• 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Selain meningkatkan keamanan, kalung kucing juga membuat peliharaan kesayangan Anda tampil makin lucu. Kini sudah banyak produk yang bagus di pasaran. Ada yang diberi nama, lonceng, bahkan antikutu. Anda juga bisa menambahkan GPS untuk selalu melacak kucing.


Kami akan membagikan cara memilih kalung kucing. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kalung kucing yang bagus dari berbagai merek. Ada produk dari Beaphar, Gentle Pup, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas, lho. Untuk kucing lokal atau Anggora, semuanya cocok. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Doel
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kalung kucing

Kalung kucing bervariasi dari segi tipe, ukuran, dan bahannya. Anda bisa mengutamakan fungsi atau penampilan sesuai kebutuhan. Akan tetapi, Anda perlu memahami poin-poin cara memilihnya lebih dahulu. Silakan simak penjabarannya dari kami berikut ini.

Sesuaikan tipe kalung kucing dengan kebutuhan

Mengenali tipe kalung kucing yang beredar di pasaran akan banyak membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Oleh karenanya, kami akan memperkenalkan tipe-tipenya untuk Anda di bawah ini. Disimak baik-baik agar Anda tidak salah pilih, ya.

Tipe antikutu, cara praktis untuk mengusir kutu

Tipe antikutu, cara praktis untuk mengusir kutu

Untuk kucing yang diletakkan di area outdoor, Anda bisa memilih anti flea collar atau kalung antikutu. Kalung ini merupakan cara praktis dan ekonomis untuk mengusir kutu dari peliharaan kesayangan Anda. Cukup dengan dikalungkan pada leher kucing, produknya sudah akan bekerja. Perlu diketahui, kalung antikutu hanya efektif untuk area di sekitar leher dan kepala kucing.


Namun, kalung antikutu umumnya tidak aman untuk kucing. Kalung ini bekerja dengan memancarkan bahan kimia untuk membasmi kutu ke area sekitar kulit kepala kucing. Bahan kimia seperti karbamat dan organofosfat sering digunakan sebagai pembasmi kutu. Kedua bahan kimia tersebut termasuk insektisida yang berbahaya bagi kucing.


Memeriksa riwayat produknya penting untuk dilakukan. Belakangan ini, kabar kematian kucing yang diduga berkaitan dengan kalung antikutu makin santer. Produknya memang mengandung bahan-bahan kimia. Jadi, pastikan produk pilihan Anda aman untuk kucing Anda. Berkonsultasi pada klinik atau dokter hewan terlebih dahulu juga dapat dilakukan.


Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan kalung antikutu tidak menghilangkan semua kutu yang ada pada kucing. Kalung jenis ini hanya menghilangkan kutu yang ada disekitar leher dan kepala

Tipe breakaway, mudah dilepas dan dipasang

Tipe breakaway, mudah dilepas dan dipasang

Kalung ini didesain agar mudah dilepas dengan suatu alasan. Saat tersangkut, kucing Anda bisa menariknya untuk lepas sendiri. Sedikit tarikan membuat sistem penguncian kalung tipe breakaway terbuka. Kucing Anda pun terbebas dari bahaya tercekik jika kalungnya tersangkut. Tentu Anda akan lebih lega saat tidak ada di tempat untuk menolongnya.


Namun, jangan heran kalau breakaway collar sering hilang, terutama untuk kucing outdoor. Dengan sistem penguncian yang mudah dioperasikan, kalungnya cenderung mudah lepas saat tersangkut. Untuk kucing indoor, kalung ini cenderung lebih awet.

Tipe lonceng, mencegah kucing berburu

Tipe lonceng, mencegah kucing berburu

Kucing Anda tidak bisa lepas dari kebiasaan berburu? Berikan saja kalung kucing tipe ini. Karena kalungnya dilengkapi lonceng, kucing Anda akan membuat mangsanya lebih waspada. Hasil tangkapan kucing Anda pun akan berkurang drastis.


Dengan demikian, Anda dapat memastikan kucing kesayangan aman dari kuman dan bakteri yang dibawa hewan liar. Tipe lonceng juga membantu pemilik untuk mengawasi kucingnya jika berada di luar ruangan.

Tipe tradisional, tidak mudah lepas dan hilang

Tipe tradisional, tidak mudah lepas dan hilang

Kalung ini menggunakan sistem penguncian seperti gesper pada ikat pinggang yang Anda gunakan. Alhasil, tipe ini mengunci dengan baik pada leher kucing Anda. Namun, hal tersebut juga membuat kucing Anda kesulitan melepaskan diri saat kalungnya tersangkut. Kalung tipe ini sebaiknya jangan diikat terlalu ketat dan dilonggarkan sedikit agar kucing tidak sesak.


Kalung tipe tradisional lebih aman untuk kucing indoor karena Anda bisa selalu mengawasinya. Bila kucing Anda juga diperbolehkan ke luar rumah, sebaiknya pertimbangkan lagi keputusan Anda untuk memilih kalung ini. Pasalnya, hanya Anda yang dapat melepas dan memasang produknya.

Pastikan Anda tidak salah memilih ukurannya

Pastikan Anda tidak salah memilih ukurannya

Kalung kucing yang beredar di pasaran umumnya memiliki ukuran panjang 30 cm dan lebar 1 cm. Panjangnya bisa diatur 20–30 cm sesuai lingkar leher kucing. Ukuran tersebut merupakan standar untuk kucing dewasa dengan berat badan yang ideal.


Sementara itu, Anda memerlukan kalung yang lebih kecil untuk anak kucing atau kitten. Panjang kalung yang ideal untuk anak kucing adalah 15 cm. Namun, anak kucing belum disarankan untuk diberi kalung. Mereka bahkan belum cukup kuat untuk melepas breakaway collar.


Bila kucing Anda tergolong gemuk, kalung yang sedikit lebih besar dapat dipilih. Kalung untuk kucing kecil bahkan akan terlihat pas pada kucing dewasa yang gemuk. Agar tidak sesak, pastikan Anda bisa memasukkan dua jari di antara leher kucing dan kalung.

Periksa bahan dari kalung kucing

Kain seperti poliester atau nilon menjadi bahan terbaik untuk kalung kucing karena ringan sekaligus kuat. Kekuatan tarik nilon sendiri lebih tinggi daripada poliester. Akan tetapi, Anda tetap perlu memeriksa kualitas jahitannya untuk menemukan produk yang awet.


Selain kain, Anda juga bisa menemukan kalung kucing dari kulit asli atau sintetis. Perlu diketahui, produknya tidak sebanyak yang terbuat dari kain. Kalung kulit menawarkan tampilan keren dan awet. Namun, fiturnya cenderung tidak sebanyak yang kain.


Perlu diketahui, bahan-bahan tersebut tidak akan Anda temukan pada kalung antikutu. Pasalnya, anti flea collar membutuhkan bahan berbeda seperti plastik atau silikon untuk bisa bekerja. Jadi, tidak mudah untuk menyesuaikan tipe dan bahan kalung yang Anda inginkan.

Ingin diberi nama? Pilih yang bisa dikustomisasi

Ingin diberi nama? Pilih yang bisa dikustomisasi

Brand umumnya tidak memberikan jasa kustomisasi. Jika ingin mencetak nama kucing pada kalung kucing, Anda perlu mencari perajin kalung kucing. Beda perajin, beda pula jasanya. Ada yang mencetak nama kucing saja, ada juga yang disertai informasi lain. Jika kucing Anda sering lari keluar rumah, kustomisasi nama pada kalung sangat diperlukan sebagai identitasnya.


Mencetak nama pada kalung memang ditujukan untuk estetika. Untuk fungsi, Anda bisa menambahkan alamat dan nomor telepon. Jika sewaktu-waktu kucing Anda tersesat, seseorang dapat menghubungi Anda lewat informasi di kalungnya. Bila Anda khawatir dengan penculik, sebaiknya tidak perlu mencetak nama kucing pada kalungnya.

10 Rekomendasi kalung kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kalung kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10
TipeBreakaway, calming
UkuranTidak tercantum
BahanPlastik
9

Gentle PupGentle Purr Cat Collar

Mulai dari Rp 130.000,00

TipeBreakaway, lonceng
Ukuran20–30 cm x 1 cm
BahanKain
8

HiDREAMProfusion Series of Cat Collar

Mulai dari Rp 108.000,00

TipeBreakaway, lonceng
Ukuran20–30 cm x 1 cm
BahanPoliester
7
TipeAntikutu
UkuranPanjang 38 cm
BahanSilikon
6
TipeAntikutu, breakaway
UkuranTidak tercantum
BahanTidak tercantum
5
TipeBreakaway, reflective
Ukuran21–33 cm x 1 cm
BahanNilon
4
TipeBreakaway, lonceng
Ukuran20 cm x 1 cm
BahanKain
3

Crafle's Cat Necklace

Mulai dari Rp 25.000,00

TipeLonceng
UkuranTidak tercantum
BahanTidak tercantum
2

Kalung Kucing Kulit Asli Custom Nama Stainless Steel

Mulai dari Rp 100.000,00

TipeLonceng, tradisional
Ukuran30 cm x 1 cm
BahanKulit
1

Lood Kalung Kucing Kulit Asli

Mulai dari Rp 85.000,00

TipeLonceng, tradisional
Ukuran35 cm x 1cm
BahanKulit

Tabel perbandingan produk kalung kucing terbaik

Gambar produk
1
Lood Kalung Kucing Kulit Asli 1

2
Kalung Kucing Kulit Asli Custom Nama Stainless Steel 1

3
Crafle's Cat Necklace 1

4
Pawise Cat Collar 1

Pawise

5
Bejiary Reflective Nylon Collar XS 1

Bejiary

6
Hartz Ultra Guard Flea & Tick Collar 1

Hartz

7
yaou care Flea & Tick Collar 1

yaou care

8
HiDREAM Profusion Series of Cat Collar 1

HiDREAM

9
Gentle Pup Gentle Purr Cat Collar 1

Gentle Pup

10
Beaphar Calming Collar 1

Beaphar

Nama produk

Lood Kalung Kucing Kulit Asli

Kalung Kucing Kulit Asli Custom Nama Stainless Steel

Crafle's Cat Necklace

Cat Collar

Reflective Nylon Collar XS

Ultra Guard Flea & Tick Collar

Flea & Tick Collar

Profusion Series of Cat Collar

Gentle Purr Cat Collar

Calming Collar

Keunggulan

Liontinnya dari kulit, tidak membebani kucing sama sekali

Sudah sepaket dengan tali tuntun. Kucing Anda siap diajak jalan-jalan, deh!

Pitanya yang lucu membuat anabul tampil makin cantik

Kalung kucing yang manis dengan harga bersahabat

Memantulkan cahaya, anabul tetap aman dalam kondisi gelap

Mengusir kutu dari kucing kesayangan sampai 7 bulan lamanya

Cukup panjang untuk kucing yang gemuk

Dapat dicuci sehingga terlihat baru setiap saat

Tersedia bandana dan harness dalam motif yang sama, kucing pun dapat tampil dengan OOTD

Solusi untuk kucing yang sering panik dalam keramaian

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 100.000,00Rp 25.000,00Rp 29.000,00Rp 20.000,00Rp 124.000,00Rp 40.000,00Rp 108.000,00Rp 130.000,00Rp 102.000,00
TipeLonceng, tradisionalLonceng, tradisionalLoncengBreakaway, loncengBreakaway, reflectiveAntikutu, breakawayAntikutuBreakaway, loncengBreakaway, loncengBreakaway, calming
Ukuran35 cm x 1cm30 cm x 1 cmTidak tercantum20 cm x 1 cm21–33 cm x 1 cmTidak tercantumPanjang 38 cm20–30 cm x 1 cm20–30 cm x 1 cmTidak tercantum
BahanKulitKulitTidak tercantumKainNilonTidak tercantumSilikonPoliesterKainPlastik
Tautan produk

Apakah kucing boleh mengenakan kalung?

Apakah kucing boleh mengenakan kalung?

Kalung kucing memang menawarkan banyak manfaat. Produknya menjadi identitas bahwa kucing tersebut tidaklah liar. Selain itu, kucing bisa kembali ke pemiliknya berkat bantuan kalung. Namun, apakah kalung menjamin keamanan kucing Anda setiap saat?


Breakaway collar dianjurkan untuk kucing yang boleh beraktivitas di luar. Keamanan harus dikedepankan ketimbang penampilan atau dana. Selain tipenya, kondisi kalung juga perlu diperhatikan. Gantilah kalung yang benangnya sudah berjumbai. Kalung juga tidak perlu digunakan terus-menerus, terlebih saat kucing Anda sedang di area rumah.


Selain keamanan, Anda juga perlu memperhitungkan kenyamanan kucing. Segeralah lepas kalungnya jika ada reaksi pada kulit kucing, misalnya iritasi. Apabila kucing Anda gelisah atau berubah sifatnya setelah diberi kalung, sebaiknya tidak perlu dipaksakan.


Pemberian kalung untuk kucing indoor lebih fleksibel. Namun, bila kondisinya tidak terlalu mendesak, Anda bisa mempertimbangkan untuk tidak memberi kalung untuk kucing Anda. Pastikan keamanan dan kenyamanan kucing kesayangan Anda menjadi prioritas.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk kucing di sini

Bukan hanya kalung yang bisa Anda berikan untuk kucing kesayangan. Perlengkapan lainnya pun tak kalah penting, contohnya pet carrier dan kandang. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda, lho! Yuk, kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Sudah menemukan kalung yang cocok untuk kucing Anda? Tipe kalung kucing yang beredar di pasaran bervariasi. Alangkah baiknya bila Anda mengenali tiap tipenya terlebih dahulu. Dengan begitu, kucing Anda akan mendapatkan tipe yang terbaik untuknya.


Selanjutnya, pilihlah produk dengan ukuran yang pas dan material yang aman. Yang dapat dikustomisasi pun tersedia. Mau diberi nama dan alamat juga bisa. Tidak hanya meningkatkan keamanan, kalung kucing terbaik juga akan mempercantik hewan kesayangan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin kucing diperlukan untuk menjaga kesehatan peliharaan Anda. Jenisnya bermacam-macam, dari vitamin untuk kucing sakit, menggemukkan badan, memperindah bulu, hingga menambah nafsu makan. Vitamin kucing ini tersedia dalam kemasan botol dan sachet. Di antara semua jenis ini, Anda perlu tahu merek dan harga vitamin yang bagus untuk kucing.Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan vitamin kucing terbaik merek Maxcat, Olive Care, hingga Nutri-plus Gel. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Area sekitar litter box pun jadi beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga Kit Cat merupakan contoh merek pasir kucing wangi yang bagus di pasaran. Dalam artikel ini kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing terbaik. Kami juga sudah mencantumkan beragam rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memberi kucing Anda obat diare kucing paling ampuh. Kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus, seperti Primacat dan Olive Care. Agar Anda mendapatkan obat diare kucing terbaik, simak artikel sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cat hammock atau tempat tidur kucing gantung belakangan ini makin populer di kalangan cat lovers. Dengan ayunan pelan dari cat hammock, kucing Anda bisa beristirahat dengan relaks di atasnya. Akan tetapi, terdapat banyak tipe cat hammock di pasaran dengan beragam jenisnya. Jadi, cat hammock seperti apakah yang tepat untuk kucing Anda?Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merekomendasikan produk-produk cat hammock yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memaparkan cara memilihnya. Pilihlah produk terbaik dari rekomendasi kami dan ciptakanlah tidur yang berkualitas untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori