• 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Beruntusan (Terbaru Tahun 2021)

Bruntusan atau beruntusan adalah masalah kulit yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya beruntusan muncul di area dahi, dagu, dan pipi. Beruntusan bisa muncul pada berbagai jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kulit sensitif, hingga kulit berjerawat.


Untungnya, sekarang banyak masker wajah yang bagus dan dapat mengatasi beruntusan dengan cepat. Banyak masker dengan harga terjangkau yang sudah teregistrasi di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM. Dalam artikel ini kami akan memberikan berbagai rekomendasi masker wajah, seperti Laneige, Garnier, dan AXIS-Y. Yuk, disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Namira Adzani
Elisabeth Gultom
  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2021
  • 149 Views
Daftar isi

Apa saja penyebab beruntusan?

Apa saja penyebab beruntusan?

Beruntusan adalah kondisi kulit ketika permukaannya terasa kasar, tidak rata, dan berbintik-bintik karena adanya jerawat-jerawat kecil. Jerawat kecil ini biasanya adalah kumpulan komedo putih atau whiteheads. Sedikit berbeda dengan jerawat, beruntusan biasanya tidak terasa sakit dan hanya sedikit gatal.

 
Karena masih termasuk dalam keluarga jerawat, penyebab beruntusan pun mirip dengan penyebab jerawat. Pada umumnya, beruntusan disebabkan oleh produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang menumpuk, dan bakteri. Kombinasi ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan memerangkap bakteri di balik permukaan kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker wajah 1–2 kali seminggu untuk membersihkan pori-pori hingga ke dalam (deep cleansing).

Cara memilih masker untuk beruntusan

Setelah mengetahui penyebab beruntusan, kini waktunya Anda memilih masker wajah yang tepat. Berikut ini kami jabarkan bagaimana memilih masker wajah yang cocok untuk Anda.

Kenali kandungan yang ampuh atasi beruntusan

Jika Anda memiliki masalah kulit beruntusan, sebaiknya kenali kandungan yang terkenal handal dalam mengatasinya. Masker wajah yang bagus untuk beruntusan biasanya memiliki kandungan yang dapat melakukan deep cleansing. Simak beberapa kandungan di bawah ini untuk jadi pertimbangan Anda.

Clay dan scrub untuk mengeksfoliasi kulit terluar

Clay dan scrub untuk mengeksfoliasi kulit terluar

Clay dan scrub berfungsi sebagai physical exfoliator, yaitu pengikis lapisan terluar kulit (skin barrier). Clay bagus untuk mendetoks kulit karena mampu menarik minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Jenis clay pun beragam, seperti bentonit, kaolin, Moroccan lava atau rhassoul clay, dan charcoal. Clay juga bagus untuk mencegah dan merawat jerawat.


Selain melakukan deep cleasing dengan clay, Anda juga bisa menggunakan scrub untuk mengatasi beruntusan. Dibandingkan clay, scrub lebih abrasif sehingga bagus untuk meratakan tekstur kulit. Hal ini karena produk scrub memiliki ukuran partikel lebih besar dibandingkan clay, misalnya gula, kopi, atau kulit aprikot.

Kandungan asam untuk mengeksfoliasi dari dalam kulit

Kandungan asam untuk mengeksfoliasi dari dalam kulit

Selain clay atau scrub, Anda juga bisa mencoba chemical exfoliator untuk menghilangkan beruntusan di wajah. Cara kerja chemical exfoliator adalah dengan mengangkat sel kulit mati tanpa menggesek lapisan kulit. Secara umum, kandungan asam untuk eksfoliasi kimiawi terdiri dari AHA, BHA, dan PHA.


  • BHA (beta-hydroxy acid) adalah asam yang larut dalam minyak sehingga dapat menyerap masuk ke dalam pori-pori. BHA sangat baik untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkannya dari minyak. BHA biasanya ditemukan dalam skincare dengan nama salicylic acid.
  • AHA (alpha-hydroxy acid) adalah asam yang larut dalam air dan dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Sumber AHA bermacam-macam, seperti jeruk (citric acid), tebu (glycolic acid), fermentasi karbohidrat (lactic acid), dan sebagainya. AHA berguna untuk mendorong regenerasi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap dan cerah. AHA membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari sehingga tidak disarankan untuk dipakai pada pagi dan siang hari.
  • PHA (polyhydroxy acid) adalah asam turunan dari AHA dengan cara kerja dan fungsi yang sama. Bedanya, PHA lebih gentle dan tidak membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Turunan PHA terdiri dari gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids.

Ekstrak tumbuhan untuk mengurangi jerawat

Ekstrak tumbuhan untuk mengurangi jerawat

Dalam mengatasi beruntusan, ekstrak tumbuhan diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat sekaligus menutrisi kulit. Berikut beberapa ekstrak tumbuhan yang terkenal ampuh atasi jerawat:


  • Teh hijau (green tea), kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi, seperti kemerahan dan tonjolan pada kulit. Bahan ini juga bersifat anti-aging dan dapat membantu mencegah kanker kulit.
  • Centella asiatica (Cica), terkenal sebagai alternatif teh hijau dan dapat menghidrasi kulit, merangsang produksi kolagen, dan melancarkan peredaran darah.
  • Lidah buaya (Aloe vera), mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit yang bermasalah, mulai dari kulit kering, dehidrasi, hingga berjerawat.
  • Tea tree, terkenal ampuh untuk mengurangi minyak di wajah dan mengecilkan tampilan pori-pori.
  • Mugwort, sedang populer hingga disebut-sebut sebagai tea tree-nya Korea. Bahan ini kaya antioksidan dan vitamin E untuk meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan. Mugwort juga menguatkan skin barrier atau lapisan terluar kulit sehingga cocok bagi kulit kering dan sensitif.

Sesuaikan tipe masker dengan jenis kulit Anda

Saat memilih tipe masker, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit Anda. Apakah kulit Anda berminyak, normal, kering, atau sensitif? Masing-masing jenis kulit membutuhkan tipe masker serta bahan yang berbeda pula.

Physical exfoliator, untuk kulit normal hingga berminyak

Physical exfoliator, untuk kulit normal hingga berminyak

Kulit yang normal hingga berminyak biasanya membutuhkan kandungan yang bisa mengurangi minyak pada wajah. Karena itu, masker dengan kandungan clay dinilai paling cocok untuk tipe kulit ini. Kulit normal dan berminyak juga dinilai paling tangguh untuk menghadapi eksfoliasi. Physical exfoliator, seperti scrub bisa jadi pilihan.


Tipe kulit ini juga bisa memakai AHA atau BHA. Namun, kulit yang sangat berminyak tidak disarankan menggunakan sleeping mask yang terlalu oklusif. Skincare yang terlalu lembap dan berat bisa menyumbat pori-pori dan kembali memicu beruntusan.

Chemical exfoliator, disarankan untuk kulit kering

Chemical exfoliator, disarankan untuk kulit kering

Tipe kulit kering memang tidak memiliki minyak sebanyak kulit berminyak. Namun, kulit kering bisa mengalami beruntusan karena penumpukan sel kulit mati, bakteri, atau kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, kulit kering sebaiknya menghindari kandungan clay karena akan membuat kulit makin kering dan terasa kaku. Penggunaan chemical exfoliator, seperti AHA lebih disarankan.


Anda juga dapat mencoba produk peeling gel yang lembut untuk dipakai selama beberapa menit. Namun, jika kulit sedang sangat kering hingga mengelupas, sebaiknya memakai masker yang melembapkan, seperti sleeping mask. Sleeping mask dapat menghidrasi kulit yang dehidrasi, terutama saat Anda tidur. Setelah kulit tidak mengelupas lagi, Anda bisa memakai pilihan bahan lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Masker organik, pilihan pas untuk kulit sensitif

Pemicu kulit sensitif bisa bermacam-macam, tetapi umumnya dipicu oleh bahan pewangi dan pewarna dalam skincare. Kandungan deterjen atau sulfat yang terlalu keras juga dapat mengiritasi kulit. Karena itu, masker organik sangat cocok bagi kulit sensitif karena dibuat dari ekstrak tumbuhan serta minim kimia sintetis. 


Kandungan scrub dan clay yang kasar, seperti bentonit, kurang disarankan karena dapat menyebabkan iritasi akibat gesekan. Selain masker organik, jenis chemical exfoliator yang lebih gentle, seperti PHA, biasanya lebih cocok untuk tipe kulit sensitif.

Perhatikan lama penggunaannya

Perhatikan lama penggunaannya

Setiap masker memiliki anjuran pemakaian dan lama penggunaan. Karena itu, perhatikan instruksi tentang lama penggunaan masker pada wajah agar manfaatnya maksimal. Beberapa masker tidak boleh dibiarkan terlalu lama, contohnya clay mask umumnya dipakai selama 10–15 menit, lalu dibilas. Jika dipakai terlalu lama, kulit akan terasa kering, kaku, bahkan iritasi. Bukan hanya kotoran dan minyak berlebih yang terhisap oleh clay, tetapi juga kelembapan kulit.


Ada juga masker yang sebaiknya tidak dipakai dalam waktu singkat, contohnya sleeping mask. Sesuai namanya, masker ini dipakai selama Anda tidur agar kulit lembap semalaman. Anda dianjurkan mencuci muka saat melakukan ritual skincare pagi pada keesokan harinya. Tentu sayang sekali jika Anda mencuci wajah beberapa menit atau jam setelah memakai sleeping mask.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

LUXCRIMECharcoal Mint Mud Mask

Mulai dari Rp 119.000,00

10 Rekomendasi masker terbaik untuk beruntusan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker terbaik untuk beruntusan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Isi100 ml
Jenis maskerExfoliating/peeling & wash off mask
TeksturGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliator Microcrystalline cellulose
Chemical exfoliatorBHA (salicylic acid), AHA (glycolic acid)
Kandungan bahan lainGlycerin, pro-vitamin B5 (panthenol), mandarin orange fruit extract, hyaluronic acid, vitamin A (retinyl palmitate), dll
Lama penggunaan1–2 menit
9

UnileverPond's Pure White Mineral Clay Mask

Mulai dari Rp 18.000,00

Isi8 gram
Jenis maskerWash off
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (kaolin, bentonite, & Moroccan lava), activated charcoal powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainGlycerin, squalane, niacinamide, vitamin E, Aloe vera extract, Moringa pterygosperma seed extract, titanium dioxide
Lama penggunaan5–10 menit
8
Isi70 ml
Jenis maskerSleeping mask
TeksturWatery cream
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainGlycerin, trehalose, squalane, lactobacillus ferment lysate, raffinose, malachite extract, hydroxypropyl bispalmitamide MEA, tranexamic acid, beta-glucan, Acorus gramineus extract
Lama penggunaan8 jam (semalaman)
7

SKINFOODBlack Sugar Mask Wash Off

Mulai dari Rp 141.000,00

Isi100 gram
Jenis maskerExfoliating mask
TeksturScrub
Untuk jenis kulitKering, normal, berminyak
Physical exfoliatorBlack sugar (sucrose)
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainMeadowfoam, glycerin, PEG-7 glyceryl cocoate, nut seed oil, shea butter, Macadamia ternifolia seed oil
Lama penggunaan10–15 menit
6

GarnierSerum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care

Mulai dari Rp 20.900,00

Isi32 gram
Jenis maskerSheet mask
TeksturSerum
Untuk jenis kulitKering, normal, berminyak
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorAHA (citric acid)
Kandungan bahan lainGreen tea extract, glycerin, hyaluronic acid, licorice root extract
Lama penggunaan15 menit
5
Isi454 gram
Jenis maskerWash off mask
TeksturPowder to clay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (calcium bentonite)
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainTidak ada
Lama penggunaan5–10 menit
4

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

8806173420377

Mulai dari Rp 98.000,00

Isi300 ml
Jenis maskerWash off & sleeping mask
TeksturGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainAloe vera extract, glycerin, hyaluronic acid, polyglutamic acid, betaine, Calendula officinalis flower extract, Mentha viridis extract, lemon balm extract
Lama penggunaan10–15 menit atau 8 jam (semalaman)
3
Isi50 ml, 100 ml, 150 ml
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (kaolin & fuller's earth)
Chemical exfoliatorAHA (citric acid)
Kandungan bahan lainNeem extract, turmeric extract
Lama penggunaan10–15 menit
2
Isi50 gram
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (bentonite & kaolin), cacao shell powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, hyaluronic acid, honey extract, allantoin, tea tree leaf oil, Fomes officinalis extract, Mentha arvensis leaf extract
Lama penggunaan10–15 menit
1

AXIS-YMugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Mulai dari Rp 290.000,00

Isi100 ml
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorClay (kaolin & bentonite), oat extract, activated charcoal powder, adzuki bean seed powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainMugwort extract, lotus extract, kelp extract, artichoke extract, mung bean extract, heartleaf extract, dll
Lama penggunaan±15 menit

Tabel perbandingan masker terbaik untuk beruntusan

Gambar produk
1
AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack 1

AXIS-Y

2
N'PURE Cica Chocomint Clay Mask 1

N'PURE

3
Himalaya Purifying Neem Mask 1

Himalaya

4
Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 1

Nature Republic

5
Aztec Secret Indian Healing Clay 1

Aztec Secret

6
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care 1

Garnier

7
SKINFOOD Black Sugar Mask Wash Off 1

SKINFOOD

8
Laneige Water Sleeping Mask_EX 1

Laneige

9
Unilever Pond's Pure White Mineral Clay Mask 1

Unilever

10
TheYEON Vita7 Energy Peeling Gel 1

TheYEON

Nama produk

Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Cica Chocomint Clay Mask

Purifying Neem Mask

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Indian Healing Clay

Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care

Black Sugar Mask Wash Off

Water Sleeping Mask_EX

Pond's Pure White Mineral Clay Mask

Vita7 Energy Peeling Gel

Keunggulan

Clay mask ternyaman!

Masker powerful dengan wangi es krim!

Masker andalan kulit berjerawat dengan harga terjangkau

Atasi inflamasi dengan lidah buaya yang menenangkan

Detox wajah dengan 100% clay dari Death Valley

Kandungan green tea-nya ampuh cegah minyak berlebih

Kulit halus seketika dengan scrub gula merah

Menutrisi kulit yang dehidrasi selama Anda tidur

Clay mask yang praktis dan tidak neko-neko

Produk eksfoliasi yang lembut dengan ekstrak jeruk

Harga mulai dariRp 290.000,00Rp 119.000,00Rp 24.000,00Rp 98.000,00Rp 270.000,00Rp 20.900,00Rp 141.000,00Rp 450.000,00Rp 18.000,00Rp 283.500,00
Isi100 ml50 gram50 ml, 100 ml, 150 ml300 ml454 gram32 gram100 gram70 ml8 gram100 ml
Jenis maskerWash off maskWash off maskWash off maskWash off & sleeping maskWash off maskSheet maskExfoliating maskSleeping maskWash offExfoliating/peeling & wash off mask
TeksturClayClayClayGelPowder to claySerumScrubWatery creamClayGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulitNormal, berminyakNormal, berminyakSemua jenis kulitNormal, berminyakKering, normal, berminyakKering, normal, berminyakSemua jenis kulitNormal, berminyakSemua jenis kulit
Physical exfoliatorClay (kaolin & bentonite), oat extract, activated charcoal powder, adzuki bean seed powderClay (bentonite & kaolin), cacao shell powderClay (kaolin & fuller's earth)Tidak disebutkanClay (calcium bentonite)Tidak disebutkanBlack sugar (sucrose)Tidak disebutkanClay (kaolin, bentonite, & Moroccan lava), activated charcoal powder Microcrystalline cellulose
Chemical exfoliatorTidak disebutkanTidak disebutkanAHA (citric acid)Tidak disebutkanTidak disebutkanAHA (citric acid)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanBHA (salicylic acid), AHA (glycolic acid)
Kandungan bahan lainMugwort extract, lotus extract, kelp extract, artichoke extract, mung bean extract, heartleaf extract, dllNiacinamide, Centella asiatica extract, hyaluronic acid, honey extract, allantoin, tea tree leaf oil, Fomes officinalis extract, Mentha arvensis leaf extractNeem extract, turmeric extractAloe vera extract, glycerin, hyaluronic acid, polyglutamic acid, betaine, Calendula officinalis flower extract, Mentha viridis extract, lemon balm extractTidak adaGreen tea extract, glycerin, hyaluronic acid, licorice root extractMeadowfoam, glycerin, PEG-7 glyceryl cocoate, nut seed oil, shea butter, Macadamia ternifolia seed oilGlycerin, trehalose, squalane, lactobacillus ferment lysate, raffinose, malachite extract, hydroxypropyl bispalmitamide MEA, tranexamic acid, beta-glucan, Acorus gramineus extractGlycerin, squalane, niacinamide, vitamin E, Aloe vera extract, Moringa pterygosperma seed extract, titanium dioxideGlycerin, pro-vitamin B5 (panthenol), mandarin orange fruit extract, hyaluronic acid, vitamin A (retinyl palmitate), dll
Lama penggunaan±15 menit10–15 menit10–15 menit10–15 menit atau 8 jam (semalaman)5–10 menit15 menit10–15 menit8 jam (semalaman)5–10 menit1–2 menit
Tautan produk

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya

Selain masker untuk mengatasi beruntusan, kami juga ada rekomendasi masker untuk masalah kulit lain. Ada masker untuk mengatasi jerawat, komedo, dan pori-pori besar. Kami juga ada rekomendasi masker bagi kulit kering, lho. Bagi Anda yang ingin eksplorasi masker, yuk, baca artikel lain yang sudah kami siapkan.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan masker wajah yang cocok untuk menangani beruntusan? Masker wajah memang bermacam-macam dan diperuntukkan untuk berbagai kondisi kulit. Jika ragu, lakukan patch test di tangan atau leher terlebih dahulu, ya! Segera hentikan pemakaian produk jika kulit Anda menunjukkan reaksi iritasi.


Perjalanan mencoba skincare memang membutuhkan proses trial and error. Tetaplah sabar dan gentle kepada kulit Anda. Selamat maskeran dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan cleansing gel akan membuat kulit terasa segar dan halus. Teksturnya yang berupa gel juga dapat mengurangi gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, banyaknya produk cleansing gel yang bermunculan mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang bagus.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih cleansing gel. Setelah itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terkenal, seperti Melanox, SK-II, Bioderma, dan lain sebagainya. Ada komentar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto juga dalam artikel ini. Jadi, simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
    40.412 Views
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021)
    Essence adalah produk skincare penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Produk ini cukup populer di kalangan wanita karena dapat mencegah berbagai masalah kulit, seperti kulit kering dan keriput. Banyak produk essence yang ditujukan untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi beserta cara memilihnya. Ada produk keluaran merek-merek ternama, seperti Etude, Laneige, hingga The Body Shop dengan berbagai kelebihannya. Silakan bandingkan harga serta manfaatnya dan temukan produk terbaik untuk kulit Anda.
    Perawatan wajah
    49.153 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Aktivitas outdoor mengikis kelembapan kulit secara perlahan. Tidak hanya wanita, kulit pria juga perlu dijaga. Pelembap wajah yang tepat akan memperkuat skin barrier sehingga mencegah timbulnya masalah kulit. Kali ini kami akan membantu Anda menemukan pelembap wajah pria serta membagikan rekomendasi berbagai moisturizer terbaik. Berbagai pelembap wajah pria yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat, kering, serta kulit sensitif sudah kami sediakan. Merek moisturizer terbaik, seperti HAUM, The Ordinary, Jarte, hingga Somethinc ada di sini. Tidak lupa, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    65.884 Views
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Toner Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilik tipe kulit kering sering kali kesulitan memilih merek hydrating toner yang bagus. Niat hati ingin membersihkan wajah dari kotoran, tetapi hasilnya kulit malah menjadi super kering. Bahkan, kondisi kulit yang sudah kering malah makin kusam dan beruntusan. Solusinya, Anda harus lebih selektif memilih hydrating toner untuk kulit kering.Kali ini, kami akan membagikan cara memilih toner yang bagus untuk kulit kering. Simak juga tips penting dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi toner untuk kulit kering dari berbagai merek, seperti Bioderma, Avoskin, dan Laneige!
    Perawatan wajah
    142.880 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Skin Dewi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Skin Dewi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di antara berbagai merek produk perawatan kulit lokal, Skin Dewi termasuk salah satu yang paling populer dewasa ini. Skin Dewi menyediakan banyak produk, mulai dari perawatan wajah, tubuh, sampai sanitizer. Uniknya, produk-produk tersebut dibuat dari bahan organik pilihan.Supaya Anda lebih mengenal produk Skin Dewi, kami akan mengulas cara pemilihannya di artikel ini. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari Skin Dewi. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai tuntas dan temukan produk yang sesuai kebutuhan Anda!
    Perawatan wajah
    1.786 Views
  • 10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Emina merupakan brand kosmetik lokal yang memiliki varian produk cukup banyak. Harganya pun terjangkau sehingga makin diminati banyak orang. Tidak hanya makeup, Anda juga dapat menemukan produk skincare untuk berbagai jenis kulit.Kalau Anda memiliki jenis kulit berminyak, artikel ini tepat sekali untuk Anda. Ini karena kami akan membahas skincare Emina untuk kulit berminyak. Sepuluh rekomendasi produk terbaik sudah kami siapkan. Beberapa skincare Emina, seperti Micellar Water Drop Cleanser, Witch Power Face Toner, dan Aloe Vera Gel dapat Anda temukan di sini. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    18.552 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Nu Skin Terbaik untuk Merawat Wajah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Nu Skin Terbaik untuk Merawat Wajah (Terbaru Tahun 2021)
    Kondisi kulit wajah turut dipengaruhi oleh jenis kulit, usia, dan gaya hidup. Mulai dari jerawat, flek hitam, garis halus, warna tidak merata, dan permasalahan kulit lainnya bisa saja Anda alami. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan produk perawatan kulit wajah. Salah satu brand perawatan kulit wajah yang tepercaya adalah Nu Skin.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Nu Skin agar Anda dapat menemukan yang tepat. Tidak hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya, seperti Creamy Cleansing Lotion, ageLOC Transforming Night, dan lainnya. Jadi, dibaca hingga selesai, ya.
    Perawatan wajah
    4.006 Views
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
    23.120 Views
  • 10 Rekomendasi Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini keberadaan skincare yang mengandung niacinamide makin diburu masyarakat. Hal itu dikarenakan manfaat niacinamide yang bagus bagi kulit. Pada skincare, niacinamide sering dipadukan dengan bahan aktif lain untuk menghasilkan efek lebih mantap di kulit. Ceramide, salicylic acid, retinol, dan alpha arbutin merupakan beberapa contohnya.Hampir semua merek produk kecantikan, baik lokal maupun internasional, memproduksi skincare yang mengandung niacinamide. Sebut saja Avoskin, The Ordinary, Wardah, hingga Garnier. Harganya bahkan ada yang murah. Namun, manakah yang terbaik? Nah, kali ini kami akan membahas tips memilih skincare yang mengandung niacinamide. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
    769 Views
  • 9 Rekomendasi Alat Cukur Alis Terbaik Tipe Manual (Terbaru Tahun 2021)
    9 Rekomendasi Alat Cukur Alis Terbaik Tipe Manual (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda ingin memotong alis sendiri di rumah, Anda tentu perlu alat cukur khusus. Saat ini tersedia alat cukur alis dengan berbagai macam fungsi. Bahkan, ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Namun, bila Anda pemula, alat cukur tipe manual mungkin lebih cocok.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih alat cukur alis tipe manual yang bagus. Alat cukur dari berbagai merek, seperti MINISO dan The Face Shop juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, baca dan temukan produk yang pas untuk Anda!
    Perawatan wajah
    223 Views
  • Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    992.706 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    567.509 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    753.608 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    189.970 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    294.366 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    108.104 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Anti Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker antiaging berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek. Artikel ini akan membahas dan membagikan tips memilih masker antiaging yang bagus. Ada juga pembahasan masker antiaging untuk kulit berminyak dan masker antiaging untuk kulit kering. Selanjutnya, kami akan membagikan rekomendasi masker antiaging terbaik. Terdapat masker antiaging alami, seperti N'PURE Clay Mask dan Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask telah kami rekomendasikan. Masker antiaging Wardah, Hanasui Gold Mask, dan masker antiaging lokal lainnya juga ada. Pastikan Anda membaca sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
    72 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori