• 10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makanan Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Marmut adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Meskipun marmut termasuk hewan yang mudah dipelihara, Anda tetap harus memperhatikan makanannya. Makanan dengan kandungan nutrisi yang bagus akan membuat marmut cepat hamil dan melahirkan bayi-bayi marmut yang lucu.


Apa saja makanan marmut yang bagus untuk tumbuh kembang dan kesehatan? Jika penasaran, simak artikel ini sampai selesai! Kami membahas cara memilih makanan marmut terbaik dengan produk rekomendasinya. Berbagai merek makanan marmut berkualitas, seperti Vitakraft, Oxbow, atau Burgess akan Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Doel
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan marmut

Untuk mendapatkan makanan marmut yang bagus dan berkualitas, Anda harus mengetahui poin-poin cara memilihnya. Penjelasan lengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Tentukan berdasarkan jenisnya

Makanan marmut dibagi menjadi dua jenis, yaitu makanan alami atau natural dan makanan proses yang umum disebut pelet. Berikut kami berikan penjelasan kelebihan dari masing-masing jenisnya.

Natural atau alami: Berupa jerami, sayur, atau buah-buahan

Natural atau alami: Berupa jerami, sayur, atau buah-buahan

Sesuai dengan namanya, makanan natural atau alami merupakan makanan organik yang tersedia di alam. Jenis makanan ini bisa berupa rumput atau jerami, sayur, dan buah-buahan. Selain dalam bentuk yang masih segar, makanan alami juga tersedia dalam bentuk kering. Makanan alami, seperti jerami atau rumput yang dikeringkan dikenal dengan sebutan hay


Makanan alami memang lebih aman bagi marmut. Namun, memberikan makanan alami saja tidak cukup. Anda tetap membutuhkan makanan tambahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian marmut Anda.


Pemberian rumput, terutama yang kering, tidak dianjurkan karena biasanya mengandung batang yang sangat keras. Selain itu, rumput tersebut seringkali tajam sehingga dapat menyebabkan cedera pada rongga mulut.

Makanan proses atau pelet: Umumnya sudah mengandung berbagai macam nutrisi

Makanan proses atau pelet: Umumnya sudah mengandung berbagai macam nutrisi

Makanan proses merupakan makanan yang dibuat oleh pabrik. Jenis makanan ini lebih umum disebut pelet. Pelet biasanya mengandung berbagai macam nutrisi. Meski mengandung nutrisi yang baik, Anda tidak boleh memberikan terlalu banyak pelet. 


Terlalu banyak memberi pelet akan membuat marmut obesitas. Cukup berikan 1/4–1/8 cangkir setiap harinya. Selain pelet atau makanan kering, ada juga makanan proses yang bertekstur basah dan lembek seperti bubur. Biasanya makanan ini dijadikan makanan tambahan untuk menunjang vitalitas marmut. Marmut adalah hewan herbivora. Oleh sebab itu, sebaiknya porsi makanan alami, seperti tumbuhan segar, menjadi prioritas.

Jika hendak memberikan rumput atau jerami, ketahui jenisnya

Rumput atau jerami umum dijadikan makanan utama marmut. Anda bisa menemukan produk makanan marmut berupa jerami atau rumput yang dikeringkan. Yuk, kenali jenis rumput atau jerami yang umum diberikan kepada marmut.

Jerami timothy, kaya akan serat yang baik untuk pencernaan

Jerami timothy, kaya akan serat yang baik untuk pencernaan

Jerami timothy merupakan jerami terbaik untuk makanan marmut peliharaan Anda. Jerami ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Tidak hanya itu, jerami ini juga dapat mengurangi risiko masalah kandung kemih dan mencegah obesitas pada marmut. Marmut sangat menyukai jerami ini karena aroma dan rasanya yang enak.


Hal terpenting adalah pemberian jerami harus dalam keadaan segar dan bebas jamur. Simpan jerami di tempat yang sejuk dan kering dan berikan tumpukan baru pada marmut Anda setiap hari.

Rumput alfalfa, memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi

Rumput alfalfa, memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi

Rumput alfalfa memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Kandungan proteinnya bahkan mencapai 32%. Berbeda dengan jerami timothyrumput alfalfa memiliki kandungan serat yang rendah dan lebih mudah dicerna oleh marmut.


Rumput ini memang kaya nutrisi, tetapi tidak disarankan untuk marmut dewasa. Banyaknya kandungan kalsium membuat marmut dewasa rentan mengalami infeksi saluran kemih. Alfalfa memiliki protein dan kalsium yang tinggi. Oleh karena itu, alfalfa bermanfaat untuk marmut dalam masa pertumbuhan dan menyusui.

Rumput meadow, campuran berbagai macam rumput yang kaya nutrisi

Rumput meadow, campuran berbagai macam rumput yang kaya nutrisi

Berbeda dengan jenis jerami atau rumput sebelumnya, meadow merupakan campuran berbagai macam rumput alami. Karena terdiri dari berbagai macam rerumputan, meadow memiliki kombinasi tekstur dan cita rasa yang beragam. Makanan alami ini juga kaya akan nutrisi. Meski demikian, kandungan nutrisinya tidak selalu sama, tergantung jenis rumput yang ada di dalamnya.

Sesuaikan dengan usia atau kondisi marmut

Makanan marmut juga harus Anda sesuaikan dengan usia dan kondisinya. Hal ini karena masing-masing marmut memiliki kebutuhan makanan dan nutrisi yang berbeda.

Marmut bayi: Pelet yang dihaluskan aman untuk sistem pencernaan

Marmut bayi: Pelet yang dihaluskan aman untuk sistem pencernaan

Pada kondisi normal, marmut bayi akan disusui induknya. Jika induknya tidak menyusui bayi marmut, sebaiknya carikan susu pengganti. Berikan juga dot kecil yang sesuai ukuran mulut bayi marmut. Jika induknya tidak ada, Anda bisa memberinya pelet yang dihaluskan.


Makanan ini aman untuk bayi marmut yang sistem pencernaannya belum sempurna. Setelah memasuki usia 2 minggu, bayi marmut mulai bisa mengonsumsi makanan padat. Pemberian pakan padat sebaiknya diberikan sedikit-sedikit sebagai pengenalan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya diare.


Anda bisa memberinya rumput alfalfa dengan diselingi pelet. Alfalfa dan pelet memberikan ekstra kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi marmut. Rumput alfalfa sendiri bisa Anda berikan pada bayi marmut hingga usia 6 bulan.

Marmut muda: Rumput alfalfa bagus untuk mempersiapkan kehamilan

Marmut muda: Rumput alfalfa bagus untuk mempersiapkan kehamilan

Marmut muda biasanya sudah siap kawin. Untuk itu, dibutuhkan asupan makanan dengan nutrisi yang cukup untuk mempersiapkan kehamilan. Rumput alfalfa merupakan makanan terbaik untuk marmut di fase usia ini. Rumput alfalfa kaya akan protein dan kalsium. Rumput ini cocok untuk marmut yang hamil dan menyusui, serta bayi di bawah usia 6 bulan.


Anda juga bisa memilih makanan jenis pelet dengan kandungan alfalfa yang tersedia di pasaran. Selain itu, marmut muda juga tetap membutuhkan asupan vitamin C yang cukup agar tetap sehat. 

Marmut dewasa atau tua: Jerami bagus untuk mencegah obesitas

Marmut dewasa atau tua: Jerami bagus untuk mencegah obesitas

Memasuki usia dewasa, makanan yang dikonsumsi marmut harus benar-benar diperhatikan. Marmut di usia ini sangat rentan mengalami obesitas jika pola makannya tidak dikontrol.


Anda perlu mencari makanan yang kadar protein dan lemaknya tidak terlalu tinggi. Jerami bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah jerami jenis timothyTimothy hay adalah pilihan populer di kalangan marmut dewasa/tua. Selain mudah ditemukan, aroma dan rasa timothy hay yang harum membuatnya menjadi favorit. Selain kandungan seratnya yang tinggi, jerami ini juga mengandung protein dan lemak yang sesuai untuk marmut dewasa. 

Marmut hamil: Vitamin C dan nutrisi yang cukup agar janin berkembang

Marmut hamil: Vitamin C dan nutrisi yang cukup agar janin berkembang

Marmut yang sedang hamil membutuhkan perhatian ekstra, terutama dalam hal makanan. Pastikan Anda memberinya makanan bergizi dan nutrisi yang cukup demi perkembangan janin. Marmut yang hamil membutuhkan asupan vitamin C dua kali lebih banyak dibanding biasanya


Untuk itu, pastikan Anda memberinya makanan yang mengandung vitamin C. Selain diperoleh melalui buah-buahan dan sayuran segar, vitamin C juga bisa diperoleh dari pelet ataupun makanan tambahan.

Usahakan memilih pakan yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya

Usahakan memilih pakan yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya

Sama halnya dengan manusia, marmut tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri di dalam tubuh. Vitamin C dibutuhkan marmut untuk mencegah scurvy, yaitu kondisi saat tubuh marmut kekurangan vitamin C. Setiap hari marmut membutuhkan setidaknya 10–30 mg vitamin C


Marmut hamil, menyusui, muda, dan yang sakit membutuhkan lebih banyak vitamin C. Selain memberinya sayur dan buah, Anda juga bisa memberinya vitamin C tambahan yang terkandung dalam snack.

10 Rekomendasi makanan marmut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan marmut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10

Golden WestindoVitakraft Menu Vital Guinea Pig

Mulai dari Rp 35.500,00

Jenis makananProses
Usia/kondisiTidak disebutkan
KandunganVitamin A, vitamin C, Vitamin D3, asam linoleat, biotin, buah, dan sayuran kering
Isi1 kg
9
Jenis makananProses
Usia/kondisiSemua usia
KandunganSerat, prebiotik, vitamin, kalsium
Isi1 kg
8

Oxbow Animal HealthWestern Timothy Hay

Mulai dari Rp 75.000,00

Jenis makananNatural
Usia/kondisiUsia muda-dewasa
KandunganProtein, lemak, dan serat
Isi425 gram
7

Jolly Pet ProductsCrispy Guinea Pig

AL043

Mulai dari Rp 70.800,00

Jenis makananProses
Usia/kondisiSemua usia
KandunganVitamin C
Isi1 kg
6
Jenis makananProses
Usia/kondisiSemua usia
KandunganSerat, protein, kalsium, besi, berbagai vitamin
Isi500 gram
5
Jenis makananNatural
Usia/kondisimarmut muda, hamil, dan menyusui
KandunganKalsium, protein
Isi425 gram
4
Jenis makananProses
Usia/kondisiTidak disebutkan
KandunganSusu, keju, protein, kalsium
Isi30 gram
3

BurgessExcel Guinea Pig Nuggets with Blackcurrant & Oregano

Mulai dari Rp 145.000,00

Jenis makananProses
Usia/kondisiSemua usia
KandunganSerat, vitamin C, oregano
Isi2 kg
2
Jenis makananNatural
Usia/kondisiTidak disebutkan
KandunganSerat, vitamin, mineral
Isi1 kg
1
Jenis makananProses
Usia/kondisiTidak disebutkan
KandunganProtein, vitamin E
Isi5 gram/sachet

Tabel perbandingan produk makanan marmut terbaik

Gambar produk
1
Marukan Flavored Puree 1

Marukan

2
Chipsi Sunshine 1

Chipsi

3
Burgess Excel Guinea Pig Nuggets with Blackcurrant & Oregano 1

Burgess

4
Alice Milky Cheese Ball 1

Alice

5
Oxbow Animal Health Alfalfa Hay 1

Oxbow Animal Health

6
Versele Laga Cavia 1

Versele Laga

7
Jolly Pet Products Crispy Guinea Pig 1

Jolly Pet Products

8
Oxbow Animal Health Western Timothy Hay 1

Oxbow Animal Health

9
Jolly Pet Product Fullvit 1

Jolly Pet Product

10
Golden Westindo Vitakraft Menu Vital Guinea Pig 1

Golden Westindo

Nama produk

Flavored Puree

Sunshine

Excel Guinea Pig Nuggets with Blackcurrant & Oregano

Milky Cheese Ball

Alfalfa Hay

Cavia

Crispy Guinea Pig

Western Timothy Hay

Fullvit

Vitakraft Menu Vital Guinea Pig

Keunggulan

Snack dalam bentuk bubur dengan kandungan protein tinggi

Dari berbagai macam rerumputan dengan rasa yang beragam

Makanan tambahan dengan kandungan serat dan vitamin C yang tinggi

Bola keju, snack untuk marmut berbahan susu yang lezat

Nutrisi tepat untuk marmut muda, hamil, dan menyusui

Elderberry dan herbs bantu jaga kesehatan pencernaan marmut kesayangan Anda

Tak perlu khawatir marmut obesitas berkat formula weight control-nya

Tambah nafsu makan marmut dengan timothy hay yang kaya serat

Menjaga kesehatan pencernaan dengan kandungan prebiotik

Campuran seimbang untuk mencegah marmut kekurangan nutrisi

Harga mulai dariRp 13.900,00Rp 40.000,00Rp 145.000,00Rp 16.800,00Rp 82.500,00Rp 70.800,00Rp 70.800,00Rp 75.000,00Rp 68.000,00Rp 35.500,00
Jenis makananProsesNaturalProsesProsesNaturalProsesProsesNaturalProsesProses
Usia/kondisiTidak disebutkanTidak disebutkanSemua usiaTidak disebutkanmarmut muda, hamil, dan menyusuiSemua usiaSemua usiaUsia muda-dewasaSemua usiaTidak disebutkan
KandunganProtein, vitamin ESerat, vitamin, mineralSerat, vitamin C, oreganoSusu, keju, protein, kalsiumKalsium, proteinSerat, protein, kalsium, besi, berbagai vitaminVitamin CProtein, lemak, dan seratSerat, prebiotik, vitamin, kalsiumVitamin A, vitamin C, Vitamin D3, asam linoleat, biotin, buah, dan sayuran kering
Isi5 gram/sachet1 kg2 kg30 gram425 gram500 gram1 kg425 gram1 kg1 kg
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar makanan marmut

Pertanyaan umum seputar makanan marmut

Selain membahas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk, kami juga menjawab pertanyaan populer seputar makanan marmut. Simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini, ya!

Makanan apa yang tidak boleh dimakan marmut?

Sebisa mungkin hindari memberikan makanan berupa biji-bijian dan kacang-kacangan. Terlebih lagi, biji-bijian dengan kulit yang menempel seperti biji bunga matahari. Bentuknya yang runcing dan tajam berisiko melukai tenggorokan. Tidak hanya itu, marmut juga akan rawan tersedak.

Bolehkah marmut makan jeruk?

Marmut sangat diperbolehkan makan buah jeruk. Hal ini karena buah jeruk mengandung vitamin C. Asupan vitamin C sangat dibutuhkan marmut untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa memberikan seperempat buah jeruk untuk melengkapi kebutuhan vitamin C marmut.


Jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan untuk marmut. Namun, pastikan Anda memberinya dengan tidak berlebihan. Terlalu banyak jeruk bisa berdampak buruk bagi kesehatan marmut. Salah satunya keasaman jeruk yang dapat membahayakan pencernaan marmut jika mereka memakannya terlalu banyak.

Apa makanan marmut agar cepat hamil?

Agar marmut cepat hamil, Anda perlu memberinya asupan pakan dengan gizi yang cukup. Berikan marmut makanan utama, seperti jerami, rumput, sayur, dan buah. Jangan lupa untuk memberinya asupan vitamin C yang cukup. Anda bisa memberinya makanan tambahan yang mengandung vitamin C. Selain itu, Anda juga bisa memberinya rumput alfalfa yang mengandung kalsium dan protein tinggi.

Baca juga rekomendasi produk makanan hewan peliharaan lainnya di sini

Selain makanan marmut, kami juga membahas mengenai makanan hewan peliharaan lain yang tidak kalah menarik. Ada makanan ikan, kucing, anjing, hingga landak. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikelnya, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bagaimana menurut Anda? Semoga rekomendasi produk di atas bisa membantu Anda mendapatkan makanan marmut berkualitas. Sebelum membeli makanan marmut, pastikan Anda mengetahui jenis makanan yang sesuai untuk marmut. 


Jangan lupa pula untuk menyesuaikannya berdasarkan umur atau kondisi marmut. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa Anda jadikan acuan dalam memilih produk makanan marmut terbaik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, produknya juga praktis untuk disimpan. Merek makanan kering kucing yang bagus di antaranya adalah Royal Canin, Purina, dan Whiskas. Anda bisa mendapatkan makanan kesehatan untuk kitten umur 2 bulan hingga yang sepuh.Kali ini kami akan menjelaskan tips cara memilih dry food kucing terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi dry food kucing untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Yuk, temukan produk yang aman untuk kucing Anda!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hamster merupakan salah satu hewan pengerat berukuran kecil yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Selain itu, bulunya pun lembut dan memiliki warna yang indah. Hamster yang hidup di alam liar biasanya memakan biji-bijian, rumput, dan serangga.Bagaimana dengan hamster yang dipelihara di rumah? Anda bisa memberinya sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga bisa memberikan makanan hamster kemasan, seperti dari merk Original Nex, Hartz, dan Vitakraft. Produk seperti apa yang paling bagus untuk hewan kesayangan Anda? Sebelum membeli, simaklah tips cara memilih dan review makanan hamster terbaik di bawah ini!
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori