• 10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)

Menjaga kesehatan kulit untuk mencegah penuaan dini bisa dimulai sejak remaja dengan menggunakan sunscreen. Meski sering disepelekan, sunscreen berperan penting bagi remaja, terutama bila sering beraktivitas di luar ruangan. Kali ini kami akan memaparkan cara memilih sunscreen terbaik untuk remaja.

 
Pemilihan sunscreen untuk remaja tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kulit kering, sensitif, dan berminyak. Kami juga akan memberikan rekomendasi sunscreen untuk remaja dari berbagai merek, seperti Avoskin, Emina, dan Azarine. Dapatkan informasi seputar sunscreen yang bagus untuk remaja di artikel yang telah ditinjau oleh apoteker kami, Meilasari Tri Jayanti.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Meilasari T. Jayanti
Noni Rosliyani
  • Pembaharuan terakhir: 04 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Apoteker, Meilasari Tri Jayanti

Profil pakar: Apoteker, Meilasari Tri Jayanti

Meila adalah seorang apoteker yang berpengalaman hampir empat tahun menjadi Kepala Unit Produksi dan R&D. Ia bekerja di salah satu perusahaan farmasi multinasional yang bergerak di bidang manufaktur suplemen. Selama empat tahun terakhir, Meila berkarier di beauty industry untuk memperluas wawasan dan pengalamannya di dunia farmasi.


Selain menjadi bagian dari manajemen beberapa brand lokal di Indonesia, kini Meila juga menjadi konsultan beberapa beauty brand. Karier sebagai konsultan terasa menarik baginya karena bisa berbagi ilmu dengan pelaku bisnis skincare. Selain itu, Ia bisa memberikan solusi permasalahan, khususnya berkaitan dengan produk skincare.

Meilasari T. Jayanti
Apoteker
Meilasari T. Jayanti

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen untuk remaja

Memilih sunscreen yang tepat untuk remaja memang tricky. Jika salah memilih, sunscreen tidak akan bekerja maksimal, bahkan bisa berdampak buruk bagi kulit. Tips berikut bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli sunscreen untuk remaja.

Kenali jenis sunscreen yang cocok untuk kulit remaja

Sunscreen pada dasarnya ada dua jenis, yaitu physical dan chemical sunscreen. Meski memiliki fungsi sama untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, cara kerja dan kandungannya berbeda. Yuk, kenali lebih jauh!

Physical sunscreen: Lebih aman untuk kulit remaja

Physical sunscreen: Lebih aman untuk kulit remaja

Physical sunscreen atau mineral sunscreen akan melindungi kulit segera setelah diaplikasikan dengan membentuk lapisan di permukaan kulit. Jenis sunscreen ini disebut sunblock. Berdasarkan hasil penelitian American Dermatologist, physical sunscreen ber-SPF 30 bahkan mampu menangkal UVB hingga 97%. Namun, jenis ini tetap tidak bisa menangkal sinar UV sampai 100%.


Physical sunscreen memiliki kandungan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide sebagai UV filter. UV filter tersebut tergolong photostability yang baik karena tidak rusak saat terpapar sinar matahari. Selain memiliki UV filter yang dapat memberikan perlindungan kuat dari sinar UVA dan UVB, sunscreen ini juga lebih aman digunakan remaja, anak-anak, dan ibu hamil.


Hal ini karena kandungan physical sunscreen lebih mudah ditoleransi oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kecil kemungkinan sunscreen jenis ini akan menimbulkan iritasi. Namun, sunscreen ini biasanya memiliki tekstur kental dan cenderung lengket di kulit. Meski tidak menyumbat pori, physical sunscreen biasanya meninggalkan white cast.

Chemical sunscreen: Tidak dianjurkan untuk remaja dengan kulit sensitif

Chemical sunscreen: Tidak dianjurkan untuk remaja dengan kulit sensitif

Chemical sunscreen melindungi kulit dari dalam lapisan epidermis dan dermis. Sunscreen ini menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas sebelum mencapai lapisan kulit lebih dalam. Chemical sunscreen membutuhkan waktu untuk aktif bekerja setelah diaplikasikan. Dibandingkan physical sunscreen, sunscreen ini lebih ringan, cepat meresap, dan tidak meninggalkan white cast.


Kandungan sunscreen ini diformulasikan dengan bahan kimia aktif, seperti oxybenzone, avobenzone, octocrylene, dan ethylhexyl. Sunscreen ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk kulit sensitif karena bahan aktifnya bisa menimbulkan alergi dan iritasi.


Namun, remaja berkulit sensitif tetap bisa menggunakannya. Caranya dengan memilih yang berlabel noncomedogenic atau hypoallergenic, serta tanpa kandungan alkohol dan fragrance. Sementara itu, remaja dengan tipe kulit lain bebas memilih chemical sunscreen dengan kandungan yang sesuai kebutuhan. 


Untuk kulit normal cenderung kering, bisa mencoba chemical sunscreen dengan kandungan hyaluronic acid atau Aloe vera. Sementara itu, untuk kulit cenderung berminyak, bisa memilih yang formulanya ringan. Baik chemical sunscreen maupun physical sunscreen, pakailah sunscreen 15 menit sebelum keluar ruangan.

Sesuaikan kandungan sunscreen dengan masalah kulit remaja

Setiap kulit remaja membutuhkan sunscreen dengan kandungan yang berbeda. Supaya sunscreen bekerja maksimal, pastikan kandungannya sesuai dengan masalah kulit yang dialami remaja.

Sunscreen berbasis air dan bebas minyak: Untuk remaja dengan kulit berminyak

Sunscreen berbasis air dan bebas minyak: Untuk remaja dengan kulit berminyak

Masalah kulit berminyak dan berjerawat sering dialami remaja saat memasuki masa puber. Masalah kulit ini biasanya menjadi alasan untuk tidak menggunakan sunscreen karena takut memperparah kondisi kulit. Namun, dalam kondisi tertentu, remaja dengan kulit berminyak dan berjerawat tetap bisa menggunakan sunscreen asalkan dengan kandungan yang tepat. 


Kami sarankan untuk menggunakan produk sunscreen berbasis air dan bebas minyak. Hal ini bertujuan agar sunscreen mudah terserap kulit dan tidak menyumbat poriSelain itu, sunscreen dengan kandungan Aloe vera juga bisa menjadi pilihan. Produk sunscreen jenis ini biasanya berbentuk gel bening. 

Sunscreen mineral berbahan aktif melembapkan: Untuk remaja dengan kulit kering dan sensitif

Sunscreen mineral berbahan aktif melembapkan: Untuk remaja dengan kulit kering dan sensitif

Sunscreen terbaik untuk remaja dengan kulit kering dan sensitif tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, sunscreen juga berfungsi mencegah kulit mengelupas dan iritasi. Produk sunscreen yang terbuat dari mineral cocok untuk jenis kulit ini karena jarang menimbulkan iritasi dan reaksi alergi.


Pilihlah sunscreen mineral yang mengandung bahan aktif melembapkan, seperti hyaluronic acid karena mampu mengunci air dan membuat kulit terhidrasi. Remaja dengan kulit kering juga kami anjurkan menggunakan sunscreen dengan milk formula atau krim yang lembut.

Sunscreen berformula ringan dan berlabel noncomedogenic: Untuk remaja dengan kulit kombinasi dan berjerawat

Sunscreen berformula ringan dan berlabel noncomedogenic: Untuk remaja dengan kulit kombinasi dan berjerawat

Remaja dengan kulit kombinasi ditandai dengan wajah berminyak di area T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sementara itu, area lainnya cenderung lebih kering. Remaja dengan tipe kulit ini mungkin harus mencoba beberapa jenis sunscreen untuk mendapatkan yang cocok. Hal ini wajar karena kulit kombinasi merupakan perpaduan beberapa jenis kulit yang membutuhkan perhatian lebih.


Remaja dengan kulit kombinasi atau berjerawat bisa mencoba sunscreen berformula ringan yang tidak akan menambah produksi minyak di wajah. Selain itu, pilihlah sunscreen berlabel noncomedogenic karena pemilik kulit kombinasi biasanya bermasalah dengan komedo.

Pilihlah sunscreen spektrum luas untuk remaja yang aktif di luar ruangan

Pilihlah sunscreen spektrum luas untuk remaja yang aktif di luar ruangan

Remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan lebih rentan mengalami kerusakan kulit. Hal ini karena paparan sinar UVA dan UVB. Sinar UVA bisa menyebabkan penuaan dini, sedangkan sinar UVB menjadi penyebab utama kulit terbakar dan kanker kulit. Untuk itu, perlindungan ekstra sangat diperlukan. Dalam hal ini, pilih sunscreen dengan label board spectrum atau spektrum luas.


Perlu diketahui, semua produk sunscreen dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UVB. Namun, tidak semua jenis sunscreen mampu melindungi kulit dari sinar UVA. Hal ini karena sinar UVA mampu menembus lapisan kulit terdalam. Sunscreen dengan perlindungan sinar UVA ditandai dengan label PA.


Selain itu, para dokter kulit merekomendasikan sunscreen dengan sun protecting factor (SPF) 30 atau lebih. Besarnya SPF menentukan kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Makin tinggi SPF, makin tinggi juga perlindungannya.

Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone

Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone

Berdasarkan US Food and Drugs Administration, oxybenzone merupakan kandungan kimia yang perlu diwaspadai. Zat kimia ini biasanya ditemukan pada chemical sunscreen sebagai bahan aktif yang dapat menyerap sinar UVB ke dalam kulit. Oxybenzone akan mengalami reaksi kimia ketika terpapar sinar matahari dan dapat memunculkan alergi.


Sunscreen dengan kandungan oxybenzone lebih baik dihindari oleh para remaja. Selain menimbulkan alergi, zat kimia ini juga dapat mengganggu hormon di dalam tubuh. Hal ini akan memperburuk ketidakseimbangan hormon pada remaja.

Produk rekomendasi pakar

Pedé EverydaySunscreen Facemist with SPF - 60 ML

Mulai dari Rp 86.900,00

JenisTidak disebutkan
Volume60 ml
UV protectionSPF 35++
Kandungan utamaWater, Niacinamide, Propanediol, Glycerin, Phenoxyethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane , Propylene Glycol
Keterangan tambahanDilengkapi dengan teknologi Raykami untuk melindungi wajah dari paparan blueray gadget
Rekomendasi usiaTidak ada keterangan

Royal Pesona IndonesiaSomethinc Glowing Up Sunscreen Stick SPF 50++ PA

Mulai dari Rp 125.000,00

JenisChemical sunscreen
Volume15 gram
UV protectionSPF 50++ PA ++++
Kandungan utamaOctyldodecanol, Butylene Glycol Dicaprylate/Dicaprate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Dibutyl Lauroyl Glutamide, Dibutyl Ethylhexanoyl Glutamide
Keterangan tambahanNon-sticky, non-greasy, non-peeling, bisa digunakan sebagai base makeup
Rekomendasi usiaMulai 11 tahun

10 Rekomendasi sunscreen terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 Desember 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Avoskin The Great Shield Sunscreen memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Meilasari Tri Jayanti.

Gambar produk
1
Avoskin The Great Shield Sunscreen 1

Avoskin

2
Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel 1

Wardah

3
Emina Sun Battle 1

Emina

4
Garnier Bright Complete Super UV Matte 1

Garnier

5
Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel 1

Somethinc

6
Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk 1

Rohto

7
NPURE Cica Beat The Sun Powder 1

NPURE

8
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist 1

Azarine

9
Nuface  Cover Me Sun Shield  1

Nuface

10
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield 1

Maharis Beauty

Nama produk

The Great Shield Sunscreen

UV Shield Essential Sunscreen Gel

Sun Battle

Bright Complete Super UV Matte

Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel

Skin Aqua UV Moisture Milk

Cica Beat The Sun Powder

Hydrasoothe Sunscreen Mist

Cover Me Sun Shield

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Keunggulan

Mengurangi tampilan pori-pori dan merawat elastisitas kulit sejak dini

Ringan untuk kulit berminyak dengan formula noncomedogenic

Sunscreen murah berlabel hypoallergenic yang aman untuk kulit sensitif

Mencegah kulit belang, matte finish-nya membuat kulit berminyak bebas kilap

Rasakan sensasi dinginnya salju yang langsung menyerap di kulit

Andalan kulit kering dengan kandungan improved hyaluronic acid & collagen yang melembabkan

Sunscreen powder yang praktis penggunaannya

Sunscreen spray yang mudah di-retouch setelah memakai makeup sekalipun

Lindungi kulit dari paparan blue light akibat penggunaan gadget

Physical sunscreen dengan hasil akhir dewy

Harga mulai dariRp 59.000,00Rp 35.500,00Rp 18.500,00Rp 69.700,00Rp 23.000,00Rp 58.000,00Rp 119.000,00Rp 65.000,00Rp 35.343,00Rp 265.000,00
JenisChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenGabungan physical dan chemical sunscreenPhysical sunscreen dan chemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenGabungan physical dan chemical sunscreen
Volume5 ml, 30 ml40 ml23 ml, 60 ml30 ml5 ml, 15 ml, 50 ml40 gram5 g60 ml50 gram30 ml
UV protectionSPF 50 PA++++SPF 30 PA+++SPF 30 PA+++SPF 50+ PA+++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA+++SPF 35 PA++++SPF 50 PA++++SPF 30 PA+++SPF 50 PA++
Kandungan utamaDiethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl triazone, polysilicone-15, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, terephthalylidene dicamphor sulfonic acidVitamin E, pro vitamin B5, ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, octocrylene, allantoinEthylhexyl, methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, Aloe vera extract, hydrolyzed wheat proteinVitamin C, vitamin E, Bis-ethylhexyloxyphenol, drometrizole trisiloxane, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol, ethylhexyl triazone, Citrus junos fruit extractOrganic sunflower sprouts, Tara spinosa, ethylhexyl methoxycinnamateZinc oxide, ethylhexyl methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, improved hyaluronic acid, collagen, vitamin B5, vitamin ETitanium dioxide, ethylhexyl salicylate, ethylhexyl methoxycinnamate, Centella asiatica leaf water, Oryza sativa bran oil, vitamin ECentella asiatica, ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, ceramide 3, hyaluronic acidEthylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, niacinamide, pomegranate extract, Camellia sinensis extract, honey extract, Aloe vera extract, Chamomilla recutita extractEthylhexyl methoxycinnamate, zinc oxide, salicylic acid, tranexamic acid
Keterangan tambahanCruelty free, vegan, sensitive skin friendlyAlcohol free, noncomedogenicHypoallergenic, dermatologically testedMengandung fragranceFungal acne friendly, hypoallergenic tested, vegan friendly, dermatologically tested, non comedogenic certifiedWaterproof, alcohol free, fragrance free, essential oil freeDermatologically tested, SLS-free, paraben-free, mineral oil-free, alcohol-free, fragrance freeDermatologically tested, alcohol free, fragrance free, mineral oil freeSLS free, retinol free, mengandung fragrance dan essential oilMengandung fragrance
Rekomendasi usiaMulai 15 tahunMulai 15 tahun Mulai 12 tahun Mulai 15 tahunMulai 11 tahun Mulai 15 tahun Mulai 14 tahun Mulai 13 tahun Mulai 14 tahun Mulai 12 tahun
Tautan produk
10

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Mulai dari Rp 265.000,00

JenisGabungan physical dan chemical sunscreen
Volume30 ml
UV protectionSPF 50 PA++
Kandungan utamaEthylhexyl methoxycinnamate, zinc oxide, salicylic acid, tranexamic acid
Keterangan tambahanMengandung fragrance
Rekomendasi usiaMulai 12 tahun
9
JenisChemical sunscreen
Volume50 gram
UV protectionSPF 30 PA+++
Kandungan utamaEthylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, niacinamide, pomegranate extract, Camellia sinensis extract, honey extract, Aloe vera extract, Chamomilla recutita extract
Keterangan tambahanSLS free, retinol free, mengandung fragrance dan essential oil
Rekomendasi usiaMulai 14 tahun
8
JenisChemical sunscreen
Volume60 ml
UV protectionSPF 50 PA++++
Kandungan utamaCentella asiatica, ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, ceramide 3, hyaluronic acid
Keterangan tambahanDermatologically tested, alcohol free, fragrance free, mineral oil free
Rekomendasi usiaMulai 13 tahun
7
JenisPhysical sunscreen dan chemical sunscreen
Volume5 g
UV protectionSPF 35 PA++++
Kandungan utamaTitanium dioxide, ethylhexyl salicylate, ethylhexyl methoxycinnamate, Centella asiatica leaf water, Oryza sativa bran oil, vitamin E
Keterangan tambahanDermatologically tested, SLS-free, paraben-free, mineral oil-free, alcohol-free, fragrance free
Rekomendasi usiaMulai 14 tahun
6
JenisGabungan physical dan chemical sunscreen
Volume40 gram
UV protectionSPF 50+ PA+++
Kandungan utamaZinc oxide, ethylhexyl methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, improved hyaluronic acid, collagen, vitamin B5, vitamin E
Keterangan tambahanWaterproof, alcohol free, fragrance free, essential oil free
Rekomendasi usiaMulai 15 tahun
5

SomethincHolyshield! UV Watery Sunscreen Gel

Mulai dari Rp 23.000,00

JenisChemical sunscreen
Volume5 ml, 15 ml, 50 ml
UV protectionSPF 50+ PA++++
Kandungan utamaOrganic sunflower sprouts, Tara spinosa, ethylhexyl methoxycinnamate
Keterangan tambahanFungal acne friendly, hypoallergenic tested, vegan friendly, dermatologically tested, non comedogenic certified
Rekomendasi usiaMulai 11 tahun
4
JenisChemical sunscreen
Volume30 ml
UV protectionSPF 50+ PA+++
Kandungan utamaVitamin C, vitamin E, Bis-ethylhexyloxyphenol, drometrizole trisiloxane, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol, ethylhexyl triazone, Citrus junos fruit extract
Keterangan tambahanMengandung fragrance
Rekomendasi usiaMulai 15 tahun
3
JenisChemical sunscreen
Volume23 ml, 60 ml
UV protectionSPF 30 PA+++
Kandungan utamaEthylhexyl, methoxycinnamate, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, Aloe vera extract, hydrolyzed wheat protein
Keterangan tambahanHypoallergenic, dermatologically tested
Rekomendasi usiaMulai 12 tahun
2
JenisChemical sunscreen
Volume40 ml
UV protectionSPF 30 PA+++
Kandungan utamaVitamin E, pro vitamin B5, ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxydibenzoylmethane, octocrylene, allantoin
Keterangan tambahanAlcohol free, noncomedogenic
Rekomendasi usiaMulai 15 tahun
1

AvoskinThe Great Shield Sunscreen

Mulai dari Rp 59.000,00

JenisChemical sunscreen
Volume5 ml, 30 ml
UV protectionSPF 50 PA++++
Kandungan utamaDiethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl triazone, polysilicone-15, bis-ethylhexyloxyphenol methoxyphenyl triazine, terephthalylidene dicamphor sulfonic acid
Keterangan tambahanCruelty free, vegan, sensitive skin friendly
Rekomendasi usiaMulai 15 tahun

Pertanyaan umum seputar sunscreen

Pertanyaan umum seputar sunscreen

Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer terkait sunscreen. Jika kamu penasaran, simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini.

Mulai usia berapa boleh memakai sunscreen?

American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa sunscreen boleh digunakan oleh anak usia 6 bulan ke atas. Hal ini karena kulit anak juga membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Kulit anak lebih tipis daripada kulit orang dewasa sehingga lebih rentan terbakar. Kamu bisa mengaplikasikan sunscreen dengan SPF 15 untuk anak usia 6 bulan ke atas.

Apakah sunscreen hanya dipakai saat kondisi panas di luar ruangan?

Sunscreen sebaiknya tetap digunakan meski berada di dalam ruangan tertutup dan saat cuaca mendung atau hujan. Hal ini karena kamu tetap bisa terpapar sinar UV yang masuk ke dalam ruangan melalui celah pintu, jendela, dan kaca. Paparan sinar UVB penyebab sunburn mungkin melemah saat cuaca tidak terik. Namun, paparan sinar UVA penyebab penuaan dini justru lebih kuat.

Cara menggunakan sunscreen yang benar

Penting mengetahui cara memakai sunscreen yang benar agar bekerja maksimal. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara memakai sunscreen yang tepat. Simak caranya di bawah ini yuk!

Gunakan sunscreen 15–30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan

Gunakan sunscreen 15–30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan

Pengguna chemical sunscreen perlu menunggu sunscreen benar-benar menyerap ke dalam kulit. Menurut American Academy of Dermatology, chemical sunscreen membutuhkan waktu 15–30 menit untuk menyerap dan bekerja melindungi kulit dari matahari. Chemical sunscreen juga perlu diaplikasikan setiap 2–3 jam agar memberi perlindungan maksimal.

Pakai sunscreen dalam jumlah yang cukup

Pakai sunscreen dalam jumlah yang cukup

Jumlah tepat dalam menggunakan sunscreen adalah sepanjang dua ruas jari tangan. Keluarkan sunscreen di jari telunjuk dan jari tengah, lalu oleskan merata ke seluruh permukaan wajah. Orang dewasa biasanya membutuhkan sunscreen sekitar 1 ons untuk seluruh tubuh.


Selain wajah, kamu perlu mengaplikasikan sunscreen di area tubuh lainnya, seperti tengkuk, leher, belakang telinga, tangan, dan kaki. Tambahkan pula sunscreen stick untuk melindungi bibir dari sinar UV.

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah dan kecantikan lainnya untuk remaja di sini

Kamu sedang mencari produk perawatan wajah dan kecantikan lainnya untuk remaja? Berikut ini artikel lain terkait rekomendasi perawatan wajah dan kecantikan untuk remaja yang tidak kalah menarik.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi sunscreen untuk remaja di atas, adakah yang kamu pilih? Memilih sunscreen yang cocok untuk kulit remaja memang tidaklah mudah. Terlebih karena perubahan hormon yang terjadi pada remaja membuat permasalah kulit kerap muncul.


Sunscreen remaja yang tidak tepat akan berdampak buruk bagi kulit remaja. Jadi, pilihlah sunscreen yang cocok dengan karakter kulit remaja. Jangan lupa gunakan artikel ini sebagai panduan memilih. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Cream Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cream Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami dalam tubuh akan berkurang. Akibatnya tanda penuaan akan muncul pada kulit, seperti keriput dan garis halus. Untungnya kini ada cream collagen yang bermanfaat untuk mengisi kekurangan produksi kolagen di kulit.Namun, di pasaran beredar cream collagen palsu yang memiliki efek samping untuk wajah ataupun tubuh. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih cream collagen yang bagus serta asli. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Viva, Missha, dan Olay. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori