• 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kipas HP Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kendala apa yang Anda alami saat bermain mobile game? Jika HP cepat panas, Anda memerlukan kipas HP. Pasalnya, Anda tentu akan merasa waswas bila suhu HP tak kunjung turun. Dengan kipas HP, Anda tak perlu khawatir pada kendala tersebut.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kipas HP terbaik, serta membagikan rekomendasi produk beserta ulasannya. Di dalamnya terdapat produk dari merek yang bagus, seperti ASUS, Black Shark, dan lainnya. Produknya cocok untuk berbagai HP Android atau iOS, lho. Xiaomi, ROG Phone, atau iPhone, semuanya bisa. Yuk, dilanjutkan membacanya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih kipas HP

Pengalaman gaming bisa dipengaruhi oleh kipas HP. Karena itu, Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan gaya bermain. Berikut ini kami akan memerinci poin cara memilihnya satu per satu agar Anda mendapat kipas yang pas. Dicermati baik-baik, ya.

Ketahui tipe kipas HP yang beredar di pasaran

Sebelum menjatuhkan pilihan, kenalilah dahulu tipe kipas HP yang beredar di pasaran. Setelah mengenali tipenya, Anda akan lebih mudah mendapatkan produk yang sesuai dengan gaya bermain. Yuk, simak penjabaran selengkapnya dari kami di bawah ini.

Wired, membutuhkan sumber listrik eksternal

Tipe ini akan banyak sekali Anda jumpai di pasaran. Karena itu, desainnya sangat beragam. Ada yang menempel menggunakan grip, ada juga yang dilengkapi magnet atau suction cup. Jadi, Anda dapat memilih produk yang tidak akan menghalangi genggaman.


Kipas HP tipe wired membutuhkan sumber daya listrik dengan konektivitas USB. Meski areanya terbatas, Anda bisa menggunakannya selama mungkin. Kipas HP ini akan cocok untuk Anda yang gemar bersantai sambil gaming di rumah. Bila Anda hendak membawanya untuk main game di luar rumah, pastikan terdapat sumber listrik atau diganti dengan power bank.

Portabel, sudah dilengkapi dengan baterai

Desain kipas HP tipe ini mirip dengan yang wired. Perbedaannya, kipas HP ini sudah dibekali dengan baterai. Jadi, Anda dapat lebih leluasa membawanya bepergian. Bagi Anda yang gemar mabar atau main bareng di tempat umum, tipe portabel akan banyak membantu.


Meski tidak butuh sumber listrik, tipe ini tidak bisa digunakan selama yang wired. Anda tetap perlu mencari sumber listrik untuk mengisi ulang ketika dayanya habis. Untuk penggunaan lebih lama, pilihlah produk dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Gamepad, paket lengkap untuk bermain game

Bagi beberapa gamer, menggunakan gamepad bisa meningkatkan performa. Namun, produknya belum tentu kompatibel bila dipasangkan dengan kipas HP. Jadi, kenapa tidak menggunakan gamepad yang sudah dibekali kipas saja? Selain tidak perlu khawatir dengan kompabilitasnya, Anda pun mendapatkan dua gaming peripheral sekaligus.


Soal sumber daya, kipas hp ini lebih fleksibel dari kedua tipe sebelumnya. Tipe gamepad ada yang membutuhkan sumber listrik, ada juga yang sudah dibekali baterai. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya bermain mobile game.

Pilih produk dengan bobot seringan mungkin

Pada dasarnya, bobot smartphone memang ringan. Namun, beda ceritanya saat Anda menggunakannya untuk bermain game dalam waktu yang panjang. Bobotnya lama-kelamaan akan terasa membebani. Jari-jari pun terasa cepat pegal. Hal ini khususnya banyak terjadi pada HP dengan bobot sekitar 200 gram ke atas.


Untuk itu, pilihlah kipas HP dengan bobot seringan mungkin. Anda tentunya tidak ingin pendingin HP justru makin membebani genggaman Anda, bukan? Disesuaikan dengan kondisi HP Anda juga bisa, kok. Jika bobot HP Anda memang sudah ringan, kipas yang lebih berat dapat dipilih demi performa yang lebih baik.

Ketahui kecepatan kipas dan volume suaranya

Anda ingin mendapatkan angin sekencang mungkin dari kipas HP? Produk di pasaran rata-rata memiliki kecepatan kipas 5.000–7.000 rpm. Pilihlah yang kecepatannya lebih tinggi bila Anda mengutamakan angin yang kencang demi suhu HP yang tetap rendah. Sebagai informasi, beberapa produk dibekali fitur untuk mengatur kecepatan kipasnya.


Namun, angin yang lebih kencang cenderung menghasilkan getaran dan mengeluarkan bunyi yang lebih nyaring pula. Jika Anda ingin bermain dengan konsentrasi atau fokus ke audio dalam game, hal tersebut mungkin saja mengganggu. Rata-rata kipas HP yang beredar di pasaran disebut menghasilkan suara dengan volume 30 db ke bawah.


Sayangnya, kedua poin tersebut tidak banyak diinformasikan oleh produsen. Jadi, anda perlu memeriksa review produknya lebih dahulu untuk mendapatkan kecepatan dan volume suara kipas yang diharapkan. Beberapa produk bisa saja memiliki kecepatan kipas yang tinggi dengan volume suara minim berkat teknologi yang dikembangkannya.

10 Rekomendasi kipas HP terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kipas HP terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeWired
Sumber dayaUSB
Ukuran gripTidak tercantum
Berat189 g
9
TipeWired
Sumber dayaUSB
Ukuran grip65–85 mm
Berat51 g
8

iPegaMultifunctional Game Grip

PG-9123

Mulai dari Rp 100.000,00

TipePortabel, gamepad
Sumber dayaBaterai
Ukuran grip114,3–165,1 mm
BeratTidak tercantum
7
TipeWired
Sumber dayaUSB
Ukuran grip67–88 mm
Berat75 g
6

GameSirF8 Pro Snowgon Mobile Cooling Grip

Mulai dari Rp 489.000,00

TipeGamepad
Sumber dayaUSB
Ukuran grip125–173 mm
BeratTidak tercantum
5
TipePortabel
Sumber dayaBaterai
Ukuran gripX
BeratTidak tercantum
4
TipePortabel
Sumber dayaPin
Ukuran gripX
Berat38 g
3
TipeWired
Sumber dayaUSB
Ukuran gripX
Berat87 g
2
TipeWired
Sumber dayaUSB
Ukuran grip67–88 mm
Berat86 g
1
TipePortabel, gamepad
Sumber dayaBaterai
Ukuran gripTidak tercantum
BeratTidak tercantum

Tabel perbandingan produk kipas HP terbaik

Gambar produk
1
Memo Mobile Game Controller 1

Memo

2
Black Shark FunCooler 2Pro 1

Black Shark

3
KiiP Wireless Cooling Magnetic Radiator 1

KiiP Wireless

4
ASUS AeroActive Cooler 5 1

ASUS

5
Flydigi Wasp Wing 1

Flydigi

6
GameSir F8 Pro Snowgon Mobile Cooling Grip 1

GameSir

7
Baseus Gamo Refriger Cooling Radiator 1

Baseus

8
iPega Multifunctional Game Grip 1

iPega

9
realme Cooling Back Clip 1

realme

10
RedMagic 6 Pro Ice Dock 1

RedMagic

Nama produk

Mobile Game Controller

FunCooler 2Pro

Cooling Magnetic Radiator

AeroActive Cooler 5

Wasp Wing

F8 Pro Snowgon Mobile Cooling Grip

Gamo Refriger Cooling Radiator

Multifunctional Game Grip

Cooling Back Clip

6 Pro Ice Dock

Keunggulan

Bisa dilipat atau dijadikan gamepad, praktis!

Fiturnya lengkap, performanya pun mumpuni

Rasanya seperti tidak menggunakan kipas HP

Bobotnya ringan, tetapi sangat bertenaga

Main game di mana saja tanpa takut HP kepanasan

Untuk gaming bisa, untuk menikmati hiburan lain juga bisa

Dilengkapi layar digital yang menunjukkan suhunya

Satu peripheral dengan beragam fungsi

Bobotnya ringan, suaranya pun halus

Kipasnya ada dua, anginnya lebih kencang!

Harga mulai dariRp 179.900,00Rp 485.000,00Rp 369.000,00Rp 799.000,00Rp 269.000,00Rp 489.000,00Rp 269.000,00Rp 100.000,00Rp 499.000,00Rp 699.000,00
TipePortabel, gamepadWiredWiredPortabelPortabelGamepadWiredPortabel, gamepadWiredWired
Sumber dayaBateraiUSBUSBPinBateraiUSBUSBBateraiUSBUSB
Ukuran gripTidak tercantum67–88 mmXXX125–173 mm67–88 mm114,3–165,1 mm65–85 mmTidak tercantum
BeratTidak tercantum86 g87 g38 gTidak tercantumTidak tercantum75 gTidak tercantum51 g189 g
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aksesori mobile gaming lainnya di sini

Kipas HP ditambah aksesori lainnya akan memberikan pengalaman gaming yang lebih berkesan. Anda dapat mengombinasikannya dengan gaming headset, game controller, dan yang lain. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda, lho. Yuk, klik artikel-artikel di bawah ini untuk membaca pembahasan selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Sudah menemukan kipas HP yang cocok dengan selera Anda? Sesuaikanlah tipenya dengan gaya bermain Anda. Tipe wired, portabel, dan gamepad memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sumber daya tiap produknya pun berbeda.


Pastikan juga bobot produknya tidak membebani Anda saat bermain game. Selain itu, pengalaman gaming Anda bisa dipengaruhi kecepatan kipas dan volume suaranya. Karena itu, kipas HP terbaik akan membantu meningkatkan performa gaming Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat menyelami dunia game lebih dalam. Saat bermain game TPS dan FPS, Anda juga dapat mendengarkan suara sekecil apa pun. Kini ada banyak merek earphone gaming yang bagus dan terkadang membuat Anda bingung memilih.Melalui artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terkenal, seperti Asus ROG, Rexus, Razer, dan Logitech G. Tak hanya itu, kami juga akan menyajikan tips memilih earphone yang cocok untuk menemani Anda bermain game, seperti PUBG. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Temukan produk pilihan Anda!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game menggunakan gamepad Android akan membuat permainan Anda makin kompetitif. Pasalnya, Anda tidak perlu memasukkan perintah lewat layar smartphone lagi. Tombol-tombol gamepad akan bertindak sebagai shortcut sehingga permainan Anda makin cepat. Alhasil, mengalahkan lawan saat main PUBG atau Mobile Legends bakal jadi lebih mudah.Akan tetapi, banyaknya produk gamepad Android yang dijual di pasaran barangkali membuat Anda bingung. Kami akan membantu Anda memilih gamepad Android yang bagus. Merek gamepad Android terbaik seperti Logitech dan Rexus ada dalam rekomendasi kami. Silakan baca artikel ini sampai habis.
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headset Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan headset gaming untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim saat bermain game FPS, seperti PUBG.Merek headset gaming terbaik, seperti Logitech, ASUS, Razer, dan lainnya, banyak digunakan para gamer. Ada yang menggunakan kabel, ada juga wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilihnya untuk Anda. Rekomendasi headset gaming yang bagus beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. 
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Jempol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Jempol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saking serunya, jari Anda bisa berkeringat saat main Free Fire (FF) atau Mobile Legend (ML). Layar yang basah pastinya mengganggu performa Anda, bukan? Pasalnya, sensitivitas layar bisa menurun. Nah, kenapa tidak memakai sarung tangan jempol saja? Produknya dapat menyerap keringat jari, lho.Kini sudah tersedia sarung tangan jempol dari berbagai merek yang bagus, seperti Flydigi, GameSir, dan lainnya. Agar Anda mendapat produk terbaik, kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk beserta ulasannya untuk Anda. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas agar pengalaman gaming Anda makin maksimal!
    Aksesori mobile gaming
  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game bagi sebagian orang sudah menjadi sebuah kebutuhan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi. Industri game berkembang begitu pesat, baik industri pembuatan game maupun perangkat game. PC menjadi salah satu perangkat yang populer digunakan para gamer untuk bermain.Namun, dari banyaknya PC gaming di pasaran, manakah yang layak dipilih? Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan cara memilih PC gaming yang bagus. Rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti ROG ASUS, Dell, dan MSI juga tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Jadi, langsung simak informasinya!
    PC gaming
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Dengan audio jernih atau grafis tajam, kepuasan bermain game turut meningkat. Menariknya lagi, game Android dan iOS kini bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang bagus dari berbagai merek dan sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan konsol game terbaik Anda.
    Game console
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori