mybest
Cutter

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Alat tulis
  4. 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Pen Cutter Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sesuai dengan namanya, pen cutter adalah cutter yang berbentuk seperti bolpoin. Jadi, dengan alat ini Anda dapat memotong objek bentuk apapun dengan mudah seperti menggunakan pena. Bagi Anda yang suka membuat kerajinan tangan, pen cutter tentu sudah tidak asing lagi. Pen cutter biasa digunakan untuk membuat papercraft, scrapbook, kirigami, dan lain sebagainya. 


Kali ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih pen cutter. Kemudian, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk pen cutter yang bagus dari merek terkenal seperti Joyko dan Krisbow. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis, ya. 

Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Manfaat pen cutter

Manfaat pen cutter
Sumber: joyko.co.id

Anda yang masih asing dengan pen cutter mungkin belum mengetahui fungsi dari pen cutter. Pada umumnya, pen cutter memang digunakan untuk keperluan art atau seni. Selain itu, apa saja kegunaan pen cutter? Di bawah ini, kami akan mencoba menjabarkannya untuk Anda


  • Membuka paket

Seperti halnya cutter pada umumnya, pen cutter juga dapat difungsikan untuk mengiris atau membuka aneka macam benda. Sebagai contoh, untuk unboxing paket, membuka bungkus makanan kering, dan sebagainya. 


  • Mengukir kayu

Selain dipakai untuk pekerjaan tangan aneka kertas, pen cutter juga sering digunakan oleh pengrajin untuk memahat kayu. Adapun contoh barang-barang dari kayu yang dihasilkan dengan pen cutter adalah hiasan dinding, gantungan kunci, biola, dan sebagainya. 


  • Membuat lilin hias

Kemudian, pen cutter juga dapat digunakan untuk membentuk lilin hias aneka karakter. Karena sifat dari pen cutter yang tahan panas, lilin lembek pun akan mudah dihias menggunakan pen cutter


  • Memotong stiker

Dalam industri percetakan stiker, setelah stiker dicetak mesin cutting, stiker biasanya perlu dirapikan agar dapat diaplikasikan dengan indah. Nah, pen cutter merupakan salah satu alat untuk merapikan stiker tersebut. Mulai dari stiker mini hingga besar, semua bisa dipotong dengan pen cutter.


  • Memotong tanaman untuk setek

Tidak hanya untuk seni, pen cutter juga sering digunakan di bidang pertanian. Biasanya pen cutter digunakan untuk memotong bagian tumbuhan dalam proses setek.


Selain hal-hal yang kami sebutkan di atas, masih banyak lagi fungsi dari pen cutter. Jadi, pastikan Anda memiliki setidaknya sebuah pen cutter di rumah, ya.

Cara memilih pen cutter

Setelah mengetahui fungsi pen cutter, kini tiba saatnya kami berikan panduan cara memilihnya untuk Anda. Perhatikan hal-hal berikut saat hendak membeli pen cutter, ya. 

① Pilih berdasarkan fungsi pisaunya

Ada beragam jenis pisau pen cutter. Berbeda tipe pisaunya, berbeda juga fungsinya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui benda yang akan Anda potong dan memilih pisau yang tepat.

Chisel blade: Untuk memahat kayu, lilin, soft plastic

Chisel blade: Untuk memahat kayu, lilin, soft plastic

Chisel blade memiliki bentuk yang rata pada bagian ujungnya. Mata pisau ini biasanya digunakan untuk memahat kayu, lilin, atau plastik. Cara menggunakan pisau ini adalah dengan memukul ujung holder pen cutter dengan palu atau batu. Oleh sebab itu, biasanya gagang untuk pisau ini berukuran lebih besar daripada holder untuk mata pisau jenis lainnya. 

Fine precision blade: Untuk memotong setiap detail dengan lebih presisi

Fine precision blade: Untuk memotong setiap detail dengan lebih presisi

Nah, mata pisau jenis ini adalah mata pisau standar yang paling umum digunakan pada pen cutter. Mata pisau ini memiliki bentuk meruncing pada bagian ujungnya sehingga memudahkan Anda untuk memotong sudut terkecil sekalipun. Fine precision blade dapat digunakan untuk memotong berbagai bahan, seperti kertas, kabel, karet, dan sebagainya.  

Curved edge blade: Untuk memotong pola melengkung

Curved edge blade: Untuk memotong pola melengkung

Diciptakan dengan bentuk melengkung seperti pisau bedah merupakan karakteristik dari mata pisau ini. Curved edge blade dapat dimanfaatkan untuk mengukir dan memotong. Karena bentuknya melengkung, mata pisau ini memungkinkan Anda memotong sudut lengkung secara presisi pada pola yang akan dipotong. 

Stencil edge blade: Berfungsi untuk memotong pola gambar

Stencil edge blade: Berfungsi untuk memotong pola gambar

Stencil edge blade banyak digunakan untuk memotong pola stencil. Pisau ini diciptakan sedemikian rupa sehingga mampu membentuk ukiran dengan sudut siku. Bila gambar yang akan Anda potong banyak bersudut 90°, gunakanlah mata pisau ini agar lebih presisi memotong. 

② Periksa ukurannya

Periksa ukurannya

Anda juga perlu memeriksa ukuran pen cutter yang akan Anda beli. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan tempat atau wadah peralatan yang Anda miliki. Pen cutter standar biasanya memiliki ukuran sekitar 15 cm. Sementara itu, pen cutter yang lebih pendek berukuran sekitar 12 cm.

③ Perhatikan isi dalam 1 set

Pen cutter ada yang dijual dalam wujud paket dengan berbagai kelengkapan. Namun, kami hanya akan membahas tiga jenis set yang paling sering dijual di pasaran. 

Sepaket dengan pisau refill, dapat langsung diganti saat tumpul

Sepaket dengan pisau refill, dapat langsung diganti saat tumpul

Paketan pen cutter beserta dengan pisau refill adalah varian yang akan paling sering Anda jumpai. Dengan memiliki refill pisau, Anda dapat segera mengganti mata pisau yang patah ketika sedang mengerjakan sesuatu. Apabila intensitas penggunaan pen cutter Anda cukup tinggi, pilihlah pen cutter yang sepaket dengan banyak refill pisau

Sepaket dengan cutting mat, langsung dapat alas!

Sepaket dengan cutting mat, langsung dapat alas!

Selain itu, ada juga pen cutter yang sekaligus dijual dengan cutting mat. Cutting mat adalah alas yang digunakan untuk melapisi benda yang akan dipotong. Hal tersebut berguna untuk mencegah meja yang Anda gunakan memotong tergores pisau. Dengan demikian, Anda tak perlu repot lagi mencari alas yang pas ketika akan memotong berbagai benda. 

Sepaket dengan kotak penyimpanan, praktis dibawa bepergian

Sepaket dengan kotak penyimpanan, praktis dibawa bepergian

Kemudian, ada juga pen cutter yang dijual dengan kotak penyimpanannya sekaligus. Biasanya pen cutter ini dilengkapi beberapa mata pisau. Karena sudah memiliki kotak, Anda akan lebih praktis untuk membawa pen cutter ke mana pun Anda pergi.

10 Rekomendasi pen cutter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pen cutter yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pen Cutter + 5 Pcs Refill Cutter

 Pen Cutter + 5 Pcs Refill Cutter  1枚目

Harga ekonomis, kualitas jempolan

2

Colorful Pen Cutter

 Colorful Pen Cutter 1枚目

Warnanya mencolok, mudah ditemukan

3

SDI

Pen-Type Cutter + Cutting Mat A3

SDI Pen-Type Cutter + Cutting Mat A3  1枚目

Dilengkapi cutting mat A3, lho!

4

Joyko

Craft Cutter

Joyko Craft Cutter 1枚目

Ada soft grip, lebih nyaman di tangan

5

7 Pcs Hobby Knife Set

 7 Pcs Hobby Knife Set 1枚目

Ekonomis dan varian pisaunya banyak

6

Maped

Scalpel Soft Buster Cut Craft Art Knife

Maped Scalpel Soft Buster Cut Craft Art Knife  1枚目

Gagangnya berbahan karet, empuk dan lembut

7

Maped

Easy Cut

Maped Easy Cut 1枚目

Mata pisaunya bisa dibalik ke dalam, makin aman!

8

Krisbow

8 Pcs Hobby Knife Set

Krisbow  8 Pcs Hobby Knife Set 1枚目

Produk wajib untuk pencinta crafting

9

Leather Cutter Pen

 Leather Cutter Pen 1枚目

Diciptakan khusus untuk leather, kuat dan presisi

10

V-TEC

Craft Knives Set

V-TEC Craft Knives Set 1枚目

Variasi pisaunya banyak, mumpuni memotong apa pun

Perincian produk
Close
No.1

Pen Cutter + 5 Pcs Refill Cutter

Mulai dari Rp29.900,00

Harga ekonomis, kualitas jempolan

Pen cutter ukuran 14,9 cm warna silver ini adalah produk yang sangat laris di pasaran. Pasalnya, dengan harga tidak terlalu mahal Anda sudah mendapatkan pen cutter sekaligus lima buah refill cutter


Walaupun murah, fungsionalitas produk ini cukup optimal. Anda dapat memotong aneka macam kertas dengan beragam ketebalan, seperti HVS, art paper, kertas jasmine, dan sebagainya. Bila Anda mencari pen cutter berkualitas tinggi dengan harga yang murah meriah, produk ini adalah pilihan terbaik. 

No.2

Warnanya mencolok, mudah ditemukan

Jika Anda seringkali kesulitan menemukan pen cutter dalam kotak penyimpanan, tak ada salahnya memilih produk ini. Didesain dengan berbagai warna cantik, produk ini tampak begitu mencolok sehingga mudah terlihat. Pen cutter ini dapat digunakan memperbaiki barang-barang elektronik, membuat sketsa, bahkan memotong fondant kue, lho! 

No.3

SDIPen-Type Cutter + Cutting Mat A3 0491

Mulai dari Rp90.000,00

Dilengkapi cutting mat A3, lho!

Bila Anda tak ingin repot membeli peralatan scrap book atau paper craft secara terpisah, produk ini pilihannya. Pen cutter SDI ini sudah dijual satu set dengan cutting mat ukuran A3 plus refill cutter. 


Cutting mat berfungsi agar pisau yang Anda pakai tidak cepat tumpul alias lebih awet. Kerennya lagi, cutting mat pada produk ini bersifat self-healing. Artinya, bekas goresan yang Anda buat akan otomatis kembali menutup dan permukaannya kembali rata. 

No.4

JoykoCraft CutterCU-502

Mulai dari Rp23.900,00

Ada soft grip, lebih nyaman di tangan

Bagi beberapa orang, terlalu lama menggunakan pen cutter dapat membuat jari menjadi kemerahan dan terasa sakit. Karena itu, produk ini hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dilengkapi dengan soft grip pada bagian ujungnya, pen cutter ini terasa empuk dan nyaman saat dipakai berjam-jam sekalipun. 


Tak hanya nyaman, pen cutter Joyko berdimensi 13,8 cm x 2 cm x 1 cm ini juga sangat multifungsi. Memotong model kit, vinil, atau kertas dinding pun dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan produk ini. 

No.5

Ekonomis dan varian pisaunya banyak

Meskipun refill pisaunya beraneka ragam, produk ini hanya dilengkapi dengan sebuah pen cutter saja. Dengan begitu, Anda  tak perlu bingung lagi memasangkan pisau yang tepat dengan holder-nya. 


Anda dapat menggunakan pen knife ini untuk memotong acrylic, PCB board, kain, dan sebagainya. Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan dalam menggunakan pen cutter, produk ini adalah pilihan yang tepat.

No.6

MapedScalpel Soft Buster Cut Craft Art Knife

Mulai dari Rp51.500,00

Gagangnya berbahan karet, empuk dan lembut

Perpaduan warna hitam dan merah membuat pen cutter ini tampak sederhana dan tidak berlebihan. Dilapisi dengan karet, holder pada pen cutter ini terasa empuk dan tidak licin sehingga makin nyaman digenggam.


Sudah dilengkapi pula dengan penutup pisau, produk ini kian aman digunakan. Namun demikian, ujung pisaunya begitu tajam. Jadi, pastikan Anda tetap mengawasi anak Anda saat memakai alat ini, ya. Bila Anda mencari pen cutter untuk digunakan anak Anda, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini.

No.7

Mata pisaunya bisa dibalik ke dalam, makin aman!

Pernahkah Anda merasa bingung ketika selesai memakai pen cutter dan tak dapat menemukan penutup pisaunya? Jika ya, produk ini hadir sebagai solusi permasalahan Anda. Pisau dari pen cutter ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dibalik posisinya ke dalam setelah selesai digunakan. 


Karakteristik tersebut membuat Anda tak perlu repot menutupi mata pisaunya lagi. Kerennya lagi, bagian gagang pen cutter diciptakan berbentuk gepeng sehingga makin mudah dipegang. Tunggu apalagi? Segera checkout produk ini sebelum kehabisan, ya. 

No.8

Krisbow 8 Pcs Hobby Knife Set251116

Mulai dari Rp62.500,00

Produk wajib untuk pencinta crafting

Dilengkapi dengan mata pisau berjumlah delapan, dua pen cutter, serta kotak penyimpanan merupakan kelebihan dari produk ini. Anda dapat memanfaatkan alat ini untuk memotong kertas, plastik, ataupun metal. 


Segala keunggulan tersebut membuat pen cutter Krisbow ini cocok untuk Anda yang hobi membuat kerajinan daur ulang. Sebagai contoh, membuat tempat pensil, celengan, mainan dan sebagainya. 

No.9

Diciptakan khusus untuk leather, kuat dan presisi

Produk ini kami persembahkan untuk Anda yang memiliki bisnis pembuatan produk-produk homemade dengan bahan dasar kulit. Pasalnya, pen cutter ini diproduksi khusus untuk memotong leather. 


Jadi, dengan memakai produk ini, dijamin desain tas atau gelang kulit yang Anda buat makin presisi dan indah. Harganya pun terbilang cukup terjangkau sehingga membeli alat ini sekaligus banyak tak akan membuat anggaran bengkak. 

No.10

V-TECCraft Knives SetCK 310

Mulai dari Rp119.000,00

Variasi pisaunya banyak, mumpuni memotong apa pun

Bila Anda membutuhkan pen cutter yang sangat versatile, produk ini adalah partner terbaik Anda. Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan tiga pen cutter dan sepuluh refill pisau berbeda jenis. 


Karena mata pisaunya lengkap, produk ini mampu digunakan memotong aneka macam bahan. Mulai dari kayu, cardboard, hingga metal, semuanya bisa dipotong dengan alat ini. Anda hanya tinggal mengombinasikan holder dan pisaunya untuk disesuaikan dengan benda yang akan dipotong. 

Kesimpulan

Pen cutter merupakan alat pemotong yang sangat multifungsi. Mulai dari kertas, leather, plastik, hingga fondant kue, semuanya dapat dipotong dengan pen cutter. Namun, bukan berarti semua bahan dapat dipotong dengan pen cutter yang sama.


Jadi, periksalah juga kegunaan pen cutter yang akan Anda beli dan sesuaikan dengan preferensi Anda. Agar lebih praktis, pilihlah produk yang sudah termasuk dengan refill cutter-nya, ya. Apapun pen cutter pilihan Anda, selamat berkarya!

5 Rekomendasi Pen Cutter terbaik

No. 1Pen Cutter + 5 Pcs Refill Cutter

No. 2Colorful Pen Cutter

No. 3SDIPen-Type Cutter + Cutting Mat A3 0491

No. 4JoykoCraft CutterCU-502

No. 57 Pcs Hobby Knife Set

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer