mybest
Panel listrik

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Power tools
  4. 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Panel Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Panel surya mampu mengubah energi dari sinar matahari menjadi energi listrik sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan listrik. Namun, dibutuhkan panel surya yang bagus untuk mendapatkan tenaga surya yang memadai. Untuk membantu Anda menemukan panel surya terbaik, kami membuat artikel ini.


Di artikel ini akan dibahas hal-hal yang sebaiknya diperhatikan saat memilih panel surya. Selain itu, tersedia pula rekomendasi produk panel surya dengan beragam pilihan harga. Anda akan jumpai panel surya merek Canadian Solar, Kenika, Sunrei, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!

Diperbaharui 04-04-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Mengenal panel surya

Krisis energi makin menjadi perhatian dunia dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini membuat banyak pihak berlomba-lomba untuk menemukan alternatif sumber energi terbarukan. Salah satu sumber energi yang mulai menjadi primadona adalah energi surya. Hal ini membuktikan bahwa teknologi panel surya adalah masa depan. Namun, bagaimana cara kerja panel surya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Prinsip kerja panel surya

Prinsip kerja panel surya

Tahukah Anda bahwa cahaya matahari terdiri dari partikel-partikel mini bernama foton? Nah, fungsi panel surya adalah menangkap partikel tersebut, mengubahnya jadi elektron, dan menghasilkan arus listrik. Perubahan energi yang terjadi pada panel surya adalah photovoltaic. 


Namun, arus listrik yang dihasilkan panel surya masih berupa arus searah (DC). Arus listrik ini belum bisa digunakan untuk mengoperasikan alat-alat elektronik. Untuk itu, dibutuhkan inverter atau alat yang akan mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik (AC). Setelah itu, barulah Anda dapat mengalirkannya untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Inilah manfaat panel surya yang paling utama.

Apa beda panel surya dan sel surya?

Apa beda panel surya dan sel surya?

Panel surya dan sel surya sering terdengar diucapkan bergantian. Namun, apakah panel surya itu sama dengan sel surya? Begini, panel surya berwujud lempeng dengan baris dan kolom. Pada baris dan kolom tersebut, berkumpullah sel surya yang akan bekerja mengubah sinar matahari menjadi arus elektron. Jadi, sel surya yang digabungkan dalam sebuah panel disebut panel surya


Sel surya sendiri merupakan ruang di antara dua lapis semikonduktor, biasanya dari bahan silikon. Semikonduktor dianggap pilihan tepat karena mampu menghantarkan listrik saat terkena cahaya. Sinar yang menembus masuk lapisan semikonduktor tersebut akan menyalurkan energinya kepada atom-atom pada lapisan tersebut. Selanjutnya, atom-atom elektron tersebut akan bergerak membentuk arus searah.

Cara memilih panel surya

Ada banyak perusahaan yang berlomba-lomba memproduksi panel surya. Pilihan yang beragam membuat Anda harus lebih jeli ketika memilih panel surya untuk dipasang di rumah. Kira-kira bagaimana cara memilih panel surya yang bagus? Baca terus panduan kami untuk menemukan produk panel surya terbaik.

① Pahami jenis panel surya berdasarkan materialnya

Panel surya yang beredar di pasaran umumnya terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan materialnya. Setiap jenis memiliki karakter dan keunggulannya masing-masing.

Monokristalin, efisiensinya paling tinggi

Monokristalin, efisiensinya paling tinggi

Menilik namanya, monokristalin, tampak bahwa panel ini terdiri dari satu silikon kristal utuh sehingga proses manufakturnya lebih mahal. Sel surya monokristalin biasanya berwarna hitam yang merupakan hasil reaksi sinar matahari dengan kristal tunggal. Keunggulan panel ini adalah efisiensinya yang tinggi, yaitu 15–20%.


Jika ruang Anda terbatas sementara kebutuhan untuk berhemat listrik cukup tinggi, pertimbangkan panel surya monokristalin. Anda akan mengeluarkan uang relatif lebih tinggi di awal. Namun, panel ini sangat efisien, Anda akan berhemat cukup banyak dalam biaya listrik bulanan.

Polikristalin, biayanya lebih murah

Polikristalin, biayanya lebih murah

Polikristalin berasal dari keping-keping silikon kristal yang dilebur. Setelah itu, silikon kristal akan disatukan dalam sebuah cetakan dan kemudian dipotong menjadi panel-panel. Pembuatannya lebih mudah sehingga harganya lebih terjangkau. Ciri khas dari panel surya polikristalin adalah permukaannya akan berwarna biru saat terkena sinar.


Efisiensi panel surya polikristalin masih lebih kecil daripada monokristalin, yaitu sekitar 13–16%. Artinya, Anda harus menambah jumlah panel surya untuk mendapatkan daya yang sama dengan monokristalin. Jika Anda memiliki dana terbatas, tetapi tersedia ruang yang cukup luas, panel surya ini layak jadi pilihan.

Film tipis, cocok untuk panel surya portable

Film tipis, cocok untuk panel surya portable

Panel surya film tipis bisa dibuat dari material yang berbeda. Bahan yang umum digunakan adalah cadmium telluride (CdTe), silikon amorf (a-Si), dan copper indium gallium selenide (CIGS). Permukaan film tipis ini akan berwarna biru atau hitam saat terkena sinar matahari (tergantung materialnya).


Dibandingkan dua panel surya lainnya, efisiensi panel ini paling kecil, yakni sekitar 8,5%. Sel-selnya juga mungkin berukuran 3,5 kali lebih kecil daripada panel monokristalin dan polikristalin. Namun, panel surya ini memiliki bobot ringan serta material yang tipis. Hal tersebut membuat biaya pemasangannya menjadi lebih murah. Film tipis juga kerap dijadikan bahan pembuatan panel surya portabel.

② Ketahui power tolerance panel surya

Ketahui power tolerance panel surya

Saat hendak membeli panel surya, perhatikan toleransi listrik yang dihasilkan atau power tolerance. Misalnya, disebutkan power tolerance sebesar 5%. Artinya, untuk panel surya yang mencantumkan 100 wp, Anda boleh berharap mendapatkan watt peak sebesar 95–105. Makin kecil angka toleransi, makin akurat prediksi perolehan energi panel surya tersebut.


Sayangnya tidak semua penjual mencantumkan keterangan mengenai hal ini pada deskripsi produknya. Jadi, Anda mungkin harus bertanya langsung kepada pihak penjual apabila ingin mendapatkan informasi mengenai hal ini.

③ Perhitungkan kebutuhan watt peak dengan saksama

Perhitungkan kebutuhan watt peak dengan saksama

Watt peak (wp) adalah daya tertinggi yang dapat dihasilkan panel surya ketika sinar matahari sedang dalam intensitas tinggi. Informasi watt peak yang tertera pada produk panel surya menunjukkan potensi daya maksimal dalam satu jam. 


Selama ini panel surya yang tersedia di pasaran menghasilkan 5–250 wp, bahkan yang terbaru 450 wp. Jika kebutuhan Anda sekadar mengisi charger, panel surya 5 wp sudah cukup memadai. Namun, jika pasokan listrik surya digunakan untuk berbagai keperluan, carilah panel surya yang mampu menghasilkan daya berukuran besar.


Dengan mengetahui kebutuhan watt peak, Anda akan terhindar dari kekeliruan membeli panel surya yang terlalu kecil. Selain itu, pastinya sia-sia membeli panel surya berukuran besar, padahal Anda hanya butuh untuk lampu teras.

④ Pertimbangkan sisi kepraktisan dalam memilih panel surya

Pertimbangkan sisi kepraktisan dalam memilih panel surya

Produsen paham bahwa tak semua orang ingin dan sanggup mengubah gaya hidupnya jadi go green dalam sekejap. Mengubah instalasi listrik di rumah menjadi seluruhnya bersumber dari matahari juga tidak mudah. Namun, Anda bisa memulainya dengan hal-hal sederhana dan praktis.


Anda bisa menggunakan panel surya untuk memberikan energi pada lampu taman. Dengan begitu, lampu akan menerangi taman pada malam hari tanpa membuat tagihan listrik membengkak. Anda juga bisa menggunakan charger yang disertai panel surya. Ini adalah suatu bentuk penghematan energi dan biaya sekaligus sumbangsih terhadap kelestarian lingkungan.

10 Rekomendasi panel surya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk panel surya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mitsuyama

Solar Panel

Mitsuyama Solar Panel 1枚目

Penggunaan yang praktis untuk mengisi daya aki di rumah

2

ST Solar

Solar PV Modules

ST Solar Solar PV Modules 1枚目

Menyerap tenaga matahari dengan optimal sejak terbit hingga terbenam

3

Shinyoku

Solar Panel Poly

Shinyoku Solar Panel Poly 1枚目

Dilapisi tempered glass yang melindungi daya serap sel

4

Sun Asia

Solar Panel

Sun Asia Solar Panel 1枚目

Dengan bypass diode, hasil energi panel surya tetap optimal

5

Kenika

Panel Surya Pollycrystalline

Kenika Panel Surya Pollycrystalline 1枚目

Rangka aluminium anodisa yang tahan cuaca ekstrem

6

INScom

Solar Panel

INScom Solar Panel 1枚目

Lapisan antireflektifnya minimalkan hilangnya cahaya

7

Xionel

Portable Solar Panel

Xionel Portable Solar Panel 1枚目

Dilengkapi 4 konektor, memungkinkan Anda isi daya banyak alat

8

Army Grade

Solar Power Bank

Army Grade Solar Power Bank 1枚目

Daya ponsel tetap full dengan power bank tenaga surya

9

Sunrei

Solar Panel 10W

Sunrei Solar Panel 10W 1枚目

Panel surya lipat yang cocok untuk dibawa camping

10

Canadian Solar

High Power Dual Cell PERC Module

Canadian Solar High Power Dual Cell PERC Module 1枚目

Teknologi PERC-nya mampu meningkatkan energi lebih besar!

Perincian produk
Close
No.2

ST SolarSolar PV ModulesSP-1018

Mulai dari Rp120.000,00

Menyerap tenaga matahari dengan optimal sejak terbit hingga terbenam

Panel surya dengan kapasitas daya puncak 10 watt ini memang memiliki ukuran yang mungil. Namun, Anda bisa menggunakannya untuk lampu, aki, hingga pompa air. Daya serap sinar mataharinya juga maksimal.


Hanya dengan cahaya matahari pagi saja panel surya ini sanggup menghasilkan daya untuk menggerakkan pompa air. Bayangkan kekuatannya ketika matahari bersinar pada tengah hari. Dengan serapan optimal, arus listrik jadi lebih besar.

No.3

ShinyokuSolar Panel Poly156P

Mulai dari Rp257.500,00

Dilapisi tempered glass yang melindungi daya serap sel

Panel surya yang berada di luar ruangan tentunya akan terkena terpaan berbagai cuaca. Karena itu, Shinyoku menggunakan teknologi pelapisan tempered glass pada panel surya buatannya.


Tempered glass adalah kaca yang dikeraskan sehingga beberapa kali lebih kuat dibandingkan kaca biasa. Kaca ini sering digunakan sebagai lapisan pengaman, tak terkecuali pada panel surya. Dengan perlindungan ini keamanan panel surya jadi lebih terjaga tanpa mengganggu penyerapan sinar matahari.

No.4

Sun AsiaSolar PanelSP120-18M

Mulai dari Rp630.000,00

Dengan bypass diode, hasil energi panel surya tetap optimal

Risiko pembalikan arus dari baterai ke panel surya bisa saja terjadi dan berpotensi menimbulkan kerusakan. Untuk mencegah hal tersebut, dipasanglah dioda blocking sebagai proteksi. Sun Asia juga memasang dua dioda bypass untuk mengoptimalkan penyerapan saat salah satu panel tidak menerima cahaya. Dengan kehadiran dioda-dioda ini, panel surya ini akan bekerja lebih optimal dan lebih awet.

No.5

KenikaPanel Surya PollycrystallineNPS100W

Mulai dari Rp610.000,00

Rangka aluminium anodisa yang tahan cuaca ekstrem

Kendala penggunaan panel surya adalah cuaca yang kadang kurang bersahabat. Panel surya dari Kenika ini sangat memahami kondisi tersebut. Penyerapan cahayanya sangat baik sehingga bisa mempertahankan toleransi tenaga listrik tetap positif. 


Watt yang dihasilkan tetaplah tinggi meskipun Anda yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi. Di pihak lain, rangka anodized aluminium alloy-nya juga antikarat. Panel surya 100 wp ini pun jadi lebih awet.

No.6

Lapisan antireflektifnya minimalkan hilangnya cahaya

Berbagai produsen memikirkan cara memaksimalkan efisiensi panel surya. Salah satunya adalah dengan menggunakan kaca yang dilengkapi pelapis antireflektif. Lapisan ini membuat panel surya tidak memantulkan cahaya sehingga cahaya akan diserap dengan lebih efisien. Jika Anda kerap merasa kesal karena panel surya tidak maksimal menyerap cahaya, pertimbangkan produk ini.

No.7

XionelPortable Solar Panel

Mulai dari Rp1.650.000,00

Dilengkapi 4 konektor, memungkinkan Anda isi daya banyak alat

Anda sering mengisi beberapa daya alat dalam satu waktu? Kalau begitu, cobalah lirik produk ini. Panel surya portabel dari Xionel ini dilengkapi empat konektor dengan ukuran yang beragam. Produk makin praktis dan cocok dibawa bepergian karena dikemas dalam bentuk tas. Tambahan lagi, panel surya ini juga dilengkapi satu battery clip, lho!

No.8

Army GradeSolar Power Bank

Mulai dari Rp206.000,00

Daya ponsel tetap full dengan power bank tenaga surya

Kecil-kecil si cabe rawit! Meskipun hanya berdaya puncak 1 watt, powerbank Army Grade ini bisa diandalkan. Panel monokristalin di dalamnya memungkinkan serapan sinar yang sangat efisien. Anda yang sering menempuh perjalanan jauh tidak perlu khawatir lagi jika daya ponsel tiba-tiba drop.


Powerbank yang dilengkapi senter dan tiga colokan USB ini cocok dijadikan sahabat perjalanan Anda. Fitur waterproof, antidebu, dan tahan bantingnya adalah bukti alat ini cocok dibawa ke alam terbuka. Powerbank panel surya Anda pun akan tetap bersih dari debu dan serapan cahaya matahari tetap terjaga.

No.9

SunreiSolar Panel 10W

Mulai dari Rp1.250.000,00

Panel surya lipat yang cocok untuk dibawa camping

Panel surya ini bisa dilipat dan dibawa ke mana-mana. Memiliki daya 10 watt, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi daya ponsel atau senter saat berkemah. Arus listrik dari panel surya dapat dialirkan melalui USB. Sungguh praktis! Jadi, Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan tetap bisa memanfaatkan energi surya. Anda pun dapat menikmati alam terbuka sembari tetap menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

No.10

Canadian SolarHigh Power Dual Cell PERC ModuleHiKu-CS3W

Mulai dari Rp2.750.000,00

Teknologi PERC-nya mampu meningkatkan energi lebih besar!

Teknologi PERC adalah teknologi yang sedang naik daun. Sisi belakang panel surya turut difungsikan sehingga area penyerapan lebih luas. Energi yang dihasilkan pun lebih besar 6–12% dibandingkan panel lainnya. Jadi, Anda hanya membutuhkan lebih sedikit panel dengan efisiensi yang lebih tinggi ini. Bagi Anda penggemar panel surya, segera gunakan dan nikmati teknologi baru ini!

Ketahui sistem pemasangan panel surya

Ketahui sistem pemasangan panel surya

Selain mengetahui jenis dan komponen panel surya, Anda juga sebaiknya mengetahui sistem pemasangannya. Ada tiga macam sistem pemasangan panel surya yang berpengaruh pada cara penggunaan energi listrik.


  • Sistem off grid dipilih ketika Anda memutuskan hendak sepenuhnya memakai tenaga listrik surya. Biaya pemasangannya relatif tinggi dan Anda harus memiliki baterai atau aki yang memadai untuk menampung energi surya. Namun, Anda tidak bergantung pada pasokan listrik dari PLN. Sistem ini cocok untuk daerah yang belum terjangkau PLN.


  • Sistem on grid dilakukan jika Anda ingin tetap mempertahankan pasokan dari PLN. Anda akan menggunakan baterai dari PLN untuk menampung energi surya dari panel. Jadi, Anda bisa berhemat listrik. Sayangnya listrik di rumah akan berhenti mengalir jika terjadi pemadaman. 


  • Sistem hybrid menggabungkan sistem off grid dan on grid. Jadi, energi surya akan masuk ke dalam baterai. Jika pemakaian listrik rumah tangga melebihi energi dalam baterai, otomatis listrik dari PLN akan mengalir.

Baca juga rekomendasi peralatan listrik lainnya di sini

Setelah membaca cara memilih dan rekomendasi kami, sudahkan Anda menemukan panel surya yang diinginkan? Agar rencana Anda menghadirkan tenaga alternatif di rumah berjalan lancar, baca juga artikel-artikel di bawah ini, Jangan sampai rencana Anda berhenti karena kurangnya dukungan alat yang tepat.

Kesimpulan

Panel surya memang sebuah terobosan besar dalam krisis energi. Makin banyak pula orang yang sadar pentingnya beralih kepada sumber energi selain fosil. Anda hanya perlu mendapatkan panel surya yang tepat bagi kebutuhan. 


Untuk itu, kenali jenis materialnya, pahami efisiensi dan toleransi daya, kemudian perhitungkan watt peak yang sesuai. Kami harap Anda segera mendapatkan produk panel surya yang terbaik. Selamat berhemat sekaligus menjaga lingkungan!

5 Rekomendasi Panel Surya terbaik

No. 1MitsuyamaSolar Panel

No. 2ST SolarSolar PV ModulesSP-1018

No. 3ShinyokuSolar Panel Poly156P

No. 4Sun AsiaSolar PanelSP120-18M

No. 5KenikaPanel Surya PollycrystallineNPS100W

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer