• 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kandang Marmut Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Pig guinea atau biasa disebut dengan marmut di Indonesia merupakan hewan herbivor yang memakan tumbuhan dan buah. Wajahnya yang lucu dan perawatannya yang tidak sulit membuat banyak orang suka memelihara marmut. Selain makanan, kandang juga merupakan perlengkapan penting untuk merawat marmut. 


Kami akan memberikan rekomendasi produk kandang marmut yang bagus sekaligus membagikan cara memilihnya untuk Anda. Hanya kandang marmut merek terbaik dan berkualitaslah yang akan Anda temukan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Bagi Anda yang tertarik dengan marmut, artikel ini kami hadirkan untuk Anda. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Doel
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kandang marmut

Seperti apa kandang yang baik untuk marmut? Saat akan membeli kandang marmot, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Simak penjelasan kami berikut ini dan jadikan acuan saat akan membeli kandang marmot, ya. 

Pilih berdasarkan bahannya

Kandang marmot kebanyakan terbuat dari bahan besi dan kayu. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, pilihlah sesuai dengan preferensi Anda. 

Besi: Berbentuk seperti jaring dan mudah dirakit

Besi: Berbentuk seperti jaring dan mudah dirakit

Kandang marmot yang terbuat dari besi biasanya berbentuk seperti jaring-jaring. Jadi, Anda dapat merakit sendiri kandang tersebut sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada juga kandang marmot dari besi yang sudah dirakit dan siap dipakai. Kandang marmot besi memiliki penadah kotoran sehingga mudah untuk dibersihkan.


Kandang berbahan besi lebih kokoh sehingga tidak mudah keropos meskipun digigiti marmot. Akan tetapi, lapisan cat pada besi dapat luntur seiring berjalannya waktu. Jadi, Anda perlu melakukan pengecatan ulang saat catnya sudah mengelupas. Terlebih lagi, cat yang mengelupas dan tertelan terus-menerus pun dapat membahayakan kesehatan marmot Anda.

Kayu: Membuat marmut merasa seperti di alam

Kayu: Membuat marmut merasa seperti di alam

Sementara itu, kandang marmot berbahan kayu mengeluarkan bau yang khas sehingga membuat marmot merasa seperti di habitat aslinyaBau khas itu salah satunya adalah fenol, senyawa kimia yang menguap dari kayu.


Bau khas tersebut tentu membuat marmot merasa nyaman dan betah tinggal di dalam kandang. Namun, bahan kayu asli seperti jati harganya cukup mahal. Jadi, Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli kandang marmot berbahan kayu. 

Periksa ukurannya

Periksa ukurannya

Pemilihan kandang harus disesuaikan dengan ukuran dan jumlah marmot. Kandang yang sesuai akan membuat marmot menjadi lebih sehat dan bahagia. Jika Anda memelihara seekor marmot, tidak masalah bila Anda memilih kandang size kecil. Namun demikian, bila Anda ingin memelihara lebih dari satu ekor marmot, pilihlah kandang yang lebih luas. Hal tersebut bertujuan agar marmot lebih bebas berlari ke sana kemari.


Ruangan kandang yang lebih besar berarti lebih banyak ruang untuk berolahraga. Hal ini kemungkinan dapat mengurangi masalah kesehatan, seperti diabetes, bumblefoot, atau penyakit jantung. Hal tersebut juga berarti bahwa marmot Anda dapat berolahraga pada waktunya sendiri sehingga Anda tidak perlu menyisihkan waktu untuk melatihnya.


Anda dapat menemukan kandang marmot kecil berukuran sekitar 24 cm × 15 cm × 15 cm. Sementara itu, kandang marmot medium biasanya memiliki size 31,5 cm x 18,5 cm x 24,4 cm. Ada juga kandang marmot big size yang ukurannya mencapai 90 cm x 60 cm x 45 cm.

Pertimbangkan kandang bertingkat untuk menghemat tempat

 Pertimbangkan kandang bertingkat untuk menghemat tempat

Apabila Anda tidak memiliki banyak space, tetapi ingin memelihara beberapa ekor marmot, Anda dapat memilih kandang bertingkat. Apalagi, jika Anda ingin bisnis ternak marmot, memilih kandang bertingkat tentu akan lebih menghemat biaya. 


Tidak hanya itu, kandang marmot bertingkat ada juga yang dilengkapi dengan roda. Jadi, Anda akan makin mudah memindahkannya, misalnya saat marmot butuh dijemur di bawah sinar matahari. Kekurangan dari kandang ini adalah pemilik harus lebih memperhatikan kebersihan di setiap tingkatnya.

Cek keberadaan alas penadah

Cek keberadaan alas penadah

Sama halnya dengan memelihara kelinci atau hamster, kotoran marmot juga akan berjatuhan di bawah kandang. Supaya Anda lebih mudah membersihkan kotoran marmot, pertimbangkanlah kandang yang dilengkapi alas penadah. Dengan begitu, saat kotoran telah penuh, Anda bisa hanya mengambil penadahnya saja. 


Meskipun Anda bisa membersihkan alas penadahnya saja, tetapi biasanya sisa kotoran tetap ada yang menempel pada bagian bawah kandang. Alas penadah salah satu komponen yang wajib diperhatikan kebersihannya dalam pemeliharaan marmot. Oleh sebab itu, Anda tetap perlu membersihkan keseluruhan kandang secara berkala, ya. 

10 Rekomendasi kandang marmut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kandang marmut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10

Onel Wood Cavy House Dua Tingkat

Mulai dari Rp 1.650.000,00

BahanKayu jati Belanda
Ukuran71,3 cm x 70,8 cm x 100 cm
Termasuk alasTidak
9

Kandang Marmut Tingkat Kayu Jati Belanda

Mulai dari Rp 850.000,00

BahanKayu jati Belanda
Ukuran80 cm x 40 cm x 35 cm
Termasuk alasTidak
8

Cassie Kandang Marmut Kayu PVC

Mulai dari Rp 2.100.000,00

BahanKayu PVC
UkuranS: 100 cm x 60 cm x 50 cm, M: 120 cm x 60 cm x 50 cm, L: 150 cm x 90 cm x 50 cm, XL: 170 cm x 90 cm x 50 cm
Termasuk alasTidak
7
BahanTidak disebutkan
Ukuran31,5 cm x 18,5 cm x 24,4 cm
Termasuk alasTidak
6

Kandang Marmut Boks Akrilik

Mulai dari Rp 65.000,00

BahanAkrilik
Ukuran 24 cm x 18 cm x 20 cm
Termasuk alasTidak
5
BahanTidak disebutkan
Ukuran50 cm x 30 cm x 40 cm
Termasuk alasYa
4
BahanMetal
Ukuran35 cm x 35 cm (per lembar)
Termasuk alasTidak
3
BahanBesi
Ukuran 22,5 cm x 19,5 cm x 17,5 cm
Termasuk alasTidak
2
BahanBesi
Ukuran60 cm x 50 cm (per lembar)
Termasuk alasTidak
1
BahanBesi
Ukuran90 cm x 60 cm x 45 cm
Termasuk alasYa

Tabel perbandingan produk kandang marmut terbaik

Gambar produk
1
KRYPTON Pet Cage Size L 1

KRYPTON

2
Guninco Kandang Marmut Jumbo 1

3
Kandang Marmut Mini Besi 1

4
Guinea Pig Cage Grid 1

5
Kandang Marmut Aneka Warna 1

6
Kandang Marmut Boks Akrilik 1

7
Kandang Marmut Transparan Ukuran S 1

8
Cassie Kandang Marmut Kayu PVC 1

9
Kandang Marmut Tingkat Kayu Jati Belanda 1

10
Onel Wood Cavy House Dua Tingkat 1

Nama produk

Pet Cage Size L

Guninco Kandang Marmut Jumbo

Kandang Marmut Mini Besi

Guinea Pig Cage Grid

Kandang Marmut Aneka Warna

Kandang Marmut Boks Akrilik

Kandang Marmut Transparan Ukuran S

Cassie Kandang Marmut Kayu PVC

Kandang Marmut Tingkat Kayu Jati Belanda

Onel Wood Cavy House Dua Tingkat

Keunggulan

Besar dan bertingkat, tiga marmut pun muat!

Berbentuk pagar, praktis dibongkar pasang

Harga terjangkau, desain memukau

Bisa dirakit sesuka hati, asyik!

Banyak pilihan warna, sudah dilengkapi alas pula

Ringan dan sirkulasi udaranya optimal

Transparan, marmot makin mudah diawasi

Bisa custom ukuran kandang plus aksesori, sempurna!

Berbahan kayu jati, antirayap dan kuat

Lebih ajek berkat kaki di keempat sisinya

Harga mulai dariRp 275.000,00Rp 38.400,00Rp 18.800,00Rp 21.500,00Rp 99.000,00Rp 65.000,00Rp 178.000,00Rp 2.100.000,00Rp 850.000,00Rp 1.650.000,00
BahanBesiBesiBesiMetalTidak disebutkanAkrilikTidak disebutkanKayu PVCKayu jati BelandaKayu jati Belanda
Ukuran90 cm x 60 cm x 45 cm60 cm x 50 cm (per lembar) 22,5 cm x 19,5 cm x 17,5 cm35 cm x 35 cm (per lembar)50 cm x 30 cm x 40 cm 24 cm x 18 cm x 20 cm31,5 cm x 18,5 cm x 24,4 cmS: 100 cm x 60 cm x 50 cm, M: 120 cm x 60 cm x 50 cm, L: 150 cm x 90 cm x 50 cm, XL: 170 cm x 90 cm x 50 cm80 cm x 40 cm x 35 cm71,3 cm x 70,8 cm x 100 cm
Termasuk alasYaTidakTidakTidakYaTidakTidakTidakTidakTidak
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kandang marmut

Pertanyaan umum seputar kandang marmut

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar kandang marmot. Jika Anda masih penasaran dengan kandang marmot, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa kali kandang marmut harus dibersihkan?

Sebaiknya perawatan kandang marmut dilakukan setiap hari. Selain itu, lakukan pembersihan secara mendalam sekali seminggu untuk menghindari kontaminasi jamur dan bakteri.

Cara merawat marmut

Cara merawat marmut

Setelah menemukan kandang marmut yang baik, Anda juga perlu memahami cara memelihara marmot. Terutama bagi Anda para pemula, bisa jadi Anda sangat butuh tips merawat marmot.


  • Jangan bersuara keras di dekat marmot

Marmot sangat sensitif dengan suara yang terlalu keras. Oleh sebab itu, pelankan suara Anda saat bermain dengan marmot. 


  • Bersihkan kandang secara berkala

Agar marmot tidak mudah terkena bakteri, Anda perlu menjaga kebersihan kandangnya. Anda dapat menjadwalkan pembersihan kandang secara keseluruhan setiap dua atau tiga minggu sekali. Sementara itu, untuk baki kotorannya, Anda dapat membuangnya setiap dua hari sekali. 


  • Sesekali keluarkan marmot dari kandang

Sama seperti memelihara hewan lainnya, marmot juga butuh udara segar. Jadi, sesekali jemurlah marmot di bawah sinar matahari atau ajaklah bermain di luar rumah. Namun, pastikan Anda selalu mengawasi marmot Anda agar tidak hilang, ya.


  • Beri alat bermain dan jerami untuk alas

Anda dapat menambahkan mainan hiding box, lorong, atau tangga di dalam kandang agar marmot dapat bermain. Kemudian, berikan juga jerami atau sekam agar marmot dapat tidur dengan nyaman. 


  • Siapkan makanan dan minum yang cukup

Agar tidak kelaparan atau kehausan, perhatikan juga makanan dan minuman marmot. Anda cukup memberikan air bersih dan mengisinya saat akan habis. Sementara itu, untuk makanan marmot, Anda dapat memberikan sayuran berupa selada atau kangkung. Bisa juga Anda memberikan potongan buah segar seperti apel atau melon untuk camilan agar marmot tidak bosan. 

Baca juga rekomendasi kandang lainnya di sini

Selain kandang marmut, di bawah ini kami masih memiliki artikel lain yang membahas tentang kandang. Mulai dari kandang ayam, kandang burung, hingga kandang kelinci, semua dapat Anda temukan. Silakan dilihat-lihat. 

Kesimpulan

Kandang marmot merupakan salah satu must have item bila Anda ingin memelihara marmut. Agar tak salah membeli, periksalah ukuran dan bahan kandang marmot incaran Anda. Kemudian, akan lebih praktis bila kandang marmot yang Anda beli sudah termasuk alas penadah kotoran dan tempat makan/minum.


Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang agar marmot tetap sehat. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda yang akan memelihara atau akan menambah peliharaan marmot. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Ada merek Padovan, CHIPSI, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda berencana memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, aquarium, dan banyak lagi. Ukuran kandang juga beragam. Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang sebaiknya dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang baik dan bisa didapatkan secara online. Anda dapat memilih kandang akrilik nan luas atau kandang hamster merek Ace Hardware yang lucu. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster terlebih dahulu. Simak sampai tuntas penjelasannya, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Terbaik untuk Anjing dan Kucing (Terbaru Tahun 2022)
    Berjalan-jalan merupakan aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama hewan peliharaan. Agar berjalan-jalan bersama hewan peliharaan makin menyenangkan, Anda dapat menggunakan stroller anjing ataupun kucing. Tak hanya unik, stroller kucing ataupun anjing juga akan membuat jalan-jalan makin aman dan nyaman.  Anda tertarik memiliki stroller yang bagus untuk anjing ataupun kucing Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih stroller anjing juga stroller kucing yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh stroller anjing dan kucing terbaik merek Ibiyaya, iDoggie, Bello, dan sebagainya. Yuk, cari tahu lebih lanjut.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merek obat kutu kucing dan anjing, seperti Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, selain kandang kelinci outdoor atau indoor, ada juga kandang kelinci modern bergaya minimalis. Selain itu, ukuran kandang kelinci juga beragam.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kandang kelinci merek Dolly, Artupic, dan Multica juga masuk dalam rekomendasi kami. Untuk memilih kandang kelinci yang baik, simak penjelasan kami di artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menyukai kelinci, Anda tentu akan merasa terhibur dengan berbagai ekspresi wajah dan tingkah lakunya saat bermain. Namun, banyak sekali jenis mainan kelinci yang dijual di pasaran sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Ada mainan kelinci tipe chewing, digging, chase ball, dan tunnel.Karena itu, kami akan membahas tips memilih mainan kelinci yang bagus dan cocok untuk kelinci Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi mainan kelinci terbaik dari berbagai merek, seperti Alice dan Mybite. Selamat memilih dan nikmatilah waktu bersama dengan kelinci kesayangan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bepergian sembari membawa kelinci kesayangan? Berarti Anda membutuhkan kandang kelinci portable. Saat ini sudah tersedia beragam kandang kelinci portable yang berbeda bentuk dan materialnya satu sama lain di pasaran. Hal tersebut mungkin bisa membuat Anda sulit memilih produk yang paling tepat.Agar Anda makin mudah menentukan pilihan, pertama-tama kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kami juga akan memberikan daftar berisi rekomendasi kandang kelinci portable terbaik. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kurang lengkap rasanya bila memelihara hamster tanpa menempatkan mainan hamster lucu dalam kandangnya. Ada banyak mainan berdesain menarik, mulai dari mainan hamster kayu, mainan rumah-rumahan, dan sebagainya yang siap menghiasi kandang.Dalam artikel ini, ada tips cara memilih plus rekomendasi mainan hamster terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat dimiliki. Mainan hamster di Shopee, Lazada, atau situs lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Ikan cupang merupakan hias berukuran kecil dengan karakteristik warna, bentuk ekor, dan sirip yang menarik. Cara merawat ikan cupang agar cepat besar adalah dengan memberinya makanan bernutrisi dua kali sehari. Selain itu, Anda juga perlu memberinya vitamin.Salah satu manfaat pemberian vitamin adalah untuk mempercepat mutasi warna ikan agar makin cantik. Artikel ini akan membahas cara memilih vitamin yang bagus untuk ikan cupang. Kami juga memberikan rekomendasi berbagai merek vitamin ikan cupang, seperti SG Fish, Koukkai, dan Betta Mastery. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Artikel populer

  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merek obat kutu kucing dan anjing, seperti Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Ada merek Padovan, CHIPSI, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda berencana memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, aquarium, dan banyak lagi. Ukuran kandang juga beragam. Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang sebaiknya dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang baik dan bisa didapatkan secara online. Anda dapat memilih kandang akrilik nan luas atau kandang hamster merek Ace Hardware yang lucu. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster terlebih dahulu. Simak sampai tuntas penjelasannya, ya!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, selain kandang kelinci outdoor atau indoor, ada juga kandang kelinci modern bergaya minimalis. Selain itu, ukuran kandang kelinci juga beragam.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kandang kelinci merek Dolly, Artupic, dan Multica juga masuk dalam rekomendasi kami. Untuk memilih kandang kelinci yang baik, simak penjelasan kami di artikel berikut ini. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kurang lengkap rasanya bila memelihara hamster tanpa menempatkan mainan hamster lucu dalam kandangnya. Ada banyak mainan berdesain menarik, mulai dari mainan hamster kayu, mainan rumah-rumahan, dan sebagainya yang siap menghiasi kandang.Dalam artikel ini, ada tips cara memilih plus rekomendasi mainan hamster terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat dimiliki. Mainan hamster di Shopee, Lazada, atau situs lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Ikan cupang merupakan hias berukuran kecil dengan karakteristik warna, bentuk ekor, dan sirip yang menarik. Cara merawat ikan cupang agar cepat besar adalah dengan memberinya makanan bernutrisi dua kali sehari. Selain itu, Anda juga perlu memberinya vitamin.Salah satu manfaat pemberian vitamin adalah untuk mempercepat mutasi warna ikan agar makin cantik. Artikel ini akan membahas cara memilih vitamin yang bagus untuk ikan cupang. Kami juga memberikan rekomendasi berbagai merek vitamin ikan cupang, seperti SG Fish, Koukkai, dan Betta Mastery. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori