• 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi 3D Pen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sekarang, hal yang Anda bayangkan tidak hanya bisa digambar di atas kertas. Namun, bisa Anda realisasikan dalam bentuk objek tiga dimensi. Anda hanya membutuhkan satu alat saja, yaitu 3D pen.  Pekerja profesional di bidang desain mungkin sudah familier dengan alat satu ini. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, 3D pen mungkin masih terdengar asing.


Jangan khawatir, dalam pembahasan artikel ini, kami akan menjelaskan tentang 3D pen terlebih dahulu. Selanjutnya, kami akan memberikan tips memilih 3D pen terbaik dan rekomendasi produk yang bagus lengkap dengan harganya. Simak terus artikelnya, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 18 November 2021
  • 87 Views
Daftar isi

Apa itu 3D pen?

Apa itu 3D pen?

3D pen adalah alat yang memungkinkan Anda untuk membentuk struktur tiga dimensi di udara dengan mudah dan instan. Bahkan, Anda bisa membuat 3D art tanpa memerlukan transfer file dari software atau aplikasi apa pun. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Saat digunakan, 3D pen akan mengeluarkan filament atau plastik panas dari bagian nozzle.


Cara mengoperasikan 3D pen pun terbilang mudah, sama halnya saat Anda menggunakan pensil atau pena biasa. Namun, dengan alat ini Anda bisa langsung membentuk karya dengan struktur tiga dimensi tepat di depan mata.

Cara memilih 3D pen

Agar bisa menemukan 3D pen yang tepat, Anda harus mengetahui dahulu poin-poin yang perlu dijadikan pertimbangan. Berikut akan kami jelaskan lebih detailnya.

Tentukan berdasarkan penggunanya

Poin pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli 3D pen adalah menentukan berdasarkan penggunanya. Selain digunakan oleh orang dewasa, ada juga 3D pen yang dirancang khusus untuk anak-anak. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

3D pen untuk orang dewasa atau pengguna profesional, biasanya memiliki fitur canggih

3D pen untuk orang dewasa atau pengguna profesional, biasanya memiliki fitur canggih

Seorang arsitek, seniman, atau pekerja profesional di bidang desain akan membutuhkan 3D pen dengan fitur yang mumpuni. Carilah produk 3D pen dengan fitur-fitur canggih yang akan menunjang pekerjaan Anda. Berikut beberapa contoh fitur canggih yang bisa Anda pertimbangkan.


  • Temperatur dan kecepatan pengeluaran filament-nya bisa diatur.
  • Dilengkapi layar LED untuk memudahkan Anda memantau temperatur dan kecepatan kinerja 3D pen.
  • Memiliki ukuran nozzle runcing dengan diameter kecil untuk hasil lebih detail.
  • Terdapat fitur auto printing sehingga Anda tidak perlu terus-menerus menekan tombol untuk mengeluarkan filament.

3D pen untuk anak atau nonprofesional, memiliki fitur yang lebih sederhana dan mudah digunakan

3D pen untuk anak atau nonprofesional, memiliki fitur yang lebih sederhana dan mudah digunakan

Anak-anak tidak membutuhkan fitur yang canggih dan kompleks. 3D pen dengan fitur terlalu canggih malah akan membuat mereka kesulitan mengoperasikannya karena terkesan rumit. Jadi, poin utama yang harus diperhatikan dalam memilih 3D pen khusus anak adalah keamanannya.


Pilihlah 3D pen yang memiliki low temperature printing dan menggunakan bahan antipanas. Hal tersebut akan meminimalkan risiko si kecil tersengat panas. Jenis 3D pen ini juga cocok digunakan oleh pemula atau pengguna nonprofesional.

Sesuaikan tipenya dengan preferensi Anda

Berdasarkan cara menggunakannya, secara umum ada dua tipe 3D pen, yaitu dengan kabel dan tanpa kabel. Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Tanpa kabel: Praktis dan mudah dibawa ke mana saja

Tanpa kabel: Praktis dan mudah dibawa ke mana saja

Jika Anda menyukai hal praktis dan simpel, Anda bisa memilih 3D pen yang dioperasikan tanpa kabel. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencolokkan kabel ke stopkontak untuk mendapatkan daya. Biasanya 3D pen ini sudah dilengkapi dengan charger. Anda hanya perlu mengisi daya sampai penuh terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya.


Tipe 3D pen ini juga cocok digunakan anak-anak yang umumnya lebih aktif bergerak. 3D pen tanpa kabel memungkinkan anak untuk lebih leluasa saat menggunakannya. Selain itu, 3D pen tipe ini juga bisa dibawa ke mana pun. Namun, jangan sampai lupa membawa charger-nya, ya!

Dengan kabel: Tidak perlu khawatir kehabisan daya

Dengan kabel: Tidak perlu khawatir kehabisan daya

3D pen yang berkabel memang terasa kurang praktis, terlebih jika digunakan di tempat yang minim sambungan listrik. Untuk itu, tipe ini tidak disarankan untuk Anda yang mobilitasnya tinggi. Sebaliknya, 3D pen tipe ini akan cocok bagi Anda yang lebih suka berkreasi di rumah atau di studio.


Saat menggunakan 3D pen tipe ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya. Selain itu, jika tetap ingin menggunakannya di luar ruangan, Anda bisa menyiasati dengan memakai power bank.  Belakangan sejumlah produk 3D pen yang dioperasikan menggunakan kabel juga sudah ada yang support power bank, lho.

Pertimbangkan 3D pen yang kompatibel dengan berbagai jenis filament

Pertimbangkan 3D pen yang kompatibel dengan berbagai jenis filament

Perlu diketahui, ada tiga jenis filament yang paling umum digunakan, yaitu PLA, ABS, dan PCL. Tiga jenis filament tersebut memiliki karakteristik masing-masing.


  • PLA (Polylactic Acid)

PLA merupakan filament plastik yang terbuat dari bahan alami. Filament ini memiliki sifat biodegradable yang berarti mudah terurai dan ramah lingkungan. Meski cukup keras dan kaku, filament ini mudah dibentuk sehingga masih bisa digunakan pada 3D pen untuk anak. Sayangnya, filament ini tidak tahan suhu tinggi sehingga mudah meleleh.


  • PCL (Polycaprolactone)

Sama halnya dengan PLA, filament plastik ini juga terbuat dari bahan alami dan bersifat biodegradable. Filament ini paling aman digunakan untuk anak karena materialnya lebih mudah dibentuk. Selain itu, jenis filament ini juga tidak mengeluarkan aroma yang menusuk saat digunakan.


  • ABS (Acetonitrile Butadiene Styrene)

ABS merupakan filament plastik sintetis. Filament ini memiliki sifat keras dan kaku dibanding PLA dan PCL sehingga agak sulit digunakan. Namun, dengan sifatnya tersebut, karya Anda akan lebih kuat dan awet karena tahan terhadap suhu tinggi. Filament ini tidak disarankan untuk anak-anak. Selain terbuat dari bahan kimia, filament ini juga mengeluarkan bau menyengat saat digunakan.


Nah, sebelum membeli 3D pen, ada baiknya Anda mempertimbangkan 3D pen berdasarkan jenis filament yang digunakan. Akan lebih baik jika Anda memilih 3D pen yang kompatibel dengan berbagai jenis filament. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengganti jenis filament sesuai kebutuhan.

Cari desain 3D pen yang ergonomis

Cari desain 3D pen yang ergonomis

Poin terakhir yang tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah desainnya. Carilah desain 3D pen yang nyaman digunakan. Tentu saja, nyaman atau tidaknya sebuah produk tergantung pada penggunanya. Ada yang lebih menyukai desain 3D pen yang kecil atau slim karena lebih ringan. Namun, ada juga yang lebih menyukai 3D pen dengan desain yang lebih thick karena terkesan kokoh.


Lebih dari itu, kami sarankan untuk memilih 3D pen yang nyaman saat digenggam. Hal ini penting terutama jika Anda menggunakan 3D pen untuk pekerjaan yang memakan waktu lama. Begitu juga untuk anak, desain 3D pen yang nyaman dalam genggaman juga dibutuhkan agar anak betah menggunakannya. 3D pen ini biasanya memiliki desain ergonomis dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

10 Rekomendasi 3D pen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk 3D pen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
PenggunaProfesional
TipeDengan kabel, tetapi bisa menggunakan power bank
Jenis filamentABS, PLA, PCL
FiturLED screen, filament option, pengatur temperatur, pengatur kecepatan, ceramic nozzle, pen tip tahan panas
Isi dalam paketTidak disebutkan
Ukuran17,5 cm x 3 cm
9
PenggunaNonprofesional
TipeDengan kabel
Jenis filamentABS, PLA
FiturPengaturan kecepatan
Isi dalam paket3D pen, power adapter, stand, 3 templates, drawing pad, manual book, 3 filament PLA sepanjang 10 m
Ukuran18,5 cm x 2,9 cm x 4,3 cm
8
PenggunaNonprofesional, anak-anak
TipeDengan kabel, tetapi bisa menggunakan power bank
Jenis filamentABS, PLA
FiturTidak disebutkan
Isi dalam paket3D pen, stand, kabel power, manual book
Ukuran15 cm x 3,8 cm x 2,3 cm
7
PenggunaNonprofesional, anak-anak
TipeTanpa kabel
Jenis filamentABS
FiturDesain ergonomis, dilengkapi dengan intelligent stand by, USB charging
Isi dalam paket3D pen, kabel USB, user manual, template, 3 filament jenis ABS
UkuranTidak disebutkan
6
PenggunaProfesional, nonprofesional, anak-anak
TipeDengan kabel
Jenis filamentABS, PLA
FiturDilengkapi fitur stand by, layar LED
Isi dalam paket3D pen, adaptor, user manual, 6 filament
UkuranTidak disebutkan
5

AnetLow Temperature 3D Printing Pen and PCL Filament for Kids

VP01

Mulai dari Rp 259.000,00

PenggunaAnak-anak
TipeDengan kabel USB
Jenis filamentPCL
FiturDesain ergonomis, loading filament otomatis, dilengkapi tombol pengatur kecepatan
Isi dalam paket3D pen, kabel USB, training model pad, operation instruction, 2 PCL filament
Ukuran18,7 cm x 3 cm x 3 cm
4
PenggunaNonprofesional, anak-anak
TipeDengan kabel
Jenis filamentABS
FiturTidak disebutkan
Isi dalam paket3D pen, adaptor USB, user manual, 8 ABS filament, buku panduan kreasi untuk anak
UkuranTidak disebutkan
3
PenggunaProfesional
TipeDengan kabel
Jenis filamentABS, PLA
FiturDesain ultra slim, dilengkapi layar OLED, tombol pengatur suhu, bahan nozzle dari keramik tahan panas
Isi dalam paket3D pen, adapter, kabel USB, user manual
Ukuran18 cm x 2 cm x 2 cm
2
PenggunaAnak-anak
TipeDengan kabel
Jenis filamentPCL
FiturDesain simple, pen tip dari low temperature material
Isi dalam paket3D pen, kabel USB, pen holder, 2 drawing paper
Ukuran16,8 cm x 2,65 cm x 2,65 cm
1
PenggunaProfesional, nonprofesional atau anak-anak
TipeDengan kabel
Jenis filamentABS, PLA
FiturDesain ultra slim, dilengkapi tombol pengaturan suhu, intelligent stand by, dan auto printing
Isi dalam paket3D pen, stand, adaptor, user manual, 3 filament
UkuranTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk 3D pen terbaik

Gambar produk
1
3D Pen Generation 2 1

2
MYRiWELL 3D Printing Pen  1

MYRiWELL

3
Limaco Ultra Slim 3D Pen  1

Limaco

4
3D Painting Pen 1

5
Anet Low Temperature 3D Printing Pen and PCL Filament for Kids 1

Anet

6
eSun 3D Pen 3.0 1

eSun

7
Mama Sing 3D Stereoscopic Printing Pen 1

Mama Sing

8
3D Printing Pen 1

9
Kuongshun 3D Pen D9 White 1

Kuongshun

10
Sunlu 3D Printing Pen 1

Sunlu

Nama produk

3D Pen Generation 2

3D Printing Pen

Ultra Slim 3D Pen

3D Painting Pen

Low Temperature 3D Printing Pen and PCL Filament for Kids

3D Pen 3.0

3D Stereoscopic Printing Pen

3D Printing Pen

3D Pen D9 White

3D Printing Pen

Keunggulan

Produk 3D pen generasi 2 dengan desain ultra slim dan fitur lengkap

Ramah anak berkat desain simpel dan mudah digunakan

Ultra slim, begitu ramping dan mudah digenggam!

Desainnya menggemaskan, warnanya pun menarik

Bentuk streamlined shape membuatnya makin mudah digenggam

3D pen ringan yang mendukung proses printing temperatur tinggi

Tanpa adanya kabel, si kecil lebih bebas bereksplorasi

Ukuran mungil, desain sederhana, dan mudah digunakan

Desain simple dan fitur sederhana, antiribet!

Dengan fitur lengkap dan canggih untuk pengguna profesional

Harga mulai dariRp 164.300,00Rp 103.896,00Rp 599.000,00Rp 235.000,00Rp 259.000,00Rp 490.000,00Rp 179.000,00Rp 185.000,00Rp 370.000,00Rp 490.000,00
PenggunaProfesional, nonprofesional atau anak-anakAnak-anakProfesionalNonprofesional, anak-anakAnak-anakProfesional, nonprofesional, anak-anakNonprofesional, anak-anakNonprofesional, anak-anakNonprofesionalProfesional
TipeDengan kabelDengan kabelDengan kabelDengan kabelDengan kabel USBDengan kabelTanpa kabelDengan kabel, tetapi bisa menggunakan power bankDengan kabelDengan kabel, tetapi bisa menggunakan power bank
Jenis filamentABS, PLAPCLABS, PLAABSPCLABS, PLAABSABS, PLAABS, PLAABS, PLA, PCL
FiturDesain ultra slim, dilengkapi tombol pengaturan suhu, intelligent stand by, dan auto printingDesain simple, pen tip dari low temperature materialDesain ultra slim, dilengkapi layar OLED, tombol pengatur suhu, bahan nozzle dari keramik tahan panasTidak disebutkanDesain ergonomis, loading filament otomatis, dilengkapi tombol pengatur kecepatanDilengkapi fitur stand by, layar LEDDesain ergonomis, dilengkapi dengan intelligent stand by, USB chargingTidak disebutkanPengaturan kecepatanLED screen, filament option, pengatur temperatur, pengatur kecepatan, ceramic nozzle, pen tip tahan panas
Isi dalam paket3D pen, stand, adaptor, user manual, 3 filament3D pen, kabel USB, pen holder, 2 drawing paper3D pen, adapter, kabel USB, user manual3D pen, adaptor USB, user manual, 8 ABS filament, buku panduan kreasi untuk anak3D pen, kabel USB, training model pad, operation instruction, 2 PCL filament3D pen, adaptor, user manual, 6 filament3D pen, kabel USB, user manual, template, 3 filament jenis ABS3D pen, stand, kabel power, manual book3D pen, power adapter, stand, 3 templates, drawing pad, manual book, 3 filament PLA sepanjang 10 mTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan16,8 cm x 2,65 cm x 2,65 cm18 cm x 2 cm x 2 cmTidak disebutkan18,7 cm x 3 cm x 3 cmTidak disebutkanTidak disebutkan15 cm x 3,8 cm x 2,3 cm18,5 cm x 2,9 cm x 4,3 cm17,5 cm x 3 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pendukung kreativitas lainnya di sini

Selain 3D pen, kami juga mengulas berbagai produk yang bisa mengasah dan mendukung kreativitas Anda. Klik tautan di bawah ini untuk membaca rekomendasi produk yang tidak kalah menarik atau kunjungi langsung situs kami!

Kesimpulan

Kami sudah selesai membahas 3D pen dan memberikan rekomendasi produknya. Sekarang Anda pasti sudah tahu lebih banyak mengenai 3D pen. Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda makin tertarik untuk mencoba alat keren ini? 


Jika tertarik untuk membeli, pastikan Anda tidak salah memilih. Gunakan poin-poin cara memilih di atas sebagai panduan untuk mendapatkan 3D pen terbaik. Nah, selamat berkreasi dengan 3D pen!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Oleh karena itu, produsen mesin jahit Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit.Setiap mesin jahit dari masing-masing produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh mesin jahit rumahan terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    96.969 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi menjahit dan menginginkan sesuatu yang berbeda pada hasil kreasi Anda? Mungkin mesin jahit komputer adalah jawabannya. Anda dapat membuat bordir nama dan bordir gambar yang dapat diaplikasikan pada kreasi jahit Anda. Alhasil, banyak karya orisinal yang bisa dihasilkan.Namun, bagaimana cara memilih mesin jahit komputer yang tepat bagi Anda? Ada banyak produk yang ditawarkan mulai dari Singer, Janome, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin jahit komputer yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.
    Kerajinan
    15.057 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Membuat aksesori kecil akan lebih praktis jika menggunakan mesin jahit. Akan tetapi, mesin jahit full size akan memenuhi ruangan dan berat untuk dipindahkan. Anda bisa memakai mesin jahit compact size atau mesin jahit portabel sebagai solusinya.Sekarang ini, mesin jahit portabel banyak diproduksi oleh produsen Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Apa saja keunggulan dan fitur masing-masing mesin jahit portabel? Mari kita bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, dibaca!
    Kerajinan
    66.254 Views
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    Aktivitas menggambar tidak bisa lepas dari barang-barang seperti cat air, pensil warna, dan crayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih crayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi crayon terbaik dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    41.183 Views
  • 10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pembidang sulam adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah Anda saat menyulam. Beberapa orang mungkin beranggapan pembidang sulam tidak begitu diperlukan. Namun, tanpa alat ini kain akan menjadi kusut dan sulit untuk mendapatkan hasil sulaman yang rapi.Pembidang sulam memiliki banyak variasi bentuk, ukuran, dan bahan. Selain berbentuk lingkaran, ada juga pembidang sulam berbentuk persegi dan pembidang yang tidak perlu dipegang oleh tangan. Karenanya, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih pembidang sulam plus memberikan rekomendasi produknya. Yuk, disimak!
    Kerajinan
    7.703 Views
  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
    83.731 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Mewarnai Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang dewasa mulai berminat dengan kegiatan mewarnai. Bagi orang dewasa, mewarnai suatu gambar atau pola dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan sekaligus melepaskan stres. Buku mewarnai untuk orang dewasa tentu berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak.Kali ini, kami akan memberi Anda informasi seputar buku mewarnai yang bagus untuk orang dewasa. Kami telah menyiapkan tips untuk memilih buku mewarnai yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Berbagai buku mewarnai dari penerbit terkenal, seperti Kawan Pustaka, Gramedia Pustaka, dan Laurance King, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Kerajinan
    3.479 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ukuran mesin jahit mini lebih compact dibandingkan mesin jahit biasa. Mesin jahit mini bisa digunakan untuk kebutuhan menjahit dasar seperti memperbaiki kain sobek dan lainnya. Terlebih lagi, pengoperasian mesin jahit mini jauh lebih mudah, terutama untuk para pemula.Di artikel ini kami akan membahas rekomendasi mesin jahit mini yang bagus dari berbagai harga dan merk, seperti SINGER, Brother, dan Butterfly. Anda bisa memilih mesin jahit mini tangan atau portable yang multifungsi dan bisa dibawa ke mana saja. Bacalah hingga selesai karena kami juga akan membagikan cara menggunakan mesin jahit mini.
    Kerajinan
    1.165 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Joyko Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mewarnai memang kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa. Untuk menghasilkan gambar yang indah, Anda membutuhkan pensil warna yang bagus dan tepat, misalnya Joyko. Joyko memiliki banyak varian pensil warna berkualitas yang layak untuk dipilih. Produknya tersedia mulai dari isi 12, 24, hingga 48 warna.Karena itu, melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih pensil warna Joyko. Rekomendasi produk Joyko terbaik pun akan kami ulas. Anda akan menemukan pensil warna dengan harga bervariasi dan jumlah isi yang beragam. Yuk, langsung saja disimak sampai habis!
    Kerajinan
    469 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Obras Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin obras adalah mesin untuk merapikan tepian kain agar benang-benangnya tidak terurai berantakan. Mesin ini akan menjahit tepian kain sekaligus memotong bagian yang tidak diperlukan dalam sekali jalan. Hasilnya adalah baju Anda terlihat rapi dan jadi lebih awet tanpa benang yang menjulur semrawut. Memilih mesin obras, entah untuk tujuan hobi atau profesional, patut dipertimbangkan secara matang. Karena itu, kami menyajikan cara memilih mesin obras yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan mesin obras terbaik dari merek Singer, Janome, hingga Butterfly. Baca terus artikelnya dan temukan mesin obras yang tepat bagi Anda!
    Kerajinan
    58 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak jenis benang rajut, mulai dari benang polyester, benang katun, benang nilon, hingga benang polycherry.Di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart, Papiput Yarn, dan DROPS Design. Jika Anda ingin mulai belajar merajut, baca ulasan dari kami terlebih dahulu!
    Kerajinan
    83.731 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Oleh karena itu, produsen mesin jahit Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit.Setiap mesin jahit dari masing-masing produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh mesin jahit rumahan terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    96.969 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Membuat aksesori kecil akan lebih praktis jika menggunakan mesin jahit. Akan tetapi, mesin jahit full size akan memenuhi ruangan dan berat untuk dipindahkan. Anda bisa memakai mesin jahit compact size atau mesin jahit portabel sebagai solusinya.Sekarang ini, mesin jahit portabel banyak diproduksi oleh produsen Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Apa saja keunggulan dan fitur masing-masing mesin jahit portabel? Mari kita bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, dibaca!
    Kerajinan
    66.254 Views
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2021)
    Aktivitas menggambar tidak bisa lepas dari barang-barang seperti cat air, pensil warna, dan crayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih crayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi crayon terbaik dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    41.183 Views
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi ini membuat Anda memiliki hobi baru, salah satunya mungkin melukis. Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel dalam artikel kali ini.Anda bisa memilih oil pastel yang bagus dari berbagai merek ternama, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Kerajinan
    1.031 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi menjahit dan menginginkan sesuatu yang berbeda pada hasil kreasi Anda? Mungkin mesin jahit komputer adalah jawabannya. Anda dapat membuat bordir nama dan bordir gambar yang dapat diaplikasikan pada kreasi jahit Anda. Alhasil, banyak karya orisinal yang bisa dihasilkan.Namun, bagaimana cara memilih mesin jahit komputer yang tepat bagi Anda? Ada banyak produk yang ditawarkan mulai dari Singer, Janome, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin jahit komputer yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.
    Kerajinan
    15.057 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ukuran mesin jahit mini lebih compact dibandingkan mesin jahit biasa. Mesin jahit mini bisa digunakan untuk kebutuhan menjahit dasar seperti memperbaiki kain sobek dan lainnya. Terlebih lagi, pengoperasian mesin jahit mini jauh lebih mudah, terutama untuk para pemula.Di artikel ini kami akan membahas rekomendasi mesin jahit mini yang bagus dari berbagai harga dan merk, seperti SINGER, Brother, dan Butterfly. Anda bisa memilih mesin jahit mini tangan atau portable yang multifungsi dan bisa dibawa ke mana saja. Bacalah hingga selesai karena kami juga akan membagikan cara menggunakan mesin jahit mini.
    Kerajinan
    1.165 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori