• 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Drone Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dalam dunia fotografi dan videografi, drone difungsikan untuk mengambil gambar dari udara. Salah satu jenis drone yang tersedia di pasaran ialah drone mini. Penggunaan drone mini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda yang baru pertama kali menggunakan drone mungkin akan kesulitan untuk memilih produk terbaik. 


Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas rekomendasi drone mini terbaik beserta cara memilihnya. Kami juga akan menjelaskan keunggulan dari drone mini. Merek drone mini yang bagus, seperti DJI, Xiaomi, dan Apex akan Anda jumpai dalam ulasan kami. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Hannif Andy
Tabitha Budiman
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keunggulan drone mini

Keunggulan drone mini

Dilihat dari namanya, drone mini tentu saja memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga menjadi ringkas dan berbobot ringan. Di kalangan pengguna dronedrone mini juga disebut sebagai quadcopter. Sementara bagi para pemula, menggunakan drone mini menjadi opsi tepat untuk melatih kemampuan sebagai pengendali drone


Keunggulan lain dari drone mini ialah dapat melakukan manuver yang lebih lincah daripada drone biasa. Drone mini sanggup melewati sela-sela pohon dan bolak-balik di dalam rumah. Saat terjatuh, risiko yang dialami cenderung tidak terlalu besar berkat bobot dan ukurannya yang kecil.


Tak hanya penggunaan secara profesional, Anda dapat menggunakan drone mini sebagai mainan ataupun sekadar berfoto selfie. Selain itu, harga drone mini tentunya lebih terjangkau dibandingkan dengan drone biasa yang berukuran lebih besar. Jadi, drone mini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Cara memilih drone mini

Sebelum kami memberikan rekomendasi produk terbaik, kami akan menjelaskan cara memilih drone mini yang tepat. Silakan simak poin-poin penting berikut ini supaya Anda tidak salah pilih saat hendak membeli drone mini secara online

Sesuaikan dengan kebutuhan

Mungkin Anda cukup penasaran, berapa harga drone mini saat ini? Umumnya, drone mini terbagi ke dalam dua kategori yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu jenis racing dan performa tinggi. Untuk mengetahui harga dan keunggulan dari masing-masing jenis drone mini, temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini. 

Drone racing, untuk sport dan perekaman ekstrem

Drone racing, untuk sport dan perekaman ekstrem

Drone racing merupakan kegiatan olahraga balap drone yang dapat diikuti oleh pilot amatir. Selama pertandingan, pilot drone mengenakan device bernama HMD atau head-mounted display. Alat sejenis kacamata virtual reality tersebut wajib melengkapi sistem FPV atau first-person view dalam kegiatan drone racing.


Pilot drone dapat melihat gambar tangkapan kamera secara real time melalui FPV goggles. Berkat teknologi ini, kemampuan drone racing menjadi makin lincah dalam melintasi trek sempit dan mampu menghindari benturan. Di sisi lain, drone jenis ini harus terbang dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam. Hal tersebut membuat drone untuk balapan rata-rata dilengkapi baterai bervoltase tinggi.


Selain berkecepatan tinggi, manuver yang dilakukan drone juga beragam. Cek bisa tidaknya drone incaran berbalik, berputar, menukik, dan miring hingga sudut 1–80 derajat dengan lincah


Untuk dapat memaksimalkan fungsi dari drone mini ini, Anda harus banyak berlatih dan bersiap untuk menghadapi risiko tinggi. Skill Anda akan sangat memengaruhi kemampuan drone ketika digunakan balapan atau melakukan perekaman ekstrem.

Drone performa tinggi, untuk perekaman profesional

Drone performa tinggi, untuk perekaman profesional

Untuk kebutuhan perekaman profesional, gunakanlah drone dengan performa tinggi, khususnya pada bagian kamera. Drone jenis ini umumnya dilengkapi dengan mode perekaman mulai dari HD hingga 4K. Salah satu merek yang terkenal dengan kemampuan high performance ialah DJI.

Berbeda dengan drone racing yang gesit, drone performa tinggi bergerak dengan stabil guna mendapatkan gambar yang mulus. Untuk melihat hasil perekaman, pilot menggunakan smartphone yang diletakkan pada perangkat remote. Drone jenis ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti QuickShot, lepas landas otomatis, sensor rintangan, dan sebagainya.

Perhatikan kualitas kameranya

Perhatikan kualitas kameranya

Kualitas kamera menjadi poin penting untuk diperhatikan jika Anda bertujuan mendapatkan gambar yang bagus. Adapun besaran resolusi kamera pada drone mini ditandai dengan satuan MP atau megapiksel.


Untuk pengambilan gambar, rata-rata drone mini dilengkapi dengan kamera beresolusi 10–12 MP. Untuk perekaman video, pilihlah kamera berkualitas HD, yaitu 1280 x 720 piksel. Sementara jika ingin mendapatkan hasil terbaik, pilihlah kamera berkualitas minimal FHD hingga 4K (3840 x 2610 piksel). 


Namun, ada juga produk drone mini yang tidak dilengkapi kamera. Biasanya, drone tersebut digunakan hanya untuk latihan terbang bagi para pilot pemula. Selain itu, drone mini tanpa kamera dapat juga digunakan sebagai mainan untuk remaja berusia 14 tahun ke atas.

Cek kapasitas baterai dan durasi terbangnya

Cek kapasitas baterai dan durasi terbangnya

Selanjutnya, Anda perlu memahami bahwa kapasitas baterai memengaruhi durasi terbang drone mini. Kapasitas baterai pada drone mini tentunya bervariasi, paling besar biasanya mencapai 2.500 mAh.


Dari segi durasi terbang, drone mini tanpa kamera dapat terbang paling lama sepuluh menit. Sementara itu, drone performa tinggi dari merek terkenal seperti DJI mampu terbang selama tiga puluh menit. Perlu Anda ketahui, saat drone terbang makin tinggi, kekuatan angin tentu lebih kencang. Hal ini juga menyebabkan baterai drone menjadi cepat habis.  


Untuk itu, pilot drone biasanya menyediakan baterai cadangan agar dapat terbang lebih lama. Jika memerlukan baterai cadangan, Anda dapat membelinya secara terpisah. Namun, ada pula produk yang dijual secara bundle dengan baterai ekstra.

Perhatikan jarak terbangnya

Perhatikan jarak terbangnya

Hal lain yang perlu diperhatikan lagi ialah jarak terbang pada drone mini, khususnya untuk pengambilan gambar. Drone mini mainan biasanya memiliki jarak terbang yang pendek, yakni sekitar 5–30 meter. Namun, lain halnya dengan drone performa tinggi yang mampu terbang hingga jarak 5 km bahkan lebih


Kemampuan terbang drone juga dipengaruhi oleh kondisi sinyal dan lokasi Anda menerbangkan drone. Jika lokasi terbang merupakan kawasan padat penduduk, biasanya drone tidak bisa terbang mencapai jarak maksimal. Terlebih lagi jika Anda menerbangkannya di zona larangan terbang seperti bandara atau gedung pertahanan.

Cek fitur yang ditawarkan

Cek fitur yang ditawarkan

Fitur yang ditawarkan pada masing-masing produk tentu memengaruhi ketertarikan Anda saat membeli drone mini. Bagi Anda yang masih pemula, Anda akan membutuhkan fitur take-off dan landing otomatis. Beberapa produk bahkan menyediakan fitur training mode yang difungsikan khusus untuk latihan terbang.


Untuk fotografi dan videografi, pertimbangkan adanya kemampuan melakukan zoom pada kamera dan pilihan mode pengambilan gambar. Selain itu, ada pula mode terbang yang tersedia dalam beragam pilihan. Sebut saja mode terbang yang bisa melakukan manuver secara otomatis, melakukan pola boomerang, dan sebagainya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi drone mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh drone mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

EmaxEZ Pilot Beginner Indoor FPV Racing Drone With 600TVL CMOS Camera 37CH 25mW RC Quadcopter RTF

0110001095

Mulai dari Rp 2.050.000,00

JenisDrone racing
Resolusi video dan fotoTidak disebutkan
Baterai450 mAh 1S battery
Durasi terbang4 menit
Jarak terbangTidak disebutkan
FiturFirst Person VR, Smart Height Assist
UkuranTidak disebutkan
9

EachineDrone Micro FPV Quadcopter 5.8G 1000TVL 40CH HD Professional Camera VR-009

E013 RC

Mulai dari Rp 675.000,00

JenisDrone racing
Resolusi video dan fotoTidak disebutkan
Baterai3.7 V 200 mAh Li-Po
Durasi terbang5–6 menit
Jarak terbangJarak kontrol maksimal: 70 m
Fitur360 Turning, Pattern Tumbling
Ukuran8,3 cm x 8,3 cm x 4,35 cm
8

BETAFPVV3 Whoop Quadcopter

Beta95X

Mulai dari Rp 2.385.000,00

JenisDrone racing
Resolusi video dan fotoVideo: 4K (3840 × 2160) untuk jenis kamera BETAFPV・Foto: tidak disebutkan
Baterai 450 mAh 4S battery (belum termasuk baterai)
Durasi terbang4,5 menit
Jarak terbang600 m
FiturTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
7

XiaomiMITU Smart Drone RC Quadcopter Drone HD Camera 720P

YKFJ01FM

Mulai dari Rp 889.000,00

JenisDrone performa tinggi
Resolusi video dan fotoVideo: HD (1280 x 720)・Foto: 1600 x 1200
Baterai920 mAh Li-Po
Durasi terbang9–10 menit
Jarak terbang50 m
FiturHeadless mode, G-sensor Mode, Throw Fly, Direction Flip, One Key Takeoff/Landing
Ukuran9,1 cm x 9,1 cm x 3,8 cm
6
JenisDrone performa tinggi
Resolusi video dan fotoVideo: 2.7 K (2720 × 1530) 24/25/30p・Foto: 12 MP
Baterai2.250 mAh
Durasi terbangMaksimal 30 menit
Jarak terbangMaksimal 4 km (FCC)
FiturVision Sensor
UkuranTerlipat: 13,8 cm × 8,1 cm × 5,8 cm・Tidak terlipat dengan propeller: 24,5 cm × 28,9 cm × 5,6 cm
5
JenisDrone racing
Resolusi video dan fotoVideo: HD (1280 x 720)・Foto: 5 MP
Baterai1.1 Ah/3.8 V
Durasi terbangMaksimal 13 menit
Jarak terbangMaksimal 100 m
FiturThrow & Go, 8D Flips, Bounce Mode, Auto Takeoff/Landing, Failsafe Protection, dan sebagainya
Ukuran9,8 cm × 9,25 cm × 4,1 cm
4

XiaomiJellyfish Drone Mini Air Craft RC 720P WiFi FPV

JF-01

Mulai dari Rp 1.379.000,00

JenisDrone performa tinggi
Resolusi video dan fotoVideo: HD (1280 x 720)・Foto: 2560 x 1440
Baterai1.100 mAh 3.85 V
Durasi terbangTidak disebutkan
Jarak terbangTidak disebutkan
FiturSmart Pet Drone, GPS Positioning, video rotasi 360 derajat, 3 mode kontrol penerbangan eksklusif
Ukuran10,2 cm x 10,2 cm x 3,3 cm
3
JenisDrone performa tinggi
Resolusi video dan fotoVideo: 4K (3840 × 2160) @24/25/30 fps・Foto: 12 MP
Baterai2.250 mAh
Durasi terbangMaksimal 31 menit
Jarak terbangMaksimal 10 km (FCC)
Fitur4x Zoom, QuickShots, Panorama, Fly Spots, Enhanced Photo, dan sebagainya
UkuranTerlipat: 13,8 cm × 8,1 cm × 5,8 cm・Tidak terlipat dengan propeller: 24,5 cm × 28,9 cm × 5,6 cm
2

JJRC3 in 1 Mini Drone TERZETTO Ground Water Air Racing Boat

H36F

Mulai dari Rp 225.000,00

JenisDrone racing
Resolusi video dan fotoTidak tersedia
Baterai3.7 V 150 mAh 30C baterai Li-Po
Durasi terbang5–7 menit
Jarak terbangJarak kontrol maksimal 80 meter
FiturSpeed conversion, headless mode, 360° degree tumbling
UkuranDrone: 8,5 cm x 8,5 cm x 2,8 cm・RC boat: 8,5 cm x 8,2 cm x 3 cm
1
JenisDrone racing
Resolusi video dan foto3.7 V / 220 mAh
BateraiTidak tersedia
Durasi terbang7–10 menit
Jarak terbangMaksimal 80 m
Fitur3D Stunt, bisa berputar 360 derajat, altitude hold, headless mode, dan sebagainya
Ukuran8 cm x 8 cm x 3,4 cm

Tabel perbandingan produk drone mini terbaik

Gambar produk
1
Apex Chost Racing Drone-02 1

Apex

2
JJRC 3 in 1 Mini Drone TERZETTO Ground Water Air Racing Boat 1

JJRC

3
DJI Mini 2 1

DJI

4
Xiaomi Jellyfish Drone Mini Air Craft RC 720P WiFi FPV 1

Xiaomi

5
DJI Tello 1

DJI

6
DJI Mini SE 1

DJI

7
Xiaomi MITU Smart Drone RC Quadcopter Drone HD Camera 720P  1

Xiaomi

8
BETAFPV V3 Whoop Quadcopter 1

BETAFPV

9
Eachine Drone Micro FPV Quadcopter 5.8G 1000TVL 40CH HD Professional Camera VR-009 1

Eachine

10
Emax EZ Pilot Beginner Indoor FPV Racing Drone With 600TVL CMOS Camera 37CH 25mW RC Quadcopter RTF 1

Emax

Nama produk

Chost Racing Drone-02

3 in 1 Mini Drone TERZETTO Ground Water Air Racing Boat

Mini 2

Jellyfish Drone Mini Air Craft RC 720P WiFi FPV

Tello

Mini SE

MITU Smart Drone RC Quadcopter Drone HD Camera 720P

V3 Whoop Quadcopter

Drone Micro FPV Quadcopter 5.8G 1000TVL 40CH HD Professional Camera VR-009

EZ Pilot Beginner Indoor FPV Racing Drone With 600TVL CMOS Camera 37CH 25mW RC Quadcopter RTF

Keunggulan

Ekonomis dan sanggup berputar hingga 360 derajat

Dapat dimainkan di darat, udara, dan air

Terbang lebih jauh dengan perekaman profesional

Drone cerdas berteknologi sensor somatosensory

Memungkinkan untuk merancang rute terbang sendiri

Spesifikasinya mumpuni untuk kebutuhan outdoor

Makin aman berkat fitur Headless Mode

Drone FPV mini dengan paket kamera beresolusi tinggi

Drone balap indoor berukuran mungil

Mudah dikendalikan dan VR-nya asyik!

Harga mulai dariRp 194.999,00Rp 225.000,00Rp 7.099.000,00Rp 1.379.000,00Rp 1.499.000,00Rp 4.890.000,00Rp 889.000,00Rp 2.385.000,00Rp 675.000,00Rp 2.050.000,00
JenisDrone racingDrone racingDrone performa tinggiDrone performa tinggiDrone racingDrone performa tinggiDrone performa tinggiDrone racingDrone racingDrone racing
Resolusi video dan foto3.7 V / 220 mAhTidak tersediaVideo: 4K (3840 × 2160) @24/25/30 fps・Foto: 12 MPVideo: HD (1280 x 720)・Foto: 2560 x 1440Video: HD (1280 x 720)・Foto: 5 MPVideo: 2.7 K (2720 × 1530) 24/25/30p・Foto: 12 MPVideo: HD (1280 x 720)・Foto: 1600 x 1200Video: 4K (3840 × 2160) untuk jenis kamera BETAFPV・Foto: tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
BateraiTidak tersedia3.7 V 150 mAh 30C baterai Li-Po2.250 mAh 1.100 mAh 3.85 V1.1 Ah/3.8 V2.250 mAh920 mAh Li-Po 450 mAh 4S battery (belum termasuk baterai)3.7 V 200 mAh Li-Po450 mAh 1S battery
Durasi terbang7–10 menit5–7 menitMaksimal 31 menitTidak disebutkanMaksimal 13 menitMaksimal 30 menit9–10 menit4,5 menit5–6 menit4 menit
Jarak terbangMaksimal 80 mJarak kontrol maksimal 80 meterMaksimal 10 km (FCC)Tidak disebutkanMaksimal 100 mMaksimal 4 km (FCC)50 m600 m Jarak kontrol maksimal: 70 mTidak disebutkan
Fitur3D Stunt, bisa berputar 360 derajat, altitude hold, headless mode, dan sebagainyaSpeed conversion, headless mode, 360° degree tumbling4x Zoom, QuickShots, Panorama, Fly Spots, Enhanced Photo, dan sebagainyaSmart Pet Drone, GPS Positioning, video rotasi 360 derajat, 3 mode kontrol penerbangan eksklusif Throw & Go, 8D Flips, Bounce Mode, Auto Takeoff/Landing, Failsafe Protection, dan sebagainyaVision SensorHeadless mode, G-sensor Mode, Throw Fly, Direction Flip, One Key Takeoff/Landing Tidak disebutkan360 Turning, Pattern Tumbling First Person VR, Smart Height Assist
Ukuran8 cm x 8 cm x 3,4 cmDrone: 8,5 cm x 8,5 cm x 2,8 cm・RC boat: 8,5 cm x 8,2 cm x 3 cmTerlipat: 13,8 cm × 8,1 cm × 5,8 cm・Tidak terlipat dengan propeller: 24,5 cm × 28,9 cm × 5,6 cm10,2 cm x 10,2 cm x 3,3 cm9,8 cm × 9,25 cm × 4,1 cmTerlipat: 13,8 cm × 8,1 cm × 5,8 cm・Tidak terlipat dengan propeller: 24,5 cm × 28,9 cm × 5,6 cm9,1 cm x 9,1 cm x 3,8 cmTidak disebutkan8,3 cm x 8,3 cm x 4,35 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi drone dan perlengkapan fotografi lainnya di sini

Bila Anda tertarik juga dengan drone lainnya, kami telah menyiapkan rekomendasinya. Sementara untuk Anda yang hobi fotografi, Anda juga bisa membaca artikel mengenai produk kamera pilihan kami. Silakan klik melalui tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Ulasan mengenai rekomendasi drone mini terbaik sudah tuntas kami kupas untuk Anda. Kami juga sudah mengulas produk drone mini yang bagus dari beragam merek yang sering dijumpai di pasaran. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? 


Jika Anda ingin mulai belajar mengoperasikan drone, mulailah dari jenis drone yang murah. Sementara jika Anda sudah cukup mahir, pertimbangkan untuk membeli produk dengan performa tinggi. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Drone Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dahulu drone tergolong barang mewah, sekarang sudah banyak drone dengan harga murah yang memiliki performa bagus. Berbagai drone dengan merk terbaik seperti DJI, Walkera, dan Cheerson memiliki kualitas yang unggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk drone yang bagus, bahkan untuk pemula. Baca juga tips tambahan untuk memilih drone terbaik dari drone specialist, Yosua Surojo. Silakan disimak!
    Drone & aksesori
  • 10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Quadcopter Drone Terbaik di Bawah 1 Juta - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Quadcopter drone adalah drone dengan empat baling-baling yang berfungsi agar drone dapat terbang lebih stabil. Saat ini quadcopter drone yang bagus memiliki ukuran cukup kecil dan mudah dikendalikan bahkan oleh pemula. Ditambah harga yang murah yakni di bawah 1 jutaan rupiah, permintaan akan quadcopter drone pun meningkat.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi quadcopter drone untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membaca komentar dari drone specialist, Yosua Surojo. Temukan produk dari berbagai merk yang bagus, seperti JJRC, Syma, Cheersson, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Drone & aksesori
  • 10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Drone DJI Terbaik - Ditinjau oleh Drone Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    DJI merupakan merk yang sudah diakui kualitasnya. Drone produksinya sudah banyak digunakan orang. Jenis drone DJI pun bervariasi dan spesifikasinya bermacam-macam. Ada drone profesional seperti DJI Phantom 4 dan DJI Mavic Pro. Selain itu, ada drone standar seperti DJI Spark, DJI Mavic Mini, dan DJI Phantom 3. Kira-kira, produk mana yang bagus untuk dipilih?Untuk mengetahuinya, tetaplah membaca artikel ini dan temukan drone DJI terbaru dan terbaik. Ditambah lagi, Anda juga bisa membaca tips dari drone specialist, Yosua Surojo. Ikuti artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi drone profesional terbaik.
    Drone & aksesori
  • 10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Instax Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Instax Fujifilm menjadi salah satu merek kamera polaroid yang bagus dan populer di Indonesia. Saat ini, ada beberapa jenis kamera Instax Fujifilm yang bisa Anda temukan. Variasi produk kamera Instax ini dipengaruhi oleh harga, size, dan jenis film yang digunakan.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kamera Instax terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kamera Instax Fujifilm untuk pertimbangan Anda. Beberapa di antaranya, seperti Instax Mini 11, Instax Wide, dan lainnya. Bacalah hingga akhir dan temukan kamera Instax Fujifilm yang sesuai dengan keinginan Anda.
    Kamera lainnya
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silakan disimak!
    Kamera mirrorless
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori