• 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia selama ini akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.


Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan berbagai merek set-top box terbaik, seperti Matrix, Polytron, dan Tanaka.

  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2021
  • 660 Views
Daftar isi

Apa itu set-top box?

Set-top box atau STB sering disebut juga sebagai receiver, dekoder, converter, atau pengubah sinyal. Set-top box berfungsi menangkap sinyal siaran TV digital. Perangkat ini dipasang pada TV yang belum mendukung standar siaran digital, baik TV tabung maupun layar datar. 


TV tabung sudah pasti tergolong dalam TV analog. Sementara itu, TV layar datar belum semuanya dapat menerima sinyal digital. Maka dari itu, STB diperlukan agar TV tersebut dapat menerima TV digital. 


Dalam penggunaannya, STB tetap membutuhkan antena seperti pada TV analog. Satu antena ini bisa digunakan untuk banyak TV dengan cara memasang perangkat booster dan splitter. Antena UHF atau VHF lama milik Anda tetap bisa digunakan bersama STB. Namun, satu set-top box hanya bisa digunakan untuk satu TV.


Dibandingkan dengan sinyal analog, siaran TV digital lebih stabil sehingga menghasilkan gambar yang jernih dan tidak berbayang. Daftar saluran atau channel TV siaran digital juga lebih banyak dibanding analog. Selain itu, siaran TV digital juga tidak memerlukan jaringan internet dan biaya berlangganan. 


Cukup dengan menambahkan set-top box, Anda bisa menikmati siaran digital tanpa perlu membeli TV dan antena baru. Sangat menghemat biaya, bukan?

Cara memilih set-top box

Sebelum membeli set-top box, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Kami akan memaparkan spesifikasi dan ciri-ciri STB yang bisa menerima siaran digital di Indonesia. Mari disimak agar Anda tidak salah memilih.

Periksa spesifikasi sesuai kebutuhan

Periksa spesifikasi sesuai kebutuhan

Produk set-top box yang dijual di pasaran biasanya terdiri atas perangkat set-top box, remote, dan kabel. Umumnya, perangkat STB dilengkapi dengan porta USB untuk menancapkan flashdisk atau harddisk. Memori eksternal tersebut berguna sebagai media penyimpanan saat merekam TV, membuka file, dan upgrade software. Untuk menikmati fitur perekam siaran TV, pastikan adanya keterangan PVR (Personal Video Recorder) pada STB Anda.


Selain menerima siaran TV digital, set-top box juga dapat menangkap siaran TV online dan streaming YouTube. Fitur ini bisa Anda gunakan jika STB Anda mendukung IPTV (Internet Protocol Television). Siaran tersebut bisa didapat dengan menambahkan perangkat USB Wi-Fi dongle sebagai sumber internet. USB Wi-Fi dongle dijual secara terpisah dan memerlukan paket internet agar bisa digunakan.


Setiap STB memiliki spesifikasi, fitur, dan kelebihan yang berbeda. Jika Anda hanya ingin mendapatkan siaran digital di Indonesia, Anda cukup membeli STB standar. Namun, jika ingin menonton siaran digital sekaligus TV online, pastikan membeli STB yang mendukung IPTV. Jangan lupa, Anda juga perlu membeli perangkat tambahan dan paket internet untuk bisa menonton TV online.

Pastikan mendukung siaran digital di Indonesia

Set-top box dilengkapi dengan fitur pencarian saluran digital. Namun, fitur ini tidak serta merta menjamin bahwa set-top box mendukung siaran digital di Indonesia. Siaran digital di Indonesia menggunakan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation).


Untuk memastikan bahwa set-top box Anda mendukung siaran digital, Anda bisa menanyakan langsung ke penjual. Keterangan DVB-T2 biasanya juga sudah ada pada kemasan set-top box. Selain itu, Kominfo melalui kampanye MODI juga memberikan keterangan khusus pada STB ini. Jika pada kemasan STB tertulis "Siap Digital" atau gambar MODI, dapat dipastikan STB tersebut mendukung siaran digital di Indonesia.


Untuk bisa menikmati siaran TV digital, Anda juga harus mengecek sinyal di wilayah Anda. Pastikan wilayah Anda terjangkau oleh siaran digital agar saluran TV digital muncul di layar TV. Wilayah dengan cakupan siaran digital yang kuat akan menampilkan jumlah saluran yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan antena UHF atau VHF di dalam atau luar rumah untuk menangkap sinyal. Pengecekan sinyal digital ini bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play dan App Store.

Pertimbangkan merek rekomendasi Kominfo

Pemerintah melalui Kominfo memberi sertifikasi pada perangkat set-top box yang mendukung siaran digital. Sertifikasi tersebut sebagai jaminan bahwa STB bisa digunakan dan semua fitur siaran digital bisa berfungsi optimal. 


Pada awal kampanye, Kominfo mengumumkan sembilan merek STB yang sudah diberi sertifikasi Kominfo. Sembilan merek STB tersebut adalah:

  • Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  • Polytron (PDV 600T2)
  • Ichiko (8000HD)
  • Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210)
  • Venus (Brio)
  • Tanaka (T2)
  • Matrix (Apple)
  • Evercoss (STB1)
  • Nextron (NT2000-D dan TR 1000)

Jumlah perangkat dan merek yang sudah mendapat sertifikasi Kominfo makin hari makin bertambah. Untuk mengecek STB yang sudah diberi sertifikasi Kominfo, Anda juga dapat membuka laman resmi Siaran Digital Indonesia.


Di pasaran, banyak beredar set-top box yang belum besertifikasi Kominfo. Pada dasarnya, setiap STB yang menggunakan standar DVB-T2 tanpa sertifikasi Kominfo tetap bisa menerima siaran digital. Namun, untuk memastikan STB bisa menerima siaran digital di Indonesia, lebih baik Anda mempertimbangkan STB besertifikasi Kominfo.

10 Rekomendasi set-top box terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk set-top box terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Perekam siaran TV
Dukungan IPTVTidak disebutkan
Sertifikasi Kominfo
9
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfo
8
Perekam siaran TV
Dukungan IPTVTidak disebutkan
Sertifikasi Kominfo
7
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfox
6
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfo
5
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfo
4
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfox
3
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfo
2
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfox
1
Perekam siaran TV
Dukungan IPTV
Sertifikasi Kominfo

Tabel perbandingan produk set-top box terbaik

Gambar produk
1
Matrix Apple DVB-T2 HD 1

Matrix

2
DNMR Electronics Receiver TV DIGITAL 1

DNMR Electronics

3
Evinix H-1 1

Evinix

4
Gardiner Optimus Lgsat Super HD HD-168 1

Gardiner Optimus Lgsat

5
Tanaka T2 Digital 1

Tanaka

6
Venus Cabai Rawit 1

Venus

7
Goldsat Revo DVB T2 1

Goldsat

8
Polytron PDV 600T2 1

Polytron

9
Evercoss STB Pro 1

Evercoss

10
Akari Indonesia ADS - 2230 DVB-T2 + EWS 1

Akari Indonesia

Nama produk

Apple DVB-T2 HD

Receiver TV DIGITAL

H-1

Super HD HD-168

T2 Digital

Cabai Rawit

Revo DVB T2

PDV 600T2

STB Pro

ADS - 2230 DVB-T2 + EWS

Keunggulan

Dapatkan kualitas gambar HD dan suara yang lebih jernih!

Dapat menyimpan memori program saat set-top box mati

Tampilkan konten dari smartphone dengan fitur MeeCast TV

Bisa mengakses galeri perangkat lain hanya dengan Wi-Fi

Menampilkan gambar lebih bening dengan STB yang peka terhadap sinyal

Kualitas siaran yang jernih dan memiliki akurasi tinggi

Nikmati saluran TV online dalam dan luar negeri

Set-top box yang fleksibel, bisa digunakan untuk semua jenis TV!

Menghasilkan gambar Full HD beresolusi tinggi

Dengan lampu indikator untuk memantau kualitas sinyal

Harga mulai dariRp 215.000,00Rp 198.000,00Rp 199.000,00Rp 175.000,00Rp 210.000,00Rp 199.000,00Rp 186.000,00Rp 329.000,00Rp 299.000,00Rp 425.000,00
Perekam siaran TV
Dukungan IPTVTidak disebutkanTidak disebutkan
Sertifikasi Kominfoxxx
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar set-top box

Pertanyaan umum seputar set-top box

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan yang populer seputar set-top box. Jika Anda penasaran dengan cara mendapatkan STB Kominfo gratis dan cara pasangnya, simak jawabannya di bawah ini.

Bagaimana cara mendapatkan set-top box gratis dari Kominfo?

Pemerintah melalui Kominfo akan memberikan bantuan STB gratis kepada jutaan keluarga miskin yang terdampak penghentian siaran analog. Cara mendapatkan STB gratis dari Kominfo adalah:

  • Cek laman website Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima manfaat, otomatis akan mendapat bantuan STB gratis dari Kominfo.
  • Usulkan diri melalui aplikasi Cekbansos di Google Play atau datang langsung ke kantor kelurahan setempat. Hasil pengusulan akan didiskusikan tingkat kelurahan.

Setelah validasi data, para penerima STB gratis akan diberi undangan untuk mengambil STB melalui Kantor Pos. Pemberian STB gratis akan dimulai pada Januari 2022.

Bagaimana cara memasang set-top box?

Sebelum memasang set-top box, sebaiknya Anda membaca buku petunjuk yang disertakan dalam paket pembelian. Cara memasang set-top box adalah:

  • Lepas kabel penghubung antena di bagian belakang TV, lalu pasang ke STB.
  • Hubungkan STB ke TV dengan menggunakan kabel AV atau HDMI.
  • Tekan tombol on pada STB dan TV.
  • Pilih menu pencarian saluran otomatis.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian selesai. Hasil pemindaian saluran TV yang bisa diterima di TV Anda akan muncul di layar.

Baca juga rekomendasi produk TV dan perangkat video lainnya di sini

Selain set-top box, kami juga mempunyai banyak artikel tentang televisi dan perangkat video. Mari baca artikel-artikel berikut untuk menambah referensi Anda.

Kesimpulan

Kualitas siaran TV digital dinilai lebih jernih dibandingkan siaran TV analog. Set-top box sangat perlu dipasang sebagai penerima siaran digital pada TV analog. Selain itu, Anda juga harus memastikan wilayah Anda sudah ada sinyal TV digital.


Dengan siaran TV digital, gambar dan suara jadi lebih jelas. Tentu hal tersebut akan menunjang Anda dalam menonton televisi. Semoga Anda menemukan set-top box yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
    6.580 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi. Bahkan, beberapa Smart TV memiliki fitur-fitur tambahan yang belum pernah ada sebelumnya, lho! Tak heran apabila Anda cukup kesulitan produk seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.Kami akan merekomendasikan berbagai merek yang bagus seperti Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuh. Mari simak terus sampai habis!
    TV & perangkat video
    200.412 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera CCTV berguna untuk mengawasi rumah supaya Anda lebih aman. Akhir-akhir ini, banyak beredar CCTV Wi-Fi atau wireless yang terhubung melalui jaringan internet. Ini jauh lebih praktis karena Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi di ponsel. Anda akan menemui beberapa merek CCTV, seperti Panasonic, Sony, Avtech, Dahua, dan lain-lain.Di artikel ini, kami akan mengulas cara-cara memilih CCTV untuk dipasang di rumah. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan beberapa CCTV yang bagus dan berkualitas. Apabila Anda ingin membeli CCTV untuk melindungi keluarga dan menjaga keamanan rumah, artikel ini wajib dibaca.
    TV & perangkat video
    100.512 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik? Atau, Anda sedang mencari smart TV dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merk smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV juga bervariasi, mulai 32 inch dan 43 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
    11.769 Views
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penguat sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada layar TV. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memerhatikan spesifikasinya juga penting.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Produknya juga dikenal sebagai TV booster atau amplifier. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merk Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada. Yuk, dimulai!
    TV & perangkat video
    16.107 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera video berguna untuk merekam momen berharga keluarga, salah satunya masa tumbuh kembang anak. Ada beberapa merek yang memproduksi kamera video, seperti Sony, Panasonic, dan Xiaomi. Tipenya pun beragam, sebut saja camcorder dan action camera. Setiap produk juga memiliki perbedaan fitur, misalnya fitur zoom dan stabilisasi gambar.Supaya Anda tidak bingung memilih, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera video. Setelah itu, kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Segera temukan kamera video yang sesuai untuk Anda!
    TV & perangkat video
    57.236 Views
  • 10 Rekomendasi TV Hisense Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi TV Hisense Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hisense merupakan salah satu merek TV buatan Tiongkok yang bagus dan populer di kalangan banyak orang. Review TV Hisense dari penggunanya juga memiliki kesan yang baik. Anda pun tidak perlu khawatir mempertimbangkan merek TV Hisense sebagai pilihan.TV Hisense merupakan jenis smart TV dengan dua jenis sistem operasi, yakni Android TV dan VIDAA U. Hisense juga menyediakan berbagai ukuran TV, mulai dari 21 inch, 40 inch, 50 inch, 55 inch, hingga 65 inch. Jika Anda sedang mencari rekomendasi TV Hisense, artikel ini untuk Anda!
    TV & perangkat video
    1.158 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori