• 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sepeda Gravel Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Tren bersepeda makin banyak diminati sejak masa pandemi. Bersepeda memang baik untuk tubuh, tetapi Anda perlu memilih sepeda yang tepat sesuai dengan medan perjalanan. Sepeda gravel adalah jenis sepeda yang mantap digunakan di jalan on-road dan off-road.


Supaya Anda bisa menemukan sepeda gravel yang bagus, simak dahulu tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai merek sepeda gravel yang bagus, seperti Polygon, United Bike, dan Marin. Anda juga bisa memilih Genio untuk sepeda gravel murah. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling enthusiast kami, Reza Fitriyanto. Simak dan temukan produk impian!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Reza Fitriyanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto

Profil pakar: Cycling enthusiast, Reza Fitriyanto
Reza Fitriyanto
Cycling sport photographer dan cycling enthusiast
Reza Fitriyanto

Reza adalah seorang fotografer olahraga yang berfokus dan spesifik pada jenis olahraga bersepeda. Ia juga seorang cycling enthusiast. Reza pernah bekerja sebagai jurnalis foto di beberapa media nasional.


Reza juga pernah ikut serta menjadi official photographer untuk ajang ASIAN GAMES 2018. Sejak awal 2020, Reza menginisiasi dan memimpin tim kolektif yang berisi kumpulan fotografer dan videografer dalam akun Instagram @demakijo.cc.

Apa itu sepeda gravel?

Tren gravel bike kian banyak diminati. Sepeda gravel adalah sepeda yang bisa Anda gunakan di jalanan beraspal ataupun off-road. Anda bisa memakainya di aspal maupun tanah berkerikil sekalipun. Singkatnya, sepeda gravel memiliki tampilan seperti road bike, tetapi disc brake-nya menyerupai sepeda off-road.


Hal yang paling banyak ditanyakan adalah perbedaan gravel bike dan hybrid bike. Hybrid bike merupakan gabungan sepeda gunung dan sepeda balap. Secara tampilan, hybrid bike mirip sepeda gunung atau MTB dengan setang (handlebars) yang lurus. Berbeda dengan gravel bike yang memiliki setang melengkung.


Geometri sepeda gravel juga dirancang berbeda dengan sepeda lainnya. Bagian head tube-nya lebih tinggi dengan head angle yang lebih halus. Jadi, Anda tak perlu terlalu membungkuk seperti mengendarai road bike. Sepeda gravel memang dirancang untuk Anda yang ingin bertualang menikmati daerah pelosok.


Selain head tube dan head angle-nya lebih tinggi, jarak ruang (clearance) di antara fork dan chainstay atau seat stay-nya lebih lebar. Karena itu, sepeda ini bisa dipasang ban yang ukurannya lebih besar daripada ban road bike. Ukuran ban yang umumnya bisa dipasang adalah 700x35C dan 700x40C, atau yang lebih besar.


Handlebar di sepeda gravel biasanya berbentuk flare di bagian drop. Fungsinya untuk meningkatkan handling di tanah berkerikil dan bebatuan kecil, bukan bebatuan besar yang mampu dilibas oleh sepeda MTB jenis XC.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepeda gravel

Setelah mengetahui sekilas informasi tentang sepeda gravel, kami akan memberikan tips untuk Anda dalam memilih produknya. Simak poin-poin di bawah ini agar Anda bisa menemukan sepeda gravel yang cocok untuk Anda gunakan.

Kenali tipe sepeda gravel bike sesuai kebutuhan Anda

Setidaknya ada dua tipe sepeda gravel yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan medan yang Anda tempuh agar Anda bisa memilih tipe sepeda gravel yang tepat. 


  • Backroad gravel bike adalah tipe sepeda gravel yang umum Anda temui. Bentuk geometri rangkanya menyerupai sepeda balap klasik. Jika Anda lebih sering menggunakan sepeda di jalanan beraspal dan kerikil, pilihlah tipe sepeda ini.

  • Adventure gravel bikes mengutamakan performa di medan off-road. Meski tetap bisa digunakan di jalanan beraspal, tipe sepeda ini memiliki gaya sepeda gunung. Bagian head angle-nya lebih landai dengan handlebars yang kokoh. Jalanan berbukit bisa Anda tempuh dengan lebih nyaman.

Perhatikan bahan frame sepeda gravel

Berikutnya, kenali juga berbagai bahan untuk rangka atau frame sepeda gravel. Anda bisa mempertimbangkannya sesuai dengan budget Anda dan bobot bahannya.

Carbon fiber, ringan, kuat, dan tidak mudah bengkok

Carbon fiber adalah bahan yang cukup ringan. Meski ringan, carbon fiber termasuk bahan yang sangat kuat dan mampu meredam guncangan. Rangka sepeda dengan bahan karbon sayangnya tetap dapat mengalami keretakan saat terkena benturan yang sangat keras. Namun, bahan ini tidak mudah bengkok dan berbobot sangat ringan.


Frame dengan bahan carbon fiber sangat mumpuni untuk segala medan berkat ketahanan serta flexing feeling-nya. Bahan ini juga nyaman dan performatif untuk bersepeda jarak jauh di medan aspal.

Aluminium, harganya lebih murah dibandingkan bahan lainnya

Bahan aluminium merupakan logam campuran. Bobot aluminium sedikit lebih berat dibanding dengan carbon fiber dan tetap kokoh. Anda bisa menemukan banyak pilihan sepeda gravel dengan bahan aluminium. Sepeda dengan rangka aluminium dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan bahan-bahan lainnya. 

Steel, bahan logam yang sangat kokoh

Steel atau baja adalah bahan yang paling berat dibandingkan tiga bahan rangka sepeda lainnya. Baja juga merupakan bahan yang sangat kokoh. Selain harganya cukup terjangkau, flexing feeling-nya cenderung lebih empuk dengan ketahanan dan perawatan yang lebih simpel. Sepeda berbahan baja sangat populer digunakan untuk touring maupun kegiatan easy off-road sehari-hari.


Jika Anda menginginkan sepeda berbahan baja yang lebih ringan, pertimbangkan bahan kromium. Kromium lebih ringan dibandingkan baja dan lebih ramping.

Titanium, lebih kuat dibandingkan aluminium dan lebih ringan daripada baja

Titanium adalah logam yang dua kali lebih kuat dibandingkan aluminium. Namun, bobotnya lebih ringan dibandingkan baja. Titanium menjadi pilihan rangka sepeda gravel yang baik saat Anda melewati jalanan berbatu. Logam ini sanggup meredam guncangan dengan sangat baik, cocok untuk aktivitas gravel sehari-hari tanpa ada unsur kompetisi.


Kelebihan lainnya dari logam titanium adalah antikarat. Keunggulan-keunggulan bahan titanium membuat sepeda berbahan logam ini memiliki harga yang lebih mahal.

Periksa diameter rodanya agar cocok dengan kebutuhan Anda

Ada dua ukuran diameter roda yang biasa digunakan untuk sepeda gravel, yaitu 650B dan 700C. Roda berukuran 650B memiliki diameter sekitar 27,5 inci, sedangkan 700C berdiameter 29 inci. 


  • 700C adalah ukuran roda yang paling banyak digunakan untuk sepeda gravel. Roda dengan ukuran 700C lebih cocok untuk Anda yang mengutamakan kecepatan. Diameter yang besar juga memungkinkan roda ini untuk melewati rintangan, seperti lubang, dengan lebih lancar. Ukuran ini juga cocok untuk tinggi rata-rata pria Indonesia, yaitu 165 cm ke atas.

  • Ukuran diameter 650B yang lebih kecil memungkinkan Anda menggunakan ban yang lebar. Penggunaan ban yang lebar memberikan traksi yang lebih baik. Jadi, Anda bisa memilih roda 650B untuk jalanan menanjak dengan jenis tanah yang "longgar". Roda yang lebih kecil 2 inci ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki tinggi badan 155 cm atau kurang.

Pilih ukuran sepeda sesuai tinggi badan

Beberapa merek sepeda menawarkan sepeda gravel dalam berbagai ukuran. Anda bisa memilih ukuran sepeda berdasarkan tinggi badan Anda. 


  • Tinggi badan 150–163 cm: Pilihlah sepeda yang berukuran paling kecil, yaitu XS–S (bernomor rangka size 50–52).
  • Tinggi badan 163–175 cm: Gunakan sepeda dengan ukuran medium, yaitu M (bernomor rangka size 54).
  • Tinggi badan lebih dari 175 cm: Pilihlah sepeda yang berukuran paling besar, yaitu L–XL (bernomor rangka size 56 atau 58).

Selain ukuran S, M, L, dan XL, ada beberapa sepeda yang menggunakan ukuran berupa angka. Setiap produsen sepeda juga pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kami sarankan agar Anda tetap mencari tahu tentang ukuran yang ditawarkan, ya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan sepeda gravel dengan lebih nyaman.

Pertimbangkan untuk memilih sepeda gravel listrik

Tak masalah jika Anda ingin memilih sepeda gravel hanya sekadar untuk bersantai. Jika demikian, Anda bisa memilih sepeda listrik. Sepeda listrik menggunakan motor yang membantu Anda agar tidak perlu mengayuh.


Namun, sepeda ini bergerak dengan sistem pedal assist yang sifatnya hanya memberi bantuan pada kayuhan pedal. Berbeda dengan motor yang ada sistem tuas gas dan dapat melaju sendiri tanpa dikayuh. Motor tersebut akan berhenti setelah sepeda menempuh jarak tertentu. Sepeda listrik juga sangat membantu Anda melewati jalan yang mendaki.


Saat Anda memutuskan untuk membeli sepeda gravel listrik, pastikan jenis motor yang dipakai, ya. Setiap motor memiliki daya yang berbeda. Setelah menempuh jarak tertentu, pastikan Anda kembali mengisi dayanya. Ada dua merek sepeda gravel listrik yang bisa Anda pilih, yaitu United Bike dan Cannondale.

Produk rekomendasi pakar

Bahan frameCarbon
Ukuran roda700C, 650B
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepeda48, 51, 54, 56, 58, 61
WarnaUngu, hitam

10 Rekomendasi sepeda gravel terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda gravel terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Reza Fitriyanto.

10
Bahan frameTitanium
Ukuran roda700C, 650B
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepedaXXS–XXL
WarnaAbu-abu
9

CannondaleTopstone Neo Carbon 4

Mulai dari Rp 106.000.000,00

Bahan frameBallisTec carbon
Ukuran roda700C
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepedaS–XL
WarnaKrem
8
Bahan frameAlloy
Ukuran roda700C
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepedaM, L
WarnaAbu-abu
7
Bahan frameAlloy
Ukuran roda700C
Berat10,74 kg
Ukuran sepeda49, 52, 56, 59 (S–XL)
WarnaBiru
6

GiantRevolt Advanced 2

Mulai dari Rp 46.000.000,00

Bahan frameAdvanced-grade composite
Ukuran roda700C
BeratTidak disebutkan
UkuranXS–XL
WarnaHijau, maroon
5
Bahan frameCarbon TorayCa T700 UD
Ukuran roda650B
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepeda44, 47, 50, 52
WarnaHitam
4

TrekCheckpoint SL 6 2021

Mulai dari Rp 60.000.000,00

Bahan frameCarbon
Ukuran roda700C
Berat9,11 kg
Ukuran sepeda49, 52, 54, 56, 58, 61
WarnaHitam
3
Bahan frameSteel (chromium)
Ukuran roda650B
BeratTidak disebutkan
Ukuran sepeda50, 52, 54, 56, 58, 60
WarnaCokelat
2
Bahan frameAlloy
Ukuran roda700C
Berat10,57 kg
Ukuran sepeda46, 49 (M, L)
WarnaCokelat, hijau
1
Bahan frameRigid steel
Ukuran roda700C
Berat14,65 kg
Ukuran sepedaM
WarnaKuning, hijau

Tabel perbandingan produk sepeda gravel terbaik

Gambar produk
1
Genio Scappa 1

Genio

2
United Bike Gavriil 1

United Bike

3
Marin Nicasio+ 1

Marin

4
Trek Checkpoint SL 6 2021 1

Trek

5
Pinarello Grevil A301 1

Pinarello

6
Giant Revolt Advanced 2 1

Giant

7
Polygon Bend RV Rival 1

Polygon

8
United Bike E-Gavriil 1

United Bike

9
Cannondale Topstone Neo Carbon 4 1

Cannondale

10
Curve GXR (AKA Kevin) 1

Curve

Nama produk

Scappa

Gavriil

Nicasio+

Checkpoint SL 6 2021

Grevil A301

Revolt Advanced 2

Bend RV Rival

E-Gavriil

Topstone Neo Carbon 4

GXR (AKA Kevin)

Keunggulan

Sepeda gravel murah dengan ukuran untuk orang Asia

Sepeda gravel lokal pertama dengan teknologi Shimano GRX

Tangguh melewati berbagai medan dengan desain spesial

Menempuh perjalanan jauh dengan sangat nyaman

Desain aerodinamik untuk keseimbangan yang maksimal

Membawa Anda lebih nyaman melewati jalur berbatu

Kenyamanan dan fleksibilitas dalam berkendara menjadi satu

Tempuh jarak 70 km dengan kecepatan 25 km/jam

Sepeda gravel listrik dengan kapasitas baterai yang besar

Rangka sepeda yang kokoh dengan bahan titanium

Harga mulai dariRp 2.775.000,00Rp 16.500.000,00Rp 17.000.000,00Rp 60.000.000,00Rp 63.000.000,00Rp 46.000.000,00Rp 14.500.000,00Rp 47.900.000,00Rp 106.000.000,00Rp 90.000.000,00
Bahan frameRigid steelAlloySteel (chromium)CarbonCarbon TorayCa T700 UDAdvanced-grade compositeAlloyAlloyBallisTec carbonTitanium
Ukuran roda700C700C650B700C650B700C700C700C700C700C, 650B
Berat14,65 kg10,57 kgTidak disebutkan9,11 kgTidak disebutkanTidak disebutkan10,74 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Ukuran sepedaM46, 49 (M, L)50, 52, 54, 56, 58, 6049, 52, 54, 56, 58, 6144, 47, 50, 52XS–XL49, 52, 56, 59 (S–XL)M, LS–XLXXS–XXL
WarnaKuning, hijauCokelat, hijauCokelatHitamHitamHijau, maroonBiruAbu-abuKremAbu-abu
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sepeda gravel

Pertanyaan umum seputar sepeda gravel

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar sepeda gravel. Bagi Anda yang masih penasaran tentang sepeda gravel, simak jawaban berikut ini, ya!

Apa kelebihan gravel bike?

Sepeda gravel memiliki kelebihan dalam hal medan yang bisa dilalui. Sepeda ini lebih fleksibel, lebih nyaman, dan mampu dibawa bertualang mencari rute-rute baru yang jalanannya tidak terlalu mulus. Anda bahkan bahkan bisa membawanya ke medan tanah berkerikil dan berbatu. Sepeda gravel memang dirancang untuk melibas semua medan.


Namun, sepeda gravel juga mempunyai kekurangan. Respon dan kecepatannya jauh lebih rendah daripada sepeda road bike ketika digunakan di jalanan beraspal.

Apakah gravel bike bisa digunakan di jalanan kota?

Sangat bisa. Sepeda gravel bahkan bisa dipakai untuk commuting transportasi perkotaan dengan kepentingan pekerjaan atau sekadar jalan-jalan santai.

Baca juga rekomendasi sepeda lainnya di sini

Jika Anda memang ingin menggeluti aktivitas bersepeda, kami sarankan Anda memiliki lebih dari satu jenis sepeda. Anda bisa memilih jenis sepeda yang sesuai dengan medan yang akan ditempuh. Sepeda gunung, sepeda hybrid, dan road bike adalah contoh jenis sepeda yang bisa Anda pilih. Langsung saja kunjungi tautan di bawah ini untuk mendapatkan jenis sepeda lainnya.

Kesimpulan

Sepeda gravel dijual dengan harga mulai dari belasan juta rupiah. Namun, Anda bisa memilih sepeda gravel murah di bawah lima juta rupiah. Sepeda gravel bekas juga bisa menjadi solusi Anda untuk harga yang lebih murah. Tetap pastikan kualitasnya jika membeli sepeda bekas, ya.


Sekian dahulu artikel tentang sepeda gravel kali ini. Semoga Anda terbantu dengan informasi yang kami berikan. Selamat memilih sepeda gravel impian Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merek sepeda listrik buatan lokal ataupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek sepeda listrik terbaik, misalnya Uwinfly, Volta, dan Xiaomi, lengkap dengan harganya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain sepeda merupakan salah satu cara untuk mengasah keterampilan motorik serta koordinasi beberapa kelompok otot anak. Sepeda roda tiga adalah alternatif yang bisa dipilih. Dari sekian banyak produk di pasaran, Anda mungkin bingung dalam memilih sepeda yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan membagikan tips memilih sepeda roda tiga terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek sepeda roda tiga yang bagus, seperti Family, Exotic, dan Pacific. Anda bisa menemukan sepeda untuk bayi, anak usia 1 tahun, dan sebagainya. Berikan produk yang pas untuk anak Anda!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Nah, jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas enam merek sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    BMX merupakan jenis sepeda yang cukup populer di kalangan anak muda. Selain digunakan untuk aktivitas harian, sepeda BMX juga digunakan dalam kegiatan olahraga. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan sepeda BMX, tentu akan sulit mengetahui jenis-jenis sepeda BMX yang ada di pasaran.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih sepeda BMX terbaik untuk dewasa dan anak-anak. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi sepeda BMX yang bagus untuk Anda. Sepeda BMX terbaik di Indonesia merek Polygon, Pacific, United, dan sebagainya akan kami ulas dalam artikel ini.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Pedal Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pedal Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat kini makin digemari karena karakternya yang ringkas dan hemat tempat penyimpanan. Salah satu bagian terpenting yang memengaruhi kenyamanan bersepeda ialah bagian pedal. Pada sepeda lipat, pedal juga memengaruhi seberapa praktis sepeda saat dibawa bepergian dalam kondisi terlipat.Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih pedal sepeda lipat beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Merk pedal sepeda lipat terbaik, seperti ION, Litepro, dan Promend akan Anda jumpai ulasannya. Yuk, temukan produk pedal sepeda lipat yang bagus untuk dewasa dan anak-anak dengan membaca artikel ini sampai tuntas!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori