• 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.


Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut kue yang bagus, seperti Spontan, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Stella Permata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata
Stella Permata
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Apa itu pelembut roti?

Apa itu pelembut roti?

Pelembut roti adalah bahan tambahan dalam adonan roti yang terdiri dari kombinasi asam, pengemulsi, dan enzim. Pelembut roti bertugas meningkatkan fermentasi dan mengembangkan adonan sehingga roti akan lebih lembut dan elastis.


Jadi, Anda dapat membuat roti yang halus dan lembut hingga ke serat terdalam dengan lebih mudah. Formula yang biasanya digunakan dalam pelembut roti adalah:


  • Agen pereduksi

Bahan ini akan memutus ikatan disulfida dan menyebabkan struktur roti jadi tidak terlalu keras (lembut).


  • Enzim

Tugas enzim adalah melepaskan gula dan membantu proses fermentasi ragi. Jadi, gas yang dihasilkan dalam proses fermentasi lebih maksimal dan adonan bisa mengembang lebih besar.


  • Oksidan

Zat ini akan memperkuat gluten dan menjaga elastisitas adonan. Dengan demikian, gas hasil fermentasi akan tertahan dan tidak mudah terlepas.


  • Emulsifier

Adonan yang sudah mengembang bisa saja berubah menjadi bantat. Nah, di sinilah emulsifier bertindak. Bahan ini akan mengikat gluten, menjaga kestabilan partikel minyak dan air, serta mempertahankan konsistensi bentuk adonan. 


Namun, bila tidak dapat menemukan pelembut roti, Anda bisa menambahkan bahan kaya lemak, seperti telur, margarin, dan butter.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembut roti dan kue

Beragam pelembut roti dan kue dijual di pasaran. Tiap-tiap pelembut roti akan memberikan tingkat kelembutan yang berbeda. Supaya Anda mendapatkan pelembut roti terbaik, ketahui dahulu beberapa tips memilih pelembut roti berikut ini, yuk!

Pilih berdasarkan jenisnya

Pelembut roti dan kue terdiri dari beberapa jenis. Namun, pelembut roti yang populer adalah bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Kami akan memberi tahu perbedaan dari keempat jenis pelembut roti tersebut. Simak baik-baik perbedaannya!

Bread improver, pelunak gluten yang membuat serat roti lebih halus

Bread improver, pelunak gluten yang membuat serat roti lebih halus

Bread improver adalah campuran berbasis tepung yang sudah dimodifikasi untuk mengembangkan roti. Kandungan di dalam bread improver adalah enzim, penguat gluten, emulsifier, tepung, dan mineral. 

 

Fungsi utama bread improver adalah:

1. Membantu ragi memproduksi gas supaya roti mengembang.

2. Membantu gluten dalam mempertahankan bentuk roti yang mengembang.

3. Membuat serat dan tekstur roti jadi lebih lembut.

4. Membuat proses fermentasi jadi lebih singkat.


Bread improver dapat digunakan untuk berbagai jenis soft bread, seperti roti sobek, roti tawar, chiffon cake, dan roti bluder. Sebenarnya, roti tetap bisa mengembang meski tidak diberi tambahan bread improver, tetapi serat dan teksturnya jadi kurang lembut.

Softener, mengembangkan sekaligus bisa menghilangkan bau amis dari telur

Softener, mengembangkan sekaligus bisa menghilangkan bau amis dari telur

Softener adalah bahan tambahan yang berfungsi melembutkan pori-pori dan tekstur roti. Softener dapat meningkatkan elastisitas roti sehingga saat roti disobek akan terlihat serat-serat yang lembut. Softener juga dapat mempertahankan tekstur roti supaya tetap moist sekalipun disimpan agak lama pada suhu ruang.


Di samping itu, softener juga dapat menghilangkan bau amis dari telur yang digunakan dalam adonan. Softener terdiri dari dua bentuk, yaitu cair dan bubuk. Beberapa merek juga menjual softener yang memiliki aroma buah, pandan, atau vanili, lho!

Shortening, mentega putih yang berfungsi mengikat air

Shortening, mentega putih yang berfungsi mengikat air

Shortening atau mentega putih adalah sejenis lemak yang diolah dari lemak nabati atau lemak hewani dan baunya sudah dihilangkan. Berbeda dengan margarin biasa, warna shortening adalah putih. Shortening biasanya digunakan sebagai tambahan pada adonan roti tawar dan bakpao. Fungsi shortening adalah melembutkan roti dan membuatnya lebih empuk.


Supaya roti bisa superlembut, sebaiknya cari shortening yang mengandung emulsifier. Dengan begitu, air tidak menguap saat adonan dipanggang. Roti pun jadi lebih moist, lembut, dan fluffy. Di pihak lain, shortening juga biasa dipakai untuk mengilapkan roti, menggoreng, atau membuat buttercream.

Cake emulsifier, penstabil adonan supaya tidak mudah turun saat dikocok

Cake emulsifier, penstabil adonan supaya tidak mudah turun saat dikocok

Cake emulsifier adalah bahan aditif yang dapat mengikat air dan lemak dalam adonan supaya lebih stabil. Kegunaan cake emulsifier adalah:

  • Membuat adonan mengembang dan tak mudah bantat
  • Melembutkan tekstur
  • Memperpanjang umur simpan roti

Beberapa jenis cake emulsifier yang biasa dijumpai adalah SP, ovalet, dan TBM. Penggunaan ketiganya bisa saling menggantikan.


  • SP 

Biasa dipakai untuk adonan yang telurnya dikocok dahulu hingga mengembang. Dengan menambahkan SP, adonan telur yang sudah mengembang tidak mudah turun lagi.


  • Ovalet

Fungsi bahan ini adalah menstabilkan bentuk adonan agar tidak bantat saat dikukus atau dipanggang. Ya, fungsinya memang agak menyerupai SP sehingga beberapa pihak menyatakan bahwa ovalet dan SP bisa saling menggantikan. Namun, ovalet memberikan tekstur yang lembut dan agak basah pada bagian dalam kue.


  • TBM

Bahan ini biasanya digunakan untuk adonan yang proses pencampuran mentega dan gulanya dilakukan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah telurnya dimasukkan satu per satu ke dalam adonan.

Sesuaikan dengan roti yang akan dibuat

Sesuaikan dengan roti yang akan dibuat

Banyaknya jenis pelembut roti mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih pelembut roti sesuai dengan jenis roti yang akan dibuat. Berkat pelembut roti, berbagai jenis roti klasik dan kekinian bisa menjadi lebih lembut, halus, dan enak.


Berikut ini kami berikan panduan yang bisa Anda ikuti.

  • Untuk membuat bakpao yang putih dan fluffy, Anda perlu memakai shortening.
  • Jika Anda berencana membuat aneka soft bread, sebaiknya gunakan bread improver.
  • Jika ingin membuat roti tawar dan roti isi yang superlembut, Anda bisa menggunakan softener.
  • Untuk membuat chiffon cake atau aneka cake yang bisa lumer di mulut, gunakanlah cake emulsifier.

Perhatikan aromanya

Perhatikan aromanya

Kebanyakan pelembut roti tidak memiliki aroma. Namun, beberapa jenis pelembut ada yang dilengkapi aroma tertentu, seperti buah, vanili, pandan, hingga susu.


Menggunakan pelembut roti yang mengandung aroma jauh lebih praktis karena Anda tidak perlu menambahkan esens atau ekstrak susu. Tinggal sesuaikan saja varian aroma pelembut roti yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Praktis!

10 Rekomendasi pelembut roti dan kue terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembut roti dan kue terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe SP Pengemulsi memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Indo Fermex Bakerine Plus yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.

Gambar produk
1
Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe SP Pengemulsi 1

Anggana Catur Prima

2
Lesaffre  Ibis Blue Pelembut Roti 1

Lesaffre

3
Mero Sekawan Jaya Spontan Cake Softener 1

Mero Sekawan Jaya

4
Saf Indonusa Baker's Bonus A 1

Saf Indonusa

5
Big One Indonesia Special Soft Bread 1

Big One Indonesia

6
Indo Fermex Bakerine Plus 1

Indo Fermex

7
Angel Bread Improver 1

Angel

8
Diva Cake Bread Pastry Softener 1

Diva

9
Puratos Soft'r Cotton Acti-Plus 1

Puratos

10
SMART Pusaka White Baker's Fat 1

SMART

Nama produk

Koepoe Koepoe SP Pengemulsi

Ibis Blue Pelembut Roti

Spontan Cake Softener

Baker's Bonus A

Special Soft Bread

Bakerine Plus

Bread Improver

Cake Bread Pastry Softener

Soft'r Cotton Acti-Plus

Pusaka White Baker's Fat

Keunggulan

Pelembut sekaligus pengembang yang berkualitas internasional

Roti tidak mudah keras meski ada di ruangan terbuka

Membuat martabak dan cake tetap empuk dalam waktu lama

Improver alami untuk membuat roti ala kafe

Bebas kreasikan aneka roti tradisional hingga modern

Roti jadi lembut hingga ke serat yang paling dalam

Jadikan roti manis lebih bervolume

Ada aromanya! Wangi roti lebih menggugah selera

Roti jadi lebih soft, masa simpannya pun lebih lama

Tekstur roti tawar jadi makin empuk!

Harga mulai dariRp 6.999,00Rp 7.500,00Rp 6.000,00Rp 4.500,00Rp 5.000,00Rp 12.000,00Rp 43.000,00Rp 18.421,00Rp 63.500,00Rp 366.000,00
Berat30 g, 70 g20 g, 500 g60 ml, 1 kg10 g, 100 g, 500 g10 g100 g, 500 g500 g60 ml, 450 ml500 g15 kg
JenisCake emulsifierSoftenerSoftenerBread improverSoftenerBread improverBread improverSoftenerBread improverShortening
Cocok untuk membuatAneka kue, roti, biskuitRoti dan produk pastryRoti tawar, roti sobekRoti manis, roti tawarDonat, roti, apomAneka roti manisAneka roti dan kueRoti, cake, dan pastryToast bread, bagel, soft roll, hamburger bun, rye bread, flat bread, flour tortilla, sweet good, large sweet good, panettone, dan aneka soft breadButtercream
AromaNetralNetralVanila, WysmannNetralNetralNetralNetralWysman, Vanila, Keju, Lemon, Coffee Noir, Pandan, NetralNetralNetral
Tautan produk
10
Berat15 kg
JenisShortening
Cocok untuk membuatButtercream
AromaNetral
9
Berat500 g
JenisBread improver
Cocok untuk membuatToast bread, bagel, soft roll, hamburger bun, rye bread, flat bread, flour tortilla, sweet good, large sweet good, panettone, dan aneka soft bread
AromaNetral
8
Berat60 ml, 450 ml
JenisSoftener
Cocok untuk membuatRoti, cake, dan pastry
AromaWysman, Vanila, Keju, Lemon, Coffee Noir, Pandan, Netral
7
Berat500 g
JenisBread improver
Cocok untuk membuatAneka roti dan kue
AromaNetral
6

Indo FermexBakerine Plus

100 gram

Mulai dari Rp 12.000,00

Berat100 g, 500 g
JenisBread improver
Cocok untuk membuatAneka roti manis
AromaNetral
5
Berat10 g
JenisSoftener
Cocok untuk membuatDonat, roti, apom
AromaNetral
4
Berat10 g, 100 g, 500 g
JenisBread improver
Cocok untuk membuatRoti manis, roti tawar
AromaNetral
3

Mero Sekawan JayaSpontan Cake Softener

Mulai dari Rp 6.000,00

Berat60 ml, 1 kg
JenisSoftener
Cocok untuk membuatRoti tawar, roti sobek
AromaVanila, Wysmann
2
Berat20 g, 500 g
JenisSoftener
Cocok untuk membuatRoti dan produk pastry
AromaNetral
1

Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe SP Pengemulsi

Mulai dari Rp 6.999,00

Berat30 g, 70 g
JenisCake emulsifier
Cocok untuk membuatAneka kue, roti, biskuit
AromaNetral

Baca juga rekomendasi bahan pembuat roti lainnya di sini

Untuk membuat roti yang enak, Anda mungkin memerlukan bahan lain, seperti gula, margarin, dan tepung terigu. Apabila Anda membutuhkan informasi atau rekomendasi mengenai produk-produk tersebut, bacalah ulasan di bawah ini.

Kesimpulan

Pelembut roti tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin membuat roti yang lembut dan empuk. Jadi, sediakan selalu pelembut roti di dapur Anda, ya.


Apabila sudah membeli pelembut roti, jangan lupa untuk menaruhnya dalam wadah tertutup rapat. Simpan di tempat bersuhu 20–25 ℃ atau di dalam kulkas. Semoga dengan artikel ini Anda mendapatkan pelembut roti yang tepat. Happy baking!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini kami membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan rasa manis dan gurih, selai kacang akan menambah selera Anda kala menikmati roti. Tidak sekadar terasa lezat, selai kacang juga tinggi protein yang baik untuk tubuh. Untuk Anda yang sedang diet, sekarang juga telah tersedia selai kacang rendah kalori dan tanpa gula.Ada banyak merek selai kacang yang bagus dan populer di e-commerce, seperti Lean Lab, Morin, Nude, dan Beorganik. Agar Anda tidak bingung menentukan pilihan, kami membahas cara memilih selai kacang dan memberikan rekomendasi selai kacang yang enak. Jadi, simaklah artikel ini sampai selesai, ya!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meses atau hagel adalah salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang bagus dan pas untuk makanan Anda? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan merek meses yang enak, seperti Ceres, Holland, dan Tulip. Di akhir artikel, kami juga akan membagikan tips menyimpan meses. Langsung baca, yuk!
    Roti & kue
  • 10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Vanilla Extract Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Vanilla extract berfungsi meningkatkan aroma dan rasa pada makanan, terutama roti dan kue. Pastry yang enak akan lebih mudah dibuat dengan adanya vanilla extract. Karena umumnya tidak memengaruhi rasa, beberapa produk juga digunakan untuk bahan minuman.Di pasaran terdapat banyak merek vanilla ekstrak yang bagus, seperti GoodVanilla, La Dame in Vanilla, dan McCormick & Company. Salah satu produk yang populer di Indonesia adalah Jansen vanilla extract. Agar Anda tidak bingung, simaklah tips memilih dan rekomendasi vanilla extract terbaik dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bakpia Pathok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda pernah ke Yogyakarta, pasti kenal dengan bakpia pathok atau bakpia pathuk. Hampir seluruh toko oleh-oleh di Yogyakarta menjualnya. Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathok, Yogyakarta sejak tahun 1948. Itulah yang membuatnya terkenal dengan nama Bakpia Pathok. Kini, bakpia diproduksi oleh banyak produsen dengan berbagai merek, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kencana, Bakpia Djava, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih bakpia pathok yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi bakpia terenak di Jogja yang bisa dibeli secara online. Simak terus, ya!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori