• 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.


Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Apa manfaat pupuk KCL?

Apa manfaat pupuk KCL?

Di dalam tanah terdapat beberapa unsur hara yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Namun, ada kondisi yang menyebabkan sebidang tanah kekurangan unsur hara tertentu, contohnya kalium. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tanah biasanya diberi pupuk KCl.


Apabila tanah kekurangan unsur kalium, bunga tanaman jadi mudah rontok, buah tidak berkembang, dan tanaman mudah terserang hama. Karena itu, penting untuk memberi pupuk secara teratur. Berikut ini manfaat pupuk KCl yang patut dipertimbangkan.


  • Meningkatkan hasil panen
  • Meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit
  • Membuat tanaman jadi kokoh dan tidak mudah rebah
  • Kualitas hasil panen meningkat
  • Meningkatkan daya simpan hasil panen

Dikutip dari situs Kementerian Pertanian, pupuk KCl cocok diberikan kepada tanaman yang toleran terhadap klorida. Beberapa contohnya adalah jagung, padi, tebu, kacang-kacangan, dan jahe. Namun, pupuk KCl kurang cocok jika diberikan pada tanaman tembakau, bawang merah, dan kentang karena sensitif terhadap klorida.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pupuk KCL

Ada banyak merek pupuk KCl yang beredar di pasaran. Supaya Anda mendapatkan pupuk KCl yang tepat, cermati tips berikut ini ketika memilih pupuk KCl. Jadi, hasil panen pun bisa lebih maksimal.

Ketahui dua jenis pupuk KCL

Pupuk KCl yang sering disebut MOP (Muriate of Potash) terdiri dari dua jenis, yaitu KCl 80 dan KCl 90. Perbedaan utama terletak pada persentase kandungan kalium dalam pupuk KCl. Supaya Anda tidak salah pilih, ketahui dahulu perbedaan keduanya, yuk!

KCL 80, mengandung kadar kalium sebesar 52–53%

KCL 80, mengandung kadar kalium sebesar 52–53%

Pupuk KCl 80 mengandung kalium atau K20 sebesar 52–53% dan warnanya dominan merah muda. Pupuk KCl ini biasanya diberikan pada fase vegetatif atau ketika tanaman mulai memasuki masa berbunga. Dengan demikian, pembentukan biji dan buahnya sempurna.


Selain itu, pupuk KCl jenis ini juga biasanya digunakan untuk tanaman yang mulai bergejala kurang kalium. Gejala tanaman kurang kalium adalah daunnya mengerut, tepi daun menguning, atau batangnya lemah dan pendek. 

KCL 90, mengandung kadar kalium sebesar 55–58%

KCL 90, mengandung kadar kalium sebesar 55–58%

Pupuk KCl 90 adalah pupuk yang mengandung kalium sebesar 55–58%. Warna pupuk ini biasanya putih, tetapi pupuk jenis ini mulai susah didapatkan. Saat ini mayoritas pupuk KCl 90 di pasaran berwarna merah atau putih kemerahan. 


Kandungan kalium yang lebih tinggi membuat pupuk ini cocok digunakan pada fase generatif untuk memperbesar dan mengisi buah. Selain itu, pupuk KCl jenis ini juga dapat digunakan untuk tanah pertanian yang kekurangan unsur hara kalium. 


Ada banyak faktor yang memengaruhi ketersediaan kalium dalam tanah, seperti pH, kelembapan, serta temperatur tanah. Padahal kalium di dalam tanah berfungsi untuk proses fotosintesis, membantu perkembangan akar tanaman, dan mengaktifkan enzim. 

Pilih berdasarkan bentuknya

Anda akan menemukan dua bentuk pupuk KCl yang beredar di pasaran, yaitu bentuk serbuk kristal dan cair. Kedua jenis pupuk tersebut memiliki cara pengaplikasian yang berbeda, lho!

Serbuk kristal, bisa ditaburkan langsung atau dicampur dengan air

Serbuk kristal, bisa ditaburkan langsung atau dicampur dengan air

Pupuk bentuk serbuk dapat disebarkan langsung pada tanaman. Anda juga dapat menaburkannya melingkar di sekeliling bedeng tanaman atau dibenamkan di samping batang tanaman. Selain itu, pupuk berbentuk serbuk kristal juga bisa dilarutkan dengan air dan kemudian disemprotkan atau dikocorkan ke daun.


Pupuk jenis ini sebaiknya diaplikasikan pada kondisi tanah yang lembap supaya mudah diserap air. Namun, jangan campurkan pupuk KCl dengan pupuk urea karena akan menimbulkan gumpalan-gumpalan yang susah dicerna tanaman.

Cair, penyerapannya lebih merata

Cair, penyerapannya lebih merata

Pupuk KCl cair memang mudah diserap secara merata oleh tanaman. Walaupun demikian, Anda tetap perlu mencampur pupuk ini dengan air. Perbandingan kebutuhan pupuk dengan air adalah 1:14 liter (lihat cara penggunaan pada kemasan).


Selanjutnya, semprotkan pupuk pada bagian bawah daun setiap pagi pukul 09.00 atau sore hari pukul 16.00. Pada waktu-waktu tersebut matahari tidak terlalu tinggi sehingga bisa memungkinkan nutrisi pupuk cair diserap dengan maksimal oleh tanaman.

Sesuaikan penggunaan dengan jenis tanamannya

Sesuaikan penggunaan dengan jenis tanamannya

Dosis pemberian pupuk sebaiknya disesuaikan dengan luas bidang tanah, kondisi tanah, dan jenis tanamannya. Pupuk KCl paling banyak digunakan untuk padi, jagung, kacang panjang, cabai, dan tomat. Sementara itu, tanaman bawang merah kurang cocok diberi pupuk KCl karena tanaman bawang merah sensitif terhadap unsur klor.


  • Untuk padi

Khusus untuk padi, dosis pemupukkan mengikuti pedoman pengelolaan tanaman terpadu (PTT) padi. Untuk menentukan dosis pupuk tunggal (urea, SP36, dan KCL), Anda harus memeriksa status bagan warna daun (BWD). Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengujian tanah untuk mengetahui hara P dan K. Tentukan juga berapa ton gabah yang ingin dicapai. Berdasarkan BBPADI, dosis pupuk KCl untuk padi yaitu maksimal 100 kg per hektar.


  • Untuk jagung

Pada dosis pemupukkan KCl untuk jagung ditentukan berdasarkan status hara P/K yang ada pada tanah. Apabila status hara P/K tinggi, kebutuhan KCl menjadi 50 kg per hektar. Sementara itu, apabila status hara P/K sedang, kebutuhan KCl menjadi 75 kg per hektar. Untuk status hara P/K rendah, kebutuhan KCl menjadi 100 kg per hektar. Anda bisa melihat panduan selengkapnya dari situs Kementerian Pertanian.


  • Untuk kacang panjang

Gunakan pupuk KCl sekitar 1–3 kg untuk setiap seribu lubang tanam kacang panjang. Cara mengaplikasikan pupuknya bisa dengan ditaburkan di bedeng, di sekeliling tanaman, dan bisa juga dikocorkan. Manfaat pupuk KCl untuk kacang panjang adalah mencegah kerontokan bunga dan buah sehingga hasil panen kacang panjang meningkat.

Perhatikan keaslian pupuk

Perhatikan keaslian pupuk

Pupuk KCl termasuk jenis pupuk yang banyak dicari oleh petani. Hal ini menyebabkan pemalsuan pupuk KCl marak terjadi. KCl merah biasanya dipalsukan dengan cara dicampur clay atau tanah liat merah. Sementara itu, KCl putih dipalsukan dengan memperbanyak kandungan NaCl-nya. Padahal pupuk palsu memiliki kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan.


Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya mencari pupuk KCl yang memiliki label sertifikasi SNI atau izin edar Kementerian Pertanian. Informasi ini biasanya tercantum di kemasan pupuk. Selain itu, Anda bisa juga memperhatikan karung yang digunakan karena kualitas jahitan karung pupuk palsu biasanya tidak rapi.

10 Rekomendasi pupuk KCL terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pupuk KCl terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10

Petrokimia GresikPupuk KCL Petro

Mulai dari Rp 5.000,00

JenisKCL 90
Isi50 kg (tersedia kemasan repack 200 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI, izin edar Kementerian Pertanian
9

Sinar Agri Jawa BaratInti-K Liquid

Mulai dari Rp 52.000,00

JenisKCL 80
Isi1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 45%
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
8
JenisKCL 80
Isi1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 17,02 %
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
7
JenisKCL 80
Isi1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 27,73%
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
6
JenisKCL 90
Isi500 g
BentukSerbuk kristal putih
Unsur haraKalium 90%
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
5
JenisKCL 80
Isi125 ml, 250 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 526 g/L (52,6 %)
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
4

Tunas Arta MandiriDewa Dewi Pupuk Cair KCL

Mulai dari Rp 43.000,00

JenisKCL 90
Isi500 ml, 1000 ml
BentukCair
Unsur haraKalium 60,38%
Sertifikasi Izin edar Kementerian Pertanian
3
JenisKCL 90
Isi5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal putih kemerahan
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI, izin edar Kementerian Pertanian
2
JenisKCL 90
Isi50 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI, izin edar Kementerian Pertanian
1
JenisKCL 90
Isi50 kg (tersedia kemasan repack 250 gr, 500 gr, 1 kg, 2 kg)
BentukSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%
Sertifikasi SNI, izin edar Kementerian Pertanian

Tabel perbandingan produk pupuk KCL terbaik

Gambar produk
1
Meroke Tetap Jaya MerokeMOP 1

Meroke Tetap Jaya

2
Wilmar Chemical Pupuk Mahkota KCL Canada 1

Wilmar Chemical

3
Pupuk Kujang KCL 1

Pupuk Kujang

4
Tunas Arta Mandiri Dewa Dewi Pupuk Cair KCL 1

Tunas Arta Mandiri

5
Eureeka Great Nusantara Pure-K 1

Eureeka Great Nusantara

6
Argopundi Lestari KCL White P90 1

Argopundi Lestari

7
Sumber Rejeki Jaya  Bio KCL Cair 1

Sumber Rejeki Jaya

8
Mano Agri Nusantara Mano Mano 1

Mano Agri Nusantara

9
Sinar Agri Jawa Barat Inti-K Liquid 1

Sinar Agri Jawa Barat

10
Petrokimia Gresik Pupuk KCL Petro 1

Petrokimia Gresik

Nama produk

MerokeMOP

Pupuk Mahkota KCL Canada

KCL

Dewa Dewi Pupuk Cair KCL

Pure-K

KCL White P90

Bio KCL Cair

Mano Mano

Inti-K Liquid

Pupuk KCL Petro

Keunggulan

Tanaman lebih tahan stres dan tahan penyakit

Tanaman jadi cepat berbuah dan cepat panen

Cegah bunga dan buah supaya tidak mudah rontok

Bisa memperpanjang usia produktif tanaman

Efisiensi tenaga dengan pupuk yang bisa dicampur pestisda

Umur simpan buah dan sayuran jadi lebih panjang

Sekaligus berfungsi sebagai insektisida dan fungisida

Panen lebih melimpah dengan bunga dan buah yang kokoh

Sahabat petani di musim paceklik

Dapat meningkatkan kadar glukosa pada buah

Harga mulai dariRp 10.000,00Rp 5.000,00Rp 7.000,00Rp 43.000,00Rp 35.000,00Rp 54.400,00Rp 20.000,00Rp 60.000,00Rp 52.000,00Rp 5.000,00
JenisKCL 90KCL 90KCL 90KCL 90KCL 80KCL 90KCL 80KCL 80KCL 80KCL 90
Isi50 kg (tersedia kemasan repack 250 gr, 500 gr, 1 kg, 2 kg)50 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)5 kg (tersedia kemasan repack 500 g, 1 kg)500 ml, 1000 ml125 ml, 250 ml500 g1000 ml1000 ml1000 ml50 kg (tersedia kemasan repack 200 g, 1 kg)
BentukSerbuk kristal merahSerbuk kristal merah Serbuk kristal putih kemerahanCairCairSerbuk kristal putihCairCairCairSerbuk kristal merah
Unsur haraKalium 60%Kalium 60%Kalium 60%Kalium 60,38%Kalium 526 g/L (52,6 %)Kalium 90%Kalium 27,73%Kalium 17,02 %Kalium 45%Kalium 60%
Sertifikasi SNI, izin edar Kementerian PertanianSNI, izin edar Kementerian PertanianSNI, izin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianIzin edar Kementerian PertanianSNI, izin edar Kementerian Pertanian
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pupuk, bibit tanaman, dan peralatan berkebun lainnya di sini

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, kami juga punya rekomendasi pupuk, bibit, dan peralatan berkebun yang sayang untuk dilewatkan. Ada pupuk organik, pupuk untuk bunga, bibit tanaman hias, bibit strawberry, dan sebagainya. Yuk, temukan juga produk-produk terbaik pilihan kami di bawah ini.

Kesimpulan

Mendapatkan hasil panen yang melimpah tentu akan mendatangkan keuntungan yang lebih. Lalu, nilai jualnya pun jadi meningkat jika buah dan sayuran yang dihasilkan berkualitas tinggi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pupuk KCl diperlukan.


Jangan lupa perhatikan pula waktu dan takaran pengaplikasian pupuk agar hasil bisa maksimal. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mendapatkan pupuk KCl yang bagus dan cocok untuk tanaman Anda. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Sayur Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Isu tentang ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas petani. Untuk mendukung Gerakan Ketahanan Pangan (GKP) oleh Kementerian Pertanian RI, Anda bisa mulai turut serta menanam sayur di rumah. Agar mendapatkan panen melimpah di lahan terbatas, Anda membutuhkan benih yang berkualitas.Di artikel ini, kami akan membahas tentang benih sayur yang bagus dari berbagai merek. Anda akan menemukan benih sayur dari Cap Panah Merah, Know You Seed, Benihpedia, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, ketahui tips memilih benih sayur yang baik berikut ini!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori