mybest
Oli

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]
  • 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 1
  • 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 2
  • 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 3
  • 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 4
  • 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik  [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif] 5

10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

Oli shock depan harus diganti secara berkala. Penggantian oli shock depan idealnya dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.


Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami telah menyiapkan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Yamalube dan Motul. Sebelumnya, kami akan membahas cara memilih oli shock depan terbaik yang disusun bersama guru teknik otomotif, Ayi Adiana. Tingkat kekentalan sampai volume yang tepat untuk motor Anda akan kami kupas.

Diperbaharui 20/12/2023
Ayi Adiana
Pakar
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif. Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Profil Ayi Adiana
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah wajib ganti oli shock depan?

Apakah wajib ganti oli shock depan?
Oli shock depan wajib diganti secara rutin maksimal 1 tahun sekali. Salah satu cara termudah adalah dengan merasakan suspensi motor saat dibawa berkendara. Oli shock depan harus diganti ketika pantulannya sudah tidak seempuk biasanya. Jika oli shock depan tidak diganti, beberapa hal negatif berikut bisa terjadi.

  • Poros dan tabung shock depan mengalami aus dan lama-kelamaan rusak akibat gesekan.
  • Seal shockbreaker bisa rusak hingga bocor. 
  • Kenyamanan pengguna akan berkurang karena tidak ada peredaman. 
  • Oleh karena tidak ada peredaman, komponen di bagian roda seperti bearing atau velg bisa penyok dan rusak.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Oli shock depan biasanya ada yang berwarna merah dan ada yang kuning bening. Oli merah umumnya digunakan untuk alat berat, sementara yang kuning bening untuk motor. Perbedaan performanya memang tidak signifikan, kecuali untuk jalan yang sangat bumpy. Namun, ada kemungkinan oli merah masa pakainya lebih pendek.

Cara memilih Oli Shock Depan

Sebelum membeli oli shock depan, ada sejumlah pertimbangan yang perlu Anda jadikan acuan. Pertimbangan tersebut kami uraikan dalam poin-poin cara memilih di bawah ini. Ingatlah bahwa penggunaan oli shock depan yang tepat bisa meningkatkan kenyamanan motor Anda.

1

Jika Anda masih bingung menentukan oli shock depan, pilih saja oli pabrikan yang sudah disesuaikan dengan standar motor

Jika Anda masih bingung menentukan oli shock depan, pilih saja oli pabrikan yang sudah disesuaikan dengan standar motor
Oli shock depan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipilih. Jika Anda tidak ingin ambil pusing, sudah ada oli dari pabrikan motor. Ada oli Yamaha dengan Yamalube, Honda dengan AHM, Kawasaki dengan SS-8, dan Suzuki dengan SGO. Oli pabrikan umumnya sudah dibuat untuk memenuhi kebutuhan motor pasaran. Kebanyakan oli shock pabrikan yang beredar di pasaran menggunakan SAE 10W.

Kode SAE menunjukkan tingkat kekentalan oli. Makin kecil angkanya, makin encer pula olinya. Di sisi lain, makin besar angkanya, makin kental pula olinya. Tingkat kekentalan oli shock depan memengaruhi rebound atau pantulan motor. Oli encer akan memberikan rebound yang cepat dan kaku. Sementara itu, oli yang kental akan memberikan rebound yang slow dan empuk.

Oli shock depan dengan SAE 10W tergolong medium. Pantulannya tidak terlalu kaku ataupun terlalu empuk. Spesifikasi ini sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Untuk mendapatkan pengalaman berbeda, Anda bisa mencoba oli shock depan dengan SAE yang berbeda.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Di samping oli pabrikan, oli aftermarket juga banyak beredar di pasaran. Anda pun bisa menggunakan oli persamaan. Oli shock depan sama dengan oli power steering dan oli hydraulic.

2

Sesuaikan SAE oli dengan performa yang diinginkan, misalnya 15W-25W untuk meningkatkan kenyamanan sehari-hari

Tergantung spesifikasi SAE, performa yang ditawarkan oli shock depan bisa berbeda. Anda bisa memilih oli shock depan dengan viskositas SAE 5W atau 15W. Hal ini akan tergantung dari performa yang Anda cari. Berikut akan kami jelaskan lebih dalam.

SAE 15W-25W, bila Anda mengutamakan kenyamanan

SAE 15W-25W, bila Anda mengutamakan kenyamanan
Oli dengan SAE 15W, 20W, atau 25W akan meningkatkan kenyamanan di jalanan yang kurang rata. Di Indonesia, jalanan bergelombang atau polisi tidur di jalanan selain jalan raya lazim ditemukan. Agar pantulan motor terasa lebih nyaman, diperlukan oli shock depan yang kental.

Oli kental juga disukai pengguna motor trail yang hobi terabas karena akan memberikan pantulan empuk saat off-road. Namun, oli kental kurang tepat untuk Anda yang sering membawa barang berat, misalnya menggunakan motor sebagai alat transportasi untuk bisnis. Jika pantulannya lembut, ada risiko ban menghantam sepatbor sehingga butuh oli yang lebih encer untuk pantulan yang lebih cepat.

SAE 2,5W-5W, jika Anda menekankan kecepatan

SAE 2,5W-5W, jika Anda menekankan kecepatan

Untuk Anda yang mencari kecepatan, tingkat kekentalan oli yang bisa dipilih adalah 2,5W atau 5W. Oli yang lebih encer akan memberi pantulan lebih cepat. Oleh karena itu, oli shock depan encer umum digunakan untuk menjaga performa motor dalam kompetisi yang mengadu kecepatan.


Daya dorong mesin akan cepat tersalurkan bila shock lebih cepat kembali ke atas saat rebound. Selain untuk kecepatan, oli encer juga gesit untuk cornering atau manuver. Jadi, oli ini akan cocok untuk Anda yang hobi memacu kecepatan motor atau cornering.

3

Ketahui volume oli shock depan yang dibutuhkan motor Anda; Matic dan bebek biasanya butuh 50-75 ml per tabung

Ketahui volume oli shock depan yang dibutuhkan motor Anda; Matic dan bebek biasanya butuh 50-75 ml per tabung
Tiap motor memiliki daya tampung oli shock depan yang berbeda. Perbedaan daya tampung ini biasanya ditentukan dari jenis motor. Sebagai contoh, motor bebek dan matic memiliki daya tampung oli shock depan paling sedikit, yakni sekitar 50-75 ml per tabung. Sementara itu, motor trail dan motor sport kebutuhannya bisa mencapai 500 ml. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebutuhan oli shock motor sebelum menentukan volume produk yang tepat.

Daya tampung oli shock depan bahkan bahkan bisa berbeda pada sisi kiri dan kanan. Biasanya sisi yang dilengkapi sistem pengereman akan butuh volume oli shock depan yang lebih tinggi. Agar dapat memperkirakan kebutuhan oli shock motor, takarlah oli lama sebelum dibuang jika belum habis. Kalau oli sudah habis, sebaiknya lihat spesifikasi pabrikan.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Motor besar bisa membutuhkan lebih dari satu kemasan oli shock depan. Pada motor bebek dan matic, umumnya masih ada sisa untuk satu kemasan oli shock depan. Meskipun demikian, volume penampung pada motor bebek biasanya lebih banyak dari motor matic


Volume oli shock depan pun bisa dilebihkan untuk kebutuhan touring selama tidak melebihi batas tabung. Mengganti oli shock depan biasanya membutuhkan tenaga ahli karena melibatkan pembongkaran.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Oli Shock Depan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Oli Shock Depan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 06 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kandungan oli
SAE
API
JASO
Isi
1

Jumbo

Hydrofit Shock Absorber Oil

Jumbo Hydrofit Shock Absorber Oil 1

Rp8.500

Agak Murah

Produk asli buatan negeri ini sudah ber-SNI

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 ml

2

Astra Otoparts

Aspira Shock Absorber Oil

Astra Otoparts Aspira Shock Absorber Oil 1

Rp14.600

Agak Murah

Memiliki viskositas stabil, dilengkapi formula antibuih dan antikarat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

160 ml

3

AHM

Genuine Oil Shock

AHM Genuine Oil Shock 1

Rp31.100

Menengah

Kekentalannya tinggi, hasilkan rebound yang smooth

Tidak diketahui

Tidak diketahui

175 ml

4

Yamalube

Front Fork Oil G-10

Yamalube Front Fork Oil G-10 1

Rp18.000

Agak Murah

Diformulasi khusus untuk segala jenis fork sepeda motor Yamaha

Tidak diketahui

Tidak diketahui

150 ml

5

Motul

Fork Oil Factory Line

Motul Fork Oil Factory Line 1

Rp160.000

Agak Mahal

Tersedia dalam kemasan 1 liter, cukup untuk motor cc besar

Sintetis

5W

1.000 ml

6

Petroasia Lubricants

Petro Shock Absorber Oil

Petroasia Lubricants Petro Shock Absorber Oil 1

Rp7.200

Lebih Murah

Tidak hanya shock absorber, oli ini bisa dijadikan pelumas dongkrak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 ml

7

Faito

Fork Oil

Faito Fork Oil 1

Rp79.000

Agak Mahal

Fork oil SAE 15W untuk motor harian hingga racing

Tidak diketahui

15W

250 ml

8

Genuine Oil SGO

Showa-SS8

Genuine Oil SGO  Showa-SS8 1

Rp35.990

Menengah

Oli shock depan untuk semua tipe motor Suzuki

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 ml

9

Kawasaki

Front Suspension Oil SS-8

Kawasaki Front Suspension Oil SS-8 1

Rp40.500

Menengah

Oli depan khusus untuk motor Kawasaki

Tidak diketahui

Tidak diketahui

200 ml

10

Drag Specialties

Heavy Fork Oil

Drag Specialties  Heavy Fork Oil 1

Rp193.000

Lebih Mahal

Menjaga stabilitas kendaraan ketika digunakan di jalan tak rata

Tidak diketahui

20W

946 ml

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

JumboHydrofit Shock Absorber Oil

Hydrofit Shock Absorber Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp8.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp8.500
Agak Murah

Produk asli buatan negeri ini sudah ber-SNI

Jumbo Hydrofit Shock Absorber Oil bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari oli shock dengan harga terjangkau. Produk buatan asli Indonesia ini sudah mengantongi SNI dan ISO, lho. Bahkan, Jumbo juga mendapat penghargaan dari Top Brand.


Oli shock ini mampu melindungi shock motor Anda secara menyeluruh. Shock Anda juga akan terasa lebih empuk saat berkendara. Bagi Anda yang menginginkan produk lokal berkualitas dengan harga ekonomis, oli ini sangat layak Anda pertimbangkan.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi200 ml
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Astra OtopartsAspira Shock Absorber Oil

Harga referensi
Rp14.600
Agak Murah

Memiliki viskositas stabil, dilengkapi formula antibuih dan antikarat

Aspira Shock Absorber Oil merupakan merek oli aftermarket yang cukup populer di kalangan pencinta otomotif. Oli shock depan buatan Aspira ini memiliki viskositas yang stabil, baik pada suhu tinggi maupun rendah. Oli ini juga memiliki formula antibuih yang mampu meredam shock depan secara optimal di segala medan.


Tidak hanya itu, formula antikaratnya juga mampu menjaga komponen shock depan kendaraan Anda lebih tahan lama. Oli ini bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan, lho. Jika Anda mencari oli shock depan dengan dua kandungan formula di atas, produk ini solusinya.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi160 ml
View all
No.3

AHMGenuine Oil Shock

Harga referensi
Rp31.100
Menengah

Kekentalannya tinggi, hasilkan rebound yang smooth

Apakah Anda pengguna kendaraan merek Honda? Jika iya, AHM Genuine Oil Shock merupakan pilihan yang tepat. Oli hasil produksi AHM ini memang dibuat khusus untuk motor rakitan Honda. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang tinggi sehingga memberikan efek rebound yang smooth pada shock kendaraan. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba?

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi175 ml
View all
No.4

YamalubeFront Fork Oil G-10

Harga referensi
Rp18.000
Agak Murah

Diformulasi khusus untuk segala jenis fork sepeda motor Yamaha

Anda pengguna motor merek Yamaha? Kami rekomendasikan untuk menggunakan oli pabrikan keluaran produsen motor itu sendiri, yakni Yamalube. Yamalube Front Fork Oil G-10 diformulasi khusus untuk segala jenis front fork sepeda motor Yamaha.


Pelumas ini berfungsi memaksimalkan kemampuan suspensi kendaraan dan menjadikannya lebih tahan lama. Fork oil ini juga mampu meredam getaran baik pada temperatur tinggi maupun rendah. Namun, oli ini tidak direkomendasikan untuk keperluan balap atau touring jarak jauh karena tidak ada keterangan viskositasnya.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi150 ml
View all
No.5

MotulFork Oil Factory Line

Harga referensi
Rp160.000
Agak Mahal

Tersedia dalam kemasan 1 liter, cukup untuk motor cc besar

Jika Anda mencari oli shock depan bervolume besar, produk ini bisa diandalkan. Oli ini tersedia dalam kemasan 1 liter yang cukup untuk satu motor jenis off-road dan on road  dengan cc besar. Selain memberikan perlindungan maksimal pada fork kendaraan, oli ini juga menghasilkan pergerakan fork yang halus saat berkendara.


Oli ini diformulasikan khusus untuk fork Showa, Kayaba, Ohlins, dan semua jenis fork teleskopik ataupun upside down. Produk ini juga direkomendasikan untuk kebutuhan balap.

Kandungan oliSintetis
SAE5W
API
JASO
Isi1.000 ml
View all
No.6

Petroasia LubricantsPetro Shock Absorber Oil

Harga referensi
Rp7.200
Lebih Murah

Tidak hanya shock absorber, oli ini bisa dijadikan pelumas dongkrak

Petro Shock Absorber Oil diproduksi oleh Petroasia Lubricants untuk melumasi shock absorber kendaraan. Selain berfungsi meredam guncangan di jalan terjal, oli ini juga memiliki stabilitas yang baik terhadap oksidasi.


Tidak hanya itu, formula oli ini juga dilengkapi dengan antikarat. Menariknya lagi, oli ini juga bisa Anda gunakan sebagai pelumas hydraulic jack atau dongkrak, lho. Jika Anda mencari oli shock yang multifungsi, produk ini bisa Anda coba.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi200 ml
View all
No.7

FaitoFork Oil

Harga referensi
Rp79.000
Agak Mahal

Fork oil SAE 15W untuk motor harian hingga racing

Faito Fork Oil menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari oli shock depan untuk segala jenis motor. Fork oil ini bisa digunakan sebagai pelumas shock depan motor harian, motor modifikasi, hingga motor racing. Oli ini dikemas dengan ukuran volume 250 ml.


Dengan viskositas SAE 15W, oli ini cukup untuk meredam shock dan membuat rebound lebih empuk. Kendaraan Anda pun siap melibas segala kondisi jalan. Performa yang dihasilkan pun masih nyaman, tidak terlalu lembut ataupun terlalu keras.

Kandungan oliTidak diketahui
SAE15W
API
JASO
Isi250 ml
View all
No.8

Genuine Oil SGO Showa-SS8

Harga referensi
Rp35.990
Menengah

Oli shock depan untuk semua tipe motor Suzuki

Untuk Anda yang memiliki sepeda motor dengan merek Suzuki, oli shock depan dari Showa-SS8 ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Dengan tingkat kekentalan tertentu, produk ini bisa digunakan untuk semua tipe sepeda motor Suzuki. Oli ini pun mampu menjaga stabilitas setang sehingga tidak bermasalah ketika Anda berkendara di jalan yang tidak rata.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi200 ml
View all
No.9

KawasakiFront Suspension Oil SS-8

Harga referensi
Rp40.500
Menengah

Oli depan khusus untuk motor Kawasaki

Untuk Anda yang memiliki sepeda motor Kawasaki, pertimbangkan untuk menggunakan Front Suspension Oil SS-8. Oli ini memberikan performa maksimal pada shock breaker Anda. Oli ini diformulasikan untuk memberikan penyerapan getaran yang baik, mempertahankan keseimbangan pada kondisi jalan yang berat, dan meningkatkan kestabilan. Produk ini pun cocok digunakan untuk berbagai jenis kendaraan Kawasaki.

Kandungan oliTidak diketahui
SAETidak diketahui
API
JASO
Isi200 ml
View all
No.10

Drag Specialties Heavy Fork Oil

Heavy Fork Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Heavy Fork Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Heavy Fork Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp193.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp193.000
Lebih Mahal

Menjaga stabilitas kendaraan ketika digunakan di jalan tak rata

Drag Specialties Heavy Fork Oil adalah solusi kualitas untuk meningkatkan performa suspensi depan motor. Oli ini diformulasikan khusus untuk menyerap getaran dan menjaga stabilitas. Selain itu, produk ini memberikan pengendara pengalaman berkendara yang lebih lancar. Produk ini cocok bagi pengendara motor yang ingin meningkatkan kinerja suspensi depan saat melintasi jalan tidak rata.

Kandungan oliTidak diketahui
SAE20W
API
JASO
Isi946 ml
View all

5 Rekomendasi Oli Shock Depan terbaik

No. 1: JumboHydrofit Shock Absorber Oil

No. 2: Astra OtopartsAspira Shock Absorber Oil

No. 3: AHMGenuine Oil Shock

No. 4: YamalubeFront Fork Oil G-10

No. 5: MotulFork Oil Factory Line

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Otomotif
  3. Perawatan kendaraan
  4. 10 Rekomendasi Oli Shock Depan Terbaik [Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.