• 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. 


Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 05 November 2021
  • 312 Views
Daftar isi

Cara memilih selang air

Memilih selang air tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda. Mulai dari ukuran diameternya, panjangnya, hingga bahan selang perlu Anda pertimbangkan. 

Pilih jenis-jenis selang air berdasarkan bahannya

Selang air terbuat dari berbagai bahan, misalnya PVC, stainless steel, dan cross linked polythylene (PEX). Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selang air PVC: Transparan dan elastis

Selang air PVC: Transparan dan elastis

Selang air berbahan PVC paling lumrah dijadikan selang untuk berkebun atau membersihkan halaman rumah. Warnanya yang transparan membuat Anda bisa memeriksa kejernihan air dengan lebih pasti. Karakternya juga lebih elastis sehingga lebih mudah dipakai serta mudah digulung. Harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan tipe selang lainnya.

Selang air stainless steel: Awet dan antikarat

Selang air stainless steel: Awet dan antikarat

Selang air memang dominan terbuat dari bahan karet, tetapi ada juga yang berbahan stainless steel. Stainless steel merupakan besi antikarat yang terdiri dari beberapa bahan logam penyusun lainnya, seperti kromium, karbon, dan nikel. Selang stainless steel dipakai sebagai selang bidet atau semprotan pada kloset duduk dan shower kamar mandi.


Dengan karakteristik bahan stainless steel tersebut, selang ini cenderung awet untuk jangka waktu lama. Namun, harga selang ini cukup tinggi dibandingkan selang karet sehingga Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Terlebih lagi jika produknya memiliki ukuran yang lebih panjang atau berasal dari merek ternama.

Selang air PEX: Khusus untuk air panas

Selang air PEX: Khusus untuk air panas

Selang yang terbuat dari bahan PEX atau cross linked polythylene mampu menahan tekanan dan suhu tinggi. Selang ini mampu menahan suhu hingga 200 derajat Celsius. Selang ini sering digunakan untuk mengalirkan air dari water heater ke kamar mandi atau untuk industri. Ciri khasnya adalah bentuknya kukuh, lebih kaku, dan warna selang biasanya merah atau oranye.

Ketahui ukuran diameter selang dan kegunaannya

Ketahui ukuran diameter selang dan kegunaannya

Diameter selang berpengaruh pada volume air yang dikeluarkan. Makin besar ukuran selangnya, maka makin banyak pula air yang mengalir dalam satu waktu. Namun, perlu Anda ingat bahwa memperkecil ukuran diameter selang, tidak meningkatkan tekanan air yang keluar. Anda juga harus mencocokkannya dengan ukuran keran air di rumah Anda. Mari simak panduan ukuran selang di bawah ini!


  • 1/4 inci: Ukurannya kecil sehingga volume dan tekanan airnya juga kecil. Selang ini biasanya digunakan untuk selang akuarium.
  • 3/8 inci: Selang ini ukurannya lebih besar dibandingkan selang 1/4 inci, tetapi tekanannya tidak berbeda jauh. Karena tekanannya tidak terlalu tinggi, selang ini cocok untuk kebutuhan rumah tangga, seperti berkebun, menyiram halaman, atau mencuci mobil pribadi.
  • 5/8 inci: Sama seperti selang 3/8 inci, selang 5/8 inci biasanya digunakan untuk berkebun. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih besar.
  • 3/4 inci: Tekanan dan volume air yang keluar lewat selang 3/4 inci sudah cukup besar. Selang ini cocok untuk kebutuhan industri, fasilitas umum, atau tempat cuci mobil. Jangan menggunakan selang ini untuk berkebun karena tekanannya cukup tinggi. Hal ini bisa jadi terlalu kencang untuk menyirami beberapa jenis tanaman di kebun Anda.

Sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan Anda

Ukuran selang air bermacam-macam, ada yang dijual per meter dan ada yang dijual per gulungan (rol). Satu rol ada yang berukuran sepanjang 100 meter. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan ukuran rumah Anda. 


Untuk kebutuhan rumah tangga, seperti berkebun atau mencuci motor, selang air sepanjang 10-20 meter rasanya cukup. Sementara itu, selang untuk akuarium atau mesin cuci seharusnya lebih pendek, sekitar dari 1 hingga 2 meter.

10 Rekomendasi selang air terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk selang air terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BahanKromium
Panjang1,5 m
DiameterTidak ada keterangan
9
BahanPlastik
Panjang3 meter
DiameterTidak ada keterangan
8
BahanPEX
PanjangPer meter
Diameter1/2 inci
7
BahanPEX
PanjangPer meter
Diameter1/2 inci
6
BahanPVC
Panjang30 meter
Diameter1/3 inci
5
BahanPVC
Panjang10 m
Diameter1/2 inci dan 3/4 inci
4
BahanKaret
PanjangPer meter
Diameter1/2 inci
3
BahanKaret
Panjang4–15 m
DiameterTidak ada keterangan
2
BahanPVC
PanjangPer meter
Diameter1/2 inci
1
BahanPVC plus benang sintetis
PanjangPer meter
Diameter1/2 inci

Tabel perbandingan produk selang air terbaik

Gambar produk
1
Propeller  Rhinoceros Selang Air 1

Propeller

2
Gemuk Selang Air Benang 1

Gemuk

3
Magic Hose Selang Taman 1

Magic Hose

4
Milleard Selang Air Superflex 1

Milleard

5
Krisbow Hose Reel Portable 1

Krisbow

6
Selang Air Dengan Semprotan Cuci Mobil 1

7
Onda Selang Pipa Air Panas 1

Onda

8
Westpex Selang Water Heather 1

Westpex

9
Kenmaster Selang Mesin Cuci 1

Kenmaster

10
Selang Pipa Jet Bidet Shower Head 1

Nama produk

Rhinoceros Selang Air

Selang Air Benang

Selang Taman

Selang Air Superflex

Hose Reel Portable

Selang Air Dengan Semprotan Cuci Mobil

Selang Pipa Air Panas

Selang Water Heather

Selang Mesin Cuci

Selang Pipa Jet Bidet Shower Head

Keunggulan

Aman digunakan untuk tekanan tinggi

Lebih bersih, rapi, dan mudah mendeteksi adanya lumut

Bisa memanjang hingga tiga kali panjang aslinya

Selang antitekuk, sangat fleksibel!

Menggulung selang tidak perlu repot-repot lagi!

Disertai semprotan untuk mencuci kendaraan Anda

Pipa air panas andalan untuk industri dan rumah tangga

Tahan air panas hingga 200 derajat Celsius!

Pilih yang pasti bagus untuk mesin cuci Anda

Selang elastis untuk mandi yang lebih nyaman

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 4.990,00Rp 29.500,00Rp 10.500,00Rp 199.900,00Rp 153.300,00Rp 18.765,00Rp 12.950,00Rp 32.500,00Rp 12.000,00
BahanPVC plus benang sintetisPVCKaretKaretPVCPVCPEXPEXPlastikKromium
PanjangPer meterPer meter4–15 mPer meter10 m30 meterPer meterPer meter3 meter1,5 m
Diameter1/2 inci1/2 inciTidak ada keterangan1/2 inci1/2 inci dan 3/4 inci1/3 inci1/2 inci1/2 inciTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Tips merawat selang air

Tips merawat selang air

Agar selang lebih awet dan tidak mudah rusak, Anda perlu mempertimbangkan cara perawatannya. Tak perlu menunggu selang air Anda berlumut, rawatlah selang air dimulai dari cara penggulungannya. Berikut ini beberapa tips merawat selang air agar lebih tahan lama.


  • Gulung selang air dengan benar. Jangan sampai ada bagian yang terpelintir atau tertekuk.
  • Letakkan selang air di tempat yang kering dan jangan tumpuk benda yang berat di atasnya. Menumpuk benda yang berat bisa menyebabkan selang air tertekan dan mudah bocor.
  • Jika sudah berlumut, coba jemur di bawah terik matahari selama beberapa hari. Lumut tidak suka tumbuh di lingkungan yang kering. Lumut yang mengering lebih mudah dibersihkan.
  • Masukkan beberapa kerikil kecil ke dalam selang. Lalu, alirkan air dalam tekanan yang tinggi dalam jumlah banyak. Kerikil akan menyapu lumut-lumut di dalam selang.
  • Selain kerikil, Anda juga bisa menggunakan potongan spons, lalu ditambahkan sabun.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan rumah tangga lainnya

Kesimpulan

Apakah artikel ini membantu Anda mendapatkan selang yang cocok untuk kebutuhan Anda? Selang air adalah barang yang tahan lama, tetapi Anda harus selektif saat memilihnya. Saat memilih selang air, pertimbangkan bahan, ukuran diameter, dan panjangnya. 


Selain itu, pastikan ukuran selang sesuai dengan keran air di rumah Anda. Agar tidak berlumut dan cepat rusak, rawatlah selang air secara rutin. Lalu, simpanlah selang dengan benar, jangan sampai ada bagian yang tertekuk, ya.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    3.221 Views
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih rapi dan stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun bisa terasa menjadi makin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Saat ini, macam-macam pot gantung yang unik dan cantik sudah banyak tersedia di pasaran. Guna membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang pas untuk rumah Anda, simaklah artikel berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung yang bagus, salah satunya dari merek IKEA. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    17.480 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    193.121 Views
  • 10 Meja Taman Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Meja Taman Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Meja taman merupakan salah satu item yang dapat digunakan untuk mempercantik area hijau di rumah Anda. Banyaknya material meja taman seperti kayu, aluminium, besi, atau rotan mungkin menyulitkan Anda untuk memilih meja taman yang cocok.Agar Anda tidak kebingungan memilih, kami akan memberikan tips memilih meja taman yang bagus untuk Anda. Tak berhenti sampai di situ, kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh merek meja taman terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Mari simak ulasannya berikut ini dan jadikan taman Anda makin cantik!
    Kebun & luar ruangan
    3.938 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    559 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    9.220 Views
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah Monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.
    Kebun & luar ruangan
    392 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    5.644 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk KCL Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pupuk KCl atau kalium klorida adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Pupuk KCl tersedia dalam bentuk serbuk kristal dan cair. Pupuk ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan sebagainya.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Sebelum itu, Anda sebaiknya membaca tips memilih pupuk KCl yang terbaik terlebih dahulu. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
    95 Views
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
    20 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    12.250 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    40.827 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    26.257 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    50.612 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    5.639 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    9.212 Views
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    42.073 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori