1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Kamar mandi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bak Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Meski banyak kamar mandi yang menggunakan shower, bak mandi dengan gayung masih menjadi primadona. Kini Anda tidak perlu repot membuat bak mandi sendiri, Anda bisa mudah membelinya dengan berbagai desain yang menarik. Mulai dari desain minimalis hingga yang aesthetic, semua bisa Anda temukan.


Jika Anda berencana membeli bak mandi, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Rekomendasi bak mandi terbaik seperti merek Alco dan Walrus juga sudah kami siapkan. Bak mandi yang bagus dari bermacam bahan, seperti keramik, fiber, marmer, dan plastik akan kami ulas. Yuk, langsung disimak!

Diperbaharui 01-31-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 30 Januari 2023)

Cara memilih bak kamar mandi

Berikut ini adalah beberapa penjelasan yang perlu Anda perhatikan saat memilih bak kamar mandi. Pastikan Anda membacanya sampai akhir supaya tidak salah pilih.

① Pilih berdasarkan bahan yang digunakan

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, bak mandi yang dijual di pasaran dibuat dari berbagai bahan. Mari cari tahu karakteristik tiap bahan agar Anda makin mudah menemukan yang paling cocok untuk Anda.

Keramik, awet dan tahan lama

Keramik, awet dan tahan lama

Bak mandi dari keramik paling umum digunakan di dalam kamar mandi masyarakat Indonesia. Dahulu Anda harus membuat sendiri bak mandi jenis ini menggunakan batu bata yang dilapisi dengan keramik. Namun, kini Anda bisa membeli bak mandi keramik dalam keadaan sudah jadi.


Bak mandi dari keramik memang terkenal awet dan tahan lama. Strukturnya yang kokoh menjadikan bak mandi ini disukai banyak orang. Bak mandi keramik mudah disesuaikan dengan warna keramik lantai yang biasanya berwarna-warni. Selain itu, bak mandi dari keramik juga mudah dibersihkan. Sayangnya, pemasangan bak mandi ini cukup sulit dan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman.

Marmer, memberikan tampilan mewah dan elegan

Marmer, memberikan tampilan mewah dan elegan

Bak mandi marmer dibuat dari campuran batu kapur yang dihancurkan, serbuk marmer, serta resin poliester. Untuk Anda yang ingin memberikan tampilan yang mewah pada kamar mandi Anda, pilih bak mandi dari marmer. Bak mandi marmer memiliki permukaan yang mengilap dengan berbagai corak. 


Anda akan menemukan bak mandi marmer putih polos atau bercorak bintik yang terlihat sangat elegan. Permukaan bak mandi dari marmer tergolong tahan lama. Selain itu, bak mandi ini juga dijual dalam bermacam-macam bentuk yang unik dan menarik.

Fiber, pemasangan dan perawatan mudah

Fiber, pemasangan dan perawatan mudah

Berbeda dengan bak mandi dari dua jenis bahan sebelumnya, bak mandi fiber memiliki bobot yang lebih ringan. Karena itu, pemasangan bak mandi ini juga lebih mudah. Bak mandi fiber biasanya didesain menyudut sehingga tukang bangunan hanya perlu memolesnya dengan semen di tiap sudut bak mandi.


Di samping itu, bak mandi dari fiber juga mudah dibersihkan. Anda bisa menyikat bak mandi ini dengan cairan pembersih untuk membersihkannya. Dari segi harga, bak mandi dari fiber juga lebih terjangkau. Namun, karena desainnya hanya menyudut, bak mandi ini terkesan monoton.

Plastik, harganya murah dan ringan

Plastik, harganya murah dan ringan

Nah, jika Anda menginginkan produk yang harganya murah, jatuhkan pilihan pada bak mandi plastik. Bak mandi plastik dijual dengan harga paling murah dibandingkan bahan-bahan lain. Bobot bak mandi ini pun juga paling ringan di antara bahan lainnya. 


Karena sangat ringan, bak mandi plastik mudah dipindahkan ke mana pun. Bak mandi ini sangat cocok untuk anak kos atau Anda yang hidup seorang diri di tempat yang tidak luas. Kekurangan bak mandi ini adalah tidak awet dan mudah retak. Karena itu, Anda perlu berhati-hati menggunakan bak mandi ini.

② Pastikan desain bak mandinya Anda sukai

Desain bak mandi yang Anda pilih memengaruhi keindahan interior kamar mandi Anda. Terdapat dua desain bak mandi yang kami rekomendasikan. Pilihlah desain bak mandi sesuai preferensi dan selera Anda.

Minimalis, untuk kesan simpel dan mementingkan fungsi

Minimalis, untuk kesan simpel dan mementingkan fungsi

Jika luas kamar mandi Anda terbatas, sebaiknya pilih bak mandi dengan desain minimalis. Tidak hanya berbentuk persegi menyudut, bak mandi minimalis juga ditawarkan dalam bentuk oval atau bulat. Bak mandi berbentuk bulat dan oval akan memberikan kesan berbeda dari kamar mandi biasanya.


Bak mandi minimalis ini akan memberikan kesan simpel pada interior kamar Anda. Tidak perlu berlebihan, fungsi bak mandi ini akan tetap Anda dapatkan. Tentunya bak mandi ini hanya cukup untuk menampung beberapa liter air. Meski minimalis, usahakan untuk memilih bak mandi yang modern, ya!

Aesthetic, mengedepankan keindahan interior kamar mandi

Aesthetic, mengedepankan keindahan interior kamar mandi

Satu lagi desain bak mandi yang banyak dijual adalah desain aesthetic. Bak mandi ini umumnya berwarna cerah dengan beberapa hiasan di beberapa bagiannya. Bak mandi ini memang didesain untuk mengedepankan keindahan kamar mandi Anda. 


Interior kamar mandi Anda pun akan tampak indah atau aesthetic yang pastinya membuat Anda nyaman dan betah. Tentunya Anda harus menyerasikan warna bak mandi dengan warna lantai dan dinding, ya!

③ Sesuaikan kapasitasnya dengan kamar mandi Anda

Sesuaikan kapasitasnya dengan kamar mandi Anda

Seperti Anda ketahui, bak mandi biasanya ditempatkan secara permanen di sudut kamar mandi. Karena itu, sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui ukuran kamar mandi dan menyesuaikannya dengan kapasitas bak mandi. 


Jika Anda membeli secara online, informasi mengenai kapasitas bak mandi umumnya sudah tercantum pada deskripsi produk. Nah, sebagai gambaran dalam memilih kapasitas bak mandi, Anda bisa membaca panduan berikut ini. 


  • Bak mandi dengan kapasitas 45 liter kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kamar mandi sempitNamun, kapasitas tersebut lebih cocok digunakan oleh perorangan atau pasangan yang baru menikah.

  • Bak mandi dengan kapasitas 120 liter kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kamar mandi cukup besar. Biasanya, kapasitas ini digunakan untuk keluarga kecil atau beranggotakan 3–4 orang.

  • Bak mandi dengan kapasitas 220 liter kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kamar mandi luas. Kapasitas tersebut bisa mencukupi kebutuhan air keluarga dengan jumlah anggota 5–6 orang.

10 Rekomendasi bak mandi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bak mandi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bak Mandi Teraso Melon

 Bak Mandi Teraso Melon 1枚目

Bak mandi unik untuk space terbatas

2

Walrus

Bak Mandi

Walrus Bak Mandi  1枚目

Wanita pun bisa memasang bak mandi ini dengan mudah

3

Bak Mandi Kapsul Model Miring

 Bak Mandi Kapsul Model Miring 1枚目

Bak mandi aesthetic yang akan membuat kamar mandi menjadi menarik

4

Alco

Bak Air Mandi Sudut Luxury Fiber Glass

Alco Bak Air Mandi Sudut Luxury Fiber Glass 1枚目

Bak mandi sudut yang terkesan mewah, tetapi harganya ekonomis

5

Sentra Terrazzo Indonesia

Bak Mandi Terrazzo Marmer Bali

Sentra Terrazzo Indonesia Bak Mandi Terrazzo Marmer Bali 1枚目

Dilapisi dengan antilumut bikin bak mandi mengilap sepanjang waktu!

6

Sentra Terrazzo Indonesia

Bak Mandi Teraso Kotak

Sentra Terrazzo Indonesia Bak Mandi Teraso Kotak 1枚目

Bak mandi kotak berbahan marmer? Ada, kok!

7

Bak Mandi Terazzo Tawon

 Bak Mandi Terazzo Tawon 1枚目

Dihiasi motif tawon, cocok untuk Anda yang menyukai desain antimainstream

8

Bak Mandi Teraso Bakul plus Tutup

null Bak Mandi Teraso Bakul plus Tutup 1枚目

Dilengkapi penutup, aman dari sarang nyamuk

9

Bak Mandi Minimalis Marble

 Bak Mandi Minimalis Marble  1枚目

Bak mandi berdesain minimalis dan tidak mudah rusak

10

Catur Sentosa Adiprana

VOLK Bak Mandi Oval

Catur Sentosa Adiprana VOLK Bak Mandi Oval 1枚目

Bak kamar mandi plastik dengan kualitas mumpuni

Perincian produk
Close
No.1

Bak Mandi Teraso Melon

Mulai dari Rp450.000,00

Bak mandi unik untuk space terbatas

Kelebihan:

  • Ukurannya tidak terlalu besar, cocok untuk kamar mandi kecil

Kekurangan:

  • Produk tidak ready stock, pengemasan memerlukan waktu 7 hari

Bak mandi dengan bentuk menyerupai buah melon ini terlihat sangat menarik saat dipadukan dengan interior kamar mandi minimalis. Ukurannya pun mungil sehingga pas untuk Anda yang memiliki kamar mandi dengan space terbatas.


Meski berukuran mungil, Bak Mandi Teraso Melon ini dapat menampung sekitar 45 liter air, lho. Jumlah yang lebih dari cukup untuk penggunaan harian keluarga kecil, bukan?

No.2

Wanita pun bisa memasang bak mandi ini dengan mudah

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi panel, gayung, dan avur (filter saluran pembuangan air)
  • Pilihan warna cukup banyak, mudah disesuaikan dengan preferensi masing-masing

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan kapasitas, yaitu 120 liter

Kami merekomendasikan bak mandi ini untuk Anda wanita yang tinggal sendiri. Tidak perlu tenaga lebih, Anda bisa dengan mudah memasang bak mandi ini. Ya, produk ini berbobot ringan serta memiliki komponen yang minim sehingga mudah dipasang oleh siapa pun, termasuk wanita. 


Proses penyatuan dengan komponen lain juga mudah berkat bahannya yang lentur. Dengan karakteristik bahan yang lentur tersebut, produk ini diklaim tahan benturan dan tidak mudah rusak.

No.3

Bak Mandi Kapsul Model Miring

Mulai dari Rp395.000,00

Bak mandi aesthetic yang akan membuat kamar mandi menjadi menarik

Kelebihan:

  • Desainnya akan membuat interior kamar mandi tampak menarik

Kekurangan:

  • Karena bentuk mulutnya miring, daya tampung bak menjadi tidak terlalu banyak

Jika Anda ingin tampilan kamar mandi terlihat menawan, pilih saja bak mandi ini. Dengan meletakkan bak mandi ini, kamar mandi Anda niscaya akan makin terlihat estetik. Pasalnya, produk ini berbentuk miring di bagian mulut bak mandinya. 


Bak mandi estetik ini juga tersedia dalam berbagai varian warna yang dapat membuat kamar mandi terlihat lebih semarak. Hadir dalam variasi ukuran yang besar, produk ini pas untuk Anda yang memiliki kamar mandi luas.

No.4

AlcoBak Air Mandi Sudut Luxury Fiber Glass

Mulai dari Rp554.000,00

Bak mandi sudut yang terkesan mewah, tetapi harganya ekonomis

Kelebihan:

  • Tampilannya terlihat eksklusif meski tidak terbuat dari marmer
  • Tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 120 liter dan 220 liter
  • Kapasitas cukup banyak, cocok untuk menampung kebutuhan air harian

Kekurangan:

  • Bagian dasar bak tidak rata, mungkin sedikit menyulitkan saat ingin dibersihkan

Jika Anda menginginkan bak mandi sudut yang tampak mewah dan tidak biasa, pilih produk ini. Tidak perlu membeli bak mandi marmer, produk dari Alco ini dibuat berbahan fiberglass yang mengilap sehingga terkesan mewah.


Bahan yang digunakan ini juga diklaim kuat dan tahan lama. Jadi, Anda bisa memakai bak mandi ini dalam waktu lama. Soal harga, produk ini tentu lebih ekonomis dari bak mandi marmer. Tambahan lagi, produk ini memiliki kapasitas air yang cukup banyak untuk kebutuhan harian keluarga.

No.5

Sentra Terrazzo IndonesiaBak Mandi Terrazzo Marmer Bali

Mulai dari Rp850.000,00

Dilapisi dengan antilumut bikin bak mandi mengilap sepanjang waktu!

Kelebihan:

  • Penutup pada lubang kuras bisa dibuka tutup dengan mudah, tidak perlu menggunakan alat bantu
  • Diklaim tidak mudah pecah karena menggunakan rangka besi

Kekurangan:

  • Bobot produk cukup berat sehingga mungkin akan menyulitkan ketika ingin memindahkan posisinya


Jika Anda merasa repot harus sering membersihkan bak mandi, kami sarankan untuk membeli produk ini. Tanpa harus dicuci secara rutin, produk ini akan tetap mengilap berkat lapisan antilumut yang diberikan.


Bak mandi yang satu ini sudah terjamin kualitasnya. Produk ini menggunakan bahan-bahan premium dan dibuat oleh ahlinya. Selain itu, bak mandi ini sangat tebal dan kuat sehingga Anda bisa menggunakannya bertahun-tahun. Namun, karena cukup berat, pemasangan produk ini sedikit merepotkan.

No.6

Sentra Terrazzo IndonesiaBak Mandi Teraso Kotak

Mulai dari Rp850.000,00

Bak mandi kotak berbahan marmer? Ada, kok!

Kelebihan:

  • Bentuk dan ukurannya cocok untuk kamar mandi berdesain minimalis

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk keluarga besar karena kapasitasnya hanya 45 liter

Apakah Anda bosan dengan bentuk bak mandi teraso yang begitu-begitu saja? Jika iya, coba pertimbangkan produk yang satu ini. Jika kebanyakan bak mandi berbahan teraso berbentuk bulat, produk ini justru berbentuk kotak atau persegi.


Bentuk tersebut tentunya membuat kamar mandi Anda tampak istimewa. Ditambah lagi, karena terbuat dari bahan marmer, produk ini terbilang kokoh, terlihat elegan, dan memiliki tampilan glossy.

No.7

Bak Mandi Terazzo Tawon

Mulai dari Rp575.000,00

Dihiasi motif tawon, cocok untuk Anda yang menyukai desain antimainstream

Kelebihan:

  • Motifnya unik, membuat suasana kamar mandi terasa fresh

Kekurangan:

  • Informasi mengenai kapasitas tidak dicantumkan dengan jelas


Bosan dengan bak mandi yang itu-itu saja? Ganti saja bak mandi Anda dengan produk ini. Yang membuat bak mandi ini begitu menarik adalah adanya motif tawon pada produk ini. Motif ini dapat membantu menciptakan suasana yang santai dan alami. 


Selain itu, air di dalam bak mandi akan terasa lebih sejuk berkat bahan teraso sebagai bahan utamanya. Kami yakin kamar mandi Anda akan terlihat lebih menarik dengan produk ini.

No.8

Bak Mandi Teraso Bakul plus Tutup

Mulai dari Rp1.140.000,00

Dilengkapi penutup, aman dari sarang nyamuk

Kelebihan:

  • Terdapat penutup agar nyamuk tidak berkembang biak
  • Kamar mandi tampak senada berkat desain gayung yang sama dengan penutup

Kekurangan:

  • Tidak terdapat pilihan kapasitas yang lebih besar


Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin mencegah nyamuk bersarang di kamar mandi. Pasalnya, bak mandi ini dilengkapi dengan penutup agar nyamuk tidak mudah bertelur. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket yang dilengkapi dengan gayung kayu. Alhasil, kamar mandi Anda pun kental dengan atmosfer pedesaan.

No.9

Bak Mandi Minimalis Marble

Mulai dari Rp1.349.000,00

Bak mandi berdesain minimalis dan tidak mudah rusak

Kelebihan:

  • Finishing rapi dan tidak terlihat bagian yang cacat menurut pembeli


Kekurangan:

  • Pilihan warna cukup terbatas, hanya putih dan putih gading

Bak mandi sudut biasanya cenderung disukai oleh konsumen karena bisa mengoptimalkan ruang dalam kamar mandi. Jika Anda termasuk salah satunya, mungkin Anda akan menyukai produk berbahan marmer ini.


Namun, alih-alih berbentuk seperempat lingkaran, produk ini didesain dengan bentuk sudut-sudut. Alhasil, tampilannya menjadi lebih menawan dan kian menambah daya tarik bak mandi ini. Dari segi kapasitas, ukuran produk ini cukup besar untuk kebutuhan air sehari-hari dalam rumah tangga. 

No.10

Catur Sentosa AdipranaVOLK Bak Mandi Oval

Mulai dari Rp984.000,00

Bak kamar mandi plastik dengan kualitas mumpuni

Kelebihan:

  • Memiliki beberapa pilihan warna, bisa disesuaikan dengan selera dan interior kamar mandi

Kekurangan:

  • Ulasan yang diberikan oleh pembeli mengenai produk ini masih cukup minim


Jika Anda sedang mencari bak kamar mandi dengan kualitas yang bagus, kami merekomendasikan produk dari VOLK. VOLK merupakan salah satu brand dari Catur Sentosa Adiprana yang sudah berdiri sejak 1983. Hal ini tentu membuat kualitas produk ini tidak perlu diragukan lagi. 

 

Bukan hanya kualitas, Anda juga diberikan pilihan warna-warna yang sangat menarik, di antaranya Maroon, Tosca, Blue, Ivory, dan White. Dengan tersedianya warna yang beragam, Anda pun lebih mudah menyesuaikan dengan tema kamar mandi.

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamar mandi lainnya di sini

Jika Anda sedang mendekorasi ulang kamar mandi Anda, mungkin Anda membutuhkan perlengkapan lain selain bak mandi. Oleh karena itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel yang mengulas mengenai pintu kamar mandi, wastafel, dan closet. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Bak mandi merupakan salah satu perlengkapan di dalam kamar mandi yang memengaruhi keindahan interiornya. Pilih bak mandi berdasarkan bahan yang digunakan. Anda bisa memilih desain yang Anda sukai, seperti model minimalis atau yang aesthetic.


Terakhir, hal yang tidak boleh dilupakan adalah kesesuaian ukuran bak mandi dengan ukuran kamar mandi Anda. Jadi, sudahkah Anda menemukan bak mandi yang tepat dari produk rekomendasi kami di atas?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer