• 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Drum Set Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Drum disebut sebagai jantung dari musik karena fungsinya untuk memberikan ritme. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih drum set yang bagus dan berkualitas. Anda juga bisa memilih drum set akustik ataupun drum set electric. Rentang harganya mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.


Kali ini kami akan berbagi tips memilih drum set yang bagus untuk anak-anak, orang dewasa, pemula, bahkan expert. Yamaha, Sonor, dan Pearl adalah beberapa merek drum terkenal yang banyak dicari. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Apa saja isi drum set?

Drum adalah salah satu alat musik yang ada dalam genre musik pop, jazz, sampai rock. Jenis alat musik perkusi ini terdiri dari beberapa bagian dan disebut dengan drum set. Agar Anda lebih memahami drum set, kami akan memaparkan bagian-bagian drum set untuk Anda.


  • Snare adalah bagian drum yang paling dekat dengan tangan Anda. Berbeda dengan bagian drum set lainnya, snare dilengkapi dengan tali senar di bagian membran bawahnya. Ukuran snare yang beragam membuat suaranya juga beragam.


  • Bass drum adalah bagian terbesar dalam drum set. Letaknya terdapat di bagian bawah dan Anda membutuhkan pedal untuk menabuhnya.

  • Tom tom membuat permainan drum lebih bervariasi. Terdapat berbagai variasi ukuran tom tom, mulai dari 6 inci, 8 inci, sampai 20 inci. Dalam satu drum set biasanya terdapat tiga tom tom, yaitu tom tom 1, tom tom 2, dan floor tom. Mungkin kita sering melihat drum set dengan dua tom tom saja, bahkan ada juga yang lebih dari empat. Itu semua tergantung selera drummer dan juga menyesuaikan jenis musik yang mereka mainkan.

  • Cymbal (simbal) adalah jenis alat musik perkusi yang berbentuk seperti piringan dan terbuat dari perunggu. Ada berbagai ukuran simbal. Makin besar ukurannya, suaranya pun makin rendah. Selain ukurannya, jenis simbal pun sangat beragam.

Cymbal biasanya dikelompokkan menjadi sebagai berikut:

  1. hi-hat yang merupakan dua cymbal yang disusun dan disambungkan dengan pedal,
  2. crash cymbal,
  3. ride cymbal, dan
  4. FX cymbal (splash, chinese, spiral, dan masih banyak lagi).


Selain komponen yang kami sebutkan, beberapa drum set juga sudah termasuk dengan perangkat lainnya. Perangkat lainnya yang kami maksudkan adalah pedal, stik drum, stand, tom holder, dan throne atau kursi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih drum set

Berikutnya, kami akan berbagi tips memilih drum set untuk dimainkan, baik oleh pemula maupun expert. Simak poin-poin berikut ini agar Anda bisa menemukan drum set yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kenali dua jenis drum set yang bisa Anda pilih

Ada dua jenis drum set yang secara umum bisa Anda pilih, yaitu akustik dan electric. Drum set mana yang paling cocok untuk dipilih? Kami akan menjelaskan keunggulan tiap-tiap jenis drum tersebut dalam poin berikut ini.

Drum set akustik: Set tradisional yang lebih mudah ditata

Drum set akustik adalah drum set tradisional yang biasa Anda temui. Drum set akustik tidak membutuhkan sambungan listrik untuk menghasilkan suara. Bahan yang biasanya digunakan dalam drum set akustik adalah metal dan kayu. Suara yang dihasilkan pun terdengar lebih nyaring.


Jika menggunakan drum set akustik, banyak orang berpendapat "feel"-nya akan lebih terasa dibandingkan menggunakan drum set electric. Selain itu, drum set akustik juga lebih mudah untuk ditata.


Beberapa orang memilih drum set akustik karena sound yang dihasilkan bisa menyalurkan emosi/perasaan. Dengan begitu, dinamika dalam permainan drumnya akan lebih hidup.


Emosi yang dimaksud adalah ketika drummer memukul dengan keras, suara yang dihasilkan juga keras. Begitu pula sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh drum set akustik menggunakan membrane/drumheads yang terbuat dari bahan kulit, plastik, dan sintetik. Drumheads tersebut memiliki ruang resonansi.

Drum set elektrik: Dapat disambungkan dengan amplifier agar lebih nyaring

Drum set elektrik mulai banyak diminati. Bahan yang digunakan untuk electric drum set berbeda dengan drum set akustik. Drum set elektrik menggunakan bahan karet. Bahan karet yang digunakan membuat suaranya lebih teredam. Anda juga bisa menghubungkan drum set elektrik dengan headphone ataupun amplifier agar suaranya lebih nyaring.


Suara yang lebih kecil membuat drum set elektrik cocok digunakan di apartemen. Selain itu, Anda juga tidak akan mengganggu tetangga Anda dengan suara drum yang terlalu nyaring.


Jika pada drum set akustik menggunakan membrane dari kulit, plastik, atau sintetik, drum set elektrik menggunakan bahan karet. Karena terbuat dari bahan karet, drum set elektrik tidak menimbulkan suara bising.


Namun, beberapa orang tidak menyukai drum set elektrik karena sound yang dihasilkan. Sound tersebut terdengar kurang natural atau seperti robot (hasil pukulannya kurang manusiawi). Untuk mendapatkan sound yang manusiawi atau mendekati sound drum akustik, biasanya harganya makin mahal.

Perhatikan jumlah isi drum set

Tahukah Anda bahwa drum set akustik memiliki isi yang berbeda-beda? Anda bisa memilih drum set yang hanya berisi empat komponen dan ada juga yang berisi lebih banyak komponen. Ketika membeli drum set, Anda belum tentu mendapatkan simbal tergantung produknya.


Apabila Anda adalah pemula, pilihlah drum set yang berisi empat ataupun lima komponen. Jumlah isi yang sedikit akan memudahkan Anda dalam belajar memahami ritme permainan. Drum set yang berisi empat komponen juga disukai oleh banyak drummer musik jazz.


Biasanya drum set untuk pemula terdiri dari lima bagian, yaitu bass drum, snare, dua tom tom, dan floor tom. Saat membeli, sebaiknya Anda memastikan apa saja yang Anda dapatkan. Misalnya, apakah sudah termasuk stand cymbal, pedal bass drum, kursi, dan satu set simbal? Setiap merek drum set memiliki sistem penjualan yang berbeda-beda.


Jika Anda sudah mulai menguasai ketukan dasar, mulailah tambahkan komponen drum set Anda. Anda juga bisa mulai membeli drum set berisi tujuh komponen. Dengan demikian, permainan drum Anda makin beragam. Namun, drum set seperti ini cukup sulit ditemukan di e-commerce Indonesia. Anda bisa langsung mengunjungi toko musik untuk membelinya.

Kenali berbagai bahan shell drum

Shell adalah bagian samping dari komponen drum dan biasanya terbuat dari kayu. Jenis kayu yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan. Selain jenis kayu yang kami sebutkan di bawah ini, Anda bisa menemukan jenis kayu lainnya juga.


  • Poplar adalah jenis kayu yang banyak digunakan di drum untuk entry level. Drum dengan bahan kayu poplar memiliki harga yang lebih murah dibandingkan bahan kayu lainnya.


  • Maple merupakan jenis kayu yang umum digunakan untuk drum. Kayu maple sanggup menghasilkan suara yang lebih "warm/bright". Suara yang dihasilkan menjadikan drum ini cocok untuk segala kebutuhan.

  • Drum dengan kayu birch menghasilkan suara yang lebih seimbang. Drum berbahan birch banyak digunakan untuk rekaman musik.

  • Kayu mahogany juga banyak digunakan untuk pembuatan drum. Berbeda dengan suara yang dihasilkan kayu maple, drum berbahan mahogany cenderung memiliki suara yang "warm/ dark".

Bagian kayu dari shell drum akan dilapisi dengan vinyl. Meski jenis kayu akan menentukan suara drum, kami sarankan Anda juga mempertimbangkan hal-hal lainnya, ya. Ukuran drum juga ikut memengaruhi suara yang dihasilkan. Penting sekali untuk mencoba drum sebelum membelinya di toko offline.


Anda cukup mengenali dan tak perlu bingung bahan apa yang cocok untuk Anda. Ada saran dari produser musik kami untuk Anda yang masih pemula. Jika ingin membeli drum set, sebaiknya sesuaikan saja dengan anggaran Anda.

Pilih drum set baru atau bekas? Pertimbangkan keunggulannya

Pilih drum set baru atau bekas? Pertimbangkan keunggulannya

Harga drum set baru berkisar antara jutaan sampai puluhan juta rupiah. Harga ini bergantung pada kualitas serta banyaknya komponen drum. Apabila Anda membeli drum set baru, pastinya Anda akan mendapatkan garansi dari toko alat musik tersebut. Drum set yang masih baru juga masih terjaga kualitasnya.


Memilih drum set bekas adalah salah satu opsi untuk menghemat budget. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk drum set yang keren. Meski begitu, kami sarankan agar Anda benar-benar bisa memahami kualitas drum yang Anda dapatkan. 


Saat memilih drum set bekas, pastikan tidak ada retakan pada simbal dan bagian shells dari drum. Pastikan juga bagian lainnya dari drum set tidak ada yang bengkok. Pasalnya, Anda akan membeli drum set yang bekas dimainkan dan Anda tidak tahu kebiasaan drummer sebelumnya.


Anda pastinya ingin membeli drum dengan kualitas sound yang baik bukan? Memilih drum set baru atau bekas, kembali lagi pada anggaran yang Anda siapkan. Jika cukup untuk membeli drum baru dengan kualitas yang baik, maka belilah. Jika tidak, sebaiknya beli bekas, tetapi harus benar-benar teliti.


Bisa juga dengan cara upgrade. Misalnya, Anda adalah tipe seseorang yang jika membeli barang harus barang baru. Anda bisa membeli drum set baru sesuai anggaran sambil menabung dan merencanakan untuk menjual drum lama. Setelah itu, Anda bisa membeli drum set baru yang kualitasnya satu tingkat atau lebih dari drum set lama.

10 Rekomendasi drum set terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk drum set terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
Jenis drumDrum elektrik
IsiKick pad, 3 tom tom, snare , 3 cymbals, module
Bahan shellX
9
Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, tom tom, floor tom, snare, 3 cymbals
Bahan shellMahogany
8

LudwigVistalite

Mulai dari Rp 50.000.000,00

Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 3 cymbals
Bahan shellAkrilik
7
Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 3 cymbals
Bahan shellBirch
6
Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, tom tom, floor tom, snare, cymbal
Bahan shellMaple
5
Jenis drumDrum elektrik
IsiKick pad, 2 tom tom, floor tom, 2 snare, 2 cymbals
Bahan shellX
4
Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, tom tom, floor tom, snare, 2 cymbals
Bahan shellPoplar
3
Jenis drumDrum elektrik
IsiKick pad, 3 tom tom, snare, 3 cymbals, module
Bahan shellX
2
Jenis drumDrum elektrik
IsiKick pad, snare, 3 tom tom, 3 cymbals, module
Bahan shellX
1
Jenis drumDrum akustik
IsiBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 2 cymbals
Bahan shellTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk drum set terbaik

Gambar produk
1
Rolling Drum Set Junior 1

Rolling

2
Roland V-Drums Portable 1

Roland

3
Alesis Nitro Mesh Kit 1

Alesis

4
Pearl Roadshow 1

Pearl

5
Behringer XD80USB 1

Behringer

6
Sonor AQ2 1

Sonor

7
Yamaha Stage Custom Birch 1

Yamaha

8
Ludwig Vistalite 1

Ludwig

9
Gretsch  Catalina Club 1

Gretsch

10
NUX Electric Drum Kit 1

NUX

Nama produk

Drum Set Junior

V-Drums Portable

Nitro Mesh Kit

Roadshow

XD80USB

AQ2

Stage Custom Birch

Vistalite

Catalina Club

Electric Drum Kit

Keunggulan

Drum set untuk anak yang harganya terjangkau

Mudah dilipat tanpa perlu melepaskan bagian-bagian drum set

Tingkatkan kemampuan Anda dengan sequencer canggih

Ukuran komponennya lebih mini dan tetap kokoh

Strukturnya kokoh, dibawa untuk konser tak jadi masalah!

Tampilannya lebih keren dengan high gloss lacquer

Sistem YESS ala Yamaha untuk kenyamanan dalam bermain

Suaranya menggelegar dengan tampilan bagai kristal

Drum set dengan gaya klasik retro

Mulai dari berlatih sampai perform, cukup satu drum elektrik saja

Harga mulai dariRp 2.420.000,00Rp 8.500.000,00Rp 8.500.000,00Rp 5.960.000,00Rp 6.500.000,00Rp 26.300.000,00Rp 17.000.000,00Rp 50.000.000,00Rp 15.000.000,00Rp 6.000.000,00
Jenis drumDrum akustikDrum elektrikDrum elektrikDrum akustikDrum elektrikDrum akustikDrum akustikDrum akustikDrum akustikDrum elektrik
IsiBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 2 cymbalsKick pad, snare, 3 tom tom, 3 cymbals, moduleKick pad, 3 tom tom, snare, 3 cymbals, moduleBass drum, tom tom, floor tom, snare, 2 cymbalsKick pad, 2 tom tom, floor tom, 2 snare, 2 cymbalsBass drum, tom tom, floor tom, snare, cymbalBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 3 cymbalsBass drum, 2 tom tom, floor tom, snare, 3 cymbalsBass drum, tom tom, floor tom, snare, 3 cymbalsKick pad, 3 tom tom, snare , 3 cymbals, module
Bahan shellTidak disebutkanXXPoplarXMapleBirchAkrilikMahoganyX
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar drum set

Pertanyaan umum seputar drum set

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar drum set. Jika Anda masih penasaran dengan drum set, simak jawabannya di bawah ini!

Adakah tips ketika membeli drum set akustik?

Pastikan Anda sudah memiliki ruangan kedap suara dan juga treatment akustik yang baik. Hal tersebut dilakukan agar suara yang dihasilkan tidak mengganggu orang lain. Dengan demikian, Anda akan nyaman dalam berlatih.

Apa keuntungan membeli drum set bekas?

Selain harganya lebih murah, Anda bisa mendapatkan kayu yang matang dari drum set bekas. Oleh karena itu, drum tersebut dapat menghasilkan sound yang keren. Namun, hal ini perlu dibuktikan dengan mencobanya secara langsung.


Kekurangan dari membeli drum set bekas, jika kurang terawat biasanya terdapat luka di bagian body. Ada juga kemungkinan bagian yang terbuat dari besi (stand cymbal, stand snare, dan sebagainya) berkarat.

Baca juga rekomendasi drum dan perlengkapan lainnya di sini

Drum electric menjadi jenis drum yang sedang banyak diminati. Bentuknya yang lebih ramping dan mudah disimpan menjadi keunggulan tersendiri. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai merek drum electric terbaik yang bisa Anda pilih. Selain itu, lengkapi juga permainan drum Anda dengan stik drum yang bagus.

Kesimpulan

Ada banyak poin penting yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli drum set. Tak hanya harganya saja, Anda perlu mempertimbangkan isi dalam satu set, material yang digunakan, serta jenis drum. Untuk mendapatkan feel saat bermain drum, pastikan Anda mencobanya dahulu sebelum membeli. 


Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda memilih drum set yang pas untuk dimainkan. Jangan lupa juga untuk mengecek artikel kami tentang alat musik lainnya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suara merdunya dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai seri serta jenis gitar untuk kebutuhan Anda.Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha, termasuk gitar akustik Yamaha terbaik. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Akustik Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Gitar akustik elektrik adalah salah satu alat musik yang direkomendasikan jika Anda memiliki hobi bermusik. Namun, apabila Anda baru pertama kali membeli gitar, mengetahui produk yang cocok dipilih tentu tidaklah mudah. Terlebih, ada begitu banyak merek gitar yang tersedia di pasaran, misalnya Yamaha, Gibson, Cort, dan Taylor.  Kami akan menjelaskan cara memilih gitar akustik elektrik terbaik untuk Anda. Simak juga informasi gitar akustik elektrik murah dan beberapa produk rekomendasi yang bagus untuk dipilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca dan temukan gitar favorit Anda di sini!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori