1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Lampu
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Philips adalah salah satu merek yang sudah memiliki kredibilitas baik di industri tata cahaya. Brand yang berasal dari Belanda ini terus melakukan inovasi pada produk lampunya. Salah satu seri lampu yang menarik dari Philips adalah Philips Hue.


Pada artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi Philips Hue terbaik. Anda bisa menemukan Philips Hue Go, lampu strip, hingga yang dilengkapi Hue Bridge. Namun, terlebih dahulu kami akan membagikan panduan mudah dalam menentukan Philips Hue yang bagus untuk ruangan Anda. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Diperbaharui 02-20-2023
Ovia Ery Rahayu
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ovia Ery Rahayu

Ovia Ery Rahayu, akrab dipanggil Ovia, adalah lulusan Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Setelah lulus, ia bekerja selama 3,5 tahun sebagai translator di sebuah perusahaan Jepang di bidang manufaktur alat pertanian. Selama bekerja, Ovia sempat beberapa kali melakukan kunjungan ke cabang perusahaan di prefecture Kochi, Jepang. Selain menjadi Japanese speaker di perusahaan, Ovia mulai bergabung dengan mybest sebagai penulis yang menerjemahkan artikel bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia. Kini, ibu rumah tangga dan pencinta anak-anak ini sudah berhenti dari perusahaan dan lebih nyaman menjadi penulis di mybest.

Profil Ovia Ery Rahayu
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Keunggulan Philips Hue

Philips Hue adalah seri lampu LED produksi Signify NV dengan konsep smart lighting. Seri lampu ini dinobatkan sebagai produk terbaik pada 2012 oleh majalah Forbes. Selain itu, PCMag memasukkan Philips Hue White sebagai produk rekomendasi editor. Berikut kami ulas beberapa keunggulan yang dimiliki Philips Hue.

Semua dapat dikendalikan melalui gadget

Semua dapat dikendalikan melalui gadget

Philips Hue merupakan rangkaian lampu yang bisa terkoneksi dengan gadget Anda. Anda dapat mengendalikan lampunya melalui aplikasi Philips Hue Apps. Aplikasi ini memiliki user interface yang baik dan menawarkan performa lebih cepat. Silakan jelajahi fitur Philips Hue Apps untuk menjalankan beberapa contoh perintah berikut.


  • Mengatur waktu lampu untuk hidup dan mati secara otomatis
  • Jika tipe lampu yang digunakan memiliki fitur berwarna, Anda bisa mengatur warna lampu yang diinginkan
  • Mengatur tingkat keredupan (dimming) lampu

Dapat dikendalikan dengan suara

Philips Hue pun bisa dihubungkan dengan smart home assistant. Beberapa smart home assistant yang mendukung adalah Amazon Alexa, Apple Home Kit, dan Google Assistant. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengontrol lampu Philips Hue seisi rumah yang terpasang di ruangan lain.


Selain itu, Anda bisa mengontrol tingkat keredupan (dimming), warna, dan suasana secara instan hanya bermodal suara. Anda bahkan dapat menghidupkan dan mematikan lampu dengan metode yang sama.

Cara memilih Philips Hue

Setelah mengenal secara singkat mengenai Philips Hue beserta keunggulannya, kami akan memberikan panduan dalam memilih produk terbaik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk. Simak sampai akhir, ya!

① Sesuaikan jenis lampu dan aksesori dengan kebutuhan

Philips Hue terdiri dari beragam jenis lampu. Setidaknya ada enam jenis lampu yang ditawarkan oleh Philips. Tak hanya lampu, rangkaian seri Philips Hue punya beberapa aksesori tambahan. Berikut penjelasan ringkas mengenai jenis lampu dan aksesorinya.

Starter kit, paket lampu dan aksesori yang lebih hemat

Philips Hue starter kit merupakan produk dalam bentuk paket. Philips menyediakan paket lampu beserta aksesorinya supaya Anda tidak perlu membeli secara satuan. Produk starter kit tentu lebih hemat dan juga lebih praktis. Berikut kelengkapan yang bisa didapatkan salam satu paket.


  • Dua hingga tiga lampu LED
  • Lampu LED ditambah Hue Bridge untuk memaksimalkan fitur yang ada pada Philips Hue
  • Lampu LED, Hue Bridge, dan dimmer switch yang berteknologi pintar serta canggih

Aksesori, perangkat tambahan untuk memudahkan hidup Anda

Selain produk dalam bentuk paket, Anda dapat membeli aksesori secara satuan. Hue Bridge, Hue Dimmer Switch, dan Hue Sensor Gerak adalah beberapa aksesorinya. Yuk, berkenalan dengan aksesori Philips Hue supaya memudahkan Anda dalam memilih.


  • Hue Bridge merupakan pusat dari sistem Philips Hue yang menghubungkan gadget dengan lampu Philips Hue

  • Hue Dimmer Switch berfungsi untuk mengatur tingkat keredupan Philips Hue

  • Hue Motion Sensor digunakan untuk mengatur nyala lampu berdasarkan gerak seseorang yang ada di sekitar

Lampu, produk satuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, Philips Hue memiliki enam jenis lampu. Fungsi dan warna lampu-lampu ini bervariasi. Untuk memudahkan Anda menyesuaikan fungsi, berikut kami kenalkan karakteristik tiap jenis lampu seri Philips Hue.


  • Lampu bohlam bisa dikatakan netral karena dapat dipasang di semua ruangan, mulai dari kamar tamu hingga toilet. Ada dua produk lampu bohlam, yakni Hue White Ambiance dan Hue White and Color Ambiance.

  • Lampu strip memiliki tingkat fleksibilitas tinggi yang bisa dipotong dan disambung sesuai dengan kebutuhan. Memiliki 16 juta warna, lampu ini tersedia dalam pilihan ukuran panjang 1 meter dan 2 meter.

  • Lampu gantung mampu berperan sebagai dekorasi rumah. Tidak semua produk lampu gantung yang disediakan termasuk lampu bawaan. Ada beberapa model yang dijual terpisah.

  • Lampu meja yang dikeluarkan Philips memiliki desain yang modern. Selain itu, lampu ini portabel sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

  • Lampu lantai berfungsi untuk mempercantik ruangan. Lampu ini berbentuk memanjang dengan tangkai yang dimaksudkan untuk diletakkan di lantai.

  • Lampu tersembunyi disebut juga dengan lampu plafon. Ada dua tipe yang dikeluarkan Philips, yakni Downlight Garnea dan Muscari. 

② Tentukan sistem kendali yang akan digunakan

Philips Hue adalah rangkaian smart lighting di dalam hunian Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengontrol semua lampu melalui gadget. Philips Hue memiliki dua cara untuk dikoneksikan, yakni lewat Bluetooth dan Hue Bridge.

Bluetooth: Bisa mengendalikan 10 lampu dalam radius 12 meter dengan gadget atau smart home assistant

Untuk hunian yang tidak memiliki banyak ruangan, sistem kendali Bluetooth dapat menjadi pilihan. Anda bisa mengatur warna dan keredupan melalui gadget yang dihubungkan lewat Bluetooth. Namun, ada beberapa kekurangan mengenai fitur ini.


Anda dapat mengontrolnya dalam radius 12 meter saja. Jumlah lampu yang bisa dikendalikan pun terbatas, hanya 10 lampu. Selain itu, smart home assistant yang mendukung fitur ini hanya Google Assistant dan Amazon Alexa.

Hue Bridge: Dapat mengendalikan hingga 50 lampu dan ada fitur synchronize dengan film atau musik juga!

Jika Anda menginginkan fitur yang lebih baik daripada sistem kendali Bluetooth, Anda harus menambahkan aksesori Hue Bridge. Hue Bridge adalah pusat dari sistem Philips Hue yang menghubungkan gadget Anda ke lampu Philips Hue. Anda dapat memasang hingga 50 lampu Philips Hue. Sistem kendali ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hunian dengan banyak ruang.


Di samping itu, ada beberapa fitur yang hanya bisa dilakukan dengan Philips Hue Bridge. Salah satunya adalah Anda dapat melakukan kendali dari jarak jauh. Selain itu, Anda bisa memaksimalkan pengalaman dalam menonton film dan mendengarkan musik dengan fitur synchronize.

③ Perhatikan ambiance atau warna cahaya lampu

Secara umum warna pencahayaan atau ambiance lampu Philips Hue dibagi dua, yakni white dan color. Supaya dapat menentukan pencahayaan yang Anda inginkan untuk ruangan, berikut kami jabarkan perbedaan dua warna tersebut.


  • White

Jenis lampu yang memiliki warna cahaya ini adalah lampu plafon, lampu gantung, lampu bohlam, dan lampu lantai. Anda bisa mengatur warna pencahayaan dari kuning hingga putih sesuai dengan kebutuhan. Warna cahaya kekuningan yang dipancarkan memberi kesan hangat dan menenangkan. Sementara itu, warna cahaya putih terkesan sejuk untuk aktivitas sehari-hari.


  • Color

Jenis lampu strip dan lampu bohlam memancarkan pencahayaan yang berwarna. Tidak hanya 1 warna, setidaknya Anda dapat mengatur pencahayaan hingga 16 juta warna berbeda. Jadi, Anda bisa mengatur warnanya menurut situasi, misalnya untuk pesta, mendekor rumah, hingga menciptakan suasana bioskop di rumah.

④ Pilih berdasarkan ruang pemasangan lampu

Dalam membuat produknya, Philips memang selalu mempertimbangkan segmentasi ruang. Philips sangat memperhatikan lokasi pemasangan lampu yang sesuai. Berikut panduan mudah dalam memilih lampu Philips Hue sesuai dengan ruangannya.


  • Teras depan
Teras merupakan ruang yang memberikan impresi pertama seseorang. Beri lampu gantung di area ini untuk memberikan center point pada hunian.

  • Ruang tamu
Anda dapat menggunakan lampu plafon inbow di beberapa sudut ruangan untuk memberi cahaya yang cukup. Selain itu, beri lampu outbow di tengah sebagai center point ruangan. Anda juga bisa menambah lampu lantai untuk mempercantik ruangan.

  • Ruang makan
Di ruangan ini, Anda dapat memasang lampu gantung sebagai pencahayaan utama. Pasang beberapa buah di meja makan untuk cahaya yang maksimal.

  • Dapur
Memilih cahaya yang tepat untuk dapur memang agak tricky. Untuk di dapur utama, mungkin Anda bisa menggunakan beberapa lampu plafon di setiap sudutnya. Sementara itu, Anda dapat menambahkan lampu strip untuk menambah pencahayaan di kitchen set.

  • Kamar tidur
Idealnya kamar tidur memiliki sumber utama di bagian tengah ruangan. Dengan begitu, lampu plafon model outbow bisa menjadi pilihan. Untuk nakas, Anda dapat menambahkan lampu meja.

  • Kamar mandi
Karena ruangan yang relatif sempit, pemasangan lampu plafon cukup untuk kamar mandi. Namun, penambahan lampu strip di bagian cermin dan wastafel bisa dipertimbangkan jika Anda ingin memberikan sentuhan estetis.

10 Rekomendasi Philips Hue terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Philips Hue terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Philips

Hue Lightstrip Plus

Philips Hue Lightstrip Plus 1枚目

Lampu strip yang bisa dipasang di mana saja

2

Philips

Hue Roseval Pendant Clear

Philips Hue Roseval Pendant Clear 1枚目

Menciptakan efek dekoratif pada beragam ruangan

3

Philips

Downlight Garnea

Philips Downlight Garnea 1枚目

Bermodel inbow, downlight yang cocok untuk ruangan minimalis

4

Philips

Hue Go

Philips Hue Go 1枚目

Lampu meja portabel untuk menemani Anda dalam beragam suasana

5

Philips

Hue Motion Sensor

Philips Hue Motion Sensor 1枚目

Tidak perlu menekan switch, lampu otomatis menyala!

6

Philips

Single Bulb A60

Philips  Single Bulb A60 1枚目

Single bulb dengan fitur keren untuk gamer

7

Philips

Hue Starter Kit A60

Philips  Hue Starter Kit A60 1枚目

Langsung dapat Hue Bridge dan dimmer switch

8

Philips

Hue Starter Kit E27

Philips Hue Starter Kit E27 1枚目

Paket dengan tiga lampu berwarna

9

Philips

Hue Muscari Pendant Light

Philips Hue Muscari Pendant Light 1枚目

Membuat ruangan Anda lebih elegan, pas sebagai center point

10

Philips

Hue Muscari Floor Light

Philips Hue Muscari Floor Light 1枚目

Dekorasi cantik untuk ruang keluarga

Perincian produk
Close
No.1

PhilipsHue Lightstrip Plus

Mulai dari Rp1.284.000,00

Lampu strip yang bisa dipasang di mana saja

Kelebihan:

  • Sudah satu set dengan beragam aksesori

Kekurangan:

  • Panjang hanya 2 meter dan extension dijual per 1 meter saja

Bila Anda butuh rekomendasi Philips Hue yang pemasangannya fleksibel, pilih produk ini. Selain memberi pencahayaan, Philips Hue strip dirancang untuk keperluan estetis. Anda bisa memasangnya di plafon, mini bar, tangga, bahkan taman belakang rumah. Produk ini juga bisa dipanjangkan dengan extension yang dijual terpisah. Anda pun sudah mendapatkan beragam aksesori sebagai base untuk mengoperasikan lampu.

No.2

PhilipsHue Roseval Pendant Clear

Mulai dari Rp1.001.500,00

Menciptakan efek dekoratif pada beragam ruangan

Kelebihan:

  • Mempertegas ambiance dari lampu

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi lampu

Philips Hue Roseval Pendant Clear didesain untuk Anda yang ingin menciptakan efek dekoratif pada ruangan. Desainnya yang modern akan mempercantik berbagai ruangan Anda, seperti ruang makan dan ruang tamu. Namun, perlu diketahui bahwa produk ini hanya merupakan kap lampu dan belum termasuk lampu. Anda bisa membeli Philips Hue model bulb secara terpisah.

No.3

Bermodel inbow, downlight yang cocok untuk ruangan minimalis

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk produk Philips Hue

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa pengaturan modenya dapat kembali sendiri ke mode awal meski sudah diganti

Philips selama ini memang memproduksi beragam lampu plafon berbentuk downlight. Anda juga bisa menemukannya pada Philips Hue Downlight Garnea. Didesain dengan model inbow, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis. Anda bisa menggunakan lampu plafon ini untuk menambah ambiance di ruang keluarga atau ruang tidur.

No.4

Lampu meja portabel untuk menemani Anda dalam beragam suasana

Kelebihan:

  • Baterai dapat bertahan hingga 18 jam

Kekurangan:

  • Daya cukup besar untuk ukurannya, hingga 43 watt

Sesuai dengan konsepnya, lampu ini bisa diletakkan di mana saja dan dapat menciptakan ambiance pada setiap momen Anda. Tidak hanya itu, Philips Hue Go dilengkapi baterai yang bisa bertahan sampai 18 jam. Dengan demikian, lampu ini pas untuk Anda yang ingin memiliki penerangan berbeda saat melakukan aktivitas outdoor, seperti camping.

No.5

PhilipsHue Motion Sensor

Mulai dari Rp695.500,00

Tidak perlu menekan switch, lampu otomatis menyala!

Kelebihan:

  • Sensor dapat mendeteksi gerakan dalam jarak 3 meter

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena membutuhkan Hue Bridge

Anda ingin perangkat lampu pintar di rumah makin canggih? Kalau begitu, tambahkanlah aksesori ini. Philips Hue Motion Sensor secara otomatis bisa menyalakan lampu melalui deteksi gerakan dalam jarak 3 meter. 


Selain itu, produk ini dapat menghemat listrik. Hal tersebut karena sensornya bisa mendeteksi cahaya pada siang hari sehingga lampu tidak dinyalakan. Tambahan lagi, produk ini dapat dipasang di mana saja karena didesain nirkabel.

No.6

Single bulb dengan fitur keren untuk gamer

Kelebihan:

  • Memiliki fitur gaming light untuk memberikan efek pencahayaan ketika bermain game

Kekurangan:

  • Menggunakan koneksi Bluetooth saja, radius kontrol lampu hanya 12 meter

Produk ini merupakan Philips Hue terbaik untuk gamer. Single Bulb A60 dapat memberikan pengalaman pencahayaan yang menarik ketika Anda bermain game. Philips bahkan sudah bekerja sama dengan merek peripheral ternama, seperti Logitech dan Razer. Selain itu, lampu bohlam ini menawarkan pencahayaan hingga 16 juta warna. Anda bisa bebas mengganti warnanya sesuai dengan mood Anda.

No.7

Philips Hue Starter Kit A60

Mulai dari Rp1.663.000,00

Langsung dapat Hue Bridge dan dimmer switch

Kelebihan:

  • Isi paket sudah cukup lengkap

Kekurangan:

  • Ambiance lampu hanya white

Bila Anda ingin starter kit yang terdiri dari beberapa aksesori, jangan lewatkan produk ini. Anda akan langsung mendapatkan dua buah aksesori dalam produk ini, yakni Hue Bridge dan dimmer switch. Kedua aksesori tersebut merupakan komponen penting dari Philips Hue. Anda pun sudah akan mendapatkan dua buah lampu LED.

No.8

Paket dengan tiga lampu berwarna

Kelebihan:

  • Termasuk tiga lampu bohlam, cocok untuk pengaplikasian di beberapa ruangan

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dimmer switch


Starter kit ini cocok untuk Anda yang baru pindah rumah. Dalam satu paketnya sudah dilengkapi tiga buah lampu bohlam. Dengan begitu, Anda bisa memasang lampunya pada beberapa ruangan yang berbeda. Tambahan lagi, Anda sudah akan mendapatkan Philips Hue Bridge. Harga aksesori tersebut cukup tinggi jika dijual terpisah, lho. Produk ini lebih menghemat pengeluaran Anda, bukan?

No.9

PhilipsHue Muscari Pendant Light

Mulai dari Rp3.800.000,00

Membuat ruangan Anda lebih elegan, pas sebagai center point

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dimmer switch


Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa efek redupnya kurang terasa

Kesan elegan sangat terasa ketika lampu Philips Hue Muscari Pendant White ada di ruangan Anda. Frame dari pelat metal berwarna champagne gold pas untuk Anda yang ingin membuat ruangan tampak classy. Anda juga bisa memasang lampu gantung ini di teras rumah untuk memberikan center point pada hunian Anda.

No.10

PhilipsHue Muscari Floor Light

Mulai dari Rp3.059.000,00

Dekorasi cantik untuk ruang keluarga

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan logam yang tahan lama

Kekurangan:

  • Kepala lampu hanya bisa dimiringkan ke satu arah

Layaknya lampu lantai, Philips Hue Muscari Floor Light berfungsi sebagai alat dekorasi. Anda dapat meletakkannya di ruang keluarga atau kamar tidur Anda. Cahayanya tidak menyorot langsung pada objek, tetapi lembut dan berpendar. Hal ini akan membuat Anda merasa relaks. Selain itu, pencahayaan yang demikian akan cocok untuk Anda yang ingin melepas penat setelah bekerja.

Baca juga rekomendasi lampu lainnya di sini

Ada berbagai jenis lampu yang bisa mempercantik hunian Anda selain lampu dengan kontrol nirkabel Philips Hue. Jika Anda berminat menguliknya lebih jauh, Anda dapat membaca rekomendasi kami berikut.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan cara memilih dan ulasan produk Philips Hue, sudahkah Anda menentukan produk yang cocok? Secara umum, Philips Hue memang dirancang untuk kaum urban yang tertarik dengan hunian berkonsep smart home. 


Tak heran bila seri Philips Hue dapat mengakomodasi kebutuhan berbagai jenis lampu di hunian Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, ciptakan ekosistem yang solid di hunian Anda dengan lampu Philips Hue terbaik!

5 Rekomendasi Philips Hue terbaik

No. 1PhilipsHue Lightstrip Plus

No. 2PhilipsHue Roseval Pendant Clear

No. 3PhilipsDownlight Garnea

No. 4PhilipsHue Go

No. 5PhilipsHue Motion Sensor

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Produk populer

Favlist populer