1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Laptop 3 Jutaan Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Laptop 3 jutaan sudah bisa diandalkan untuk komputasi ringan, seperti mengetik, browsing, gaming ringan, bahkan menonton series. Produknya adalah pilihan terbaik untuk mahasiswa atau anak sekolah. Laptop 3 jutaan banyak ditawarkan oleh merek yang bagus, misalnya Acer, HP, dan ASUS.

Nah, kami sudah menyiapkan rekomendasi laptop 3 jutaan beserta ulasannya untuk Anda. Ada laptop harga 3 jutaan dengan spesifikasi touchscreen, RAM 4 GB, atau RAM 8 GB. Yuk, dapatkan laptop 3 jutaan terbaik untuk Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang, lho!

Diperbaharui 12-14-2022
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop 3 jutaan

Secara umum, laptop 3 jutaan memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Namun, tetap ada poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih produknya. Berikut ini kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda. Disimak dengan saksama, ya.

① Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Laptop 3 jutaan umumnya berukuran 11,6 inci atau 14 inci. Setiap ukuran menawarkan kelebihan yang berbeda. Agar Anda tak salah pilih, ketahui perbedaanya berikut ini.

Untuk dibawa-bawa, ukuran 11,6 inci lebih praktis

Untuk dibawa-bawa, ukuran 11,6 inci lebih praktis

Bila Anda akan banyak membawa laptop untuk bepergian, pilihlah yang berukuran 11,6 inci ke bawah. Produknya rata-rata memiliki ukuran panjang 28–29 cm dan lebar 19–20 cm saat terlipat. Menggenggam atau menyimpannya di dalam tas akan mudah sekali.


Selain itu, laptop 11,6 inci pas untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi karena bobotnya ringan. Produknya tidak akan menyulitkan Anda saat berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain.


Berpindah tempat sambil tetap mengoperasikan laptop pun masih memungkinkan. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, laptop ini memang dikhususkan untuk komputasi mengetik pekerjaan atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk menampilkan data, ukuran 14 inci lebih nyaman

Untuk menampilkan data,  ukuran 14 inci lebih nyaman

Kekurangan laptop 11,6 inci adalah kemampuannya dalam menampilkan data, terutama dari Microsoft Excel atau Google Sheets. Karena layarnya kecil, keseluruhan data tidak bisa ditampilkan dalam satu layar. Alhasil, Anda akan perlu melakukan banyak scroll.


Untuk menghindari hal tersebut, Anda memerlukan laptop berukuran 14 inci. Makin besar ukuran layar, tentu makin baik. Layar yang lebih besar akan membantu meringankan kerja mata untuk melihat data-data lebih detail dan jelas. Produsen laptop pun akhir-akhir ini lebih berfokus pada laptop ukuran 15 inci ke atas.


Rata-rata ukuran panjang laptop 14 inci adalah 32 cm dengan lebar 22 cm. Data Anda pun dapat ditampilkan dengan lebih maksimal. Selain itu, Anda bisa presentasi langsung dengan lebih nyaman berkat produknya. Jika Anda tidak sering membawa laptop ketika bepergian, ukuran ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

② Ketahui kemampuan prosesornya

Ketahui kemampuan prosesornya

Saat memilih laptop 3 jutaan, Anda akan menemukan tiga prosesor atau CPU yang umum digunakan. Pilihannya antara lain adalah Intel Celeron N3350, Intel Celeron N4020, dan AMD A4. Performa ketiganya mirip karena sama-sama memiliki dua inti (dual-core).


Prosesor merupakan otak di semua perangkat. Prosesor yang terbaru tentu akan lebih baik karena bisa digunakan untuk jangka waktu panjang. Namun, harga prosesor juga tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui kemampuan dari prosesor terlebih dahulu. Setelah itu, sesuaikan kemampuannya dengan kebutuhan penggunaan.


Sebagai informasi, Intel Celeron N3350 menggunakan prosesor grafis atau GPU Intel HD Graphics 500. Sementara itu, GPU Intel Celeron N4020 adalah Intel UHD Graphics 600. AMD A4 sendiri menggunakan AMD Radeon R4 sebagai GPU.


Soal performa, ketiganya sudah cukup memadai untuk komputasi ringan. Namun, kinerja AMD A4 sedikit lebih baik untuk bermain game. Prosesor tersebut memiliki base clock 2,2 GHz yang lebih unggul dari base clock Intel Celeron yakni 1,1 GHz.

③ Pastikan internal storage produknya memadai

Pastikan internal storage produknya memadai

Internal storage harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Internal storage yang kecil atau kurang bisa berdampak pada kinerja laptop. Laptop 3 jutaan umumnya memang tidak dibekali internal storage atau memori internal yang besar. Pada umumnya, Anda akan menemukan produk dengan memori internal 128–160 GB karena menggunakan eMMC.


Kapasitas jenis storage tersebut memang tidak besar. Oleh sebab itu, tidak heran kalau Anda juga akan menemukan laptop 3 jutaan dengan memori internal 32–64 GB. Jika dirasa kurang, pilihlah yang dibekali memori internal SSD karena kapasitasnya lebih besar. Namun, produknya memang masih belum banyak.


Memilih memori internal erat kaitannya dengan jenis data yang akan Anda simpan. Bila Anda hanya akan menyimpan dokumen, memori internal yang kecil tentu sudah cukup. Sebaliknya, internal storage yang besar dibutuhkan untuk menyimpan file audio visual.

④ Pilih OS yang sesuai dengan preferensi Anda

Dengan budget 3 jutaan, Anda akan banyak menemukan Chromebook. Namun, tetap ada produk yang mendukung sistem operasi (OS) Windows. Apa perbedaan keduanya? Di bawah ini kami akan menjelaskan ciri khas setiap OS tersebut untuk Anda. Yuk, disimak.

Chrome OS: Mudah dioperasikan karena minimalis

Chrome OS: Mudah dioperasikan karena minimalis
Sumber: asus.com

Produk dengan Chrome OS cocok untuk mahasiswa atau dijadikan laptop belajar anak sekolah. Laptop ini juga dikenal sebagai Chromebook. Produknya lebih minimalis dari yang dijalankan OS Windows karena hanya kompatibel dengan aplikasi Google.


Pengguna Chrome OS akan mendapatkan manfaat dari ekosistem Google yang sudah pasti akan terus ter-update. Jadi, pengguna yang memang sering bekerja di ekosistem Google akan sangat familier dan merasa dimudahkan dengan Chrome OS.


Sebagai pengganti Microsoft Office, Anda bisa menggunakan Google Docs, Slides, dan Sheets. Aplikasi lain juga dapat ditambahkan melalui Play Store bila kompatibel. Perlu diketahui, Chromebook butuh koneksi internet karena mengandalkan cloud storage.


Dokumen Anda akan lebih banyak tersimpan dalam ekosistem cloud milik Google. Oleh karena itu, koneksi internet dibutuhkan untuk menyimpan atau membuka dokumen. Meskipun minimalis, sistem keamanan Chromebook lebih mumpuni dari OS lainnya, lho.

Windows: Mendukung berbagai software pihak ketiga

Windows: Mendukung berbagai software pihak ketiga

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan software yang didukung desktop PC, pilihlah laptop yang mendukung OS Windows. Sebagai OS dengan market share di atas 80%, tentunya banyak sekali software pihak ketiga yang kompatibel dengan Microsoft Windows. Selain itu, OS Windows juga menjamin keamanan sistem dan update yang berkala.


Chrome OS memang sudah mendukung berbagai perangkat lunak, tetapi versinya tidak setinggi di Windows. Microsoft Office dan Adobe Photoshop tentunya lebih nyaman digunakan untuk bekerja. Anda pun dapat memasang berbagai jenis game PC ringan.

⑤ Periksa port yang tersedia pada laptopnya

Periksa port yang tersedia pada laptopnya

Laptop 3 jutaan juga dilengkapi port yang sering Anda temukan pada laptop lainnya. Port yang umum digunakan antara lain USB-A, USB-C, 3,5 mm audio jack, dan microSD card reader. Namun, kelengkapan dan jumlahnya pada tiap produk tentu tidak sama.


Sebagai calon pengguna, Anda harus tahu jenis port yang akan sering digunakan. Port yang minim akan membuat pekerjaan Anda jadi terhambat karena harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli port sambungan.


Versi USB-A dan fungsi USB-C dalam tiap produknya pun beragam. Jadi, detail spesifikasi tersebut perlu diperiksa lebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin lebih praktis memindah display laptop ke TV, pilihlah yang dilengkapi port HDMI.

10 Rekomendasi laptop 3 jutaan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop 3 jutaan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

Vivobook E410

ASUS Vivobook E410 1枚目

Tampil beda dengan pilihan desain dan warna yang keren

2

HP

Chromebook 11

HP Chromebook 11 1枚目

Body dilapisi karet silikon empuk, aman dipakai anak sekolah

3

Lenovo

IdeaPad Slim 1

Lenovo IdeaPad Slim 1 1枚目

Dapatkan pengalaman Dolby Audio yang menyenangkan

4

Asus

VivoBook 15

Asus VivoBook 15  1枚目

Mata tak lagi terlalu lelah saat harus menatap layar laptop ini terlalu lama

5

Axioo

MyBook 11G

Axioo MyBook 11G 1枚目

Layarnya tajam, asyik untuk nonton film atau series kesayangan

6

Axioo

Slimbook 14A

Axioo Slimbook 14A 1枚目

Responsif mengerjakan tugas-tugas harian

7

Lenovo

IdeaPad Duet 3i

Lenovo IdeaPad Duet 3i 1枚目

Bingung pilih laptop atau tablet? Beli produk ini saja!

8

ASUS

BR1100F

ASUS BR1100F 1枚目

Tangguh dipakai dan dibawa ke mana saja

9

Acer

Aspire 3 A314

Acer Aspire 3 A314 1枚目

Spek-nya playable dipakai untuk gaming

10

Chuwi

HeroBook Air

Chuwi HeroBook Air 1枚目

Compact dan ringan, mudah dibawa-bawa bepergian

Perincian produk
Close
No.1

Tampil beda dengan pilihan desain dan warna yang keren

Kelebihan:

  • Lid cover didesain unik yang bisa berubah warna jika dilihat dari sudut tertentu
  • Terdapat number pad pada touch pad yang bisa diaktifkan untuk pekerjaan yang banyak membutuhkan angka

Kekurangan:

  • Kinerja kurang optimal jika dipakai untuk editing video atau grafis

Laptop 3 jutaan juga bisa tampil manis, lho. Produk ini membuktikannya untuk Anda. Bagian cover-nya didesain unik dengan huruf bertuliskan Asus yang tersembunyi. Bila dilihat dari sudut tertentu warna lid cover akan berubah. Menarik, ya?


Pilihan warna laptopnya juga lebih beragam. Selain hitam, ada warna pink dan putih yang manis untuk Anda miliki. Jadi, produk ini dapat dipilih bila Anda mencari laptop yang tampil berbeda. Tidak ada produk lain yang punya desain serupa!

No.2

Body dilapisi karet silikon empuk, aman dipakai anak sekolah

Kelebihan:

  • Tersedia aplikasi penunjang pembelajaran
  • Diklaim baterai mampu bertahan hingga sepuluh jam penggunaan standar

Kekurangan:

  • Menurut costumer, web camera buram dan kurang jelas
  • Tidak bisa upgrade RAM dan penyimpanan

Laptop HP ini memang dirancang khusus anak sekolah. Dengan body yang dilapisi karet silikon, kerusakan laptop akibat keteledoran anak bisa diminimalkan. Lapisan karet silikon tersebut tidak hanya ada pada body keyboard, tetapi juga pada cover laptop.


Selain lebih aman untuk laptop, permukaannya pun lebih lembut dan tidak melukai anak. Bagian bingkai layar juga dibuat lebar agar layar tidak mudah rusak meski sering digunakan anak. Laptop anak pun jadi lebih awet, deh!

No.3

LenovoIdeaPad Slim 1

Mulai dari Rp3.279.000,00

Dapatkan pengalaman Dolby Audio yang menyenangkan

Kelebihan:

  • Bodi tipis dan terlihat elegan
  • Memiliki fitur hemat daya
  • Dapat digunakan untuk desain grafis dan game ringan

Kekurangan:

  • Bodi terasa ringkih karena lebih banyak berbahan plastik
  • Display panel masih menggunakan teknologi lama TN (Twisted Newmatic)

Harga laptop ini memang sangat bersahabat, tetapi penampilannya tak main-main. Laptop Lenovo dirancang tipis dan clean sehingga tampak mahal dan elegan. Meskipun tipis, laptop ini memiliki port yang cukup lengkap. Ada port USB, HDMI, dan card reader.


Nah, untuk bagian audionya tak main-main. Lenovo melengkapi laptopnya dengan speaker berteknologi Dolby Audio. Anda bisa mendapatkan pengalaman menonton film yang lebih menyenangkan dengan membeli laptop ini.

No.4

AsusVivoBook 15 A516MAO

Mulai dari Rp3.859.000,00

Mata tak lagi terlalu lelah saat harus menatap layar laptop ini terlalu lama

Kelebihan:

  • Keyboard dilengkapi backlight sehingga lebih jelas dilihat saat pencahayaan kurang

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fitur fingerprint pada touch pad

Asus merancang laptop ini bagi Anda yang sering menatap layar setiap hari. Berkat teknologi Asus Eye Care pada layar display, laptop bisa mem-filter blue light dan dilengkapi flicker free. Paparan blue light bisa merusak retina dan menyebabkan rabun jauh aatau degradasi makula.


Kedipan dan cahaya terang pada layar juga bisa merusak mata. Karena itu, teknologi flicker free dirancang supaya mata tidak mudah lelah saat menatap layar terlalu lama. Bila pekerjaan menuntut Anda menatap laptop dalam durasi yang lama, pilih saja laptop Asus ini.

No.5

Layarnya tajam, asyik untuk nonton film atau series kesayangan

Kelebihan:

  • Performa transfer data tinggi yang dilengkapi efisiensi daya
  • Produk lokal yang memiliki banyak service center sehingga reparasi lebih mudah diakses

Kekurangan:

  • Jika digunakan untuk pekerjaan yang berlebihan rentan overheat

Tidak hanya digunakan untuk belajar atau bekerja, laptop juga banyak dimanfaatkan sebagai media hiburan. Nah, bila Anda mencari laptop 3 jutaan yang nyaman dipakai untuk menonton, produk ini bisa dipilih.


Axioo MyBook 11G dibekali layar IPS dengan resolusi HD. Dikombinasikan dengan layar berukuran 11,6 inci, Anda bisa menikmati film dengan kualitas yang baik. Ukurannya pun tidak besar. Jadi, dibawa ke mana saja juga lebih mudah serta ringan.

No.6

Responsif mengerjakan tugas-tugas harian

Kelebihan:

  • Tombol besar yang nyaman digunakan mengetik

Kekurangan:

  • Body terasa kurang kokoh

Bila Anda membutuhkan laptop yang bisa membantu mengerjakan tugas-tugas harian seperti mencatat atau browsing, produk ini patut dipertimbangkan. Keyboard-nya cukup besar dan nyaman dipakai mengetik. Touchpad-nya juga didesain lebar dan responsif terhadap gerakan sekalipun tidak terdapat tombol khusus kanan dan kiri.


Karena ditopang oleh RAM 6 GB, Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa laptop mudah nge-lag. Spek yang mumpuni untuk Anda pakai menyelesaikan pekerjaan ringan seperti mengetik atau browsing.

No.7

LenovoIdeaPad Duet 3i

Mulai dari Rp3.599.000,00

Bingung pilih laptop atau tablet? Beli produk ini saja!

Kelebihan:

  • Kekuatan baterai diklaim bertahan hingga 7 jam
  • Terdapat fitur penutup privasi pada webcam
  • Dilengkapi Lenovo digital pen

Kekurangan:

  • RAM tidak dapat di-upgrade

Dengan budget 3 jutaan, tentu Anda dapat memilih untuk membeli tablet atau laptop. Namun, membeli keduanya dengan budget tersebut tidak terlintas di kepala Anda, bukan? Hal tersebut bukan angan-angan lagi. Produk ini akan mewujudkannya untuk Anda. Pasalnya, Lenovo IdeaPad Duet 3i merupakan 2-in-1 laptop dan tablet.


Body-nya menggunakan desain detachable sehingga keyboard dan layar bisa dipisahkan atau dihubungkan dengan bluetooth. Produk ini bahkan dilengkapi kamera belakang sehingga Anda bisa mengambil gambar. Laptop ini akan cocok untuk Anda yang gemar browsing atau menonton sambil rebahan.

No.8

Tangguh dipakai dan dibawa ke mana saja

Kelebihan:

  • Dilengkapi dua kamera di atas layar dan di atas keyboard
  • Kamera dilengkapi dengan fitur noise reduction supaya tampilan lebih jernih
  • Diklaim dapat meminimalkan radiasi blue light

Kekurangan:

  • Kurang mumpuni untuk mengedit video atau bermain game

Para mahasiswa dapat mempertimbangkan ASUS BR1100F sebagai laptop untuk menunjang kebutuhannya. Produk ini dibekali fitur engsel 360° dan layar touch screen sehingga bisa digunakan untuk berbagai metode pembelajaran. Daya tahannya pun terjamin karena laptop ini berstandar militer sehingga dapat menahan jatuh sesekali.


Jadi, dibawa ke kampus atau mengerjakan tugas di luar pun, laptop ini tetap tangguh. Menariknya lagi, keyboard laptop ini dirancang khusus agar menjadi antibakteri untuk menjaganya tetap steril dan higienis. Laptop ini adalah pilihan yang tepat untuk para mahasiswa aktif dan kreatif.

No.9

Spek-nya playable dipakai untuk gaming

Kelebihan:

  • RAM bisa di-upgrade hingga 8 GB SSD

Kekurangan:

  • Desain bezel belum tipis sehingga kurang terlihat kekinian

Anda hobi nge-game? Laptop yang satu ini pasti cocok sekali Anda miliki. Acer Aspire 3 A314 ini dibekali dengan Turbo Core Technology dengan kecepatan hingga 2,2 GHz sehingga sangat memadai untuk gaming harian.


Dengan RAM yang bisa di-upgrade hingga 8 GB, laptop ini makin menunjang kebutuhan multitasking Anda. Selain itu, produk ini ditunjang pula dengan teknologi display layar antiglare untuk mengurangi pantulan cahaya lampu dan matahari yang silau. Anda pun bisa bermain game sepuasnya tanpa terganggu pencahayaan.

No.10

ChuwiHeroBook Air

Mulai dari Rp3.199.000,00

Compact dan ringan, mudah dibawa-bawa bepergian

Kelebihan:

  • Tidak berisik saat beroperasi

Kekurangan:

  • Menurut customer, penggunaan harus hati-hati karena laptop terkesan ringkih

Laptop yang satu ini memiliki bobot tidak mencapai satu kilogram. Ukurannya pun sangat compact dengan layar 11,6 inci. Inilah yang membuat laptop buatan Cina ini patut dipertimbangkan untuk Anda bawa bepergian. Anda bisa membawanya saat harus meeting atau presentasi dengan klien di luar ruangan. Lebih ringkas dan tidak membebani bawaan saat mobilitas tinggi.

Baca juga rekomendasi produk laptop lainnya di sini

Bukan cuma laptop 3 jutaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk menunjang aktivitas. Laptop spesifikasi tinggi seharga 4 jutaan tak boleh dilewatkan. Di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Laptop gaming juga ada, lho. Kunjungi link berikut ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Sudah menemukan laptop 3 jutaan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda? Spesifikasi produknya memang tidak berbeda jauh. Namun, ada beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan. Tergantung pada ukurannya, ada laptop yang cocok untuk dibawa-bawa, ada yang nyaman untuk menampilkan data.


Memori internal, sistem operasi, hingga port produknya pun bervariasi. Pastikan tiap spesifikasinya tersebut dijawab oleh laptop pilihan Anda. Dengan demikian, aktivitas Anda bisa ditunjang dengan laptop 3 jutaan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer