• 10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Terbaik untuk Beruntusan - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Bruntusan atau beruntusan adalah masalah kulit yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya beruntusan muncul di area dahi, dagu, dan pipi. Beruntusan bisa muncul pada berbagai jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kulit sensitif, hingga kulit berjerawat.


Untungnya, sekarang banyak masker wajah yang bagus dan dapat mengatasi beruntusan dengan cepat. Di artikel ini kami akan memberikan berbagai rekomendasi masker wajah tepercaya untuk mengatasi beruntusan, seperti Laneige, Garnier, dan AXIS-Y. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Apa saja penyebab beruntusan?

Apa saja penyebab beruntusan?

Beruntusan dalam istilah medis disebut akne komedonal. Kondisi ini membuat permukaan kulit terasa kasar, berbintik-bintik, dan timbul jerawat kecil akibat banyaknya komedo tertutup dan terbuka. Sedikit berbeda dengan jerawat, beruntusan biasanya hanya terasa sedikit gatal dan tidak terasa sakit.


Karena masih termasuk dalam keluarga jerawat, penyebab beruntusan pun mirip dengan penyebab jerawat. Pada umumnya, berutusan terjadi karena peradangan, minyak berlebih, kolonisasi bakteri p.acnes, dan penebalan keratin pada folikel. Kombinasi ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan memerangkap bakteri di balik permukaan kulit. 


Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker wajah 1–2 kali seminggu guna membersihkan pori-pori hingga ke dalam (deep cleansing). Anda juga harus memerhatikan pemakaian kosmetik atau skincare yang tidak cocok, hormonal, stres, dan makanan tinggi gula.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker untuk beruntusan

Setelah mengetahui penyebab beruntusan, kini waktunya Anda memilih masker wajah yang tepat. Berikut ini kami jabarkan bagaimana memilih masker wajah yang cocok untuk Anda.

Kenali kandungan yang ampuh atasi beruntusan

Jika Anda memiliki masalah kulit beruntusan, sebaiknya kenali kandungan yang terkenal handal dalam mengatasinya. Masker wajah yang bagus untuk beruntusan biasanya memiliki kandungan yang dapat melakukan deep cleansing. Simak beberapa kandungan di bawah ini untuk jadi pertimbangan Anda.

Clay dan scrub untuk mengeksfoliasi kulit terluar

Clay dan scrub untuk mengeksfoliasi kulit terluar

Clay dan scrub berfungsi sebagai physical exfoliator, yaitu pengikis lapisan terluar kulit (skin barrier). Clay bagus untuk mendetoks kulit karena mampu menarik minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Jenis clay pun beragam, seperti bentonit, kaolin, Moroccan lava atau rhassoul clay, dan charcoal. Clay juga bagus untuk mencegah dan merawat jerawat.


Selain melakukan deep cleasing dengan clay, Anda juga bisa menggunakan scrub untuk mengatasi beruntusan. Dibandingkan clay, scrub lebih abrasif sehingga bagus untuk meratakan tekstur kulit. Hal ini karena produk scrub memiliki ukuran partikel lebih besar dibandingkan clay, misalnya gula, kopi, atau kulit aprikot.


Namun, eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara berlebihan terutama pada kulit wajah. Eksfoliasi dengan clay dan scrub cukup dilakukan 1–2 minggu sekali. Melakukan eksfoliasi dengan intensitas terlalu sering akan memberikan dampak negatif pada kulit seperti iritasi, kemerahan, dan gatal. Lalu, apabila kulit Anda berjerawat maka disarankan untuk mengeksfoliasi dengan lebih berhati-hati.

Kandungan asam untuk mengeksfoliasi dari dalam kulit

Kandungan asam untuk mengeksfoliasi dari dalam kulit

Selain clay atau scrub, Anda juga bisa mencoba chemical exfoliator untuk menghilangkan beruntusan di wajah. Cara kerja chemical exfoliator adalah dengan mengangkat sel kulit mati tanpa menggesek lapisan kulit. Secara umum, kandungan asam untuk eksfoliasi kimiawi terdiri dari AHA, BHA, dan PHA.


  • BHA (beta-hydroxy acid) adalah asam yang larut dalam minyak sehingga dapat menyerap masuk ke dalam pori-pori. BHA sangat baik untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkannya dari minyak. BHA biasanya ditemukan dalam skincare dengan nama salicylic acid.
  • AHA (alpha-hydroxy acid) adalah asam yang larut dalam air dan dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Sumber AHA bermacam-macam, seperti jeruk (citric acid), tebu (glycolic acid), fermentasi karbohidrat (lactic acid), dan sebagainya. AHA berguna untuk mendorong regenerasi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap dan cerah. AHA membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari sehingga tidak disarankan untuk dipakai pada pagi dan siang hari.
  • PHA (polyhydroxy acid) adalah asam turunan dari AHA dengan cara kerja dan fungsi yang sama. Bedanya, PHA lebih gentle dan tidak membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Turunan PHA terdiri dari gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids.

Saat kulit beruntusan, pilihlah eksfoliator yang mengandung BHA. Kandungan ini akan membantu penyembuhan kulit beruntusan dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membersihkan sumbatan pori dari komedo.

Ekstrak tumbuhan untuk mengurangi jerawat

Ekstrak tumbuhan untuk mengurangi jerawat

Dalam mengatasi beruntusan, ekstrak tumbuhan diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat sekaligus menutrisi kulit. Berikut beberapa ekstrak tumbuhan yang terkenal ampuh atasi jerawat:


  • Teh hijau (green tea), kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi, seperti kemerahan dan tonjolan pada kulit. Bahan ini juga bersifat anti-aging dan dapat membantu mencegah kanker kulit.
  • Centella asiatica (Cica), terkenal sebagai alternatif teh hijau dan dapat menghidrasi kulit, merangsang produksi kolagen, dan melancarkan peredaran darah.
  • Lidah buaya (Aloe vera), mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit yang bermasalah, mulai dari kulit kering, dehidrasi, hingga berjerawat.
  • Tea tree, terkenal ampuh untuk mengurangi minyak di wajah dan mengecilkan tampilan pori-pori.
  • Mugwort, sedang populer hingga disebut-sebut sebagai tea tree-nya Korea. Bahan ini kaya antioksidan dan vitamin E untuk meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan. Mugwort juga menguatkan skin barrier atau lapisan terluar kulit sehingga cocok bagi kulit kering dan sensitif.

Di antara bahan-bahan tersebut, tumbuhan yang paling sering direkomendasikan untuk kulit beruntusan adalah tea tree. Kandungan tumbuhan ini bisa ditemukan pada masker berbentuk clay ataupun scrub. Tea tree akan mengurangi minyak di wajah yang merupakan salah satu penyebab beruntusan.

Sesuaikan tipe masker dengan jenis kulit Anda

Saat memilih tipe masker, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit Anda. Apakah kulit Anda berminyak, normal, kering, atau sensitif? Masing-masing jenis kulit membutuhkan tipe masker serta bahan yang berbeda pula.

Physical exfoliator, untuk kulit normal hingga berminyak

Physical exfoliator, untuk kulit normal hingga berminyak

Kulit yang normal hingga berminyak biasanya membutuhkan kandungan yang bisa mengurangi minyak pada wajah. Karena itu, masker dengan kandungan clay dinilai paling cocok untuk tipe kulit ini. Kulit normal dan berminyak juga dinilai paling tangguh untuk menghadapi eksfoliasi. Physical exfoliator, seperti scrub bisa jadi pilihan.


Tipe kulit ini juga bisa memakai AHA atau BHA. Namun, kulit yang sangat berminyak tidak disarankan menggunakan sleeping mask yang terlalu oklusif. Skincare yang terlalu lembap dan berat bisa menyumbat pori-pori dan kembali memicu beruntusan.


Perhatikan pula lama waktu penggunaan eksfoliator physical dalam bentuk clay serta konsentrasi bahan aktifnya. Eksfoliator fisik biasanya hanya boleh digunakan selama 10–15 menit.

Chemical exfoliator, disarankan untuk kulit kering

Chemical exfoliator, disarankan untuk kulit kering

Tipe kulit kering memang tidak memiliki minyak sebanyak kulit berminyak. Namun, kulit kering bisa mengalami beruntusan karena penumpukan sel kulit mati, bakteri, atau kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, kulit kering sebaiknya menghindari kandungan clay karena akan membuat kulit makin kering dan terasa kaku. Penggunaan chemical exfoliator, seperti AHA lebih disarankan.


Anda juga dapat mencoba produk peeling gel yang lembut untuk dipakai selama beberapa menit. Namun, jika kulit sedang sangat kering hingga mengelupas, sebaiknya memakai masker yang melembapkan, seperti sleeping mask.


Sleeping mask dapat menghidrasi kulit yang dehidrasi, terutama saat Anda tidur. Setelah kulit tidak mengelupas lagi, Anda bisa memakai pilihan bahan lain yang telah disebutkan sebelumnya.


Semua tipe kulit sebetulnya bisa saja menggunakan chemical exfoliator, hanya jenisnya saja yang perlu disesuaikan. Anda yang memiliki tipe kulit kering bisa menggunakan bahan AHA. Untuk kulit berminyak, bahan BHA bisa menjadi pilihan, Selain itu, gunakanlah PHA, mandelic, dan citric acid sebagai pilihan apabila kulit Anda bertipe kering.

Masker organik, pilihan pas untuk kulit sensitif

Pemicu kulit sensitif bisa bermacam-macam, tetapi umumnya dipicu oleh bahan pewangi dan pewarna dalam skincare. Kandungan deterjen atau sulfat yang terlalu keras juga dapat mengiritasi kulit. Karena itu, masker organik sangat cocok bagi kulit sensitif karena dibuat dari ekstrak tumbuhan serta minim kimia sintetis. 


Meskipun tergolong organik, tetap perhatikan kandungan pewangi yang kerap terkandung dalam masker organik. Adanya tambahan bahan ini sering menyebabkan gatal ataupun kemerahan pada kulit sensitif


Kandungan scrub dan clay yang kasar, seperti bentonit, kurang disarankan karena dapat menyebabkan iritasi akibat gesekan. Selain masker organik, jenis chemical exfoliator yang lebih gentle, seperti PHA, biasanya lebih cocok untuk tipe kulit sensitif. Atau, Anda juga bisa memilih masker yang memiliki efek soothing.

Perhatikan lama penggunaannya

Perhatikan lama penggunaannya

Perhatikan instruksi tentang lama penggunaan masker pada wajah agar manfaatnya maksimal. Beberapa masker tidak boleh dibiarkan terlalu lama, contohnya clay mask umumnya dipakai selama 10–15 menit, lalu dibilas. Jika dipakai terlalu lama, kulit akan terasa kering, kaku, bahkan iritasi. Bukan hanya kotoran dan minyak berlebih yang terhisap oleh clay, tetapi juga kelembapan kulit.


Ada juga masker yang sebaiknya tidak dipakai dalam waktu singkat, contohnya sleeping mask. Sesuai namanya, masker ini dipakai selama Anda tidur agar kulit lembap semalaman. Anda dianjurkan mencuci muka saat melakukan ritual skincare pagi pada keesokan harinya. Tentu sayang sekali jika Anda mencuci wajah beberapa menit atau jam setelah memakai sleeping mask.


Selain memperhatikan lama pemakaian, perhatikan pula intensitas pemakaian masker. Masker yang mengandung bahan aktif tidak boleh dipakai terlalu sering. Cukup gunakan masker antara 1–2 minggu sekali.

10 Rekomendasi masker terbaik untuk beruntusan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker terbaik untuk beruntusan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK.

10
Isi100 ml
Jenis maskerExfoliating/peeling & wash off mask
TeksturGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliator Microcrystalline cellulose
Chemical exfoliatorBHA (salicylic acid), AHA (glycolic acid)
Kandungan bahan lainGlycerin, pro-vitamin B5 (panthenol), mandarin orange fruit extract, hyaluronic acid, vitamin A (retinyl palmitate), dll
Lama penggunaan1–2 menit
9

UnileverPond's Pure White Mineral Clay Mask

Mulai dari Rp 18.000,00

Isi8 gram
Jenis maskerWash off
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (kaolin, bentonite, & Moroccan lava), activated charcoal powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainGlycerin, squalane, niacinamide, vitamin E, Aloe vera extract, Moringa pterygosperma seed extract, titanium dioxide
Lama penggunaan5–10 menit
8
Isi70 ml
Jenis maskerSleeping mask
TeksturWatery cream
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainGlycerin, trehalose, squalane, lactobacillus ferment lysate, raffinose, malachite extract, hydroxypropyl bispalmitamide MEA, tranexamic acid, beta-glucan, Acorus gramineus extract
Lama penggunaan8 jam (semalaman)
7

SKINFOODBlack Sugar Mask Wash Off

Mulai dari Rp 141.000,00

Isi100 gram
Jenis maskerExfoliating mask
TeksturScrub
Untuk jenis kulitKering, normal, berminyak
Physical exfoliatorBlack sugar (sucrose)
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainMeadowfoam, glycerin, PEG-7 glyceryl cocoate, nut seed oil, shea butter, Macadamia ternifolia seed oil
Lama penggunaan10–15 menit
6

GarnierSerum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care

Mulai dari Rp 20.900,00

Isi32 gram
Jenis maskerSheet mask
TeksturSerum
Untuk jenis kulitKering, normal, berminyak
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorAHA (citric acid)
Kandungan bahan lainGreen tea extract, glycerin, hyaluronic acid, licorice root extract
Lama penggunaan15 menit
5
Isi454 gram
Jenis maskerWash off mask
TeksturPowder to clay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (calcium bentonite)
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainTidak ada
Lama penggunaan5–10 menit
4

Nature RepublicSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

8806173420377

Mulai dari Rp 98.000,00

Isi300 ml
Jenis maskerWash off & sleeping mask
TeksturGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorTidak disebutkan
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainAloe vera extract, glycerin, hyaluronic acid, polyglutamic acid, betaine, Calendula officinalis flower extract, Mentha viridis extract, lemon balm extract
Lama penggunaan10–15 menit atau 8 jam (semalaman)
3
Isi50 ml, 100 ml, 150 ml
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (kaolin & fuller's earth)
Chemical exfoliatorAHA (citric acid)
Kandungan bahan lainNeem extract, turmeric extract
Lama penggunaan10–15 menit
2
Isi50 gram
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitNormal, berminyak
Physical exfoliatorClay (bentonite & kaolin), cacao shell powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainNiacinamide, Centella asiatica extract, hyaluronic acid, honey extract, allantoin, tea tree leaf oil, Fomes officinalis extract, Mentha arvensis leaf extract
Lama penggunaan10–15 menit
1

AXIS-YMugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Mulai dari Rp 290.000,00

Isi100 ml
Jenis maskerWash off mask
TeksturClay
Untuk jenis kulitSemua jenis kulit
Physical exfoliatorClay (kaolin & bentonite), oat extract, activated charcoal powder, adzuki bean seed powder
Chemical exfoliatorTidak disebutkan
Kandungan bahan lainMugwort extract, lotus extract, kelp extract, artichoke extract, mung bean extract, heartleaf extract, dll
Lama penggunaan±15 menit

Tabel perbandingan masker terbaik untuk beruntusan

Gambar produk
1
AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack 1

AXIS-Y

2
N'PURE Cica Chocomint Clay Mask 1

N'PURE

3
Himalaya Purifying Neem Mask 1

Himalaya

4
Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 1

Nature Republic

5
Aztec Secret Indian Healing Clay 1

Aztec Secret

6
Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care 1

Garnier

7
SKINFOOD Black Sugar Mask Wash Off 1

SKINFOOD

8
Laneige Water Sleeping Mask_EX 1

Laneige

9
Unilever Pond's Pure White Mineral Clay Mask 1

Unilever

10
TheYEON Vita7 Energy Peeling Gel 1

TheYEON

Nama produk

Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Cica Chocomint Clay Mask

Purifying Neem Mask

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Indian Healing Clay

Serum Mask Hydra Bomb Green Tea Skin Care

Black Sugar Mask Wash Off

Water Sleeping Mask_EX

Pond's Pure White Mineral Clay Mask

Vita7 Energy Peeling Gel

Keunggulan

Clay mask ternyaman!

Masker powerful dengan wangi es krim!

Masker andalan kulit berjerawat dengan harga terjangkau

Atasi inflamasi dengan lidah buaya yang menenangkan

Detox wajah dengan 100% clay dari Death Valley

Kandungan green tea-nya ampuh cegah minyak berlebih

Kulit halus seketika dengan scrub gula merah

Menutrisi kulit yang dehidrasi selama Anda tidur

Clay mask yang praktis dan tidak neko-neko

Produk eksfoliasi yang lembut dengan ekstrak jeruk

Harga mulai dariRp 290.000,00Rp 119.000,00Rp 24.000,00Rp 98.000,00Rp 270.000,00Rp 20.900,00Rp 141.000,00Rp 450.000,00Rp 18.000,00Rp 283.500,00
Isi100 ml50 gram50 ml, 100 ml, 150 ml300 ml454 gram32 gram100 gram70 ml8 gram100 ml
Jenis maskerWash off maskWash off maskWash off maskWash off & sleeping maskWash off maskSheet maskExfoliating maskSleeping maskWash offExfoliating/peeling & wash off mask
TeksturClayClayClayGelPowder to claySerumScrubWatery creamClayGel
Untuk jenis kulitSemua jenis kulitNormal, berminyakNormal, berminyakSemua jenis kulitNormal, berminyakKering, normal, berminyakKering, normal, berminyakSemua jenis kulitNormal, berminyakSemua jenis kulit
Physical exfoliatorClay (kaolin & bentonite), oat extract, activated charcoal powder, adzuki bean seed powderClay (bentonite & kaolin), cacao shell powderClay (kaolin & fuller's earth)Tidak disebutkanClay (calcium bentonite)Tidak disebutkanBlack sugar (sucrose)Tidak disebutkanClay (kaolin, bentonite, & Moroccan lava), activated charcoal powder Microcrystalline cellulose
Chemical exfoliatorTidak disebutkanTidak disebutkanAHA (citric acid)Tidak disebutkanTidak disebutkanAHA (citric acid)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanBHA (salicylic acid), AHA (glycolic acid)
Kandungan bahan lainMugwort extract, lotus extract, kelp extract, artichoke extract, mung bean extract, heartleaf extract, dllNiacinamide, Centella asiatica extract, hyaluronic acid, honey extract, allantoin, tea tree leaf oil, Fomes officinalis extract, Mentha arvensis leaf extractNeem extract, turmeric extractAloe vera extract, glycerin, hyaluronic acid, polyglutamic acid, betaine, Calendula officinalis flower extract, Mentha viridis extract, lemon balm extractTidak adaGreen tea extract, glycerin, hyaluronic acid, licorice root extractMeadowfoam, glycerin, PEG-7 glyceryl cocoate, nut seed oil, shea butter, Macadamia ternifolia seed oilGlycerin, trehalose, squalane, lactobacillus ferment lysate, raffinose, malachite extract, hydroxypropyl bispalmitamide MEA, tranexamic acid, beta-glucan, Acorus gramineus extractGlycerin, squalane, niacinamide, vitamin E, Aloe vera extract, Moringa pterygosperma seed extract, titanium dioxideGlycerin, pro-vitamin B5 (panthenol), mandarin orange fruit extract, hyaluronic acid, vitamin A (retinyl palmitate), dll
Lama penggunaan±15 menit10–15 menit10–15 menit10–15 menit atau 8 jam (semalaman)5–10 menit15 menit10–15 menit8 jam (semalaman)5–10 menit1–2 menit
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar beruntusan dan jerawat kecil

Beruntusan dan jerawat kecil adalah masalah kulit yang sering terjadi. Setelah membahas mengenai masker-masker yang bisa mengatasi beruntusan, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan seputar beruntusan dan jerawat kecil. Disimak, yuk!

Saat beruntusan, kebiasaan apa yang sebaiknya dihindari?

Saat sedang beruntusan, minimalkanlah pemakaian skincare. Hindari pemakaian kosmetik yang berlebih dan bersifat komedogenik. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membersihkan wajah secara teratur dan istirahat cukup 6–8 jam per hari. Jangan lupa, perkaya konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir dan jerawat batu?

Selain cara-cara yang telah dijelaskan, cobalah gunakan kandungan yang sesuai untuk kulit berjerawat seperti tea tree dan asam salisilat. Namun, apabila kondisi beruntusan dan jerawat pasir/batu terus berlangsung, segera konsultasi dan berobat ke dokter spesialis kulit. Makin cepat Anda berobat, kemungkinan terjadinya bopeng atau scar acne akan makin rendah.

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya

Selain masker untuk mengatasi beruntusan, kami juga ada rekomendasi masker untuk masalah kulit lain. Ada masker untuk mengatasi jerawat, komedo, dan pori-pori besar. Kami juga ada rekomendasi masker bagi kulit kering, lho. Bagi Anda yang ingin eksplorasi masker, yuk, baca artikel lain yang sudah kami siapkan.

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menemukan masker wajah yang cocok untuk menangani beruntusan? Masker wajah memang bermacam-macam dan diperuntukkan untuk berbagai kondisi kulit. Jika ragu, lakukan patch test di tangan atau leher terlebih dahulu, ya! Segera hentikan pemakaian produk jika kulit Anda menunjukkan reaksi iritasi.


Perjalanan mencoba skincare memang membutuhkan proses trial and error. Tetaplah sabar dan gentle kepada kulit Anda. Selamat maskeran dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam.Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk merek Wardah, mulai dari eye cream, serum, hingga sunscreen ada dalam rekomendasi. Yuk, cari tahu cara memilih produk Wardah yang bagus dan keunggulan dari tiap-tiap produknya!
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Face wash Korea masih menjadi salah satu produk yang banyak diminati. Produk ini banyak diincar karena selain cocok dengan kulit wanita Asia, harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan produk Barat. Nah, jika Anda sedang mencari facial wash Korea, silakan baca artikel ini.Kami akan memberitahu cara memilih facial wash Korea yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk sabun cuci muka Korea terbaik seperti merek Cosrx, Elformula, atau Axis-Y. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah. Baca terus hingga akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori