1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Karpet Permadani Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Karpet permadani adalah alas lantai yang digunakan untuk memperindah suatu ruangan. Karpet permadani hadir dengan harga dan motif yang bermacam-macam. Kelembutannya membuat karpet permadani nyaman saat bersentuhan dengan telapak kaki ataupun diduduki. Selain itu, keindahannya juga membuat ruangan tidak membosankan.


Kali ini kami akan mengulas rekomendasi karpet permadani yang bagus dan indah dari berbagai merek. Ada karpet permadani Dekoruma,  Ostrich Carpet, dan sebagainya dalam artikel ini. Mari cari tahu karpet permadani apa saja pilihan kami. Namun, baca dahulu tips memilih karpet permadani terbaik berikut ini, yuk!
Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ario Pamungkas

Ario Pamungkas memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun sebagai seorang profesional di industri retail, FMCG, serta food & beverage. Work experience dan latar belakang yang dimiliki membuatnya fasih untuk mengenali daya tarik produk dan kecocokannya dengan kebutuhan pasar. Tertarik untuk mengenal lebih dalam karakteristik pasar Indonesia sekaligus meningkatkan produktivitas, ia pun bergabung dengan mybest Indonesia.

Profil Ario Pamungkas
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 26 Januari 2023)

Apa yang dimaksud karpet permadani?

Apa yang dimaksud karpet permadani?

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan karpet dan ambal permadani? Menurut KBBI, ambal dan karpet adalah benda yang sama. Karpet permadani adalah kain tekstil yang dihamparkan di atas lantai untuk memperindah ruangan. Karpet permadani umumnya terbuat dari serat sintetis polipropilena, nilon, atau wol yang lembut. Saat dihamparkan di atas lantai, karpet permadani bisa menghangatkan kaki Anda sekaligus memperindah ruangan. 


Ada beberapa perbedaan antara karpet dengan permadani: 


  • Karpet adalah kain yang digunakan untuk menutupi seluruh permukaan lantai. Karpet biasanya melekat di lantai dan harus dipasang oleh ahlinya sehingga karpet cenderung sulit dicuci. Ukuran karpet cenderung lebih besar dan panjang dibandingkan permadani. 

  • Permadani hanya menutupi sebagian area lantai. Permadani mudah dibongkar-pasang dan dicuci karena tidak melekat di lantai. Sementara itu, ukuran permadani lebih fleksibel sehingga dapat digunakan untuk menghias ruangan kecil sekalipun.

Jika dahulu Anda hanya mengenal motif klasik, kali ini karpet permadani memiliki motif yang beragam. Ada karpet permadani motif hexagonal, minimalis, monokrom, tribal, dan lain-lain.

Cara memilih Karpet Permadani

Banyaknya pilihan karpet permadani mungkin membuat Anda kebingungan. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberi tahu tips memilih karpet permadani yang bagus. Mari disimak!

① Cermati material yang digunakan

Bahan material memegang kunci kenyamanan dan ketahanan suatu karpet permadani. Karena itu, sebelum membeli karpet pemadani, pastikan Anda mengetahui jenis serta karakteristik materialnya.  

Polipropilena: Teksturnya halus, kuat, dan tahan lama

Polipropilena: Teksturnya halus, kuat, dan tahan lama

Polipropilena atau PP adalah bahan serat sintetis yang paling banyak digunakan untuk membuat karpet permadani. Bahan ini dikenal kuat, tahan jamur, tahan noda, tahan bahan kimia, dan bisa dibersihkan dengan air. 


Tekstur karpet permadani berbahan PP terasa halus dan motifnya lebih beragam. Namun, karpet permadani mudah menyusut jika dijemur di bawah sinar matahari langsung. Supaya kualitas karpet permadani selalu terjaga, hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Nilon: Dapat dibersihkan dengan beberapa cara

Nilon: Dapat dibersihkan dengan beberapa cara

Nilon adalah bahan karpet permadani yang menawarkan fleksibilitas serta kemudahan dalam pembersihannya. Karpet permadani berbahan nilon bisa dibersihkan dengan cara dicuci, di-vacuum, atau disapu. Warnanya pun lebih awet dan tidak mudah pudar. Karena itu, karpet permadani berbahan nilon banyak dipasang di ruang perkantoran, khususnya di area yang banyak dilalui oleh orang-orang.

Non-woven: Tidak menggores permukaan lantai

Non-woven: Tidak menggores permukaan lantai

Non-woven adalah kain bukan tenunan yang serat-seratnya tidak dirajut, melainkan diikat dengan bahan kimia tertentu. Karpet permadani berbahan non-woven biasanya digunakan untuk isolasi termal, lapisan antiair, atau sekadar memberi kelembutan di lantai. 


Karpet permadani berbahan non-woven relatif lebih lembut dan tidak menggores lantai. Bobotnya juga lebih ringan dan mudah dilipat. Namun, Anda harus berhati-hati karena karpet ini akan cepat rusak jika dicuci berkali-kali.

② Perhatikan ketebalan dan teksturnya

Perhatikan ketebalan dan teksturnya

Ketebalan karpet permadani bermacam-macam, mulai dari 2 mm hingga 1,5 cm. Makin tebal bahannya, makin empuk dan nyaman karpet tersebut untuk dijadikan alas duduk. Karpet permadani yang tipis kurang nyaman digunakan sebagai alas duduk. Karena itu, karpet permadani tipis lebih cocok dijadikan dekorasi lantai.


Apabila Anda ingin menjadikan karpet permadani sebagai alas duduk, pilihlah karpet permadani yang ketebalannya di atas 1 cm. Namun, jika karpet permadaninya hanya dijadikan alas lantai, karpet permadani yang ketebalannya di bawah 1 cm sudah cukup.

③ Sesuaikan ukurannya dengan ruangan

Sesuaikan ukurannya dengan ruangan

Ukuran karpet permadani pada umumnya adalah 100 cm x 150 cm dan 120 cm x 170 cm. Namun, ada juga yang ukurannya mencapai 200 cm x 300 cm. Ketika memilih ukuran karpet, Anda harus menyesuaikannya dengan lebar ruangan. Karpet permadani berukuran 100 cm x 150 cm cocok digunakan di ruang tamu atau kamar tidur.

 

Sementara itu, untuk ruang tengah atau ruang keluarga, Anda bisa menggunakan karpet permadani yang lebih besar. Karpet permadani jumbo dengan lebar 200 cm cukup untuk menutup sebagian luas lantai ruang tengah.

④ Pilih desain dan warna yang sesuai konsep interior

Pilih desain dan warna yang sesuai konsep interior

Motif, desain, dan warna karpet permadani bisa memperindah ruangan. Namun, salah memilih desain karpet permadani bisa membuat ruangan terlihat membosankan atau berlebihan. Karena itu, sebelum membeli karpet permadani, Anda harus mengetahui konsep interior rumah terlebih dahulu.


Jika Anda memiliki konsep interior minimalis, pilihlah karpet permadani yang motifnya sederhana. Motif tribal, hegaxonal, atau polos bisa menjadi pilihan tepat. Sementara itu, karpet permadani berwarna natural, seperti abu-abu, cokelat, atau putih cocok untuk ruangan berkonsep Skandinavian.

Hindari memilih karpet yang motifnya lebar jika ruangan Anda terbatas karena akan membuat ruangan terkesan makin minim. Sebaiknya, pilih karpet yang motifnya kecil atau bahkan polos.

10 Rekomendasi karpet permadani terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk karpet permadani terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ostrich Carpet

Shiva

Ostrich Carpet Shiva 1枚目

Karpet permadani bernuansa etnik khas Turki siap mempercantik ruangan

2

Tren-D-rugs

Karpet Permadani Polos Bella

Tren-D-rugs Karpet Permadani Polos Bella 1枚目

Polos! Mudah dipadukan dengan beragam interior

3

Nairobi

Karpet Permadani Minimalis 100 cm x 150 cm

Nairobi Karpet Permadani Minimalis 100 cm x 150 cm 1枚目

Terasa lembut, bagian bawahnya tidak mudah selip

4

Jamas

Karpet Permadani Klasik

Jamas Karpet Permadani Klasik 1枚目

Desain klasik untuk mempercantik musala rumah

5

Almaya

Karpet Permadani Jumbo 230 x 310

Almaya Karpet Permadani Jumbo 230 x 310 1枚目

Berukuran jumbo untuk hiasi ruangan yang luas

6

Dekoruma

Linori Karpet Motif Koya

Dekoruma Linori Karpet Motif Koya 1枚目

Motifnya cocok untuk ruangan berkonsep Japandi

7

Maroc

Karpet Lantai Full Black

Maroc Karpet Lantai Full Black 1枚目

Karpet gaya nordic untuk kesan lebih minimalis

8

Super Shama

Karpet Lantai

Super Shama Karpet Lantai 1枚目

Selamat tinggal ngengat!

9

Moderno

LUXE

Moderno LUXE 1枚目

Berikan kesan bold pada ruangan di rumah Anda

10

Orange

Karpet Permadani Bulu Tebal 90 x 150

Orange Karpet Permadani Bulu Tebal 90 x 150 1枚目

Permadani tebal yang harganya bersahabat

Perincian produk
Close
No.1

Ostrich CarpetShiva239

Mulai dari Rp69.900,00

Karpet permadani bernuansa etnik khas Turki siap mempercantik ruangan

Kelebihan:

  • Dibandingkan produk sejenis, harga karpet ini sangat ramah kantong

Kekurangan:

  • Ketebalannya hanya 2 mm, bisa terasa kurang empuk diduduki

Produk ini memiliki motif yang khas dan mampu memberikan nuansa etnik khas Turki pada ruangan. Ada beberapa varian warna yang bisa Anda pilih. Jika Anda menginginkan kesan hangat di dalam ruangan, warna merah bisa jadi pilihan tepat. Sebaliknya, warna biru dan hijau akan memberi kesan dingin pada ruangan.


Ketebalan karpet permadani ini memang tipis jika dibandingkan produk lain yang ada di rekomendasi produk. Namun, hal inilah yang membuat bobot karpet jadi ringan (hanya 2 kg). Anda jadi lebih mudah ketika menggelar atau melipatnya.

No.2

Tren-D-rugsKarpet Permadani Polos Bella

Mulai dari Rp199.900,00

Polos! Mudah dipadukan dengan beragam interior

Kelebihan:

  • Ada beragam pilihan warna polos

Kekurangan:

  • Ketebalannya hanya 0,5 cm, bisa terasa kurang empuk diduduki

Memilih karpet permadani polos ini tidak pernah salah karena akan memberi Anda fleksibilitas dalam penataannya. Anda bisa memadukannya dengan furniture gaya apa pun. Tinggal pilih warna karpet yang paling disukai dan letakkan karpet di mana pun Anda ingin meletakkannya. Jadi, Anda bisa menggunakan satu karpet di beberapa ruangan secara bergiliran. Salah satu opsi untuk Anda yang mengutamakan fleksibilitas penggunaan, bukan?

No.3

NairobiKarpet Permadani Minimalis 100 cm x 150 cm

Mulai dari Rp132.000,00

Terasa lembut, bagian bawahnya tidak mudah selip

Kelebihan:

  • Ada empat pilihan desain menarik

Kekurangan:

  • Lebih cocok digunakan di ruangan kecil/medium

Lantai kamar yang dingin membuat Anda malas menurunkan kaki saat bangun tidur? Kalau begitu, coba Anda pasang karpet ini di dekat tempat tidur. Kelembutannya akan langsung menyapa telapak kaki Anda saat bangun pagi. Jadi, lantai yang dingin bukan lagi sebuah permasalahan.


Jika karpet kotor, tak perlu khawatir untuk mencucinya. Benang di karpet ini tidak mudah lepas dan warnanya juga tidak mudah luntur. Di pihak lain, risiko karpet untuk bergeser juga lebih minim karena bagian bawahnya dilengkapi bahan gel.

No.4

JamasKarpet Permadani Klasik

Mulai dari Rp790.900,00

Desain klasik untuk mempercantik musala rumah

Kelebihan:

  • Ukurannya besar, cocok ditempatkan di ruangan yang luas

Kekurangan:

  • Dibandingkan produk lain, harganya tergolong tinggi

Musala merupakan bagian rumah yang tidak boleh terlewat untuk ditata. Caranya bisa dengan melapisi lantainya dengan karpet yang nyaman digunakan untuk bersimpuh. Sebuah keputusan yang tepat jika Anda memilih produk ini. Karpet ini terbuat dari benang sintetis berkualitas tinggi sehingga lebih kuat. Ditambah dengan desain klasik yang tidak lekang oleh waktu, Anda tak perlu gonta-ganti karpet lagi.

No.5

AlmayaKarpet Permadani Jumbo 230 x 310

Mulai dari Rp485.000,00

Berukuran jumbo untuk hiasi ruangan yang luas

Kelebihan:

  • Varian warna yang ditawarkan cukup banyak

Kekurangan:

  • Ukurannya besar, jika tidak digunakan akan membutuhkan space penyimpanan cukup besar


Karpet permadani yang satu ini memiliki ukuran 230 cm x 310 cm, sangat besar! Karakteristik tersebut membuatnya cocok digunakan untuk menghiasi ruangan yang luas. Tenang saja, varian warna dan desain yang ditawarkan pun melimpah. Anda tidak akan kesulitan untuk mencari varian yang paling cocok dengan nuansa interior ruangan Anda. Produk ini wajib diperhitungkan untuk mempercantik ruangan besar Anda.

No.6

DekorumaLinori Karpet Motif Koya

Mulai dari Rp349.002,00

Motifnya cocok untuk ruangan berkonsep Japandi

Kelebihan:

  • Berwarna soft, makin versatile ditempatkan

Kekurangan:

  • Bahan nilon cenderung kurang optimal menyerap panas


Japandi merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan perpaduan interior khas Jepang dengan Scandinavian. Jika rumah Anda memiliki interior bergaya Japandi, tak ada salah mempertimbangkan produk ini. 


Warna netralnya akan menyatu dengan beragam warna interior dan furnitur. Motifnya juga tidak terlalu ramai sehingga tidak akan mendistraksi pandangan. Supaya ruangan terlihat lebih maksimal, Anda dapat meletakkan sofa dan nakas minimalis di sekitarnya.

No.7

MarocKarpet Lantai Full BlackWB04

Mulai dari Rp299.998,00

Karpet gaya nordic untuk kesan lebih minimalis

Kelebihan:

  • Mampu mempertegas kesan minimalis

Kekurangan:

  • Kurang tepat ditempatkan di kamar anak-anak

Karpet yang satu ini memiliki motif geometris yang simpel dan minimalis. Meski hanya memadukan warna hitam dan putih, produk ini tidak terlihat monoton. Anda justru akan mendapatkan nuansa nordic nan simple dan estetik di dalam ruangan. Tambahan lagi, karena ukurannya cukup kecil, karpet ini cocok dipasang di bawah meja ruang tamu atau kamar Anda.

No.8

Super ShamaKarpet LantaiSS621

Mulai dari Rp450.000,00

Selamat tinggal ngengat!

Kelebihan:

  • Dirancang khusus agar antingengat

Kekurangan:

  • Varian warna tidak terlalu banyak

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada karpet adalah ngengat. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena produk ini diklaim tahan ngengat. Produk ini juga mudah dibersihkan sehingga cocok dibentangkan di ruang tamu. Tambahan lagi, Anda tak perlu mengkhawatirkan ukuran karena produk ini tersedia dalam beragam ukuran. Anda jadi lebih bebas memilih.

No.9

Berikan kesan bold pada ruangan di rumah Anda

Kelebihan:

  • Berukuran medium, pas ditempatkan di ruang keluarga

Kekurangan:

  • Bahan polypropylene tidak terlalu halus di kulit

Anda bosan dengan dekorasi ruangan yang itu-itu saja? Coba lirik produk ini. Desain bold-nya akan memberikan kesan yang berbeda pada ruangan di rumah Anda. Produk ini juga tersedia dalam beragam motif, seperti hexagon, sulur, dan banyak lagi. Untuk ketebalannya sendiri, cukup pas jika ingin diletakkan di ruang tamu atau ruang tengah. Dijamin! Rumah Anda kini tidak lagi membosankan.

No.10

OrangeKarpet Permadani Bulu Tebal 90 x 150

Mulai dari Rp80.900,00

Permadani tebal yang harganya bersahabat

Kelebihan:

  • Tebalnya mencapai 1 cm, makin empuk

Kekurangan:

  • Anda perlu effort lebih untuk mencucinya karena karpet ini sangat menyerap air

Untuk merasakan asyiknya bersantai di atas karpet empuk tanpa keluar banyak dana, pilih saja produk ini. Memiliki ketebalan mencapai 1 cm, karpet permadani ini terasa nyaman diduduki berjam-jam. Menariknya lagi, warna dan desain yang ditawarkan pun tergolong melimpah. Segala keunggulan tersebut bisa Anda rasakan tanpa perlu mengeluarkan terlalu banyak dana. Asyik!

Baca juga rekomendasi karpet lainnya di sini

Beberapa dari Anda mungkin memerlukan jenis karpet lain, seperti karpet bulu, karpet dapur, atau karpet mobil. Karena itu, kami membuat pembahasan mengenai karpet-karpet tersebut. Jika Anda ingin membaca artikelnya, silakan buka tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Karpet permadani tidak hanya bisa memperindah ruangan, tetapi juga bisa membuat lantai terasa lebih hangat dan nyaman. Anda bisa memilih karpet permadani mana pun yang diinginkan. Namun, jangan lupa mengecek bahan, ukuran, dan menyesuaikannya dengan interior ruangan, ya!


Semoga rangkaian tips dan rekomendasi produk dari kami bisa membantu Anda menemukan karpet permadani yang tepat! Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk memilih dan menentukan pilihan. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer