mybest
Perlengkapan cuci piring lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan cuci piring
  4. 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Sebuah dapur akan kurang lengkap tanpa adanya wastafel cuci piring atau kitchen sink. Selain untuk membersihkan alat masak, peralatan ini juga berguna untuk mencuci sayur, buah, dan ikan. Kitchen sink memiliki bahan beragam, seperti stainless steel dan keramik. Modelnya pun tak kalah banyak, ada yang tampilannya minimalis, sleek, dan modern sehingga dapat mempercantik dapur Instagrammable Anda.


Kami akan menjelaskan tips memilih wastafel cuci piring yang bagus. Kami juga akan me-review dan merekomendasikan wastafel cuci piring terbaik. Ada merek MODENA, Royal, Inobe, Onan, dan sebagainya. Simak artikelnya!

Diperbaharui 09/01/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa fungsi wastafel cuci piring (kitchen sink)?

Apa fungsi wastafel cuci piring (kitchen sink)?

Wastafel cuci piring yang kami maksud dalam artikel ini merujuk pada kitchen sink. Jadi, fungsi dan fiturnya berbeda dengan wastafel cuci tangan. Wastafel untuk cuci tangan biasanya diletakkan di dekat atau bahkan di kamar mandi. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan tangan, mencuci muka, atau menyikat gigi.


Sementara itu, wastafel cuci piring letaknya di dapur dan berfungsi untuk mencuci peralatan dapur dan bahan masakan. Wastafel cuci piring memiliki bak yang lebih dalam dan lebar sehingga bisa menampung perkakas atau bahan-bahan yang hendak dibersihkan. 

Cara memilih Wastafel Cuci Piring

Wastafel cuci piring memiliki material dan ukuran yang beragam. Untuk menemukan produk yang tepat, kami akan membantu Anda melalui penjelasan poin-poin di bawah ini.

1

Carilah material yang sesuai

Memilih material atau bahan pada bak cuci piring adalah hal yang wajib diperhatikan. Hal ini karena bak cuci piring akan sering digunakan sehari-hari. Di samping itu, pemilihan material yang tepat turut membuat desain interior dapur kian sedap dipandang. 

Stainless steel: Kukuh dan mudah dibersihkan

Stainless steel: Kukuh dan mudah dibersihkan

Material kitchen sink stainless steel adalah yang paling umum ditemukan di pasaran. Rentang harga serta bentuknya pun paling bervariasi. Rata-rata, wastafel cuci piring stainless steel memiki pilihan harga yang cukup terjangkau.


Anda dapat memilih material ini karena ketahanan dan kekuatannya. Selain itu, sisa-sisa noda pada wastafel berbahan stainless steel ini mudah dibersihkan. Anda pun tidak perlu khawatir soal perawatannya karena bahan ini tahan karat meski sering terkena air.

Kayu: Menampilkan kesan rustic

Kayu: Menampilkan kesan rustic

Penggunaan material kayu pada desain interior atau perabotan di rumah akan menciptakan gaya rustic. Jika menyukai suasana hangat dan antik, material kayu bisa jadi pilihan. Salah satu material kayu yang bagus untuk digunakan adalah kayu jati. Meskipun sering terkena air, wastafel cuci piring dari kayu jati tetap kuat dan awet.


Namun, wastafel cuci piring kayu memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, ketersediaannya di marketplace Indonesia masih langka dijumpai dibanding material lain. Biasanya, beberapa penjual menawarkan pre-order dan custom sehingga Anda dapat memesan bentuk yang diinginkan. Meski demikian, pahamilah bahwa perawatan wastafel berbahan kayu mungkin lebih sulit.

Keramik atau porselen: Memberi kesan elegan dan modern

Keramik atau porselen: Memberi kesan elegan dan modern

Biasanya, material keramik atau porselen sering digunakan untuk wastafel cuci tangan. Akan tetapi, saat ini desain dan model dari material tersebut bisa ditemukan pada wastafel cuci piring. Anda bisa memilih warna hitam untuk mendapatkan kesan elegan dan modern. Keunggulan material keramik atau porselen adalah ketahanannya terhadap suhu. Namun, jika terkena benturan yang amat keras, bahan keramik rentan rompal atau pecah.

2

Ketahui jumlah bowl atau bak wastafel

Menentukan wastafel cuci piring yang tepat juga bisa dilihat dari jumlah bowl atau bak yang ditawarkan. Anda bisa memilih jumlah bak sesuai dengan ruang yang tersedia atau kebutuhan pemakaian.

Wastafel cuci piring 1 bak, hemat tempat

Wastafel cuci piring 1 bak, hemat tempat

Jika Anda memiliki ruang yang tidak terlalu luas, wastafel cuci piring satu bak adalah pilihan yang tepat. Ukuran wastafel single basin cukup variatif dan bisa disesuaikan dengan ruangan di dapur Anda. Agar makin hemat tempat, tambahkan keranjang untuk menyaring air dari peralatan masak atau makanan yang baru dicuci.

Wastafel cuci piring 2 bak, efisien dan lebih hemat waktu dalam pekerjaan

Wastafel cuci piring 2 bak, efisien dan lebih hemat waktu dalam pekerjaan

Desain wastafel cuci piring dua bak diperuntukkan untuk Anda yang memiliki dapur luas. Pasalnya, area yang dibutuhkan tentu lebih besar dan memakan tempat. Meski demikian, pekerjaan Anda di dapur akan lebih efisien dan hemat waktu. Hal ini karena Anda dan seorang anggota keluarga dapat mencuci bahan makanan atau piring kotor dalam waktu bersamaan.

3

Ketahui tinggi ideal wastafel yang pas untuk Anda gunakan

Ketahui tinggi ideal wastafel yang pas untuk Anda gunakan

Selain memilih merek dan jenis wastafel, ada baiknya Anda juga mengetahui tinggi wastafel yang cocok dengan tinggi badan Anda. Ada rumus sederhana yang biasa digunakan oleh arsitek atau desainer interior untuk menentukan tinggi ideal wastafel untuk klien mereka.


Rumusnya adalah (tinggi badan pengguna : 2) + 5 cm. Sebagai contoh, pengguna A tingginya 150 cm. Maka, tinggi wastafel yang disarankan adalah (150 cm : 2) + 5 cm = 75 cm.


Penambahan 5 cm dalam rumus di atas merupakan toleransi tinggi ergonomis maksimal pengguna. Dari hasil perhitungan di atas, bisa diterjemahkan bahwa si A yang tingginya 150 cm bisa menggunakan wastafel secara ergonomis dengan tinggi maksimal 75 cm. 

4

Pilih wastafel cuci piring portable jika ingin penggunaan lebih fleksibel

Pilih wastafel cuci piring portable jika ingin penggunaan lebih fleksibel
Sumber: ikea.co.id

Saat ini, mencuci piring di bak cuci bisa dilakukan tidak hanya di satu tempat permanen. Kehadiran wastafel cuci piring portable akan memudahkan Anda yang perlu memasak di dapur darurat atau semipermanen.


Tipe wastafel portable ini juga sering dipakai pada warung makan atau dapur produksi yang butuh sink lebih dari satu. Produk ini mudah dibawa dan dipindahkan. Peralatan ini cukup praktis karena produknya bisa dibongkar pasang.

5

Pertimbangkan wastafel cuci piring dengan kelebihan lainnya

Pertimbangkan wastafel cuci piring dengan kelebihan lainnya
Sumber: ikea.co.id

Cara lain memilih wastafel cuci piring adalah mempertimbangkan wastafel yang dilengkapi dengan kabinet. Dengan demikian, Anda bisa langsung menaruh peralatan dapur yang telah bersih di dalamnya. Ada dua cara dalam membeli produk ini, yaitu dengan membeli yang tersedia di marketplace atau custom handmade.


Jika Anda ingin custom sesuai dengan keinginan, Anda perlu memperhatikan luas area yang tersedia. Sementara itu, wastafel cuci piring kabinet yang tersedia di marketplace telah memiliki ukuran standar. Dengan demikian, Anda hanya perlu menentukan produk yang diinginkan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Wastafel Cuci Piring Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Wastafel Cuci Piring terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 09 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran
Material
Keunggulan tambahan
Jumlah bak
1

Europe Enchanting

Kitchen Sink Stainless E1075

Europe Enchanting Kitchen Sink Stainless  1

Rp627.200

Agak Murah

Material tebal, fleksibel untuk segala jenis dapur

78 cm x 43 cm x 20 cm

Stainless steel SS 304

Garansi 5 tahun

2

2

Inobe

Kitchen Sink Black 8245

Inobe Kitchen Sink Black  1

Rp1.250.000

Menengah

Percantik dapur estetik Anda dengan sink warna hitam yang elegan

82 cm x 45 cm x 22 cm

Stainless steel

Dilengkapi peniris cucian

2

3

Europe Enchanting

Kitchen Sink Dapur/Bak Cuci PiringE1070

Europe Enchanting Kitchen Sink Dapur/Bak Cuci Piring 1

Rp490.000

Agak Murah

Kitchen sink berdesain minimalis untuk dapur Anda

58 cm x 43 cm x 20,5 cm

Stainless steel SS304

Dilengkapi afur

1

4

ONAN

Bak Cuci Piring 2 Lubang 8245

ONAN Bak Cuci Piring 2 Lubang  1

Rp1.150.000

Menengah

Double basin multifungsi, pekerjaan jadi cepat selesai

82 cm x 45 cm x 25 cm

Stainless steel 304

Dilengkapi peredam percikan air dengan lapisan bantalan karet

2

5

Metalco

Bak Cuci Piring PortableMS 36/18

Metalco Bak Cuci Piring Portable 1

Rp625.000

Agak Murah

Wastafel portable, mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan

91,5 cm x 45,7 cm x 74 cm

Stainless steel

Mudah dibongkar pasang, dilengkapi peniris cucian, terdapat rak di bawah wastafel

1

6

Royal

Kitchen SinkSB 35

Royal Kitchen Sink 1

Rp333.500

Lebih Murah

Selain kukuh dan antikarat, harganya ekonomis pula

86 cm x 43 cm x 13,5 cm

Stainless steel 304

Dilengkapi avur dan flexible hose

1

7

MODENA

Bak Cuci PiringKS 4100 MUST

MODENA  Bak Cuci Piring 1

Rp2.320.000

Agak Mahal

Desain modern, buat dapur Anda terasa lebih segar dan fungsional

44 cm x 44 cm x 20 cm

Stainless steel

Desain s-pipe waste trap, dilengkapi peredam kebisingan

1

8

Volk

Clematis WS6042

Volk Clematis  1

Rp600.000

Agak Murah

Desain ergonomis, pengalaman cuci piring tanpa hambatan, nyaman dan efisien

60 cm x 42 cm x 21 cm

Stainless steel

Tidak diketahui

1

9

Famili Furniture

Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis

Famili Furniture Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 1

Rp5.000.000

Lebih Mahal

Praktis! Satu set dengan kompor tanam, rak, dan countertop minimalis

200 cm x 60 cm x 80 cm

Stainless steel, blockboard, aluminium

Dilengkapi kompor gas dan laci

1

10

AER Sanitary

Granite Kitchen SinkKS1-11BL

AER Sanitary Granite Kitchen Sink 1

Rp3.600.000

Agak Mahal

Dapur impian dimulai dengan material terbaik, sink antigores dan tahan panas

55 cm x 43,5 cm x 20 cm

Granit, resin

Antigores, antipanas, antikorosi, antinoda

1

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Europe EnchantingKitchen Sink Stainless E1075

Kitchen Sink Stainless  1
Kitchen Sink Stainless  2
Sumber: shopee.co.id
Kitchen Sink Stainless  3
Sumber: shopee.co.id
Kitchen Sink Stainless  4
Sumber: shopee.co.id
Kitchen Sink Stainless  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp627.200
Agak Murah
Harga referensi
Rp627.200
Agak Murah

Material tebal, fleksibel untuk segala jenis dapur

Ini merupakan salah satu produk unggulan dari Europe Enchanting dan didesain dengan durabilitas tinggi. Dilengkapi dengan sayap setebal 4 mm, kitchen sink ini tampak lebih kukuh dalam menahan beban.


Bentuknya pun minimalis sehingga cocok digunakan untuk hampir semua jenis dapur. Selain bagus dipasang di dapur rumah tangga, wastafel ini juga ideal untuk dipasang di dapur restoran dengan flow tinggi. 

Ukuran78 cm x 43 cm x 20 cm
MaterialStainless steel SS 304
Keunggulan tambahanGaransi 5 tahun
Jumlah bak2
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

InobeKitchen Sink Black 8245

Harga referensi
Rp1.250.000
Menengah

Percantik dapur estetik Anda dengan sink warna hitam yang elegan

Apabila Anda penyuka warna hitam, wastafel cuci piring hitam dari Inobe ini bisa dijadikan pilihan. Tidak hanya menunjukkan nuansa elegan, produk ini memiliki keunggulan berupa tambahan peniris cucian.


Ditambah lagi dengan tambahan lubang untuk sabun, sink estetik ini terasa lebih fungsional. Tak hanya itu, wastafel ini dilengkapi juga dengan selang fleksibel. Membersihkan piring yang telah dicuci pun jadi lebih praktis!

Ukuran82 cm x 45 cm x 22 cm
MaterialStainless steel
Keunggulan tambahanDilengkapi peniris cucian
Jumlah bak2
No.3

Europe EnchantingKitchen Sink Dapur/Bak Cuci PiringE1070

Harga referensi
Rp490.000
Agak Murah

Kitchen sink berdesain minimalis untuk dapur Anda

Europe Enchanting menawarkan desain modern dan eksklusif pada setiap produk sanitasinya. Anda juga akan menemukannya pada bak cuci piring satu ini. Bak cuci piring single basin ini cocok untuk menghiasi dapur mungil Anda. Meskipun terlihat minimalis, produk ini memiliki kedalaman 20 cm sehingga mencuci piring tetap leluasa.

Ukuran58 cm x 43 cm x 20,5 cm
MaterialStainless steel SS304
Keunggulan tambahanDilengkapi afur
Jumlah bak1
No.4

ONANBak Cuci Piring 2 Lubang 8245

Harga referensi
Rp1.150.000
Menengah

Double basin multifungsi, pekerjaan jadi cepat selesai

Anda sering melakukan aktivitas di dapur secara bersamaan? Wastafel cuci piring dengan dua bak adalah pilihannya. Anda bisa mencuci peralatan masak di bak yang besar, sedangkan bak yang kecil bisa dipakai untuk mencuci sayuran. Multifungsi, kan? Pekerjaan di dapur pasti lebih cepat selesai. Tambahan lagi, produk dari brand Onan ini punya dua pilihan warna, yakni silver dan hitam. Keduanya dapat memberi kesan modern pada dapur Anda.

Ukuran82 cm x 45 cm x 25 cm
MaterialStainless steel 304
Keunggulan tambahanDilengkapi peredam percikan air dengan lapisan bantalan karet
Jumlah bak2
No.5

MetalcoBak Cuci Piring PortableMS 36/18

Harga referensi
Rp625.000
Agak Murah

Wastafel portable, mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan

Produk ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang butuh sink tambahan di dapur. Wastafel cuci piring ini didesain simpel dan mudah dibongkar pasang. Selain itu, produk ini juga dilengkapi sayap untuk meniriskan peralatan yang telah dicuci.


Di bagian bawahnya pun terdapat rak satu tingkat untuk menaruh keperluan memasak lainnya. Dengan material yang kuat, Anda tidak perlu khawatir dengan benda yang menumpuk.

Ukuran91,5 cm x 45,7 cm x 74 cm
MaterialStainless steel
Keunggulan tambahanMudah dibongkar pasang, dilengkapi peniris cucian, terdapat rak di bawah wastafel
Jumlah bak1
No.6

RoyalKitchen SinkSB 35

Harga referensi
Rp333.500
Lebih Murah

Selain kukuh dan antikarat, harganya ekonomis pula

Jika anggaran belanja Anda terbatas, Anda bisa memilih wastafel cuci piring dari Royal. Meskipun harganya lebih murah dari merek ternama lainnya, produk ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus. Terbuat dari stainless steel yang antikarat, produk ekonomis ini dapat digunakan hingga bertahun-tahun. Selain itu, desainnya yang simple juga membuatnya mudah dibersihkan.

Ukuran86 cm x 43 cm x 13,5 cm
MaterialStainless steel 304
Keunggulan tambahanDilengkapi avur dan flexible hose
Jumlah bak1
No.7

MODENA Bak Cuci PiringKS 4100 MUST

Harga referensi
Rp2.320.000
Agak Mahal

Desain modern, buat dapur Anda terasa lebih segar dan fungsional

Modena Bak Cuci Piring KS 4100 MUST, solusi canggih untuk menjadikan tugas membersihkan piring lebih efisien. Didesain dengan kekuatan dan daya tahan tinggi, bak ini memberikan kenyamanan maksimal dalam penggunaan sehari-hari. 


Dengan material yang mudah dibersihkan, bak cuci piring ini cocok untuk pemilik rumah yang mengutamakan kebersihan dan efisiensi. Tambahkan sentuhan modern dan fungsionalitas ke dapur Anda dengan produk ini. Wastafel cuci piring yang tak tergantikan bagi mereka yang menghargai kualitas dan desain yang canggih.

Ukuran44 cm x 44 cm x 20 cm
MaterialStainless steel
Keunggulan tambahanDesain s-pipe waste trap, dilengkapi peredam kebisingan
Jumlah bak1
No.8

VolkClematis WS6042

Clematis  1
Sumber: shopee.co.id
Clematis  2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp600.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp600.000
Agak Murah

Desain ergonomis, pengalaman cuci piring tanpa hambatan, nyaman dan efisien

Volk Clematis Kitchen Sink WS6042, masterpiece fungsional untuk dapur modern. Didesain dengan presisi dan keindahan, bak cuci piring ini menawarkan kekuatan dan daya tahan yang baik. Material berkualitas tinggi memberikan sentuhan elegan, sementara desain ergonomis memastikan kenyamanan penggunaan sehari-hari. 


Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan kombinasi harmonis antara gaya dan fungsi dalam dapur. Wastafel ini adalah pilihan tepat bagi mereka yang mengapresiasi kualitas, estetika, dan kemudahan dalam merawat dapur yang bersih.

Ukuran60 cm x 42 cm x 21 cm
MaterialStainless steel
Keunggulan tambahanTidak diketahui
Jumlah bak1
No.9

Famili FurnitureWastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis

Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 1
Sumber: shopee.co.id
Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 2
Sumber: shopee.co.id
Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 3
Sumber: shopee.co.id
Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 4
Sumber: shopee.co.id
Wastafel + Kompor Kitchen Set Minimalis 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp5.000.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp5.000.000
Lebih Mahal

Praktis! Satu set dengan kompor tanam, rak, dan countertop minimalis

Bagi Anda yang sedang mendesain dapur dan berniat mengisinya dengan interior minimalis, cek produk ini. Dalam satu set pembelian, Anda sudah mendapatkan countertop yang disertai dengan bak cuci piring, kompor tanam, dan rak. Desainnya pun sleek dan apik sehingga menimbulkan kesan modern. Best deal sekali, bukan?

Ukuran200 cm x 60 cm x 80 cm
MaterialStainless steel, blockboard, aluminium
Keunggulan tambahanDilengkapi kompor gas dan laci
Jumlah bak1
No.10

AER SanitaryGranite Kitchen SinkKS1-11BL

Harga referensi
Rp3.600.000
Agak Mahal

Dapur impian dimulai dengan material terbaik, sink antigores dan tahan panas

AER Granite Kitchen Sink, harmoni fungsionalitas dan estetika di dapur Anda. Dibuat dari granit dan resin, produk ini diklaim antigores dan antipanas. Model minimalis dengan warna hitam pekat memberikan sentuhan elegan. 


Desain yang kuat dan bebas kebisingan menciptakan pengalaman memasak yang nyaman. Terlebih, produk ini juga mudah dibersihkan serta bebas dari kondensasi dan tetesan. AER Granite Kitchen Sink, pilihan tepat untuk Anda yang menghargai kualitas dan kenyamanan dalam satu produk.

Ukuran55 cm x 43,5 cm x 20 cm
MaterialGranit, resin
Keunggulan tambahanAntigores, antipanas, antikorosi, antinoda
Jumlah bak1

5 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring terbaik

No. 1: Europe EnchantingKitchen Sink Stainless E1075

No. 2: InobeKitchen Sink Black 8245

No. 3: Europe EnchantingKitchen Sink Dapur/Bak Cuci PiringE1070

No. 4: ONANBak Cuci Piring 2 Lubang 8245

No. 5: MetalcoBak Cuci Piring PortableMS 36/18

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan cuci piring
  4. 10 Rekomendasi Wastafel Cuci Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.