1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagaimana Anda ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang perlu Anda kuasai. Namun, kenyataannya tidak semua orang menguasai bahasa Inggris dengan baik. Nah, bagi Anda yang belum menguasai bahasa Inggris, tidak ada salahnya memiliki aplikasi penerjemah di smartphone Anda.


Selain Google Translate, ada beberapa aplikasi untuk HP yang bagus, praktis, dan user-friendly. Beberapa contoh aplikasi terbaik adalah SayHi Translate, Microsoft Translator, dan iTranslate Translator. Anda bisa mengunduhnya di Google Play maupun App Store. Untuk pembahasan lengkap mengenai aplikasi penerjemahan akurat dan recommended lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis.

Diperbaharui 02-04-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store. (Diperbaharui pada 04 Februari 2023)

Cara memilih aplikasi penerjemah bahasa Inggris

Ada banyak aplikasi penerjemah Bahasa Inggris di Google Play dan App Store yang bisa Anda jumpai. Namun, manakah aplikasi yang harus Anda unduh? Untuk menjawab pertanyaan Anda, silakan lihat tiga cara memilih berikut ini. Ketiga cara memilih ini akan menuntun Anda menemukan aplikasi penerjemah bahasa Inggris terbaik yang Anda butuhkan.

① Pilih tipe aplikasi penerjemah yang sesuai kebutuhan

Aplikasi penerjemah terdiri dari dua tipe, yakni single bahasa dan multibahasa. Setiap tipe memiliki karakteristiknya masing-masing. Dalam pemilihannya, silakan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Single bahasa, memberikan terjemahan yang lebih baik

Contoh aplikasi penerjemah tipe single bahasa adalah aplikasi yang hanya menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Dengan kata lain, aplikasi ini tidak memuat terjemahan dalam bahasa lain.


Kekurangannya tentu karena terbatasnya pilihan bahasa yang dimuat. Di lain sisi, kelebihannya adalah hasil terjemahan yang jauh lebih baik, khususnya dalam menerjemahkan kalimat. Hasil terjemahan kalimat ataupun paragraf tersusun dengan baik sehingga lebih mudah dipahami.

Multibahasa, memuat banyak pilihan bahasa

Multibahasa, memuat banyak pilihan bahasa

Aplikasi multibahasa bisa memuat puluhan bahasa lain yang ada di dunia. Selain bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, ada bahasa lainnya, seperti bahasa Mandarin, Italia, Spanyol, dan Belanda.


Hal ini tentunya akan memudahkan Anda ketika perlu menerjemahkan bahasa Inggris ke banyak bahasa lainnya atau sebaliknya. Khususnya, saat Anda bepergian ke luar negeri, aplikasi multibahasa akan sangat membantu. Anda hanya perlu menginstal satu aplikasi dan bisa menggunakannya di banyak negara dan bahasa. Lebih praktis!

② Periksa fitur-fitur yang ada dalam aplikasi

Fitur-fitur dalam aplikasi penerjemah dapat memudahkan Anda. Untuk itu, perhatikanlah fitur yang ditawarkan oleh tiap aplikasi. Berikut ini kami rangkumkan tiga fitur yang paling bermanfaat dalam penggunaan aplikasi penerjemah.

Camera translator: Mengonversi gambar menjadi teks secara instan

Camera translator: Mengonversi gambar menjadi teks secara instan

Fitur camera translator memungkinkan Anda mendapat terjemahan dari foto atau gambar. Fitur ini secara instan mengonversi gambar menjadi teks. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menerjemahkan dokumen, brosur, papan petunjuk, buku menu, dan lainnya.

Text to speech: Dapat mempelajari pelafalan kata yang benar

Text to speech: Dapat mempelajari pelafalan kata yang benar

Sesuai namanya, fitur text to speech (TTS) akan mengonversi teks menjadi suara. Fitur ini biasanya menggunakan sistem komputer untuk menciptakan sintesis bunyi yang kemudian diimplementasikan dalam aplikasi. Dengan begitu, Anda dapat mempelajari pelafalan yang benar. Di sisi lain, fitur ini dapat membantu Anda ketika Anda harus berbicara dengan orang asing. Anda cukup menyalakan fitur ini dan membiarkan lawan bicara Anda mendengarnya.

Speak and translate: Menerjemahkan secara praktis tanpa menggunakan jari

Speak and translate: Menerjemahkan secara praktis tanpa menggunakan jari

Fitur yang satu ini memungkinkan Anda mendapat hasil terjemahan tanpa mengetik atau mengambil gambar. Secara sistem, fitur ini sama dengan speech to text yang menggunakan voice recognition. Fitur ini mengonversi suara menjadi teks, kemudian menerjemahkannya.

③ Perhatikan apakah aplikasi bisa digunakan secara offline

Cara memilih terakhir yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah apakah aplikasi bisa digunakan secara offline? Aplikasi penerjemah yang bisa digunakan secara offline akan sangat memudahkan, terutama ketika Anda travelling dan tidak ada sambungan internet.


Saat bepergian, belum tentu semua tempat memiliki sinyal yang baik. Jadi, ketika aplikasi penerjemah bisa digunakan secara offline, hal ini tentu akan menguntungkan. Selain itu, aplikasi penerjemah yang bisa digunakan secara offline juga bisa menghemat kuota internet.

10 Rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Inggris terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi penerjemah bahasa Inggris terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Microsoft

Microsoft Translator

Microsoft  Microsoft Translator  1枚目

Lakukan percakapan grup hingga seratus orang dalam berbagai bahasa

2

Suvorov-Development

Indonesian - English Translator

Suvorov-Development Indonesian - English Translator 1枚目

Aplikasi penerjemah yang simpel dan mudah

3

Naver Corporation

Naver Papago - AI Translator

Naver Corporation Naver Papago - AI Translator 1枚目

Dilengkapi teknologi Neural Machine Translation, hasil terjemahan jadi lebih akurat

4

Google

Google Translate

Google  Google Translate 1枚目

Hadir dengan beragam fitur yang memudahkan penggunanya

5

Amazon

SayHi Translate

Amazon SayHi Translate 1枚目

Khusus conversational translation, membantu Anda berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia

6

Pro Languages

Indonesian English Translator

Pro Languages Indonesian English Translator 1枚目

Aplikasi penerjemah yang berguna juga sebagai kamus

7

iTranslate

iTranslate Translator

iTranslate iTranslate Translator 1枚目

Menyediakan terjemahan lebih dari seratus bahasa

8

Intertech Services AG

Yandex Translate

Intertech Services AG Yandex Translate 1枚目

Dapat menerjemahkan langsung lewat smartwatch

9

Talent Education Inc.

U Dictionary

Talent Education Inc. U Dictionary 1枚目

Belajar bahasa lebih mudah dengan fitur discovery

10

Flitto

Flitto - Translate, Learn

Flitto Flitto - Translate, Learn 1枚目

Terjemahan makin sempurna berkat dukungan native speaker dan crowdsourcing

Perincian produk
Close
No.1

Lakukan percakapan grup hingga seratus orang dalam berbagai bahasa

Kelebihan:

  • Memiliki fitur percakapan grup hingga seratus orang
  • Semua fitur dapat digunakan secara gratis dan bebas iklan

Kekurangan:

  • Pengunduhan bahasa untuk penerjemahan offline dapat memakan waktu yang cukup lama
  • Pengunduhan bahasa dapat memakan ruang penyimpanan sebesar 200 MB

Pada umumnya, aplikasi penerjemah membantu percakapan antar dua orang saja. Namun, aplikasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan percakapan hingga seratus orang dalam berbagai bahasa! Anda cukup mengetikkan conversation code untuk tergabung dalam conversation group.


Dalam conversation group tersebut, Anda akan menerima chat atau voice dalam bahasa Anda. Kemudian, chat yang Anda ketik akan otomatis diterima dalam bahasa tiap penerima. Mudah dan praktis sekali, bukan? Anda yang sering melakukan percakapan dengan banyak orang yang berbeda bahasa akan sangat terbantu dengan aplikasi ini.

No.2

Suvorov-DevelopmentIndonesian - English Translator

Aplikasi penerjemah yang simpel dan mudah

Kelebihan:

  • Tampilannya mudah dan simpel
  • Ringan, memiliki ukuran hanya sekitar 3,6 MB

Kekurangan:

  • Harus terhubung dengan internet untuk menggunakan aplikasi
  • Hanya tersedia untuk smartphone Android
  • Fitur yang terbatas

Suvorov-Development menawarkan aplikasi penerjemah yang mudah digunakan. Aplikasi penerjemah single bahasa Indonesia-Inggris ini memiliki UI yang sangat user-friendly. Terdapat beberapa fitur dasar yang dapat digunakan, antara lain, speak and translate, text to speech, dan copy to clipboard.


Meski hanya memiliki satu bahasa, aplikasi ini terbilang cukup akurat dengan tata bahasa atau grammar yang baik. Bagi Anda yang menginginkan aplikasi penerjemah single bahasa yang simpel, ringan, dan akurat, pilih aplikasi ini.

No.3

Naver CorporationNaver Papago - AI Translator

Dilengkapi teknologi Neural Machine Translation, hasil terjemahan jadi lebih akurat

Kelebihan:

  • Terjemahan lebih akurat dengan teknologi Neural Machine Translation
  • Semua fitur dapat digunakan secara gratis dan bebas iklan

Kekurangan:

  • Fitur percakapan belum tersedia untuk bahasa Indonesia
  • Terjemahan offline hanya tersedia untuk empat bahasa

Naver Corporation meluncurkan Naver Papago sebagai aplikasi penerjemah multibahasa. Aplikasi ini menyajikan tiga belas bahasa yang umum digunakan. Ada bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina (Simplified/Traditional), Spanyol, Prancis, Vietnam, Thailand, Indonesia, Rusia, Jerman, dan Italia.


Walaupun merupakan aplikasi penerjemah multibahasa, hasil terjemahan aplikasi ini cukup akurat dengan tata kata yang baik. Hal ini berkat adanya teknologi Neural Machine Translation. Dengan hasil terjemahan yang baik, aplikasi ini dapat Anda andalkan untuk keperluan penting yang membutuhkan keakuratan tinggi.

No.4

Hadir dengan beragam fitur yang memudahkan penggunanya

Kelebihan:

  • Terdapat beragam fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam menerjemahkan bahasa
  • Semua fitur dapat digunakan secara gratis dan bebas iklan

Kekurangan:

  • Penerjemah percakapan langsung hanya tersedia untuk delapan pasangan bahasa

Google Translate mungkin adalah aplikasi yang terlintas di benak Anda saat membicarakan aplikasi penerjemah. Aplikasi besutan Google ini memang sudah berhasil melakukan branding dengan sangat baik.


Selain itu, banyaknya fitur yang tersedia dalam Google Translate tentunya membuat aplikasi ini makin nyaman digunakan. Sebut saja, fitur camera translator, handwriting, phrasebooks, dan transkripsi. Menarik sekali, bukan? Anda yang mencari aplikasi penerjemah dengan fitur lengkap dan mudah, Google Translate jawabannya.

No.5

Khusus conversational translation, membantu Anda berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia

Kelebihan:

  • Penerjemah percakapan otomatis dan bergiliran
  • Ada berbagai pilihan bahasa, dialek, dan aksen
  • Terdapat opsi jenis gender dan kecepatan pengucapan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia penerjemahan menggunakan suara dan percakapan
  • Harus terhubung dengan internet untuk menggunakan aplikasi

SayHi Translate bukan sekadar nama, melainkan konsep. Aplikasi ini memfokuskan aplikasinya sebagai conversational translation. Karena itu, Anda pun dapat menerjemahkan bahasa cukup dengan suara Anda.


Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai perantara Anda dengan lawan bicara. Aplikasi ini akan menerjemahkan suara Anda kepada lawan bicara dan begitu juga sebaliknya. Dengan aplikasi ini, perbedaan bahasa bukan lagi suatu halangan. Anda bisa berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia secara langsung dengan mudah.

No.6

Pro LanguagesIndonesian English Translator

Aplikasi penerjemah yang berguna juga sebagai kamus

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan sebagai kamus untuk mencari arti dan padanan kata

Kekurangan:

  • Harus terhubung dengan internet untuk menggunakan aplikasi
  • Hanya tersedia untuk smartphone Android
  • Fitur yang terbatas

Aplikasi ini merupakan aplikasi penerjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Aplikasi ini menyajikan terjemahan seperti dalam kamus, jadi Anda juga bisa melihat padanan katanya. Misalnya, kata "look" yang berarti melihat, memandang, kelihatan, dan lain sebagainya. Untuk itu, aplikasi ini cocok sekali untuk pelajar, mahasiswa, atau siapa pun yang ingin memperkaya kosakata.

No.7

Menyediakan terjemahan lebih dari seratus bahasa

Kelebihan:

  • Tersedia lebih dari seratus bahasa

Kekurangan:

  • Mode offline hanya tersedia di versi pro
  • Hanya ada opsi berlangganan untuk upgrade ke versi pro

iTranslate Translator banyak digemari para traveller karena ketersediaan bahasanya yang sangat banyak. Ada lebih dari seratus bahasa yang bisa Anda manfaatkan! Anda juga bisa melakukan penerjemahan dengan kamera.


Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Anda pun tidak perlu repot memikirkan biaya internet yang mahal di luar negeri. Nah, jika Anda adalah orang yang gemar bepergian ke banyak negara, silakan unduh aplikasi ini. Namun, mode offline hanya bisa dipakai di versi pro. Karena itu, jangan lupa untuk berlangganan terlebih dahulu sebelum berangkat, ya!

No.8

Intertech Services AGYandex Translate

Dapat menerjemahkan langsung lewat smartwatch

Kelebihan:

  • Dapat menerjemahkan langsung melalui smartwatch atau smartphone
  • Terdapat fitur pengetikan predictive untuk penerjemahan cepat dan anti-typo

Kekurangan:

  • Penerjemahan bahasa selain ke bahasa Inggris terbilang kurang akurat
  • Penerjemahan offline untuk bahasa Indonesia hanya tersedia opsi Indonesia-Inggris dan sebaliknya

Aplikasi asal Rusia ini berhasil menjadi salah satu aplikasi penerjemah yang paling banyak dicari. Hal ini karena aplikasi ini bisa disambungkan langsung dengan smartwatch dan Apple Watch. Jadi, ketika Anda mengucapkan kata atau kalimat pada watch Anda, Anda bisa langsung melihat hasil terjemahannya di layar. Anda yang memiliki smartwatch, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

No.9

Belajar bahasa lebih mudah dengan fitur discovery

Kelebihan:

  • Memiliki fitur discovery untuk membantu belajar penguasaan bahasa asing

Kekurangan:

  • Banyak fitur yang tidak tersedia di versi gratis
  • Terdapat review yang menyebutkan terlalu banyak iklan yang mengganggu di versi gratis

Apakah Anda sedang mencari aplikasi penerjemah yang juga dapat membantu Anda dalam menguasai bahasa asing? Jika iya, aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Selain dapat menerjemahkan bahasa, U Dictionary juga dilengkapi dengan fitur discovery.


Fitur tersebut menyediakan beragam pembelajaran bahasa, permainan kata, kuis, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda dapat menguasai bahasa asing lebih cepat dan mudah. Selain itu, terdapat juga fitur yang dapat melatih Anda berbicara. Anda bisa menemukan berbagai pilihan contoh percakapan dengan tema perjalanan, bisnis, perbankan, dan lainnya.

No.10

Terjemahan makin sempurna berkat dukungan native speaker dan crowdsourcing

Kelebihan:

  • Memiliki fitur crowdsourcing untuk hasil terjemahan yang akurat dan sesuai konteks
  • Anda dapat berpartisipasi menjadi native speaker dan mendapatkan poin

Kekurangan:

  • Penggunaan fitur crowdsourcing membutuhkan poin
  • Makin banyak teks yang ingin diterjemahkan, makin banyak poin yang diperlukan
  • Harus terhubung dengan internet untuk menggunakan aplikasi

Hasil terjemahan Anda sering keliru dan keluar dari konteks? Sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Flitto. Aplikasi ini memiliki fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi penerjemah lainnya, yaitu crowdsourcing. Fitur tersebut memungkinkan hasil terjemahan dicek dan dikoreksi oleh beberapa orang ahli atau native speaker. Hasil terjemahan pun menjadi lebih akurat sesuai konteks penggunaan.


Jika Anda adalah seorang ahli dalam bidang bahasa, Anda juga dapat menjadi partisipan yang mengoreksi terjemahan. Anda dapat memperoleh poin setiap melakukan koreksi dan penerjemahan. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan uang ketika sudah terkumpul. Menarik, bukan?

Baca juga rekomendasi produk dan aplikasi lainnya untuk belajar bahasa Inggris di sini

Bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris, silakan klik tautan di bawah ini. Link di bawah ini berisi artikel yang membahas buku dan aplikasi untuk membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris.

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel kami kali ini? Ternyata, menemukan aplikasi penerjemah bahasa Inggris tidak sulit, bukan? Anda hanya perlu memperhatikan tipe aplikasi, fitur-fitur yang dimiliki, serta bisa tidaknya aplikasi digunakan secara offlineNamun, jika Anda masih merasa bingung dalam memilih, silakan lihat sepuluh rekomendasi dari kami. Kami telah memilihkan sepuluh aplikasi penerjemah bahasa Inggris terbaik untuk Anda. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer