• 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Film Perang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Film perang identik dengan ketegangan aksi dan drama kemanusiaan. Kisahnya kerap menyayat hati sekaligus penuh gelora berkat semangat patriotik yang diusungnya. Alhasil, menonton film perang kerap menimbulkan perasaan yang campur-aduk.


Ada banyak film perang yang bagus dan juga layak ditonton. Nah, kami akan menyajikan cara memilih diikuti rekomendasi film perang terbaik, seperti Inglourious Basterds, The King, serta Jojo Rabbit. Anda bisa menikmati film-film tersebut di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Silakan pilih film kesukaan Anda, tentunya dengan mempertimbangkan cara memilih di bawah ini.

  • Pembaharuan terakhir: 26 November 2021
Daftar isi

Cara memilih film perang

Awalnya film perang muncul sebagai bentuk propaganda negara. Namun, makin lama, para sineas memanfaatkannya sebagai media antiperang. Film perang tidak hanya mengajak Anda menyaksikan heroisme para prajurit, tetapi juga dampak perang pada manusia. Selamat menyimak cara memilih dan temukan film favorit Anda.

Pilih film berdasarkan perang yang menjadi latar belakang cerita

Peperangan, salah satu tragedi besar manusia, adalah sumber cerita yang tak lekang oleh waktu. Banyak sineas menjadikan peperangan sebagai latar cerita film. Menilik lini masa secara garis besar, film perang dibagi dua, yaitu film perang modern dan film perang kerajaan. 

Perang modern, adu kecanggihan senjata

Perang modern, adu kecanggihan senjata

Tonggak peperangan modern secara luas adalah penggunaan bubuk mesiu sebagai senjata. Ciri lainnya adalah pemakaian persenjataan atau teknologi transportasi militer, misalnya kapal selam, pesawat tempur, atau tank. Di sini Anda bisa menyaksikan kecanggihan senjata dan bagaimana efek destruktifnya pada manusia.


Biasanya pula peperangan modern melibatkan bangsa yang sudah berbentuk republik, bukan lagi kerajaan. Beberapa contoh perang modern yang kerap menjadi latar adalah Perang Dunia II, Perang Afrika, hingga Perang Afghanistan. Sistem politik ataupun sosial yang menjadi latar pun terasa familiar karena saat ini masih banyak dipertahankan.

Perang kerajaan, menyaksikan ketangguhan prajurit masa silam

Perang kerajaan, menyaksikan ketangguhan prajurit masa silam

Banyak orang menganggap peperangan pada masa kerajaan jauh lebih barbar dan jantan. Setiap prajurit benar-benar berhadapan langsung dengan musuh dalam jarak dekat. Film perang kerajaan kerap bergaya kolosal dan melibatkan banyak orang. Persenjataannya pun relatif kuno, seperti pedang, tombak, dan panah. Transportasi militernya kebanyakan melibatkan hewan, seperti kuda atau gajah.


Film berlatar perang kerajaan tetaplah menarik untuk ditonton. Sekalipun sistem politik dan sosial bisa sangat berbeda, manusia tidaklah berubah. Ada nilai-nilai yang terus bertahan dari masa ke masa. Relasi keluarga, makna kebebasan, dan hasrat berkuasa adalah beberapa hal yang selalu ditemukan selama manusia masih berdiri di muka bumi. Beberapa contoh film perang kerajaan adalah The King.

Ketahui topik yang jadi sorotan film perang

Berdasarkan topik yang disorot, film perang terdiri dari tiga kategori, yaitu kisah fiktif, drama sejarah, dan biografi. Pahami dahulu baik-baik topik-topik ini dan temukan mana yang paling Anda sukai.

Fiksi, menikmati imajinasi tentang aneka sisi perang

Fiksi, menikmati imajinasi tentang aneka sisi perang

Perangnya memang benar terjadi. Namun, kisah yang ditampilkan mungkin benar-benar khayali semata. Film semacam ini memberikan kesempatan kepada kisah-kisah orang kebanyakan yang tidak muncul dalam buku sejarah. Perang tidak sekadar melibatkan tentara dan para pahlawan besar. Sejatinya perang berpengaruh kepada hampir semua orang. 


Di dalam War Horse, misalnya, Anda akan menemukan persahabatan seorang anak Inggris dengan seekor kuda perang. Selain itu, saat menonton The Beasts of No Nation, Anda akan memahami pahitnya kehidupan seorang serdadu anak. Kisah fiksi murni membawa Anda menjelajah ruang imajinasi yang sangat luas.

Drama sejarah, menyelami sisi lain sejarah

Drama sejarah, menyelami sisi lain sejarah

Buku sejarah yang dikenal selama ini kebanyakan berisi deret nama, tanggal, dan kejadian, padahal sejarah jauh lebih kompleks. Peristiwa sejarah adalah kelindan kisah manusia-manusia di dalamnya. Memahami peristiwa sejarah seharusnya membuat orang-orang memahami dampaknya bagi manusia. Hal ini bisa didapatkan, salah satunya, lewat film perang.


Film dengan tema drama sejarah tentu saja tak sekadar menampilkan peristiwa secara kronologis dan runtut. Unsur drama di dalamnya mensyaratkan cerita yang juga melibatkan emosional. Film Jojo Rabbit, misalnya, menunjukkan dilema bocah pemuja Hitler saat mendapati ibunya menyembunyikan gadis Yahudi. Film ini akan membawa Anda menyaksikan langsung peristiwa kependudukan Nazi dan kekejian pada masa itu.

Biografi, mengenal tokoh lebih dekat lewat cerita

Biografi, mengenal tokoh lebih dekat lewat cerita

Film perang juga bisa mengambil topik jalan hidup seorang tokoh. Tokoh di sini bisa berupa orang yang dikenal luas, contohnya jenderal perang yang tangguh. Simak saja The Admirals: Roaring Currents yang mengisahkan tentang Laksamana Yi Sun-shin. Dia berusaha menghalau ratusan kapal Jepang hanya dengan belasan kapal. 


Tentunya bukan hanya tentara yang punya cerita menarik. Ada juga kisah mengharukan seorang pemilik bioskop yang ingin turut ambil bagian dalam peperangan di The Inglourious Basterd. Anda bisa mempelajari karakter menarik para tokoh tersebut.

Perhatikan kategori usia dan content warning demi kenyamanan menonton

Perhatikan kategori usia dan content warning demi kenyamanan menonton

Film perang cenderung melibatkan darah, kekerasan, dan kematian. Jika Anda hendak menonton bersama keluarga, terutama anak di bawah umur, pastikan film tersebut aman untuk ditonton. Anda bisa memeriksa kategori usia peruntukan film


Anda juga bisa memeriksa content warning pada label film. Biasanya, saluran streaming, seperti Netflix, mencantumkannya. Menginjak usia dewasa bukan berarti mampu menoleransi segala jenis film. Kenali batasan Anda. Bagi Anda yang tidak menyukai adegan bunuh diri, silakan menghindari film dengan label suicide. Dengan mencermati kategori usia dan label, kenikmatan menonton film pun lebih terjamin.  

Tonton trailernya untuk merasakan nuansa yang ingin ditampilkan film

Tonton trailernya untuk merasakan nuansa yang ingin ditampilkan film

Membaca ulasan memang penting. Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa film yang akan ditonton. Namun, kami menyarankan Anda untuk menonton trailer-nya juga. Musik latar, pengambilan gambar, dan ekspresi para pemain akan memberikan informasi lebih detail nuansa film


Trailer yang menampilkan lebih banyak adegan pertempuran, misalnya, merupakan tanda bahwa film tersebut didominasi aksi. Adapun trailer yang menampilkan pergulatan batin tokoh, cenderung mengutamakan unsur drama. Perhatikan juga musiknya. Musik dengan ritme cepat biasanya menunjukkan film tersebut diisi banyak adegan aksi.


Trailer juga menggambarkan seperti apa kondisi sinematografinya. Film dengan sinematografi yang kuat pastilah merupakan keunggulan tersendiri. Mata Anda bagai dibuai keindahan. Anda tidak akan jemu menikmati tontonan tersebut.

10 Rekomendasi film perang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film perang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Mooryati Soedibyo CinemaSultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Latar perangPerang kerajaan
Topik filmBiografi
Kategori usia16+
Content warningViolence
Prestasi7 nominasi
Rating IMDb7,1 dari 10
PemainArio Bayu, Marthino Lio, Adinia Wirasthi
9

Levitate Film, CaviarThe Forgotten Battle

Latar perangPerang modern
Topik filmDrama sejarah
Kategori usia16+
Content warningViolence, suicide
Prestasi6 penghargaan, 4 nominasi
Rating IMDb7,1 dari 10
PemainGijs Blom, Jamie Flatters, Susan Radder
8

Filmmaker R & KThe Battleship Island

Latar perangPerang modern
Topik filmFiksi
Kategori usia16+
Content warningTidak disebutkan
Prestasi11 penghargaan, 10 nominasi
Rating di IMDb7,1 dari 10
PemainJung-min Hwang, So Ji-sub, Song Joong-ki Lee Jung-hyun
7

Big Stone PicturesThe Admiral: The Roaring Current

Latar perangPerang kerajaan
Topik filmDrama sejarah
Kategori usia18+
Content warningViolence
Prestasi17 penghargaan, 17 nominasi
Rating IMDb7,1 dari 10
PemainChoi Min-sik, Ryu Seung-ryong, Cho Jin-woong
6

Alan Moloney, Ruth Coady, Johanna Hogan, Justin Moore-LewyThe Siege of Jadotville

Latar perangPerang modern
Topik filmDrama sejarah
Kategori usia18+
Content warningViolence, language
Prestasi3 penghargaan. 4 nominasi
Rating IMDb7,2 dari 10
PemainJamie Dornan, Guillaume Canet, Emmanuelle Seigner
5

Plan B Entertainment, Netflix, Blue-Tongue Film, Porchlight FilmsThe King

Latar perangPerang kerajaan
Topik filmBiografi
Kategori usia18+
Content warningViolence
Prestasi12 penghargaan, 28 nominasi
Rating di IMDb7,2 dari 10
PemainTimothée Chalamet, Joel Edgerton, Robert Pattinson
4

DreamWorks Pictures, Touchstone Pictures, Reliance Entertainment, Amblin Entertainment, The Kennedy/Marshall CompanyWar Horse

Latar perangPerang modern
Topik filmFiksi
Kategori usia13+
Content warningTidak disebutkan
Prestasi15 penghargaan, 77 nominasi
Rating IMDb7,2 dari 10
PemainJeremy Irvine, Emily Watson, David Thewlis
3

Red Crown Productions, Primary Productions, Participant Media, Parliament of OwlsBeasts of no Nation

Latar perangPerang modern
Topik filmFiksi
Kategori usia18+
Content warningViolence, nudity, sex, language, substances
Prestasi31 penghargaan, 57 nominasi
Rating IMDb7,7 dari 10
PemainIdris Elba, Abraham Attah, Kurt Egyiawan
2

Fox Searchlight Pictures, TSG Entertainment, Defender Films, Piki FilmsJojo Rabbit

Latar perangPerang modern
Topik filmFiksi
Kategori usia13+
Warning contentTidak disebutkan
Prestasi48 penghargaan, 194 nominasi
Rating IMDb7,9 dari 10
PemainRoman Griffin Davis, Thomasin McKenzie, Scarlett Johanson
1

A Band Apart, Studio Babelsberg, Visiona RomanticaInglourious Basterds

Latar perangPerang modern
Topik filmFiksi
Kategori Usia18+
Warning ContentViolence, irreverent, suspenseful
Prestasi133 penghargaan, 172 nominasi
RatingIMDb8,3 dari 10
PemainBrad Pitt, Mélanie Laurent, Christoph WaltzDiane Kruger

Tabel perbandingan film perang terbaik

Gambar produk
1
A Band Apart, Studio Babelsberg, Visiona Romantica Inglourious Basterds 1

A Band Apart, Studio Babelsberg, Visiona Romantica

2
Fox Searchlight Pictures, TSG Entertainment, Defender Films, Piki Films Jojo Rabbit 1

Fox Searchlight Pictures, TSG Entertainment, Defender Films, Piki Films

3
Red Crown Productions, Primary Productions, Participant Media, Parliament of Owls Beasts of no Nation 1

Red Crown Productions, Primary Productions, Participant Media, Parliament of Owls

4
DreamWorks Pictures, Touchstone Pictures, Reliance Entertainment, Amblin Entertainment, The Kennedy/Marshall Company War Horse 1

DreamWorks Pictures, Touchstone Pictures, Reliance Entertainment, Amblin Entertainment, The Kennedy/Marshall Company

5
Plan B Entertainment, Netflix, Blue-Tongue Film, Porchlight Films The King 1

Plan B Entertainment, Netflix, Blue-Tongue Film, Porchlight Films

6
Alan Moloney, Ruth Coady, Johanna Hogan, Justin Moore-Lewy The Siege of Jadotville 1

Alan Moloney, Ruth Coady, Johanna Hogan, Justin Moore-Lewy

7
Big Stone Pictures The Admiral: The Roaring Current 1

Big Stone Pictures

8
Filmmaker R & K The Battleship Island 1

Filmmaker R & K

9
Levitate Film, Caviar The Forgotten Battle 1

Levitate Film, Caviar

10
Mooryati Soedibyo Cinema Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta 1

Mooryati Soedibyo Cinema

Nama produk

Inglourious Basterds

Jojo Rabbit

Beasts of no Nation

War Horse

The King

The Siege of Jadotville

The Admiral: The Roaring Current

The Battleship Island

The Forgotten Battle

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Keunggulan

Menegangkan! Upaya balas dendam pemilik bioskop atas kematian keluarganya

Paduan unik antara komedi dengan suasana perang yang mencekam

Jahatnya perang, anak kecil pun dipaksa jadi serdadu!

Persahabatan manusia dan kuda, bertahan melampaui kecamuk peperangan

Ketika sikap damai dianggap lemah dan perang jadi alat politik belaka

Sarat adegan tempur menghadapi kepungan lawan

Pertarungan epik antara 12 kapal Korea melawan 200 kapal Jepang di lautan

Pelarian 400 pekerja paksa dari pulau terpencil: menegangkan & menyayat hati!

Bergaya kontemporer, menampilkan tiga perspektif tokoh dalam satu film

Keberanian dan kekuatan hati raja yang mengobrak-abrik armada kekuatan musuh

Latar perangPerang modernPerang modernPerang modernPerang modernPerang kerajaanPerang modernPerang kerajaanPerang modern Perang modernPerang kerajaan
Topik filmFiksiFiksi Fiksi Fiksi BiografiDrama sejarahDrama sejarahFiksiDrama sejarahBiografi
Kategori Usia18+13+18+13+18+18+18+16+16+16+
Warning ContentViolence, irreverent, suspensefulTidak disebutkanViolence, nudity, sex, language, substancesTidak disebutkanViolenceViolence, languageViolenceTidak disebutkanViolence, suicideViolence
Prestasi133 penghargaan, 172 nominasi48 penghargaan, 194 nominasi31 penghargaan, 57 nominasi15 penghargaan, 77 nominasi12 penghargaan, 28 nominasi3 penghargaan. 4 nominasi17 penghargaan, 17 nominasi11 penghargaan, 10 nominasi6 penghargaan, 4 nominasi7 nominasi
RatingIMDb8,3 dari 107,9 dari 107,7 dari 107,2 dari 107,2 dari 107,2 dari 107,1 dari 107,1 dari 107,1 dari 107,1 dari 10
PemainBrad Pitt, Mélanie Laurent, Christoph WaltzDiane KrugerRoman Griffin Davis, Thomasin McKenzie, Scarlett JohansonIdris Elba, Abraham Attah, Kurt EgyiawanJeremy Irvine, Emily Watson, David ThewlisTimothée Chalamet, Joel Edgerton, Robert PattinsonJamie Dornan, Guillaume Canet, Emmanuelle SeignerChoi Min-sik, Ryu Seung-ryong, Cho Jin-woongJung-min Hwang, So Ji-sub, Song Joong-ki Lee Jung-hyunGijs Blom, Jamie Flatters, Susan RadderArio Bayu, Marthino Lio, Adinia Wirasthi
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film-film lainnya di sini

Menonton film dapat mengasah simpati dan empati penonton. Anda diajak melihat dunia dari sudut pandang orang lain, dalam hal ini tokoh cerita. Untuk memperkaya pengalaman dan mendapatkan hiburan lebih beragam, tonton juga film-film lainnya. Silakan membaca artikel-artikel rekomendasi film lainnya di sini. Segera temukan film yang cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi kami, sudahkah Anda menemukan film perang yang akan ditonton? Pahami selalu tema dan perang yang menjadi latar film agar tidak salah pilih. Anda juga harus memperhatikan kategori dan label film untuk kenyamanan menonton. 


Tambahan lagi, tonton juga trailer film terlebih dahulu agar Anda mengetahui nuansa film. Ingat, waktu Anda begitu berharga. Menonton film yang keliru sama saja merugi. Jadi, pilihlah dengan saksama. Selamat menonton!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama China Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton drama merupakan salah satu cara mengisi waktu luang saat harus di rumah saja. Salah satu yang dapat disaksikan adalah drama China yang banyak ditayangkan di layanan streaming global. Selain genre yang beragam, cerita yang tidak biasa juga menjadi pilihan banyak orang menonton drama China.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi drama China yang bagus untuk Anda. Kami akan merekomendasikan beberapa genre seperti drama romantis, drama kerajaan, atau pun drama dengan tampilan modern untuk Anda. Jadi, apabila Anda sedang bosan dan kehabisan tontonan, ikuti kami, ya!
    Film
  • 9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Film Shahrukh Khan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki King of Bollywood, Shahrukh Khan memang layak menjadi ikon industri perfilman India. Kemampuan aktingnya tak diragukan lagi. Sederet judul film dari berbagai genre mencantumkan namanya sebagai pemeran utama. Sebut saja Kabhi Khushi Kabhi Gham, Don, Kal Ho Naa Ho, dan masih banyak lagi.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih film Shahrukh Khan yang bagus. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi film Shahrukh Khan terbaik dari beragam genre. Film-film pilihan tersebut dapat Anda tonton melalui streaming legal Netflix. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Industri perfilman Korea memang dikenal dengan kisah-kisah melodramanya. Namun, banyak film Korea bergenre komedi yang justru sukses menembus box office. Film Parasite bahkan mampu berprestasi di dua ajang bergengsi dunia, menempatkannya sebagai film komedi hitam Korea yang wajib ditonton.Film komedi Korea digemari karena ceritanya yang segar serta mampu mengendurkan urat tegang. Tak hanya Parasite, kami juga merekomendasikan film komedi Korea lainnya yang bagus, seperti Sweet & Sour, My Annoying Brother, dan Pawn. Untuk menemukan film yang sesuai dengan humor Anda, ikuti tips dari kami. Yuk, simak sampai habis!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori