1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Perawatan kendaraan
  6. >
  7. 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.


Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus dari berbagai merek terbaik, misalnya Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 12-14-2022
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Tentang oli shock depan

Tentang oli shock depan
  • Untuk apa oli shock depan?

Oli shock depan memiliki peran penting dalam sistem suspensi kendaraan Anda. Fungsi utama oli shock depan sebagai pelumas poros shock dan tabung agar tidak mudah aus akibat gesekan. Hal ini mengingat shock depan bekerja ekstra meredam guncangan kendaraan saat melewati jalan yang tidak rata.


Oli adalah benda cair yang memiliki viskositas lebih kental dari air. Sebagai zat cair, oli juga mengalami penguapan. Ketika shock depan bekerja, oli akan meredam pergerakan tabung shock dan pegas secara otomatis. Di saat itu pula timbul panas yang mengakibatkan oli shock menguap meskipun hanya sedikit. Makin lama menguap, oli shock akan makin encer sehingga harus dilakukan penggantian.


  • Bagaimana mengetahui oli shock depan sudah harus diganti?
Oli shock depan memiliki masa pakai dan harus diganti dalam kurun waktu tertentu. Makin sering digunakan di jalan terjal, maka makin cepat waktu penggantian oli shock depan. Bahkan, Anda tidak harus menunggu 1 tahun pemakaian sampai speedometer menunjukkan angka 15.000 km atau kelipatannya.

Salah satu cara termudah adalah dengan merasakan suspensi motor saat dibawa berkendara. Oli shock depan harus diganti ketika suspensinya sudah tidak seempuk biasanya. Jadi, selalu perhatikan suspensi motor Anda saat berkendara, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oli shock depan

Sebelum membeli oli shock depan, ada sejumlah pertimbangan yang perlu Anda jadikan acuan. Pertimbangan tersebut kami uraikan dalam poin-poin cara memilih di bawah ini.

① Pilih berdasarkan volume

Pilih berdasarkan volume

Volume oli shock depan tiap jenis motor tidak semuanya sama. Jika Anda akan mengganti oli shock depan, ada baiknya membeli produk dengan kapasitas yang tepat. Hal ini untuk mempermudah takaran pengisian kembali olinya.


Oli shock depan dijual dalam berbagai variasi ukuran kemasan. Rata-rata oli shock depan yang dijual di pasaran memiliki volume mulai dari 100 ml, 250 ml, hingga 1 liter. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan motor Anda.


  • Motor bebek dan motor matic, membutuhkan oli shock depan sekitar 50–90 ml per shock

Apakah Anda pengguna sepeda motor matic, seperti Honda Beat, Vario, Yamaha Mio, dan NMAX? Jika iya, membeli oli shock depan sebanyak dua botol kemasan 100 ml saja sudah cukup.


  • Motor kelas 125 cc, membutuhkan takaran oli sekitar 170–250 ml per shock

Motor dengan kelas yang lebih tinggi membutuhkan oli shock depan dengan volume di atas 100 ml per shock-nya. Pengguna motor kelas 125 cc, seperti Yamaha Vixion dan Honda CBR, kami sarankan membeli oli kemasan 250 ml.


  • Motor kelas 250 cc, membutuhkan takaran oli shock depan di atas 300 ml per shock

Jika Anda pengguna motor sport kelas 250 cc, membeli oli shock depan dengan volume 1 liter lebih disarankan. Hal ini karena kebutuhan oli shock depan untuk jenis motor tersebut lebih banyak.

② Usahakan memilih sesuai dengan merek motor

Usahakan memilih sesuai dengan merek motor

Sejumlah produsen motor memiliki oli pabrikan sendiri. Yamaha dengan Yamalube, Honda dengan AHM, dan Suzuki dengan SGO. Menggunakan oli pabrikan buatan produsen motor itu sendiri lebih disarankan. Hal ini karena spesifikasi dan kualitas olinya sudah disesuaikan dengan kendaraan.


Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan oli di luar oli pabrikan. Menggunakan oli yang bukan buatan produsen motor yang sama pun tidak menjadi masalah.


  • Anda bisa memilih oli aftermarket dengan standar kualitas yang sama dengan oli pabrikan.
  • Jika ingin menentukan berdasarkan merek, carilah merek oli aftermarket yang sudah beredar lama di pasaran. Biasanya, oli tersebut sudah teruji kualitasnya.
  • Anda juga bisa memilih oli produksi dalam negeri yang sudah mengantongi SNI dan sertifikat ISO.

③ Sesuaikan tingkat kekentalan oli dengan kebutuhan kendaraan

Kode untuk menandai tingkat kekentalan (viskositas) oli diawali dengan SAE (Society of Automotive Engineers). Berapa SAE oli shock depan yang dibutuhkan kendaraan Anda? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Oli SAE 10W, untuk pemakaian kendaraan standar

Oli SAE 10W, untuk pemakaian kendaraan standar

Apakah sepeda motor Anda hanya digunakan untuk pemakaian standar harian? Jika iya, kami sarankan memakai oli shock dengan SAE 10W. Oli shock SAE 10W rata-rata sudah menjadi standar pabrikan sepeda motor di Indonesia. Oli SAE 10W biasanya digunakan untuk mesin-mesin hidraulis. Pada prinsipnya, kinerja shock depan motor mirip dengan mesin hidraulis.


  • Viskositas oli SAE 10W dianggap paling ideal karena dirasa cukup membuat suspensi bekerja maksimal.
  • Daya tahannya juga lebih kuat.
  • Oli SAE 10W juga direkomendasikan untuk kendaraan yang dipakai di jalanan normal, bukan jalanan terjal dan berliku.

Oli SAE 5W atau 15W, untuk kebutuhan motor balap dan track

Oli SAE 5W atau 15W, untuk kebutuhan motor balap dan track

Viskositas oli untuk motor balap dan motor track berbeda dengan motor pada umumnya. Anda bisa memilih oli shock depan dengan viskositas SAE 5W atau 15W.

  • Untuk mendapatkan pantulan yang lebih empuk, pilihlah oli SAE 5W.
  • Jika menginginkan pantulan yang lebih rigid, pilihlah oli SAE 15W.

Perlu dicatat, makin tinggi angka SAE, maka makin tinggi viskositas olinya. Pemilihan viskositas oli juga harus disesuaikan dengan jalan yang dilewati.

  • Motor balap membutuhkan viskositas oli yang mendukung cornering di jalan halus dan berliku sehingga oli SAE 15W disarankan.
  • Motor track di jalanan terjal membutuhkan pantulan shock yang lebih empuk sehingga pas dengan oli SAE 5W.

④ Cek keberadaan corong untuk mempermudah penuangan oli

Cek keberadaan corong untuk mempermudah penuangan oli

Beberapa oli shock depan dikemas dalam bentuk botol yang sudah dilengkapi dengan corong. Keberadaan corong tersebut akan mempermudah Anda dalam melakukan penuangan oli pada shock.


Bagi Anda yang tidak suka ribet, bisa memilih produk oli shock depan dengan kemasan praktis ini. Anda tidak perlu sibuk mencari corong lagi untuk menuangkannya. Jika produk tersebut tidak dilengkapi corong, Anda bisa menggunakan corong kecil untuk pengisian oli ke dalam shock.

10 Rekomendasi oli shock depan yang bagus

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk oli shock depan yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Update 12 Desember 2022:Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Petroasia Lubricants Petro Shock Absorber Oil masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Top 1 High Performance Fork Oil muncul sebagai produk terlaris ketiga.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Petroasia Lubricants

Petro Shock Absorber Oil

Petroasia Lubricants Petro Shock Absorber Oil 1枚目

Tidak hanya shock absorber, oli ini bisa dijadikan pelumas dongkrak

2

Jumbo

Hydrofit Shock Absorber Oil

Jumbo Hydrofit Shock Absorber Oil 1枚目

Produk asli buatan negeri ini sudah ber-SNI

3

Top 1

High Performance Fork Oil

Top 1 High Performance Fork Oil 1枚目

Pelumas berkualitas, dirancang khusus untuk segala kondisi jalan

4

Astra Otoparts

Aspira Shock Absorber Oil

Astra Otoparts Aspira Shock Absorber Oil 1枚目

Memiliki viskositas stabil, dilengkapi formula antibuih dan antikarat

5

AHM

Genuine Oil Shock

AHM Genuine Oil Shock 1枚目

Kekentalannya tinggi, hasilkan rebound yang smooth

6

Yamalube

Front Fork Oil G-10

Yamalube Front Fork Oil G-10 1枚目

Diformulasi khusus untuk segala jenis fork sepeda motor Yamaha

7

Faito

Fork Oil

Faito Fork Oil 1枚目

Fork oil SAE 15W untuk motor harian hingga racing

8

Lucas Oil

Synthetic Fork Oil

Lucas Oil Synthetic Fork Oil 1枚目

Produk oli shock depan berperforma tinggi untuk kebutuhan racing

9

IPONE

Fork Fluid

IPONE Fork Fluid 1枚目

Memiliki tingkat gesekan rendah, menjamin berkendara dengan nyaman

10

Motul

Fork Oil Factory Line

Motul Fork Oil Factory Line 1枚目

Tersedia dalam kemasan 1 liter, cukup untuk motor cc besar

Perincian produk
Close
No.1

Petroasia LubricantsPetro Shock Absorber Oil

Mulai dari Rp6.300,00

Tidak hanya shock absorber, oli ini bisa dijadikan pelumas dongkrak

Kelebihan:

  • Harga sangat terjangkau dibandingkan produk lainnya
  • Sudah mengantongi ISO dan SNI sehingga terjamin kualitasnya
  • Produk multifungsi dan tahan terhadap oksidasi, dilengkapi juga dengan antikarat

Kekurangan:

  • Tidak terdapat corong pada kemasannya

Inilah produk oli shock depan terlaris di marketplace saat ini. Petro Shock Absorber Oil diproduksi oleh Petroasia Lubricants untuk melumasi shock absorber kendaraan. Selain berfungsi meredam guncangan di jalan terjal, oli ini juga memiliki stabilitas yang baik terhadap oksidasi.


Tidak hanya itu, formula oli ini juga dilengkapi dengan antikarat. Menariknya lagi, oli ini juga bisa Anda gunakan sebagai pelumas hydraulic jack atau dongkrak, lho. Jika Anda mencari oli shock yang multifungsi, produk ini bisa Anda coba.

No.2

JumboHydrofit Shock Absorber Oil

Mulai dari Rp8.000,00

Produk asli buatan negeri ini sudah ber-SNI

Kelebihan:

  • Harga produk cukup terjangkau, satu kemasan dus terdiri dari dua botol
  • Shock terasa lebih empuk
  • Produk sudah mengantongi SNI dan ISO

Kekurangan:

  • Viskositasnya tidak disebutkan sehingga tidak disarankan untuk motor balap atau racing
  • Kemasan tidak dilengkapi corong

Jumbo Hydrofit Shock Absorber Oil bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari oli shock dengan harga terjangkau. Produk buatan asli Indonesia ini sudah mengantongi SNI dan juga ISO, lho. Bahkan, Jumbo juga mendapat penghargaan dari Top Brand.


Oli shock ini mampu melindungi shock motor Anda secara menyeluruh. Shock Anda juga akan terasa lebih empuk saat berkendara. Bagi Anda yang menginginkan produk lokal berkualitas dengan harga ekonomis, oli ini sangat layak Anda pertimbangkan.

No.3

Top 1High Performance Fork Oil

Mulai dari Rp24.500,00

Pelumas berkualitas, dirancang khusus untuk segala kondisi jalan

Kelebihan:

  • Tingkat viskositasnya ideal untuk kendaraan standar
  • Bisa dipakai baik untuk motor matic maupun nonmatic
  • Dilengkapi corong untuk mempermudah penuangan oli

Kekurangan:

  • Produk hanya memiliki tingkat kekentalan SAE 10W, kurang cocok untuk keperluan balap atau racing

Siapa yang tidak mengenal merek Top 1? Bukan hanya penggemar otomotif, masyarakat umum pun mengenal merek oli satu ini. Tidak hanya terkenal dengan oli mesinnya, Top 1 juga memiliki High Performance Fork Oil yang tidak kalah bagus kualitasnya.


Oli shock depan ini dirancang khusus untuk kendaraan roda dua, baik matic maupun nonmatic. Fungsinya untuk menahan guncangan ringan sampai keras sehingga berkendara jadi lebih nyaman. Jika Anda mencari oli shock dengan tingkat viskositas yang ideal untuk kendaraan standar, produk ini bisa dipilih.

No.4

Astra OtopartsAspira Shock Absorber Oil

Mulai dari Rp13.000,00

Memiliki viskositas stabil, dilengkapi formula antibuih dan antikarat

Kelebihan:

  • Viskositasnya stabil, baik di suhu tinggi maupun rendah
  • Dilengkapi formula antibuih dan antikarat, shock jadi lebih awet
  • Kemasan dilengkapi corong sehingga penuangannya lebih mudah

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan desain tutupnya rawan bocor, terutama saat dalam pengiriman

Aspira Shock Absorber Oil merupakan merek oli aftermarket yang cukup populer di kalangan pencinta otomotif. Oli shock depan buatan Aspira ini memiliki viskositas yang stabil, baik di suhu tinggi maupun rendah. Oli ini juga memiliki formula antibuih yang mampu meredam shock depan secara optimal di segala medan.


Tidak hanya itu, formula antikaratnya juga mampu menjaga komponen shock depan kendaraan Anda lebih tahan lama. Oli ini bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan, lho. Jika Anda mencari oli shock depan dengan dua kandungan formula di atas, produk ini solusinya.

No.5

Kekentalannya tinggi, hasilkan rebound yang smooth

Kelebihan:

  • Viskositasnya tinggi sehingga memberikan efek rebound yang lebih mulus

Kekurangan:

  • Jenis oli pabrikan, hanya direkomendasikan untuk motor rakitan Honda
  • Kemasan produk tidak dilengkapi dengan corong

Apakah Anda pengguna kendaraan merek Honda? Jika iya, menggunakan AHM Genuine Oil Shock merupakan pilihan tepat. Pasalnya, oli hasil produksi AHM ini memang dibuat khusus untuk motor rakitan Honda. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi sehingga memberikan efek rebound yang smooth pada shock kendaraan. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba?

No.6

YamalubeFront Fork Oil G-10

Mulai dari Rp21.000,00

Diformulasi khusus untuk segala jenis fork sepeda motor Yamaha

Kelebihan:

  • Mampu memaksimalkan suspensi dan meredam getaran di temperatur tinggi ataupun rendah
  • Kemasan dilengkapi corong sehingga penuangannya lebih mudah

Kekurangan:

  • Produk merupakan oli pabrikan, lebih disarankan untuk motor keluaran Yamaha saja
  • Tidak disebutkan keterangan viskositasnya

Anda pengguna motor merek Yamaha? Kami rekomendasikan untuk menggunakan oli pabrikan keluaran produsen motor itu sendiri, yakni Yamalube. Yamalube Front Fork Oil G-10 diformulasi khusus untuk segala jenis front fork sepeda motor Yamaha.


Pelumas ini berfungsi memaksimalkan kemampuan suspensi kendaraan dan menjadikannya lebih tahan lama. Fork oil ini juga mampu meredam getaran baik di temperatur tinggi maupun rendah. Namun, oli ini tidak direkomendasikan untuk keperluan balap atau touring jarak jauh karena tidak ada keterangan viskositasnya.

No.7

Fork oil SAE 15W untuk motor harian hingga racing

Kelebihan:

  • Produk sesuai untuk segala jenis motor dengan penggunaan harian, modifikasi, hingga racing
  • Tingkat kekentalannya cukup untuk meredam shock dan membuat rebound lebih empuk

Kekurangan:

  • Produk hanya tersedia dalam viskositas SAE 15W
  • Mulut kemasannya cukup lebar dan tidak dilengkapi corong

Faito Fork Oil menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari oli shock depan untuk segala jenis motor. Fork oil ini bisa digunakan sebagai pelumas shock depan motor harian, modifikasi, hingga racing. Oli ini dikemas dengan ukuran volume 250 ml.


Dengan viskositas SAE 15W, oli ini cukup untuk meredam shock dan membuat rebound lebih empuk. Kendaraan Anda pun siap melibas segala kondisi jalan. Performa yang dihasilkan pun masih nyaman, tidak terlalu lembut ataupun terlalu keras.

No.8

Lucas OilSynthetic Fork Oil

Mulai dari Rp151.800,00

Produk oli shock depan berperforma tinggi untuk kebutuhan racing

Kelebihan:

  • Memberikan handling yang responsif untuk kebutuhan racing, motor balap, hingga mobil off-road
  • Produk tersedia dalam empat tingkat kekentalan
  • Meski tidak dilengkapi corong, mulut botolnya kecil sehingga penuangannya mudah

Kekurangan:

  • Harga produk lebih mahal dibandingkan produk lainnya

Bagi masyarakat umum, merek ini mungkin belum terlalu familier. Namun, bagi kalangan penggemar otomotif, produk ini bukan sekadar produk oli biasa. Jika Anda mencari fork oil berkualitas tinggi dengan performa mumpuni, Lucas Synthetic Fork Oil adalah jawabannya.


Oli ini lebih direkomendasikan untuk jenis motor balap atau racing karena mampu memberikan handling yang lebih responsif. Meski demikian, oli ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan motor harian. Produk ini tersedia dalam empat tingkat kekentalan, yakni SAE 5W, 10W, 15W, dan 20W. Produk ini juga sering dipakai untuk meng-upgrade oli shock mobil-mobil off-road, lho!

No.9

Memiliki tingkat gesekan rendah, menjamin berkendara dengan nyaman

Kelebihan:

  • Volumenya besar, produk juga tersedia dalam berbagai variasi tingkat kekentalan
  • Memiliki formula gesekan rendah dan peredaman yang maksimal

Kekurangan:

  • Mulut kemasannya besar dan tidak dilengkapi corong

Anda mencari oli shock depan dengan kemasan jumbo dan memiliki banyak variasi tingkat kekentalan? Fork Fluid dari IPONE bisa Anda pertimbangkan. Oli shock depan dengan volume 1 liter ini memiliki beberapa tingkat kekentalan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari kendaraan untuk harian, racing, on road, hingga off-road bisa menggunakan oli ini.


Pelumas semi sintetis ini dibuat menggunakan bahan sintetik dan aditif terbaik. Formulanya yang rendah gesekan dan kemampuannya meredam guncangan akan memastikan Anda nyaman berkendara.

No.10

MotulFork Oil Factory Line

Mulai dari Rp209.890,00

Tersedia dalam kemasan 1 liter, cukup untuk motor cc besar

Kelebihan:

  • Volume produk besar, bisa digunakan untuk motor jenis off-road dan on road dengan cc besar
  • Tersedia dalam dua tingkat kekentalan, SAE 5W dan SAE 10W

Kekurangan:

  • Mulut kemasan berukuran besar dan tidak dilengkapi corong

Jika Anda mencari oli shock depan bervolume besar, produk ini bisa diandalkan. Oli ini tersedia dalam kemasan 1 liter yang cukup untuk satu motor jenis off-road dan on road  dengan cc besar. Selain memberikan perlindungan maksimal pada fork kendaraan, oli ini juga menghasilkan pergerakan fork yang halus saat berkendara.


Oli ini diformulasikan khusus untuk fork Showa, Kayaba, Ohlins, dan semua jenis fork teleskopik ataupun upside down. Produk ini juga direkomendasikan untuk kebutuhan balap.

Pertanyaan umum seputar oli shock depan

Pertanyaan umum seputar oli shock depan

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar oli shock depan. Jika Anda masih penasaran dengan oli shock depan, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa lama oli shock depan harus diganti?

Penggantian oli shock depan sebaiknya dilakukan setiap satu tahun sekali. Namun, untuk motor-motor yang mempunyai jam terbang tinggi harus dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Kenapa shock depan motor keras?

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan shock depan menjadi keras.

  1. Oli shock sudah tidak mempunyai daya redam atau bahkan kering.
  2. Oli shock melebihi kapasitas standar saat pengisian.

Baca juga rekomendasi produk oli dan pelumas lainnya di sini

Selain oli shock depan, kami juga memiliki artikel lain tentang oli yang tidak kalah menarik untuk dibaca. Jika Anda mencari artikel rekomendasi tentang oli lainnya, Anda bisa klik tautan di bawah ini. Semoga Anda menemukan produk oli yang tepat!

Kesimpulan

Apakah artikel ini membantu Anda mendapatkan oli shock depan yang bagus? Oli shock depan memang memiliki beragam ukuran kemasan serta terbagi ke dalam beberapa tingkat kekentalan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan motor Anda.


Selain itu, pertimbangkan juga oli shock depan dengan kemasan yang dilengkapi corong. Keberadaan corong akan mempermudah saat penuangan. Jadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih sebelum membeli oli shock depan, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer