• 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah global warming, banyak orang mulai menggunakan energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang populer yaitu tenaga surya atau sinar matahari. Kini, Anda bisa menghemat pengeluaran listrik dengan membeli lampu bertenaga surya atau solar light.


Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang familier dengan lampu ini. Karenanya, kami akan menjelaskan cara kerja lampu tenaga surya serta tips memilihnya untuk Anda. Selanjutnya, ada juga rekomendasi merek lampu tenaga surya yang bagus, seperti Baseus, Morgen, Luci, dan Perfin di toko online. Silakan baca ulasannya di bawah!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara kerja lampu tenaga surya

Cara kerja lampu tenaga surya

Cahaya matahari ternyata bisa dijadikan energi alternatif untuk menggantikan tenaga listrik. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana lampu mengubah sinar matahari menjadi listrik dan membuatnya menyala sepanjang malam? Singkatnya, lampu ini dilengkapi panel surya yang akan menyerap cahaya matahari dan menampungnya di dalam baterai.


Panel surya terdiri dari beberapa lapisan silikon kristal dan zat kimia. Lapisan tersebut akan menciptakan lapisan elektron bermuatan negatif dan ruang bermuatan positif. Ketika sinar matahari mengenai panel, ia akan membangkitkan elektron negatif dan mendorongnya ke ruang bermuatan positif. Ruangan ini kemudian akan mentransfer elektron sebagai arus listrik searah dari panel surya ke dalam baterai. 


Karena energi yang dihasilkan tersimpan pada baterai, Anda dapat menggunakan energi tersebut selama masih tersedia di penampungan. Baterai yang menyimpan energi inilah yang memungkinkan lampu untuk menyala sepanjang malam meski sudah tidak ada cahaya matahari. 

Tabel perbandingan produk lampu tenaga surya terbaik

Gambar produk
1
Lampu Taman Bulat 8 LED Outdoor Tancap Tenaga Matahari Solar Mood 1

2
Lampu Taman Solar Tenaga Surya W2 1

3
Finether Lampu Hias Dekorasi Lebah 50 LED with Solar Panel 1

Finether

4
Giime Lampu Taman Tembok Dinding Tenaga Surya Waterproof 20 LED Orginal 1

Giime

5
Ultima 118 LED Lampu Taman Dinding Tenaga Surya  1

6
Perfin Bola Lampu Surya 1

Perfin

7
Baseus Energy Collection Series Solar Energy Human Body Induction Wall Lamp 1

Baseus

8
JIANLIPS Solar Sensor Light  1

JIANLIPS

9
Luci Core - Solar Portable Light 1

Luci

10
Morgen LED Solar Streetllight 1

Morgen

Nama produk

Lampu Taman Bulat 8 LED Outdoor Tancap Tenaga Matahari Solar Mood

Lampu Taman Solar Tenaga Surya W2

Lampu Hias Dekorasi Lebah 50 LED with Solar Panel

Lampu Taman Tembok Dinding Tenaga Surya Waterproof 20 LED Orginal

Ultima 118 LED Lampu Taman Dinding Tenaga Surya

Bola Lampu Surya

Energy Collection Series Solar Energy Human Body Induction Wall Lamp

Solar Sensor Light

Core - Solar Portable Light

LED Solar Streetllight

Keunggulan

Lampu mini yang bisa digunakan untuk area tangga

Gaya klasik yang mirip dengan lampu taman di Eropa

Bentuk lebah yang unik untuk menghias pepohonan

Sudut 120 derajat untuk pencahayaan yang lebih luas

Dengan panel surya besar dan nyala lampu superterang

Dilengkapi power display dan 5 pilihan mode pencahayaan

Mengisi daya 1 hari untuk pemakaian hingga 3 hari

Waterproof IP66 yang tahan semburan air dan partikel debu

Memiliki lengan silikon yang multifungsi!

Hemat energi, ramah lingkungan, dan aman

Harga mulai dariRp 22.750,00Rp 32.500,00Rp 45.400,00Rp 70.000,00Rp 160.550,00Rp 199.000,00Rp 230.000,00Rp 159.000,00Rp 390.000,00Rp 1.232.900,00
Jenis lampuLampu tamanLampu tamanLampu hias/tamanLampu dindingLampu dindingLampu portableLampu dindingLampu jalanLampu portableLampu jalan
Tingkah kecerahan8 LEDTidak disebutkan50 LED10 watt (20 LED x 0,5 watt)860 lumen (setara dengan 70 watt)100 watt260 lumen100 watt40 lumen20, 40, dan 60 watt
Durasi pengisian dayaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1 hari8 jam13 jam4 jam
Durasi pemakaian6 jam8–12 jam8 jam5–8 jam12–24 jam8–12 jam3 hari3 hari12 jam10 jam
FiturAntiair dan switch otomatisIP44IP65, sensor mati/nyala otomatis, dan pilihan mode pencahayaanSensor gerak dan IP65IP65, sensor gerak, dan 3 mode pencahayaanHemat energi, power display, remote control dan 5 mode pencahayaanSensor gerak otomatis dan IP653 mode pencahayaan, sensor gerak, remote control, dan IP664 mode pencahayaan, USB charging, dan IPX4IP65, hemat energi, pengatur waktu, dan remote control
Tautan produk

Cara memilih lampu tenaga surya

Sebelum masuk ke pembahasan tentang lampu tenaga surya terbaik, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Perhatikan lima poin penting di bawah ini agar Anda memperoleh produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan dengan tempat pemasangannya

Karena membutuhkan cahaya matahari untuk dapat bekerja, lampu tenaga surya biasanya hanya bisa dipasang di area outdoor. Tergantung di mana Anda akan memasangnya, desain dari lampu pun akan berbeda. Berikut ini kami berikan contoh lampu tenaga surya yang cocok dipasang di dinding, taman, dan jalan.

Untuk dinding, pilih yang lebar dan bisa dipasangkan ke tembok

Untuk dinding, pilih yang lebar dan bisa dipasangkan ke tembok

Solar light jenis ini dilengkapi dengan lubang paku atau baut untuk memasangkannya ke dinding. Pada produk berukuran kecil, biasanya hanya diperlukan satu buah paku saja. Sementara itu, lampu yang berukuran besar dipasang dengan dua paku atau lebih supaya kencang dan tidak mudah lepas. 


Kami merekomendasikan Anda memilih lampu yang ukurannya besar dan cahayanya terang. Selain itu, perhatikan juga sudut pencahayaannya. Makin lebar sudutnya, makin luas pula daerah yang akan mendapatkan penerangan.

Untuk jalan, gunakan yang tahan terhadap guyuran air

Untuk jalan, gunakan yang tahan terhadap guyuran air

Lampu tenaga surya untuk menerangi jalan biasanya dipasangkan pada sebuah tiang. Karena tidak ada atap yang melindunginya, Anda harus memilih produk yang memiliki kemampuan antiair dan antidebu. Terkait hal ini, pilihlah produk yang setidaknya memiliki label IPX4. Label ini berarti lampu tidak akan rusak meski terkena percikan air dari segala arah.


Di samping itu, direkomendasikan pula untuk memilih produk yang tahan terhadap debu. Bila lampu tenaga surya untuk jalan tidak tahan debu, lampu tersebut mungkin akan mudah kotor. Hal ini akan mengakibatkan ketahanan lampu berkurang dan menjadi cepat rusak.

Untuk di taman, cari yang bisa ditancapkan ke tanah

Untuk di taman, cari yang bisa ditancapkan ke tanah

Serupa dengan lampu jalan, lampu tenaga surya untuk di halaman rumah juga harus yang dilengkapi fitur waterproof. Di samping itu, lampu taman biasanya hadir dengan tangkai untuk ditancapkan ke dalam tanah. 


Karenanya, pemasangan lampu bertenaga surya ini sangat praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Produk ini umumnya tersedia dalam berbagai model dan desain yang bisa Anda sesuaikan dengan interior rumah secara keseluruhan.

Untuk dibawa bepergian, pilih lampu yang portable

Untuk dibawa bepergian, pilih lampu yang portable

Tak hanya dipasangkan secara permanen di suatu tempat, Anda juga bisa menemukan jenis lampu tenaga surya portable. Lampu ini memiliki ukuran yang ringkas serta dilengkapi pengait atau pegangan sehingga mudah dibawa bepergian. Anda bisa memanfaatkan solar light ini untuk berbagai kondisi, misalnya dibawa camping hingga dijadikan lampu darurat indoor.

Periksa tingkat kecerahannya

Periksa tingkat kecerahannya

Pada lampu pijar, tingkat kecerahan lampu bisa dilihat dari jumlah watt yang dimilikinya. Makin besar jumlah watt-nya, makin terang pula cahaya yang dihasilkan. Di sisi lain, kecerahan lampu LED bisa Anda cek dari jumlah lumennya. Sebagai acuan, lampu LED 375 lumen setara dengan lampu pijar berdaya 25 watt. Untuk memilihnya, sesuaikanlah tingkat kecerahan lampu dengan tempat Anda akan memasangnya. 


Misalnya, pilihlah lampu dengan watt atau lumen yang tinggi untuk dipasangkan di tiang jalan dan dinding. Sementara itu, Anda bisa memilih lampu dengan cahaya yang tidak begitu terang untuk dipasang di taman. Pasalnya, lampu taman biasanya dipasang berkelompok atau dalam jumlah banyak sehingga lampu berdaya rendah pun sudah cukup terang. 


Namun, harap diperhatikan bahwa beberapa produk mungkin tidak menyebutkan jumlah watt atau lumen dari lampu. Jika demikian, Anda bisa memeriksa jumlah LED-nya. Makin banyak jumlah lampu LED-nya, makin tinggi juga tingkat kecerahannya.

Ketahui durasi pengisian dan pemakaiannya

Ketahui durasi pengisian dan pemakaiannya

Proses pengisian daya lampu tenaga surya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan lampu listrik biasa. Umumnya, lampu membutuhkan waktu sepanjang hari selama hari cerah atau sekitar 8 jam hingga baterainya terisi penuh. Adapun durasi pemakaian atau nyala lampu tergantung pada kapasitas baterai.


Biasanya, produsen lampu tenaga surya akan memberi keterangan terkait berapa lama waktu pengecasan dan durasi nyala lampu. Jika tak tersedia, Anda juga bisa memeriksa kapasitas baterainya. Makin besar kapasitas baterainya, makin lama pula lampu bisa menyala. Di samping itu, pertimbangkanlah solar light yang bisa tersambung atau dicas menggunakan energi listrik untuk keperluan darurat.

Cek fitur lain yang dimiliki

Cek fitur lain yang dimiliki

Hal yang tak kalah penting untuk diperiksa saat memilih lampu tenaga surya adalah memeriksa fitur tambahannya. Pada lampu berkualitas unggul, produk biasanya dibekali fitur-fitur tambahan yang membuatnya terasa lebih praktis. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa Anda temukan pada lampu bertenaga surya:


  • Remote control: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengontrol lampu dari jarak jauh. Anda bisa menggunakan remote control untuk menyalakan, mematikan, hingga mengatur tingkat kecerahan lampu.
  • Mode pencahayaan: Beberapa lampu tenaga surya dilengkapi pilihan mode pencahayaan. Adapun mode yang paling umum adalah model nyala terang, sedang, dan rendah.
  • Sensor gerak: Fitur ini biasanya tersedia pada model lampu jalan dan lampu dinding. Sensor ini akan mendeteksi gerak manusia sehingga lampu akan menyala saat Anda berjalan ke arahnya. Jika Anda menginginkan produk yang dilengkapi fitur ini, jangan lupa untuk memeriksa rentang atau jangkauan sensornya, ya!
  • Sensor cahaya: Cara kerja fitur ini sama dengan sensor gerak. Sensor ini akan mendeteksi cahaya di sekitar untuk mengatur tingkat kecerahan lampu sesuai keadaan. Selain itu, sensor cahaya juga memungkinkan lampu untuk mati atau nyala secara otomatis saat pagi dan malam hari. 
  • Hemat energi: Fitur hemat energi atau energy saving berguna untuk memperpanjang durasi pemakaian atau nyala lampu. Fitur ini akan mengatur konsumsi daya dan kecerahan lampu supaya tetap bisa menyala beberapa jam lebih lama.

10 Rekomendasi lampu tenaga surya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu tenaga surya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MorgenLED Solar Streetllight

SSL200

Mulai dari Rp 1.232.900,00

Jenis lampuLampu jalan
Tingkah kecerahan20, 40, dan 60 watt
Durasi pengisian daya4 jam
Durasi pemakaian10 jam
FiturIP65, hemat energi, pengatur waktu, dan remote control
9
Jenis lampuLampu portable
Tingkah kecerahan40 lumen
Durasi pengisian daya13 jam
Durasi pemakaian12 jam
Fitur4 mode pencahayaan, USB charging, dan IPX4
8

JIANLIPSSolar Sensor Light

JLP-2178

Mulai dari Rp 159.000,00

Jenis lampuLampu jalan
Tingkah kecerahan100 watt
Durasi pengisian daya8 jam
Durasi pemakaian3 hari
Fitur3 mode pencahayaan, sensor gerak, remote control, dan IP66
7

BaseusEnergy Collection Series Solar Energy Human Body Induction Wall Lamp

Mulai dari Rp 230.000,00

Jenis lampuLampu dinding
Tingkah kecerahan260 lumen
Durasi pengisian daya1 hari
Durasi pemakaian3 hari
FiturSensor gerak otomatis dan IP65
6
Jenis lampuLampu portable
Tingkah kecerahan100 watt
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian8–12 jam
FiturHemat energi, power display, remote control dan 5 mode pencahayaan
5

Ultima 118 LED Lampu Taman Dinding Tenaga Surya

Mulai dari Rp 160.550,00

Jenis lampuLampu dinding
Tingkah kecerahan860 lumen (setara dengan 70 watt)
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian12–24 jam
FiturIP65, sensor gerak, dan 3 mode pencahayaan
4

GiimeLampu Taman Tembok Dinding Tenaga Surya Waterproof 20 LED Orginal

Mulai dari Rp 70.000,00

Jenis lampuLampu dinding
Tingkah kecerahan10 watt (20 LED x 0,5 watt)
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian5–8 jam
FiturSensor gerak dan IP65
3

FinetherLampu Hias Dekorasi Lebah 50 LED with Solar Panel

BE306

Mulai dari Rp 45.400,00

Jenis lampuLampu hias/taman
Tingkah kecerahan50 LED
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian8 jam
FiturIP65, sensor mati/nyala otomatis, dan pilihan mode pencahayaan
2

Lampu Taman Solar Tenaga Surya W2

Mulai dari Rp 32.500,00

Jenis lampuLampu taman
Tingkah kecerahanTidak disebutkan
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian8–12 jam
FiturIP44
1

Lampu Taman Bulat 8 LED Outdoor Tancap Tenaga Matahari Solar Mood

Mulai dari Rp 22.750,00

Jenis lampuLampu taman
Tingkah kecerahan8 LED
Durasi pengisian dayaTidak disebutkan
Durasi pemakaian6 jam
FiturAntiair dan switch otomatis

Baca juga rekomendasi produk lampu lainnya di sini

Selain solar light, kami juga telah mengulas produk lampu lainnya, seperti lampu pintar, lampu lantai, dan lampu gantung. Jika Anda penasaran, silakan baca ulasan lengkapnya pada tautan yang tersedia di bawah ini!

Kesimpulan

Di atas, kami telah merekomendasikan produk lampu tenaga surya untuk dipasang pada jalan, dinding, dan taman. Selain itu, ada juga lampu portabel yang bisa Anda bawa bepergian. Dari rekomendasi tersebut, manakah yang sudah Anda masukkan keranjang belanja?


Selain mencegah kerusakan lingkungan, energi alternatif pada lampu surya juga mampu menghemat konsumsi listrik rumah Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan. Kali ini kami akan menjelaskan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti AOKI, Olight, dan Naturehike. Anda bisa menemukan senter LED super terang di dalam rekomendasi kami. Bacalah artikel ini hingga tuntas dan temukan merk senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Lampu
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Sakelar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis sakelar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam sakelar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi merek sakelar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk sakelar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau BARDI mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan sebuah ruangan merupakan sesuatu yang vital karena pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni ruangan menjadi nyaman. Ada berbagai model lampu yang bisa digunakan untuk mengatur pencahayaan suatu ruangan, salah satunya lampu plafon.Di pasaran, ada berbagai tipe dan merek lampu plafon yang bagus. Jika Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi lampu plafon terbaik dari Philips, BARDI, dan sebagainya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips memilih lampu plafon untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek. Ada Philips, Chiyoda, hingga IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan merek lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan bisa memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips dan rekomendasi fitting lampu untuk Anda. Ada banyak jenis fitting lampu yang bisa Anda pilih, mulai dari jenis gantung, plafon, hingga fitting lampu colok. Bahkan, ada banyak pilihan merek fitting lampu yang bagus. Kami juga akan memberikan ulasan singkat fitting lampu merek Broco, Panasonic, Starco, dan lainnya. Silakan Anda baca hingga tuntas agar bisa mendapatkan produk fitting lampu terbaik!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Dinding Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Dinding Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemasangan lampu dinding pada area teras dan ruang tamu tentunya dapat mempercantik rumah Anda. Pemilihan lampu dinding yang bagus juga dapat membuat rumah Anda terlihat makin indah. Salah satu desain lampu dinding yang menarik dan cukup laris ialah lampu dinding klasik.  Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai berbagai macam desain dan merek lampu dinding klasik. Untuk itu, kami akan mengulas tips memilih produk lampu dinding klasik terbaik untuk area indoor dan outdoor. Kami juga akan merekomendasikan produk lampu dinding klasik dari material bambu, metal, baja, dan sebagainya. 
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori