• 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kabel LAN Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Internet sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian orang. Untuk mendapatkan jaringan internet yang bagus, Anda sebaiknya memilih kabel LAN terbaik. Ada banyak merek kabel LAN yang bagus di pasaran, mulai dari Zimm Link, Spectra, VENTION, hingga Belden.


Memilih kabel LAN sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, Anda tetap harus jeli ketika memilihnya. Oleh karena itu, kami akan membahas cara memilih kabel LAN di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk kabel LAN terbaik. Maka dari itu, jangan sampai tidak menyimak artikel ini, ya.

  • Pembaharuan terakhir: 08 November 2021
  • 558 Views
Daftar isi

Cara memilih kabel LAN

Kabel LAN menjadi salah satu komponen penting ketika membangun sebuah jaringan internet. Jadi, memilih kabel LAN haruslah tepat dan tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah cara memilih kabel LAN yang dapat Anda ikuti.

Kenali terlebih dahulu jenis kabel LAN

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika memilih kabel LAN adalah mengetahui jenis kabel LAN. Mungkin banyak yang belum tahu jika kabel LAN ada bermacam-macam. Agar tidak bingung lagi, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut.

Kabel UTP, jenis kabel yang paling umum digunakan, tetapi tidak memiliki pelindung

Kabel UTP, jenis kabel yang paling umum digunakan, tetapi tidak memiliki pelindung

Kabel UTP (unshielded twisted pair) adalah kabel yang tidak menggunakan pelindung. Jenis kabel ini paling umum digunakan untuk membangun jaringan internet. Kabel ini terdiri dari pasangan kabel yang dipilin sehingga mampu mengurangi serta mencegah interferensi elektromagnetik.


Jenis kabel LAN ini sayangnya terbilang rapuh sehingga mudah rusak jika terkena benturan benda keras. Selain itu, kabel UTP juga tidak bisa menahan medan elektromagnetik. Untuk mengatasi kelemahannya, Anda bisa menggunakan pelindung seperti menutupinya dengan pipa plastik.

Kabel STP, data yang ditransmisikan terlindungi dari gangguan

Kabel STP, data yang ditransmisikan terlindungi dari gangguan

Kabel STP (shielded twisted pair) juga berupa pasangan kabel yang dipilin menjadi satu. Namun, pada kabel STP terdapat lapisan pelindung yang terbuat dari aluminium foil. Pelindung tersebut dapat melindungi data yang ditransmisikan dari gangguan.


Kelemahan kabel LAN jenis STP ini adalah dapat terjadi atenuasi atau penurunan kualitas sinyal. Biasanya, hal tersebut terjadi saat menerima frekuensi tinggi. Selain itu, jenis kabel LAN ini juga memiliki harga yang lebih mahal daripada kabel UTP.

Kabel FTP, menggunakan aluminium foil untuk mencegah interferensi elektromagnetik

Kabel FTP, menggunakan aluminium foil untuk mencegah interferensi elektromagnetik

Kabel FTP (foiled twisted pair) memiliki empat pasang kabel yang saling dipilin. Selain itu, kabel ini juga menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar. Aluminium foil tersebut berfungsi sebagai isolator yang dapat menahan interferensi elektromagnetik dari luar kabel. Kabel FTP adalah pilihan kabel jaringan yang bagus dibandingkan kabel UTP, tetapi tentu saja harganya lebih tinggi.

 
Terdapat beberapa variasi dari kabel FTP, yaitu kabel S/FTP, kabel F/FTP, dan kabel U/FTP. Kabel yang diklasifikasikan sebagai S/FTP (shielded foil twisted pair) merupakan kombinasi dari FTP dan STP. Jenis kabel S/FTP memberikan tingkat perlindungan tertinggi terhadap interferensi elektromagnetik dan crosstalk (redaman cakap silang).

Ketahui kategori kabel LAN dan kecepatan transmisinya

Ketahui kategori kabel LAN dan kecepatan transmisinya

Kabel LAN ternyata tidak hanya dibedakan menjadi beberapa jenis. Akan tetapi, kabel LAN juga dapat dibedakan berdasarkan kategorinya. Setiap kategori kabel LAN memiliki karakteristik dan kecepatan transmisi data yang berbeda-beda. Anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


  • CAT5: Kabel CAT5 menjadi kabel jaringan yang paling banyak digunakan, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Kategori kabel ini memberikan kecepatan transmisi data hingga sebesar 100 Mbps. Kabel CAT5 bisa digunakan pada switch atau hub.

  • CAT5E: Kabel CAT5E dapat menghadirkan kecepatan transmisi data hingga sebesar 1 Gbps. Karena begitu cepat, kabel kategori ini pas untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Selain itu, kabel ini bisa digunakan untuk pemasangan outdoor karena memiliki fitur antipetir.

  • CAT6: Kabel CAT6 memiliki konektor yang berbeda dari kategori kabel lainnya. Namun, kabel kategori ini memiliki kecepatan paling tinggi sebesar 10 Gbps. Selain itu, kabel CAT6 ini memiliki frekuensi komunikasi sebesar 250 Mhz yang dapat melindungi data.

  • CAT6A: Sudah terlihat dari namanya jika kabel ini merupakan pengembangan dari kabel CAT6. Karena itulah, kecepatan transmisi kabel ini sama dengan kategori CAT6. Hanya saja, frekuensi komunikasinya meningkat menjadi 500 Mhz. CAT6A lebih cocok dipasang di luar ruangan karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca.

  • CAT7: Kabel CAT7 juga memiliki kecepatan sebesar 10 Gbps. Hingga saat ini, kecepatan tersebut menjadi yang tercepat. Yang menjadi pembeda dari dua kategori sebelumnya adalah besaran frekuensi komunikasinya yang mencapai 600 Mhz.

Sesuaikan dengan keperluan

Sesuaikan dengan keperluan

Selain mempertimbangkan jenis dan kategori, Anda juga bisa mempertimbangkan kebutuhan dalam memilih kabel LAN. Misalnya, untuk keperluan rumah tangga, Anda bisa menggunakan kabel CAT5. Kabel CAT5 juga bisa digunakan untuk kebutuhan jaringan di kantor yang tidak menuntut koneksi jaringan yang begitu cepat.


Jika ingin digunakan untuk server, pilih kabel yang dapat memberikan kecepatan transmisi data yang maksimal. Contohnya adalah kabel CAT6, CAT6A, atau CAT7. Sementara itu, untuk outdoor, pastikan Anda memilih kabel yang aman, seperti kabel jenis FTP.

10 Rekomendasi kabel LAN terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kabel LAN terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisUTP
KategoriCAT6
Cocok untukIndoor
9
JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukIndoor
8
JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukIndoor
7
JenisFTP
KategoriCAT5E
Cocok untukOutdoor
6
JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukOutdoor
5
JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukIndoor
4
JenisUTP
KategoriCAT6
Cocok untukIndoor
3

VascolinkKabel Jaringan Berkecepatan Tinggi

Mulai dari Rp 2.000,00

JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukIndoor
2
JenisFTP
KategoriCAT5E
Cocok untukOutdoor
1
JenisUTP
KategoriCAT5E
Cocok untukIndoor

Tabel perbandingan produk kabel LAN terbaik

Gambar produk
1
NYK LAN Cable Network CAT5E 1

NYK

2
Spectra Kabel Data CAT5E FTP 1

Spectra

3
Vascolink Kabel Jaringan Berkecepatan Tinggi 1

Vascolink

4
VENTION Flat CAT6 UTP Patch Cable 1

VENTION

5
Digilink Kabel LAN UTP CAT5E 1

Digilink

6
Belden CAT 5E 1

Belden

7
Zimm Link FTP CAT5E 1

Zimm Link

8
SPC High Speed Network Cable 1

SPC

9
Commscope Kabel LAN UTP CAT5E 1

Commscope

10
Eyota Proffesional Networking Cable UTP 1

Eyota

Nama produk

LAN Cable Network CAT5E

Kabel Data CAT5E FTP

Kabel Jaringan Berkecepatan Tinggi

Flat CAT6 UTP Patch Cable

Kabel LAN UTP CAT5E

CAT 5E

FTP CAT5E

High Speed Network Cable

Kabel LAN UTP CAT5E

Proffesional Networking Cable UTP

Keunggulan

Dapat digunakan untuk menghubungkan ke berbagai perangkat

Lebih tangguh karena terlindungi dengan tiga lapisan pembungkus,

Dapat digunakan untuk belajar crimping kabel jaringan

Paling ideal digunakan untuk jaringan di rumah dan kantor

Panjang kabel ditentukan sesuai kebutuhan Anda

Dapat mentransmisikan data dengan stabil

Dilengkapi PoE yang mempermudah pemasangan perangkat di outdoor

Inti kabel berupa CCA yang menjadikan harganya lebih terjangkau

Kabel sudah melalui uji api dan mampu menarik tegangan sebesar 20 kg

Lilitan kabel lebih kuat sehingga penyaluran data lebih cepat

Harga mulai dariRp 26.500,00Rp 1.800,00Rp 2.000,00Rp 28.445,00Rp 1.300,00Rp 2.700,00Rp 368.000,00Rp 370.000,00Rp 5.100,00Rp 474.000,00
JenisUTPFTPUTPUTPUTPUTPFTPUTPUTPUTP
KategoriCAT5ECAT5ECAT5ECAT6CAT5ECAT5ECAT5ECAT5ECAT5ECAT6
Cocok untukIndoorOutdoorIndoorIndoorIndoorOutdoorOutdoorIndoorIndoorIndoor
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kabel LAN

Pertanyaan umum seputar kabel LAN

Setelah membahas cara memilih dan rekomendasi produk kabel LAN, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar kabel LAN. Mungkin pertanyaan-pertanyaan berikut ini sering muncul di benak Anda. Agar tidak penasaran lagi, Anda bisa menyimak jawabannya berikut.

Apa itu LAN RJ45?

LAN RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan agar bisa terkoneksi ke internet. Singkatan RJ diambil dari registered jack yang menjadi standar peralatan pada jaringan.

Apakah kabel LAN berpengaruh pada kecepatan internet?

Seperti penjelasan di atas, kategori kabel LAN memengaruhi kecepatan transmisi data. Dengan kata lain, kabel LAN berpengaruh terhadap kecepatan internet. Kabel CAT6, CAT6A, dan CAT7 menjadi kabel yang memiliki kecepatan transfer data terbesar, yaitu 10 Gbps.

Apakah kabel LAN tahan cuaca?

Kabel LAN memang ada yang dapat dipasang di luar ruangan. Kabel yang dipasang di luar ruangan biasanya memiliki spesifikasi khusus yang tahan terhadap perubahan cuaca. Namun, ada juga kabel LAN yang tidak direkomendasikan untuk dipasang di luar ruangan.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan networking lainnya di sini

Selain kabel LAN, ada juga perlengkapan networking lainnya yang dapat mendukung kualitas jaringan internet Anda. Jika Anda ingin membaca artikel terkait produk-produk networking lainnya, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kabel LAN penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin membangun sebuah jaringan komputer. Anda bisa memilih kabel LAN berdasarkan jenis, kategori, hingga kebutuhan. Anda juga bisa memilihnya berdasarkan harga hingga panjang ukurannya.


Artikel ini telah membahas secara tuntas cara memilih kabel LAN. Kami pun telah memberikan rekomendasi produk kabel LAN terbaik untuk Anda. Semoga rekomendasi produk kami dapat membantu Anda dalam menentukan kabel LAN.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Wireless Router Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda ingin memelihara jaringan Wi-Fi untuk browsing dan melakukan remote working dari rumah, gunakanlah wireless router. Wireless router adalah perangkat nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer agar terkoneksi dengan internet.Ketika memilih router, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, seperti jumlah pengguna, standar komunikasi, dan pita frekuensinya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan bagaimana memilih wireless router terbaik sesuai kebutuhan Anda. Produk merek TP-LiNK, Asus, TOTOLINK, dan Tenda pun akan kami rekomendasikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!
    Networking
    184.481 Views
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Internet menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa koneksi yang stabil, banyak aktivitas dan pekerjaan terganggu. Untuk itu, Anda membutuhkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater. Wi-Fi repeater berfungsi menangkap sinyal dari router utama dan menyebarkannya ke area yang sulit dijangkau router induk. Saat ini, ada berbagai produk penguat sinyal Wi-Fi yang dapat Anda temukan di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih penguat sinyal Wi-Fi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi pilihan, seperti ASUS, PROLiNK, Xiaomi, dan lainnya. Selamat membaca!
    Networking
    153.721 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless LAN adapter adalah alat yang menghubungkan perangkat elektronik pada koneksi internet. Alat ini berguna membantu Anda saat menggunakan komputer tanpa fungsi wireless atau saat fungsi tersebut rusak. Adaptor ini juga ideal untuk meningkatkan standar komunikasi perangkat Anda.Ada banyak produsen yang menjual adaptor wireless dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti TP-Link, D-Link, EPSON, dan ASUS. Anda mungkin bertanya-tanya mana yang harus dipilih. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih wireless LAN adapter untuk memudahkan Anda. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk dari kami, ya!
    Networking
    46.607 Views
  • 10 Rekomendasi MiFi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MiFi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MiFi adalah modem portabel yang saat ini kian populer. Istilah MiFi sendiri bisa berasal dari kata modem wifi, mobile wifi, atau my wifi. Apa pun Anda menyebutnya, perangkat ini dapat membantu Anda terhubung ke internet untuk beberapa perangkat sekaligus.Ada banyak merk MiFi yang bagus di pasaran. Anda bisa menemukan produk buatan Huawei, Bolt, Andromax, dan lainnya. Bahkan, tidak sedikit yang dijual bundling bersama paket internet dari operator seluler, seperti Smartfren, Telkomsel, atau XL. Jadi, simak tips memilih beserta rekomendasi produk MiFi terbaik dari kami di artikel ini, ya!
    Networking
    10.874 Views
  • 10 Rekomendasi Modem 4G Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Modem 4G Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada era digital seperti sekarang ini, banyak aktivitas yang dilakukan secara online. Untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih baik, Anda sebaiknya menggunakan modem 4G. Modem merupakan perangkat komunikasi dua arah yang berfungsi mengubah jaringan internet agar diterima perangkat dengan lebih baik.Ada berbagai jenis modem 4G murah yang bagus, Anda dapat memilih merek Huawei, ZTE, Prolink, D-Link, dan lainnya. Namun, Anda harus teliti sebelum membeli supaya sesuai dengan kebutuhan. Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih modem 4G untuk Anda. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya!
    Networking
    2.989 Views
  • 10 Rekomendasi Modem Huawei Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Modem Huawei Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebutuhan akan internet sudah sangat tinggi. Berbagai aktivitas, seperti pekerjaan, berbelanja, bahkan bertegur sapa kini jadi lebih mudah berkat internet. Modem sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut. Huawei sebagai produsen yang sangat serius menggarap produk modem mempunyai berbagai jenis modem yang bagus.Jika Anda sedang kesulitan mencari modem merek Huawei terbaik, Anda sebaiknya menyimak artikel ini. Kami akan menunjukkan cara memilih modem Huawei yang pas untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk modem Huawei terbaik, antara lain model E5577, E3373, dan HG8245H. Simak sampai habis ya!
    Networking
    91 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori