• 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Vanili Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Vanili bubuk merupakan bahan tambahan yang sering digunakan untuk membuat roti dan kue. Produk ini juga biasa ditaburkan pada masakan atau minuman untuk meningkatkan cita rasa dan aroma. Aromanya sangat harum dan khas karena terbuat dari biji vanili yang digiling.


Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih vanili bubuk. Sepuluh rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek juga telah kami siapkan. Sebut saja Koepoe Koepoe, L'arome, hingga Sonnentor. Kemasannya pun beragam, ada yang sachet kecil, ada pula yang botol. Mari disimak supaya Anda bisa mendapatkan vanili bubuk terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Seputar vanili bubuk

Sebelum memasuki bagian cara memilih, kami akan memberikan sedikit gambaran seputar vanili terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami kehebatan vanili bubuk.

Manfaat mengonsumsi vanili

Manfaat mengonsumsi vanili

Meski penggunaan vanili pada makanan atau minuman tergolong sedikit, ternyata manfaat kesehatan tanaman ini sangat luar biasa. Vanili diyakini kaya akan antioksidan, serta mampu berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, bahan makanan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi jerawat, dan memperbaiki kondisi rambut.


Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan vanili bubuk ke dalam makanan atau minuman bisa membantu mengurangi asupan gula. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu mengurangi berat badan.

Perbedaan vanili bubuk, ekstrak vanili, pasta vanila, dan esens vanila

Perbedaan vanili bubuk, ekstrak vanili, pasta vanila, dan esens vanila

Selain vanili bubuk, ada beragam jenis olahan tanaman vanili yang bisa Anda temukan di pasaran. Sebut saja ekstrak vanili, pasta vanila, hingga esens vanila. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan perbedaannya masing-masing di bawah ini.


  • Ekstrak vanili (vanilla extract): Teksturnya cair, serta memiliki aroma dan rasa vanili yang kuat. Vanilla extract terbuat dari biji vanili yang telah dikeringkan, kemudian direndam dalam air dan alkohol.

  • Pasta vanila: Teksturnya lebih padat dan lengket dibandingkan esktrak vanili, aromanya pun tak kalah kuat. Itu semua berkat perpaduan ekstrak vanili dan biji vanili yang digiling bersamaan. Saat digunakan pada makanan, pasta vanila akan memberikan tekstur bintik-bintik yang cantik.

  • Esens vanila: Teksturnya cair dan berwarna bening. Esens vanila sering disebut juga sebagai ekstrak vanila artifisial atau perisa vanila. Karena menggunakan bahan kimia, jenis ini hanya mampu memberikan aroma tanpa meningkatkan rasa masakan. Ketika digunakan berlebihan, esens vanila justru menimbulkan rasa pahit.

  • Vanili bubuk (vanilla powder): Teksturnya bubuk. Pada dasarnya, vanili bubuk terbuat dari biji vanili yang dikeringkan, lalu digiling hingga menjadi bubuk. Namun, ada juga vanilla powder yang memiliki karakteristik seperti esens vanila karena dihasilkan dari bahan kimia.

Cara memilih vanili bubuk

Nah, sekarang saatnya kami menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli vanili bubuk. Perhatikanlah dengan saksama supaya Anda bisa mendapatkan vanili bubuk yang bagus!

Pilihlah yang mengandung vanili murni

Pilihlah yang mengandung vanili murni

Ketika menggunakan vanili bubuk, tentu Anda berharap produk tersebut dapat meningkatkan rasa dan aroma masakan, bukan? Karena itu, poin pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli vanili bubuk adalah memastikan kemurniannya. Umumnya, vanili bubuk yang murni memiliki label pure vanilla powder.


Sebisa mungkin, pilihlah produk yang terbuat dari biji vanili murni tanpa tambahan zat aditif. Hal tersebut bertujuan supaya Anda bisa mendapatkan rasa dan aroma vanili terbaik. Beberapa contoh bahan aditif yang biasa digunakan pada bahan makanan, antara lain pengawet, perasa, atau pewarna.

Perhatikan warna bubuknya

Secara umum, Anda bisa menemukan dua warna vanili bubuk di pasaran yaitu cokelat dan putih. Kami akan menjelaskan perbedaan kedua warna vanili bubuk tersebut secara lebih lengkap di bawah ini.

Vanili bubuk warna cokelat: Aromanya lebih kuat dengan harga lebih premium

Vanili bubuk warna cokelat: Aromanya lebih kuat dengan harga lebih premium

Di pasaran, vanili bubuk dengan warna cokelat masih dibagi menjadi dua yakni cokelat tua dan cokelat muda. Vanili bubuk dengan warna cokelat tua merupakan ciri dari penggunaan biji vanili asli.


Karena itu, bubuk vanili dengan warna tersebut cenderung memiliki rasa dan aroma khas vanili yang kuat. Anda bahkan dapat mencium aromanya saat roti atau kue baru dipanggang sebentar. Tak heran jika harga jual vanili bubuk ini tergolong lebih mahal.


Di sisi lain, ada juga vanili bubuk yang berwarna cokelat muda. Vanili bubuk dengan warna cokelat muda terbuat dari vanilla extract. Hal itulah yang membedakan kedua warna vanili tersebut.


Vanilla powder dengan warna cokelat, baik tua maupun muda, tentu bubuknya akan terlihat jelas saat dituangkan pada masakan. Karena itu, vanili bubuk berwarna cokelat sebaiknya digunakan untuk taburan kue atau minuman yang memerlukan aksen mewah.

Vanili bubuk warna putih: Lebih mudah berbaur dengan semua jenis masakan

Vanili bubuk warna putih: Lebih mudah berbaur dengan semua jenis masakan

Vanili bubuk berwarna putih umumnya adalah hasil campuran antara biji vanili dengan pemanis buatan. Selain itu, vanili bubuk ini juga identik sebagai vanili buatan. Alhasil, rasa dan aromanya memang tidak begitu kuat. Karena itu, jenis vanili ini dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau.


Meski begitu, vanili bubuk putih lebih mudah dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan. Pasalnya, jenis ini tidak meninggalkan warna yang mencolok ketika dimasukkan dalam berbagai masakan. Jika Anda berencana membuat masakan yang tampilannya harus clean, misalnya wedding cake, kami sarankan menggunakan jenis ini.

Jika memungkinkan, pilihlah produk organik

Jika memungkinkan, pilihlah produk organik

Karena vanili bubuk akan masuk ke dalam tubuh, kami sangat menyarankan pemilihan produk yang memiliki label organik. Label organik akan memastikan produk pilihan Anda bebas dari zat kimia selama masa penanaman.


Dengan begitu, Anda tak perlu mengkhawatirkan keberadaan pestisida dan pupuk kimia dalam vanilla powder pilihan. Anda pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, serta nutrisi utuh dari vanili bubuk.

10 Rekomendasi vanili bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vanili bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
KomposisiVanili organik
Warna bubukCokelat tua
Varian isi10 gr, 25 gr
9

Vanilla Powder Pure Ground

Mulai dari Rp 98.000,00

KomposisiVanili
Warna bubukCokelat tua
Varian isi25 gr
8

SonnentorOrganic Vanilla Powder

Mulai dari Rp 339.900,00

KomposisiVanili organik
Warna bubukCokelat tua
Varian isi10 gr
7

Nielsen Massey VanillasMadagascar Bourbon Pure Vanilla Powder

Mulai dari Rp 600.000,00

KomposisiMaltodextrin, vanilla extractives
Warna bubukCokelat muda
Varian isi70 gr
6
KomposisiTidak disebutkan
Warna bubukPutih
Varian isi50 gr, 500 gr
5
KomposisiGula, antikempal, trikalsium fosfat, perisa sintetik vanilla
Warna bubukPutih
Varian isi5 gr
4
KomposisiVanili organik
Warna bubukCokelat tua
Varian isi50 gr
3

Seelindo SejahteratamaL'arome Vanilla Susu

Mulai dari Rp 24.500,00

KomposisiPerisa identik alami vanilla, dextrosa
Warna bubukPutih
Varian isi50 gr
2
KomposisiMaltodextrin, perisa artifisial vanili
Warna bubukPutih
Varian isi2 gr
1

Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe Perisa Vanilla

Mulai dari Rp 5.000,00

KomposisiDextrosa, perisa sintetik vanilla, etil vanili, anti kempal silikon dioksida
Warna bubukPutih
Varian isi20 gr

Tabel perbandingan produk vanili bubuk terbaik

Gambar produk
1
Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Perisa Vanilla 1

Anggana Catur Prima

2
Putra Sinar Baru Sejati Vanili Powder R 1

Putra Sinar Baru Sejati

3
Seelindo Sejahteratama L'arome Vanilla Susu 1

Seelindo Sejahteratama

4
Vanilla Powder Organic 1

5
Pakmaya Vanillin Sugar 1

Pakmaya

6
MSH Vanilla Powder 1

MSH

7
Nielsen Massey Vanillas Madagascar Bourbon Pure Vanilla Powder 1

Nielsen Massey Vanillas

8
Sonnentor Organic Vanilla Powder 1

Sonnentor

9
Vanilla Powder Pure Ground 1

10
Pure Vanilla Powder Organic 1

Nama produk

Koepoe Koepoe Perisa Vanilla

Vanili Powder R

L'arome Vanilla Susu

Vanilla Powder Organic

Vanillin Sugar

Vanilla Powder

Madagascar Bourbon Pure Vanilla Powder

Organic Vanilla Powder

Vanilla Powder Pure Ground

Pure Vanilla Powder Organic

Keunggulan

Vanili bubuk lokal dengan kualitas internasional

Kemasan terkecil dengan harga paling ramah di kantong

Rasanya lezat dengan sensasi susu di dalamnya

Aromanya pas, tidak terlalu menusuk hidung

Perpaduan unik antara gula dan perisa vanili

Kemasan terbesar untuk stok di rumah

Vanili bubuk dengan rasa dan kualitas terbaik

Satu vanili bubuk untuk beragam jenis masakan

Kemasan gelap untuk melindungi vanili bubuk

Kemasan botol mungil nan cantik dengan kualitas terjamin

Harga mulai dariRp 5.000,00Rp 200,00Rp 24.500,00Rp 92.500,00Rp 2.300,00Rp 37.000,00Rp 600.000,00Rp 339.900,00Rp 98.000,00Rp 36.000,00
KomposisiDextrosa, perisa sintetik vanilla, etil vanili, anti kempal silikon dioksidaMaltodextrin, perisa artifisial vaniliPerisa identik alami vanilla, dextrosaVanili organikGula, antikempal, trikalsium fosfat, perisa sintetik vanillaTidak disebutkanMaltodextrin, vanilla extractivesVanili organikVaniliVanili organik
Warna bubukPutihPutihPutihCokelat tuaPutihPutihCokelat mudaCokelat tuaCokelat tuaCokelat tua
Varian isi20 gr2 gr50 gr50 gr5 gr50 gr, 500 gr70 gr10 gr25 gr10 gr, 25 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk bumbu dapur bubuk lainnya di sini

Penggunaan bumbu dapur bubuk memang sangat menghemat waktu. Terlebih, saat ini hampir semua bumbu dapur tersedia dalam bentuk bubuk. Selain vanili bubuk, Anda bisa menemukan ketumbar bubuk, kencur bubuk, pala bubuk, hingga garlic powder. Untuk mengetahui keuntungan pemakaian bubuk-bubuk tersebut, silakan kunjungi artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Kehadiran vanili bubuk memang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menghindari vanilla extract karena kandungan alkoholnya. Terlebih, kemampuan vanili bubuk dalam meningkatkan cita rasa dan aroma kue tak kalah dengan vanilla extract. Anda hanya perlu menemukan produk yang paling tepat sesuai dengan cara memilih yang kami sampaikan di atas.


Semoga artikel kami kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum memilih vanili bubuk. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cuka apel (apple vinegar) adalah sari buah apel yang sudah difermentasi. Cuka apel bisa dipakai untuk masakan, diminum, atau perawatan wajah. Manfaat cuka apel juga ada banyak, seperti menurunkan tekanan darah, untuk diet, dan sebagainya. Nah, di artikel ini kami akan membantu Anda mendapatkan cuka apel terbaik.Namun, kami akan menjelaskan cara memilih cuka apel terbaik dan sesuai kebutuhan terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek cuka apel yang bagus, seperti Bragg, Heinz, serta S&W. Anda juga dapat mengetahui aturan tentang cuka apel halal. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori