1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan ikan
  6. >
  7. 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Aquarium Dinding Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2023)

Memelihara ikan di aquarium adalah hobi yang menyenangkan. Anda bisa mendesain dan menikmati pemandangan indah bawah laut di rumah Anda. Namun, aquarium biasanya memakan banyak tempat. Untuk Anda yang mempunyai ruangan terbatas dan tetap ingin memelihara ikan, aquarium dinding adalah pilihan tepat.


Dengan banyaknya merek dan model, mungkin Anda bingung memilih aquarium yang bagus. Untuk itu, kami akan mengajak Anda memilih aquarium dinding terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Aquarium dinding rekomendasi kami juga sudah tersedia di marketplace kesayangan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Pengajar dan pebisnis ikan cupang
Fauzi Nasution

Selain menjadi seorang pengajar di Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI), Fauzi juga seorang pebisnis ikan cupang. Ia menjual berbagai macam ikan cupang melalui Instagram-nya. Ia mendapat pengalaman memelihara ikan dan hewan akuatik lainnya dari riset di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), ITB. Pada 2016–2019, Fauzi melakukan beberapa riset menggunakan zebrafish dan udang vaname. Dari pengalaman riset tersebut, Fauzi menjadi familier dengan berbagai masalah terkait pemeliharaan hewan di akuarium.

Profil Fauzi Nasution
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih aquarium dinding

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih aquarium dinding. Anda perlu memilih lokasi aquarium dan ukuran yang pas, serta modelnya. Anda juga bisa mempertimbangkan fitur tanpa kuras pada aquarium agar lebih praktis. Cermati penjelasan lengkap kami di bawah ini!

① Periksa lokasi yang strategis agar aquarium dinding enak dipandang

Pemilihan lokasi adalah hal paling utama dalam penempatan aquarium dinding. Aquarium dinding bisa ditaruh di dalam ruangan atau di luar ruangan. Yuk, pahami kelebihan dan kekurangannya!

Outdoor, tunjukkan koleksi ikan Anda ke orang yang lewat

Outdoor, tunjukkan koleksi ikan Anda ke orang yang lewat

Anda bisa menggantung aquarium dinding di luar rumah, seperti di tembok luar rumah, teras, pagar, dan taman belakang. Teras rumah yang dihias oleh aquarium dinding akan mengesankan tamu Anda. Menunggu Anda membuka pintu sembari menikmati ikan-ikan yang cantik tentu menyenangkan bagi tamu Anda.


Penempatan aquarium dinding di tembok luar rumah juga akan mempercantik tampilan rumah Anda dari luar. Selain itu, Anda bisa menunjukkan koleksi ikan dan tanaman hias ke orang-orang yang melewati rumah Anda. 


Namun, Anda juga harus mempertimbangkan pilihan ikan yang ditaruh di luar ruangan. Jangan menaruh ikan mahal di aquarium dinding luar rumah karena banyak risikonya. Alga dapat tumbuh subur di dalam aquarium luar rumah dan lebih sulit untuk mengatur suhu aquarium.

Indoor, nikmati pemandangan bawah laut di dalam ruangan

Indoor, nikmati pemandangan bawah laut di dalam ruangan

Untuk penempatan aquarium dinding di dalam rumah, Anda bisa mempertimbangkan ruang tamu atau ruang keluarga. Ruang tamu kerap menjadi pilihan utama untuk menaruh aquarium karena banyak disinggahi orang.


Sementara menaruh aquarium dinding di ruang keluarga juga bisa menambah kesan homey dalam rumah. Ruang keluarga akan terasa lebih berwarna dengan ikan-ikan cantik yang menghiasi dinding.


Anda juga bisa menaruh aquarium dinding di tempat lain, seperti dapur, kamar mandi, dan kamar tidur Anda. Penempatan aquarium sebagai pemanis di kamar tidur Anda akan membawa suasana tenang dan sejuk.


Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut sebelum Anda terlelap setelah seharian bekerja. Hal tersebut tentu akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Bangun tidur pun Anda bisa lebih semangat dengan melihat ikan-ikan yang menghiasi kamar Anda.

② Cek ukuran aquarium yang sesuai luas ruangan

Setelah Anda memilih lokasi penempatan aquarium dinding, Anda bisa mengecek ukurannya. Sesuai dan tidaknya penempatan aquarium sangat dipengaruhi oleh luas ruangan Anda. Berdasarkan ukurannya, kami membagi aquarium dinding ke dalam dua jenis, yakni aquarium dinding tipis dan mini.

Aquarium dinding tipis, pas untuk ruangan besar

Aquarium dinding tipis, pas untuk ruangan besar

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, aquarium dinding tipis adalah pilihan yang pas. Ukuran aquarium dinding ini biasanya tidak lebih tebal dari tembok rumah, yakni sekitar 15 cm.


Hal itu membuat bentuk aquarium dinding yang ditaruh dalam ruangan besar akan tampak proporsional. Aquarium dinding semacam ini biasanya memiliki bentuk balok yang bisa dipasang seperti lukisan dinding.


Dengan bentuknya yang demikian lebar, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah air yang mengesankan. Terlebih lagi, ukurannya yang besar membuat Anda lebih leluasa mengoleksi berbagai jenis ikan dan menambahkan hiasan aquascape.


Namun, aquarium dinding tipis kurang baik untuk memelihara ikan yang ukurannya tergolong besar. Hal tersebut akan membuat ikan kesulitan berenang di dalam aquarium berdinding tipis.

Aquarium dinding mini, pas untuk ruangan sempit

Aquarium dinding mini, pas untuk ruangan sempit

Ruangan sempit bukan kendala untuk memelihara ikan. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih aquarium dinding mini yang ukurannya tidak akan memakan banyak tempat.


Aquarium mini lebih leluasa untuk diletakkan di kamar tidur, dapur, kamar mandi, bahkan di luar rumah. Untuk luar ruangan, Anda bisa berkreasi dengan beberapa aquarium dinding sebagai dekorasi. Namun, perlu diingat, aquarium dinding ukuran mini ini hanya bisa diisi oleh beberapa ikan saja.


Dibandingkan aquarium dinding yang besar, aquarium jenis ini menawarkan lebih banyak model yang bisa Anda pilih. Ada aquarium dinding bentuk bulat setengah bola, apel, prisma segi enam, tabung, balok, dan bentuk lainnya.


Bahkan, baru-baru ini banyak aquarium estetik yang bentuknya menyesuaikan bentuk akar sebagai media tempelnya. Aquarium kecil ini cocok ditaruh di kamar sebagai dekorasi ruangan yang terbatas agar terlihat lebih menawan.

③ Pilih jenis aquarium dinding yang sesuai kebutuhan

Setelah memilih lokasi dan ukuran aquarium yang sesuai ruangan, Anda perlu memilih jenis aquarium. Di pasaran ada dua jenis aquarium dinding yang populer, yaitu aquarium tempel dan aquarium tembok kaca. Jika Anda penasaran perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Aquarium dinding tempel, cukup gantung di dinding dengan bracket atau paku

Aquarium dinding tempel menggunakan beberapa media agar dapat digantungkan ke dinding. Media tersebut antara lain bracket seperti yang dipakai pada TV dinding dan paku atau sekrup.


Untuk memasang aquarium dinding mini, Anda hanya perlu paku atau sekrup karena bobotnya tergolong ringan. Sementara untuk aquarium dinding yang besar, instalasinya akan membutuhkan bracket agar dapat terpasang dengan sempurna.


Hal ini disebabkan aquarium dinding besar biasanya punya bobot yang lebih berat karena volume air yang besar. Maka dari itu, sebelum membeli aquarium tipe ini, pastikan dinding Anda cukup kukuh untuk menopang bebannya.

Aquarium tembok kaca, Anda perlu membongkar tembok rumah

Aquarium tembok kaca, Anda perlu membongkar tembok rumah

Berbeda dengan aquarium dinding tempel, aquarium yang satu ini tidak memerlukan media tambahan untuk bisa terpasang pada tembok. Instalasi aquarium dinding tembok kaca ini tidak digantung, tetapi dipasang layaknya dinding atau partisi sekat ruangan.


Tentunya dengan begitu Anda harus membongkar tembok sehingga perlu melibatkan tukang bangunan dalam pemasangannya. Meski terkesan merepotkan, aquarium ini akan menjadi dinding tembus pandang yang menghasilkan pemandangan untuk dua sisi ruangan.


Di pasaran, jarang ada aquarium dinding tembok kaca. Hal tersebut karena ketebalan dinding tiap rumah pasti berbeda-beda. Namun, Anda bisa memesan secara custom agar ukuran aquarium sesuai dengan ketebalan tembok Anda. Pemasangan aquarium tembok kaca di rumah akan semakin mempercantik hunian Anda. Keluarga akan menjadi lebih betah di rumah.

④ Pertimbangkan aquarium dinding tanpa kuras

Pertimbangkan aquarium dinding tanpa kuras

Setelah memilih lokasi, ukuran, dan jenis aquarium dinding, sebaiknya Anda mempertimbangkan aquarium dinding tanpa kuras. Aquarium tanpa kuras menggunakan alat berupa filter khusus, seperti undergravel filter (UGF), yang memungkinkan air aquarium tidak perlu diganti. Namun, hal ini juga memerlukan maintenance filter secara rutin.


Sebagian besar filter hanya berfungsi untuk mempertahankan kualitas air sebelum dilakukan penggantian air. Jadi, penggunaan filter pada umumnya hanya mengurangi frekuensi penggantian air.


Jika Anda sering menguras aquarium, kemungkinan besar ikan akan mudah stres. Dengan menggunakan filter khusus, Anda tidak perlu repot menguras aquarium lagi. Aquarium dinding tanpa kuras sangat cocok untuk Anda yang sibuk dan jarang berada di rumah.


Filter tersebut akan bekerja membersihkan air secara otomatis selagi Anda sibuk bekerja. Fungsi dari filter tersebut adalah:

  • Mengubah kotoran ikan menjadi amoniak, kemudian amoniak diubah menjadi nitrit, lalu mengubah nitrit menjadi nitrat
  • Menambah kadar oksigen terlarut dalam air sehingga kesehatan ikan terjaga
  • Menjaga air tetap bersih dan jernih dari kotoran, baik padat maupun terlarut

9 Rekomendasi aquarium dinding terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk aquarium dinding terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fauzi Nasution.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Aquarium Tempel Bentuk Bulat untuk Tanaman dan Ikan Cupang

 Aquarium Tempel Bentuk Bulat untuk Tanaman dan Ikan Cupang 1枚目

Dinding rumah jadi menarik dengan bulatan-bulatan ikan hias dan tanaman

2

Aquarium Dinding Tabung Lampu LED

 Aquarium Dinding Tabung Lampu LED 1枚目

Aquarium multifungsi, bisa digantung atau diletakkan di atas meja

3

Aquarium Dinding Mini Bentuk Tabung Bahan PVC dan Akrilik

 Aquarium Dinding Mini Bentuk Tabung Bahan PVC dan Akrilik 1枚目

Ukurannya yang kecil bisa ditaruh di ruangan sempit

4

Aquarium Cupang Gantung

 Aquarium Cupang Gantung 1枚目

Pisahkan ikan cupang Anda di aquarium soliter

5

Aquarium Dinding Akar Kayu

 Aquarium Dinding Akar Kayu 1枚目

Unik dan berkelas, untuk Anda yang berjiwa seni

6

Hexagon Mini Aquascape

 Hexagon Mini Aquascape 1枚目

Bisa request custom grafir, pilihan kado yang tepat

7

Wallaquascape

Paket Modern Ukuran M

Wallaquascape Paket Modern Ukuran M 1枚目

Paket komplet aquarium tanpa kuras beserta isinya

8

Wallaquascape

Aquarium Dinding Size S

Wallaquascape Aquarium Dinding Size S 1枚目

Tak perlu beli secara terpisah, paket sudah termasuk ikan dan substrate aquascape

9

Wallaquascape

Aquarium Dinding Size XL

Wallaquascape Aquarium Dinding Size XL 1枚目

Ukuran XL untuk ruangan Anda yang luas

Perincian produk
Close
No.1

Aquarium Tempel Bentuk Bulat untuk Tanaman dan Ikan Cupang

Mulai dari Rp49.500,00

Dinding rumah jadi menarik dengan bulatan-bulatan ikan hias dan tanaman

Aquarium gantung ini cocok untuk ruangan yang sempit. Aquarium mini dengan desain yang cantik dan kekinian ini sangat mudah ditempel di dinding mana pun. Anda tinggal memasang paku atau sekrup ke dinding untuk menaruhnya. Bahannya yang terbuat dari akrilik dijamin tidak mudah pecah. 


Ukurannya yang kecil, yakni berdiameter sekitar 20 cm membuat aquarium ini sangat ringan. Anda bisa mengisinya dengan 1–3 ikan cupang beserta tanaman hias. Aquarium ini tersedia dalam empat pilihan warna, yakni bening, putih, hitam, dan biru.

No.2

Aquarium Dinding Tabung Lampu LED

Mulai dari Rp58.969,00

Aquarium multifungsi, bisa digantung atau diletakkan di atas meja

Jika Anda menginginkan aquarium kecil untuk kamar tidur, pilihlah aquarium berikut ini. Aquarium ini multifungsi, dalam artian bisa ditaruh di atas meja dan bisa digantung di dinding. Lampu aquarium ini tersedia dalam dua pilihan lampu LED, yaitu lampu listrik dan baterai.


Ukurannya yang kecil cocok dijadikan rumah ikan-ikan kecil Anda. Jika Anda memilih lampu LED listrik, Anda tinggal mencolokkannya ke listrik untuk menghidupkannya. Namun, jika memilih lampu LED baterai, Anda akan membutuhkan tiga buah baterai AAA yang sudah termasuk dalam pembelian.

No.3

Aquarium Dinding Mini Bentuk Tabung Bahan PVC dan Akrilik

Mulai dari Rp30.000,00

Ukurannya yang kecil bisa ditaruh di ruangan sempit

Untuk Anda yang tidak memiliki ruangan yang luas, aquarium mini ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Dengan bentuk tabung dan bahan PVC dan akrilik, aquarium ini dijamin tahan bocor.


Dengan diameter hanya sebelas centimeter, Anda bisa menaruh satu ikan cupang dan tanaman hias di sini. Anda akan mendapat batu hias dan tanaman buatan yang disertakan dalam penjualan.

No.4

Pisahkan ikan cupang Anda di aquarium soliter

Aquarium dinding soliter ini merupakan aquarium khusus untuk satu ikan cupang. Namun, jika Anda punya banyak ikan, telah tersedia pula aquarium yang jumlah ruangnya sesuai. Anda bisa memilih aquarium cupang soliter dua ruang, tiga ruang, empat ruang, dan seterusnya.


Aquarium ini terbuat dari bahan akrilik dengan tebal tiga milimeter dengan tambahan lem antibocor. Akrilik setebal tiga milimeter dinilai tahan banting sehingga aquarium aman ketika jatuh. Untuk menempelkannya di dinding, cukup pasang paku di tembok.

No.5

Aquarium Dinding Akar Kayu

Mulai dari Rp100.000,00

Unik dan berkelas, untuk Anda yang berjiwa seni

Jika Anda menginginkan aquarium anti-mainstream, Anda bisa memilih aquarium yang satu ini. Aquarium ini cocok untuk Anda yang memiliki jiwa seni tinggi. Aquarium ini menggunakan kayu gamal sebagai penopangnya.


Bentuknya yang unik diukir oleh seniman lokal yang pasti akan membuat Anda bangga! Aquarium dinding ini cocok digantung di dinding ruang pribadi Anda sehingga membuat ruangan Anda makin berkelas. 

No.6

Bisa request custom grafir, pilihan kado yang tepat

Bagi Anda yang bingung memberi kado untuk teman atau pasangan, aquarium mini ini layak Anda pilih. Aquarium ini mempunyai desain yang unik dan indah. Frame-nya terbuat dari kayu cokelat muda dan berbentuk prisma segi enam.


Di dalamnya ditempatkan aquarium mini dari bahan akrilik yang tahan banting. Uniknya, frame aquarium ini bisa digrafir. Anda bisa request grafir nama atau kata-kata mutiara dengan menulis catatan di pesanan Anda sebelum check out.

No.7

WallaquascapePaket Modern Ukuran M

Mulai dari Rp2.000.000,00

Paket komplet aquarium tanpa kuras beserta isinya

Anda mencari aquarium dinding tipis untuk menghias ruang keluarga Anda? Anda bisa mempertimbangkan paket aquarium beserta isinya ini. Aquarium dengan frame kayu ini memiliki ketebalan kaca lima milimeter. Aquarium ini juga tidak perlu dikuras karena sudah dilengkapi dengan filter UGF.


Selain aquarium, Anda akan mendapatkan filter, lampu, lima jenis tanaman dan berbagai jenis ikan. Pembelian aquarium ini sudah dilengkapi dengan tiga jenis ikan utama sebanyak 25 ekor dan empat jenis ikan support sebanyak 20 ekor. Selain itu, disertakan pula pasir malang, batu lava, akar, pupuk dasar, kerikil putih, pupuk cair, dan pelet.

No.8

WallaquascapeAquarium Dinding Size S

Mulai dari Rp1.600.000,00

Tak perlu beli secara terpisah, paket sudah termasuk ikan dan substrate aquascape

Jika Anda menginginkan aquarium dinding tanpa kuras dengan paket lengkap, Anda bisa memilih aquarium ini. Aquarium ini memiliki ukuran tergolong besar yang cocok untuk ruangan luas. Aquarium ini tersedia dalam tiga pilihan frame, yakni hitam, putih, dan cokelat motif kayu.


Paket komplet ini terdiri atas aquarium, filter, lampu, dan isi aquarium beserta pelet untuk satu bulan. Isi aquarium terdiri atas lima jenis tanaman dan berbagai jenis ikan. Ada 20 ekor dari tiga jenis ikan utama serta 15 ekor ikan dari empat jenis ikan maintenance. Tak hanya itu, paket ini juga dilengkapi pasir malang, batu lava, akar, CO2 cair, dan kerikil putih.

No.9

WallaquascapeAquarium Dinding Size XL

Mulai dari Rp4.300.000,00

Ukuran XL untuk ruangan Anda yang luas

Bagi Anda yang mempunyai ruangan yang cukup luas, Anda bisa mempertimbangkan paket aquarium ini. Aquarium ini memiliki tiga pilihan frame, yakni hitam, putih, dan cokelat motif kayu. Produk ini sudah dipasang filter UGF sehingga Anda tak perlu mengurasnya.


Isi paketnya terdiri dari aquarium, filter, lampu, lima jenis tanaman air dan berbagai jenis ikan. Anda akan mendapatkan empat jenis ikan utama sebanyak 40 ekor dan empat jenis ikan maintenance sebanyak 30 ekor. Sebagai pelengkap, disertakan pula pasir malang, batu lava, akar, pupuk dasar, krikil putih, CO2 cair, dan pelet.

Baca juga rekomendasi produk aquarium lainnya di sini

Setelah Anda memilih aquarium dan membaca rekomendasi dari kami, alangkah baiknya membaca artikel yang terkait dengan aquarium. Simak artikel-artikel di bawah ini sebagai referensi Anda dalam memilih dan menghias aquarium dinding Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah mendapatkan aquarium dinding yang cocok untuk Anda. Dengan adanya aquarium dinding, kini Anda tak perlu khawatir dengan luas ruangan yang sempit.


Pemasangan aquarium dinding mampu menawarkan keindahan pemandangan bawah laut pada hunian Anda. Ruangan akan tampak lebih ramai dengan ikan-ikan yang berenang. Anda juga pasti akan lebih betah berada di rumah. Semoga Anda mendapatkan aquarium dinding yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer