1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Pakaian pria
  6. >
  7. 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Celana Tartan Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Celana tartan memiliki motif kotak-kotak yang diadopsi dari kilt, pakaian tradisional Skotlandia. Untuk para pria, celana tartan bisa dijadikan pilihan agar tampil modis. Anda dapat menemukan beragam celana tartan pria, baik yang pendek maupun panjang. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari hitam, abu-abu, hingga merah.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih celana tartan pria yang bagus. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk terbaik dari sejumlah merek, seperti Erigo, DMG Fashion, dan Cottonology. Anda juga tidak perlu bingung memadukan celana tartan pria dengan baju yang tepat karena kami telah menyiapkan tipsnya. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih celana tartan untuk pria

Ada baiknya Anda mengetahui poin-poin yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli celana tartan untuk pria. Kami telah merangkumnya dalam penjelasan di bawah ini. Simak dengan saksama, ya!

① Pertimbangkan warna dan motifnya

Karakteristik utama celana tartan adalah corak kotak-kotaknya yang khas. Motif yang merupakan persilangan garis horizontal dan vertikal adalah motif tradisional bangsa Skotlandia. Karena itu, pemilihan warna dan motif merupakan poin penting dalam memilih celana tartan. 

Motif besar dengan warna terang cocok untuk tubuh kurus

Motif besar dengan warna terang cocok untuk tubuh kurus

Jika Anda bertubuh kurus, pertimbangkanlah celana tartan berwarna terang. Anda bisa mencoba motif tartan klasik yang sudah ada sejak tahun 1860. Pada masa tersebut, pewarna yang digunakan adalah pewarna alami. 


Motif tartan yang memiliki unsur warna putih juga cocok untuk pemilik tubuh kurus. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan warna yang lebih bold dan berani.


Kami juga menyarankan Anda memilih motif tartan dengan ukuran kotak yang besar atau bergaris jarang. Motif berukuran besar akan memberikan ilusi tubuh yang tampak lebih berisi

Motif rapat dengan warna gelap cocok untuk tubuh gemuk

Motif rapat dengan warna gelap cocok untuk tubuh gemuk

Celana tartan berwarna gelap dengan motif rapat akan memberikan efek tubuh yang tampak lebih ramping. Jadi, Anda yang bertubuh gemuk dapat mempertimbangkannya.


Warna-warna gelap yang digunakan umumnya bernuansa earth tone seperti hijau dan cokelat. Di Skotlandia, motif bernuansa earth tone biasa disebut hunting tartans karena sering digunakan untuk berburu.


Ada juga weathered tartans yang menggambarkan efek alam seperti sinar matahari dan hujan. Sebagian besar weathered tartans menggunakan elemen warna netral seperti abu-abu, cokelat, serta tambahan semburat warna merah dan kuning. 

② Pilih berdasarkan model celana

Poin lain yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan model celana tartan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Sesuaikan panjang celana dengan aktivitas Anda

Sesuaikan panjang celana dengan aktivitas Anda

Celana tartan tersedia dalam model dan panjang yang beraneka ragam. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan. 


Celana pendek tartan cocok digunakan saat suasana santai seperti hangout atau berlibur. Padukan dengan sepatu low cut atau loafers untuk menunjang penampilan. Celana panjang tartan dapat digunakan untuk berbagai acara, mulai kasual hingga formal. Dipadukan dengan sneakers, boots, sampai pantofel juga oke, lho!

Straight fit, regular fit, atau slim fit? Siluet yang ditampilkan akan berbeda

Straight fit, regular fit, atau slim fit? Siluet yang ditampilkan akan berbeda

Jangan lupa menyesuaikan model celana dengan siluet yang ingin ditampilkan. Celana bermodel straight fit memiliki potongan lurus sehingga menampilkan siluet kaki yang terlihat besar. Meskipun begitu, celana straight fit terasa nyaman dan membuat Anda lebih leluasa bergerak.


Model lainnya, regular fit, memiliki potongan yang pas di kaki sehingga cocok untuk beragam bentuk tubuh. Jika Anda ingin terlihat lebih tinggi, gunakan model celana menggantung yang memperlihatkan pergelangan kaki. 


Sementara itu, celana slim fit lebih pas dan melekat di kaki dibandingkan regular fit. Celana model ini memiliki potongan yang mengikuti lekuk tubuh dan menampilkan siluet lebih ramping. Karena itu, jika Anda memilih model slim fit, pilihlah bahan yang lebih stretch agar tetap nyaman saat beraktivitas. 

③ Ketahui berbagai bahan yang digunakan untuk membuat celana tartan

Ketahui berbagai bahan yang digunakan untuk membuat celana tartan

Pada awalnya, motif tartan hanya ditemukan pada kain tenun wol saja. Kini Anda dapat menemukan motif tartan di berbagai jenis busana, termasuk celana pria. Nah, pemilihan bahan juga patut dipertimbangkan sebelum membeli celana tartan. 


Celana tartan berbahan wol memiliki tekstur tebal dan mampu menghangatkan tubuh. Namun, bahan ini kurang cocok digunakan di negara tropis seperti di Indonesia atau saat cuaca panas. Karena itu, banyak produsen mengakalinya dengan menggunakan bahan semi-wol yang lebih tipis dan ringan.


Selain itu, banyak juga pilihan celana tartan berbahan katun. Bahan katun dikenal nyaman digunakan, serta mampu menyerap keringat dengan baik. Celana tartan katun cocok digunakan bila Anda memiliki mobilitas yang tinggi. 

 

10 Rekomendasi celana tartan terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk celana tartan terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan tingkat popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

DGM Fashion

Celana Tartan Pria

DGM Fashion Celana Tartan Pria 1枚目

Berikan siluet tubuh ramping dan tampak rapi

2

4CM

Tartan Abu Abu

4CM  Tartan Abu Abu 1枚目

Satu celana untuk dipadukan dengan berbagai atasan

3

Celana Pendek Tartan Pria

 Celana Pendek Tartan Pria 1枚目

Jadi hits dengan celana yang sedang naik daun

4

Cottonology

Celana Panjang Random Kotak-Kotak

Cottonology Celana Panjang Random Kotak-Kotak 1枚目

Lengkapi gaya kasual Anda dengan celana ini

5

Celana Tartan Pendek

 Celana Tartan Pendek 1枚目

Siap tampil santai sekaligus modis!

6

Erigo

Tartan Pants Sara Green

Erigo  Tartan Pants Sara Green 1枚目

Curi perhatian dengan model celana tartan kekinian

7

Heyho

Tartan Pants

Heyho  Tartan Pants  1枚目

Street style makin optimal berkat celana tartan merah

8

17SEVEN

Celana Chino Panjang

17SEVEN Celana Chino Panjang 1枚目

Berikan tampilan sleek dan minimalis

9

Aftersundays

Tartan Pandora

Aftersundays Tartan Pandora 1枚目

Tampil kece ala idol Korea, yuk!

10

WGB

Royal Tartan

WGB Royal Tartan 1枚目

Celana tartan untuk big size? Ada, dong!

Perincian produk
Close
No.1

DGM FashionCelana Tartan Pria

Mulai dari Rp135.000,00

Berikan siluet tubuh ramping dan tampak rapi

Produk ini dapat menjadi solusi bila Anda sedang mencari celana tartan slim fit. Desain slim fit celana ini akan membuat kaki Anda terlihat ramping. DGM Fashion juga menyediakan cukup banyak motif yang bisa Anda pilih sesuai selera.


Celana tartan ini dibuat dari bahan flanel impor yang nyaman. Tak hanya itu, produk ini dijahit dengan dua jarum agar lebih kuat. Celana yang cocok untuk berikan tampilan stylish saat ke kantor, bukan?

No.2

4CM Tartan Abu Abu

Mulai dari Rp175.000,00

Satu celana untuk dipadukan dengan berbagai atasan

Ingin tampil elegan dan serasi bersama pasangan Anda? Celana tartan unisex dari merek 4CM ini patut dipertimbangkan. Selain cutting-nya terlihat pas di tubuh pria dan wanita, bahan yang digunakan juga terasa nyaman. 


Berkat desainnya yang simpel, Anda dapat memadukannya dengan berbagai gaya. Dipadukan dengan t-shirt saat santai atau kemeja saat meeting pun cocok!

No.3

Celana Pendek Tartan Pria

Mulai dari Rp55.000,00

Jadi hits dengan celana yang sedang naik daun

Bila Anda tipe orang yang mudah gerah dan berkeringat, mengoleksi celana pendek dapat menjadi solusi. Jangan lewatkan produk ini jika Anda termasuk kolektor celana pendek. Model celana ini tengah naik daun dan laris di pasaran. Umumnya, celana tartan ini tersedia dalam tiga pilihan warna netral, yaitu hitam, navy, dan abu-abu. Selain kekinian, produk ini akan menyempurnakan summer style Anda. 

No.4

CottonologyCelana Panjang Random Kotak-Kotak

Mulai dari Rp190.000,00

Lengkapi gaya kasual Anda dengan celana ini

Butuh celana tartan yang bisa digunakan saat kasual, tetapi tetap terlihat sopan? Pertimbangkanlah produk dari Cottonology ini. Celana tartan ini memberikan siluet lurus yang tidak menampilkan lekukan kaki. Saat memakai celana ini, Anda yang beragama Islam tidak perlu repot mencari sarung ketika waktunya beribadah. Lebih praktis, bukan?

No.5

Siap tampil santai sekaligus modis!

Untuk menyempurnakan penampilan saat berlibur, Anda bisa mengandalkan produk ini. Dengan tiga desain tartan yang menarik, Anda tidak akan terlihat mati gaya saat bersantai. Bahkan, dipadukan dengan atasan berwarna polos pun Anda tetap terlihat trendi. Celana tartan ini tidak hanya nyaman dipakai, tetapi warnanya juga diklaim tidak mudah luntur. 

No.6

Erigo Tartan Pants Sara Green

Mulai dari Rp350.000,00

Curi perhatian dengan model celana tartan kekinian

Erigo adalah merek lokal yang tengah menjadi sorotan sejak mewakili Indonesia di ajang New York Fashion Week. Jika Anda penggemar merek lokal, pertimbangkanlah produk ini sebagai koleksi Anda. Motif tartan yang hadir dari kombinasi hijau dan hitam memberikan kesan quirky sekaligus stylish. Bersiaplah jadi pusat perhatian saat memakai celana ini!

No.7

Heyho Tartan Pants Sq 09

Mulai dari Rp245.000,00

Street style makin optimal berkat celana tartan merah

Street style dikenal sebagai gaya berbusana yang mengutamakan kenyamanan, tetapi tetap terlihat modis. Nah, celana tartan dari Heyho ini cocok dipilih oleh para penganut street style


Produk ini dibuat dari bahan katun dan jahitan yang berkualitas tinggi. Potongannya yang tidak ketat membuat Anda lebih leluasa bergerak. Selain nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari, celana ini pas dipadukan dengan outfit kasual.

No.8

17SEVENCelana Chino PanjangLPB-033-TARTAN-BLK

Mulai dari Rp409.000,00

Berikan tampilan sleek dan minimalis

Sejumlah pria menyukai tampilan minimalis yang memberikan kesan elegan dan necis. Bila Anda salah satunya, cobalah produk yang satu ini. Perpaduan warna hitam dan cokelat tua yang menghasilkan motif tartan membuat celana ini mudah di-mix-n-match. Produk ini juga dilengkapi detail dua kantong di depan dan belakang. Dipakai hangout atau ke kantor juga oke, lho!

No.9

AftersundaysTartan Pandora

Mulai dari Rp250.000,00

Tampil kece ala idol Korea, yuk!

Celana tartan yang satu ini cocok untuk Anda yang senang tampil dengan style ala Korea. Motif tartan dengan warna dasar celana yang cerah memberikan nuansa playful. Di bagian pinggang celana terdapat aksen buckle strap yang menjuntai. Celana ini cocok dipadukan dengan sweater atau kemeja putih oversize. Dengan perpaduan tersebut, penampilan Anda jadi makin mirip idol Korea, deh!

No.10

Celana tartan untuk big size? Ada, dong!

Mencari celana yang ekstrabesar memang terkadang menyulitkan, terutama karena pilihan motif dan modelnya terbatas. Produk yang satu ini dapat menjadi pilihan bila Anda mencari celana tartan pria berukuran lebih besar dari biasa. 


Royal Tartan dibuat dari bahan premium. Selain itu, terdapat detail karet di pinggang sehingga lebih fleksibel dan nyaman digunakan. Anda yang termasuk big size bisa tetap tampil modis dengan celana ini!

Tips memadukan celana tartan untuk pria

Tips memadukan celana tartan untuk pria

Selanjutnya, kami akan memberikan tips untuk memadukan celana tartan agar tidak terlihat monoton. Motif tartan pada celana dapat dikatakan sebagai statement item yang mencuri perhatian. Karena itu, ada baiknya Anda menyeimbangkannya dengan memilih atasan polos. Selain itu, hindarilah tabrak motif.


Salah satu gaya yang sering digunakan adalah memadukan celana tartan dengan setelan jas atau blazer senada. Namun, Anda tidak harus memasangkannya dengan atasan bermotif sama. Untuk tampil di acara formal, cobalah untuk memadukannya dengan kemeja dan loafers.


Jika ingin menggunakan celana tartan pada acara kasual, cobalah bereksperimen dengan hoodie atau sweater. Anda juga bisa menggunakan oversized t-shirt atau kaus berkerah saat cuaca panas. Padankan dengan sneakers kesayangan Anda untuk memperoleh kesan kasual yang stylish

Baca juga rekomendasi celana pria lainnya di sini

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami sudah memberikan tips memilih celana tartan yang tepat untuk pria. Produk manakah yang paling menarik perhatian Anda?


Selain bahan celana yang bervariasi, motif tartan yang beraneka warna menjadikannya fashion item yang timeless. Tidak ada salahnya bagi pria untuk sesekali memakai celana tartan yang kekinian. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan dan referensi dalam memilih celana tartan yang paling cocok untuk Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer