1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Pakaian anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kebaya Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kebaya merupakan salah satu pakaian khas Indonesia yang digunakan oleh perempuan. Tidak hanya perempuan dewasa, anak-anak juga memakai kebaya. Mereka terlihat menggemaskan dalam balutan kebaya anak. Modelnya pun beragam, mulai kebaya kutubaru hingga kebaya anak modern.


Untuk memudahkan Anda memperoleh kebaya anak yang bagus, kami akan membagikan tips memilihnya. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi kebaya anak terbaik yang bisa Anda beli melalui marketplace. Beberapa merek kebaya anak, seperti Little Glam, Lil’ Notre, dan Kanaka, ada dalam daftar produk yang kami rekomendasikan. Karena itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kebaya anak

Untuk mendapatkan produk terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kebaya anak. Anda perlu mempertimbangkan bahan kebaya, model, usia anak, dan warnanya. Untuk pembahasan selengkapnya, silakan baca tips berikut ini.

① Pilih bahan yang nyaman untuk anak

Pilih bahan yang nyaman untuk anak

Bahan kebaya merupakan pertimbangan utama yang harus Anda perhatikan saat memilih kebaya untuk anak. Pasalnya, kulit anak-anak cenderung lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Berikut ini beberapa jenis bahan kebaya yang banyak digunakan di pasaran.


  1. Brokat merupakan kain yang tersusun dengan pola rumit tetapi menarik, misalnya bunga atau tanaman. Bahan ini termasuk sering digunakan untuk kebaya atau pakaian pesta lainnya. Permukaannya menerawang sehingga membutuhkan furing. Selain itu, furing juga membuat kebaya brokat terasa lebih nyaman untuk kulit anak-anak.
  2. Katun adalah jenis bahan yang sangat ideal untuk kebaya anak. Karakternya tidak panas, mampu menyerap keringat, halus, dan kuat. Umumnya, kain katun tidak menimbulkan iritasi atau alergi sehingga cocok untuk kulit anak-anak yang cenderung sensitif.
  3. Organza disebut juga kain kaca karena permukaannya tampak mengilap dan halus. Pemakaian bahan ini memberi kesan mewah dan berkelas. Namun, Anda harus berhati-hati saat mencuci dan menyeterika karena kain organza rentan terhadap kerutan. Sebaiknya hindari mencuci kebaya organza dengan mesin cuci.

② Tentukan modelnya sesuai karakter anak

Tentukan modelnya sesuai karakter anak
Sumber: lilnotre.com

Meskipun kebaya sudah dipakai sejak zaman dahulu, tetapi modelnya juga berkembang seiring waktu. Model kebaya dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih kebaya untuk anak. Saat ini, banyak model kebaya modern dengan berbagai variasinya. Misalnya, kebaya blus dengan desain yang kekinian atau kebaya penguin yang bagian belakangnya lebih panjang.


Untuk gaya klasik dan simpel, Anda bisa memilih kebaya kutubaru. Model ini sudah dipakai sejak dulu dan tetap banyak peminatnya hingga sekarang. Si kecil akan terlihat makin menggemaskan dengan kebaya kutubaru yang klasik dan menarik.

③ Sesuaikan dengan usia anak

Sesuaikan dengan usia anak
Sumber: lilnotre.com

Ukuran sangat penting Anda perhatikan dengan teliti saat memilih kebaya untuk anak. Umumnya, seller mencantumkan ukuran pada deskripsi produknya. Usahakan memilih seller yang menjelaskan ukuran produknya secara detail, mencakup ukuran lingkar dada, panjang lengan, dan lain-lain. Lingkar dada dapat dijadikan patokan dalam menentukan ukuran sesuai usia. Berikut perkiraan lingkar dada anak.


  1. Anak batita (1–3 tahun): 51–56 cm. 
  2. Anak usia TK (4–6 tahun): 62–69 cm.
  3. Anak usia SD (7–10 tahun): 75–82 cm.
  4. Anak praremaja (11–13 tahun): minimal 90 cm.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran di atas bukanlah angka pasti. Namun, Anda dapat menggunakannya sebagai estimasi secara umum. Perbedaan merek terkadang juga menjadikan produk-produknya berbeda ukuran meski memiliki label size yang sama. Karena itu, ukur lingkar dada anak Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang sesuai.

④ Pertimbangkan warna yang memberi kesan ceria

Pertimbangkan warna yang memberi kesan ceria
Sumber: lilnotre.com

Dunia anak identik dengan keceriaan, permainan, dan tawa. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan warna kebaya anak yang akan Anda pilih. Untuk memberi kesan ceria, Anda bisa memilih kebaya berwarna cerah, misalnya merah, pink, hijau, ungu, dan lain-lain. Kalaupun Anda memilih warna earth-tone seperti abu-abu dan cokelat, padukan warna tersebut dengan warna lain yang lebih terang.


Sementara itu, warna putih atau hitam yang merupakan warna netral juga bisa Anda pilih. Namun, padukan warna-netral tersebut dengan bawahan atau aksesori yang berwarna cerah. Anak-anak pun akan tampil ceria dengan kebaya yang penuh warna.   

10 Rekomendasi kebaya anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kebaya anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Andarun Batik

Set Kebaya Anak KB CICI KID

Andarun Batik Set Kebaya Anak KB CICI KID 1枚目

Dilapisi furing berbahan hero yang lembut dan nyaman

2

Kebaya Anak Modern Kutubaru

 Kebaya Anak Modern Kutubaru 1枚目

Model penguin untuk gaya yang berbeda

3

Kebaya Jumputan

 Kebaya Jumputan 1枚目

Motif jumputan membuat si kecil makin menggemaskan

4

Kebaya Lulu

 Kebaya Lulu 1枚目

Perpaduan kebaya dan batik toraja yang istimewa

5

Batik Kids

Kebaya Anak Sogan

Batik Kids  Kebaya Anak Sogan 1枚目

Tersedia set couple untuk tampil kompak bersama saudara laki-laki

6

Kanaka

Kebaya Panahan

Kanaka Kebaya Panahan 1枚目

Makin elegan dengan ikat pinggang

7

Bhatara Batik

Kebaya Noni Kids

Bhatara Batik Kebaya Noni Kids 1枚目

Aksen bordir bunga mempermanis penampilan

8

Kicau Kecil

Classic Kutubaru Kebaya

Kicau Kecil Classic Kutubaru Kebaya 1枚目

Bergaya klasik dengan set kutubaru dan rok batik

9

Lil' Notre

Kebaya Adelia

Lil' Notre Kebaya Adelia 1枚目

Anggun dan cantik dengan kebaya batik motif bunga

10

Little Glam

Zelena Kebaya

Little Glam Zelena Kebaya 1枚目

Bahannya ringan dan memberi kesan mewah

Perincian produk
Close
No.1

Andarun BatikSet Kebaya Anak KB CICI KID LR073

Mulai dari Rp59.000,00

Dilapisi furing berbahan hero yang lembut dan nyaman

Kebaya brokat membutuhkan furing agar tidak menewarang. Produk ini menggunakan furing berbahan hero yang banyak dipakai sebagai pelapis. Selain lembut, kain hero juga adem sehingga nyaman dipakai. Karena itu, kebaya ini layak Anda pilih untuk kenyamanan si kecil saat memakai kebaya. Anak-anak tidak hanya tampil anggun dengan kebaya tetapi juga nyaman dengan furingnya.

No.2

Kebaya Anak Modern Kutubaru

Mulai dari Rp150.000,00

Model penguin untuk gaya yang berbeda

Kebaya model penguin termasuk salah satu kebaya modern yang kekinian. Bagian belakangnya lebih panjang daripada bagian depan sehingga menyerupai ekor penguin. Jika Anda bosan dengan model kebaya klasik, cobalah kebaya modern ini untuk anak Anda! Biarkan buah hati Anda tampil percaya diri dengan gaya yang berbeda. Set kebaya lengan panjang ini juga cocok dipadukan dengan hijab berwarna senada.

No.3

Motif jumputan membuat si kecil makin menggemaskan

Jumputan salah satu motif batik yang sangat populer dan digemari banyak orang. Motifnya yang simpel cocok dipakai oleh semua usia, termasuk anak-anak. Si kecil akan terlihat makin menggemaskan saat memakai kebaya jumputan. Dengan bahan katun yang menyerap keringat, kebaya ini tetap nyaman dikenakan meski cuaca panas. Pilihan warnanya juga cerah sehingga memberi kesan ceria. 

No.4

Perpaduan kebaya dan batik toraja yang istimewa

Ingin anak Anda tampil beda dan istimewa? Set kebaya dan rok batik toraja ini bisa Anda pilih. Motif batik toraja terlihat unik dan berbeda. Warnanya yang netral bisa dipadukan bersama kebaya dengan berbagai warna lain. 


Kebaya Lulu hadir dalam sembilan pilihan warna yang cocok dipadukan dengan batik toraja. Produk ini juga dilengkapi bandana batik yang akan membuat anak-anak terlihat makin cute.

No.5

Batik Kids Kebaya Anak Sogan

Mulai dari Rp65.000,00

Tersedia set couple untuk tampil kompak bersama saudara laki-laki

Anak-anak juga bisa kembaran baju bersama saudara laki-lakinya dengan set couple kebaya dan kemeja batik. Jika Anda mempunyai anak perempuan dan laki-laki, pilih set couple ini agar mereka terlihat kompak. Namun, produk ini tetap dapat dibeli secara terpisah. Bonusnya juga tidak kalah menarik, lho! Ada bandana lucu yang mempermanis penampilan anak Anda.

No.6

KanakaKebaya Panahan

Mulai dari Rp258.000,00

Makin elegan dengan ikat pinggang

Set kebaya model kutubaru ini dilengkapi ikat pinggang yang senada dengan rok. Perpaduan yang cantik menimbulkan kesan elegan. Sementara itu, warna dusty pink memberi kesan lembut dan feminin. Kebaya Panahan bisa Anda pilih untuk anak-anak saat mengajak mereka ke kondangan atau acara lainnya. Desainnya yang simpel membuat kebaya ini nyaman dipakai dan tidak menyulitkan anak-anak untuk bergerak.

No.7

Bhatara BatikKebaya Noni Kids

Mulai dari Rp115.000,00

Aksen bordir bunga mempermanis penampilan

Kebaya Noni Kids dari Bhatara Batik tampak manis dengan aksen bordir di seluruh tepi pakaian. Detail yang bernuansa etnik ini memberi kesan manis dan girly. Selain itu, kebaya modern ini memiliki lengan panjang sehingga bisa dipadukan dengan hijab. Bahannya juga nyaman karena terbuat dari katun yang menyerap keringat dan tidak menerawang.

No.8

Kicau KecilClassic Kutubaru Kebaya

Mulai dari Rp225.000,00

Bergaya klasik dengan set kutubaru dan rok batik

Kebaya model kutubaru sudah dipakai sejak zaman dahulu. Kini, kebaya model klasik tersebut tidak hanya dipakai oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Untuk pilihan kebaya kutubaru, produk dari Kicau Kecil layak Anda pertimbangkan. Set kebaya dan rok batik cocok untuk tampil klasik dan elegan. Anak-anak bisa memakai kebaya ini saat Anda mengajaknya menghadiri acara formal atau acara di sekolah.

No.9

Lil' NotreKebaya Adelia

Mulai dari Rp361.479,00

Anggun dan cantik dengan kebaya batik motif bunga

Batik merupakan pakaian yang cocok dipakai oleh semua usia, termasuk anak-anak. Kebaya batik dari Lill' Notre ini bisa Anda pilih agar anak-anak tampil anggun saat diajak kondangan. Perpaduan warna pink dan purple yang lembut akan membuat penampilan anak Anda makin cantik.


Range pilihan ukurannya pun luas, dari usia satu hingga dua belas tahun. Anak-anak akan tampil kompak memakai kebaya yang sama dengan saudara perempuannya.

No.10

Little GlamZelena Kebaya

Mulai dari Rp525.000,00

Bahannya ringan dan memberi kesan mewah

Kebaya berbahan ringan dan lembut membuat anak-anak lebih nyaman bergerak. Karena itu, Zelena Kebaya bisa Anda pilih sebagai kebaya untuk anak. Dengan bahan organza yang lembut, kebaya ini tidak hanya nyaman dipakai tetapi juga memberi kesan mewah.


Ditambah detail bordir bunga di bagian dada, penampilan anak Anda makin manis dan feminin dalam balutan kebaya ini. Karena itu, kebaya ini cocok dipakai di acara formal dan semiformal.

Baca juga rekomendasi pakaian anak perempuan lainnya di sini

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi kebaya anak di atas, apakah Anda sudah menentukan produk yang akan Anda beli? Pilih produk dengan teliti, mulai dari bahan hingga ukurannya. Pertimbangkan juga model dan warnanya. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memilih kebaya yang disukainya. Gunakan artikel ini sebagai acuan memilih kebaya untuk anak. Lalu, temukan produk terbaik untuk buah hati Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer