• 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. 


Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih plamir tembok

Dempul, plamurputty, atau filler merupakan istilah lain yang sering digunakan untuk menyebutkan plamir tembok. Jadi, jangan heran bila Anda akan menemukan perbedaan nama-nama plamir tembok instan di pasaran. Untuk mengetahui plamir tembok yang Anda butuhkan, mari simak beberapa tips yang telah kami siapkan berikut ini. 

Sesuaikan jenis plamir berdasarkan fungsinya

Ada dua jenis plamir tembok yang beredar di pasaran, yaitu yang berbasis akrilik dan semen putih. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Karena itu, Anda perlu mengenali kedua jenis plamir ini untuk menemukan plamir tembok yang sesuai kebutuhan. Simak penjelasan kami berikut ini dan temukan plamir tembok yang paling pas.

Plamir akrilik: Plamir instan untuk menyamarkan keretakan tembok di dalam ruangan

Plamir tembok akrilik merupakan hasil teknologi yang memadukan pigmen berwarna putih, emulsi akrilik, bahan aditif, dan pengawet. Plamir akrilik pada dasarnya berbasis air. Meski begitu, teksturnya kental seperti mentega sehingga baik saat diampelas. Oleh karena formula plamir akrilik tidak antiair, plamir ini lebih cocok digunakan pada tembok interior


Beberapa hal yang bisa Anda ketahui saat memakai plamir akrilik.


  • Ada kecenderungan Anda harus melakukan pelapisan berulang setiap tahun, terutama pada tembok yang lembap. Kebutuhan untuk retouch juga dipengaruhi oleh sifat perekatan yang lebih rendah sehingga lapisan tembok bisa cepat mengelupas. 

  • Plamir akrilik ini adalah primer tembok instan yang bisa langsung mudah diaplikasikan. Anda juga tidak perlu tambahan bahan apa pun. Proses pengeringannya cukup cepat sehingga lebih menghemat waktu pengerjaan. 

  • Plamir akrilik sangat sempurna bila Anda menginginkan hasil akhir yang halus dan tampak matte. Selain tembok, Anda juga bisa mengaplikasikan plamir akrilik pada permukaan tembok baru ataupun lama. Pigmen putihnya juga sempurna untuk menutupi warna asli tembok sehingga Anda bisa memilih warna cat yang cerah.

Plamir semen putih: Untuk penggunaan yang lebih fleksibel

Plamir semen putih: Untuk penggunaan yang lebih fleksibel

Jenis kedua adalah plamir semen putih. Warna putih pada semen putih berasal dari kandungan mangan dan besi yang lebih sedikit dibandingkan semen biasa. 


Kualitas dan daya rekatnya yang tinggi serta tekstur yang lebih halus membuat semen putih banyak digunakan sebagai campuran. Salah satunya adalah campuran untuk membuat plamir tembok. Berkat butirannya yang lebih halus dan bersih, plamir semen putih mampu memperhalus permukaan tembok. Hasilnya, tembok akan lebih rapi dan rata. 


Beberapa hal yang bisa Anda ketahui saat memakai plamir semen putih.


  • Senyawa silika di dalam semen putih yang tinggi membuat plamir semen putih menjadi tidak mudah mengelupas. Bahkan, plamir akan membuat tembok menjadi lebih kuat serta memiliki umur yang lebih panjang. 

  • Semen putih juga terkenal antiair. Oleh sebab itu, plamir semen putih menjadi pilihan bijak bila Anda ingin melapisi tembok bagian luar. Kandungan semen putihnya dapat meminimalkan munculnya bercak lembap akibat paparan sinar matahari dan air hujan. Keunggulan-keunggulan inilah yang menjadikan plamir semen putih dapat digunakan sebagai plamir tembok interior atau plamir tembok eksterior. 

  • Bila memilih plamir semen putih, Anda harus menyediakan waktu yang lebih lama. Alasannya, proses pengeringan plamir semen putih cenderung lebih lama. Anda juga harus mengaplikasikan plamir semen putih dengan benar. Apabila salah mengaplikasikannya, ada kemungkinan tembok akan menjadi retak. 

  • Selain semen putih, plamir ini dibuat dengan campuran lem putih, PVAC, kalsium, casting, dan air. Kini Anda tidak harus membuat plamir semen putih sendiri. Anda bisa mendapatkan plamir semen putih instan yang bagus di pasaran. 

Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan keunggulan lainnya

Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan keunggulan lainnya

Fungsi utama dari plamir tembok adalah untuk menutupi celah-celah tembok. Tak hanya itu, plamir tembok yang baik dapat menutupi pori-pori sehingga dinding dapat terlihat lebih halus dan rata. Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan keunggulan lain dari plamir tembok pilihan. Beberapa keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan, antara lain:

  

  • Waktu pengeringan: Ada tiga tahapan pengeringan plamir tembok, yaitu kering sentuh, kering keras, dan kering ampelas. Pastikan lamanya proses pengeringan yang Anda inginkan dengan mengecek secara online di situs resmi atau review pengguna. 
  • Jumlah lapisan: Untuk membeli jumlah plamir yang tepat, cek jumlah lapisan yang harus diaplikasikan untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Beberapa produk ada yang hanya memerlukan satu lapisan untuk mendapatkan permukaan tembok yang rata, halus, dan bersih. Ada pula yang harus diulang beberapa kali supaya tampak sempurna. 
  • Antiair: Untuk melapisi cat bagian luar atau eksterior, alangkah lebih baik bila Anda membeli produk yang dilengkapi formula water resistant. Formula ini bermanfaat untuk melindungi tembok saat terpapar hujan deras sehingga warna cat akan lebih tahan lama. Dengan demikian, tembok tidak mudah mengelupas dan dapat bertahan lama.

Pastikan daya sebar plamir untuk menghitung estimasi biaya

Pastikan daya sebar plamir untuk menghitung estimasi biaya

Pada dasarnya, daya sebar plamir akan berbeda dari satu tembok dengan tembok lainnya. Daya sebar ini dipengaruhi oleh kondisi permukaan tembok dan kemampuan penyerapan. Namun, Anda bisa memperhatikan informasi daya sebar produk untuk menghitung budget yang perlu disediakan. 


Sebagai panduan, satu kilo plamir digunakan untuk satu kali lapisan dengan daya sebar tiga hingga empat meter persegi. Namun, daya sebar ini tergantung pada tingkat penyerapan serta kondisi pori-pori permukaan tembok.

10 Rekomendasi plamir tembok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk plamir tembok terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Varian isi5 kg dan 25 kg
Bahan dasarTidak ada keterangan
PenggunaanInterior dan eksterior
Waktu pengeringan 20–30 menit
Keunggulan lainnyaMudah diaplikasikan
BentukPowder
Daya sebar 12 m²/25 kg
9
Varian isi5 kg dan 25 kg
Bahan dasarAkrilik
PenggunaanInterior dan Eksterior
Waktu pengeringan 60–120 menit
Keunggulan lainnyaHemat, daya rekat kuat, tidak mengandung bahan beracun, dan lain-lain
BentukLiquid
Daya sebar 1 m²/ 0,5–1,5 kg
8
Varian isi5 kg dan 25 kg
Bahan dasarTidak ada keterangan
PenggunaanInterior
Waktu pengeringan 60–120 menit
Keunggulan lainnyaHanya membutuhkan 1 lapisan
BentukLiquid
Daya sebar 3–4 m²/kg
7

Propan RayaPropan Eco Emulsion Plamur

ECP-4030

Mulai dari Rp 22.400,00

Varian isi1 kg dan 5 kg
Bahan dasarAkrilik
PenggunaanInterior
Waktu pengeringan Tidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaDaya rekat kuat, mudah diaplikasikan
BentukLiquid
Daya sebar Tidak ada keterangan
6
Varian isi1 kg dan 5 kg
Bahan dasarLem PVAC
PenggunaanInterior dan Eksterior
Waktu pengeringan 30–120 menit
Keunggulan lainnyaTahan cuaca dan daya rekat kuat
BentukPowder
Daya sebar 6–7 m²/kg
5
Varian isi1,5 kg dan 25 kg
Bahan dasarAkrilik
PenggunaanTidak ada keterangan
Waktu pengeringan 60–120 menit
Keunggulan lainnyaMenutup retak rambut dengan sempurna dan cepat kering
BentukLiquid
Daya sebar 3–4 m²/kg
4
Varian isi5 kg dan 20 kg
Bahan dasarPortland Cement, filler, aditif, dan polimer spesial
PenggunaanInterior dan eksterior
Waktu pengeringan Tidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTidak menyerap bahan cat
BentukPowder
Daya sebar 10–50 m²/5 kg
3
Varian isi0,5 kg, 1 kg, 5 kg, dan 25 kg
Bahan dasarAkrilik
PenggunaanInterior dan eksterior
Waktu pengeringan 15–120 menit
Keunggulan lainnyaHasil akhir halus, meratakan permukaan kasar dan tidak rata, dan daya rekat baik
BentukLiquid
Daya sebar 1–3 m²/kg/2 lapis
2
Varian isi1 kg, 4 kg, dan 20 kg
Bahan dasarStyrene akrilik
PenggunaanInterior dan eksterior
Waktu pengeringan 10–60 menit
Keunggulan lainnyaDaya rekat kuat dan tidak mudah retak
BentukLiquid
Daya sebar Tidak ada keterangan
1
Varian isi1 kg dan 5 kg
Bahan dasarTidak ada keterangan
PenggunaanInterior dan eksterior
Waktu pengeringan Tidak ada keterangan
Keunggulan lainnyaTahan cuaca
BentukPowder
Daya sebar 6–7 m²

Tabel perbandingan produk plamir tembok terbaik

Gambar produk
1
Weber Plainst Plamir Instan 1

Weber

2
Nippon Paint Matex Putty 1

Nippon Paint

3
RJ London Wall Putty 1

RJ London

4
Avian Brands Giant Mortar 220 1

Avian Brands

5
Avian Brands Aries Gold Wall Putty 1

Avian Brands

6
Beruang Perkasa Plamir Instan Big Lion  1

Beruang Perkasa

7
Propan Raya Propan Eco Emulsion Plamur 1

Propan Raya

8
AkzoNobel Dulux Catylac Interior Plamur 1

AkzoNobel

9
TOA Acrylic Wall Putty 1

TOA

10
Aplus Pasifik Aplus 811 - Plamir Acian 1

Aplus Pasifik

Nama produk

Plainst Plamir Instan

Matex Putty

Wall Putty

Giant Mortar 220

Aries Gold Wall Putty

Plamir Instan Big Lion

Propan Eco Emulsion Plamur

Dulux Catylac Interior Plamur

Acrylic Wall Putty

Aplus 811 - Plamir Acian

Keunggulan

Plamir tembok instan dengan harga affordable

Mudah diaplikasikan, proses pengeringan cepat

Plamir tembok premium yang antijamur dengan kemasan bervariasi

Dilengkapi dengan formula perekat yang andal

Sempurnakan permukaan tembok rumah Anda yang berpadu dengan material kayu!

Tinggal di daerah dengan perubahan cuaca yang ekstrem? Andalkan plamir ini!

Tidak hanya tembok, untuk memperhalus daerah sambungan pun bisa!

Mengandung formula terbaik yang telah memiliki sertifikasi keamanan

Menciptakan permukaan tembok yang terlihat rata dan halus dengan lapisan plamir tipis

Lebih hemat dengan fungsi ganda!

Harga mulai dariRp 6.000,00Rp 20.000,00Rp 15.000,00Rp 27.500,00Rp 30.000,00Rp 8.500,00Rp 22.400,00Rp 63.700,00Rp 97.900,00Rp 28.000,00
Varian isi1 kg dan 5 kg1 kg, 4 kg, dan 20 kg0,5 kg, 1 kg, 5 kg, dan 25 kg5 kg dan 20 kg1,5 kg dan 25 kg1 kg dan 5 kg1 kg dan 5 kg5 kg dan 25 kg5 kg dan 25 kg5 kg dan 25 kg
Bahan dasarTidak ada keteranganStyrene akrilikAkrilikPortland Cement, filler, aditif, dan polimer spesialAkrilikLem PVACAkrilikTidak ada keteranganAkrilikTidak ada keterangan
PenggunaanInterior dan eksteriorInterior dan eksteriorInterior dan eksteriorInterior dan eksteriorTidak ada keteranganInterior dan EksteriorInteriorInteriorInterior dan EksteriorInterior dan eksterior
Waktu pengeringan Tidak ada keterangan10–60 menit15–120 menitTidak ada keterangan60–120 menit30–120 menitTidak ada keterangan60–120 menit60–120 menit20–30 menit
Keunggulan lainnyaTahan cuacaDaya rekat kuat dan tidak mudah retakHasil akhir halus, meratakan permukaan kasar dan tidak rata, dan daya rekat baikTidak menyerap bahan catMenutup retak rambut dengan sempurna dan cepat keringTahan cuaca dan daya rekat kuatDaya rekat kuat, mudah diaplikasikanHanya membutuhkan 1 lapisanHemat, daya rekat kuat, tidak mengandung bahan beracun, dan lain-lainMudah diaplikasikan
BentukPowderLiquidLiquidPowderLiquidPowderLiquidLiquidLiquidPowder
Daya sebar 6–7 m²Tidak ada keterangan1–3 m²/kg/2 lapis10–50 m²/5 kg3–4 m²/kg6–7 m²/kgTidak ada keterangan3–4 m²/kg1 m²/ 0,5–1,5 kg12 m²/25 kg
Tautan produk

Tips menggunakan plamir untuk hasil yang memuaskan

Tips menggunakan plamir untuk hasil yang memuaskan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan pada saat mengaplikasikan plamir tembok. Ikuti langkah-langkah berikut ini dan nikmati pemandangan tembok yang rata, halus, dan bersih! 


  1. Pastikan permukaan tembok bersih dari debu halus, partikel, sisa cat, minyak, atau kontaminasi lainnya.
  2. Haluskan permukaan dinding yang telah diplester menggunakan ampelas.
  3. Basahi dinding dengan air bersih secukupnya sebelum mengaplikasikan plamir.
  4. Aduk adonan plamir hingga rata sehingga tidak ada bagian yang menggumpal.
  5. Aplikasikan plamir tembok secara vertikal (atas ke bawah) dengan menggunakan spatula khusus.
  6. Diamkan lapisan plamir ini sesuai petunjuk dari produk yang digunakan.
  7. Setelah kering, gosok permukaan tembok dengan ampelas kering.
  8. Bila dibutuhkan, aplikasikan lapisan kedua.
  9. Tunggu hingga kering. 
  10. Gosok permukaan tembok dengan ampelas kering.
  11. Cek hasil akhirnya.
  12. Permukaan tembok siap diberikan lapisan cat.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan finishing lainnya di sini

Finishing adalah proses yang penting untuk memperlihatkan tampilan interior dan eksterior bangunan menjadi estetik saat merenovasi rumah. Selain plamir, Anda juga membutuhkan produk lain yang mendukung tampilan bangunan menjadi estetik dan siap huni. Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi produk perlengkapan finishing tersebut. Yuk, disimak!

Kesimpulan

Kali ini kami telah menjelaskan cara memilih plamir tembok sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bisa dibeli. Kami juga telah memberikan informasi terkait keunggulan dan spesifikasi teknis setiap produk. Oleh karena itu, perhatikan hal tersebut dengan saksama untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. 


Apabila Anda ingin melakukan kegiatan ini sendiri, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk mengaplikasikan plamir tembok. Semoga Anda menemukan plamir yang tepat sesuai manfaat yang dibutuhkan. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Material bangunan mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman, contohnya bata ringan atau hebel. Bata ringan adalah bahan bangunan yang kini banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang ringan, tahan air, tahan api, serta tahan gempa membuat hebel kian diminati oleh banyak kalangan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih bata ringan terbaik dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek bata ringan yang bagus, seperti CITICON, BRICON, dan BLESSCON. Simak ulasan selengkapnya dari kami agar Anda menemukan hebel terbaik!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.Nah, kami akan mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami akan merekomendasikan keramik lantai dari KIA Ceramics, Mulia Ceramics, dan Wisma Sehati. Ada keramik lantai motif batu alam yang cocok untuk lantai garasi hingga keramik lantai motif kayu, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mau mengecat tembok, jendela kayu, pagar besi, atau bahkan motor Anda? Jangan cuma beli catnya karena Anda juga akan membutuhkan thinner cat. Sudah tahu thinner seperti apa yang harus Anda beli? Thinner cat ada berbagai macam jenis, misalnya thinner untuk cat duco, cat besi, cat kayu, dan sebagainya.Kami akan memberikan tips memilih thinner cat yang bagus beserta rekomendasi produknya. Ada beberapa merek terkenal, seperti Imapala, Cobra, ND, dan sebagainya. Kami juga akan memberikan cara mencampur cat dengan thinner yang benar. Simak sampai selesai, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Furnitur yang menggunakan bahan kayu masih menjadi pilihan banyak orang. Selain kuat, bahan kayu juga tampak lebih klasik dan elegan. Agar makin cantik dan tahan lama, sebaiknya lapisi furnitur kayu Anda dengan cat. Anda bisa pilih warna putih, cokelat, atau warna lain favorit Anda. Pertimbangkan juga cat kayu antiair yang mampu menahan rembesan air.Kali ini, kami akan membagikan tips memilih produk cat kayu yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan produk cat kayu terbaik dari berbagai merek ternama, seperti Avian, Mowilex, dan Nippon Paint. Selamat menyimak!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori