1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sorban Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sorban telah menjadi bagian dari fesyen muslim di Indonesia. Berbagai sorban merek lokal dan luar negeri memenuhi toko-toko online di marketplace. Motif dan jenisnya juga beragam, misalnya sorban Arab dengan motif kotak-kotak berwarna merah. Agar Anda dapat memilih sorban yang bagus, kami akan membagikan tipsnya.


Di artikel ini, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi sorban terbaik dari berbagai merek. Beberapa merek sorban yang kami rekomendasikan di antaranya BHS, Wadimor, Arifat, Almas Arafat, Yasmeen, dan masih banyak lagi. Silakan baca dan temukan sorban yang cocok untuk Anda!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sorban

Untuk mendapatkan sorban terbaik, Anda perlu mengetahui cara memilihnya. Misalnya, pertimbangkan warna, motif, dan jenis sorban. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih sorban. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.  

① Ketahui beragam jenis sorban

Ketahui beragam jenis sorban
Sorban, shemagh, atau keffiyeh identik dengan bangsa Arab. Namun, karena wilayah Arab sangat luas, sorban juga memiliki ciri khas di setiap di daerahnya. Saat ini, sorban sudah lazim dipakai oleh banyak muslim di Indonesia. Karena itu, muncullah sorban tenun dengan sentuhan lokal. Untuk memilih sorban terbaik, Anda bisa menentukan berdasarkan jenisnya. Berikut ini beberapa jenis sorban yang cukup populer.

  1. Sorban arab. Wilayah Arab, khususnya negara Saudi Arabia, memiliki sorban dengan ciri tertentu. Motif kotak-kotak merah sangat khas dengan negara ini. Sorban tersebut digunakan oleh berbagai kalangan, seperti bangsawan, pemuka agama, dan pria Arab pada umumnya.
  2. Sorban palestina. Sorban ini bukan sekadar kain penutup, tetapi juga menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina. Motifnya mirip sorban arab, tetapi dengan motif kotak-kotak lebih besar dan berwarna hitam putih.
  3. Sorban kashmiri. Meskipun Kashmir bukan termasuk wilayah Arab, tetapi daerah ini juga memiliki sorban yang khas. Motif yang artistik dan bahan sorban yang berkualitas tinggi menjadikan sorban kashmiri tampak elegan dan mewah.
  4. Sorban tenun lokal. Banyak brand lokal Indonesia memproduksi sorban tenun dengan motif tertentu yang tak kalah menarik. Pilihan warna dan motifnya juga lebih beragam. Sorban jenis ini bisa menjadi pilihan untuk tampil dengan gaya yang berbeda.

Selain yang dijelaskan di atas, masih banyak jenis sorban lain di pasaran Indonesia seperti sorban jaring. Sorban jaring tidak panas digunakan dan kainnya lebih lentur sehingga sesuai dengan iklim tropis. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan saja.

② Pertimbangkan usia pemakai sorban

Pertimbangkan usia pemakai sorban

Secara umum, sorban di Indonesia lebih banyak dipakai oleh laki-laki dewasa atau remaja. Ukuran sorban yang panjang juga lebih pas digunakan oleh orang dewasa. Karena itulah, Anda perlu mempertimbangkan usia pemakai sorban. Motif dan pilihan warna juga dapat Anda sesuaikan dengan usia si pemakai. Misalnya, jika Anda mencari sorban untuk anak muda, motif army yang kekinian bisa Anda pilih.


Sementara itu, untuk anak-anak, Anda dapat memilih sorban instan. Sorban ini praktis dipakai oleh anak-anak seperti halnya memakai peci. Selain itu, sorban instan juga tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Dengan demikian, ayah dan anak bisa tampil kompak dengan memakai sorban instan yang sama.

③ Sesuaikan warna dengan style Anda

Sesuaikan warna dengan style Anda

Apa warna favorit yang identik dengan style Anda? Hal ini dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih sorban yang cocok. Untuk tampil dengan gaya natural, pilih warna-warna earth-tone yang memberi kesan tenang. Anda dapat memilih warna cokelat, hitam, abu-abu, atau hijau tua. Ingin tampil ala bangsawan Arab? Gunakan sorban arab yang khas dengan motif kotak-kotak berwarna merah


Jangan lupakan sorban putih! Pasalnya, warna putih merupakan warna netral yang memudahkan Anda melakukan padu padan sesuai gaya Anda. Warna ini bisa dipadukan dengan semua warna sehingga cocok dijadikan basic sorban. Selain itu, sorban warna putih dapat Anda pakai untuk berbagai kegiatan, seperti ibadah, kajian, dan lain-lain.   

10 Rekomendasi sorban terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sorban terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Peci Imamah Instan

 Peci Imamah Instan 1枚目

Praktis dan komplet untuk segala usia

2

Aliska

Sorban Panjang

Aliska Sorban Panjang 1枚目

Warna-warna earth-tone memberi kesan menenangkan

3

Arifat

Sorban Kashmiri

Arifat Sorban Kashmiri 1枚目

Warna hijau tua memberi tampilan istimewa ala tokoh agama

4

Sorban Palestina Segi Empat

 Sorban Palestina Segi Empat 1枚目

Bisa digunakan sebagai sorban untuk laki-laki dan kerudung untuk perempuan

5

Almas Arafat

Surban Imamah Arab

Almas Arafat Surban Imamah Arab 1枚目

Populer dengan motifnya yang khas!

6

Wadimor

Sorban Subaiyah Mika

Wadimor Sorban Subaiyah Mika 1枚目

Berbahan katun yang nyaman dan tidak panas

7

Nortac

Sniper Veil

Nortac Sniper Veil 1枚目

Pilihan warna dan motifnya sangat manly

8

Atlas

Surban Subaiyah Atlas

Atlas Surban Subaiyah Atlas 1枚目

Warna putihnya membuat Anda tampak lebih berwibawa

9

Yasmeen

Sorban Kashmir Bordir

Yasmeen Sorban Kashmir Bordir 1枚目

Motif bordir istimewa khas Kashmir, India

10

BHS

Surban Subaiyah BHS Classic Motif Jacquard

BHS Surban Subaiyah BHS Classic Motif Jacquard 1枚目

Bergaya klasik dengan motif jacquard yang unik

Perincian produk
Close
No.1

Praktis dan komplet untuk segala usia

Ingin memakai sorban lilit tanpa ribet? Pilih saja sorban instan imamah yang siap pakai. Sorban ini sebenarnya adalah peci yang didesain menyerupai sorban yang dililitkan. Namun, karena sorban instan, Anda tinggal memakainya seperti memakai peci. 


Produk ini tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Mulai anak-anak hingga dewasa, semua bisa memakai sorban instan. Anda dapat memilih produk ini untuk dipakai bersama anak-anak. 

No.2

Warna-warna earth-tone memberi kesan menenangkan

Warna earth-tone, seperti hijau gelap, cokelat, abu-abu, atau hitam cenderung tampak natural dan tidak mencolok. Ada kesan menenangkan pada penampilan Anda saat memakai sorban berwarna earth-tone


Jika Anda termasuk penyuka warna earth-tone, sorban panjang Aliska hadir dengan pilihan warna tersebut. Pilih salah satu warna favorit Anda dan kombinasikan dengan pakaian yang matching. Anda pun akan tampil beda dengan sorban panjang Aliska!

No.3

Warna hijau tua memberi tampilan istimewa ala tokoh agama

Sorban hijau ini kerap dipakai oleh ulama dan tokoh agama Islam di Indonesia. Sebut saja Habib Luthfi Pekalongan dan almarhum Kiai Maimun Zubair. Kedua ulama tersebut sering terlihat berkalung sorban hijau.


Bahannya cukup tebal dengan tenunan yang rapi dan kuat. Dengan demikian, sorban ini tidak hanya istimewa secara tampilan, tetapi juga secara kualitas. Bagi Anda yang menginginkan sorban jenis ini, pilihlah sorban kashmiri dari Arifat.

No.4

Sorban Palestina Segi Empat

Mulai dari Rp55.000,00

Bisa digunakan sebagai sorban untuk laki-laki dan kerudung untuk perempuan

Sorban Palestina segi empat ini termasuk salah satu sorban yang paling banyak digunakan. Untuk memakainya, lipat kedua ujung yang berlawanan sehingga sorban membentuk segitiga. Anda bisa menggunakannya sebagai pelindung kepala atau cukup menyampirkannya pada kedua bahu. Sementara itu, untuk perempuan, sorban ini juga bagus digunakan sebagai kerudung.

No.5

Almas ArafatSurban Imamah Arab

Mulai dari Rp44.800,00

Populer dengan motifnya yang khas!

Produk yang satu ini bisa disebut sorban sejuta umat karena dipakai oleh banyak orang. Motif kotak-kotak menjadi ciri khas sorban arab ini. Pemakaiannya pun serbaguna, baik untuk ibadah maupun bepergian.


Bagi Anda yang akan beribadah haji atau umrah, sorban ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Ingin bergaya ala bangsawan Arab? Anda bisa mencoba memakai sorban khas Arab ini.

No.6

WadimorSorban Subaiyah Mika

Mulai dari Rp80.000,00

Berbahan katun yang nyaman dan tidak panas

Sorban berbahan katun memang cocok dipakai di negara tropis seperti Indonesia. Bahannya tidak panas dan mampu menyerap keringat. Jika Anda membutuhkan sorban katun, Anda bisa memilih sorban dari salah satu brand lokal legendaris, Wadimor. Selain nyaman dipakai, motif jacquard-nya juga sangat artistik. Sentuhan seninya membuat penampilan Anda terlihat unik.  

No.7

Pilihan warna dan motifnya sangat manly

Sniper veil, shemagh, dan sorban jaring adalah beberapa sebutan untuk sorban minimalis ini. Terbuat dari bahan yang lembut dan tidak panas, sorban ini nyaman dipakai. Meskipun ukurannya minimalis, kainnya strechy sehingga lebih fleksibel.


Pilihan warna dan motifnya juga sangat manly. Anda bisa memakainya untuk menutup wajah ala sniper atau melilitkannya ke leher. Penampilan Anda akan makin maskulin dengan sorban jaring ini!  

No.8

AtlasSurban Subaiyah AtlasA006

Mulai dari Rp175.000,00

Warna putihnya membuat Anda tampak lebih berwibawa

Sorban dengan warna putih termasuk salah satu favorit banyak orang. Pasalnya, warna ini merupakan warna netral sehingga cocok dipadukan dengan semua warna. Selain itu, warna putih juga melambangkan kesucian. 


Bila Anda sedang mencari sorban putih untuk melengkapi koleksi sorban Anda, pilihlah produk dari merek Atlas ini. Tekstur kainnya halus dan nyaman digunakan untuk beribadah atau aktivitas lainnya. Dengan memakai sorban warna putih, Anda akan terlihat makin berwibawa.

No.9

YasmeenSorban Kashmir Bordir

Mulai dari Rp230.000,00

Motif bordir istimewa khas Kashmir, India

Kashmir, daerah yang dihuni oleh mayoritas muslim di India, memiliki motif kain yang khas. Motif ini diaplikasikan pada berbagai jenis fesyen, termasuk sorban. Motifnya yang yang khas menjadikan produk ini istimewa. Dengan ukuran panjang melebihi dua meter, sorban ini lebih mudah Anda lilitkan atau dibentuk sesuai style Anda. Jika Anda mencari sorban kashmiri berukuran besar, produk ini bisa dipilih.

No.10

BHSSurban Subaiyah BHS Classic Motif Jacquard

Mulai dari Rp180.500,00

Bergaya klasik dengan motif jacquard yang unik

Sorban klasik dari BHS ini ditenun menggunakan metode khusus untuk menenun kain berpola. Mesin tenun jenis ini ditemukan oleh Joseph Marie Jacquard pada 1801. Karena itu, bahan ini disebut kain tenun motif jacquard


Kain tenunnya berkualitas karena memiliki tingkat kerapatan tinggi sehingga tidak gampang robek atau renggang karena proses pencucian. Pilihan warnanya juga banyak sehingga lebih mudah dipadukan dengan warna pakaian. Sorban ini bisa Anda gunakan untuk tampil dengan gaya klasik sekaligus unik.

Baca juga rekomendasi pakaian pria muslim lainnya di sini

Kesimpulan

Banyak ragam sorban dengan berbagai merek tidak perlu membuat Anda bingung memilihnya. Ingatlah bahwa pilihan terbaik bukanlah produk yang paling mahal harganya. Selama produk tersebut membuat Anda merasa percaya diri dan nyaman, maka itulah produk terbaik untuk Anda.


Karena itu, sesuaikan pilihan sorban dengan selera, kebutuhan, dan bujet Anda. Gunakan artikel ini sebagai acuan Anda dalam memilih sorban terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer