1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Permainan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Jenga Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Jenga adalah game yang cocok untuk berbagai kalangan. Permainan skill ini dapat mengasah keterampilan, meningkatkan ketelitian, sampai memeriahkan suasana. Tidak heran jika banyak merek yang membuat permainan serupa. Kira-kira, produk apa yang terbaik untuk Anda pilih?


Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mainan Jenga dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk yang bagus dan mengulasnya untuk Anda. Ada UNO Stacko dari Mattel, serta Jenga Pass Challenge dari Hasbro. Mau yang dari kayu atau plastik, semuanya ada. Yuk disimak bersama-sama!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu Jenga dan bagaimana cara memainkannya?

Apa itu Jenga dan bagaimana cara memainkannya?

Jenga sudah eksis sejak tahun 1983. Permainan skill ini diciptakan oleh Leslie Scott. Saat ini Anda bisa menemukan banyak mainan mirip Jenga dengan nama yang berbeda. Cara memainkannya sama dengan Jenga, tetapi memiliki nama yang berbeda. Pasalnya, lisensi nama Jenga dimiliki oleh Hasbro di sebagian besar belahan dunia.


Game ini berupa 54 balok yang disusun seperti menara. Jenga bisa dimainkan dua orang atau lebih. Tiap pemain harus mengambil salah satu balok dan meletakkannya di susunan teratas. Siapa pun yang merobohkan menaranya akan dinyatakan kalah.


Karena membutuhkan keterampilan dan ketelitian, Jenga disarankan untuk anak usia 6 tahun ke atas. Meskipun terdengar simpel, permainan ini punya aturan. Anda hanya bisa memindahkan balok dengan satu tangan. Durasi yang diberikan untuk tiap pemain pun hanya 10 detik. Namun, Anda dapat selalu menyesuaikan peraturannya sendiri.


Kini Anda tidak akan hanya menemukan mainan Jenga dari Hasbro. Sudah banyak game serupa yang tidak kalah serunya, seperti UNO Stacko dan Penguin Panic. Oleh karena itu, harga mainan Jenga bervariasi, tergantung pada merek hingga modelnya. Tenang saja, di artikel ini kami akan memandu Anda untuk menemukan yang terbaik!

Cara memilih Jenga

Saat ini permainan skill yang mirip Jenga sudah beragam sekali macamnya. Tidak hanya modelnya, peraturannya pun bervariasi. Bahannya bahkan berbeda-beda. Untuk itu, di bawah ini kami akan menjabarkan poin cara memilihnya untuk Anda. Silakan disimak.

① Pilih bahan baloknya, kayu atau plastik

Pilih bahan baloknya, kayu atau plastik

Balok Jenga yang beredar di pasaran awalnya hanya terbuat dari kayu. Anda akan mendapat tampilan yang klasik bila memilih produk dengan material kayu. Selain itu, produknya kukuh karena baloknya padat. Namun, material ini tidak mudah dirawat. Jangan sampai mainan Anda terpapar air karena bentuknya dapat berubah.


Jika Anda mencari yang lebih mudah dirawat, pilihlah yang terbuat dari plastik. Tipe ini bisa dibersihkan dengan berbagai cara tanpa merusak permukaannya. Namun, produk yang terbuat dari plastik tidak lebih kukuh dibandingkan yang bahannya kayu. Baloknya biasanya tidak padat sehingga bisa saja rusak jika terinjak atau tertimpa benda yang berat.

② Pastikan jumlah balok dan ukuran menaranya sesuai ekspektasi

Pastikan jumlah balok dan ukuran menaranya sesuai ekspektasi

Jumlah balok Jenga dari Hasbro adalah 54 dengan ukuran menara 7,5 cm x 7,5 cm x 27 cm. Setiap baloknya berukuran 7,5 cm x 2,5 cm x 1,5 cm. Spesifikasi tersebut bisa Anda jadikan sebagai patokan jumlah balok dan ukuran menara yang standar.


Produk yang beredar di pasaran memiliki ukuran yang bervariasi. Anda bisa memilih yang ukurannya lebih besar atau lebih kecil. Ukuran menara bisa ditentukan oleh ukuran tiap balok dan jumlahnya. Produk dengan jumlah balok yang sama bisa saja berbeda ukuran setelah disusun. Pasalnya, ukuran setiap baloknya mungkin berbeda.


Durasi bermain Jenga klasik untuk satu ronde adalah 10–15 menit. Makin banyak baloknya, tentu makin seru permainannya karena makin menegangkan. Sementara itu, jumlah balok yang lebih sedikit cocok untuk anak-anak karena permainannya cepat selesai.

③ Sesuaikan model dan peraturannya dengan umur pemain

Seiring perkembangannya, muncul mainan Jenga dengan model dan peraturan yang baru. Kategori umur pemainnya pun berbeda-beda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, simaklah penjabaran selengkapnya di bawah ini.

Untuk anak-anak, pilih yang colorful

Meski seru dimainkan, Jenga klasik mungkin kurang menarik untuk anak-anak. Selain motifnya polos, permainannya membuat deg-degan. Jenga bisa terlalu menegangkan untuk anak Anda. Untuk itu, Anda perlu memilih produk yang mudah menarik perhatiannya.


Saat ini produk yang baloknya colorful sudah banyak beredar di pasaran. Tidak hanya warna-warni, motifnya pun ada yang dibuat lucu. Produk untuk anak-anak biasanya juga tidak diberi aturan yang rumit. Dengan demikian, si kecil akan senang hati memainkannya.

Untuk orang dewasa, pilih yang menantang

Bukan cuma model Jenga yang berkembang, peraturannya pun kini beragam. Beberapa produknya ditujukan atau lebih menarik untuk orang dewasa. Suasana berkumpul akan terasa lebih meriah saat Anda memainkannya bersama teman atau keluarga.


Produk dengan kategori usia 7+ biasanya tidak terlalu menitikberatkan pada model. Produknya lebih berfokus untuk menawarkan permainan yang seru. Namun, ada juga produk yang lebih cocok dimainkan orang dewasa karena model baloknya lebih rumit.

10 Rekomendasi Jenga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Jenga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wiss Toy

Wooden Toys

Wiss Toy Wooden Toys 1枚目

Jenga ekonomis dengan cara bermain yang berbeda!

2

Mattel

UNO Stacko

Mattel UNO Stacko 1枚目

Cara bermainnya tidak standar, level keseruannya bertambah

3

Top Bright

Animal Stacking Game

Top Bright Animal Stacking Game 1枚目

Mudah menarik perhatian anak dengan motifnya yang lucu

4

Drunken Tower

 Drunken Tower 1枚目

Punya peraturan unik yang menantang untuk orang dewasa

5

Penguin Panic

 Penguin Panic 1枚目

Bantu si penguin menjaga keseimbangan baloknya!

6

Hasbro

Jenga Pass Challenge

Hasbro Jenga Pass Challenge 1枚目

Main Jenga kapan saja dan di mana saja

7

Key Bell

Jenga

Key Bell Jenga 1枚目

Baloknya kukuh dan cantik

8

Toywoo

Building Block Vegetable

Toywoo Building Block Vegetable 1枚目

Memperkenalkan sayuran dan warna pada anak dengan cara yang seru

9

Toy Studio

Domino Stacking Block Game 2in1

Toy Studio Domino Stacking Block Game 2in1 1枚目

Bisa untuk main Jenga dan dijadikan domino block!

10

Fun Unlimited

Balanced Tower

Fun Unlimited Balanced Tower 1枚目

Konsepnya sama, bentuk menaranya berbeda

Perincian produk
Close
No.1

Jenga ekonomis dengan cara bermain yang berbeda!

Produk Wiss Toy ini merupakan salah satu mainan Jenga paling populer di e-commerce Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang ekonomis, peraturannya juga menarik. Bila mau, Anda bisa menggunakan dadu produk ini sebagai penentu balok yang harus diambil. Lempar dadunya dan ambil balok sesuai dengan angka yang ditunjukkan dadu.


Tentunya Anda bisa menggunakan game ini untuk makin mengenalkan angka-angka pada anak. Mainan ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan produk lainnya. Namun, produk ini juga tersedia dalam ukuran mainan Jenga standar. Jadi, Anda bisa memilihnya sesuai selera atau kebutuhan.

No.2

Cara bermainnya tidak standar, level keseruannya bertambah

Salah satu mainan Jenga yang sangat populer di kalangan pemainnya adalah UNO Stacko. Game ini memiliki keunikannya tersendiri. Alih-alih mengambil balok sesuka hati, balok yang perlu diambil seorang pemain ditentukan oleh pemain sebelumnya. Tiap pemain harus mengambil balok dengan warna atau nomor yang sama dengan balok yang terakhir dipindahkan.


Permainan ini juga dilengkapi balok draw two, reverse, dan skip. Balok draw two menyebabkan pemain selanjutnya harus mengambil dua balok. Reverse berarti putaran bermainnya berbalik arah. Sementara itu, skip membuat giliran pemain selanjutnya dilompati. UNO Stacko akan cocok sekali untuk Anda yang menyukai strategi.

No.3

Top BrightAnimal Stacking Game

Mulai dari Rp190.000,00

Mudah menarik perhatian anak dengan motifnya yang lucu

Produk ini bisa Anda manfaatkan sebagai perkenalan pertama anak dengan mainan Jenga. Game ini punya aturan bermain yang serupa, tetapi model baloknya lebih menarik untuk anak-anak. Selain warna-warni, setiap baloknya diberikan motif hewan yang dibedakan berdasarkan warnanya. Ada anjing, sapi, katak, dan lainnya. Anak-anak pasti mudah tertarik untuk memainkannya.


Sebagai permulaan, Anda bisa menyusun tiap balok berdasarkan warnanya. Ketika Anak sudah mulai mahir bermain, Anda bisa mengacak baloknya untuk meningkatkan tantangan game ini. Produk ini bahkan dilengkapi kartu bergambar sebagai media untuk mengenalkan hewan pada anak. Sangat bersahabat untuk balita segala usia!

No.4

Punya peraturan unik yang menantang untuk orang dewasa

Siapa bilang tugas Anda selesai saat berhasil menarik keluar sebuah balok? Dalam permainan ini, Anda harus melakukan tantangan yang tertulis pada baloknya lebih dahulu. Namun, tantangannya tidak selalu hanya untuk Anda karena bisa saja melibatkan pemain lainnya. Bermain Drunken Tower bersama teman-teman akrab Anda pastinya akan mengundang tawa!


Game ini bisa Anda pilih untuk memeriahkan suasana berkumpul bersama para sahabat. Tantangan yang tertera antara lain mengambil balok lagi dan minum. Tentunya Anda bebas untuk memilih jenis minumannya. Tidak perlu menyiapkan gelas lagi karena produk ini sudah termasuk empat buah gelas untuk Anda.

No.5

Bantu si penguin menjaga keseimbangan baloknya!

Jangan panik lebih dahulu saat memainkan Penguin Panic. Anda dan anak perlu membuat balok-balok yang dibawa penguinnya tetap seimbang meski posisinya dipindahkan. Siapa yang tidak bisa membantu si penguin untuk tetap membuat baloknya seimbang, dia dinyatakan kalah!


Salah satu keunikan game ini adalah dilengkapi figure penguin untuk menambah keseruannya. Selain itu, baloknya didesain seperti es. Menaranya tidak terlalu tinggi sehingga tidak terlalu menegangkan untuk anak-anak. Permainannya pun akan cenderung lebih cepat selesai karena jumlah baloknya tidak sebanyak produk lain.

No.6

HasbroJenga Pass Challenge

Mulai dari Rp130.000,00

Main Jenga kapan saja dan di mana saja

Main Jenga tidak melulu harus di atas meja atau lantai. Sekarang main Jenga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, lho. Produk Hasbro ini akan mewujudkannya untuk Anda. Anda diberikan platform khusus untuk menyusun menara baloknya. Namun, bagian tersebut bukannya diletakkan di atas meja atau lantai. Platformnya dilengkapi handle agar dapat dibawa-bawa saat dimainkan!


Jenga Pass Challenge kami rekomendasikan untuk Anda yang suka permainan menegangkan. Seolah mengambil balok sambil memegangi platformnya belum cukup menyulitkan, Anda akan tetap dianggap kalah bila menaranya roboh saat mengoper platformnya pada pemain lain.

No.7

Baloknya kukuh dan cantik

Bila Anda mengutamakan kualitas, mainan ini bisa diandalkan. Produk ini menawarkan balok yang terbuat dari kayu pinus solid asal Selandia Baru. Tidak hanya kukuh dan smooth, baloknya juga terlihat manis karena menggunakan cat ramah lingkungan berbasis air. Anda akan puas saat menumpuknya karena dapat tersusun rapi. Perpaduan warnanya pun membuat menara yang Anda bangun terlihat makin cantik.


Soal permainan, produk ini menggunakan aturan yang umum digunakan mainan Jenga kekinian. Anda diberikan dadu yang berfungsi sebagai petunjuk balok warna apa yang perlu diambil. Tidak hanya bersama teman, produk ini juga menantang untuk dimainkan sendirian.

No.8

ToywooBuilding Block Vegetable

Mulai dari Rp120.000,00

Memperkenalkan sayuran dan warna pada anak dengan cara yang seru

Memperkenalkan lingkungan sekitar pada anak selalu bisa dilakukan lewat mainan, contohnya game ini. Tiap balok pada produk ini tidak hanya bermotif sayuran, tetapi juga dibentuk menyerupainya. Ada balok berbentuk wortel, terong, jagung, dan lainnya. Anak Anda pun jadi lebih bersahabat dengan sayuran saat memainkan produk ini.


Selain modelnya menarik, game ini bisa meningkatkan perkembangan penglihatan anak, lho. Dadu pada produk ini mengindikasikan warna balok yang perlu diambil anak. Dengan demikian, anak tidak akan hanya menghafal nama warna saja karena diajak untuk mengidentifikasi tiap warna.

No.9

Toy StudioDomino Stacking Block Game 2in1

Mulai dari Rp39.500,00

Bisa untuk main Jenga dan dijadikan domino block!

Anak Anda mungkin belum terlalu antusias untuk bermain game seperti Jenga karena masih terlalu dini. Kenapa tidak dibelikan produk ini saja? Mainan ini bisa dijadikan domino block, lho! Jumlah baloknya pun tidak sedikit. Anda dan dan anak bisa membuat susunan domino block yang cukup panjang dengan 80 baloknya.


Sebagai informasi, produk ini tersedia dalam pilihan isi 45, 80, dan 120 balok. Bila Anda dan anak ingin membuat susunan domino block yang lebih panjang, makin banyak baloknya tentu makin seru. Saat disusun menjadi menara, mainan ini menawarkan aturan bermain seperti UNO Stacko.

No.10

Fun UnlimitedBalanced Tower

Mulai dari Rp45.000,00

Konsepnya sama, bentuk menaranya berbeda

Bagaimana kalau aturan permainan Jenga diterapkan pada mainan dengan model balok yang berbeda? Produk ini menyajikannya untuk Anda. Balanced Tower cocok untuk Anda yang ingin mencoba tantangan berbeda karena sudah andal bermain game seperti Jenga. Pada mainan ini, baloknya diganti dengan pilar-pilar vertikal. 


Pertama-tama, Anda dan pemain lainnya perlu menyusun pilarnya agar menjadi menara. Tiap levelnya disangga oleh lima pilar. Untuk memainkannya, setiap pemain harus mengambil pilar saat gilirannya tiba. Pemain yang merobohkan menara saat mencoba mengambil pilar akan dinyatakan kalah. Mainan Jenga dengan sensasi yang berbeda, bukan?

Baca juga rekomendasi produk permainan lainnya di sini

Selain game seperti Jenga, masih banyak permainan yang seru dimainkan bersama teman atau keluarga. Main board game atau kartu tidak kalah menariknya. Kami sudah punya rekomendasi produknya untuk Anda, lho. Permainan lainnya juga ada. Simaklah pembahasan selengkapnya pada link berikut ini. Baca juga ulasannya dari kami, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan mainan Jenga yang sesuai kebutuhan Anda? Tidak hanya soal cara bermainnya, Anda juga bisa memilih produk berdasarkan bahannya. Mau yang terbuat dari kayu atau plastik, semuanya terserah selera Anda.


Selanjutnya, Anda bisa memeriksa jumlah balok produknya. Makin besar atau makin banyak baloknya, makin tinggi pula susunannya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan model dan peraturannya dengan usia pemain, ya. Selamat memilih produk yang terbaik untuk Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer