• 10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Gangster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Film gangster menampilkan kisah kejahatan yang terorganisasi. Konflik tercipta melalui perseteruan melawan pihak penegak hukum, sesama gangster, atau malah orang biasa. Cara gangster menyelesaikan masalah melibatkan baku hantam yang seru. Adrenalin Anda akan terpacu ketika menyaksikannya.


Untuk membantu Anda menemukan film gangster yang bagus, kami telah menyiapkan cara memilih di bawah ini. Anda akan temukan juga rekomendasi film gangster terbaik versi kami. American Gangster, Election, dan juga The Equalizer, merupakan beberapa contohnya. Film-film tersebut bisa Anda tonton di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!

  • Pembaharuan terakhir: 29 November 2021
Daftar isi

Cara memilih film gangster

Adegan baku hantam selalu menarik ditonton. Keberanian anggota gangster yang di luar nalar begitu memukau. Intrik di dalam geng atau mafia pun selalu mendebarkan. Ada banyak film gangster yang menampilkan adegan-adegan tersebut. Temukan judul terbaik untuk Anda tonton, tetapi jangan lupa perhatikan poin-poin berikut ini terlebih dahulu, ya!

Ketahui kategori film gangster

Sudah cukup lama para pemerhati film memasukkan gangster sebagai genre khusus, tepatnya di bawah bendera genre kriminal. Genre ini mempunyai karakter khas karena biasanya menyoroti kejahatan-kejahatan yang terorganisasi. Martha Nochimson, penulis dan kritikus film, menyebutkan bahwa ada tiga kategori film gangster. Apa saja? Mari lanjutkan membaca artikelnya!

Kisah pelanggar hukum, sarat cerita menarik

Kisah pelanggar hukum, sarat cerita menarik

Masyarakat yang mengutamakan keteraturan dan kepatuhan hukum sangat menentang pelanggaran hukum. Akan tetapi, pelanggar hukum sekalipun memiliki alasan atau cerita di balik tindakannya itu. Cerita inilah yang menarik untuk disimak. Rasakan debaran para pelanggar hukum saat mempersiapkan rencana.


Selain itu, Anda mungkin akan turut khawatir saat tokoh pelanggar hukum dikejar para penegak hukum. Pada film American Gangster, misalnya, Anda akan lihat sepak terjang Frank Lucas dalam peredaran narkoba di wilayah New York. Anda juga akan melihat betapa berkelindannya perkara gangster dengan para polisi korup. 

Gangster si tokoh utama, melihat dunia dari sisi berbeda

Gangster si tokoh utama, melihat dunia dari sisi berbeda

Dalam dunia ini sesungguhnya area abu-abu jauh lebih luas dibandingkan area hitam atau putih. Sisi inilah yang dipotret oleh para sineas. Di dalam film yang menampilkan gangster sebagai tokoh utama (protagonis), Anda diajak untuk melihat dunia dari sudut pandang mereka


Misalnya, pada film The Irish Man yang akan membawa Anda menelusuri jalan hidup seorang mantan pembunuh bayaran. Tangannya dikotori oleh darah. Namun, Anda akan tahu bahwa dia juga seorang sahabat yang baik. Hal ini akan membuat wawasan penonton makin kaya dan menyadari betapa manusia punya banyak sisi.

Gangster si musuh bersama, kejahatan harus dikalahkan

Gangster si musuh bersama, kejahatan harus dikalahkan

Peran antagonis gangster juga disorot dalam banyak film. Dalam banyak kasus, ulah gangster memang tidak bisa ditoleransi. Mereka tak segan-segan menyakiti, menyiksa, bahkan membunuh lawannya. Tidak semua gangster juga bersikap seperti Robin Hood yang merampok untuk membantu orang miskin. Jauh lebih banyak yang memanfaatkan kemiskinan orang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. 


Melawan gangster juga berbahaya. Apalagi jika gangster tersebut bekerja sama dengan penegak hukum. Jalan menuju kemenangan makin kabur. Namun, tentu saja selalu ada harapan, seperti diperlihatkan dalam film The Raid, film gangster Indonesia.

Kenali orang-orang di balik film gangster terbaik

Film gangster terbaik terwujud berkat kerja sama orang-orang yang bekerja dengan penuh integritas dan dedikasi. Karena itu, perhatikan siapa saja orang-orang yang ada di balik film. Pihak-pihak tersebut menjadi jaminan bagi kualitas film yang Anda tonton.

Sutradara, pengatur segalanya dalam pembuatan film

Sutradara, pengatur segalanya dalam pembuatan film

Sutradara atau director bertugas mengarahkan jalannya film dari balik layar. Dia adalah pusat kendali semua proses kreatif dalam pembuatan film. Sutradara tidak sekadar mengarahkan akting para pemain. Dia juga mengatur pencahayaan, gerak kamera, penataan suara, kostum, dan apa pun yang memengaruhi hasil akhir. Bisa disimpulkan bahwa sutradara adalah jantung sebuah film.


Beberapa nama yang sangat terkenal dalam film gangster terbaik adalah Ridley Scott. Jika di dalam negeri, Anda bisa menyebutkan Gareth Evans, sutradara The Raid. Kepiawaian mereka mengarahkan film diakui oleh banyaknya penghargaan yang diperoleh. Ridley Scott, misalnya, memperoleh penghargaan San Jordi Awards untuk American Gangster.

Pemain, menghadirkan keseruan lewat akting

Pemain, menghadirkan keseruan lewat akting

Kesempurnaan sebuah film ditentukan oleh akting pemain yang memukau. Pemain film harus mampu menjiwai karakter tokoh yang dimainkan. Demi tuntutan peran, tidak jarang seorang aktor atau aktris menguruskan badan, belajar menembak, dan lainnya. Semua itu demi keberhasilan memainkan peran.


Pemain film juga harus memahami karakternya dengan baik. Dia akan tahu bagaimana ekspresi dan gestur tokoh pemalu saat marah, misalnya. Maka dikenallah istilah pemain watak. Aktor atau aktris tersebut bisa berganti watak dengan baik. Biasanya hanya permain berbakat atau punya jam terbang tinggi yang mampu menguasai keterampilan tersebut. 


Salah satu aktor yang berakting dengan memukau adalah Keanu Reeves. Ia tampil sangat mengesankan dalam film John Wick. Banyak orang menyebutkan bahwa Keanu Reeves bermain paling bagus di film tersebut.

Penulis skenario, peletak dasar pembuatan film

Penulis skenario, peletak dasar pembuatan film

Jalan cerita yang kuat kerap menjadi kunci utama keberhasilan sebuah film. Plot yang rapi, penggalian karakter yang detail, dan konflik yang kuat perlu disatukan dengan baik. Semuanya ada di tangan penulis. Ia akan meletakkan landasan bagi wajah film. Selain mengandung dialog, skenario berisi penjelasan adegan, latar tempat, dan ekspresi. Skenario lah yang menjadi pegangan sutradara dalam mengarahkan film.


Beberapa sutradara juga merangkap sebagai penulis, entah sebagai rekan penulis maupun penulis tunggal. Stephen Chow, contohnya, turut membantu proses penulisan Kung Fu Hustle. Pekerjaan rangkap ini bisa menguras tenaga. Jadi, mari acungkan dua jempol untuk sutradara yang merangkap sebagai penulis skenario!

Pertimbangkan film gangster yang diambil dari kisah nyata

Pertimbangkan film gangster yang diambil dari kisah nyata

Selalu ada kisah menarik di balik tokoh-tokoh hebat dan legendaris, termasuk gangster. Pastinya Anda penasaran dengan kehidupan para ganster. Bagaimana masa kecilnya? Mengapa gangster memilih jalan hidup seperti itu? Adakah sisi lain yang tidak pernah muncul di bawah sorotan media? Semua itu pertanyaan yang menarik untuk dikaji.


Film gangster berlatar belakang kisah nyata biasanya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa film terkadang tak mengambil mentah-mentah seluruh kisah hidup. Biasanya ditambahkan unsur fiktif sebagai bumbu tambahan. Tentu saja proporsinya berbeda-beda, tergantung tujuan sutradara. 

10 Rekomendasi film gangster terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film gangster terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb. 

10
KategoriGangster sebagai protagonis
SutradaraMichihito Fujii
PemainGo Ayano, Hiroshi Tachi, Machiko Ono
PenulisMichihito Fujii
Prestasi-
Durasi135 menit
Rating IMDb7,0 dari 10
9
KategoriGangster sebagai protagonis
SutradaraYun Jong-chan
PemainLee Je-hoon, Han Seok-kyu, Kang So-ra
PenulisYoo Yeong-ah
Prestasi2 penghargaan
Durasi123 menit
Rating IMDb7,1 dari 10
8

Milkyway Image, One Hundred Years of FilmElection

KategoriGangster sebagai protagonis
SutradaraJohnie To
PemainSimon Yam, Tony Leung Ka-fai, Louis Koo
PenulisNai-Hoi Yau, Tin-Shing Yip
Prestasi15 penghargaan, 28 nominasi
Durasi100 menit
Rating IMDb7,1 dari 10
7

Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Escape Artists, Mace Neufeld Productions, Zhiv ProductionsThe Equalizer

KategoriGangster sebagai antagonis
SutradaraAntoine Fuqua
PemainDenzel Washington, Marton Csokas, Chloë Grace Moretz
PenulisRichard Wenk, Michael Sloan, Richard Lindheim
Prestasi1 penghargaan, 9 nominasi
Durasi132 menit
Rating IMDb7,2 dari 10
6

Movie RockMidnight Runners

KategoriGangster sebagai antagonis
SutradaraKim Joo-hwan
PemainPark Seo-joon, Kang Ha-neul
PenulisKim Joo-hwan
Prestasi5 penghargaan, 5 nominasi
Durasi105 menit
Rating IMDb7,3 dari 10
5

Summit Entertainment, Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions, MJW Films, DefyNite Films, Company FilmsJohn Wick

KategoriGangster sebagai antagonis
SutradaraChad Stahelski, David Leitch
PemainKeanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen
PenulisDerek Konstald
Prestasi5 penghargaan, 10 nominasi
Durasi101 menit
Rating IMDb7,4 dari 10
4

PT. Merantau Films, XYZ FilmsThe Raid: Redemption

KategoriGangster sebagai antagonis
SutradaraGareth Evans
PemainIko Uwais, Ananda George, Ray Sahetapy, Yayan Ruhian
PenulisGareth Evans
Prestasi8 penghargaan, 13 nominasi
Durasi101 menit
Rating IMDb7,6 dari 10
3

Columbia Pictures Film Production Asia, Star Overseas, Beijing Film Studio, Taihe Film Investment, China Film Group, Huayi BrothersKung Fu Hustle

KategoriGangster sebagai antagonis
SutradaraStephen Chow
PemainStephen Chow, Wah Yuen, Qiu Yuen
PenulisStephen Chow, Kan-Tseung Chang, XIn Huo
Prestasi25 penghargaan, 47 nominasi
Durasi98 menit
Rating IMDb7,7 dari 10
2

Imagine Entertainment, Scott Free Productions, Relativity MediaAmerican Gangster

KategoriPelanggaran hukum
SutradaraRidley Scott
PemainDenzel Washington, Russell Crowe, Chiwetel Ejiofor
PenulisSteven Zaillian, Mark Jacobson
Prestasi 12 penghargaan, 38 nominasi
Durasi156 menit
Rating IMDb7,8 dari 10
1

TriBeCa Productions, Sikelia Productions, Winkler FilmsThe Irishman

KategoriPelanggaran hukum
SutradaraMartin Scorsese
PemainRobert De Niro, Al Pacino, Joe Pesci
PenulisSteven Zaillian, Charles Brandt
Prestasi73 penghargaan, 350 nominasi
Durasi209 menit
Rating IMDb7,8 dari 10

Tabel perbandingan film gangster terbaik

Gambar produk
1
TriBeCa Productions, Sikelia Productions, Winkler Films The Irishman 1

TriBeCa Productions, Sikelia Productions, Winkler Films

2
 Imagine Entertainment, Scott Free Productions, Relativity Media American Gangster 1

Imagine Entertainment, Scott Free Productions, Relativity Media

3
Columbia Pictures Film Production Asia, Star Overseas, Beijing Film Studio, Taihe Film Investment, China Film Group, Huayi Brothers Kung Fu Hustle 1

Columbia Pictures Film Production Asia, Star Overseas, Beijing Film Studio, Taihe Film Investment, China Film Group, Huayi Brothers

4
PT. Merantau Films, XYZ Films The Raid: Redemption 1

PT. Merantau Films, XYZ Films

5
Summit Entertainment, Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions, MJW Films, DefyNite Films, Company Films John Wick 1

Summit Entertainment, Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions, MJW Films, DefyNite Films, Company Films

6
Movie Rock Midnight Runners 1

Movie Rock

7
Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Escape Artists, Mace Neufeld Productions, Zhiv Productions The Equalizer 1

Columbia Pictures, LStar Capital, Village Roadshow Pictures, Escape Artists, Mace Neufeld Productions, Zhiv Productions

8
Milkyway Image, One Hundred Years of Film Election 1

Milkyway Image, One Hundred Years of Film

9
KM Culture My Paparotti 1

KM Culture

10
Kadokawa Pictures A Family 1

Kadokawa Pictures

Nama produk

The Irishman

American Gangster

Kung Fu Hustle

The Raid: Redemption

John Wick

Midnight Runners

The Equalizer

Election

My Paparotti

A Family

Keunggulan

Jangan remehkan kakek tua ini! Dia memegang rahasia skandal besar di AS

Kisah legendaris seorang pedagang narkoba terkenal di AS, penuh intrik menarik

Bermodal kung fu untuk kalahkah gangster yang kuasai Shanghai

Menegangkan! Penumpasan gembong narkoba di apartemen kumuh Jakarta

Gangster ini dibantai karena membunuh anjing dan mencuri mobil

Petualangan kocak kadet kepolisian hadapi gangster penculik wanita muda

Melawan gangster sadis dari Rusia, hanya The Equalizer yang bisa!

Perseteruan dalam memperebutkan posisi ketua Triad Hong Kong

Pemuda ini tidak hanya jago berkelahi, tetapi juga bersuara merdu

Drama keluarga Yakuza yang layak ditonton bersama orang tersayang!

KategoriPelanggaran hukumPelanggaran hukumGangster sebagai antagonisGangster sebagai antagonisGangster sebagai antagonisGangster sebagai antagonisGangster sebagai antagonisGangster sebagai protagonisGangster sebagai protagonisGangster sebagai protagonis
SutradaraMartin ScorseseRidley ScottStephen ChowGareth EvansChad Stahelski, David Leitch Kim Joo-hwanAntoine FuquaJohnie ToYun Jong-chanMichihito Fujii
PemainRobert De Niro, Al Pacino, Joe PesciDenzel Washington, Russell Crowe, Chiwetel EjioforStephen Chow, Wah Yuen, Qiu YuenIko Uwais, Ananda George, Ray Sahetapy, Yayan RuhianKeanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie AllenPark Seo-joon, Kang Ha-neulDenzel Washington, Marton Csokas, Chloë Grace MoretzSimon Yam, Tony Leung Ka-fai, Louis KooLee Je-hoon, Han Seok-kyu, Kang So-raGo Ayano, Hiroshi Tachi, Machiko Ono
PenulisSteven Zaillian, Charles BrandtSteven Zaillian, Mark JacobsonStephen Chow, Kan-Tseung Chang, XIn HuoGareth EvansDerek KonstaldKim Joo-hwanRichard Wenk, Michael Sloan, Richard LindheimNai-Hoi Yau, Tin-Shing YipYoo Yeong-ahMichihito Fujii
Prestasi73 penghargaan, 350 nominasi12 penghargaan, 38 nominasi25 penghargaan, 47 nominasi8 penghargaan, 13 nominasi5 penghargaan, 10 nominasi5 penghargaan, 5 nominasi1 penghargaan, 9 nominasi15 penghargaan, 28 nominasi2 penghargaan-
Durasi209 menit156 menit98 menit101 menit101 menit105 menit132 menit100 menit123 menit135 menit
Rating IMDb7,8 dari 107,8 dari 107,7 dari 107,6 dari 107,4 dari 107,3 dari 107,2 dari 107,1 dari 107,1 dari 107,0 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film-film lainnya di sini

Sekarang sudah terbayang serunya film-film gangster ini, bukan? Apabila Anda masih membutuhkan rekomendasi film lainnya, kami punya sejumlah artikel menarik lainnya. Anda akan menemukan lebih banyak rekomendasi film terbaik di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi film gangster di atas, kami harap Anda segera menemukan judul yang tepat. Kenali orang-orang di balik layar sebagai jaminan bahwa film itu dikerjakan dengan serius. Ketahui karakter film gangster dari ulasan atau trailer


Jika ada film berbasis kisah nyata, percayalah, Anda akan belajar banyak dari situ. Terakhir, ajak kawan atau keluarga untuk menonton bersama. Film bagus paling asyik ditonton bareng orang tersayang. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.
    Film
  •  10 Rekomendasi Film Brad Pitt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Brad Pitt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Brad Pitt merupakan aktor A-lister dengan kualitas akting yang sangat mumpuni. Kemampuannya berakting-nya dibuktikan dengan performanya di sejumlah film box office, seperti Inglourious Basterds, The Big Short, dan Troy. Kehadiran dan karyanya selalu dinanti penggemarnya di seluruh dunia.Pada artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Brad Pitt yang bagus. Ada juga ulasan sepuluh film Brad Pitt terbaik, mulai dari filmnya semasa muda hingga film Brad Pitt terbaru. Film-film Brad Pitt rekomendasi kami dapat Anda saksikan secara legal di Netflix dan Vidio. Selamat membaca!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori