• 10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Keju edam sering digunakan untuk membuat kue kering. Keju ini memiliki karakter rich of flavour, sedikit asin, nutty, tidak berbau, dan memiliki kandungan lemak sekitar 28%. Dengan bertambahnya usia keju, rasanya pun makin tajam dan kuat. 


Merek keju edam seperti Victoria Dejong, Cheesy, dan Ayam Emas pun cukup populer di Indonesia. Bila Anda ingin membuat kue yang enak, Anda tentu ingin membeli keju edam yang bagus, bukan? Di sini, kami akan sajikan cara memilih dan merekomendasikan keju edam terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2021
  • 137 Views
Daftar isi

Apa itu keju edam?

Apa itu keju edam?

Keju edam adalah semi-hard cheese atau keju semikeras yang berasal dari Belanda. Nama keju ini berasal dari kota Edam yang ada di provinsi Holland Utara. Keju edam terbuat dari susu skim atau susu skim sebagian yang membuatnya menjadi low-fat. Secara tradisional, edam dijual dalam bentuk bulat datar dengan lapisan atau kulit wax parafin berwarna merah.


Di Indonesia, keju edam sering digunakan untuk membuat berbagai macam kue kering. Misalnya untuk membuat kaasstengels dan nastar yang biasa disajikan selama Idul Fitri, Natal, dan Imlek. Jenis keju ini juga biasa digunakan sebagai topping untuk membuat roti bakar, pannenkoek, dan kue cubit.

Cara memilih keju edam

Keju edam memiliki kandungan nutrisi beragam. Mulai dari vitamin A, B6, B12, C, zat besi, riboflavin, fosfor, magnesium, kalsium, dan thiamin yang bermanfaat untuk tubuh. Nah sekarang, mari simak cara memilih keju edam yang kaya akan nutrisi secara lebih mendalam.

Pilih berdasarkan kandungan bahan yang digunakan

Proses dan teknologi pembuatan keju, bahan yang ditambahkan, dan lamanya pematangan keju edam memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Sebagai konsumen, Anda dapat memilih keju edam yang sesuai dengan preferensi Anda.

Keju edam low fat cocok untuk Anda yang sedang diet

Keju edam low fat cocok untuk Anda yang sedang diet

Bila Anda fan berat keju dan sedang diet, Anda mungkin berpikir apakah mungkin bisa menurunkan berat badan jika mengonsumsi keju. Bagaimanapun, keju telah lama mendapat reputasi buruk karena kandungan lemak jenuh tinggi yang dianggap buruk bagi kesehatan.


Faktanya, mengonsumsi keju edam dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Secara tidak langsung, hal ini dapat mendukung program diet Anda karena usus yang sehat dapat melancarkan pencernaan.


Biarpun tidak termasuk jenis keju paling sehat, tetapi keju edam juga bukan keju terburuk untuk dikonsumsi. Ditambah lagi, kini Anda bisa mendapatkan keju edam low-fat di pasaran. Untuk itu, pastikan produk yang Anda beli rendah lemak sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet.

Keju edam vegetarian tidak mengandung rennet hewani

Keju edam vegetarian tidak mengandung rennet hewani

Pada umumnya, proses produksi keju edam tidak menambahkan zat aditif atau pengawet. Hal ini membuat sebagian besar produk keju edam yang tersedia di pasaran menjadi gluten free. Walaupun begitu, sebagai seorang vegetarian, Anda perlu lebih teliti dalam memilih produk. Anda perlu menghindari keju edam yang dibuat dengan tambahan rennet hewani.  


Rennet adalah campuran enzim yang ditambahkan dalam pembuatan keju agar susu dapat menggumpal melalui reaksi kimia alami. Pada umumnya, rennet hewani berasal dari perut anak sapi, domba, atau kambing saat hewan tersebut masih menyusu pada induknya. 


Sementara itu, proses pembuatan keju edam vegetarian sepenuhnya disesuaikan untuk orang yang menjalani pola makan vegetarian. Bahan-bahan yang digunakan tidak melibatkan rennet hewani. Bahan yang dipakai dapat berasal dari sumber protein nabati, rendah lemak, ada taste nutty, ringan, dan creamy


Bila Anda seorang vegetarian dan perlu keju edam, Anda perlu memastikan sumber rennet bukan dari rennet hewani. Anda dapat memilih keju edam versi vegetarian dengan selalu memeriksa label kemasan.

Tentukan tekstur keju edam yang Anda sukai

Tentukan tekstur keju edam yang Anda sukai

Tekstur keju edam dipengaruhi oleh proses pembuatan dan usia keju edam. Keju edam dibuat dari susu sapi yang dipasteurisasi sebagian, dipanaskan hingga suhu 30 derajat celsius lalu ditambahkan bakteri. Selanjutnya, rennet ditambahkan untuk membuat dadih (curd), lalu dipotong kecil-kecil, dan dipanaskan lagi hingga suhu 40 derajat celsius.


Baby edam umumnya memiliki berat di bawah 1kg. Baby edam dibuat dengan tujuan untuk dimakan selagi masih muda, umumnya dalam beberapa minggu setelah diproduksi. Baby edam memiliki tekstur sangat kenyal, rasa yang mild dan nutty. Sedangkan keju edam berukuran besar umumnya berusia lebih tua, lebih kering, dan terasa asin. 


Selama proses pematangan, keju edam mengalami perubahan karakter yang cukup signifikan seperti berikut ini.

  • Rasa khas: berubah dari ringan (mild) menjadi kuat dan tajam.
  • Tekstur: berubah dari lembut dan elastis saat muda, lalu menjadi smooth dan lebih rapuh setelah melalui proses pematangan cukup lama.
  • Penampilan: beberapa lubang kecil mulai terbentuk dengan DL atau L starter culture. Starter culture adalah istilah untuk menggambarkan bakteri yang ditambahkan untuk memulai transformasi susu menjadi keju.

Pilih warna wax yang sesuai karena warna coating menunjukan rasa berbeda

Pilih warna wax yang sesuai karena warna coating menunjukan rasa berbeda

Keju edam yang diekspor ke luar Belanda dilapisi dengan lapisan (coating) berwarna merah dan mengilap. Terkadang, Anda juga dapat melihat wax coating berwarna kekuningan. Maksud digunakannya wax adalah untuk mengawetkan keju dengan mencegah berkembangnya jamur pada bagian permukaan.


Sekarang ini, penggunaan warna wax masih dilakukan dengan fungsi dan tujuan tersebut. Selain itu, penggunaan warna wax juga membantu memasarkan keju edam agar tampilannya berbeda di counter keju supermarket. Hanya saja, keju edam di Belanda dijual tanpa menggunakan wax coating lagi.


Namun, saat banyak turis ke Belanda, seperti saat musim panas, Anda dapat melihat keju edam dilapisi wax. Dengan begitu, keju edam dapat dibeli oleh turis sebagai oleh-oleh yang praktis ketika kembali ke negaranya. Di luar Belanda, ada beberapa warna wax untuk menunjukan karakteristik berbeda.

  • Black wax, keju edam berusia minimal 17 minggu.
  • Green wax, keju edam beraroma herb.
  • Brown wax, keju edam dengan rasa peppercorn.
  • Orange wax, keju edam dengan rasa jinten.

Sesuaikan dengan bahan pelengkap yang Anda gunakan

Sesuaikan dengan bahan pelengkap yang Anda gunakan

Keju edam lezat disantap saat dipadukan dengan hampir semua bahan makanan. Keju edam dapat meleleh dengan sempurna saat diolah. Keju ini dapat dikombinasikan dengan pasta, hidangan dari kentang, serta beef casserole dengan keju edam. Ada juga variasi lain, yaitu keju edam yang dipotong-potong, lalu ditambahkan pada salad sayur. 


Selain itu, keju edam juga bisa dikombinasi dengan buah-buahan seperti persik, melon, aprikot, dan ceri. Jadilah salad buah yang menggugah selera. Sementara itu, keju edam yang sudah tua dengan rasa tajam dapat disandingkan bersama apel dan pir. Anda bebas berkreasi menggunakan keju edam untuk membuat resep masakan favorit Anda.

10 Rekomendasi keju edam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keju edam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MainlandVegetarian Edam Cheese

Mulai dari Rp 145.000,00

Berat250 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemak26,7 gram per 100 gram
9

EmborgEdam Cheese Natural Slice

Mulai dari Rp 95.000,00

Berat150 gram
Sertifikat halal MUITidak disebutkan
Kandungan lemak5 gram per slice
8

LactimaCheese Edam Slice

Mulai dari Rp 26.500,00

Berat130 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemak17 gram per 100 gram
7
Berat250 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemakTidak disebutkan
6
Berat200 gram
Sertifikat halal MUITidak disebutkan
Kandungan lemak8 gram per 30 gram
5
Berat20 gram
Sertifikat halal MUITidak disebutkan
Kandungan lemakTidak disebutkan
4
Berat250 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemakTidak disebutkan
3
Berat100 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemakTidak disebutkan
2
Berat170 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemakTidak disebutkan
1
Berat100 gram
Sertifikat halal MUIAda
Kandungan lemakTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk keju edam terbaik

Gambar produk
1
Cock Brand Keju Edam Ayam Emas Repack 1

Cock Brand

2
Cheesy Edam Cheese 1

Cheesy

3
Victoria Dejong Keju Edam 1

Victoria Dejong

4
Baros Old Gouda Cheese 1

Baros

5
Grand'Or Edam Cheese 1

Grand'Or

6
Uniekaas Block Dutch Edam Professional 1

Uniekaas

7
Perfetto Edam Mild Cheese 1

Perfetto

8
Lactima Cheese Edam Slice 1

Lactima

9
Emborg Edam Cheese Natural Slice 1

Emborg

10
Mainland Vegetarian Edam Cheese 1

Mainland

Nama produk

Keju Edam Ayam Emas Repack

Edam Cheese

Keju Edam

Old Gouda Cheese

Edam Cheese

Block Dutch Edam Professional

Edam Mild Cheese

Cheese Edam Slice

Edam Cheese Natural Slice

Vegetarian Edam Cheese

Keunggulan

Ekonomis, andalan untuk membuat kue kering

Tambahkan asupan protein dengan cara yang enak

Harga murah, dikemas secara praktis, rasa mantap

Keju gouda yang rasa dan teksturnya mirip keju edam

Nama besar Grand'Or menjadi jaminan kualitas keju

Padang rumput hijau jadi rahasia taste keju yang creamy

Rasa cookies makin tasty berkat Perfetto

Rasa yang mild cocok disandingkan dengan cracker

Sandwich dengan slice keju edam cocok untuk sarapan pagi

Keju edam yang cocok untuk vegetarian

Harga mulai dariRp 24.000,00Rp 22.000,00Rp 24.300,00Rp 70.000,00Rp 9.500,00Rp 49.500,00Rp 70.900,00Rp 26.500,00Rp 95.000,00Rp 145.000,00
Berat100 gram170 gram100 gram250 gram20 gram200 gram250 gram130 gram150 gram250 gram
Sertifikat halal MUIAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanTidak disebutkan AdaAdaTidak disebutkanAda
Kandungan lemakTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan8 gram per 30 gramTidak disebutkan17 gram per 100 gram5 gram per slice26,7 gram per 100 gram
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar keju edam

Pertanyaan umum seputar keju edam

Kami telah mengulas cara memilih dan menampilkan sepuluh rekomendasi keju edam terbaik di atas. Selain itu, kami juga sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang cukup populer mengenai keju edam. Anda penasaran? Simak jawaban lengkapnya berikut ini.

Apakah keju perlu dimasukan ke dalam kulkas?

Pada umumnya, keju tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, terutama bila dibungkus dengan wax atau kulit yang lebih alami.

Apakah wax dari keju edam dapat dimakan?

Ya, Anda dapat memakan kulit keju edam karena kulit atau coating wax dari keju edam food-safe dan edible. Kulit ini adalah wax berwarna merah yang lebih rapuh daripada lilin.

Apa boleh makan keju edam saat hamil?

Hard cheese, termasuk keju cheddar dan edam, aman dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini berlaku bahkan bila kejunya dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Namun, konsultasikanlah dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsinya.

Baca juga artikel tentang keju lainnya di sini

Bila Anda suka membuat kue atau ingin berkreasi di dapur dengan menggunakan keju, kami memiliki artikel tentang keju lainnya yang dapat dijadikan rujukan. Silakan klik link di bawah ini untuk mendapatkan informasi mengenai jenis keju yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberi rekomendasi mengenai keju edam dari berbagai merek dan keunggulan masing-masing. Apakah Anda sudah menemukan produk keju edam yang sesuai dengan selera?


Bila Anda sudah menentukan pilihan, pastikan untuk menjadi pembeli yang bijak dengan membaca label kemasan untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan waktu kedaluwarsanya. Selain itu, pertimbangkan juga ukuran atau beratnya untuk memastikan keju yang Anda beli cukup untuk diolah. 

Artikel terkait

  • 10 Merk Keju Mozzarella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Keju Mozzarella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mozzarella adalah jenis keju yang populer di dunia. Keju ini bisa dihidangkan bersama dengan ham, salad, pizza, serta sebagai snack. Rasa kuat yang dihasilkan keju mozzarella ketika dibakar membuatnya pas dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Terlebih, kandungan gula dan lemaknya rendah sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet.Kali ini kami akan membahas tips memilih keju mozzarella terenak, serta membagikan rekomendasi produknya. Anda akan menemukan merek-merek yang bagus seperti Eurial, Perfetto, dan Anchor. Selain harga yang beragam, bentuk kejunya pun bervariasi, mulai dari yang batangan hingga telah dipotong-potong. Yuk, disimak!
    Produk susu
    38.011 Views
  • 10 Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Keju Parmesan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keju parmesan biasanya disantap sebagai teman minum anggur dan menjadi andalan para chef. Makanan pasta yang ditaburi keju parmesan bubuk juga akan terasa dua kali lebih lezat. Namun, banyak orang tidak dapat membedakan antara keju parmesan biasa dengan keju Parmigiano-Reggiano asal Italia, padahal keduanya berbeda.Karena itu, kami akan membagi pengetahuan yang perlu Anda ketahui tentang keju parmesan. Anda dapat menemukan rekomendasi produk dari merk ternama seperti Galbani, Green Valley, dan Kraft di sini! Siap membuat masakan lezat dengan keju parmesan yang bagus?
    Produk susu
    53.810 Views
  • 10 Cream Cheese Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cream Cheese Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2021)
    Cream cheese atau krim keju merupakan salah satu produk olahan susu yang banyak digemari. Cream cheese umumnya digunakan untuk membuat cheesecake serta dijadikan saus keju atau bahan pelengkap hidangan. Namun, tahukah Anda bahwa perbedaan jenis cream cheese akan berpengaruh pada harga dan kegunaannya?Kami akan membahas tips memilih dan memberikan rekomendasi cream cheese terbaik. Anda juga dapat melihat review cream cheese yang enak dari merek Anchor, Royal Victoria, Sungold, Yummy, hingga Cheesy. Ada juga tips mengolah dan menyimpan cream cheese. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Produk susu
    88.732 Views
  • 10 Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Di antara berbagai jenis keju, keju cheddar yang pertama kali dibuat di Inggris ini pasti sering Anda lihat. Ciri khas keju cheddar adalah rasa asam yang lembut dan creamy. Bentuknya pun cukup beragam, mulai dari parut, melt, sampai slice. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi makin lezat, serta cocok dijadikan isian sandwich.Di sini kami akan mengulas cara memilih keju cheddar yang enak sekaligus memberi rekomendasi produk terbaiknya. Anda dapat mempertimbangkan berbagai merk, seperti Anchor, Bega, Kraft, dan lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit dengan harga yang pas!
    Produk susu
    115.920 Views
  • 10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang cukup populer. Susu UHT full cream sering dipakai sebagai campuran MPASI untuk bayi 6 bulan atau diminum oleh anak 1 tahun. Varian rasanya yang beragam membuat susu ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung memilih produk mana yang paling bagus. Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik dari merk Ultra Mimi, Frisian Flag, Chil Go, dan Greenfields. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang tepat.
    Produk susu
    148.665 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Slice Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keju Slice Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu produk keju yang populer dan digemari di Indonesia adalah keju berbentuk lembaran atau slice. Selain dianggap lebih praktis, pilihan tekstur dan rasanya juga beragam. Namun, banyaknya pilihan keju slice yang tersedia di pasaran tak jarang membuat Anda kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini kami akan memberikan tips untuk memilih keju slice agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, antara lain dari merek KRAFT, Prochiz, dan MEG Cheese. Bersiaplah untuk menemukan keju slice yang paling tepat! 
    Produk susu
    6.339 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
    20.604 Views
  • 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu pasteurisasi adalah susu yang dipanaskan di bawah suhu didih dalam waktu tertentu. Proses pasteurisasi bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat di dalam susu tanpa merusak nutrisi alami susu. Susu pasteurisasi juga terasa lebih gurih dan memiliki sedikit rasa manis alami.Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi seputar susu pasteurisasi serta memberikan tips memilih produknya. Susu pasteurisasi merk apa saja yang terbaik? Anda bisa menemukan Greenfield, Diamond, Milk Life, Cimory, dan KIN di daftar rekomendasi kami. Simak dan temukan susu pasteurisasi yang enak dengan harga yang pas untuk Anda.
    Produk susu
    10.674 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Skim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Skim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu skim adalah susu yang dihilangkan sebagian atau seluruh krimnya sehingga sering disebut susu tanpa lemak. Kandungan lemak susu skim umumnya tidak sampai 1%, bahkan ada pula yang diklaim tidak mengandung lemak sama sekali. Karena itu, susu skim sering menjadi pilihan untuk Anda yang sedang diet atau menurunkan tekanan darah.Anda mungkin sedang mencari susu skim terbaik untuk dikonsumsi. Maka, kali ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu skim yang bagus dan enak. Anda akan menemukan produk dari Tropicana Slim, Greenfields, Lactona, dan lain-lain. Mari temukan susu skim terbaik Anda!
    Produk susu
    774 Views
  • 10 Merk Susu Evaporasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Susu Evaporasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak minuman dan makanan yang makin nikmat jika diberi tambahan susu. Namun, tidak semua susu baik untuk kesehatan keluarga. Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sehat yang bisa Anda pertimbangkan. Tekstur susu evaporasi memang mirip susu kental manis, tetapi susu evaporasi lebih kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas merek susu evaporasi yang enak, seperti F&N, Sunbay, dan Nestle. Kami juga akan memberikan tips memilih susu evaporasi yang bagus untuk Anda. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Produk susu
    95 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan. Ada banyak merek susu penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu formula tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
    244.501 Views
  • 10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu UHT yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Susu UHT (ultra-high temperature) merupakan jenis susu yang cukup populer. Susu UHT full cream sering dipakai sebagai campuran MPASI untuk bayi 6 bulan atau diminum oleh anak 1 tahun. Varian rasanya yang beragam membuat susu ini digemari oleh anak-anak dan orang dewasa.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran pasti membuat Anda bingung memilih produk mana yang paling bagus. Melalui artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik dari merk Ultra Mimi, Frisian Flag, Chil Go, dan Greenfields. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang tepat.
    Produk susu
    148.654 Views
  • 10 Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya merk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream yang bagus agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Produk susu
    168.635 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
    20.601 Views
  • 10 Rekomendasi Susu SGM Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu SGM Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu SGM merupakan salah satu produk lokal yang diminati banyak orang. Di samping harganya yang bersahabat, kandungan nutrisinya lengkap dan variannya juga banyak. SGM menyediakan produk susu untuk berbagai usia dan kebutuhan. Anda bisa mendapati susu untuk bayi usia 0-6 bulan, anak di atas 1 tahun, hingga ibu hamil.Di artikel ini, kami akan membahas tentang produk susu SGM. Kami juga akan berbagi tips memilih, serta memberikan rekomendasi produk susu SGM terbaik. Anda akan menemukan susu SGM LLM, SGM Soya, SGM BBLR, dan SGM Eksplor di rekomendasi kami. Selamat membaca! 
    Produk susu
    16.299 Views
  • 10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Yoghurt atau susu asam memiliki berbagai manfaat seperti membantu program diet dan meringankan sembelit. Bermacam-macam produk yoghurt, mulai dari yang plain hingga produk dengan tambahan rasa dan topping dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membagi tips dalam memilih yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk-produk dari merk terbaik, seperti Elle & Vire, Heavenly Blush, YUMMY, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar optimal manfaatnya. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Pilihlah yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Produk susu
    192.406 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Susu cokelat merupakan salah satu varian rasa susu yang menjadi favorit untuk berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Merek susu cokelat pun sangat beragam, mulai dari susu cair seperti Ultra dan Greenfields hingga susu bubuk seperti Milo. Jika Anda sangat menyukai minuman satu ini, kami akan membahasnya secara lengkap di sini. Kami akan membantu Anda memilih susu cokelat terbaik serta merekomendasikan beberapa produk susu cokelat sebagai referensi Anda. Jadi, jangan lewatkan artikel kami dan temukanlah susu cokelat yang dapat membuat hari-hari Anda lebih manis!
    Produk susu
    3.437 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori