1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepak bola & futsal
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baju Futsal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Futsal bisa dikatakan sebagai permainan sepak bola versi kecil. Futsal hanya berisikan lima pemain saja dan aturannya juga terbilang lebih sederhana dibandingkan sepak bola. Jadi, jangan heran jika olahraga futsal makin banyak diminati.


Seiring naiknya minat masyarakat terhadap futsal, penjualan baju futsal juga meningkat. Anda akan dengan mudah menemukan baju futsal dengan beragam pilihan motif serta kualitas. Nah, untuk menemukan produk baju futsal yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. Beberapa produk dari merek ternama, seperti adidas, Ortuseight, dan Concave juga akan kami ulas di sini. 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih baju futsal

Dalam memilih baju futsal, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan. Mari simak satu per satu pembahasannya berikut ini. 

① Periksalah jenis bahan kaos yang digunakan

Bahan baju futsal sangat memengaruhi kenyamanan Anda saat bermain futsal nantinya. Untuk itu, periksalah dengan teliti jenis bahan yang digunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat baju futsal. 

Dri-Fit, jenis kain populer untuk bahan jersey futsal

Dri-Fit adalah jenis kain kaus yang paling sering digunakan untuk membuat baju atau jersey olahraga, termasuk futsal. Kain Dri-Fit ini dikenal lentur, mudah kering, dan adem saat digunakan. Selain itu, Dri-Fit juga disebut-sebut memiliki pori-pori kain yang cukup besar sehingga keringat dapat menguap dengan cepat. 


Nah, bentuk pori-pori kain Dri-Fit ini ada beberapa macam. Sebut saja, Dri-Fit polymesh yang bertekstur mirip waffle dan Dri-Fit MU yang mirip tekstur sisik ikan. Ada juga Dri-Fit Nike dan Dri-Fit Jala Erbin dengan pori-pori mirip jarum. Di samping itu, ada juga Dri-Fit yang bisa menangkal sinar UV dan antibakteri, seperti Dri-Fit smash dan Dri-Fit wave. 

Hyget, hadir dengan harga yang ekonomis

Hyget, hadir dengan harga yang ekonomis

Bahan hyget merupakan kain kaus yang terbuat dari campuran poliester dan katun. Ciri utama dari kain ini adalah tampilannya yang sedikit mengilap. Dari segi ketebalan bahan, kain hyget lebih tipis dibandingkan dengan kain Dri-Fit.


Walaupun tipis, kain hyget mudah membuat badan kepanasan. Hal ini karena kain hyget kurang baik dalam menyerap keringat. Namun, harga kain hyget terbilang lebih murah dibandingkan dengan jenis kain lainnya. 


Nah, bagi Anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli kaus bola, Anda bisa memilih jersey dengan bahan hyget super. Hyget super memiliki harga yang tetap terbilang ekonomis, tetapi kemampuan menyerap keringatnya lebih baik dibandingkan hyget biasa. 

Lotto, halus dan tidak kaku

Lotto, halus dan tidak kaku

Lotto sendiri sebenarnya merupakan nama dari sebuah brand ternama asal Italia. Brand ini terkenal akan kualitas bahannya yang istimewa. Untuk itu, banyak produsen yang berlomba-lomba membuat replika bahan tersebut. Nah, replika bahan tersebut akhirnya disebut dengan kain Lotto. 


Kain Lotto dikenal akan bahannya yang halus dan tidak kaku sehingga saat nyaman untuk dipakai berolahraga. Di sisi lain, kain ini juga mengandung serat sintetik sehingga cukup elastis. Bahan kain Lotto pun ringan dan dapat menyerap keringat, jadi sangat cocok dijadikan bahan baju futsal. 

② Carilah ukuran yang nyaman bagi Anda

Carilah ukuran yang nyaman bagi Anda

Dalam memilih baju futsal, hendaknya Anda memilih baju dengan ukuran yang sedikit longgar. Hal ini bertujuan agar Anda dapat bergerak dengan lebih leluasa dan nyaman. Namun, jangan sampai ukuran baju yang Anda pilih malah terlalu longgar. Jadi, silakan gunakan beberapa patokan berikut ini:


  • Lebar bahu 

Saat mengukur lebar bahu, gunakan ukuran dari ujung tulang bahu Anda ke tulang bahu lainnya. Kemudian, tambahkan lebihan sekitar 1 cm pada setiap sisi bahu. Misalnya, lebar tulang bahu Anda 33 cm, maka carilah baju dengan ukuran lebar bahu 35 cm.


  • Panjang kaus

Pilihlah panjang kaus yang sesuai dengan badan Anda. Umumnya, panjang kaus yang ideal diukur dari bahu hingga pinggul Anda. 

③ Perhatikan motif dan model baju futsal yang akan Anda pilih

Perhatikan motif dan model baju futsal yang akan Anda pilih

Futsal memang identik dengan pria, tetapi tidak jarang para wanita juga memainkannya. Untuk itu, di pasaran juga beredar banyak model baju futsal wanita. Nah, untuk itu silakan perhatikan baik-baik motif dan bentuk baju futsal yang akan Anda pilih. 


  • Baju futsal pria

Baju futsal pria cenderung hadir dengan warna gelap, seperti hitam, navy, atau hijau tua. Meski begitu, ada juga baju futsal pria dengan warna terang. Selain itu, baju futsal pria biasanya memiliki motif atau corak yang sederhana. Dari potongan bajunya, baju futsal pria biasanya memiliki potongan regular fit atau loose fit dengan kerah O-neck. 


  • Baju futsal wanita

Baju futsal wanita banyak yang dibuat dengan warna-warna cerah, seperti pink atau merah. Namun, tak sedikit juga baju futsal wanita dengan warna netral dan gelap, seperti hitam atau navy. Dari cutting bajunya, kaus futsal wanita biasanya memiliki potongan slim fit dan regular fit. Kerah kaus futsal wanita biasanya lebih variatif, misalnya model U-neck yang memperlihatkan collarbone untuk kesan lebih feminin. 

10 Rekomendasi baju futsal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju futsal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kaos Jersey Aura Esport Free Fire Anak

 Kaos Jersey Aura Esport Free Fire Anak 1枚目

Baju futsal anak dengan desain esport Aura Free Fire

2

PERSIB

Jersey Supporter Edition 2021

PERSIB Jersey Supporter Edition 2021 1枚目

Baju futsal untuk para penggemar PERSIB

3

adidas

Estro 19 Jersey

adidas Estro 19 Jersey 1枚目

Jersey merah putih untuk tingkatkan semangat nasionalisme

4

RIORS

Shirt Training PSIS Semarang Player Royale Blue

RIORS Shirt Training PSIS Semarang Player Royale Blue 1枚目

Menggunakan teknologi drynier yang sangat cocok di negara tropis

5

Specs

Nusa Match Home JSY

Specs Nusa Match Home JSY 1枚目

Jersey cantik dengan motif tenun untuk pria dan wanita

6

Mills

Football Jersey Blast 1027

Mills Football Jersey Blast 1027 1枚目

Tiga fitur desain yang dirancang untuk memastikan kenyaman Anda

7

Ortuseight

Hyperion RN Jersey - Black/Ortrange

Ortuseight Hyperion RN Jersey - Black/Ortrange 1枚目

Elastis, mengikuti kontur badan Anda

8

adidas

Aeroready Designed 2 Move 3-Stripes Sport Tee

adidas Aeroready Designed 2 Move 3-Stripes Sport Tee 1枚目

Baju olahraga serbaguna untuk wanita

9

Concave

Indonesia Fantasy Jersey - Stabilo

Concave Indonesia Fantasy Jersey - Stabilo 1枚目

Hadir dengan warna cerah, ceriakan suasana Anda bermain futsal

10

Jersey Bola Kit Sigma Lotto Q853

 Jersey Bola Kit Sigma Lotto Q853 1枚目

Baju futsal yang sudah lengkap dengan celananya

Perincian produk
Close
No.1

Kaos Jersey Aura Esport Free Fire Anak

Mulai dari Rp80.000,00

Baju futsal anak dengan desain esport Aura Free Fire

Para penggemar esport tentu sudah tak asing dengan jersey ini. Ya, ini adalah jersey esport Aura Free Fire. Nah, jika biasanya jersey ini digunakan oleh orang dewasa para pemain esport, sekarang hadir untuk anak-anak.


Jersey ini hadir dengan bahan Dri-Fit microfiber yang pastinya sangat nyaman untuk anak-anak. Bahannya tidak mudah menyusut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Selain bisa untuk dipakai sehari-hari, jersey ini juga cocok digunakan sebagai baju futsal anak.

No.2

PERSIBJersey Supporter Edition 2021

Mulai dari Rp175.000,00

Baju futsal untuk para penggemar PERSIB

PERSIB akhirnya resmi meluncurkan Jersey Supporter Edition 2021. Hadir dengan harga yang terjangkau, semua penggemar PERSIB dapat dengan bangga menggunakan jersey original ini. Kualitas bahannya pun tidak jauh berbeda dengan jersey player issue. Jadi, bagi Anda yang mengaku seorang bobotoh sejati, pastinya wajib memiliki baju futsal yang satu ini. 

No.3

Jersey merah putih untuk tingkatkan semangat nasionalisme

adidas menghadirkan Estro 19 Jersey unutuk Anda para penggemar futsal. Jersey ringan dan nyaman dikenakan ini hadir dengan warna merah dan putih. Warna yang sungguh melambangkan semangat nasionalisme di Indonesia. 


Selain itu, jersey ini terbuat dari bahan poliester daur ulang. Jika Anda pencinta futsal dan lingkungan, jersey adidas ini sangat tepat untuk Anda. 

No.4

RIORSShirt Training PSIS Semarang Player Royale Blue

Mulai dari Rp225.000,00

Menggunakan teknologi drynier yang sangat cocok di negara tropis

PSIS Semarang bekerja sama dengan RIORS meluncurkan jersey yang akan dipakai di liga 2021/2022. Jersey ini menggunakan teknologi drynier yang memampukannya menyerap keringat dengan sangat cepat. Untuk itu, jersey ini sangat cocok digunakan di negara tropis, seperti Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendukung PSIS Semarang, langsung saja beli baju futsal yang satu ini. 

No.5

SpecsNusa Match Home JSY

Mulai dari Rp399.800,00

Jersey cantik dengan motif tenun untuk pria dan wanita

Jersey ini adalah home jersey tim futsal nasional Indonesia. Jersey ini hadir dengan warna merah menyala dengan pola tenun yang menggambarkan pegunungan, ombak, dan lelehan lava.


Selain itu, desain baju futsal ini juga memiliki lencana Garuda 3D di bagian dada sebelah kiri. Ditambah dengan detail pita NKRI di bagian samping kiri dan kanan yang menambah kesan eksklusif. Siapa pun Anda, pria atau wanita, bisa menggunakan jersey ini. 

No.6

MillsFootball Jersey Blast 1027

Mulai dari Rp249.000,00

Tiga fitur desain yang dirancang untuk memastikan kenyaman Anda

Mills Football Jersey Blast 1027 hadir dengan desain yang memiliki tiga fitur khusus. Pertama, sun protection atau perlindungan terhadap sinar matahari. Kedua, moisture wicking atau penyerapan keringat dengan cepat. Ketiga, cool omni yang memastikan Anda tetap nyaman saat berkeringat.


Ketiga fitur tersebut dibuat untuk memastikan Anda tetap nyaman selama bermain futsal. Jadi, bagi Anda yang mencari baju futsal keren dan nyaman, silakan pilih produk ini. 

No.7

OrtuseightHyperion RN Jersey - Black/Ortrange

Mulai dari Rp149.000,00

Elastis, mengikuti kontur badan Anda

Ortuseight merupakan sebuah brand karya anak bangsa. Brand ini dibangun oleh para profesional yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia olahraga. 


Walau baru berdiri di awal tahun 2018, nyatanya Ortuseight sudah banyak dilirik para pencinta olahraga. Salah satu produknya yang banyak dilirik adalah Hyperion RN Jersey. Jersey elastis yang mengikuti kontur tubuh ini banyak digemari karena simpel dan sangat nyaman. Silakan Anda coba dan buktikan sendiri. 

No.8

adidasAeroready Designed 2 Move 3-Stripes Sport Tee

Mulai dari Rp350.000,00

Baju olahraga serbaguna untuk wanita

Untuk Anda para wanita yang aktif bergerak, adidas menghadirkan baju olahraga spesial untuk Anda. Dengan fitur breathable feel dan moisture-absorbing, baju ini nyaman dipakai dalam kegiatan apa pun. 


Tak terbatas untuk futsal, kaus ini juga bisa dipakai untuk bermain dengan anak, berbelanja, atau kegiatan olahraga lainnya. Selain itu, baju olahraga ini juga hadir dengan potongan regular fit dan warna hitam. Pastinya, warna netral ini akan membuat badan Anda terlihat lebih langsing. 

No.9

ConcaveIndonesia Fantasy Jersey - Stabilo

Mulai dari Rp349.000,00

Hadir dengan warna cerah, ceriakan suasana Anda bermain futsal

Jika banyak jersey hadir dengan warna-warna umum, seperti biru, merah, dan hitam, jersey satu ini hadir dengan warna stabilo. Warna stabilo yang cerah ini pastinya membuat Anda mencuri perhatian di lapangan. Selain itu, warnanya yang cerah juga bisa menceriakan suasana saat Anda bermain futsal. 


Di sisi lain, bahan kain baju futsal ini sangat lembut dan adem. Tak masalah jika Anda ingin berolahraga pada hari yang panas atau gerah. 

No.10

Jersey Bola Kit Sigma Lotto Q853

Mulai dari Rp180.000,00

Baju futsal yang sudah lengkap dengan celananya

Jersey Bola Kit Sigma Lotto Q853 ini merupakan produk set yang sudah terdiri dari baju dan celana. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli bawahannya secara terpisah. Selain itu, dari segi harga, set baju olahraga ini terbilang ekonomis.


Desain baju futsal polos juga ini sedikit dipermanis dengan adanya lis tipis asimetris di bagian dada. Produk ini cocok untuk menambah koleksi baju futsal Anda. 

Cara merawat baju futsal

Cara merawat baju futsal

Setelah menemukan baju futsal yang Anda inginkan, penting untuk menjaga baju futsal Anda dengan baik. Untuk itu, silakan simak cara merawat baju futsal yang tepat berikut ini. 


  • Cucilah baju futsal Anda secara manual

Hindari menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju futsal. Cukup rendam baju futsal Anda dalam larutan air dan deterjen selama 2–3 menit. Kemudian bilas dengan mencelupkannya dalam air bersih. Angkat dan celup berulang kali hingga sabunnya hilang. 


  • Jemur secara terbalik

Untuk proses penjemuran, gunakanlah hanger dan jemurlah bagian dalam baju futsal Anda. Selain itu, jangan biarkan baju futsal Anda terpapar sinar matahari secara langsung.


  • Setrika baju futsal dari bagian dalamnya

Saat menyetrika baju futsal Anda, setrikalah bagian dalamnya. Hal ini bertujuan agar sablonan atau printing pada baju futsal tidak mudah terkelupas. Selain itu, setrikalah baju futsal dengan suhu rendah. Lebih baik lagi, jika Anda bisa menggunakan setrika uap.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk olahraga futsal

Kesimpulan

Saat melakukan olahraga futsal, penting untuk mengenakan pakaian yang tepat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan bahan dan ukuran baju futsal yang akan Anda beli. Pilihlah bahan dan ukuran baju futsal yang nyaman bagi Anda. 


Terakhir, karena ada baju futsal pria dan baju futsal wanita, silakan perhatikan warna dan motifnya. Akhir kata, selamat berolahraga dengan nyaman dan salam sehat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer