses penting yang menentukan rasa kopi yang Anda minum nantinya. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih mesin roasting kopi yang tepat agar hasilnya sempurna. Pastikan Anda menyesuaikan pilihan mesin roasting dengan kebutuhan Anda.


Walaupun minum segelas kopi di kafe lebih praktis, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat kopi sendiri di rumah, bukan? Selamat menjatuhkan pilihan pada mesin roasting kopi yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer