1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bermain mobile game di layar yang besar tentu lebih mengesankan. Jika bermain game di smartphone terasa kurang memuaskan untuk Anda, cobalah untuk memainkannya lewat tablet gaming. Selain punya layar yang lebih besar, spesifikasi produknya banyak yang tinggi.


Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih tablet gaming terbaik. Anda juga bisa memilih rekomendasi produk dari kami, misalnya ASUS ROG Flow Z13 dan Xiaomi Pad 5. Budget Anda 2 jutaan saja? Tenang saja karena kami sudah mengulas tiap produknya agar Anda menemukan produk yang bagus untuk dimiliki. Yuk, dicari tahu bersama-sama!

Diperbaharui 10-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tablet gaming

Spesifikasi tablet gaming tentu berbeda dengan tablet untuk keperluan sehari-hari. Ada standar spesifikasi yang perlu dipenuhi produknya. Chipset, RAM, hingga kapasitas penyimpanan penting untuk diperiksa.

① Pastikan prosesornya mumpuni untuk bermain game

Agar mendapat tablet gaming yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu memeriksa performa chipset, CPU, dan GPU produknya. Berikut akan kami perinci spesifikasinya masing-masing agar Anda mendapat gambaran yang lebih jelas.

Chipset, sumber kekuatan tablet dalam menjalankan game

Chipset, sumber kekuatan tablet dalam menjalankan game
Sumber: mi.co.id

Prosesor atau chipset menentukan pengalaman bermain game pada tablet. Game berat lebih mantap dijalankan dengan chipset mumpuni, seperti Genshin Impact, Apex Legends Mobile, atau Grid Autosport. Memainkan game dalam pengaturan grafik tertinggi tanpa kendala lagging akan menjadi pengalaman yang mengesankan.


Sementara itu, chipset kelas entry hingga middle mampu menjalankan game berat dalam pengaturan grafik terbatas. Anda bisa meluncurkan game-nya, tetapi dengan performa yang berbeda. Beberapa game yang spesifikasinya tinggi mungkin sulit untuk dinikmati. Dalam kondisi grafik tertentu, suhu tablet dapat naik sehingga muncul kendala lagging.


Sebagai gambaran prosesor yang bagus, Anda bisa memilih chipset Snapdragon 8 series dari Qualcomm. Seri produk yang dimulai dari angka 8 adalah chipset premium, misalnya Qualcomm Snapdragon 865. Sementara itu, tablet kelas entry dan middle banyak menggunakan chipset Unisoc. Harga produknya pun tentu lebih murah.

Core CPU, mengukur kecepatan data yang bisa diproses

Core CPU, mengukur kecepatan data yang bisa diproses

Umumnya makin tinggi jumlah inti (core) pada CPU, makin banyak data yang bisa diproses sekaligus. Tablet gaming rata-rata sudah menggunakan CPU dengan delapan inti atau octa-core. Pembedanya adalah clock speed tiap produk.


Clock speed menentukan kecepatan dalam mengeksekusi perintah. Makin tinggi clock speed, makin cepat pula datanya bisa dieksekusi. Clock speed biasanya ditunjukkan dengan satuan gigahertz atau GHz. Produk dengan clock speed 2.0 GHz akan mumpuni untuk gaming.

GPU, menentukan kualitas grafik yang disajikan

Jika CPU berkaitan dengan kemampuan memproses data, GPU menentukan performa dalam memproses grafik. Chipset umumnya sudah memiliki CPU dan GPU yang satu paket. Jadi, prosesor flagship pasti menggunakan GPU yang mumpuni.


Singkatnya CPU bertugas untuk mengeksekusi game, sedangkan GPU berfokus pada grafik. Tidak heran kalau chipset yang flagship dapat menjalankan game berat dengan lancar pada pengaturan grafik tertinggi. Chipset kelas entry dan menengah masih dapat menjalankan game berat, tetapi dengan pengaturan grafik lebih rendah.

② Periksa RAM dan memori internal produknya

Tiap aplikasi yang Anda pasang pada tablet gaming akan membutuhkan kapasitas RAM dan memori internal. Bedanya adalah RAM hanya digunakan ketika aplikasi berjalan. Di sisi lain, memori internal menampung data dari aplikasi bersama file pribadi Anda.

Internal memory: Untuk menyimpan beragam game

Internal memory: Untuk menyimpan beragam game

Memori internal menentukan seberapa banyak game yang bisa Anda pasang pada tablet gaming. Mengingat Anda membutuhkan memori untuk aplikasi sehari-hari dan data pribadi, pilihlah yang memori internalnya minimal 128 GB. Beda halnya bila Anda hanya membutuhkan produknya khusus untuk bermain game. Memori internal 64 GB masih memungkinkan.

RAM: Untuk memproses jalannya game

RAM: Untuk memproses jalannya game

Tablet dengan RAM 4 GB sudah mencukupi untuk gaming. Meskipun demikian, Anda akan mudah menemukan produk dengan RAM 6 GB ke atas di pasaran. Dengan produknya, Anda bisa lebih bernapas lega. Pasalnya, berbagai aplikasi background yang berjalan akan makin memenuhi kapasitas RAM. Jika sudah overload, produk dengan RAM kecil bisa saja menjadi lemot.


Perlu dicatat bahwa kapasitas RAM dan memori internal berjalan beriringan. RAM yang besar sulit dimaksimalkan dengan memori internal yang kecil. Oleh karenanya, Anda akan banyak menemukan produk dengan spesifikasi sebagai berikut di pasaran.


  • RAM 4 GB, memori internal 64–128 GB
  • RAM 6 GB, memori internal 128–256 GB
  • RAM 8 GB, memori internal 256 GB hingga 2 TB

Ingatlah bahwa pilihan tersebut bergantung pada keperluan Anda membeli tablet gaming. Produknya dipakai untuk keperluan sehari-hari juga atau main game saja?

③ Pertimbangkan spesifikasi lain yang mendukung

Prosesor, RAM, dan memori internal sangat memengaruhi performa tablet gaming. Namun, masih ada spesifikasi lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk menunjang produknya. Berikut akan kami jabarkan untuk Anda.

Kapasitas baterai, memengaruhi durasi bermain game

Kapasitas baterai, memengaruhi durasi bermain game

Perlu diketahui bahwa kinerja baterai sangat berkaitan dengan teknologi prosesor dan performanya saat bekerja. Ukuran transistor pada chipset dapat memengaruhi konsumsi daya. Ukurannya ditunjukkan dalam satuan nm (nanometer). Umumnya angka yang kecil menawarkan kinerja lebih efisien sehingga lebih dingin. Konsumsi daya baterainya pun lebih rendah.


Jadi, prosesor yang mumpuni bisa menghemat daya saat menjalankan game berat. Produk dengan pemrosesan yang kecil ditambah kapasitas baterai yang besar tentu lebih awet dayanya. Alhasil, Anda bisa bermain game lebih lama dari biasanya.

Slot kartu, untuk memindahkan data dan main di mana saja

Slot kartu, untuk memindahkan data dan main di mana saja

Tidak perlu khawatir jika memori internal tablet gaming kurang mencukupi. Pastikan saja produknya dilengkapi slot microSD. Dengan begitu, Anda dapat memindahkan file ke memori eksternal. Namun, perlu diingat bahwa kapasitasnya bisa dibatasi.


Jika Anda ingin bermain online game di mana saja, pertimbangkan produk yang dilengkapi slot kartu SIM. Produk tanpa slot tersebut tentunya hanya dapat mengandalkan koneksi Wi-Fi. Ketahuilah bahwa menemukan tablet gaming dengan koneksi 5G lebih sulit dari yang 4G.

Versi Bluetooth, untuk kelancaran disambungkan dengan controller

Versi Bluetooth, untuk kelancaran disambungkan dengan controller

Ada beberapa game yang lebih asyik dimainkan dengan controller. Controller bisa dihubungkan lewat koneksi Bluetooth. Maka dari itu, periksalah versi Bluetooth tablet gaming agar bisa terkoneksi dengan controller. Koneksi Bluetooth yang bisa terhubung dengan controller modern adalah versi 5.0 ke atas.


Seperti koneksi Bluetooth biasanya, Anda dapat menghubungkan controller dengan cara pairing ke tablet. Namun, ada beberapa controller yang tidak mendukung Bluetooth. Anda harus menyiapkan USB OTG untuk menghubungkannya ke tablet.

10 Rekomendasi tablet gaming terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tablet gaming terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Advan

Tab Sketsa 2

Advan Tab Sketsa 2  1枚目

Produk asli Indonesia yang cocok untuk menggambar dan gaming

2

Xiaomi

Pad 5

Xiaomi Pad 5 1枚目

Tablet kelas menengah rasa premium

3

HUAWEI

MatePad 11

HUAWEI MatePad 11 1枚目

Harganya pas untuk performa yang ditawarkan

4

Realme

Pad Mini

Realme Pad Mini 1枚目

Ekonomis dengan baterai yang tahan lama

5

Alldocube

iPlay40 Pro

Alldocube iPlay40 Pro 1枚目

Bobotnya ringan, main game berlama-lama pun lebih tenang

6

Apple

iPad mini

Apple iPad mini 1枚目

Kecil-kecil cabe rawit, kualitasnya tidak kalah saing dengan tablet besar!

7

Samsung

Galaxy Tab S8 Ultra

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra  1枚目

Layarnya superbesar, serasa main game di laptop

8

Samsung

Galaxy Tab S8+

Samsung  Galaxy Tab S8+ 1枚目

Speaker-nya menggelegar, pas untuk penikmat audio

9

Apple

iPad Pro (Gen 5)

Apple iPad Pro (Gen 5) 1枚目

Menawarkan pengalaman visual yang tak terlupakan

10

ASUS

ROG Flow Z13

ASUS ROG Flow Z13 1枚目

Lengkap dengan pendingin dan grafik layaknya PC

Perincian produk
Close
No.1

Produk asli Indonesia yang cocok untuk menggambar dan gaming

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk menggambar dan bermain game tanpa lelet
  • Sudah lengkap dengan stylus dan keyboard

Kekurangan:

  • Resolusi layarnya rendah, kurang cocok untuk penikmat grafik

Tablet gaming 4 jutaan dari brand asal Indonesia ini pas bagi Anda yang ingin menggambar sekaligus bermain game. Advan Tab Sketsa 2 merupakan tablet yang cocok untuk membuat sketsa dan melukis. Dengan RAM 4 GB, Anda juga dapat bermain game tanpa lelet. Jika Anda adalah ilustrator yang mencari tablet untuk game, pilih produk yang didedikasikan untuk Anda ini!

No.2

Tablet kelas menengah rasa premium

Kelebihan:

  • Dengan prosesor Snapdragon 860 yang kuat menjalankan game berat
  • Memiliki refresh rate 120 Hz yang pas untuk bermain game FPS

Kekurangan:
  • Memori tidak dapat ditambah sehingga jumlah game yang bisa disimpan terbatas

Produk Xiaomi ini benar-benar menghidupkan tagline "everyone's favorite tablet". Dengan harga yang terjangkau, Anda mendapatkan tablet terbaik untuk game yang spesifikasinya seperti produk premium. Tablet ini dibekali chipset yang merupakan prosesor kelas flagship. Jadi, memainkan Genshin Impact atau Call of Duty: Mobile dalam pengaturan grafik yang tinggi memungkinkan dengan Xiaomi Pad 5.


Spesifikasi lain yang patut disorot adalah giroskop, pengisian daya, kapasitas RAM, memori internal, serta baterainya. Produk ini bahkan memiliki refresh rate 120 Hz sehingga tampilannya makin smooth. Anda ingin merasakan sensasi menggunakan tablet high-end? Produk ini adalah jawabannya.

No.3

Harganya pas untuk performa yang ditawarkan

Kelebihan:

  • Performanya tinggi dan harganya sesuai dengan kinerjanya dalam menjalankan game

Kekurangan:

  • Tidak ada slot SIM card sehingga bergantung pada Wi-Fi

Anda mungkin mengharapkan tablet gaming yang berfokus pada performa. Tidak hanya itu, harganya harus lebih reasonable. Nah, produk ini sepertinya dibuat untuk Anda. HUAWEI MatePad 11 menawarkan pengalaman gaming yang sesuai dengan harganya. Deretan game berat dapat dijalankan secara mulus oleh tablet ini.


Menjalankan Asphalt 9: Legends sampai PUBG Mobile dalam pengaturan grafik tertinggi tidak akan jadi soal. Perlu diingat, produk ini dibekali HarmonyOS 2 sehingga tidak menyediakan layanan Google Play. Namun, tablet ini masih kompatibel dengan banyak game Android. Sebab itu, tidak mengherankan bila produk HUAWEI ini menjadi salah satu tablet yang paling diandalkan untuk gaming.

No.4

Ekonomis dengan baterai yang tahan lama

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis untuk digunakan bermain game dan bekerja
  • Baterainya dapat bertahan hingga seharian penuh sehingga tidak perlu sering diisi

Kekurangan:

  • Resolusi layarnya rendah, kurang cocok untuk penikmat grafik

Jika Anda butuh rekomendasi tablet gaming 2 jutaan yang bagus, produk ini dapat dipertimbangkan. Tablet gaming murah ini banyak digemari berkat baterainya yang dapat bertahan lama hingga seharian penuh. Anda tidak perlu repot sering-sering mengecas tablet ketika bermain game. Desain yang slim dan ukuran yang tidak terlalu besar pun membuatnya mudah digenggam.

No.5

Bobotnya ringan, main game berlama-lama pun lebih tenang

Kelebihan:

  • Bodinya ringan, tetapi kukuh ketika digenggam
  • Tidak ada bloatware sehingga kapasitas memori lebih banyak

Kekurangan:

  • Spesifikasi belum cukup untuk bermain game berat dengan grafik high

Salah satu kelebihan produk ini adalah bodinya. Berkat bingkai magnesium alloy, tablet gaming 3 jutaan ini menawarkan bodi ringan yang kukuh. Alldocube iPlay40 Pro hanya berbobot 475 gram. Perlu diketahui bahwa rata-rata tablet 10 inci yang beredar di pasaran berbobot 485 gram ke atas. Beberapa produknya bahkan ada yang berbobot 500 gram.


Bermain game pada tablet memang memuaskan karena layarnya lebih besar. Namun, tangan Anda bisa cepat lelah akibat bobotnya yang lebih tinggi dari smartphone. Oleh karenanya, produk ini adalah tablet gaming terbaik untuk Anda yang tangannya cepat pegal saat bermain game.

No.6

Kecil-kecil cabe rawit, kualitasnya tidak kalah saing dengan tablet besar!

Kelebihan:

  • Layarnya hanya 8,3 inci, praktis untuk bermain game yang mengandalkan touchscreen
  • Kompatibel dengan berbagai controller modern


Kekurangan:

  • Memori tidak dapat ditambah sehingga jumlah game yang bisa disimpan terbatas


Biasanya gaming tablet dengan spesifikasi tinggi memiliki ukuran yang sangat besar. Berbeda dari yang lain, produk ini sudah dikenal sebagai tablet kecil dengan spesifikasi mumpuni untuk gaming. iPad gaming ini akan memudahkan Anda bila sering memainkan game yang mengandalkan touchscreen.


Anda memang dapat bermain game tanpa controller dengan praktis pada produk ini. Meskipun demikian, Apple Mini tetap kompatibel untuk berbagai controller modern. Anda bisa menghubungkannya dengan JoyCon dan DualSense.

No.7

SamsungGalaxy Tab S8 Ultra

Mulai dari Rp19.999.000,00

Layarnya superbesar, serasa main game di laptop

Kelebihan:

  • Layarnya besar seperti laptop, mantap untuk digunakan main game dengan controller

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat sehingga bisa membuat tangan cepat pegal

Mungkin Anda mengutamakan layar yang besar untuk bisa menikmati bermain game. Kalau begitu, tablet untuk gaming ini bisa menjadi produk idaman Anda. Samsung Galaxy S8 Ultra dibekali layar yang besar dengan ukuran 14,6 inci.


Tidak hanya itu, spesifikasi tablet yang bagus untuk game ini pun tinggi. Anda bisa memainkan berbagai game Android dengan lancar. Namun, sebaiknya gaming tablet ini dihubungkan dengan controller. Layarnya yang besar dan bobot yang lebih tinggi akan membuatnya sedikit sulit digenggam.

No.8

Samsung Galaxy Tab S8+

Mulai dari Rp16.999.000,00

Speaker-nya menggelegar, pas untuk penikmat audio

Kelebihan:

  • Speaker tablet dilengkapi AKG-tuned yang membuat audionya lebih menggelegar dan memukau

Kekurangan:

  • Charger belum termasuk dalam paket penjualan


Jika Anda mencari rekomendasi tablet untuk game dengan audio yang memukau, pilih Samsung Galaxy Tab S8+. Tablet gaming 2022 ini memiliki speaker samping yang sangat lantang dan nyaring. Hal ini karena speaker-nya dipercantik dengan AKG-tuned. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari perangkat audio tambahan yang berkualitas. Audio yang dihasilkan tablet ini sudah memuaskan!

No.9

Menawarkan pengalaman visual yang tak terlupakan

Kelebihan:

  • Layarnya terang dan nyata sehingga cocok untuk bermain game dengan grafik memukau
  • Lengkap dengan chipset M1 yang kuat untuk gaming

Kekurangan:

  • Pilihan game tidak berbayar sedikit dan sulit untuk top-up dalam game

Visual yang memukau selalu menjadi keunggulan produk Apple. iPad Pro pun menawarkan kelebihan yang sama. Chipset M1 pada tablet ini merupakan salah satu prosesor terkuat di pasaran. Prosesornya mampu mengeksekusi berbagai game berat dalam pengaturan grafik tertinggi dengan lancar. Jadi, Anda yang mencari rekomendasi iPad untuk game wajib mempertimbangkan produk ini.


Visualnya tak hanya memanjakan untuk gaming. Layar Liquid Retina XDR akan menghadirkan pengalaman visual yang tak terlupakan untuk Anda. Tidak hanya desain grafis, mengedit video terasa luar biasa dengan tablet gaming ini. Produk ini bahkan memiliki resolusi kamera yang tinggi untuk tablet!

No.10

ASUSROG Flow Z13GZ301ZA-I5IRXA6T-O

Mulai dari Rp22.999.000,00

Lengkap dengan pendingin dan grafik layaknya PC

Kelebihan:

  • Dilengkapi GPU Intel Iris Xᵉ yang kuat menjalankan game berat dengan grafik tinggi
  • Ada pendingin tablet yang menjaga suhu agar tetap dingin ketika bermain game


Kekurangan:

  • Harga tergolong tinggi untuk tablet, kurang cocok bagi Anda dengan bujet terbatas

Brand ROG dari ASUS sudah lekat dengan peralatan gaming yang performanya tinggi. Tidak hanya laptop, ASUS ROG menawarkan tablet dengan spesifikasi yang tinggi untuk gaming. Dilengkapi GPU Intel Iris Xᵉ, Anda dapat memainkan game berat dengan grafik tinggi lewat ASUS ROG Flow Z13.


Selain itu, tablet gaming ROG ini dilengkapi Vapor Chamber yang bisa mendinginkan tablet meski bekerja dengan sangat keras. Bila Anda ingin merasakan pengalaman gaming yang maksimal, pilih produk ini.

Baca juga rekomendasi tablet lainnya di sini

Berbagai merek populer menyediakan tablet yang bagus. Anda juga bisa menemukan tablet gaming dengan menelusuri mereknya, misalnya Lenovo, Samsung, atau Apple. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel-artikel berikut. Silakan disimak!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan tablet gaming yang ingin segera dimiliki? Anda bisa menentukan spesifikasinya berdasarkan game yang akan dimainkan. Chipset premium cocok untuk game berat, sedangkan chipset menengah pas untuk game ringan.


Selain chipset, Anda perlu menyesuaikan RAM dan kapasitas penyimpanan produknya. Prinsipnya pun sama dengan memilih chipset. Kapasitas baterai dan slot kartu juga bisa dipertimbangkan untuk menunjang hobi Anda. Selamat memilih tablet gaming terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer