1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Synthesizer Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Genre musik pop electronic, trance, dan EDM memang terdengar seru di telinga. Untuk menghasilkan suara-suara yang unik, para komponis menggunakan synthesizer. Bentuk synthesizer memang sama seperti keyboard, tetapi fungsinya berbeda. Kali ini, kami akan berbagi tips memilih synthesizer yang bagus.


Korg, Yamaha, Arturia, dan Roland adalah beberapa merek synthesizer terbaik yang banyak dicari orang. Di samping harga, ada beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih synthesizer. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Yuk, simak ulasan kami dan temukan synthesizer impian Anda!

Diperbaharui 05-22-2022
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa perbedaan synthesizer dan keyboard?

Apa perbedaan synthesizer dan keyboard?
Sumber: arturia.com

Synthesizer adalah alat musik elektrik yang mampu mengubah gelombang suara menjadi berbagai macam suara yang kemudian kita dengar menjadi musik. Anda bisa mendapatkan warna suara yang beragam serta mengatur frekuensi suara dan volumenya. Hasil suara dari synthesizer bisa Anda nikmati menjadi musik kekinian, seperti EDM, trance, pop electronic dan juga dance.


Bentuk synthesizer secara umum memang tampak seperti keyboard. Lalu, apa perbedaan synthesizer dan keyboard? Perbedaannya terdapat pada fitur-fitur suara yang ditawarkan. 


Keyboard dirancang untuk Anda yang ingin bermain musik dengan banyak variasi suara dan template otomatis. Sementara itu, apabila Anda ingin membuat suara sendiri, synthesizer adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menghasilkan beragam jenis suara sesuai keinginan dengan oscillators, low frequency oscillator (LFO), envelope, mixer, dan filter.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih synthesizer

Setelah mengetahui sekilas tentang synthesizer, kami akan memberikan tips memilih synthesizer yang bagus. Poin-poin di bawah ini perlu Anda pertimbangkan demi mendapatkan synthesizer yang sesuai  dengan kebutuhan Anda.

① Ketahui berbagai jenis synthesizer yang bisa Anda pilih

Ada berbagai jenis synthesizer berdasarkan cara kerjanya. Kami akan menjelaskan beberapa jenis synthesizer sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membeli produknya.

Analog synthesizer, lebih sederhana dan pas untuk pemula

Analog synthesizer adalah synthesizer yang menggunakan sinyal dan sirkuit analog untuk menghasilkan suara. Suara dan efek yang dihasilkan tidak banyak. Oleh karena itu, Jenis synthesizer ini sangat cocok untuk pemula karena rangkaiannya lebih sederhana.


Kebanyakan analog synthesizer tidak dilengkapi dengan kontrol digital. Dengan demikian, analog synthesizer tidak memiliki preset memory. Meski tampak sederhana, beberapa analog synthesizer dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan tipe lainnya.

Digital synthesizer, lebih banyak pilihan suara

Digital synthesizer, lebih banyak pilihan suara
Sumber: korg.com

Jenis synthesizer yang satu ini mulai dikenal sejak tahun 1980-an. Digital synthesizer sudah menggunakan sistem digital signal process (DSP). Efek suara dan kontrol yang ditawarkan oleh digital synthesizer lebih banyak dibandingkan analog synthesizer. Resolusi suara yang dihasilkan juga lebih baik.


Digital synthesizer biasanya dilengkapi dengan preset memory. Meski begitu, suara yang dihasilkan tidak seautentik analog synthesizer. Bagian-bagian di dalamnya juga cukup kompleks sehingga cukup sulit saat butuh diperbaiki.

Hybrid synthesizer, memberikan kelebihan dari digital synthesizer dan analog synthesizer

Hybrid synthesizer, memberikan kelebihan dari digital synthesizer dan analog synthesizer
Sumber: arturia.com

Hybrid synthesizer adalah gabungan dari analog dan digital. Anda akan mendapatkan opsi kontrol yang lebih luas dibandingkan digital synthesizer. Efek suaranya pun lebih luas dibandingkan analog synthesizer. Salah satu merek alat musik yang menawarkan hybrid synthesizer adalah Roland.

Modular synthesizer, bentuknya tidak seperti keyboard

Modular synthesizer memiliki bentuk yang berbeda dari jenis synthesizer lainnya. Modelnya tidak seperti keyboard, tetapi terdiri dari banyak modul. Anda bisa melihat lebih banyak knob pada modular synthesizer. 


Tampilannya memang terlihat lebih rumit. Di samping itu, Anda juga perlu mengerti tentang jalur sinyalnya. Modular synthesizer lebih cocok untuk Anda yang sudah expert dalam synthesizer. Jika Anda belum terbiasa dengan modular synthesizer, Anda bisa memilih semi modular synthesizer. Pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan modular synthesizer.

② Kenali jenis suara yang Anda inginkan

Kenali jenis suara yang Anda inginkan
Sumber: arturia.com

Synthesizer memiliki dua jenis suara, yaitu monophonic dan polyphonic. Synthesizer monophonic hanya dapat memainkan satu suara saja dalam sekali pencet. Jadi, Anda tidak dapat memainkan chord dengan jenis synthesizer ini. Berbeda dengan monophonic, Anda bisa memainkan chord dengan jenis polyphonic. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan variasi suara yang lebih beragam.


Digital synthesizer biasanya menawarkan dua jenis mode, yaitu monophonic ataupun polyphonic. Namun, tidak demikian dengan analog synthesizer. Anda perlu memastikan terlebih dahulu jenis suara yang ditawarkan oleh produk analog synthesizer.

③ Pilih mini synthesizer yang praktis dibawa ke mana saja

Tidak semua synthesizer berukuran besar. Saat ini sudah banyak sekali merek yang menyediakan mini synthesizer. Untuk Anda yang sering bekerja di luar rumah, mini synthesizer adalah jenis yang tepat. Ukuran panjangnya kurang dari 60 cm, bahkan ada yang kurang dari 40 cm.


Fiturnya mungkin tidak sebanyak synthesizer berukuran besar. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan banyak pekerjaan, termasuk show, dengan mini synthesizer.

10 Rekomendasi synthesizer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk synthesizer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Roland

JD-XA

Roland JD-XA 1枚目

Hybrid synthesizer dengan fitur sangat komplet!

2

Korg

Volca FM

Korg Volca FM 1枚目

Ciptakan musik keren di mana saja dengan synthesizer portable Korg

3

Yamaha

MODX7

Yamaha MODX7 1枚目

Teknologi flagship dari Yamaha dengan suara yang lebih kompleks

4

Arturia

MicroFreak Vocoder Edition

Arturia MicroFreak Vocoder Edition 1枚目

Synthesizer sekaligus vocoder membuat suara manusia lebih keren

5

Moog

Grandmother

Moog Grandmother 1枚目

Kualitas suara dan tampilannya begitu klasik

6

Behringer

2600

Behringer 2600 1枚目

Karakter suara klasik dalam balutan teknologi modern

7

IK Multimedia

UNO Synth

IK Multimedia UNO Synth 1枚目

Easy to use, lebih mudah dimainkan oleh para pemula

8

Nord

Lead A1

Nord Lead A1 1枚目

Tiga fitur spesial membuatnya lebih spesial

9

Novation

MiniNova

Novation MiniNova 1枚目

Mini synthesizer dengan performa suara yang ekstra

10

Pittsburgh Modular

Microvolt 3900

Pittsburgh Modular Microvolt 3900 1枚目

Menghasilkan sonic sound dan suara yang sangat berkarakter

Perincian produk
Close
No.1

Hybrid synthesizer dengan fitur sangat komplet!

Roland menggabungkan mesin synthesizer analog dan digital pada produk JD-XA ini. Anda bisa menggunakan filter analog yang suaranya lebih "warm". Di dalamnya terdapat empat mesin analog dengan dua oscillator masing-masing. Benar-benar "monster"!


Di samping itu, JD-XA menggunakan prosesor MFX yang menawarkan 67 efek suara berbeda. Output-nya juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan synthesizer dengan alat musik lainnya. Jika Anda menginginkan synthesizer superkomplet, JD-XA adalah produk yang tepat.

No.2

Ciptakan musik keren di mana saja dengan synthesizer portable Korg

Digital synthesizer yang satu ini merupakan synthesizer mini yang praktis dibawa. Modelnya juga stylish dan cocok untuk Anda yang ingin mengerjakan proyek musik di mana saja. Enam operator di dalamnya sanggup menghasilkan berbagai efek. 


Tak perlu khawatir untuk membuat suara dari awal. Pemrogramannya pun lebih mudah sehingga Anda bisa membuat suara khas Anda dari awal. Terakhir, synthesizer ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

No.3

Teknologi flagship dari Yamaha dengan suara yang lebih kompleks

MODX7 menggunakan teknologi yang sama dengan Montage yang merupakan seri synthesizer flagship dari Yamaha. Desain suaranya lebih kompleks untuk menghasilkan berbagai efek yang keren. Selain itu, MODX7 punya super knob sebagai satu kontrol untuk berbagai parameter.


MODX7 bisa dibilang merupakan keyboard dengan banyak pilihan suara yang ekspresif. Apabila Anda seorang keyboardist, synthesizer ini akan memberikan pengalaman bermain musik yang lebih seru. 

No.4

ArturiaMicroFreak Vocoder Edition

Mulai dari Rp6.975.000,00

Synthesizer sekaligus vocoder membuat suara manusia lebih keren

Apakah Anda ingin lebih mengeksplorasi suara yang dihasilkan sebuah synthesizer? Anda bisa memilih MicroFreak edisi vocoder ini. Vocoder adalah alat yang dapat mengubah suara manusia menjadi suara digital. Synthesizer ini sudah dilengkapi dengan gooseneck microphone yang memudahkan vocoding.


Vocoder ini memiliki tiga waveforms, yaitu sawtooth, pulse width, dan noise. Enam belas frekuensi yang ditawarkan juga membuat suara manusia menjadi lebih keren. Di luar fiturnya, grafis angsa khas Microfreak membuat synthesizer lebih keren.

No.5

Kualitas suara dan tampilannya begitu klasik

Spesial untuk Anda yang menyukai synthesizer dengan model retro, pertimbangkan produk dari Moog ini. Desain yang old school adalah ciri khas dari Moog Grandmother. Tak hanya modelnya saja, kualitas suaranya juga terbilang sangat klasik. 


Grandmother memang tidak seperti synthesizer masa kini. Anda tidak bisa menciptakan suara polyphonic dan key range-nya terbatas. Namun, jika Anda menyukai permainan synthesizer klasik, produk yang satu ini bisa Anda perhitungkan.

No.6

Karakter suara klasik dalam balutan teknologi modern

Behringer 2600 adalah synthesizer yang terinspirasi dari synthesizer vintage. Karakter suaranya memang terdengar menyerupai synthesizer klasik, tetapi Behringer menggunakan teknologi modern. Tampilannya juga sangat ikonik dan tetap keren untuk digunakan.


Behringer 2600 dilengkapi dengan tiga voice controlled oscillator (VCO) dan low frequency ocillator. Dengan demikian, nada yang dihasilkan akan lebih beragam. deep, dan powerful. Untuk Anda yang berprofesi sebagai sound designers ataupun music producers, produk ini adalah salah satu investasi terbaik.

No.7

Easy to use, lebih mudah dimainkan oleh para pemula

Apabila Anda sedang mencari analog synthesizer dengan ukuran mini untuk pemula, kami merekomendasikan produk ini. UNO Synth merupakan hasil dari keahlian dari para orang Italia. Produk ini sangat direkomendasikan bagi para pemula karena tergolong produk synthesizer yang easy to use. Jadi, Anda tak perlu kebingungan saat baru menggunakan synthesizer ini.

No.8

Tiga fitur spesial membuatnya lebih spesial

Nord Lead A1 memiliki beberapa fitur spesial, yaitu like function, mutator function, dan extra fat unison mode. Anda bisa menyimpan sampai lebih dari lima puluh variasi hasil musik ciptaan Anda dengan fitur like. Selain itu, mutator function membantu Anda membuat beragam patch dengan mengatur persentase.


Lead A1 juga makin keren di antara analog synthesizer lainnya berkat extra fat unison mode. Synthesizer ini sanggup memberikan hasil suara sonic yang sensasional. Anda bisa memilihnya sebagai synthesizer untuk show.

No.9

Mini synthesizer dengan performa suara yang ekstra

"Big Sound, Small Synth" merupakan tagline yang dibawa oleh mini synthesizer ini. MiniNova. Bagaimana tidak? MiniNova menggunakan sound engine yang dipakai dalam UltraNova. Anda akan disuguhkan dengan lebih dari dua ratus suara yang spektakuler. 


Salah satu fitur unik dari MiniNova adalah animate. Fitur ini membuat permainan Anda lebih beritme dan tidak membosankan. Mini synthesizer ini bisa Anda pilih sebagai perlengkapan manggung yang superkece. Ada juga input microphone sebagai vocoder yang merupakan fitur vocal tune. Suara vokal yang melalui produk ini akan otomatis tuned dengan note yang Anda mainkan

No.10

Pittsburgh ModularMicrovolt 3900

Mulai dari Rp14.104.000,00

Menghasilkan sonic sound dan suara yang sangat berkarakter

Pittsburgh Modular Microvolt 3900 adalah produk yang memiliki karakter. Anda bisa merasakan karakter suara yang menarik dari Microvolt 3900 karena dilengkapi dengan dua jenis VCA untuk menghasilkan sonic sound. Jika Anda ingin merasakan pengalaman suara yang berkarakter, synthesizer yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda.

Baca juga rekomendasi alat musik elektrik lainnya di sini

Perkembangan teknologi membuat alat musik elektrik lebih banyak diminati. Fitur-fitur di dalam alat musik elektrik membuat hasil musik Anda lebih menarik. Kenali berbagai alat musik lainnya dalam tautan di bawah ini. Langsung saja klik dan temukan alat musik yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Ekspresikan diri Anda dengan alat musik synthesizer. Anda bisa membuat beragam suara yang menarik dalam sebuah musik. Bagi pemula, pilihlah synthesizer yang mudah untuk digunakan. Hindari synthesizer yang memiliki terlalu banyak fitur karena akan membingungkan pemula.


Apakah Anda sudah menemukan synthesizer impian Anda? Kami sarankan juga agar Anda lebih banyak membaca ulasan tentang produk synthesizer. Semoga Anda terbantu dengan artikel kali ini. Selamat bereksplorasi dengan synthesizer!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer