1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Genset Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Listrik padam secara tiba-tiba memang sangat mengesalkan. Terlebih, bila hal itu terjadi saat Anda tengah melakukan pekerjaan yang membutuhkan aliran listrik. Karena itu, ada baiknya Anda selalu menyediakan genset. Genset mini bisa jadi pilihan karena praktis, simpel, dan portable.


Di pasaran, tersedia beragam genset mini, seperti genset mini 2-tak atau 4-tak. Ada pula genset mini 1.200 watt atau 450 watt dengan beragam harga. Kami akan memberikan tips memilih genset mini yang bagus. Genset mini terbaik dari merek HONDA, YAMAHA, atau Yamamax Pro® ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih genset mini

Sebelum Anda membeli genset mini, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut. Dimensi, daya yang dihasilkan, tipe mesin, dan lama waktu pengoperasian adalah hal penting yang perlu Anda ketahui. Hal itu agar Anda bisa mendapatkan produk genset mini yang pas sesuai dengan kebutuhan.

① Pastikan dimensi dari genset mini

Pastikan dimensi dari genset mini

Hal utama yang membedakan genset diesel dengan genset mini pastilah soal ukuran. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dimensi yang dimiliki genset mini tersebut. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memastikan dimensi dari genset mini, yakni:


  • Dari ukurannya, bila produsen mencantumkan dimensi genset mini.
Sebaiknya pilih genset yang ukurannya di bawah 50 cm, baik panjang, lebar, maupun tingginya. Ukuran tersebut membuat genset pilihan Anda jauh lebih mungil, praktis, dan portable.

  • Dari kapasitas tangkinya, bila produsen tidak menampilkan informasi dimensi produk.
Hal itu karena kapasitas tangki jadi salah satu penentu dimensi sebuah genset. Untuk genset mini, sebaiknya pilih kapasitas tangki di bawah 10 liter. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak produk genset mini yang memiliki kapasitas tangki di bawah 5 liter.

② Sesuaikan tenaga yang dihasilkan genset dengan kebutuhan

Sesuaikan tenaga yang dihasilkan genset dengan kebutuhan

Sebelum Anda membeli genset mini, ketahui terlebih dahulu kebutuhan listrik Anda. Perlu Anda ketahui, start awal mesin genset itu dua kali lebih besar dari kapasitas watt normal. Sebagai contoh, jika daya listrik di rumah Anda adalah 1.300 watt, artinya Anda membutuhkan genset berkapasitas minimal 2.500 watt.


Anda juga bisa menghitung dari total watt barang elektronik Anda. Contohnya, jika TV dan seluruh lampu masing-masing membutuhkan listrik 250 watt, total tegangan yang dibutuhkan adalah 500 watt. Dengan demikian, Anda harus menyediakan genset mini dengan kapasitas 1.000 watt.


Sayangnya, ada banyak produk genset yang tenaganya tidak utuh seperti angka yang tertera. Genset mini dengan tenaga 1.000 watt bisa jadi sebenarnya hanya dapat menghasilkan 900 watt. Jadi, ada baiknya pilih genset mini dengan tenaga yang besar, minimal dua kali lebih besar dari kebutuhan.


Sebagai informasi tambahan, tidak semua produk genset menuliskan besarnya tegangan dalam satuan watt. Beberapa di antaranya menuliskan dalam satuan kVA (kiloVolt Ampere). 

Untuk mengubahnya ke dalam satuan watt, Anda bisa menggunakan hitungan 1 kVa = 0,8 kW (800 watt). Oleh karena itu, bila genset tertulis memiliki kapasitas 2 kVa, nilainya sama dengan 1,6 kW atau setara 1.600 watt.

③ Ketahui perbedaan tipe mesin genset

Saat memilih genset mini, Anda pasti akan disajikan dua tipe mesin, yakni 2-tak dan 4-tak. Agar tidak salah pilih, simak kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe berikut ini.

Genset 2-tak, akselerasi lebih cepat dan responsif

Genset 2-tak, akselerasi lebih cepat dan responsif

Kelebihan utama tipe mesin 2-tak adalah akselerasi yang lebih cepat dan responsif. Tipe ini menggunakan oli samping sehingga Anda tidak perlu sering mengganti oli mesin.


Namun, Anda perlu mempertimbangkan biaya operasional dan perawatannya. Pasalnya, mesin genset tipe 2-tak agak boros bahan bakar dan perawatannya pun harus lebih detail. Bila Anda lupa mengisi oli samping, mesin genset berisiko cepat rusak. Selain itu, mesin genset tipe ini juga memiliki suara yang lebih berisik.


Soal tenaga yang dihasilkan, mesin 2-tak biasanya memiliki kapasitas kecil di bawah 1000 watt. Jadi, genset dengan mesin 2-tak hanya cocok dipakai untuk keperluan rumah tangga dengan daya kecil saja.

Genset 4-tak, lebih silent dan irit bahan bakar

Genset 4-tak, lebih silent dan irit bahan bakar

Bila Anda ingin lebih hemat bahan bakar, genset dengan mesin 4-tak lebih kami rekomendasikan. Mesin ini memiliki suara lebih silent serta minim getaran dan minim perawatan.


Ditambah lagi, mesin ini juga lebih ramah lingkungan sebab tidak mengeluarkan asap seperti mesin 2-tak. Namun, tidak seperti mesin 2-tak, mesin 4-tak ini memiliki putaran yang lebih lambat.

④ Pertimbangkan waktu maksimal pengoperasian

Pertimbangkan waktu maksimal pengoperasian

Berikutnya, pertimbangkan waktu maksimal pengoperasian genset mini berdasarkan tujuan penggunaannya. Untuk penggunaan saat listrik padam yang tidak terlalu lama, Anda bisa memilih genset mini dengan waktu pengoperasian yang pendek.


Akan tetapi, untuk kegiatan outdoor atau pekerjaan lapangan, Anda bisa memilih genset mini dengan waktu pengoperasian yang panjang. Perlu Anda ingat, waktu pengoperasian juga dipengaruhi oleh kapasitas tangki bahan bakar.


Pertimbangkan hal ini agar Anda bisa mendapatkan produk genset yang memiliki durasi pengoperasian panjang, tetapi tetap portabel. Selain kapasitas tangki, Anda juga bisa mempertimbangkan bahan bakarnya. Genset berbahan bakar solar biasanya lebih irit ketimbang genset berbahan bakar bensin. Sayangnya, di Indonesia genset mini berbahan bakar solar masih cukup sulit ditemui.

10 Rekomendasi genset mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk genset mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamamax

Yamamax Pro® Petrol Generator

Yamamax Yamamax Pro® Petrol Generator 1枚目

Lanjutkan pekerjaan yang terhenti karena pemadaman dengan pembangkit listrik darurat ini

2

Tiger®

Portable Generator

Tiger® Portable Generator 1枚目

Hasilkan daya 1.200 watt selama 8 jam dalam sekali pengisian bahan bakar

3

MULTIPRO

Gasoline Generator

MULTIPRO  Gasoline Generator  1枚目

Mesinnya kuat dan tidak mudah panas, tidak khawatir overheat saat dipakai

4

Stärke® Heavy Industries

Portable Generator

Stärke® Heavy Industries Portable Generator 1枚目

Solusi genset mini harga murah bagi yang berbujet terbatas

5

Yamaha Indonesia Motor

ET-1

Yamaha Indonesia Motor ET-1 1枚目

Konsumsi bahan bakarnya irit, hanya 0,667 liter per jam!

6

Hyundai

Genset Mini 1000 Watt

Hyundai  Genset Mini 1000 Watt 1枚目

Durasi superpanjang, bisa dioperasikan sepanjang malam

7

Loncin

Generator

Loncin Generator 1枚目

Listrik lebih stabil dan efisien dengan teknologi AVR

8

RYU

Gasoline Generator Set

RYU  Gasoline Generator Set  1枚目

Performa tangguh untuk kebutuhan listrik rumah tangga

9

Vermogen

Silent Inverter Generator

Vermogen Silent Inverter Generator 1枚目

Suara lebih halus, suasana jadi lebih tenang

10

HONDA

Genset

HONDA Genset 1枚目

Produk genset HONDA yang mungil dan bersuara halus

Perincian produk
Close
No.1

YamamaxYamamax Pro® Petrol Generator2500 RX Rubicon

Mulai dari Rp1.549.999,00

Lanjutkan pekerjaan yang terhenti karena pemadaman dengan pembangkit listrik darurat ini

Kelebihan:

  • Harganya tergolong murah untuk genset dengan output 1.000 watt

Kekurangan:

  • Bukan silent generator sehingga ketika dioperasikan akan menimbulkan suara bising

Pemadaman listrik tidak bisa diprediksi kapan dan berapa lama akan berlangsung. Untuk menyalakan listrik dalam keadaan darurat, Anda bisa mempertimbangkan genset Yamamax ini.


Dengan genset ini, Anda bisa mendapatkan aliran listrik dengan daya yang cukup tinggi, yakni 1.000 watt. Pekerjaan Anda yang berhenti tiba-tiba karena pemadaman bisa berlanjut berkat genset mini yang satu ini.

No.2

Tiger®Portable GeneratorTGR3000

Mulai dari Rp1.482.500,00

Hasilkan daya 1.200 watt selama 8 jam dalam sekali pengisian bahan bakar

Kelebihan:

  • Tenaga yang dihasilkan tergolong tinggi, yakni 1.200 watt
  • Waktu pengoperasiannya tergolong lama, yakni hingga 8 jam

Kekurangan:

  • Bukan silent generator sehingga ketika dioperasikan akan menimbulkan suara berisik

Jika Anda membutuhkan genset yang bisa menghasilkan tenaga yang cukup tinggi, pilihlah genset mini Tiger®. Genset ini bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 1.200 watt. Dalam sekali pengisian, genset mini ini bisa menghasilkan listrik selama delapan jam. Dengan produk ini, Anda tak perlu khawatir lagi saat listrik tiba-tiba mati.

No.3

MULTIPRO Gasoline Generator GG-1000/2 SW

Mulai dari Rp1.077.000,00

Mesinnya kuat dan tidak mudah panas, tidak khawatir overheat saat dipakai

Kelebihan:

  • Memiliki bobot yang tergolong ringan, yakni hanya 18 kg
  • Mesin tidak mudah panas sehingga tidak perlu khawatir terjadi overheat

Kekurangan:

  • Tenaga yang dihasilkan hanya 750 watt sehingga lebih cocok untuk kebutuhan ringan, seperti camping

Produk ini mungkin jadi salah satu genset paling mini dan ringan yang bisa Anda temukan di pasaran. Panjangnya saja kurang dari 40 cm dengan bobot kurang dari 18 kg. Dengan ukuran yang supermini dan ringan, Anda bisa lebih mudah menyimpan dan membawanya ke mana pun, termasuk untuk camping. Istimewanya lagi, genset mini ini memiliki mesin yang kuat dan tidak mudah panas. Jadi, jangan khawatir mesin mengalami overheat.

No.4

Stärke® Heavy IndustriesPortable GeneratorST1200

Mulai dari Rp958.898,00

Solusi genset mini harga murah bagi yang berbujet terbatas

Kelebihan:

  • Memiliki harga termurah dibanding produk lainnya dalam rekomendasi

Kekurangan:

  • Tenaga yang dihasilkan rendah, yakni hanya 750 watt sehingga kurang cocok untuk kebutuhan rumah
  • Bukan silent generator sehingga ketika dioperasikan akan menimbulkan suara bising

Bila bujet Anda terbatas saat ingin membeli genset mini, cobalah produk yang satu ini. Harga genset mini ini tergolong murah, yakni di bawah satu juta rupiah. Harga tersebut merupakan yang termurah dari semua genset mini yang direkomendasikan dalam artikel ini. Meskipun murah bukan berarti genset mini ini kualitasnya murahan, lho! Anda bisa menghidupkan listrik hingga tujuh jam menggunakan genset mini ini. Untuk bahan bakar pun Anda hanya membutuhkan 3,5 liter dalam sekali pakai.

No.5

Yamaha Indonesia MotorET-1

Mulai dari Rp3.159.999,00

Konsumsi bahan bakarnya irit, hanya 0,667 liter per jam!

Kelebihan:

  • Irit bahan bakar dengan konsumsi 0,667 liter/jam
  • Mampu dioperasikan lebih dari 6 jam nonstop dengan sekali isi bahan bakar
  • Terdapat garansi resmi dari Yamaha selama 1 tahun

Kekurangan:

  • Bukan silent generator sehingga ketika dioperasikan akan menimbulkan suara bising
  • Harga masih tergolong mahal jika dibandingkan produk lainnya

Jika Anda menginginkan genset mini yang irit bahan bakar, produk dari Yamaha ini bisa Anda coba. Anda bisa menghemat bahan bakar karena konsumsinya hanya 0,667 liter per jam. Dalam kapasitas penuh (4 liter) genset ini bisa menyala selama 6 jam. Jadi, Anda tidak perlu membeli bensin banyak-banyak untuk bisa menghidupkan listrik Anda. Namun, tenaga maksimal yang dihasilkan produk ini tergolong kecil, yakni 780 watt saja.

No.6

Hyundai Genset Mini 1000 WattHDI 1800

Mulai dari Rp2.400.000,00

Durasi superpanjang, bisa dioperasikan sepanjang malam

Kelebihan:

  • Bisa menyala cukup lama hingga 9 jam

Kekurangan:

  • Bukan silent generator sehingga akan membuat berisik ketika dioperasikan

Untuk Anda yang tinggal di pelosok dan belum ada jaringan listrik, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Meski punya ukuran mini, genset ini bisa bekerja selama 7–9 jam. Durasi tersebut tentu terbilang lebih panjang dibandingkan dengan produk lain di kelasnya. Hal tersebut membuat genset mini ini bisa diandalkan saat terjadi mati listrik dalam waktu yang lama. Dengan genset mini ini, rumah akan tetap terang sepanjang malam!

No.7

LoncinGeneratorLC 1800

Mulai dari Rp2.925.000,00

Listrik lebih stabil dan efisien dengan teknologi AVR

Kelebihan:

  • Memiliki teknologi AVR sehingga menghasilkan listrik yang stabil dan efisien
  • Gulungan terbuat dari tembaga berkualitas tinggi

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal dibanding produk lain dalam rekomendasi
  • Bukan silent generator sehingga akan menimbulkan bising ketika dioperasikan

Genset mini produksi Loncin ini memiliki teknologi Automatic Voltage Regulator (AVR). Berkat teknologi ini, listrik yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan efisien. Bahan gulungannya pun tidak sembarangan sebab terbuat dari tembaga murni berkualitas tinggi. Bila Anda membutuhkan genset mini untuk kebutuhan rumah tangga dan produksi, genset ini sangat patut Anda pertimbangkan.

No.8

RYU Gasoline Generator Set RG1500-1

Mulai dari Rp4.420.000,00

Performa tangguh untuk kebutuhan listrik rumah tangga

Kelebihan:

  • Produk menggunakan mesin dari Jepang yang terkenal berkualitas tinggi

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal dibanding produk serupa
  • Bukan silent generator sehingga ketika dioperasikan akan menimbulkan suara bising
  • Kebutuhan bahan bakar tergolong tinggi, yakni 8 liter

Produk mesin dari Jepang memang tidak pernah mengecewakan. Ini adalah salah satu produk genset yang cukup andal dari negeri Sakura tersebut. Anda bisa mendapatkan performa genset mini yang tangguh dengan kapasitas maksimal 1.000 watt. Untuk penerangan dan kebutuhan rumah tangga saat mati lampu, produk ini sudah mencukupi untuk penerangan sederhana.

No.9

VermogenSilent Inverter GeneratorVG-SIG1500

Mulai dari Rp3.855.600,00

Suara lebih halus, suasana jadi lebih tenang

Kelebihan:

  • Merupakan silent inverter generator yang tidak menimbulkan suara bising

Kekurangan:

  • Harga tergolong mahal dibanding produk lainnya

Suara bising dari genset dapat membuat Anda terganggu, terlebih jika Anda sedang membutuhkan ketenangan. Untuk menjawab keinginan Anda, pilihlah poduk silent inverter generator yang tidak menimbulkan suara bising.


Anda bisa mempertimbangkan produk dari Vermogen yang satu ini. Anda hanya perlu mengisi 2,5 liter bensin untuk bisa menghasilkan tenaga listrik 1.500 watt. Kebutuhan Anda selama mati listrik pun bisa dilakukan dengan lancar.

No.10

Produk genset HONDA yang mungil dan bersuara halus

Kelebihan:

  • Memiliki suara yang lebih halus

Kekurangan:

  • Waktu maksimal pengoperasian hanya tiga jam
  • Harga tergolong mahal dibanding genset mini lainnya

Jika Anda ingin genset dengan suara yang halus, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Selain suara yang dihasilkan halus, genset mini ini juga sangat portable sehingga bisa Anda bawa ke mana-mana. Ini merupakan salah satu produk genset dari HONDA yang paling mungil. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkannya.


Akan tetapi, untuk penggunaan penuh, genset ini hanya bisa bekerja selama tiga jam. Kapasitas penampungan bahan bakarnya juga tergolong kecil, yakni hanya 2,1 liter saja. Anda bisa menggunakannya untuk event tertentu semisal kegiatan di car free day yang tidak terlalu lama.

Pertanyaan umum seputar genset mini

Pertanyaan umum seputar genset mini

Kami telah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenasi genset mini. Jika Anda penasaran silakan simaka jawaban berikut ini.

Apa itu genset portable?

Genset portable adalah genset berukuran kecil dan ringan dibanding genset biasa. Genset portable sangat praktis disimpan dan mudah dibawa ke mana-mana. Meskipun kecil dan ringan, genset portable bisa menghasilkan daya besar, yakni mulai dari 750 watt hingga 6.500 watt. Selain itu, genset portable juga dinilai lebih irit bahan bakar dibanding genset biasa.

Bagaimana cara kerja genset?

Prinsip kerja genset adalah mengubah energi pada bahan bakar menjadi energi gerak oleh mesin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Aliran listrik yang dihasilkan tersebut bisa menjadi sumber listrik.

Apakah genset bisa dipakai 24 jam?

Bisa. Genset mini bisa dipakai 24 jam, tetapi tetap harus diiringi dengan kewaspadaan agar tidak menimbulkan masalah. Anda bisa mempelajari spesifikasi genset mini dan prosedur yang harus dilakukan agar penggunaan 24 jam nonstop bisa dilakukan.

Apa bedanya genset dengan generator?

Genset merupakan akronim dari generator set. Genset adalah perangkat kombinasi antara pembangkit listrik (generator) dan mesin penggerak yang dipadukan untuk menghasilkan tenaga listrik.


Sementara itu, generator adalah perangkat yang bisa mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Generator ada di dalam genset, sedangkan genset merupakan satu kesatuan antara generator dengan mesin penggerak penghasil energi listrik.

Baca juga rekomendasi genset lainnya di sini

Kami harap ada salah satu produk genset mini di atas yang Anda suka. Namun, bila Anda masih membutuhkan pertimbangan genset lainnya, Anda bisa klik tautan berikut. Kami masih punya rekomendasi genset lainnya di sana.

Kesimpulan

Genset mini akan sangat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan listrik. Tidak hanya bisa digunakan di rumah saat mati lampu, genset mini juga cocok digunakan untuk kegiatan dan pekerjaan lapangan. Ukurannya yang mini membuatnya sangat praktis dan portabel.


Setelah membaca tips dan rekomendasi produk di atas, kami harap Anda bisa mendapatkan genset mini yang cocok. Agar genset mini awet, ingatlah untuk selalu melakukan perawatan seperti mengganti oli dan rutin memanaskan mesinnya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer