• 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mesin Obras Terbaik - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. 


Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Novita Estiti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti
Novita Estiti
Sewing enthusiast
Novita Estiti

Novita Estiti lulus sebagai best student dari ESMOD Fashion School tahun 1998. Setelah lulus, ia bekerja sebagai fashion editor di beberapa majalah fashion Indonesia. Ia kemudian pindah ke Jepang dan memulai sewing blog. Ia juga pernah beberapa kali mengadakan sewing class di Jepang.


Novita menjadi blogger dan influencer di bidang menjahit sejak tahun 2008. Ia pernah berkontribusi pada penulisan buku terbitan Burdastyle dan beberapa majalah serta situs mengenai menjahit.

Mengenal komponen mesin obras

Mengenal komponen mesin obras

Sebelum membeli mesin obras, Anda sebaiknya mengenal komponen-komponen pembentuknya terlebih dahulu. Wawasan ini akan membantu Anda ketika merawat mesin obras. Mesin yang terawat tidak hanya lebih awet, tetapi juga bekerja lebih optimal. Jadi, apa saja komponen mesin obras?


  • Kerangka: Bagian ini merupakan bangun tubuh mesin obras yang menjadi tempat menempelnya semua komponen lain.


  • Jarum dan dudukannya: Salah satu bagian terpenting dari mesin obras adalah jarum. Proses mengobras mungkin tidak akan berlangsung jika tidak ada alat ini. Biasanya, jarum mesin obras ukurannya lebih pendek daripada mesin jahit. Namun, banyak juga mesin obras yang bisa menggunakan jarum mesin jahit biasa.

  • Sepatu mesin: Penjepit ini bertugas menjaga kestabilan kain selama mesin bergerak. Sepatu mesin juga memungkinkan kain untuk bergerak sendiri saat proses mengobras dilakukan.


  • Pengatur tegangan benang: Tegangan benang yang terlalu kuat bisa membuat kain mengerut. Karena itu, mesin obras dilengkapi pengatur tegangan benang agar kain tak berantakan. Untuk menggunakan komponen ini Anda hanya perlu memutarnya ke kiri atau ke kanan.


  • Tiang benang obras: Bagian ini merupakan tempat untuk meletakkan gulungan benang. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung jenis mesin obras.


  • Looper: Benang yang digunakan untuk mengobras akan dikaitkan pada lubang-lubang yang disebut looper. Lubang ini dibedakan menjadi dua, yakni lower looper dan upper looper.

  • Pisau: Alat ini bertugas memotong tepian kain yang berserabut agar rapi.


  • Pedal: Fungsi komponen ini adalah membantu Anda menggerakkan mesin obras.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mesin obras

Mesin obras yang bagus adalah mesin obras yang memberi hasil rapi, cepat, dan tentu saja sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan hal tersebut, poin-poin berikut ini sebaiknya diperhatikan ketika memilih mesin obras.

Kenali jenis-jenis mesin obras

Berbeda dengan mesin jahit, mesin obras memiliki lebih banyak benang. Jika mesin jahit hanya menggunakan dua benang, mesin obras menggunakan tiga hingga enam benang. Jumlah benang tersebut menentukan kekuatan jahitan dan jenis kainnya. Namun, mesin obras yang akan dibahas pada artikel ini hanya sampai mesin obras benang lima.

Benang tiga, biasanya digunakan untuk merapikan tepian kemeja

Benang tiga, biasanya digunakan untuk merapikan tepian kemeja

Mesin obras ini biasa dipakai untuk merapikan tepian kemeja atau blouse. Sebagus apa pun kemeja Anda, pastinya Anda enggan kalau terlihat benang menjulur di mana-mana. Selain itu, mesin obras benang tiga dapat dijadikan pilihan apabila Anda mengutamakan efisiensi biaya. Pasalnya Anda tidak butuh terlalu banyak benang.


Jika akhirnya Anda memutuskan memakai tiga benang saja, Anda harus tahu bahwa hasil obrasnya cenderung lebih lebar. Mesin-mesin industri yang berbentuk klasik rata-rata menggunakan benang tiga, contohnya Butterfly GN1-1. 

Benang empat, sering dipakai untuk merapikan tepian kain kaus

Benang empat, sering dipakai untuk merapikan tepian kain kaus

Sebagian besar bahan kaos hanya menggunakan mesin obras dan tidak menggunakan mesin jahit. Bahan kaus tergolong bahan yang cukup menantang karena elastisitasnya. Namun, dengan fitur differential feed yang umumnya ada pada mesin obras benang empat, Anda dapat mengatasi hal tersebut.


Hasil obras mesin benang empat juga lebih kuat, rapi, dan memiliki dua garis diagonal. Karena itu, wajar jika mesin obras ini lebih cocok untuk bahan kaus. Selain untuk merapikan tepian kain kaus, obras benang empat juga bisa digunakan untuk sambungan kain. 

Benang lima, dapat digunakan untuk mengobras kain tebal

Benang lima, dapat digunakan untuk mengobras kain tebal

Mesin obras benang lima terkenal karena kekuatannya sehingga cocok jika digunakan untuk mengobras bahan jeans dan bahan tebal lainnya. Mesin obras benang empat dan lima memiliki fungsi yang sama, yaitu menjahit sekaligus merapikan kain


Namun, tetap ada beberapa perbedaan antara mesin obras benang empat dan benang lima. Salah satunya adalah garis diagonal yang dibuat mesin obras benang empat ada di tengah obras. Sementara itu, garis diagonal pada mesin obras benang lima berjarak 0,5 cm dari obras.

Jangan lupa perhatikan kecepatan mesin

Jangan lupa perhatikan kecepatan mesin

Mesin obras bekerja dengan kecepatan berbeda-beda, antara 1000 hingga 5500 stitches per minute (spm). Makin tinggi kecepatan mesin, makin singkat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Mesin obras dengan kecepatan tinggi cocok digunakan di industri konveksi


Sementara itu, untuk kebutuhan rumah tangga ataupun hobi sudah cukup jika menggunakan mesin berecepatan 1000–1500 spm. Kecepatan mesin obras ini penting untuk dipertimbangkan. Salah satu alasannya adalah kekuatan mesin. Makin cepat mesin obras bekerja, mesin cenderung lebih cepat aus.

Cari tahu fitur penunjangnya juga

Mesin obras memiliki beragam fitur, dari yang sederhana hingga rumit. Kenali masing-masing fitur tersebut supaya Anda bisa menggunakan mesin obras dengan maksimal.

Free arm, memudahkan Anda saat menjahit di area terbatas

Free arm, memudahkan Anda saat menjahit di area terbatas

Terdapat beberapa bagian baju yang sulit dijahit, misalnya bagian lengan, ujung bawah celana, serta kerah. Bagian tersebut rata-rata berukuran kecil. Untuk mempermudah pekerjaan Anda, beberapa mesin obras menyediakan fitur free arm


Free arm sebenarnya merupakan area di bawah mesin obras yang bisa dilepas atau diturunkan. Dengan demikian, Anda jadi lebih leluasa saat harus menggerakkan kain berukuran kecil selama mengobras.

Color threading, memasang benang tidak lagi memusingkan

Color threading, memasang benang tidak lagi memusingkan

Mesin obras memiliki banyak benang sehingga pemasangannya bisa membingungkan, apalagi jika Anda memutuskan membuat obras dengan benang warna-warni. Nah, kehadiran color threading ini akan membantu Anda memasang benang di tempat yang tepat.


Wujud color threading di setiap mesin tidak sama. Sebagian merek hanya menyelipkan warna di tiang benang. Ada juga yang mencantumkan gambar diagram jalur benang di tubuh mesin. Sebagai informasi, beberapa mesin obras sudah memiliki teknologi self-threading, seperti merek Janome.

Differential feed, menyesuaikan ketebalan kain

Differential feed, menyesuaikan ketebalan kain

Kain memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagian mesin obras dilengkapi differential feed. Fitur ini akan mengatur hasil obras berdasarkan ketebalan kain. Misalnya, kain sifon, katun, dan kaus perlu mendapatkan perlakuan yang berbeda. Fitur ini juga sangat membantu Anda dalam mengobras kain-kain yang elastis.

10 Rekomendasi mesin obras terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin obras terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Novita Estiti.

10

SirubaHigh Speed Cylinder Overlock Machine

747KST

Mulai dari Rp 8.290.000,00

Jumlah benang3 dan 4
Kecepatan5500 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armTidak disebutkan
Fitur differential feedAda
Daya listrikTidak disebutkan
9
Jumlah benang3 dan 4
Kecepatan5500 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armTidak disebutkan
Fitur differential feedAda
Daya listrik250 watt
8

JanomeMesin Obras

1200D

Mulai dari Rp 12.500.000,00

Jumlah benang2, 3, 4, & 5
Kecepatan1300 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armAda
Fitur differential feedAda
Daya listrikTidak disebutkan
7

Brother IndustriesSewing Machine

2104D

Mulai dari Rp 5.485.000,00

Jumlah benang3 & 4
Kecepatan1000–1500 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armAda
Fitur differential feedAda
Daya listrik65 watt
6
Jumlah benang3 dan 4
Kecepatan1800 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armTidak disebutkan
FItur differential feedAda
Daya listrik180 watt
5
Jumlah benang3 dan 4
Kecepatan5500 spm
Fitur color threadingTidak disebutkan
Fitur free armTidak disebutkan
Fitur differential feedTidak disebutkan
Daya listrikDi bawah 100 watt
4
Jumlah benang3 dan 4
Kecepatan1300 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armAda
Fitur differential feedAda
Daya listrik135 watt
3
Jumlah benang3
Kecepatan2000 spm
Fitur color threadingTidak disebutkan
Fitur free armTidak disebutkan
Fitur differential feedTidak disebutkan
Daya listrik100 watt
2
Jumlah benang2, 3, dan 4
Kecepatan1300 spm
Fitur color threadingAda
Fitur free armAda
Fitur differential feedAda
Daya listrik110 watt
1
Jumlah benang3
Kecepatan2000 spm
Fitur color threadingTidak disebutkan
Fitru free armTidak disebutkan
FItur differential feedTidak disebutkan
Daya listrik100 watt

Tabel perbandingan mesin obras terbaik

Gambar produk
1
Butterfly Mesin Obras Industrial 1

Butterfly

2
Singer Mesin Obras 1

Singer

3
Pegasus Mesin Obras  1

Pegasus

4
Butterfly Mesin Obras Heavy Duty 1

Butterfly

5
Typical Mesin Obras 1

Typical

6
Janome Mesin Obras 1

Janome

7
Brother Industries Sewing Machine 1

Brother Industries

8
Janome Mesin Obras 1

Janome

9
Yamata Mesin Obras 1

Yamata

10
Siruba High Speed Cylinder Overlock Machine 1

Siruba

Nama produk

Mesin Obras Industrial

Mesin Obras

Mesin Obras

Mesin Obras Heavy Duty

Mesin Obras

Mesin Obras

Sewing Machine

Mesin Obras

Mesin Obras

High Speed Cylinder Overlock Machine

Keunggulan

Tarikan mesinnya ringan, siapa pun bisa memakainya

Pisau pemotongnya 60% kali lebih kuat!

Mesin obras berkerangka besi dengan suara yang halus

Jahit neci tanpa mengganti plat, lebih cepat dan lebih praktis

Mesin obras industri yang benar-benar hemat listrik!

Pengoperasiannya mudah dan hasilnya tetap maksimal

Pisaunya bisa ditutup selama proses mengobras

Makin praktis dengan penyetel ketegangan benang otomatis

Mesin tangguh yang bisa dipakai 24 jam nonstop!

Dapat menghindarkan benang melompat secara otomatis

Harga mulai dariRp 785.000,00Rp 3.690.000,00Rp 789.900,00Rp 2.800.000,00Rp 4.890.000,00Rp 3.090.000,00Rp 5.485.000,00Rp 12.500.000,00Rp 3.890.000,00Rp 8.290.000,00
Jumlah benang32, 3, dan 433 dan 43 dan 43 dan 43 & 42, 3, 4, & 53 dan 43 dan 4
Kecepatan2000 spm1300 spm2000 spm1300 spm5500 spm1800 spm1000–1500 spm1300 spm5500 spm5500 spm
Fitur color threadingTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaAdaAdaAdaAda
Fitru free armTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkan
FItur differential feedTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanAdaAdaAdaAdaAda
Daya listrik100 watt110 watt100 watt135 wattDi bawah 100 watt180 watt65 wattTidak disebutkan250 wattTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar mesin obras

Pertanyaan umum seputar mesin obras

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar mesin obras. Jika Anda masih penasaran dengan mesin obras, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara mengatasi mesin obras yang tidak menganyam?

Jika mesin obras Anda tidak menganyam, gunakan cara-cara di bawah ini.

  • Periksa kembali urutan benang, sudah benar atau belum.
  • Ganti pisau pemotong bila telah lama tidak diganti.
  • Ganti jarumnya. Jarum yang tumpul dapat menyebabkan jahitan loncat.
  • Gunakan benang yang sesuai dengan bahan. Benang yang terlalu tebal bisa menyebabkan jahitan loncat dan tepian kain terlalu berat.

Tips dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti

Tips dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti

Sebaiknya mesin obras rumahan diservis setidaknya satu tahun sekali. Mesin obras yang digunakan untuk industri sebaiknya diservis lebih sering. Selain itu, mengganti jarum obras tiap pergantian proyek sangatlah ideal.

Baca juga rekomendasi peralatan menjahit lainnya di sini

Bekerja dengan peralatan lengkap pastinya terasa menyenangkan. Saat membutuhkan satu barang, Anda tidak perlu susah payah mencarinya hingga menghancurkan mood untuk menyelesaikannya. Pastikan Anda sudah melengkapi peralatan menjahit di rumah atau tempat kerja. Dengan demikian, kegiatan menjahit Anda, entah sebagai hobi ataupun pekerjaan, berjalan lancar dan menyenangkan.

Kesimpulan

Jika Anda berniat menekuni dunia menjahit, mesin obras harus masuk ke dalam daftar prioritas. Akan tetapi, Anda harus mengetahui kecepatan mesin obras, jenis benang yang sesuai kebutuhan, dan fitur-fiturnya terlebih dahulu. 


Jika hal tersebut sudah diketahui, memilih mesin obras seharusnya tidak lagi serumit sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda menemukan mesin obras yang tepat dan menambah wawasan Anda. Selamat berbelanja dan menikmati kegiatan menjahit!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Artikel ini sudah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Simak sampai akhir, ya!
    Kerajinan
  • 10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mesin Jahit Portable yang Bagus - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jahit portable banyak dicari karena ukurannya tidak terlalu besar, bobotnya relatif ringan, dan kepraktisan fitur-fiturnya. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasa, kemampuannya dalam membantu Anda menjahit tidak perlu diragukan. Ada beragam pilihan, dari mesin jahit multifungsi, heavy duty, hingga mesin jahit portable mini. Jika sedang mencari-cari mesin jahit portable yang bagus, Anda bisa memeriksa produk merek Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Apa saja keunggulan dan fitur setiap mesin jahit portable tersebut? Simak artikel ini sampai akhir!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Polymer Clay yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Membuat kerajinan dari clay memang merupakan kegiatan yang asyik dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satu jenis clay yang sedang menjadi primadona di kalangan crafter adalah polymer clay. Polymer clay termasuk bahan lunak yang terbuat dari polivinil klorida (PVC). Tak heran jika bahan ini sangat mudah dibentuk.Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan beragam merek polymer clay yang bagus di pasaran. Sculpey, FIMO, dan Cernit merupakan beberapa contohnya. Supaya Anda bisa mendapatkan produk terbaik, kali ini kami akan menjelaskan tips-tips memilih polymer clay. Mari simak dengan saksama!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang. Origami telah diajarkan sejak masa kanak-kanak, bahkan masih menjadi hobi bagi beberapa orang dewasa. Dengan kertas origami, Anda dapat membuat burung, bunga, ikan, dan lainnya. Untuk membantu Anda menghasilkan objek yang diinginkan, pemilihan kertas origami sangat penting.Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kertas origami beserta tips memilihnya. Simak juga rekomendasi kertas origami terbaik dari kami. Berbagai merek kertas origami, seperti Sinar Dunia, Asturo, Deli, sampai Faber Castell ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, segera simak sampai habis, ya!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori