1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Masker Kunyit Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Selain sebagai sebagai obat tradisional dan bumbu dapur, kunyit juga memiliki kandungan dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Beberapa orang biasanya membuat ramuan masker secara tradisional. Namun, cara ini kurang praktis.


Kini Anda tidak perlu repot-repot membuat masker sendiri. Di pasaran, sudah banyak masker kunyit terbaik yang bisa Anda dapatkan. Kali ini, kami akan mengulas sepuluh merek masker kunyit yang bagus, seperti Himalaya, Luxcrime, atau Lea Gloria. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 08-01-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Mengenal manfaat kunyit untuk wajah

Mengenal manfaat kunyit untuk wajah

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, tetapi rempah ini juga digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. Alasannya, kunyit memiliki kandungan yang bagus untuk kecantikan kulit, seperti antioksidan dan anti-inflamasi. Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk wajah:


1. Membantu mengurangi jerawat

Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalam kunyit dapat mengatasi peradangan pori-pori kulit akibat jerawat. Selain itu, kunyit juga mengurangi produksi minyak berlebih sehingga meminimalkan pertumbuhan jerawat.


2. Menyamarkan bekas jerawat

Selain membantu mengurangi jerawat, kunyit juga rupanya dapat menyamarkan bekas jerawat jika digunakan secara rutin. Perpaduan antioksidan dan sifat anti-inflamasi pada kunyit bekerja sama dalam memperbaiki struktur pori-pori wajah yang rusak.


3. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi ditandai dengan adanya bercak gelap pada area kulit wajah. Kunyit dipercaya dapat mengatasi masalah ini hingga 14 persen. Pasalnya, kandungan antioksidan dalam kunyit mampu mencegah radikal bebas yang menghancurkan sel-sel sehat.


4. Mengurangi kerutan di wajah

Kerutan bukan hanya terjadi karena penuaan, melainkan dapat muncul jika kulit terlalu lama terpapar matahari tanpa dilindungi sunscreen. Kunyit mampu membantu mengatasi hal tersebut karena ia mengandung antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas seperti polusi dan sinar UV. Dengan rutin menggunakan masker kunyit, kulit wajah akan kembali kenyal dan sehat.


5. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran mata hitam atau mata panda dapat disebabkan karena faktor keturunan, kurang tidur, atau terpapar sinar matahari. Sebagai masker pencerah alami, kunyit dapat mengurangi mata panda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker kunyit

Melihat manfaatnya yang bagus bagi kecantikan kulit, tentunya membuat Anda tergiur ingin mencoba masker kunyit. Sebelum membeli produknya, simak terlebih dulu cara memilih masker kunyit agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

① Pilih berdasarkan jenis maskernya

Masker wajah terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain sheet mask, clay mask, peel-off mask, wash off mask, mud mask, exfoliating mask, dan sleeping mask. Masker kunyit yang beredar di pasaran umumnya menggunakan jenis wash off mask, clay mask, mud mask, dan exfoliating mask. Apa saja ya perbedaannya? Simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Wash off mask, dapat membersihkan kulit secara efektif

Wash off mask, dapat membersihkan kulit secara efektif

Wash off mask adalah jenis masker yang diaplikasikan dengan cara mengoleskan masker pada wajah lalu dibilas menggunakan air. Jenis masker ini bisa berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air.

Clay mask, cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak

Clay mask, cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak

Clay mask adalah masker wajah berbahan dasar tanah liat yang terdiri dari dua tipe, yaitu kaolin dan bentonite. Jenis masker ini memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi perawatan kulit seperti kalsium, silika, serta magnesium. 


Masker clay sangat direkomendasikan untuk pemilik wajah berminyak karena mampu menyerap sebum berlebih di kulit. Namun, bukan berarti tidak boleh digunakan oleh pemilik kulit kering.

Mud mask, masker lumpur untuk menghidrasi kulit

Mud mask, masker lumpur untuk menghidrasi kulit

Bahan utama mud mask adalah lumpur yang biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis. Teksturnya hampir menyerupai clay mask, tetapi mud mask mengandung air yang lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit. Masker ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit.

Exfoliating mask, memiliki bahan aktif untuk mengangkat sel kulit mati

Exfoliating mask, memiliki bahan aktif untuk mengangkat sel kulit mati

Exfoliating mask mengandung bahan aktif yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan aktif yang digunakan bisa berasal dari bahan alami atau kimia. Bahan alami berupa butiran scrub dari kopi, oat, atau gula. Sementara itu, bahan kimia meliputi AHA, BHA, asam laktat, dan retinol.

② Sesuaikan dengan permasalahan kulit

Sesuaikan dengan permasalahan kulit

Meskipun sama-sama berbahan dasar kunyit, berbagai merek masker kunyit tentunya memiliki manfaat utama yang berbeda-beda. Ada masker kunyit yang fokus untuk menyembuhkan jerawat, ada pula masker kunyit yang bekerja untuk menyamarkan bekas jerawat. Hal tersebut tergantung pada bahan-bahan lain yang terkandung di dalam masker.


Maka dari itu, penting untuk mengenali permasalahan kulit Anda terlebih dahulu agar dapat memperoleh hasil yang optimal. Apabila Anda memiliki wajah kering, gunakan masker kunyit yang berfungsi melembapkan dan menghidrasi kulit. Sebaliknya, jika wajah anda berminyak, carilah masker kunyit yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih.

③ Perhatikan kandungan alami lain di dalamnya

Perhatikan kandungan alami lain di dalamnya

Masker kunyit biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain agar hasil yang diberikan maksimal. Hal ini harus Anda perhatikan untuk memastikan apabila ada kandungan yang tidak cocok dengan wajah Anda. Berikut ini beberapa bahan alami yang terkandung dalam masker kunyit beserta manfaatnya.


  • Beras: melembapkan kulit, mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini
  • Lidah buaya: melembapkan dan menenangkan kulit yang terbakar
  • Squalene: menghidrasi dan membuat kulit tampak cerah
  • Minyak kemiri: melembapkan wajah dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata
  • Chamomile: mengurangi peradangan kulit
  • Licorice: mengurangi timbulnya pigmentasi dan melindungi kulit dari sinar UV
  • Lemon: mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat
  • Nimba: melawan bakteri penyebab jerawat dan membasmi komedo
  • Bengkoang: mencerahkan wajah dan meningkatkan produksi kolagen
  • Calendula: menghidrasi dan menyehatkan kulit yang rusak
  • Kefir: membunuh bakteri untuk berbagai permasalahan kulit
  • Minyak zaitun: melembapkan kulit

10 Rekomendasi masker kunyit terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker kunyit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Himalaya

Purifying Neem Mask

Himalaya Purifying Neem Mask 1枚目

Memiliki masalah wajah berminyak? Produk ini bisa Anda andalkan!

2

Luxcrime

Turmeric Jasmine Mud Mask

Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask 1枚目

Efektif untuk mencerahkan dan menyegarkan wajah yang kusam

3

Lea Gloria

Turmeric Organic Mask

Lea Gloria Turmeric Organic Mask 1枚目

Solusi melembapkan wajah dengan harga terjangkau

4

Kiehl's

Turmeric and Cranberry Seed Energizing Radiance Masque

Kiehl's  Turmeric and Cranberry Seed Energizing Radiance Masque 1枚目

Exfoliating mask yang mengandung antiperadangan

5

Habiti Organic

Turmeric Facemask

Habiti Organic Turmeric Facemask 1枚目

Hadir dalam kemasan yang ramah lingkungan

6

EVT (Evete Naturals)

Yellow Glow Easymix Mask Kit

EVT (Evete Naturals) Yellow Glow Easymix Mask Kit  1枚目

Dilengkapi dengan essence, atasi wajah kusam dan bekas jerawat

7

Bielskin

Natural Wash Off Mask Turmeric and Coconut Oil

Bielskin Natural Wash Off Mask Turmeric and Coconut Oil 1枚目

Kebaikan bahan alam untuk memberantas jerawat sekaligus bekasnya

8

Runaskin

Yellow Turmeric Mask

Runaskin Yellow Turmeric Mask 1枚目

Kulit cerah dan bebas jerawat dengan satu produk!

9

JUARA

Turmeric Antioxidant Radiance Mask

JUARA Turmeric Antioxidant Radiance Mask 1枚目

Masker untuk meremajakan kulit wajah

10

Lovely Kefir Nature

Masker Kefir Etawa Kunyit

Lovely Kefir Nature Masker Kefir Etawa Kunyit 1枚目

Perpaduan kunyit dan kefir dapat menstimulasi produksi kolagen

Perincian produk
Close
No.1

HimalayaPurifying Neem Mask

Mulai dari Rp25.000,00

Memiliki masalah wajah berminyak? Produk ini bisa Anda andalkan!

Sebenarnya, bahan utama dari Himalaya Neem Mask adalah daun nimba. Kandungan ini bersifat antibacterial dan astringent untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Meskipun begitu, pada masker ini juga terdapat kandungan kunyit sebagai antiperadangan. 


Karena itu, produk ini bisa diandalkan oleh Anda yang wajahnya berminyak serta rentan berjerawat. Masker Himalaya bekerja dengan membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum. Sayangnya, masker ini kurang direkomendasikan untuk pemilik kulit kering dan sensitif karena dapat membuat wajah makin kering.

No.2

LuxcrimeTurmeric Jasmine Mud Mask

Mulai dari Rp119.000,00

Efektif untuk mencerahkan dan menyegarkan wajah yang kusam

Wajah yang kusam dan lelah dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan faktor usia. Untuk mengembalikan kesegaran pada wajah, gunakan Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask. Masker kunyit ini kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-iritasi.


Tidak hanya itu, terdapat ekstrak melati yang memberikan kelembapan alami serta akar licorice untuk mencerahkan wajah. Oleskan masker ini pada wajah Anda secara merata, lalu bilas menggunakan air bersih setelah 20 menit.

No.3

Lea GloriaTurmeric Organic Mask

Mulai dari Rp5.000,00

Solusi melembapkan wajah dengan harga terjangkau

Apabila Anda tertarik menggunakan masker organik berbahan dasar kunyit, cobalah Lea Gloria Turmeric! Dengan harga terjangkau, masker ini dapat menutrisi serta memberikan kesegaran pada kulit wajah. Anda cukup mencampurkan bubuk masker menggunakan air biasa atau air mawar, lalu oleskan pada bagian wajah. Setelah masker dibilas, wajah Anda akan lebih halus dan lembap.

No.4

Kiehl's Turmeric and Cranberry Seed Energizing Radiance Masque

Mulai dari Rp240.000,00

Exfoliating mask yang mengandung antiperadangan

Ingin eksfoliasi wajah sambil maskeran? Kiehls Turmeric and Cranberry Seed Energizing Radiance Masque bisa menjadi solusi! Selain berbahan utama kunyit, masker ini juga mengandung biji cranberry untuk mengeksfoliasi wajah dan resveratrol sebagai antiperadangan.


Dengan rutin menggunakannya, niscaya wajah Anda akan halus dan cerah. Cukup gunakan masker ini 23 kali seminggu karena eksfoliasi wajah yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit.

No.5

Habiti OrganicTurmeric Facemask

Mulai dari Rp65.000,00

Hadir dalam kemasan yang ramah lingkungan

Biasanya, masker organik dikemas dengan menggunakan standing pouch. Namun, Habiti Organic Turmeric Facemask hadir dengan kemasan tube yang ramah lingkungan karena terbuat dari kertas. Jadi, produk ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin merawat wajah sekaligus turut menjaga kelestarian lingkungan.


Masker ini kaya akan kandungan antioksidan dari kunyit yang berfungsi mencerahkan dan meregenerasi kulit. Selain itu, produk ini juga bisa meratakan warna kulit, menghaluskan kulit, serta mengangkat sel kulit mati.

No.6

EVT (Evete Naturals)Yellow Glow Easymix Mask Kit

Mulai dari Rp88.000,00

Dilengkapi dengan essence, atasi wajah kusam dan bekas jerawat

Yellow Glow Easymix Mask Kit ditujukan untuk Anda yang memiliki permasalahan kulit kusam dan bekas jerawat. Produk ini juga dapat membantu membasmi komedo. Evete menghadirkan masker kunyit yang unik dan sedikit berbeda dari produk lain.


Masker ini dari satu botol essence berukuran 70 ml, 12 sachet masker bubuk, serta sendok takar. Cara mengaplikasikannya, Anda tinggal mencampurkan masker bubuk dengan essence yang telah disediakan menggunakan sendok takar. Kemudian ratakan pada bagian wajah. Mudah, bukan?

No.7

BielskinNatural Wash Off Mask Turmeric and Coconut Oil

Mulai dari Rp20.000,00

Kebaikan bahan alam untuk memberantas jerawat sekaligus bekasnya

Setelah jerawat mereda, permasalahan baru yang biasanya muncul adalah bekas jerawat. Untuk menghadapi kedua situasi ini, Anda bisa menggunakan masker organik dari Bielskin. Kandungan kunyit dan minyak kelapa di dalamnya mampu membantu meredakan jerawat sekaligus memudarkan bekasnya. Tak hanya itu, dengan rutin menggunakan masker ini, wajah Anda akan tampak cerah dan warna kulit merata.

No.8

RunaskinYellow Turmeric Mask

Mulai dari Rp6.000,00

Kulit cerah dan bebas jerawat dengan satu produk!

Kombinasi kunyit dengan niacinamide pada Runaskin Yellow Turmeric Mask mampu membersihkan pori-pori sekaligus mencegah timbulnya bakteri penyebab jerawat. Jadi, masker ini bisa diandalkan oleh Anda yang ingin wajahnya tampak bersih dan cerah.


Wash off mask ini juga dapat mengurangi peradangan akibat jerawat. Agar hasil lebih maksimal, Anda disarankan untuk mencampurkan bubuk masker ini dengan air mineral.

No.9

JUARATurmeric Antioxidant Radiance Mask

Mulai dari Rp575.000,00

Masker untuk meremajakan kulit wajah

Remajakan kulit wajah Anda yang kusam dengan Juara Turmeric Antioxidant Mask. Masker ini diformulasikan untuk meredakan kemerahan, membersihkan pori-pori, dan meratakan warna kulit. Di dalamnya juga terdapat kandungan minyak kemiri yang dapat melembapkan kulit kering.


Hadir dalam bentuk clay mask, produk ini menggunakan kaolin sebagai bahan untuk menarik kotoran pada kulit. Anda bisa mengaplikasikan masker ini 1–3 kali per minggu dengan pemakaian 10–15 menit.

No.10

Lovely Kefir NatureMasker Kefir Etawa Kunyit

Mulai dari Rp15.500,00

Perpaduan kunyit dan kefir dapat menstimulasi produksi kolagen

Kefir merupakan bahan masker yang berasal dari hasil fermentasi susu kambing atau sapi. Hasil fermentasi ini mengandung lactobacillus yang dapat membersihkan wajah dari kotoran. Lovely Kefir Nature memadukan keunggulan kefir dengan kunyit untuk mengatasi beruntusan dan meredakan jerawat. 


Selain itu, produk ini juga dapat mencerahkan wajah, memperbaiki jaringan kulit, serta menstimulasi produksi kolagen. Bagi Anda yang ingin kulitnya tampak kencang dan mulus, cobalah masker yang satu ini.

Pertanyaan umum seputar masker kunyit

Pertanyaan umum seputar masker kunyit

Rutin menggunakan masker memang baik. Namun, apa efek samping dari penggunaan masker kunyit? Simak penjelasan berikut.

Apa efek samping dari masker kunyit untuk kulit?

Kunyit memiliki kandungan bahan aktif. Pada orang yang alergi terhadap bahan aktif tersebut, kunyit dapat menimbulkan reaksi gatal, kemerahan, bengkak, dan lain-lain. Pada alergi yang berat, efek samping kunyit bisa mengakibatkan sesak nafas. Namun, hal ini jarang ditemukan.


Apabila digunakan secara langsung atau tidak diproses, kunyit dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Khususnya, untuk kunyit yang proses pembersihannya kurang tepat. Untuk itu, gunakan masker kunyit yang sudah diproses saja, ya.

Baca juga rekomendasi produk masker terbaik di sini

Selain masker kunyit, kami juga memiliki rekomendasi produk masker terbaik yang bisa Anda coba. Masker ini memiliki beragam manfaat sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit Anda. Untuk menambah referensi, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kunyit memiliki banyak manfaat mulai dari untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit. Berbagai kandungan yang terdapat pada kunyit dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit kusam, berjerawat, dan bekas jerawat. 


Meskipun dapat membuat ramuan sendiri, lebih praktis jika Anda menggunakan masker kunyit yang beredar di pasaran. Kami berharap agar artikel di atas dapat membantu Anda dalam menemukan masker kunyit yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat merawat kulit wajah secara optimal.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer