1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan ikan
  6. >
  7. 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2023)

Aquascape merupakan karya menyusun hiasan dalam akuarium agar ikan merasa seperti berada dalam habitat aslinya. Selain bebatuan alam dan koral, salah satu pelengkap yang tak boleh dilewatkan untuk membuat aquascape adalah lampu. Di pasaran, lampu aquascape tersedia dalam beragam jenis dan ukuran sesuai kebutuhan.


Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lampu aquascape yang bagus. Kami juga akan mengulas sepuluh produk dari merek terbaik, seperti Emico, Chihiros, Kiyosaki, dan sebagainya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Mari baca informasi selengkapnya!

Diperbaharui 11-16-2022
Pakar
Aquarist and lead educator of public aquarium
Albert Deil

Albert Deil adalah seorang aquarist. Ia bekerja dalam hal perawatan dan konservasi satwa akuatik, terutama ikan, pada sebuah akuarium publik di Jakarta. Sudah lebih dari 20 tahun Albert berkecimpung menangani ikan, baik sebagai hewan peliharaan di rumah maupun di tempat kerja. Minat yang tinggi terhadap sains membuatnya juga aktif dalam kegiatan edukatif. Ia aktif menjadi penggagas dan pembicara seputar hewan akuatik di akuarium publik dan universitas.

Profil Albert Deil
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Fungsi lampu aquascape

Fungsi lampu aquascape

Lampu aquascape merupakan lampu yang diciptakan untuk membuat aquarium tampak makin estetik. Oleh sebab itu, lampu aquascape banyak dibuat dengan warna-warna yang indah. Tidak hanya berfungsi untuk sekadar mempercantik, lampu ini juga dapat digunakan sebagai pengganti sinar matahari.


Ketika membuat aquascape, Anda memang dapat menggunakan tumbuhan sintetis atau alami. Jika Anda menggunakan tumbuhan alami, diperlukan sinar mentari agar tanaman dapat berfotosintensis. Nah, lampu aquascape ini dapat Anda manfaatkan untuk menyinari tanaman hidup tersebut agar tumbuh dan tidak layu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lampu aquascape

Sekarang, kami akan membagikan tips menemukan lampu aquascape sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadikan poin-poin di bawah ini sebagai acuan ketika membeli lampu aquascape, ya.

① Pilih berdasarkan jenis lampunya

Lampu aquascape ada yang berjenis LED, ada juga yang metal halide. Kami akan menjabarkan lebih detail mengenai keunggulan dan kelemahan masing-masing tipe tersebut.

LED: Lebih hemat listrik

LED: Lebih hemat listrik

Lampu LED adalah jenis lampu yang paling sering digunakan dalam pembuatan lampu aquascape. Pasalnya, cahaya yang dikeluarkan lampu LED diklaim mampu menghemat energi hingga 50%. Selain itu, lampu LED ini memiliki banyak sekali pilihan warna sehingga mampu membuat ikan dan akuarium tampak indah.


Namun, menggunakan lampu LED terlalu lama akan membuat air akuarium menjadi keruh akibat alga yang tumbuh berlebih. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak memakai lampu ini seharian, melainkan cukup 12 jam sehari saja.

Metal halide: Cahayanya lebih terang sehingga lebih panas

Metal halide: Cahayanya lebih terang sehingga lebih panas

Ciri khas dari lampu ini adalah terdapat kawat yang berbentuk seperti busur di dalamnya. Cahaya yang dihasilkan lampu metal halide terjadi atas bercampurnya gas dari uap merkuri dan logam halida. Jika warna pada lampu aquascape LED cenderung lebih soft, lain halnya dengan lampu metal halide.


Lampu ini dapat menyala sangat terang sehingga mampu menyinari aquarium hingga ke bagian dasar. Namun, suhu lampu ini cukup panas sehingga dapat mengganggu kestabilan suhu air bila diletakkan terlalu dekat. Jadi, perhatikan jarak lampu metal halide dan akuarium sebelum memasangnya, ya.

② Sesuaikan ukuran lampu dengan akuarium

Sesuaikan ukuran lampu dengan akuarium

Poin penting berikut yang tak boleh ketinggalan untuk Anda perhatikan adalah ukuran lampunya. Dengan memilih ukuran lampu aquascape yang tepat, Anda akan lebih mudah memasangnya pada akuarium Anda. Selain itu, seluruh sisi akuarium juga akan mendapatkan pencahayaan yang merata.


Anda bisa menemukan lampu aquascape kecil dengan ukuran sekitar 12 cm. Ada juga lampu aquascape medium yang berukuran sekitar 38,5 cm. Selain itu, terdapat pula lampu berukuran besar yang mencapai 100 cm.

③ Periksa daya listriknya

Periksa daya listriknya

Makin besar daya listrik lampunya, biaya listrik yang akan dikeluarkan juga makin mahal, bukan? Karena itu, ada baiknya Anda juga mengecek jumlah watt pada lampu aquascape yang akan Anda beli.


Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan biaya tambahan yang akan dikeluarkan untuk memasang lampu aquascape. Adapun daya listrik pada lampu aquascape sangat variatif, yaitu mulai dari 3 watt, 15 watt, hingga 70 watt.

④ Perhatikan cara menggunakannya

Terakhir, Anda dapat memilih lampu aquascape berdasarkan cara memasangnya. Ada lampu yang diciptakan untuk digantung, dijepit, dan ada juga yang diletakkan di dalam aquarium. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan Anda, ya.

Gantung: Ruang lingkupnya sangat besar

Gantung: Ruang lingkupnya sangat besar

Lampu aquascape model gantung biasanya memiliki kaki pada bagian kiri dan kanan. Kaki tersebut berfungsi untuk dicapitkan pada bagian kaca akuarium. Karena harus menyentuh hingga bagian sudut water tank, lampu aquascape ini lebih panjang dibanding dengan lampu lainnya. Bila Anda membutuhkan cahaya yang mampu menyinari seluruh sudut aquarium, memilih lampu tipe ini adalah langkah yang tepat.

Jepit: Lebih cocok untuk akuarium kecil

Jepit: Lebih cocok untuk akuarium kecil

Kebalikan dari tipe gantung, lampu aquascape tipe jepit hanya dijepitkan pada salah satu sisi akuarium. Dengan begitu, lampu jepit hanya menyinari sebagian sisi akuarium saja. Bila aquascape Anda tidak terlalu besar, menggunakan lampu tipe jepit tentu akan lebih praktis.

Celup: Cahaya tampak berpendar dari dalam akuarium

Celup: Cahaya tampak berpendar dari dalam akuarium

Sesuai dengan namanya, lampu aquascape tipe ini dimasukkan ke dalam air sehingga cahaya akan terlihat bersinar dari dalam akuarium. Penting untuk diingat, meskipun lampu aquascape celup diciptakan waterproof, ada kalanya lampu mengalami kebocoran. Jadi, sebelum memakainya pastikan air tidak masuk ke dalam lampu agar tidak terjadi korsleting listrik.

10 Rekomendasi lampu aquascape terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu aquascape terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari aquarist Albert Deil.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamano

LED Aquarium Light

Yamano LED Aquarium Light 1枚目

Lampu aquarium LED yang bisa dicelup dan hemat listrik

2

ROXIN

LED

ROXIN LED 1枚目

Atur panjang kakinya sesuai kebutuhan Anda

3

Kandila

Lampu LED Aquarium

Kandila Lampu LED Aquarium 1枚目

Ciptakan suasana glamor dengan LED RGB

4

Yamano

LED Aquarium Lamp 3W

Yamano LED Aquarium Lamp 3W 1枚目

Lampunya bisa diputar 360°, keren!

5

Kiyosaki

KY-LP-200LED-T4

Kiyosaki KY-LP-200LED-T4 1枚目

Lebih menawan dengan tiga kombinasi warna

6

Yamano

LED 90–100 cm

Yamano  LED 90–100 cm 1枚目

Ciptakan suasana soft dengan lampu biru dan putih

7

Emico

LED Flood Light AC 220 V/ 50 W

Emico LED Flood Light AC 220 V/ 50 W 1枚目

Gradasi warnanya bisa diatur sesuka hati, keren!

8

Kiyosaki

Ultrathin LED Clamping Light

Kiyosaki Ultrathin LED Clamping Light 1枚目

Hadirkan nuansa minimalis dengan warna monokrom

9

Chihiros Aquatic Studio

WRGB II Slim

 Chihiros Aquatic Studio WRGB II Slim 1枚目

Bisa dikontrol dengan Bluetooth, praktis!

10

CYBER

Lampu Metal Halide 70w

CYBER Lampu Metal Halide 70w 1枚目

Mumpuni merawat tanaman yang butuh cahaya tinggi

Perincian produk
Close
No.1

YamanoLED Aquarium LightT4

Mulai dari Rp41.000,00

Lampu aquarium LED yang bisa dicelup dan hemat listrik

Kelebihan:

  • Daya listriknya tergolong rendah

Kekurangan:

  • Warna cahaya lampunya hanya putih biru

Mampu memancarkan cahaya yang sangat terang dengan daya yang tidak terlalu besar merupakan kelebihan dari produk ini. Tidak hanya itu, produk ini juga dirancang khusus sehingga tidak mudah rusak meski Anda tempatkan di dalam aquarium. Lampu aquascape celup berukuran 40 cm ini merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin memiliki produk durable plus hemat energi.

No.2

Atur panjang kakinya sesuai kebutuhan Anda

Kelebihan:

  • Kakinya bebas Anda atur panjang pendeknya

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan untuk akuarium yang ukurannya lebih dari 30 cm

Jika Anda mengutamakan fleksibilitas penggunaan, pertimbangkanlah produk ini. Dirancang sedemikian rupa, lampu aquascape gantung ini dapat Anda ubah panjang kakinya sesuai kebutuhan. Hal tersebut membuatnya cocok digunakan untuk aquarium yang ukurannya 20–30 cm. Menghasilkan cahaya dominan warna putih dengan sedikit sentuhan warna biru, lampu ini pun mampu menjadikan akuarium kian terang.

No.3

KandilaLampu LED AquariumP-600

Mulai dari Rp60.000,00

Ciptakan suasana glamor dengan LED RGB

Kelebihan:

  • Mampu hasilkan empat warna cahaya, akuarium makin indah

Kekurangan:

  • Tidak bisa dicelupkan ke dalam akuarium

Meskipun lebarnya hanya sekitar 60 cm, produk ini kompatibel untuk water tank berukuran 75 cm. Hal tersebut dikarenakan capit pada lampu aquascape Kandila ini bisa dilebarkan. Memiliki empat cahaya, yaitu putih, hijau, merah, dan, biru, lampu ini tampak kian artistik. Bagi Anda yang ingin menyulap aquascape jadi terlihat lebih mewah, produk ini bisa Anda andalkan.

No.4

YamanoLED Aquarium Lamp 3W

Mulai dari Rp44.000,00

Lampunya bisa diputar 360°, keren!

Kelebihan:

  • Dapat diputar arahnya sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Panjang lampu hanya 13,5 cm, area yang dapat diterangi terbatas


Casing-nya yang transparan menjadi daya tarik tersendiri dari produk ini. Telah dilengkapi dengan sakelar, Anda jadi mudah menyalakan atau mematikan lampu ini dengan menekan satu tombol saja.


Asyiknya lagi, lampu aquascape ini dapat berputar 360°, lho! Anda jadi gampang mengarahkan cahayanya sesuai keinginan Anda. Jika Anda suka dengan lampu aquascape yang menawarkan fleksibilitas pengubahan posisi mumpuni, produk ini adalah partner terbaik.

No.5

Lebih menawan dengan tiga kombinasi warna

Kelebihan:

  • Daya listrik rendah dan harganya ekonomis

Kekurangan:

  • Lebih cocok untuk akuarium yang ukurannya tidak terlalu besar

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan lampu aquascape celup dengan kolaborasi warna yang menawan. Konsumsi listriknya pun tergolong rendah, hanya 3 watt. Meskipun begitu, lampu LED aquascape ini bisa dibilang bersahabat, lho! Opsi tepat jika Anda baru ingin mencoba menggunakan lampu celup di akuarium Anda, bukan?

No.6

Yamano LED 90–100 cmP1000

Mulai dari Rp88.200,00

Ciptakan suasana soft dengan lampu biru dan putih

Kelebihan:

  • Ukurannya 100 cm, bisa ditempatkan di akuarium besar

Kekurangan:

  • Kaki lampu tidak bisa diubah panjang pendeknya

Gradasi warna biru dan putih yang terpancar dari produk ini sanggup membuat aquascape Anda tampak seperti lautan asli. Anda tinggal menambahkan bebatuan, tanaman hias, serta ikan yang cantik agar aquascape Anda kian paripurna.


Lampu aquascape ukuran 100 cm ini kami hadirkan untuk Anda yang suka menenangkan diri dengan melihat aquascape. Padukan dengan musik yang mengalun lembut agar penat Anda dapat sirna seketika.

No.7

EmicoLED Flood Light AC 220 V/ 50 W8801

Mulai dari Rp44.999,00

Gradasi warnanya bisa diatur sesuka hati, keren!

Kelebihan:

  • Warna lampu bisa diubah kapan pun Anda mau

Kekurangan:

  • Daya listrik yang dibutuhkan cukup tinggi

Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan sebuah lampu aquascape gantung dan remote pengatur warna. Karena spektrum warnanya banyak, Anda dapat mengubah warnanya sesuai mood kapanpun Anda menginginkannya.


Bila Anda mudah bosan dengan penerangan aquascape yang monoton, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Anda pun tak akan bosan melihat aneka macam tanaman dan ikan hias berseliweran setiap hari.

No.8

KiyosakiUltrathin LED Clamping LightKY-X3

Mulai dari Rp55.000,00

Hadirkan nuansa minimalis dengan warna monokrom

Kelebihan:

  • Dapat difungsikan juga sebagai lampu baca

Kekurangan:

  • Ukurannya hanya 12 cm, area yang bisa disorot terbatas

Memiliki bentuk yang tipis dengan lampu LED berjumlah 24 buah merupakan karakteristik dari produk ini. Hadir dalam pilihan warna hitam dan putih, lampu ini mudah disesuaikan dengan aneka interior ruangan.


Jika Anda ingin menonjolkan kesan minimalis pada aquascape Anda, produk ini dapat Anda pertimbangkan. Tidak hanya untuk aquascape, lampu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk lampu baca juga, lho!

No.9

Chihiros Aquatic StudioWRGB II Slim

Mulai dari Rp1.380.000,00

Bisa dikontrol dengan Bluetooth, praktis!

Kelebihan:

  • Dapat dioperasikan melalui Bluetooth

Kekurangan:

  • Harganya tergolong tinggi dibandingkan produk rekomendasi lain

Penggemar benda-benda dengan kepraktisan penggunaan mumpuni sangat pas membeli produk ini. Lampu aquascape 60 cm ini diciptakan dengan teknologi mutakhir sehingga dapat dinyalakan atau dimatikan dengan Bluetooth.


Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur intensitas dan warna cahaya sesuai keinginan Anda, lho! Anda hanya perlu men-download aplikasi My Chihiros untuk dapat menjalankan fitur produk ini.

No.10

CYBERLampu Metal Halide 70wMHD 70W

Mulai dari Rp75.000,00

Mumpuni merawat tanaman yang butuh cahaya tinggi

Kelebihan:

  • Cahaya yang dihasikan putih dan terang

Kekurangan:
  • Daya listriknya lebih tinggi dibandingkan produk rekomendasi lain

Apabila Anda memiliki akuarium yang tinggi, menggunakan produk ini adalah langkah yang tepat. Pasalnya, lampu aquascape ini memiliki daya listrik sebesar 70 watt sehingga cukup terang untuk menjangkau kedalaman aquarium. Tanaman hias yang membutuhkan cahaya tinggi seperti dwarf baby tears atau bucephalandra black phantom pun dijamin tetap terawat.

Baca juga rekomendasi perlengkapan aquascape dan akuarium lainnya di sini

Setelah menemukan lampu aquascape yang tepat, Anda mungkin masih membutuhkan beragam hiasan lainnya untuk melengkapi akuarium Anda. Oleh sebab itu, kami menampilkan lis artikel berikut yang membahas mengenai perlengkapan aquascape lainnya. Silakan dilihat-lihat!

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh produk lampu aquascape. Bagaimana menurut Anda? Adakah produk favorit Anda dalam rekomendasi kami? Lampu aquascape tidak hanya berfungsi untuk menambah estetika saja, melainkan berguna untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuhan.


Lampu aquascape memiliki beragam ukuran dan warna. Karena itu, pastikan Anda mengecek ukurannya dan memilih warna yang Anda sukai, ya. Dengan begitu, Anda akan makin senang ketika memperhatikan ikan Anda berenang dalam akuarium!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer