1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Beberapa tahun terakhir anime China (donghua) mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai genre mudah ditemukan di situs streaming Indonesia.


Penasaran dengan anime China? Kami menyajikan tips memilih anime China terbaik untuk Anda. Temukan rekomendasi judul anime China yang seru, seperti Scissor SevenHeaven Official's BlessingLegend of Exorcism, dan sebagainya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, baca artikel ini sampai tuntas!

Diperbaharui 11-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengenal donghua, anime dari negeri panda

Mengenal donghua, anime dari negeri panda
Sumber: netflix.com

Anime China mulai mencuri perhatian kita di tengah gegap gempita anime Jepang dan Korea Selatan. Sejarah anime China, yang merujuk pada animasi, sesungguhnya sudah berusia seabad ketika Out of the Inkwell ditayangkan di Shanghai. Setelah itu, animasi China banyak tampil dalam format iklan. Baru ketika Wan Bersaudara datang pada 1926, film animasi China mulai hadir di bioskop-bioskop Tiongkok.


Kejayaan film animasi berhenti pada 1966, tetapi industri animasi kembali mendapatkan momennya pada 2006. Tiongkok diserbu anime-anime dari Jepang dan Amerika Serikat. Melihat besarnya ceruk pasar dan bahaya yang mengancam identitas nasional, Pemerintah Tiongkok memutuskan untuk mengembangkan industri ini.


Akhirnya, donghua (istilah untuk anime China) berkembang besar-besaran. Bantuan pemerintah membuat ribuan studio China bergairah. Tambahan lagi, cerita donghua pun banyak diambil dari manhua, komik berbahasa mandarin buatan Tiongkok daratan, Hongkong, dan Taiwan.

Cara memilih anime China

Saat ini popularitas donghua atau anime China mulai menyerbu Indonesia. Terdapat banyak judul anime China yang bisa ditonton melalui media khusus. Supaya Anda tidak membuang banyak waktu untuk memilih judul yang akan ditonton, kami menyiapkan poin-poin berikut.

① Kenali genre yang diminati dalam anime China

Meskipun memiliki berbagai genre, ada sejumlah genre yang mendapat penggemar lebih besar sehingga lebih banyak digarap. Anda akan menemukan anime dengan genre-genre tersebut di kanal tontonan. Apa saja genre tersebut? Yuk, simak sejenak.

Wuxia, adu laga dengan seni bela diri Tiongkok

Wuxia, adu laga dengan seni bela diri Tiongkok
Sumber: netflix.com

Wuxia adalah genre yang banyak mengangkat seni bela diri (martial arts) Tiongkok, baik kuno maupun modern. Genre ini menampilkan bagaimana para tokoh utama alias MC (main character) belajar bela diri hingga mahir menggunakannya. Dalam sejumlah anime biasanya digambarkan MC memiliki overpower (kekuatan luar biasa) hingga mampu menghancurkan gedung dengan satu tangan.


Tokohnya beragam, mulai dari anak sekolah (overpower school) hingga orang dewasa seperti dalam serial Scissor Seven. Serial komedi ini mengajak Anda mengikuti perjalanan Seven, seorang pembunuh bayaran yang memulai kariernya dari bawah.

Xianxia, menelusuri perjalanan para manusia abadi

Xianxia, menelusuri perjalanan para manusia abadi
Sumber: netflix.com

Bagi Anda yang menggemari kisah dengan latar sihir atau kekuatan supranatural, Anda pasti tidak asing dengan genre ini. Genre fantasi banyak mewarnai anime-anime China. Jika dalam anime Jepang Anda mengenal isekai, di dalam anime China Anda harus tahu xianxia.


Xianxia secara harfiah berarti "pahlawan abadi" atau "immortal hero". Genre ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari wuxia. Berbeda dengan wuxia yang menyorot kekuatan, xianxia menunjukkan tekad hidup abadi. Anda akan menemukan elemen-elemen fantasi, seperti iblis, dewa, dan makhluk abadi. Genre ini juga banyak mengambil perspektif Taoisme.


Contoh serial dalam genre ini adalah The Daily Life of Immortal King. Anda akan menyaksikan usaha seorang bocah sakti dan abadi dalam menyembunyikan kekuatannya. Penuh adegan aksi dan tentu saja elemen fantasi.

Xuanhuan, fantasi yang mengangkat makhluk mitologi Tiongkok

Xuanhuan, fantasi yang mengangkat makhluk mitologi Tiongkok
Sumber: netflix.com

Xuanhuan adalah genre berisikan elemen fantasi yang diambil dari mitologi China. Xuanhuan, secara harfiah, berarti fantasi misterius. Meskipun sama-sama mengambil tema fantasi, xuanhuan dapat dibedakan dengan mudah dari xianxia. Genre xuanhuan tidak menampilkan tokoh abadi dan tidak terpatok pada ajaran Taoisme.


Dalam film genre xuanhuan ini Anda bisa menemukan kisah Dewi Bulan pada Over the Moon. Contoh film lainnya adalah New Gods: The Nazha Reborn, yang menampilkan Nazha atau di Indonesia lebih dikenal dengan Nacha.

② Pertimbangkan anime China serial atau movie

Pertimbangkan anime China serial atau movie

Anime China hadir dalam bentuk tayangan tunggal dan serial. Dalam hal ini, perhatikan waktu yang Anda miliki untuk menontonnya.


  • Movie

Jika Anda sedang sangat sibuk, hindari menonton anime serial dengan jumlah episode yang panjang. Sebaiknya, pilih anime China berupa movie yang tamat dalam sekali tayang. Biasanya movie memiliki waktu 1–2 jam.


  • Serial

Namun, jika Anda bisa membagi waktu dengan baik, tentunya tidak masalah menonton anime serial. Anime dengan jumlah episode banyak lebih enak ditonton saat Anda punya waktu luang berlimpah. Kelebihan anime serial adalah pengisahan yang lebih detail, penokohan yang lebih tajam, dan kompleksitas yang lebih tinggi.

③ Cari tahu juga gaya animasinya

Cari tahu juga gaya animasinya
Sumber: netflix.com

Animasi terbagi ke dalam dua gaya, yaitu 2D (2 dimensi) dan 3D (3 dimensi). Kedua jenis gaya anime tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


  • Animasi 2D menggunakan kumpulan gambar yang kemudian dirangkai hingga menimbulkan kesan gambar bergerak. Gambar yang digunakan hanya memiliki dua dimensi, yaitu dimensi panjang dan lebar. Animasi ini hanya menunjukkan gambar yang terlihat dari depan. Tidak ada kedalaman sama sekali.

  • Animasi 3D menampilkan gambar dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Gambar animasi 3D ini tampak seperti nyata dan sungguh hidup.

10 Rekomendasi anime China terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime China terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sharefun Studio, AHA Entertainment, Nurostar

Scissor Seven

Sharefun Studio, AHA Entertainment, Nurostar Scissor Seven 1枚目

Aksi pembunuh bayaran yang akan membuat Anda tertawa

2

Bilibili, Haoliners Animation League

Heaven Official's Blessings

Bilibili, Haoliners Animation League Heaven Official's Blessings 1枚目

Ketika sang dewa harus berhadapan dengan raja iblis

3

Bilibili, Haoliners Animation League

The Daily Life of Immortal King

Bilibili, Haoliners Animation League The Daily Life of Immortal King 1枚目

Susahnya menyembunyikan kekuatan mahadahsyat di sekolah

4

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Base FX, Beijing Sparkle Roll Media Corporation, Flagship Entertainment Group, Boss Collaboration, Tencent Pictures, Cultural Investment Holdings

Wish Dragon

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Base FX, Beijing Sparkle Roll Media Corporation, Flagship Entertainment Group, Boss Collaboration, Tencent Pictures, Cultural Investment Holdings Wish Dragon 1枚目

Sebutkan tiga permintaan Anda dan naga ini akan mengabulkannya!

5

Bilibili, Sparkly Key Animation Studio

Legend of Exorcism

Bilibili, Sparkly Key Animation Studio Legend of Exorcism 1枚目

Anime 3D dengan garapan yang sangat halus bagai manusia nyata

6

Beijing Enlight Media, Bi An Tian (Beijing) Culture, Studio Mir

Big Fish and Begonia

Beijing Enlight Media, Bi An Tian (Beijing) Culture, Studio Mir Big Fish and Begonia 1枚目

Kisah fantasi mengharukan seorang gadis lumba-lumba di dunia manusia

7

Light Chaser Animation Studios, Alibaba Pictures, Bona Film Group, Bilibili, Pop Mart

New Gods: Nezha Reborn

Light Chaser Animation Studios, Alibaba Pictures, Bona Film Group, Bilibili, Pop Mart New Gods: Nezha Reborn 1枚目

Reinkarnasi Nezha pada zaman modern yang melawan klan penjahat

8

Light Chaser Animation, Alibaba Pictures, Tianjin Maoyan Weiying Culture Media, Bilibili

White Snake 2: Green Snake

Light Chaser Animation, Alibaba Pictures, Tianjin Maoyan Weiying Culture Media, Bilibili White Snake 2: Green Snake 1枚目

Chinese folk tale klasik dengan modern twist!

9

CoMix Wave Films, Haoliners Animation League

Flavors of Youth

CoMix Wave Films, Haoliners Animation League Flavors of Youth 1枚目

Kenangan, kerinduan, dan pahit manisnya cinta pertama

10

Netflix Animation, Pearl Studio, Dentsu Entertainment, Sony Pictures Imageworks, Glen Keane Productions

Over the Moon

Netflix Animation, Pearl Studio, Dentsu Entertainment, Sony Pictures Imageworks, Glen Keane Productions Over the Moon 1枚目

Kisah Dewi Bulan ini mengajarkan makna tragedi dalam kehidupan

Perincian produk
Close
No.1

Sharefun Studio, AHA Entertainment, NurostarScissor Seven

Aksi pembunuh bayaran yang akan membuat Anda tertawa

Seven terbangun tanpa ingat siapa dirinya. Untuk membiayai pengobatan amnesia yang dialaminya, Seven menjadi pembunuh bayaran sambil menyamar menjadi tukang salon. Kemampuannya membunuh benar-benar kacau. Dia justru menyelesaikan masalah klien tanpa harus membunuh.


Tanpa korban nyawa, peringkatnya merosot ke posisi 17.369, padahal sebelum amnesia dia adalah pembunuh bayaran nomor satu! Meski berkisah tentang pembunuh bayaran, anime China dengan genre aksi ini akan mengocok perut Anda. Ulah Seven dan kedua sahabatnya benar-benar kocak. Jika Anda menyukai martial arts dan komedi, serial ini cocok untuk Anda.

No.2

Bilibili, Haoliners Animation LeagueHeaven Official's Blessings

Ketika sang dewa harus berhadapan dengan raja iblis

Serial anime ini diadaptasi dari novel populer karya Mo Xiang Tong Xiu. Ceritanya mengisahkan tentang seorang dewa sekaligus putra mahkota, Xie Lian, yang diturunkan ke Bumi. Xie Lian akan diterima kembali ke nirwana jika berhasil menjalankan misi menangkap hantu misterius.


Misinya membuat Xie Lian berjumpa dengan sosok raja iblis yang ditakuti penghuni nirwana. Tanpa Xie Lian tahu, raja iblis ternyata sudah mengawasinya sejak lama. Apa yang diinginkan raja iblis dan bagaimana Xie Lian menyelesaikan misi? Selain dilengkapi adegan pertarungan penuh aksi, anime ini juga dibumbui romansa, lho! Anda akan dimanjakan dengan animasi 2D yang menawan.

No.3

Bilibili, Haoliners Animation LeagueThe Daily Life of Immortal King

Susahnya menyembunyikan kekuatan mahadahsyat di sekolah

Wang Ling adalah seorang genius yang sangat sakti. Sejak berumur setahun, Wang Ling pasti naik level setiap dua tahun sekali. Kini pada usia ke-16, kekuatannya tak terbatas. Dia bisa menghancurkan apa pun dengan mudahnya. Namun, Wang Ling sebenarnya ingin menjalani masa SMA dengan tenang. Dia pun setengah mati menyembunyikan kekuatannya yang hebat.


Anda ingin tahu bagaimana Wang Ling menyembunyikan kekuatannya? Masukkanlah animasi yang diadaptasi dari novel ini ke dalam list untuk ditonton. Anime China ini makin seru karena kisahnya dibumbui dengan percintaan dan persahabatan khas anak SMA.

No.4

Columbia Pictures, Sony Pictures Animation, Base FX, Beijing Sparkle Roll Media Corporation, Flagship Entertainment Group, Boss Collaboration, Tencent Pictures, Cultural Investment HoldingsWish Dragon

Sebutkan tiga permintaan Anda dan naga ini akan mengabulkannya!

Din Song merindukan Li Na, sahabat masa kecilnya yang nyaris tak terjangkau karena strata sosial mereka begitu berbeda. Namun, sebuah teko teh memberi kesempatan yang tak terduga. Diam-diam teko tersebut menyimpan rahasia. Seekor naga akan keluar saat dibutuhkan. Naga tersebut istimewa karena dia adalah naga pengabul keinginan!


Film anime China ini membawa penonton menjelajah Beijing modern. Gedung pencakar langit dan kemacetan lalu lintas menjadi pemandangan yang akrab, tetapi masih ada kehangatan keluarga di sini. Karena itu, tontonlah film ini bersama keluarga saat momen istimewa.

No.5

Bilibili, Sparkly Key Animation StudioLegend of Exorcism

Anime 3D dengan garapan yang sangat halus bagai manusia nyata

Hong Jun datang ke kota Chang'an dan bergabung dengan kelompok pengusir Iblis. Pekerjaan mereka sangat banyak karena para iblis tidak pernah bosan mengganggu manusia. Namun, apakah kelompok pengusir Iblis masih mau menerimanya jika tahu darah Iblis mengalir dalam diri Hong Jun? Saksikanlah anime ini jika Anda ingin tahu kelanjutannya.


Pertempuran dengan iblis termasuk salah satu tema yang difavoritkan penonton di China. Mengambil sudut pandang Kong Hongjun, Anda akan diajak mengikuti pertempuran besar manusia dan iblis. Selain memiliki kisah yang seru, visualnya pun menyegarkan mata!

No.6

Beijing Enlight Media, Bi An Tian (Beijing) Culture, Studio MirBig Fish and Begonia

Kisah fantasi mengharukan seorang gadis lumba-lumba di dunia manusia

Memasuki usia dewasa, Chun harus masuk ke dunia manusia dalam rupa lumba-lumba merah. Dia bertemu seorang lelaki dan jatuh cinta kepadanya. Sayangnya, Chun terjerat jaring nelayan dan lelaki tersebut tewas ketika menyelamatkannya. Chun berusaha mengembalikan jiwa bocah itu ke dunia manusia, termasuk memberikan separuh nyawanya.


Film ini merupakan adaptasi dari cerita Tiongkok kuno. Pembuatannya memakan waktu bertahun-tahun karena terbentur biaya. Saat akhirnya tayang di bioskop, para fans menyebutnya "kebangkitan industri animasi China". Anda pasti penasaran ingin tahu lebih jauh tentang kisah Chun. Yuk, segera tonton film ini.

No.7

Light Chaser Animation Studios, Alibaba Pictures, Bona Film Group, Bilibili, Pop MartNew Gods: Nezha Reborn

Reinkarnasi Nezha pada zaman modern yang melawan klan penjahat

Yunxiang, seorang pembalap motor, terlibat perseteruan dengan klan penguasa kota. Klan tersebut memegang hak atas air bagi warga kota. Perseteruan pada suatu malam telah membuat Yunxiang menyadari siapa dirinya. Ternyata dia adalah reinkarnasi Nezha, atau Nacha, dewa yang dikenal di mitologi Tiongkok.


Anime ini memadukan kisah modern dengan mitologi. Anda yang sedang mencari tontonan bertema segar bisa mempertimbangkan judul ini. Anime ini tidak hanya memiliki latar yang berbeda, tetapi juga detail animasi yang keren. Anda tidak akan bosan mengagumi detail animasi yang digarap dengan sangat serius ini.

No.8

Light Chaser Animation, Alibaba Pictures, Tianjin Maoyan Weiying Culture Media, BilibiliWhite Snake 2: Green Snake

Chinese folk tale klasik dengan modern twist!

Penggemar Chinese folk tale pasti sudah tak asing dengan Legenda Siluman Ular Putih. Pada 2019 silam Light Chaser Animation memproduksi animasi China berjudul White Snake yang mengisahkan kisah cinta Siluman Ular Putih. Nah, Green Snake yang tayang di Netflix Juli 2021 ini merupakan sekuel dari White Snake.


Kali ini cerita berpusat pada Siluman Ular Hijau, Xiao Qing, yang bertualang untuk menolong sang kakak. Pada perjalanan kali ini Xiao Qing bertemu lelaki misterius yang melupakan masa lalunya. Petualangan apa yang akan keduanya hadapi? Film animasi ini direkomendasikan untuk penggemar adaptasi Chinese folk tale yang digarap kekinian!

No.9

CoMix Wave Films, Haoliners Animation LeagueFlavors of Youth

Kenangan, kerinduan, dan pahit manisnya cinta pertama

Flavors of Youth merupakan film kerja sama Jepang dengan Tiongkok. Anime China ini menceritakan tiga kisah yang berkutat pada permasalahan anak muda. Anda akan mengikuti kisah tiga anak muda di Tiongkok yang berada di tengah gelombang perubahan. Permasalahannya sangat khas, yaitu kenangan dan kerinduan terhadap orang-orang tersayang.


Karakter-karakter yang hadir dalam anime ini sangat sederhana dan mudah ditemukan di dekat kita. Namun, Anda akan mendapatkan nilai-nilai inspiratif dalam kesederhanaan tersebut. Anda yang menyukai anime bergenre percintaan atau sedang mengalami rindu pada seseorang bisa menyaksikan film beralur maju-mundur ini.

No.10

Netflix Animation, Pearl Studio, Dentsu Entertainment, Sony Pictures Imageworks, Glen Keane ProductionsOver the Moon

Kisah Dewi Bulan ini mengajarkan makna tragedi dalam kehidupan

Ada seorang gadis cilik bernama Fei Fei. Dia percaya bahwa Dewi Bulan sungguh ada, tetapi semua orang menertawakannya habis-habisan. Untuk membuktikannya, dia membuat roket menuju bulan. Saat tiba di bulan, Fei Fei disambut Dewi Bulan. Namun, kenyataan yang ia temukan di sana benar-benar mengejutkan.


Sebenarnya, apa yang dialami Fei Fei ketika sampai di Bulan? Jika Anda penasaran dengan kelanjutan ceritanya, tontonlah animasi ini sampai tuntas. Bumbu masalah universal, seperti kesedihan dan perpisahan, membuat film ini terasa relate ditonton oleh siapa pun.

Baca juga rekomendasi film animasi atau anime lainnya di sini

Setelah membaca rekomendasi kami, Anda mungkin ingin membaca artikel lain yang membahas film animasi atau anime lainnya. Agar Anda tidak merasa penasaran, mari simak tautan-tautan di bawah ini dan perkaya wawasan Anda tentang beragam film.

Kesimpulan

Poin-poin yang sebaiknya diperhatikan sebelum memilih judul anime China untuk ditonton telah dijabarkan. Rekomendasi anime China pun telah diberikan. Ingat! Pilih genre yang tepat agar ekspektasi Anda tidak meleset saat menonton.


Pastikan juga Anda mengetahui panjang tontonan dan menyesuaikannya dengan waktu yang dimiliki. Jangan sampai acara menonton Anda tidak tuntas karena ada tugas yang menanti. Selesai sudah pembahasan mengenai anime China terbaik. Selamat memilih judul dan menontonnya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer