• 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pupuk KCl atau kalium klorida adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Pupuk KCl tersedia dalam bentuk serbuk kristal dan cair. Pupuk ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan sebagainya.


Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Sebelum itu, Anda sebaiknya membaca tips memilih pupuk KCl yang terbaik terlebih dahulu. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 24 November 2021
  • 95 Views
Daftar isi

Apa manfaat pupuk KCL?

Apa manfaat pupuk KCL?

Di dalam tanah terdapat beberapa unsur hara yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Namun, ada kondisi tertentu yang menyebabkan sebidang tanah kekurangan unsur hara tertentu, contohnya kalium. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tanah biasanya diberi pupuk KCl.


Apabila tanah kekurangan unsur kalium, bunga tanaman jadi mudah rontok, buah tidak berkembang, dan tanaman mudah terserang hama. Karena itu, penting untuk memberi pupuk secara teratur. Berikut ini manfaat pupuk KCl yang patut dipertimbangkan.


  • Meningkatkan hasil panen
  • Meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit
  • Membuat tanaman jadi kokoh dan tidak mudah rebah
  • Kualitas hasil panen meningkat
  • Meningkatkan daya simpan hasil panen

Dikutip dari situs Kementerian Pertanian, pupuk KCl cocok diberikan kepada tanaman yang toleran terhadap klorida. Beberapa contohnya adalah jagung, padi, tebu, kacang-kacangan, dan jahe. Namun, pupuk KCl kurang cocok jika diberikan pada tanaman tembakau, bawang merah, dan kentang karena sensitif terhadap klorida.

Cara memilih pupuk KCL

Ada banyak merek pupuk KCl yang beredar di pasaran. Supaya Anda mendapatkan pupuk KCl yang tepat, cermati tips berikut ini ketika memilih pupuk KCl. Jadi, hasil panen pun bisa lebih maksimal.

Ketahui dua jenis pupuk KCL

Pupuk KCl yang sering disebut MOP (Muriate of Potash) terdiri dari dua jenis, yaitu KCl 80 dan KCl 90. Supaya Anda tidak salah pilih, ketahui dahulu perbedaan keduanya, yuk!

KCL 80, mengandung kadar kalium sebesar 52–53%

KCL 80, mengandung kadar kalium sebesar 52–53%

Pupuk KCl 80 mengandung kalium atau K20 sebesar 52–53% dan warnanya dominan merah muda. Pupuk KCl ini biasanya diberikan pada fase vegetatif atau ketika tanaman mulai memasuki masa berbunga. Dengan demikian, pembentukan biji dan buahnya sempurna.


Selain itu, pupuk KCl jenis ini juga biasanya digunakan untuk tanaman yang mulai bergejala kurang kalium. Gejala tanaman kurang kalium adalah daunnya mengerut, tepi daun menguning, atau batangnya lemah dan pendek. 

KCL 90, mengandung kadar kalium sebesar 55–58%

KCL 90, mengandung kadar kalium sebesar 55–58%

Pupuk KCl 90 adalah pupuk yang mengandung kalium sebesar 55–58%. Warna pupuk ini biasanya putih, tetapi pupuk jenis ini mulai susah didapatkan. Saat ini mayoritas pupuk KCl 90 di pasaran berwarna merah atau putih kemerahan. 


Kandungan kalium yang lebih tinggi membuat pupuk ini cocok digunakan pada fase generatif untuk memperbesar dan mengisi buah. Selain itu, pupuk KCl jenis ini juga dapat digunakan untuk tanah pertanian yang kekurangan unsur hara kalium. 


Ada banyak faktor yang memengaruhi ketersediaan kalium dalam tanah, seperti pH, kelembapan, serta temperatur tanah. Padahal kalium di dalam tanah berfungsi untuk proses fotosintesis, membantu perkembangan akar tanaman, dan mengaktifkan enzim. 

Pilih berdasarkan bentuknya

Anda akan menemukan dua bentuk pupuk KCl yang beredar di pasaran, yaitu bentuk serbuk kristal dan cair. Kedua jenis pupuk tersebut memiliki cara pengaplikasian yang berbeda, lho!

Serbuk kristal, bisa ditaburkan langsung atau dicampur dengan air

Serbuk kristal, bisa ditaburkan langsung atau dicampur dengan air

Pupuk bentuk serbuk dapat disebarkan langsung pada tanaman. Anda juga dapat menaburkannya melingkar di sekeliling bedeng tanaman atau dibenamkan di samping batang tanaman. Selain itu, pupuk berbentuk serbuk kristal juga bisa dilarutkan dengan air dan kemudian disemprotkan atau dikocorkan ke daun.


Pupuk jenis ini sebaiknya diaplikasikan pada kondisi tanah yang lembab supaya mudah diserap air. Namun, jangan campurkan pupuk KCl dengan pupuk urea karena akan menimbulkan gumpalan-gumpalan yang susah dicerna tanaman.

Cair, penyerapannya lebih merata

Cair, penyerapannya lebih merata

Pupuk KCl cair memang mudah diserap secara merata oleh tanaman. Walaupun demikian, Anda tetap perlu mencampur pupuk ini dengan air. Perbandingan kebutuhan pupuk dengan air adalah 1:14 liter.


Selanjutnya, semprotkan pupuk pada bagian bawah daun setiap pagi pukul 09.00 atau sore hari pukul 16.00. Pada waktu-waktu tersebut matahari tidak terlalu tinggi sehingga bisa memungkinkan nutrisi pupuk cair diserap dengan maksimal oleh tanaman.

Sesuaikan penggunaan dengan jenis tanamannya

Sesuaikan penggunaan dengan jenis tanamannya

Dosis pemberian pupuk sebaiknya disesuaikan dengan luas bidang tanah, kondisi tanah, dan jenis tanamannya. Pupuk KCl paling banyak digunakan untuk padi, jagung, kacang panjang, cabai, dan tomat. Sementara itu, tanaman bawang merah kurang cocok diberi pupuk KCl karena tanaman bawang merah sensitif terhadap unsur klor.


  • Untuk padi dan jagung

Gunakan pupuk KCl sekitar 75–100 kg per hektar. Manfaat pupuk KCl bagi padi adalah memperkuat batang agar tidak mudah rebah. Daya tahan padi juga meningkat sekalipun terjadi kekeringan. Bagaimana dengan jagung? Pupuk KCl dapat membuat tongkol jagung terisi padat dan berat.


  • Untuk kacang panjang

Gunakan pupuk KCl sekitar 1–3 kg untuk setiap seribu lubang tanam kacang panjang. Cara mengaplikasikan pupuknya bisa dengan ditaburkan di bedeng, di sekeliling tanaman, dan bisa juga dikocorkan. Manfaat pupuk KCl untuk kacang panjang adalah mencegah kerontokan bunga dan buah sehingga hasil panen kacang panjang meningkat.

Perhatikan keaslian pupuk

Perhatikan keaslian pupuk

Pupuk KCl termasuk jenis pupuk yang banyak dicari oleh petani. Hal ini menyebabkan pemalsuan pupuk KCl marak terjadi. KCl merah biasanya dipalsukan dengan cara dicampur clay atau tanah liat merah. Sementara itu, KCl putih dipalsukan dengan memperbanyak kandungan NaCl-nya. Padahal pupuk palsu memiliki kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan.


Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya mencari pupuk KCl yang memiliki label sertifikasi SNI atau izin edar Kementerian Pertanian. Informasi ini biasanya tercantum di kemasan pupuk. Selain itu, Anda bisa juga memperhatikan karung yang digunakan karena kualitas jahitan karung pupuk palsu biasanya tidak rapi.

10 Rekomendasi pupuk KCL terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pupuk KCl terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisKCL 90
Berat50 kg (tersedia kemasan repack 200 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI
9
JenisKCL 80
Berat1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 27,73%
Sertifikasi Tidak ada informasi
8
JenisKCL 90
Berat500 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 60%, silika 30%
Sertifikasi Tidak ada informasi
7
JenisKCL 80
Berat1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 36%
Sertifikasi Tidak ada informasi
6
JenisKCL 90
Berat500 g
BentukSerbuk kristal putih
Unsur haraKalium 90%
Sertifikasi Tidak ada informasi
5
JenisKCL 90
Berat500 gram (repack),1 kg, 5 kg, 25 kg
BentukSerbuk kristal putih
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI
4
JenisKCL 90
Berat500 ml, 1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 60,38%
Sertifikasi SK Mentan
3
JenisKCL 90
Berat50 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI
2
JenisKCL 90
Berat50 kg (tersedia kemasan repack 250 gr, 500 gr, 1 kg, 2 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI
1
JenisKCL 90
Berat5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal putih kemerahan
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI

Tabel perbandingan produk pupuk KCL terbaik

Gambar produk
1
Pupuk Kujang KCL 1

Pupuk Kujang

2
Meroke Tetap Jaya MerokeMOP 1

Meroke Tetap Jaya

3
Wilmar Chemical Pupuk Mahkota KCL Canada 1

Wilmar Chemical

4
Dewa Dewi Pupuk Cair KCL 1

Dewa Dewi

5
Pak Tani Pupuk KCL 1

Pak Tani

6
Argopundi Lestari KCL White P90 1

Argopundi Lestari

7
Bola Agro Lestari Bola KCL 1

Bola Agro Lestari

8
Agung Jaya Group Neo KCL Plus Silika 1

Agung Jaya Group

9
Sumber Rejeki Jaya  Bio KCL Cair 1

Sumber Rejeki Jaya

10
Petrokimia Gresik Pupuk KCL 1

Petrokimia Gresik

Nama produk

KCL

MerokeMOP

Pupuk Mahkota KCL Canada

Pupuk Cair KCL

Pupuk KCL

KCL White P90

Bola KCL

Neo KCL Plus Silika

Bio KCL Cair

Pupuk KCL

Keunggulan

Cegah bunga dan buah supaya tidak mudah rontok

Tanaman lebih tahan stres dan tahan penyakit

Tanaman jadi cepat berbuah dan cepat panen

Bisa memperpanjang usia produktif tanaman

Hasilkan buah atau umbi yang lebih besar

Umur simpan buah dan sayuran jadi lebih panjang

Terdapat kandungan ZPT untuk merangsang pertumbuhan

Minimalkan rebah pada tanaman, hindari kerugian saat panen

Sekaligus berfungsi sebagai insektisida dan fungisida

Dapat meningkatkan kadar glukosa pada buah

Harga mulai dariRp 7.000,00Rp 10.000,00Rp 5.000,00Rp 43.000,00Rp 28.000,00Rp 54.400,00Rp 34.000,00Rp 37.500,00Rp 20.000,00Rp 5.000,00
JenisKCL 90KCL 90KCL 90KCL 90KCL 90KCL 90KCL 80KCL 90KCL 80KCL 90
Berat5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)50 kg (tersedia kemasan repack 250 gr, 500 gr, 1 kg, 2 kg)50 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)500 ml, 1000 ml500 gram (repack),1 kg, 5 kg, 25 kg500 g1000 ml500 ml1000 ml50 kg (tersedia kemasan repack 200 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal putih kemerahanSerbuk kristal merahSerbuk kristal merah CairSerbuk kristal putihSerbuk kristal putihCairCairCairSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%Kalium 60%Kalium 60%Kalium 60,38%Kalium 60%Kalium 90%Kalium 36%Kalium 60%, silika 30%Kalium 27,73%Kalium 60%
Sertifikasi SNISNISNISK MentanSNITidak ada informasiTidak ada informasiTidak ada informasiTidak ada informasiSNI
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pupuk, bibit tanaman, dan peralatan berkebun lainnya di sini

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, kami juga punya rekomendasi pupuk, bibit, dan peralatan berkebun yang sayang untuk dilewatkan. Ada pupuk organik, pupuk untuk bunga, bibit tanaman hias, bibit strawberry, dan sebagainya. Yuk, temukan juga produk-produk terbaik pilihan kami di bawah ini.

Kesimpulan

Mendapatkan hasil panen yang melimpah tentu akan mendatangkan keuntungan yang lebih. Apalagi jika buah dan sayuran yang dihasilkan berkualitas tinggi, nilai jualnya pun jadi meningkat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pupuk KCl diperlukan.


Jangan lupa perhatikan pula waktu dan takaran pengaplikasian pupuknya agar hasilnya bisa maksimal. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mendapatkan pupuk KCl yang bagus dan cocok untuk tanaman Anda. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!
    Kebun & luar ruangan
    12.428 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
    2.341 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    26.264 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    559 Views
  • 10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumput Sintetis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rumput sintetis adalah kumpulan serat plastik yang berbentuk seperti rumput alami. Produk ini bisa dipakai dalam lingkungan outdoor ataupun indoor untuk membuat rumah terlihat lebih indah. Anda bisa menemukan karpet rumput sintetis dengan tipe, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran.Di artikel ini, kami akan berbagi cara memilih rumput sintetis yang bagus. Anda juga bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami untuk mendekorasi taman ataupun aquarium Anda. Sumara Artificial, Fantasy, dan merk terkenal lainnya tentu hadir dalam daftar kami. Yuk, baca artikelnya dan temukan rumput sintetis terbaik untuk rumah Anda!
    Kebun & luar ruangan
    2.085 Views
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 100 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau yang warna-warni. Apa pun warnanya, kami sarankan Anda untuk pilih yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    2.270 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    9.215 Views
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
    1.406 Views
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti dari merek IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    592 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan? Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual di e-commerce, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii', Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Namun, Anda sebaiknya menyimak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    350 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    12.236 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    40.816 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    26.247 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    50.604 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    5.635 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    9.206 Views
  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    3.219 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori