• 10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Audio Splitter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Audio splitter adalah alat untuk berbagi suara dari sebuah gadget ke dua earphone atau lebih. Alat ini juga bisa  digunakan untuk menyambungkan headphone dengan dua output kepada laptop yang hanya memiliki satu input. Di pasaran, terdapat beragam jenis audio splitter, seperti model female to male, male to female, dan USB.


Agar Anda tak kebingungan saat memilihnya, simaklah tips yang akan kami berikan berikut ini. Kami juga memiliki rekomendasi audio splitter yang bagus, seperti UGREEN, Rexus, Inbex, dan Vention yang layak Anda beli. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Fungsi audio splitter

Fungsi audio splitter

Gadget, seperti smartphone, tablet, laptop, dan komputer umumnya hanya memiliki satu port audio jack saja. Hal tersebut akan membatasi Anda untuk berbagi musik dan tontonan favorit bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Untuk mengatasinya, tambahkanlah audio splitter yang berfungsi menghubungkan dua earphone sekaligus pada gadget Anda tanpa mengurangi kualitas suaranya.


Namun, tak sebatas untuk berbagi musik, kini audio splitter juga banyak digunakan oleh para YouTuber, vlogger, hingga gamer. Alat ini mampu menyambungkan perangkat yang memiliki dua audio jack pada perangkat dengan satu audio port. Audio splitter kompatibel untuk dipasangkan pada HP, tablet, laptop, komputer, speaker, kamera, hingga clip on microphone.

Tabel perbandingan produk audio splitter terbaik

Gambar produk
1
Inbex U Shape Audio Splitter 1

Inbex

2
Rexus Kabel Audio dan Mic Splitter 2 To 1 / 3.5mm / Male to 2 Female 1

Rexus

3
JOYSEUS Earphone Adapter Double Jack Plug Stereo 1

JOYSEUS

4
Vention Kabel Aux Audio Splitter 3.5mm Female to 2 Male 1

Vention

5
Plextone USB Sound Card Adapter 1

Plextone

6
USB Virtual 7.1CH Sound Card Adapter 1

7
UNEED Aux Audio Splitter Cable Male - Female 1

UNEED

8
COSTA Audio Splitter Combiner 1 Female 2 Male Mic Adapter Jack 1

COSTA

9
UGREEN Headphone Splitter Cable with Mic 1

UGREEN

10
Travel Blue Dual Music Adaptor 1

Travel Blue

Nama produk

U Shape Audio Splitter

Kabel Audio dan Mic Splitter 2 To 1 / 3.5mm / Male to 2 Female

Earphone Adapter Double Jack Plug Stereo

Kabel Aux Audio Splitter 3.5mm Female to 2 Male

USB Sound Card Adapter

USB Virtual 7.1CH Sound Card Adapter

Aux Audio Splitter Cable Male - Female

Audio Splitter Combiner 1 Female 2 Male Mic Adapter Jack

Headphone Splitter Cable with Mic

Dual Music Adaptor

Keunggulan

Bobotnya ringan, ukurannya juga mini!

Perlindungan lebih baik berkat kabel model kepangnya

Didesain menyerupai gantungan kunci agar tidak mudah hilang

Hadir dalam empat pilihan ukuran mulai dari 0,3 sampai 1,5 meter

Menghasilkan efek suara PUBG dan LoL favorit para gamers

Audio splitter unik dengan software 3D sound simulation

Bisa menyambungkan lima earphone sekaligus

Dengan De-oxygenized copper conductor untuk transmisi cepat tanpa gangguan

Dengan kabel fleksibel yang bebas kusut

Nikmati mendengarkan musik bersama orang terdekat dengan splitter berwarna cerah

Harga mulai dariRp 22.999,00Rp 39.000,00Rp 39.900,00Rp 37.000,00Rp 110.000,00Rp 19.000,00Rp 99.000,00Rp 30.000,00Rp 55.000,00Rp 89.900,00
Jenis splitterMale to femaleMale to femaleMale to femaleFemale to maleUSBUSBMale to femaleFemale to maleMale to femaleMale to female
OutputAudio - microphoneAudio - microphoneAudio - audioAudio - microphoneAudio - microphone (3 port)Audio - microphone (4 port)Audio - audioAudio - microphoneAudio - microphoneAudio - audio
Model audio jackTRRSTRRSTRSTRSTidak adaTidak adaTRSTRSTRRSTRRS
BentukTanpa kabelDengan kabel (Y shape)Tanpa kabelDengan kabel (Y shape)USB dengan kabelUSB tanpa kabelDengan kabelDengan kabel (Y shape)Dengan kabel (Y shape)Dengan kabel
Tautan produk

Cara memilih audio splitter

Karena terdiri dari berbagai jenis dan model, Anda perlu teliti saat memilih audio splitter. Berikut adalah beberapa tips yang kami siapkan untuk membantu Anda memperoleh produk yang tepat.

Ketahui jenis splitter berdasarkan audio jack-nya

Berdasarkan audio jack-nya, audio splitter terbagi ke dalam dua kategori, yakni male to female dan female to male. Ingin tahu apa perbedaan dari keduanya? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Male to female: Untuk menghubungkan dua perangkat pada satu gadget

Male to female: Untuk menghubungkan dua perangkat pada satu gadget

Audio splitter ini terdiri dari satu buah jack plug (male) dan dua jack port (female). Anda bisa menemukan audio splitter jenis ini dengan output berupa audio dan audio atau audio dan microphoneSplitter dengan output audio dan audio digunakan untuk berbagi suara dari gadget. Sebagai contoh, Anda dapat menghubungkan dua earphone pada ponsel atau mini speaker untuk mendengarkan suara musik. 


Di sisi lain, splitter dengan output audio dan microphone memungkinkan Anda untuk mendengarkan dan merekam suara. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyambungkan earphone dan microphone eksternal secara bersamaan kepada handphone, tablet, maupun laptop.

Female to male: Khusus untuk perangkat komputer

Female to male: Khusus untuk perangkat komputer

Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, audio splitter female to male dibekali dua jack plug dan satu jack port. Jenis splitter ini biasanya digunakan untuk menyambungkan headset atau earphone yang dilengkapi microphone ke CPU komputer. Sebagai contoh, Anda bisa menghubungkan headset gaming yang hanya memiliki satu jack plug ke komputer. 

Untuk komputer atau laptop, pertimbangkan audio splitter model USB

Pada dasarnya, Anda bisa memakai audio splitter biasa untuk menyambungkan earphone ke laptop atau komputer. Namun, bagaimana jika audio port atau jack port pada laptop Anda rusak dan tak bisa digunakan? Untuk mengatasinya, gunakanlah audio splitter yang bagian ujung atau plug-nya berbentuk USB. 


Jenis splitter ini biasanya juga hadir dengan tambahan tombol tertentu, misalnya tombol on/off dan pengatur volume. Anda juga bisa menemukan produk yang dilengkapi tambahan efek suara dan lampu indikator. 

Pilih berdasarkan bentuknya

Selain berdasarkan jenis output audio jack-nya, Anda juga bisa memilih audio splitter berdasarkan bentuknya. Kali ini, kami mengelompokkan audio splitter menjadi dua kategori, yaitu yang dilengkapi kabel dan tanpa kabel. 

Tanpa kabel: Ringkas dan tidak akan terlilit

Tanpa kabel: Ringkas dan tidak akan terlilit

Bentuk audio splitter ini terlihat lebih ringkas karena Anda tak akan menemukan kabel yang melilit. Di marketplace Indonesia, tersedia audio splitter tanpa kabel dengan berbagai bentuk, seperti huruf U, V, dan bentuk persegi


Karena ukurannya kecil, Anda dapat membiarkan splitter terpasang pada ponsel dan memasukkannya ke dalam saku atau tas. Meski begitu, Anda harus berhati-hati agar splitter tidak tertekan dan menyebabkan audio port ponsel Anda menjadi rusak.

Dengan kabel: Fleksibel dan jangkauannya lebih luas

Dengan kabel: Fleksibel dan jangkauannya lebih luas

Dikenal juga dengan sebutan audio splitter Y shape, bentuk splitter ini adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Karena dilengkapi kabel, tipe audio splitter ini lebih fleksibel dan memiliki ruang gerak yang lebih luas. Sayangnya, splitter mungkin bisa cepat rusak saat kabelnya tertarik terlalu kuat atau terlilit. Untuk mencegahnya, pilihlah produk yang dilengkapi module moving dan fitur tangle free.

Periksa model audio jack-nya

Periksa model audio jack-nya

Audio jack atau jack plug memiliki ukuran yang beragam. Adapun yang umum dipakai untuk earphone dan microphone adalah yang berukuran 3,5 mm. Nah, ukuran audio jack inilah yang biasanya dipakai pada audio splitter. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua audio jack akan cocok atau kompatibel dengan gadget yang Anda miliki? Ada dua model audio jack yang sering ditemukan pada audio splitter, yaitu TRS dan TRRS.


  • TRS (Tip, Ring, Sleeve)

Model audio jack ini memiliki dua cincin (garis hitam) dan tiga pin (pole). Audio jack ini mampu membawa tiga buah signal, yakni dari kanan, kiri, dan ground. Model audio jack TRS bisa digunakan pada headphone, microphone, kamera, komputer, dan speaker stereo


  • TRRS (Tip, Ring, Ring, Sleeve)

TRRS jack terdiri dari tiga cincin (garis hitam) dan empat pin (pole). Model audio jack ini akan membawa signal kanan, kiri, ground, dan mic. Tipe ini kompatibel dengan ponsel, tablet, dan laptop untuk disambungkan kepada earphone, headphone, dan headset yang dilengkapi microphone.

10 Rekomendasi audio splitter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk audio splitter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Travel BlueDual Music Adaptor

TB-562

Mulai dari Rp 89.900,00

Jenis splitterMale to female
OutputAudio - audio
Model audio jackTRRS
BentukDengan kabel
9

UGREENHeadphone Splitter Cable with Mic

AV141

Mulai dari Rp 55.000,00

Jenis splitterMale to female
OutputAudio - microphone
Model audio jackTRRS
BentukDengan kabel (Y shape)
8

COSTAAudio Splitter Combiner 1 Female 2 Male Mic Adapter Jack

Mulai dari Rp 30.000,00

Jenis splitterFemale to male
OutputAudio - microphone
Model audio jackTRS
BentukDengan kabel (Y shape)
7

UNEEDAux Audio Splitter Cable Male - Female

UCB451X

Mulai dari Rp 99.000,00

Jenis splitterMale to female
OutputAudio - audio
Model audio jackTRS
BentukDengan kabel
6
Jenis splitterUSB
OutputAudio - microphone (4 port)
Model audio jackTidak ada
BentukUSB tanpa kabel
5

PlextoneUSB Sound Card Adapter

GS3 Mark II

Mulai dari Rp 110.000,00

Jenis splitterUSB
OutputAudio - microphone (3 port)
Model audio jackTidak ada
BentukUSB dengan kabel
4

VentionKabel Aux Audio Splitter 3.5mm Female to 2 Male

Mulai dari Rp 37.000,00

Jenis splitterFemale to male
OutputAudio - microphone
Model audio jackTRS
BentukDengan kabel (Y shape)
3

JOYSEUSEarphone Adapter Double Jack Plug Stereo

OT0014

Mulai dari Rp 39.900,00

Jenis splitterMale to female
OutputAudio - audio
Model audio jackTRS
BentukTanpa kabel
2

RexusKabel Audio dan Mic Splitter 2 To 1 / 3.5mm / Male to 2 Female

Mulai dari Rp 39.000,00

Jenis splitterMale to female
OutputAudio - microphone
Model audio jackTRRS
BentukDengan kabel (Y shape)
1
Jenis splitterMale to female
OutputAudio - microphone
Model audio jackTRRS
BentukTanpa kabel

Baca juga rekomendasi kabel dan konektor lainnya di sini

Di bawah ini, kami menyiapkan rekomendasi produk kabel dan konektor lain yang mungkin Anda butuhkan. Simak ulasan lengkap dari masing-masing produk melalui tautan yang tersedia!

Kesimpulan

Meski telah ada teknologi wireless, seperti Bluetooth, berbagi musik menggunakan audio splitter memiliki kesan yang tak dapat tergantikan. Dengan alat ini, Anda bisa berbagi musik favorit secara berdekatan bersama orang spesial.


Demikian penjelasan kami terkait fungsi audio splitter, cara memilih, serta rekomendasinya untuk Anda. Semoga ulasan yang kami berikan dapat membantu Anda memperoleh audio splitter yang tepat dan berkualitas. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Otterbox, Nillkin, dan Mocolo. Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger type C, kabel charger iPhone, hingga kabel charger magnet.Di artikel ini Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer seperti Baseus Type-C Automatic Power-Off, Vyatta Aramid Micro Cable, dan Cafele Retractable 3 in 1 USB Cable. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Handsfree Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handsfree Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Handsfree headset sangat berguna ketika kedua tangan Anda sibuk sehingga tidak bisa menjawab telepon, misalnya saat memasak, olahraga, atau mengendarai mobil. Banyaknya handsfree headset keluaran Sony, Miniso, Baseus, dan sebagainya yang dilengkapi berbagai fitur bisa saja membuat Anda bingung saat memilih.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi merek handsfree headset yang bagus agar Anda semakin mudah untuk memilih. Simak seluruh artikel ini sampai habis dan temukan handsfree headset yang paling sesuai untuk Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori