1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Cat & perlengkapan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas.


Plamir atau dempul tembok memiliki fungsi yang cukup penting. Namun, banyak orang yang belum mengenal produk satu ini. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih plamir tembok yang bagus. Kami pun akan memberikan berbagai rekomendasi plamir, termasuk plamir instan dari berbagai merek, seperti Dulux dan Aplus.

Diperbaharui 01-31-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih plamir tembok

Dempul, plamur, putty, atau filler merupakan istilah lain yang sering digunakan untuk menyebutkan plamir tembok. Jadi, jangan heran bila Anda akan menemukan perbedaan nama-nama plamir tembok instan di pasaran. Untuk mengetahui plamir tembok yang Anda butuhkan, mari simak beberapa tips yang telah kami siapkan berikut ini. 

① Tentukan pengaplikasian plamir pada tembok

Tentukan pengaplikasian plamir pada tembok

Sebelum membeli dempul tembok yang bagus, Anda harus menentukan pengaplikasian temboknya. Pada dasarnya, plamir biasa digunakan untuk meratakan tembok luar (eksterior) dan tembok dalam (interior). Tiap-tiap jenis pengaplikasian memerlukan jenis plamir yang berbeda.


  • Untuk tembok luar, Anda bisa menggunakan semen putih. Plamir jenis ini memiliki ketahanan terhadap air hujan dan sinar matahari. Dengan demikian, tembok luar pun akan bebas dari bercak-bercak lembap yang mengganggu tampilan rumah.

  • Untuk tembok dalam, Anda bisa menggunakan plamir akrilik. Plamir jenis ini tidak tahan terhadap air sehingga cocok untuk tembok interior. Hal ini disebabkan, daya pengikatnya yang cukup rendah. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan plamir semen putih untuk tembok interior. Dempul ini dapat menahan air sehingga mampu menahan rembesan air dari luar.

② Kenali jenis plamir yang digunakan

Ada dua jenis plamir tembok yang beredar di pasaran, yaitu yang berbasis akrilik dan semen putih. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Karena itu, Anda perlu mengenali kedua jenis plamir ini untuk menemukan plamir tembok yang sesuai kebutuhan. Simak penjelasan kami berikut ini dan temukan plamir tembok yang paling pas.

Plamir akrilik, berbahan dasar air dan mudah diaplikasikan

Plamir akrilik, berbahan dasar air dan mudah diaplikasikan

Plamir tembok akrilik merupakan hasil teknologi yang memadukan pigmen berwarna putih, emulsi akrilik, bahan aditif, dan pengawet. Plamir akrilik pada dasarnya berbasis air. Meski begitu, teksturnya kental seperti mentega sehingga mudah diaplikasikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai plamir akrilik.


  • Ada kecenderungan perlu pelapisan berulang setiap tahun, terutama pada tembok yang lembap. Kebutuhan untuk retouch juga dipengaruhi oleh sifat perekatan yang lebih rendah sehingga lapisan tembok bisa cepat mengelupas.

  • Plamir akrilik ini adalah primer tembok instan yang mudah diaplikasikan. Anda juga tidak perlu tambahan bahan apa pun. Proses pengeringannya cukup cepat sehingga lebih menghemat waktu pengerjaan.

  • Plamir akrilik sangat sempurna bila Anda menginginkan hasil akhir yang halus dan tampak matte. Selain tembok, Anda juga bisa mengaplikasikan plamir akrilik pada permukaan tembok baru ataupun lama. Pigmen putihnya juga sempurna untuk menutupi warna asli tembok sehingga Anda bisa memilih warna cat yang cerah.

Plamir semen putih, tekstur halus dan daya rekat tinggi

Plamir semen putih, tekstur halus dan daya rekat tinggi

Jenis kedua adalah plamir semen putih. Warna putih pada semen putih berasal dari kandungan mangan dan besi yang lebih sedikit dibandingkan semen biasa. Kualitas dan daya rekatnya yang tinggi serta tekstur yang lebih halus membuat semen putih banyak digunakan sebagai campuran.


Salah satunya adalah campuran untuk membuat plamir tembok. Berkat butirannya yang lebih halus dan bersih, plamir semen putih mampu memperhalus permukaan tembok. Hasilnya, tembok akan lebih rapi dan rata. Beberapa hal yang bisa Anda ketahui saat memakai plamir semen putih.


  • Senyawa silika di dalam semen putih yang tinggi membuat plamir semen putih menjadi tidak mudah mengelupas. Plamir akan membuat tembok menjadi lebih kuat dan berumur panjang.

  • Semen putih terkenal antiair. Plamir jenis ini mampu bertahan terhadap air berkat kombinasi semen putih, mineral, dan polimer di dalamnya.

  • Proses pengeringan cenderung lebih lama. Berbeda dengan akrilik, plamir jenis ini membutuhkan waktu pengeringan yang relatif lama. Selain itu, pengaplikasiannya pun agak rumit. Dengan demikian, kami sarankan untuk menggunakan jasa tukang profesional.

③ Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan keunggulan lainnya

Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan keunggulan lainnya

Fungsi utama dari plamir tembok adalah untuk menutupi celah-celah tembok. Tak hanya itu, plamir tembok yang baik dapat menutupi pori-pori sehingga dinding dapat terlihat lebih halus dan rata. Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan keunggulan lain dari plamir tembok pilihan. Beberapa keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut:


  • Waktu pengeringan: Ada tiga tahapan pengeringan plamir tembok, yaitu kering sentuh, kering keras, dan kering ampelas. Pastikan lamanya proses pengeringan yang Anda inginkan dengan mengecek secara online di situs resmi atau review pengguna.

  • Jumlah lapisan: Untuk membeli jumlah plamir yang tepat, cek jumlah lapisan yang harus diaplikasikan untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Beberapa produk ada yang hanya memerlukan satu lapisan untuk mendapatkan permukaan tembok yang rata, halus, dan bersih. Ada pula yang harus diulang beberapa kali supaya tampak sempurna.

  • Antiair: Untuk melapisi cat bagian luar atau eksterior, alangkah lebih baik bila Anda membeli produk yang dilengkapi formula water resistant. Formula ini bermanfaat untuk melindungi tembok saat terpapar hujan deras sehingga warna cat akan lebih tahan lama. Dengan demikian, tembok tidak mudah mengelupas dan dapat bertahan lama.

④ Pastikan daya sebar plamir untuk menghitung estimasi biaya

Pastikan daya sebar plamir untuk menghitung estimasi biaya

Pada dasarnya, daya sebar plamir akan berbeda dari satu tembok dengan tembok lainnya. Daya sebar ini dipengaruhi oleh kondisi permukaan tembok dan kemampuan penyerapan. Namun, Anda bisa memperhatikan informasi daya sebar produk untuk menghitung budget yang perlu disediakan.


Sebagai panduan, satu kilo plamir digunakan untuk satu kali lapisan dengan daya sebar tiga hingga empat meter persegi. Namun, daya sebar ini tergantung pada tingkat penyerapan serta kondisi pori-pori permukaan tembok.

10 Rekomendasi plamir tembok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk plamir tembok terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Weber

Plainst Plamir Instan

Weber Plainst Plamir Instan 1枚目

Plamir tembok instan dengan harga affordable

2

Nippon Paint

Matex Putty

Nippon Paint Matex Putty 1枚目

Mudah diaplikasikan, proses pengeringan cepat

3

Aplus

Cornice Adhesive

Aplus Cornice Adhesive 1枚目

Plamir interior untuk partisi gipsum

4

Avian Brands

Giant Mortar 220

Avian Brands Giant Mortar 220 1枚目

Dilengkapi dengan formula perekat yang andal

5

Avian Brands

Aries Gold Wall Putty

Avian Brands Aries Gold Wall Putty 1枚目

Sempurnakan permukaan tembok rumah Anda yang berpadu dengan material kayu!

6

RJ London

Wall Putty

RJ London Wall Putty 1枚目

Plamir tembok premium yang tahan terhadap jamur

7

Beruang Perkasa

Plamir Instan Big Lion

Beruang Perkasa Plamir Instan Big Lion  1枚目

Tinggal di daerah dengan perubahan cuaca ekstrem? Andalkan plamir ini!

8

AkzoNobel

Dulux Catylac Plamur Interior

AkzoNobel Dulux Catylac Plamur Interior 1枚目

Mengandung formula terbaik yang telah memiliki sertifikasi keamanan

9

Propan Raya

Propan Eco Emulsion Plamur

Propan Raya Propan Eco Emulsion Plamur 1枚目

Tidak hanya tembok, untuk memperhalus daerah sambungan pun bisa!

10

TOA

Acrylic Wall Putty

TOA Acrylic Wall Putty 1枚目

Meratakan tembok hanya dengan lapisan plamir tipis

Perincian produk
Close
No.1

WeberPlainst Plamir Instan

Mulai dari Rp4.900,00

Plamir tembok instan dengan harga affordable

Kelebihan:

  • Harga murah dengan daya rekat kuat

Kekurangan:

  • Retakan dinding mudah kembali terbentuk

Weber Plainst Plamir hadir untuk Anda yang menginginkan plamir semen putih dengan harga yang ramah di kantong. Satu kilogram bubuk plamir dapat dicampurkan dengan 500 ml air bersih.


Meski terlihat sedikit, formulanya memiliki daya sebar yang cukup luas hingga tujuh meter persegi. Formula plamir ini diklaim memiliki daya rekat yang kuat. Oleh sebab itu, plamir ini dapat digunakan pada tembok luar dan dalam ruangan. 

No.2

Mudah diaplikasikan, proses pengeringan cepat

Kelebihan:

  • Cepat kering

Kekurangan:

  • Tidak tahan terhadap alkali dengan kadar pH di atas 9

Wall filler dari Nippon Paint ini menggunakan formula water-based yang cocok digunakan pada interior bangunan. Pada suhu dan tingkat kelembapan tertentu, plamir dapat kering keras setelah satu jam.


Kemudian, Anda dapat membuat lapisan kedua setelah tiga jam. Meski demikian, daya rekatnya tetap kuat dan tidak mudah retak. Dengan demikian, produk ini sempurna bila Anda memiliki waktu terbatas untuk merenovasi rumah.

No.3

AplusCornice AdhesiveASTM C 475

Mulai dari Rp23.500,00

Plamir interior untuk partisi gipsum

Kelebihan:

  • Pengenceran dan pengaplikasian mudah

Kekurangan:

  • Waktu pengeringan cukup lama

Anda mencari plamir untuk tembok dalam untuk menutup retak pada partisi gipsum? Produk dari Aplus ini bisa menjadi pilihan. Plamir instan ini dapat memperbaiki permukaan tembok yang retak atau tidak rata secara sempurna. Anda pun bisa menutup lubang kabel, lubang paku, atau retakan partisi gipsum dengan dempul satu ini.

No.4

Avian BrandsGiant Mortar 220

Mulai dari Rp27.500,00

Dilengkapi dengan formula perekat yang andal

Kelebihan:

  • Hasil akhir matte, mirip plamir akrilik
  • Bahan perekat sangat kuat

Kekurangan:

  • Proses pengeringan memakan waktu lama
  • Dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif

Plamir ini membutuhkan proses pengeringan yang cukup panjang. Tembok akan siap dicat tujuh hari setelah plamir ini diaplikasikan. Meski begitu, produk ini sangat pas bila Anda mencari plamir dengan bahan perekat yang sangat kuat.


Perekatnya yang kuat berasal dari kandungan semen Portland. Semen ini terkenal sebagai perekat yang kuat. Untuk tembok yang kuat dan tidak mudah retak, jangan lewatkan produk ini!

No.5

Avian BrandsAries Gold Wall Putty

Mulai dari Rp18.000,00

Sempurnakan permukaan tembok rumah Anda yang berpadu dengan material kayu!

Kelebihan:

  • Dapat diaplikasikan pada material kayu

Kekurangan:

  • Dapat menyebabkan iritasi pada kulit

Jika rumah Anda memadukan tembok dari beton dan kayu, plamir ini sempurna untuk menghemat budget finishing. Hanya dengan satu jenis produk ini, Anda dapat melapisi permukaan dinding yang terbuat dari beton, semen, hingga kayu. Komposisi pigmen yang tepat diklaim dapat menutup pori secara sempurna. Dengan begitu, permukaan tembok dan permukaan kayu dapat menjadi lebih halus.

No.6

Plamir tembok premium yang tahan terhadap jamur

Kelebihan:

  • Memiliki bahan antijamur
  • Tahan terhadap bahan kimia berbahaya

Kekurangan:

  • Harus disimpan dalam suhu yang stabil karena kadar air tergantung pada kelembapan sekitar

RJ London Wall Putty merupakan pilihan tepat bila Anda tinggal di daerah yang kurang terkena sinar matahari dan lembap. Formula premiumnya mengandung emulsi kopolimer akrilik yang berkualitas tinggi. Hasil akhirnya yang halus cocok untuk mengisi retakan pada permukaan kasar dari mulai beton, dinding semen, hingga furnitur kayu.


Menariknya, meski Anda berada di area dengan tingkat alkali tinggi, plamir ini akan tetap merekat dengan sangat kuat. Bahkan, Anda tak perlu khawatir akan munculnya jamur yang dapat merusak keindahan tembok. Kemasannya yang beragam, menjadi daya tarik sendiri, terutama bila Anda hanya membutuhkan plamir dalam jumlah yang sedikit. 

No.7

Beruang PerkasaPlamir Instan Big Lion

Mulai dari Rp8.000,00

Tinggal di daerah dengan perubahan cuaca ekstrem? Andalkan plamir ini!

Kelebihan:

  • Mengandung lem PVAC
  • Daya gosok lebih tinggi, lebih kuat, lebih halus, dan lebih tahan cuaca

Kekurangan:

  • Butuh waktu lama agar plamir benar-benar kukuh

Produk ini merupakan salah satu plamir instan terbaik dengan mutu terjamin. Kualitas formulanya yang baik dapat bercampur secara homogen. Tak hanya itu, plamir instan ini telah mengandung lem PVAC sehingga lebih praktis digunakan. Formulanya pun diklaim mampu mencegah keretakan pada lapisan tembok.


Menariknya, plamir tembok instan ini diklaim mampu bertahan terhadap perubahan cuaca. Untuk itu, plamir ini pas untuk Anda yang tinggal di daerah dengan perubahan cuaca ekstrem. Anda tak perlu takut lapisan cat akan mengelupas setelah tembok terpapar sinar matahari dan air hujan. 

No.8

AkzoNobelDulux Catylac Plamur Interior

Mulai dari Rp58.810,00

Mengandung formula terbaik yang telah memiliki sertifikasi keamanan

Kelebihan:

  • Ramah lingkungan dan bebas dari bahan berbahaya

Kekurangan:

  • Daya pengikat rendah

Ingin dinding dengan tampilan matte? Ratakan dinding dengan Dulux Catylac Plamur Interior. Produk ini dapat menampilkan hasil akhir matte hanya dalam satu lapisan. Formulanya pun sangat aman karena karena tidak mengandung timbal dan merkuri.


Produk ini telah mendapatkan Green Label Singapore yang dinilai mengandung formula ramah lingkungan. Untuk itu, produk ini sangat sempurna digunakan oleh Anda yang tinggal bersama buah hati. Anda tidak perlu khawatir udara yang terhirup akan membahayakan si buah hati. Ruangan bersih, rapi, dan lingkungan tetap sehat.

No.9

Propan RayaPropan Eco Emulsion Plamur ECP-4030

Mulai dari Rp25.000,00

Tidak hanya tembok, untuk memperhalus daerah sambungan pun bisa!

Kelebihan:

  • Mudah diaplikasikan
  • Tidak larut kembali dalam air

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk menutup lubang-lubang besar

Apakah Anda mencari plamir yang bisa diaplikasikan pada bagian-bagian sambungan bangunan? Jika iya, plamir ini tidak boleh dilewatkan. Tak hanya mampu menutupi celah-celah sambungan, plamir ini juga andal untuk menutupi celah-celah partisi dan plafon gipsum. Teksturnya yang lembut juga mudah diaplikasikan. Formulanya juga mampu melekat pada cat dasar dan cat akhir dengan sempurna. 

No.10

Meratakan tembok hanya dengan lapisan plamir tipis

Kelebihan:

  • Aman bagi kesehatan karena bebas dari bahan berbahaya
  • Dempul akrilik yang bisa digunakan untuk dinding luar

Kekurangan:

  • Daya pengikat rendah

TOA Acrylic Wall Putty ini dibuat menggunakan green technology. Artinya, formula di dalamnya sudah aman untuk lingkungan dan bebas bahan yang membahayakan. Dempul akrilik ini cocok untuk Anda yang memiliki tembok beton aerasi. Formulanya diklaim mampu meratakan tembok beton aerasi secara sempurna.


Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan lapisan yang sangat tipis sesuai petunjuk penggunaan tanpa membuat tembok retak. Pasir halus yang menempel di permukaan tembok pun dapat tertutupi dengan baik. Untuk menghasilkan ruangan yang terlihat natural, jangan lewatkan produk ini, ya!

Tips menggunakan plamir untuk hasil yang memuaskan

Tips menggunakan plamir untuk hasil yang memuaskan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan pada saat mengaplikasikan plamir tembok. Ikuti langkah-langkah berikut ini dan nikmati pemandangan tembok yang rata, halus, dan bersih! 


  1. Pastikan permukaan tembok bersih dari debu halus, partikel, sisa cat, minyak, atau kontaminasi lainnya.
  2. Haluskan permukaan dinding yang telah diplester menggunakan ampelas.
  3. Basahi dinding dengan air bersih secukupnya sebelum mengaplikasikan plamir.
  4. Aduk adonan plamir hingga rata sehingga tidak ada bagian yang menggumpal.
  5. Aplikasikan plamir tembok secara vertikal (atas ke bawah) dengan menggunakan spatula khusus.
  6. Diamkan lapisan plamir ini sesuai petunjuk dari produk yang digunakan.
  7. Setelah kering, gosok permukaan tembok dengan ampelas kering.
  8. Bila dibutuhkan, aplikasikan lapisan kedua.
  9. Tunggu hingga kering.
  10. Gosok permukaan tembok dengan ampelas kering.
  11. Cek hasil akhirnya.
  12. Permukaan tembok siap diberikan lapisan cat.

Baca juga rekomendasi produk cat lainnya di sini

Selain plamir, cat menjadi material yang cukup penting dalam proses finishing rumah. Kami juga telah mengulas beberapa produk cat untuk genteng, kayu, dan besi. Jika tertarik untuk membacanya, silakan klik artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah menjelaskan cara memilih plamir tembok sekaligus memberikan rekomendasi produk yang bisa dibeli. Kami juga telah memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan setiap produk sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan plamir tembok yang pas. Dengan demikian, Anda dapat memiliki tampilan tembok cantik di rumah. Happy shopping!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer