1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Drone & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Dalam dunia fotografi dan videografi, drone dengan kamera difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, Anda yang baru akan menggunakan drone mini mungkin akan kesulitan dalam memilihnya.


Untuk itu, kali ini kami akan mengulas rekomendasi drone mini terbaik serta cara memilihnya. Produk dari merek drone mini yang bagus akan kami bahas, seperti DJI Mini 2, DJI Mini 3 Pro, dan FIMI X8 Mini. Anda juga bisa menemukan drone mini murah, lho. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-12-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Keunggulan drone mini

Keunggulan drone mini

Ukuran drone mini tentu lebih kecil sehingga ringkas dan berbobot ringan. Di kalangan pengguna dronedrone mini juga disebut sebagai quadcopterDrone mini menjadi opsi tepat bagi pemula untuk melatih kemampuan sebagai pengendali drone.


Keunggulan lain dari drone mini ialah bisa melakukan manuver yang lebih lincah daripada drone biasa. Drone mini sanggup melewati sela-sela pohon dan bolak-balik di dalam rumah. Saat terjatuh, risiko yang dialami cenderung tidak terlalu besar berkat bobot dan ukurannya yang kecil.


Tak hanya secara profesional, Anda dapat menggunakan drone mini sebagai mainan ataupun sekadar untuk selfie. Selain itu, harga drone mini lebih terjangkau dari drone biasa yang berukuran lebih besar. Jadi, drone mini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Cara memilih drone mini

Sebelum memberikan rekomendasi produk terbaik, kami akan menjelaskan cara memilih drone mini yang tepat. Silakan simak poin-poin penting berikut supaya Anda tidak salah pilih saat hendak membeli drone mini secara online

① Sesuaikan jenis drone mini dengan kebutuhan

Drone mini umumnya terbagi ke dalam dua kategori, yaitu jenis racing dan performa tinggi. Temukanlah jawaban mengenai harga dan keunggulan dari tiap jenis drone mini melalui penjelasan di bawah ini. 

Drone racing, untuk sport dan perekaman ekstrem

Drone racing, untuk sport dan perekaman ekstrem

Drone racing merupakan kegiatan balap yang bisa diikuti oleh pilot amatir. Selama pertandingan, pilot drone mengenakan device bernama Head-Mounted Display atau HMD. Alat sejenis kacamata virtual reality tersebut wajib melengkapi sistem FPV atau first-person view dalam kegiatan drone racing.


Pilot drone dapat melihat gambar tangkapan kamera secara real time melalui FPV goggles. Berkat teknologi ini, drone racing makin lincah dalam melintasi trek sempit dan mampu menghindari benturan. Di sisi lain, jenis drone ini harus terbang dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam. Hal tersebut membuatnya rata-rata dilengkapi baterai bervoltase tinggi.


Selain berkecepatan tinggi, manuver dari drone ini beragam. Periksalah kelincahan drone incaran Anda dalam berbalik, berputar, menukik, dan miring hingga sudut 1–80 derajat.


Untuk bisa memaksimalkan fungsi dari drone mini ini, Anda harus banyak berlatih dan bersiap menghadapi risiko tinggi. Skill Anda akan sangat memengaruhi kemampuan drone ketika digunakan balapan atau melakukan perekaman ekstrem.

Drone performa tinggi, untuk perekaman profesional

Drone performa tinggi, untuk perekaman profesional

Gunakanlah drone dengan performa tinggi untuk kebutuhan perekaman profesional, khususnya pada bagian kamera. Jenis drone ini umumnya dilengkapi mode perekaman HD hingga 4K. Salah satu merek yang terkenal dengan kemampuan high performance adalah DJI.

Berbeda dengan drone racing yang gesit, drone performa tinggi bergerak dengan stabil guna mendapatkan gambar yang mulus. Untuk melihat hasil perekaman, pilot menggunakan smartphone yang diletakkan pada perangkat remote. Jenis drone ini juga dilengkapi fitur canggih, seperti QuickShot, lepas landas otomatis, dan sensor rintangan.

② Perhatikan kualitas kamera drone mini

Perhatikan kualitas kamera drone mini

Kualitas kamera menjadi poin penting untuk diperhatikan jika Anda bertujuan mendapatkan gambar yang bagus. Adapun besaran resolusi kamera pada drone mini ditandai dengan satuan MP atau megapiksel. Untuk pengambilan gambar, rata-rata drone mini dilengkapi kamera beresolusi 10–12 MP.


Kamera berkualitas HD (1.280 x 720) bisa dipilih untuk perekaman video. Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, pilih kamera berkualitas FHD (1.980 x 1.080), 2,7K (2.720 x 1.530), hingga 4K (3.840 x 2.610).


Ada juga produk drone mini yang tidak dilengkapi kamera. Biasanya drone tersebut digunakan hanya untuk latihan terbang bagi para pilot pemula. Selain itu, drone mini tanpa kamera bisa digunakan sebagai mainan untuk remaja berusia 14 tahun ke atas.

③ Cek kapasitas baterai dan durasi terbang drone mini

Cek kapasitas baterai dan durasi terbang drone mini

Selanjutnya, Anda perlu memahami bahwa kapasitas baterai memengaruhi durasi terbang drone mini. Kapasitas baterai pada drone mini tentu bervariasi dengan yang paling besar biasanya mencapai 2.500 mAh.


Dari segi durasi terbang, drone mini tanpa kamera dapat terbang paling lama 10 menit. Sementara itu, drone performa tinggi dari merek terkenal mampu terbang selama 30 menit. Perlu Anda ketahui bahwa saat drone terbang makin tinggi, kekuatan angin akan lebih kencang. Hal ini menyebabkan baterai drone menjadi cepat habis.


Untuk itu, pilot drone biasanya menyediakan baterai cadangan agar bisa terbang lebih lama. Jika memerlukan baterai cadangan, Anda dapat membelinya secara terpisah. Ada pula produk yang dijual secara bundle dengan baterai ekstra.

④ Periksa jarak terbang drone mini

Periksa jarak terbang drone mini

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah jarak terbang pada drone mini, khususnya untuk pengambilan gambar. Drone mini mainan biasanya memiliki jarak terbang yang pendek, yakni sekitar 5–30 meter. Di sisi lain, drone performa tinggi mampu terbang hingga jarak 5 km atau lebih


Selain itu, kemampuan terbang drone dipengaruhi kondisi sinyal dan lokasi Anda menerbangkan drone. Jika lokasi terbang merupakan kawasan padat penduduk, biasanya drone tidak bisa terbang mencapai jarak maksimal. Hal ini terlebih lagi jika drone digunakan di zona larangan terbang, seperti bandara atau gedung pertahanan.


Jarak terbang drone juga dapat dipengaruhi frekuensi yang digunakan pada remote control, misalnya FCC dan CE. Federal Communications Commissions (FCC) adalah sertifikasi yang dikeluarkan Amerika. Sementara itu, Conformité Européenne (CE) merupakan standar Eropa. FCC umumnya memiliki jarak jangkauan yang lebih jauh dari CE. Namun, penggunaan mode FCC terbatas pada wilayah Amerika.

⑤ Kenali fitur yang ditawarkan drone mini

Kenali fitur yang ditawarkan drone mini

Fitur yang ditawarkan pada tiap produk tentu memengaruhi ketertarikan Anda saat membeli drone mini. Bagi Anda yang masih pemula, Anda akan membutuhkan fitur take-off dan landing otomatis. Beberapa produk bahkan menyediakan fitur training mode yang difungsikan khusus untuk latihan terbang.


Untuk fotografi dan videografi, pertimbangkan adanya kemampuan melakukan zoom pada kamera serta pilihan mode pengambilan gambar. Ada pula mode terbang yang tersedia dalam beragam pilihan. Beberapa contohnya adalah mode untuk manuver secara otomatis dan melakukan pola boomerang.

10 Rekomendasi drone mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk drone mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Apex

Ghost

Apex Ghost 1枚目

Ekonomis dan sanggup berputar hingga 360 derajat

2

JJRC

TERZETTO

JJRC TERZETTO 1枚目

Bisa dimainkan di darat, udara, dan air

3

FIMI

X8 Mini

FIMI X8 Mini 1枚目

Bagikan video langsung ke media sosial dengan fitur live streaming

4

DJI

Mini 3 Pro

DJI Mini 3 Pro 1枚目

Tangkap footage dalam mode portrait!

5

DJI

Mini 2

DJI Mini 2 1枚目

Terbang lebih jauh dengan perekaman profesional

6

FIMI

X8SE 2022 V2

FIMI X8SE 2022 V2 1枚目

Memungkinkan penambahan fitur dan aksesori dengan Accessory Port

7

DJI

FPV Combo

DJI FPV Combo 1枚目

Drone untuk penggemar FPV dan racing

8

Autel

EVO Nano

Autel EVO Nano 1枚目

Drone dengan spesifikasi mumpuni untuk pilot profesional

9

Emax

EZ Pilot

Emax EZ Pilot 1枚目

Mudah dikendalikan dan VR-nya asyik!

10

BETAFPV

Beta95X V3

BETAFPV Beta95X V3 1枚目

Drone FPV mini dengan opsi kamera beresolusi tinggi

Perincian produk
Close
No.1

Ekonomis dan sanggup berputar hingga 360 derajat

Kelebihan:

  • Memiliki tiga pengaturan kecepatan
  • Dapat melakukan manuver 360 derajat

Kekurangan:

  • Tidak ada mount untuk kamera

Produk ini bisa menjadi opsi tepat bagi Anda yang mencari rekomendasi drone murah untuk mainan. Meski jarak terbangnya hanya 80 meter, produk ini dapat melakukan manuver hingga 360 derajat, lho!


Selain itu, drone mini ini tidak mudah rusak saat menabrak dinding atau benda keras. Hal tersebut karena bagian propeller-nya dilengkapi pelindung dengan material plastik ABS yang tahan terhadap benturan.

No.2

Bisa dimainkan di darat, udara, dan air

Kelebihan:

  • Desain 3-in-1, tiga mode dalam satu produk
  • Pemasangan dan penggantian mode mudah

Kekurangan:

  • Jarak terbang hanya 30 meter


Jika Anda ingin menghadiahkan drone mini untuk anak, pilihlah produk ini. JJRC TERZETTO memiliki cukup banyak keunikan. Selain berukuran mungil, produk ini dapat dimainkan dalam tiga mode. Anda bisa memainkannya sebagai drone, kendaraan, ataupun boat.


Salah satu drone mainan terbaik ini mudah untuk dibongkar pasang saat berganti mode. Dengan begitu, anak dapat memilih berbagai mode secara leluasa. Sesuai dengan rekomendasi dari produsen, pastikan usia anak Anda minimal 14 tahun, ya!

No.3

Bagikan video langsung ke media sosial dengan fitur live streaming

Kelebihan:

  • Memiliki durasi terbang hingga 30 menit
  • Cukup stabil menghadapi angin sedang

Kekurangan:

  • Tidak ada sensor object avoidance sehingga rentan menabrak objek

Anda yang gemar membagikan berbagai momen ke media sosial patut mencoba drone mini ini. FIMI X8 Mini memiliki fitur yang memungkinkan Anda melakukan live streaming. Selain itu, terdapat fitur Smart Tracking Mode. Dengan fitur ini, drone akan selalu mengunci target. Jadi, Anda bisa selalu berada dalam frame saat sedang live streaming melalui drone.

No.4

Tangkap footage dalam mode portrait!

Kelebihan:

  • Memiliki fitur True Vertical Shooting untuk menangkap footage secara vertikal
  • Dilengkapi kamera beresolusi tinggi

Kekurangan:

  • Mode smart flight tidak mendukung pengambilan gambar secara vertikal
  • Penyimpanan internal hanya 1,2 GB

DJI Mini 3 Pro hadir dengan fitur True Vertical Shooting yang unggul. Dengan fitur tersebut, Anda bisa beralih dari mode landscape ke portrait lewat sekali ketukan. Gimbal-nya akan berputar 90° untuk menangkap footage secara vertikal. Produk ini merupakan mini drone terbaik untuk Anda yang sering membuat konten dengan orientasi vertikal.

No.5

Terbang lebih jauh dengan perekaman profesional

Kelebihan:

  • Perekaman video hingga resolusi 4K
  • Memiliki jarak terbang hingga 10 km

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa aplikasinya sering crash

Produk ini punya cukup banyak fitur. Contohnya, fitur Fly Spots memungkinkan Anda untuk menentukan rute terbang. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengendalikannya secara manual. Drone mini ini juga dapat diandalkan untuk urusan fotografi karena memiliki fitur Panorama, QuickShots, dan lainnya.


Menariknya lagi adalah produk ini mampu merekam dengan resolusi 4K. Tidak hanya itu, jarak terbangnya bahkan bisa mencapai 10 km jika Anda menggunakan remote FCC. Dengan demikian, DJI Mini 2 merupakan drone mini terbaik untuk Anda yang senang traveling sembari membuat video perjalanan.

No.6

Memungkinkan penambahan fitur dan aksesori dengan Accessory Port

Kelebihan:

  • Dilengkapi Accessory Port untuk penambahan fitur atau modul
  • Durasi terbang hingga 35 menit

Kekurangan:

  • Tidak ada sensor object avoidance sehingga rentan menabrak objek

Apabila Anda merasa bosan dengan fitur drone yang sama, FIMI X8SE 2022 V2 bisa menjadi solusinya. Alasannya karena drone mini ini memiliki port khusus yang dapat digunakan untuk penambahan fitur custom.


Port tersebut kompatibel dengan berbagai aksesori. Anda dapat memasang aksesori megaphone untuk melakukan transmisi suara ke drone. Anda juga bisa menggunakan fitur release-and-drop untuk membawa muatan hingga 200 gram.

No.7

Drone untuk penggemar FPV dan racing

Kelebihan:

  • Bisa dikontrol dengan DJI Motion Controller untuk pengalaman yang lebih immersive
  • Memiliki kecepatan hingga 140 km/jam

Kekurangan:

  • Membutuhkan pengalaman untuk melakukan manuver yang rumit
  • Fungsi dan fitur perekaman video terbatas

Bagi Anda yang sudah berpengalaman di bidang drone FPV, produk ini tidak boleh terlewatkan. DJI FPV menawarkan pengalaman penerbangan yang immersive dan baru. Drone mini ini dapat dikontrol menggunakan DJI Motion Controller yang dijual terpisah. Dengan alat tersebut, Anda bisa mengontrol drone lewat gerakan tangan.

No.8

Drone dengan spesifikasi mumpuni untuk pilot profesional

Kelebihan:

  • Dilengkapi kamera beresolusi tinggi
  • Bisa merekam video beresolusi 4K dengan fitur HDR

Kekurangan:

  • Video beresolusi 4K terbatas pada 30 fps

Autel EVO Nano direkomendasikan untuk para pilot drone profesional. Produk ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, seperti kamera 48 MP, video 4K, dan HDR. Drone mini ini juga mampu terbang di ketinggian hingga 4 km dengan jarak kontrol hingga 16 km. Jadi, Anda dapat merekam lanskap yang sangat luas.


Anda bisa memilih resolusi yang ingin digunakan saat merekam video, mulai dari FHD, 2K, hingga 4K. Selain itu, ada fitur SoundRecord yang dapat merekam suara dan suasana lewat smartphone. Untuk Anda yang sering membuat narasi saat menerbangkan drone, segera miliki produk ini!

No.9

Mudah dikendalikan dan VR-nya asyik!

Kelebihan:

  • Dilengkapi VR Goggle dalam paket penjualan
  • Memiliki tiga mode penerbangan yang mudah untuk pemula

Kekurangan:

  • Semua mode penerbangan terbilang lambat dan cocok untuk pemula saja
  • Durasi terbang hanya sekitar 4 menit

Jika Anda mencari rekomendasi drone untuk pemula, pilih produk ini. Emax EZ Pilot tergolong mudah untuk dikendalikan. Selain itu, produk ini dilengkapi Virtual Reality Goggle demi meningkatkan pengalaman sekaligus mendukung kebutuhan pilot drone racing pemula.


Drone mini berkamera ini juga cukup aman dimainkan di dalam ruangan, bahkan oleh anak kecil. Jadi, anak Anda bisa ikut bermain sembari berlatih menerbangkan drone racing. Dari sisi pengoperasian pun cukup mudah. Anda akan dibekali remote control dengan pengaturan yang simpel. Segera asah ketangkasan Anda menggunakan drone racing ini, ya!

No.10

BETAFPVBeta95X V3

Mulai dari Rp2.380.000,00

Drone FPV mini dengan opsi kamera beresolusi tinggi

Kelebihan:

  • Memiliki tingkat kebisingan yang rendah
  • Dapat dipasangkan dengan kamera beresolusi 4K

Kekurangan:

  • Belum termasuk kamera dan baterai
  • Diperlukan pengalaman dalam tuning sebelum menjalankan drone

Drone racing merek BETAFPV ini didukung mesin motor yang tangguh sehingga memungkinkan untuk terbang dengan kecepatan tinggi. Drone mini ini juga didukung opsi kamera yang sanggup melakukan perekaman 4K. 


Jika Anda seorang filmmaker yang membutuhkan footage video aerial dengan gaya ekstrem, produk ini bisa Anda gunakan. Beta95X V3 juga didesain cukup compact, tetapi mampu meminimalkan adanya guncangan dari kamera. Jadi, rekaman video yang Anda dapatkan akan terlihat smooth.

Baca juga rekomendasi perlengkapan fotografi lainnya di sini

Bila Anda tertarik dengan fotografi, Anda juga bisa membaca artikel mengenai produk kamera pilihan kami. Silakan klik tautan-tautan di bawah ini untuk membaca ulasannya.

Kesimpulan

Ulasan mengenai cara memilih drone mini terbaik sudah tuntas kami kupas untuk Anda. Kami juga telah mengulas rekomendasi drone mini yang bagus dari berbagai merek. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?


Jika Anda ingin mulai belajar mengoperasikan drone, mulailah dari jenis drone yang murah. Sementara itu, pertimbangkan untuk membeli produk dengan performa tinggi jika Anda sudah cukup mahir. Selamat menerbangkan drone mini!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer