1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lighting & studio
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Softbox Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Para fotografer pasti ingin bisa menghasilkan jepretan yang bagus dan maksimal. Oleh karena itu, berbagai aksesori pendukung dipakai agar hasilnya memuaskan. Softbox adalah salah satu pelengkap yang tidak boleh Anda lewatkan. Alat ini bisa meratakan cahaya dari lampu kamera sehingga menghasilkan cahaya yang lebih lembut dan alami.


Bila Anda berencana membeli softbox untuk lighting kamera, kami akan memberikan beberapa tips memilihnya. Selain itu, kami juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi produk softbox dari beberapa merek yang bagus. Anda bisa pilih softbox dari GODOX, Midio, atau Pixco. Selamat menyimak!

Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Aji Sukma

Aji Sukma adalah sosok yang selalu tertarik dengan hal baru. Pria yang menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Informatika ini pernah menjadi penyiar radio dan jurnalis di beberapa TV nasional. Ketertarikan Aji dengan dunia tulis-menulis membawanya menjadi seorang blogger, penulis buku, dan content writer. Selain hobi traveling, Aji juga sangat suka dengan hal yang berbau kuliner. Tidak hanya makan dan jajan, lho, sesekali ia juga praktik masak di dapur. Bisa menulis sambil makan enak di rumah yang nyaman adalah salah satu hal yang ia idamkan. Jadi, selalu simak rekomendasi produk travel, kuliner, dan furnitur rumah yang sering ia tulis di mybest, ya!

Profil Aji Sukma
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 29 Januari 2023.

Apa itu softbox?

Apa itu softbox?

Softbox adalah salah satu bagian dari perlengkapan lighting dalam fotografi. Softbox memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, seperti octagon, rectangular, strip, dan lainnya. Bagian dalam softbox terbuat dari bahan reflektor yang dapat memantulkan cahaya.


Selain itu, softbox juga dilapisi lagi dengan diffuser berbahan transparan yang mampu mengatur intensitas cahaya supaya lebih lembut. Jadi, fungsi softbox adalah untuk meratakan cahaya lampu kamera agar dapat menyebar dengan lebih soft. Tidak hanya indoor, softbox juga bisa digunakan di area outdoor agar cahaya yang diterima objek foto tidak berlebih.

Cara memilih softbox

Sekarang Anda jadi lebih paham kegunaan softbox, bukan? Bila Anda berminat untuk membeli softbox, sebaiknya baca dahulu beberapa tips memilihnya dari kami berikut ini.

① Tentukan ukuran softbox yang dibutuhkan

Tentukan ukuran softbox yang dibutuhkan

Pertama, Anda perlu menentukan ukuran softbox yang dibutuhkan. Softbox sendiri tersedia dalam berbagai ukuran di pasaran. Perlu diingat, makin besar ukuran softbox, makin lembut dan menyebar pula cahayanya.


  • Ukuran 90 cm, pas untuk pemotretan 1–2 orang

Ukuran softbox yang paling sering digunakan adalah sekitar 90 cm. Ukuran tersebut bisa dipakai untuk 1–2 orang. Sementara itu, untuk kelompok dengan area pencahayaan lebih luas, Anda bisa pilih ukuran yang lebih besar. 


  • Ukuran 170 cm, ideal untuk pengambilan gambar potret


Anda juga bisa menemukan softbox dengan ukuran besar hingga 170 cm. Softbox berukuran besar sangat pas untuk mengambil gambar potret wajah. Softbox ini bisa memberikan cahaya yang lembut serta transisi cahaya dan bayangan yang baik. Noda hitam di wajah pun dapat tersamar olehnya. Selain itu, dengan area pencahayaan lebih luas, Anda juga bisa menggunakannya untuk foto full body dan kelompok. 


  • Ukuran di bawah 50 cm, lebih praktis dan ringkas


Bila Anda mengutamakan softbox yang ringkas dan praktis, Anda bisa cari ukuran di bawah 50 cm. Softbox berukuran kecil bisa menghasilkan pencahayaan yang kontras. Softbox ini akan bekerja dengan lebih baik untuk foto produk atau mikro.

② Pertimbangkan bentuk softbox

Selanjutnya, pertimbangkan juga bentuk softbox. Ada beberapa bentuk softbox yang bisa Anda temukan di pasaran. Agar sesuai dengan kebutuhan, kenali dahulu kelebihannya masing-masing.

Softbox octagon: Pencahayaan lebih lembut dan alami

Softbox octagon: Pencahayaan lebih lembut dan alami

Bila Anda menginginkan output cahaya yang lembut, alami, dan menyenangkan, softbox octagon bisa jadi pilihan. Area permukaan yang luas membuat pencahayaannya merata di semua titik. Pantulan sinarnya pun tampak lebih alami di mata subjek ketimbang bentuk softbox lainnya. Selain itu, bentuk ini juga tidak menimbulkan bayangan bingkai atau jari-jari yang mengganggu.

Softbox rectangular: Cahayanya seperti tiruan cahaya jendela

Softbox rectangular: Cahayanya seperti tiruan cahaya jendela

Softbox rectangular atau persegi panjang adalah bentuk paling umum yang digunakan oleh banyak orang. Bahkan, jika seseorang mendengar kata softbox, bentuk inilah yang sering diingat. Softbox rectangular sering digunakan sebagai cahaya jendela tiruan sebab memiliki sorot cahaya yang serupa


Dalam posisi vertikal, softbox ini akan sangat pas bila Anda pakai untuk foto full body. Sementara itu, bila Anda atur pada posisi lanskap, softbox ini dapat mencakup kelompok objek horizontal yang lebih lebar. Sayangnya, tangkapan cahaya yang dihasilkan softbox ini mungkin terlihat kurang bagus di mata subjek potret.

Softbox square: Ideal untuk potret wajah dan kelompok kecil

Softbox square: Ideal untuk potret wajah dan kelompok kecil

Area pencahayaan softbox square tidak selebar rectangular. Akan tetapi, hal itu tentu akan membuatnya lebih fokus pada area objek tertentu. Oleh karena itu, softbox square akan sangat ideal bila Anda pakai untuk potret wajah atau bagian bahu ke atas.


Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus saat menggunakannya untuk memotret kelompok kecil. Sebaiknya, gunakan softbox ini pada ruang pemotretan dengan langit-langit yang rendah untuk hasil lebih maksimal. Sayangnya, softbox tipe ini kurang diminati di Indonesia. Produknya pun tidak sebanyak dan selaris tipe lainnya di marketplace.

Softbox strip: Menghasilkan pita cahaya yang sempit

Softbox strip: Menghasilkan pita cahaya yang sempit

Softbox ini memang memiliki bentuk yang mirip seperti softbox rectangular. Namun, softbox strip jauh lebih panjang sehingga bentuk keseluruhannya pun lebih ramping dan pipih. Oleh karena itu, cahaya yang dihasilkannya akan lebih sempit.


Softbox ini biasa digunakan untuk rim-lighting yang memisahkan subjek dengan background. Anda juga bisa mengatur beberapa softbox strip menjadi bentuk segitiga untuk mendapatkan efek ring light.

Softbox round: Pencahayaan lebih luas dan merata

Softbox round: Pencahayaan lebih luas dan merata

Saat mencari produk softbox di e-commerce, Anda mungkin juga akan menemukan bentuk round atau bulat. Bentuknya yang bulat tentu membuat sudut pancaran cahayanya makin luas dan merata. Terlebih lagi, bila desain softbox tersebut berbentuk sferis.

③ Perhatikan cara perakitan untuk kemudahan penggunaan

Perhatikan cara perakitan untuk kemudahan penggunaan

Sebaiknya Anda juga memperhatikan cara perakitan softbox yang akan Anda beli. Beberapa produk softbox harus Anda rakit secara manual. Anda perlu memasang kerangka ke bagian cangkang softbox dan memasukkannya ke dalam ring di bagian pangkal. 


Perakitan softbox ini akan membutuhkan waktu sehingga lebih cocok dipakai di studio permanen. Anda bisa mengaturnya satu kali dan terus menggunakannya tanpa perlu membongkarnya kembali. 


Selain itu, ada pula softbox yang lebih mudah dipakai dan bisa dibuka seperti membuka payung. Setelah softbox terbuka, Anda tinggal memasang diffuser. Softbox ini akan lebih simpel dan mudah untuk dibawa bepergian.

10 Rekomendasi softbox terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk softbox terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pixco

Multi-function Pop-up Flash Softbox Diffuser

Pixco Multi-function Pop-up Flash Softbox Diffuser 1枚目

Mudah dipasang tanpa pengait yang rumit

2

TRIOPO

Softbox Flash OCTAGONAL Diameter 90cm

TRIOPO  Softbox Flash OCTAGONAL Diameter 90cm 1枚目

Cahaya lebih soft dan rata tanpa bocor

3

INBEX

Softbox Photography Lighting Kit 45W

INBEX Softbox Photography Lighting Kit 45W 1枚目

Dudukan dapat disesuaikan dan diputar sampai 210°

4

GODOX

Strip Softbox 30x120 cm

GODOX  Strip Softbox 30x120 cm 1枚目

Lampu studio Anda mount bowens? Pasti kompatibel!

5

Midio

Paket Studio Foto A1 Light Stand 2M + 1 Socket E27 + Softbox

Midio  Paket Studio Foto A1 Light Stand 2M + 1 Socket E27 + Softbox 1枚目

Paket lengkap dengan harga ekonomis!

6

GODOX

Bowens Mount Umbrella Softbox With Grid 120cm

GODOX  Bowens Mount Umbrella Softbox With Grid 120cm 1枚目

Hadir dengan ritsleting, mudah dipasang pada stand

7

TaffSTUDIO

Softbox Reflektor Fotografi Studio 50x70cm + Bohlam 45W

TaffSTUDIO Softbox Reflektor Fotografi Studio 50x70cm + Bohlam 45W 1枚目

Mudah dipasang, minim kebocoran cahaya pula!

8

Softbox Bulat 40cm untuk Flash Kamera

 Softbox Bulat 40cm untuk Flash Kamera 1枚目

Pencahayaan merata seperti photoshot profesional

9

Pro One

Softbox Quick-Assemble Model Payung Strip Light 35 x 140 cm

Pro One  Softbox Quick-Assemble Model Payung Strip Light 35 x 140 cm 1枚目

Lebih panjang dan pipih, cahaya makin sempit dan fokus

10

Aputure

Lantern Softbox

Aputure  Lantern Softbox 1枚目

Sudut pancaran cahayanya luas, mencapai 270°

Perincian produk
Close
No.1

PixcoMulti-function Pop-up Flash Softbox Diffuser

Mulai dari Rp23.000,00

Mudah dipasang tanpa pengait yang rumit

Kelebihan:

  • Mudah dirakit dan dipasang
  • Harga superekonomis

Kekurangan:

  • Pemasangan tanpa pengait yang rumit, tetapi kemungkinan kurang kokoh bila dipakai banyak gerak


Menjadi fotografer event seperti pernikahan memang harus gesit. Jangan sampai Anda melewatkan momen hanya karena repot memasang peralatan. Nah, softbox satu ini sepertinya akan sangat pas untuk Anda gunakan. 


Selain simpel, cara pemasangannya pun sangat mudah tanpa adanya pengait yang rumit. Dijamin Anda bisa bekerja dengan lebih cepat dan gesit. Ditambah lagi, softbox ini bisa dipakai di hampir semua flash kamera, lho! Yakin, Anda tidak tertarik?

No.2

TRIOPO Softbox Flash OCTAGONAL Diameter 90cmKS90

Mulai dari Rp515.000,00

Cahaya lebih soft dan rata tanpa bocor

Kelebihan:

  • Reflektor diffuser dibekali dua warna yang dapat disesuaikan
  • Lebih kuat dengan rangka dasar full metal

Kekurangan:

  • Kurang maksimal bila digunakan pada objek besar


Softbox octagon lain yang kami sarankan untuk studio foto Anda kali ini datang dari merek TRIOPO. Softbox ini kami rekomendasikan sebab kinerjanya yang bisa membuat cahaya lebih soft, rata, dan tidak bocor. 


Selain itu, reflektor diffuser dari produk ini pun tersedia dalam dua warna. Dengan demikian, Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Softbox ini sangat pas bila digunakan untuk cakupan objek kecil hingga menengah.

No.3

INBEXSoftbox Photography Lighting Kit 45W

Mulai dari Rp205.000,00

Dudukan dapat disesuaikan dan diputar sampai 210°

Kelebihan:

  • Dudukan lampu bisa disesuaikan dengan sudut pengambilan gambar
  • Bohlam memiliki suhu warna 5500K yang mendekati sinar matahari
  • Berbahan poliester yang berkualitas tinggi

Kekurangan:

  • Dudukan lampu yang sering diatur mungkin akan lebih cepat kendur dan rusak

Dalam satu paket produk ini, Anda akan mendapatkan softbox, tripod, dan bohlam sekaligus. Istimewanya, dudukan lampu yang dimiliki dapat disesuaikan dan diputar hingga 210°. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengatur sudut pengambilan gambar.


Bohlamnya pun memiliki suhu warna 5500K yang mendekati sinar matahari. Yakin deh, Anda bisa mendapatkan efek pemotretan yang ciamik saat menggunakan produk ini.

No.4

GODOX Strip Softbox 30x120 cm

Mulai dari Rp480.000,00

Lampu studio Anda mount bowens? Pasti kompatibel!

Kelebihan:

  • Kompatibel untuk semua lampu studio dengan mount bowens

Kekurangan:

  • Butuh perakitan manual sebelum digunakan sehingga kurang praktis


Ini adalah salah satu softbox strip yang diminati oleh banyak orang. Itu karena softbox ini kompatibel dengan berbagai lampu studio dengan mount bowens. Softbox ini bisa Anda pakai untuk beragam kebutuhan foto studio terutama foto model dan produk. Akan tetapi, softbox ini harus dirakit secara manual sehingga lebih cocok untuk penggunaan di studio saja.

No.5

Midio Paket Studio Foto A1 Light Stand 2M + 1 Socket E27 + Softbox

Mulai dari Rp399.000,00

Paket lengkap dengan harga ekonomis!

Kelebihan:

  • Lebih hemat untuk pemula karena dijual secara paket

Kekurangan:

  • Paket penjualan belum termasuk bohlam


Untuk menggunakan softbox, Anda mungkin masih membutuhkan peralatan pendukung lain, seperti stand, socket, dan lainnya. Selain menambah bujet, membeli satu per satu tentu lebih merepotkan. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan produk satu ini.


Midio memberikan pilihan paket yang lengkap untuk Anda. Anda bisa mendapatkan stand lampu setinggi 2 meter, sebuah single socket tipe E27, dan tentu saja sebuah softbox. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi tas waterproof untuk mengemas barang agar lebih rapi dan mudah dibawa. Istimewanya lagi, produk ini dijual dengan harga superekonomis jika dibandingkan dengan ragam produk yang Anda peroleh. Mantap!

No.6

GODOX Bowens Mount Umbrella Softbox With Grid 120cmSB-GUE-120

Mulai dari Rp710.000,00

Hadir dengan ritsleting, mudah dipasang pada stand

Kelebihan:

  • Dilengkapi ritsleting untuk kemudahan pemasangan

Kekurangan:

  • Ukuran cukup besar, kurang praktis dibawa untuk mobile


Untuk pemotretan lokasi, softbox satu ini patut Anda perhitungkan. Produk ini didesain khusus untuk speedlite, flash, dan strobist. Dengan diameter 120 cm, softbox ini mampu melembutkan cahaya hingga menghilangkan bayangan.


Penggunaannya pun cukup fleksibel untuk berbagai jenis lampu. Terlebih lagi, softbox ini dilengkapi ritsleting di bagian pangkalnya. Keberadaan ritsleting tentu akan memudahkan Anda saat memasang softbox pada stand. Anda para profesional foto studio, wajib memilikinya.

No.7

TaffSTUDIOSoftbox Reflektor Fotografi Studio 50x70cm + Bohlam 45WSB-MS-B5070

Mulai dari Rp338.900,00

Mudah dipasang, minim kebocoran cahaya pula!

Kelebihan:

  • Minim kebocoran cahaya
  • Pengaturan softbox mudah dan cepat

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan untuk cakupan objek kecil hingga menengah

Tiap orang pasti ingin bekerja dengan lebih cepat. Untuk itu, pilihlah peralatan yang mudah digunakan seperti produk yang satu ini. Dengan begitu, Anda bisa hemat waktu dalam bekerja. Di sisi lain, softbox ini juga minim kebocoran cahaya sehingga hasilnya dijamin akan lebih sempurna. Jadi, soal kualitas produk ini cukup bisa diandalkan.

No.8

Softbox Bulat 40cm untuk Flash Kamera

Mulai dari Rp60.300,00

Pencahayaan merata seperti photoshot profesional

Kelebihan:

  • Material berkualitas, tidak mudah rusak
  • Dapat digunakan untuk semua jenis flash kamera
  • Desainnya simpel dan praktis

Kekurangan:

  • Pemasangan langsung di flash kamera, mungkin agak menghambat gerakan Anda saat memotret

Bila Anda seorang pemula dalam hal fotografi, produk ini bisa jadi pilihan. Softbox ini hanya memiliki diameter sekitar 40 cm sehingga cukup simpel dan ringkas. Anda tidak akan kerepotan untuk mengemas dan membawanya. 


Meski ukurannya cukup mungil, softbox ini bisa membuat pencahayaan lampu makin merata. Bahkan, hasilnya pun tidak kalah seperti photoshot profesional. Anda pasti dibuat makin percaya diri dengan hasilnya!

No.9

Pro One Softbox Quick-Assemble Model Payung Strip Light 35 x 140 cm

Mulai dari Rp410.000,00

Lebih panjang dan pipih, cahaya makin sempit dan fokus

Kelebihan:

  • Hasil foto lebih detail dengan pencahayaan yang fokus
  • Kain diffuser ganda, buat cahaya makin lembut
  • Perakitan mudah dan simpel

Kekurangan:

  • Ukuran cukup panjang, agak memakan tempat saat disimpan

Ini adalah salah satu softbox strip cukup panjang yang bisa Anda temukan di pasaran. Anda bisa menggunakannya untuk foto model makeup, tata rambut, dan semacamnya. Hasilnya dijamin lebih detail sebab bentuknya yang pipih membuat area pencahayaan makin fokus. 


Ditambah lagi, adanya kain diffuser ganda berwarna putih di bagian depan membuat cahaya yang dihasilkan jadi makin softSoftbox ini juga memiliki cara perakitan yang mudah, yakni cukup dengan menarik tiang seperti payung.

No.10

Aputure Lantern Softbox

Mulai dari Rp1.330.000,00

Sudut pancaran cahayanya luas, mencapai 270°

Kelebihan:

  • Sudut pancaran cahaya luas hingga 270°

Kekurangan:

  • Harga cukup pricey

Seperti yang terlihat, bentuk softbox ini sangatlah unik. Tidak seperti softbox pada umumnya, produk ini memiliki desain sferis dengan diameter sekitar 66 cm. Hal itu membuat pancaran cahayanya meluas hingga mencapai sudut 270°. 


Dengan area pencahayaan seluas itu, softbox ini akan sangat cocok digunakan untuk foto grup. Ditambah lagi, softbox ini dilengkapi empat bagian rok untuk mengontrol kelembutan cahaya yang Anda inginkan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan fotografi lainnya di sini

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi produk softbox yang beragam. Di samping softbox, kami juga memiliki beragam rekomendasi produk lainnya yang bisa membuat hasil jepretan Anda makin maksimal. Untuk itu, simak juga artikel kami yang lainnya melalui tautan berikut ini!

Kesimpulan

Adanya softbox membuat cahaya lampu kamera bisa terpancar dengan lebih rata dan lembut. Objek foto Anda pun akan jauh lebih jelas, halus, bahkan lebih dramatis. Oleh karena itu, jangan lupa selalu gunakan softbox agar hasil jepretan Anda makin bagus.


Agar hasil makin maksimal, upgrade juga peralatan lain serta skill fotografi yang Anda miliki. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda untuk menemukan softbox yang cocok, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer