• 10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kabel VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tidak sedikit perangkat yang menggunakan port VGA. Karena itu, kabel VGA masih banyak dibutuhkan. Produknya bisa mentransfer tampilan monitor komputer atau laptop ke layar yang besar. Kegiatan presentasi, meeting, dan menonton film pun jadi terasa lebih nyaman.


Merek seperti Elecom, Lindy, dan lainnya menawarkan produk yang bagus untuk Anda. Ada yang menggunakan input HDMI, DisplayPort, sampai RCA. Yang panjangnya 10 meter juga ada. Untuk itu, kami akan membagikan cara memilih kabel VGA terbaik. Rekomendasi produk beserta ulasannya pun sudah kami siapkan untuk Anda. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa fungsi dari kabel VGA?

Tugas utama kabel VGA adalah menghubungkan perangkat komputer ke monitor untuk menampilkan gambar. Produknya juga bisa digunakan untuk memindahkan tampilan laptop ke proyektor atau TV. Perangkat apa pun dengan port VGA akan membutuhkan kabel VGA. Kabel ini mudah diidentifikasi karena memiliki 15 pin di bagian kepalanya.


Awalnya kabel VGA hanya mendukung resolusi 480p. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak produknya yang dapat mentransfer tampilan 2048 × 1536 piksel (85 Hz). Namun, kesuksesannya bergantung pada spesifikasi VGA card dan perangkat display yang Anda gunakan.


Perlu diketahui, kabel VGA hanya mentransmisikan sinyal video analog. Jadi, kabel ini tidak akan memindahkan audio ke perangkat lain. Audionya masih akan berasal dari source. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kabel tambahan yang berbeda.


Mungkin saja tidak semua perangkat Anda masih menggunakan port VGA. Sebagai contoh, perangkat Anda mungkin menggunakan DVI, DisplayPort, atau HDMI. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menggunakan kabel VGA. Bagaimana caranya? Di bawah ini kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Tabel perbandingan produk kabel VGA terbaik

Gambar produk
1
Ugreen VGA Male to Male Video Cable 1

Ugreen

2
NYK VGA Cable 1

NYK

3
Mcdodo HDMI to VGA Cable 1

Mcdodo

4
Indo Pro Teknologi Vention Kabel DisplayPort to VGA 1

Indo Pro Teknologi

5
Netline VGA to HDMI Converter Cable 1

Netline

6
Websong Kabel VGA Male to 3RCA AV Male 1

Websong

7
Elecom DVI-D-Sub15 Pin Converter Cable 1

Elecom

8
Wiretek HDMI to VGA 1

Wiretek

9
Orico VGA/HDMI Adapter Cable 1

Orico

10
Lindy Premium VGA Monitor Cable 1

Lindy

Nama produk

VGA Male to Male Video Cable

VGA Cable

HDMI to VGA Cable

Vention Kabel DisplayPort to VGA

VGA to HDMI Converter Cable

Kabel VGA Male to 3RCA AV Male

DVI-D-Sub15 Pin Converter Cable

HDMI to VGA

VGA/HDMI Adapter Cable

Premium VGA Monitor Cable

Keunggulan

Tetap berhemat dengan fitur proteksi yang lengkap

Kabel VGA ekonomis dengan banyak ukuran

Dari kabel sampai kepalanya tampil berbeda

Menonjol dari kabel sejenis lainnya berkat build quality yang mumpuni

Mampu mentransfer sinyal audio tanpa kabel tambahan!

Solusi untuk TV generasi lama dan proyektor LCD

Fitur proteksinya lengkap, performa dan daya tahannya lebih menjanjikan

Memenuhi syarat kabel yang bagus untuk harganya

Sudah ada kabel audionya, tak perlu kabel tambahan lagi

Tersedia berbagai ukuran, bahkan lebih dari 10 meter

Harga mulai dariRp 110.000,00Rp 23.000,00Rp 159.000,00Rp 140.000,00Rp 160.000,00Rp 40.000,00Rp 249.000,00Rp 95.000,00Rp 291.000,00Rp 169.000,00
TipeVGA to VGAVGA to VGAHDMI to VGADisplayPort to VGAVGA to HDMI converterVGA to RCADVI to VGAHDMI to VGAVGA to HDMIVGA to VGA
Panjang kabel1 m, 2 m, 3 m, 5 m1,5 m, 3 m, 5 m, 10 m, 15 m, 20 m, 25 m, 30, 35 m, 40 m2 m1,5 m, 2 m, 3 m, 5 m0,15 m1,5 m1 m, 1,5 m1,5 m, 3 m, 5 m1 m, 2 m, 3 m, 5 m0,5 m, 1 m, 2 m, 3 m, 5 m, 7,5 m, 10 m, 20 m, 30 m, 50 m
Resolusi1920 x 1080Tidak tercantum1920 x 10801920 × 1080 (60 Hz)1920 x 1280Tidak tercantumTidak tercantum1920 x 10801920 x 1080 (60 Hz)Tidak tercantum
ProteksiDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacket, ferrite coreGold-plated pin, ferrite coreDouble shielding, gold-plated pin, nylon jacketDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacketTidak tercantumTidak tercantumDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacket, ferrite corePVC jacket, gold-plated pinTidak tercantumFerrite core
Tautan produk

Cara memilih kabel VGA

Tiap kabel VGA menawarkan performa yang berbeda untuk Anda. Panjang kabel hingga build quality produknya akan berpengaruh. Selain itu, penting juga untuk memilih tipe yang pas. Karena itu, kami akan membagikan poin cara memilihnya untuk Anda. Silakan disimak.

Pilih tipe kabel sesuai kebutuhan Anda

Saat mencari kabel VGA di pasaran, Anda akan menjumpai beberapa tipenya. Anda bisa mengerucutkan pilihan produknya bila sudah mengetahui tipe yang dibutuhkan. Agar mendapatkan produk yang pas, kami akan memperinci beberapa tipenya untuk Anda.

VGA to VGA, panjangnya mencapai lebih dari 10 meter

Tipe ini mudah sekali Anda temukan di pasaran. Namun, berhati-hatilah saat memilihnya. Apabila Anda hendak menyambungkan perangkat komputer atau laptop ke layar, pilihlah kabel male to male. Jika Anda memilih kabel male to female, sifatnya menjadi kabel extension. Kabel VGA dengan kepala female memiliki 15 lubang, bukan 15 pin. 


Kabel male to male banyak digunakan untuk menampilkan display komputer atau laptop ke proyektor. Oleh karena itu, ukuran panjangnya sangat beragam. Jangan heran kalau kabel VGA to VGA sepanjang 10 meter tersedia di pasaran, bahkan ada yang 50 meter!

HDMI to VGA/VGA to HDMI, solusi untuk perangkat tanpa port VGA

Port VGA biasanya ditemukan pada perangkat generasi lawas. Perangkat yang lebih baru banyak yang dilengkapi port HDMI saja, tanpa VGA. Bagaimana jika salah satu perangkat Anda tidak dilengkapi port VGA? Nah, Anda membutuhkan tipe ini.


Kabel HDMI to VGA/VGA to HDMI dapat menyambungkan perangkat dari dua generasi berbeda. Yang perlu Anda perhatikan adalah tipe input dan output dari produknya. Selain itu, pastikan produknya dapat mengonversi sinyal tanpa konverter eksternal.


Jika perangkat sumbernya hanya menyediakan port HDMI, pilihlah kabel HDMI to VGA. Sebaliknya, kabel VGA to HDMI bisa dipilih bila yang dibekali port HDMI adalah layarnya. Perlu dicatat, input dan output-nya sudah tetap dan tidak dapat dibalik.

Pastikan kabelnya tidak terlalu panjang atau pendek

Memilih panjang kabel VGA yang pas membuat tampilan meja atau ruangan Anda lebih rapi. Kabel yang terlalu pendek tentunya sia-sia. Di sisi lain, jika kabelnya terlalu panjang, Anda bisa saja tersandung. Tak hanya berbahaya untuk diri sendiri, perangkat Anda pun dapat bergeser dan terjatuh. Untuk itu, Anda perlu memastikan jarak di antara perangkat.


Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan kabel VGA bisa tergantung dari panjangnya. Makin panjang kabelnya, kemungkinan resolusi gambar turun, redup, atau bergetar makin besar. Alhasil, melihat gambar pada layar pun jadi kurang nyaman. Apabila Anda memang harus memilih kabel yang panjang, pilihlah ukuran yang mendekati jarak perangkat.

Periksa build quality produknya

Selain panjang kabel, kualitas produk bisa memengaruhi kejernihan dan kualitas gambar pada layar. Karena itu, periksalah build quality produknya terlebih dahulu. Kabel berkualitas tinggi tidak akan mengganggu aktivitas Anda. 


Ada beberapa hal yang bisa Anda periksa untuk memastikan build quality kabel VGA. Gunakanlah poin-poin di bawah ini sebagai panduan untuk memilih produk berkualitas.


  • Shielding
Konduktor yang dilapisi pelindung tidak mudah terganggu sinyal lain. Lapisan seperti aluminum foil dan anyaman kawat tembaga akan memastikan gambar yang dihantarkan kabel VGA tetap jernih. Kedua lapisan tersebut dikenal dengan double shielding.

  • Jacket

Lapisan terluar kabel akan menentukan daya tahannya. Jika Anda menggunakan kabel VGA untuk jangka panjang, pilihlah yang dibungkus dengan material PVC agar awet.


  • Plating

Kepala dan pin kabel VGA perlu diberi lapisan untuk mencegah karat dan korosi. Kepala yang berkarat bakal menghasilkan gambar yang tidak stabil, bahkan sulit dibaca perangkat. Lapisan kepala kabel VGA biasanya berwarna emas sehingga disebut gold-plated pin.


  • Ferrite core

Selain shielding, ferrite core akan melindungi kabel dari noise seperti sinyal lain dan gelombang daya kabel power. Pelindung ini berbentuk seperti tabung, serta terletak di lapisan terluar kabel VGA. Anda dapat menemukannya pada kedua ujung kepala kabel.


Tidak semua merek memberikan informasi tersebut untuk produknya. Untuk mendapat jaminan build quality yang bagus, pilihlah produk yang disertai keterangan tersebut.


Namun, lain lagi bila Anda hanya akan menggunakan kabel VGA untuk sekali pakai. Produk ekonomis yang sudah bisa menjalankan tugas dasarnya akan cukup untuk Anda.

10 Rekomendasi kabel VGA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kabel VGA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeVGA to VGA
Panjang kabel0,5 m, 1 m, 2 m, 3 m, 5 m, 7,5 m, 10 m, 20 m, 30 m, 50 m
ResolusiTidak tercantum
ProteksiFerrite core
9

OricoVGA/HDMI Adapter Cable

XD-VATH

Mulai dari Rp 291.000,00

TipeVGA to HDMI
Panjang kabel1 m, 2 m, 3 m, 5 m
Resolusi1920 x 1080 (60 Hz)
ProteksiTidak tercantum
8
TipeHDMI to VGA
Panjang kabel1,5 m, 3 m, 5 m
Resolusi1920 x 1080
ProteksiPVC jacket, gold-plated pin
7
TipeDVI to VGA
Panjang kabel1 m, 1,5 m
ResolusiTidak tercantum
ProteksiDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacket, ferrite core
6

WebsongKabel VGA Male to 3RCA AV Male

Mulai dari Rp 40.000,00

TipeVGA to RCA
Panjang kabel1,5 m
ResolusiTidak tercantum
ProteksiTidak tercantum
5
TipeVGA to HDMI converter
Panjang kabel0,15 m
Resolusi1920 x 1280
ProteksiTidak tercantum
4

Indo Pro TeknologiVention Kabel DisplayPort to VGA

Mulai dari Rp 140.000,00

TipeDisplayPort to VGA
Panjang kabel1,5 m, 2 m, 3 m, 5 m
Resolusi1920 × 1080 (60 Hz)
ProteksiDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacket
3
TipeHDMI to VGA
Panjang kabel2 m
Resolusi1920 x 1080
ProteksiDouble shielding, gold-plated pin, nylon jacket
2
TipeVGA to VGA
Panjang kabel1,5 m, 3 m, 5 m, 10 m, 15 m, 20 m, 25 m, 30, 35 m, 40 m
ResolusiTidak tercantum
ProteksiGold-plated pin, ferrite core
1
TipeVGA to VGA
Panjang kabel1 m, 2 m, 3 m, 5 m
Resolusi1920 x 1080
ProteksiDouble shielding, gold-plated pin, PVC jacket, ferrite core

Baca juga rekomendasi produk aksesori komputer dan laptop lainnya di sini

Bukan hanya kabel VGA yang Anda butuhkan untuk presentasi atau menonton film. Monitor, layar proyektor, hingga speaker pun tak kalah pentingnya. Tenang saja, kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Yuk, kunjungi link di bawah ini agar referensi Anda bertambah. Kami juga sudah mengulas produknya untuk Anda, lho!

Kesimpulan

Sudah menemukan kabel VGA yang Anda butuhkan? Jangan sampai salah memilih karena kabel VGA banyak jenisnya. Input dan output produknya perlu disesuaikan dengan port pada perangkat Anda.


Selain tipe, ukuran produknya penting untuk disesuaikan dengan jarak perangkat Anda. Usahakan untuk tidak memilih yang terlalu panjang, apalagi yang terlalu pendek. Selain itu, bila build quality produknya juga bagus, kabel VGA pilihan Anda dijamin akan lebih awet!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Sound Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sound Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara dan sinyal audio menjadi sinyal listrik. Bila Anda suka menonton video, main games, menikmati musik, atau audio apa pun, Anda pasti tahu pentingnya sound card. Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer tentu tidak asing lagi bagi Anda. Untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik yang dapat meningkatkan kualitas audio.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Aksesori Terbaik yang Kompatibel dengan USB Tipe C (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aksesori Terbaik yang Kompatibel dengan USB Tipe C (Terbaru Tahun 2022)
    USB tipe C (USB–C) merupakan tipe USB yang mulai ada pada berbagai gadget. Adam Elements, LINDY, SanDisk, ORICO, dan KiiP telah membuat bermacam aksesori yang kompatibel dengan USB tipe C. Namun, banyaknya aksesori yang tersedia dan kompatibel dengan USB tipe C di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan mengulas poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih aksesori untuk USB tipe C. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh aksesori terbaik yang kompatibel dengan USB tipe C. Mari simak terus artikel kami berikut ini!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori